20230912

Ibadah Doa Pagi, Rabu, 13 September 2023 Pdt. Handri Legontu


Salam damai sejahtera di dalam Kasih Tuhan Yesus Kristus

 

Lukas 21:20-24 Tentang runtuhnya Yerusalem

21:20 "Apabila kamu melihat Yerusalem dikepung oleh tentara-tentara, ketahuilah, bahwa keruntuhannya sudah dekat.

21:21 Pada waktu itu orang-orang yang berada di Yudea harus melarikan diri ke pegunungan, dan orang-orang yang berada di dalam kota harus mengungsi, dan orang-orang yang berada di pedusunan jangan masuk lagi ke dalam kota,

21:22 sebab itulah masa pembalasan di mana akan genap semua yang ada tertulis.

21:23 Celakalah ibu-ibu yang sedang hamil atau yang menyusukan bayi pada masa itu! Sebab akan datang kesesakan yang dahsyat atas seluruh negeri dan murka atas bangsa ini,

21:24 dan mereka akan tewas oleh mata pedang dan dibawa sebagai tawanan ke segala bangsa, dan Yerusalem akan diinjak-injak oleh bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah, sampai genaplah zaman bangsa-bangsa itu."

 

Pasal 21 ini ada 7 nubuatan dan ayat-ayat ini adalah nubuatan yang ke 6 tentang apa yang terjadi dengan orang-orang Yehuda atau Israel = nubuatan tentang antikrist yang akan menganiaya gereja Tuhan yang tertinggal.

 

Lukas 21:24 = Wahyu 11:1-2

11:1 Kemudian diberikanlah kepadaku sebatang buluh, seperti tongkat pengukur rupanya, dengan kata-kata yang berikut: "Bangunlah dan ukurlah Bait Suci Allah dan mezbah dan mereka yang beribadah di dalamnya.

11:2 Tetapi kecualikan pelataran Bait Suci yang di sebelah luar, janganlah engkau mengukurnya, karena ia telah diberikan kepada bangsa-bangsa lain dan mereka akan menginjak-injak Kota Suci empat puluh dua bulan lamanya."

 

Supaya luput dari antikrist, maka yang harus kita lakukan adalah:

1.      Lari ke pegunungan, artinya meningkatkan rohani sampai sempurna lewat aktif dalam pelayanan pembangunan tubuh Kristus.

Hagai 1:8

1:8 Jadi naiklah ke gunung, bawalah kayu dan bangunlah Rumah itu; maka Aku akan berkenan kepadanya dan akan menyatakan kemuliaan-Ku di situ, firman TUHAN.

Rumah Tuhan secara rohani adalah tubuh Kristus.

 

Memang dibutuhkan pengorbanan-pengorbanan dan sakit bagi daging, seperti orang yang naik gunung tidak enak bagi daging.

2.      Orang yang berada dalam kota harus mengungsi. Kota menunjukkan tempat yang sibuk, penuh dengan kegiatan. Artinya, kita harus terlepas dari kesibukan dunia= terlepas dari ikatan dunia. Ikatan dunia ini membuat gereja Tuhan tidak setia.

Yakobus 4:4

4:4 Hai kamu, orang-orang yang tidak setia! Tidakkah kamu tahu, bahwa persahabatan dengan dunia adalah permusuhan dengan Allah? Jadi barangsiapa hendak menjadi sahabat dunia ini, ia menjadikan dirinya musuh Allah.

 

Jadi, sesudah masuk dalam pelayanan pembangunan tubuh Kristus, kita harus jaga kesetiaan sampai garis akhir kehidupan kita.

 

3.      Tetap di pedusunan, dusun itu tempat yang tenang, artinya hidup dalam damai sejahtera, menyelesaikan dosa-dosa kepada Tuhan dan kepada sesama, lewat saling mengaku dan saling mengampuni.

 

Siapa yang masuk aniaya antikrist? (ayat 23)

a)      Ibu-ibu hamil, artinya:

·         Kehidupan yang mengandung hal-hal yang baik tapi tidak pernah melakukan.

Ini salah satu definisi dari dosa.

Yakobus 4:17

4:17 Jadi jika seorang tahu bagaimana ia harus berbuat baik, tetapi ia tidak melakukannya, ia berdosa.

 

·         Kehidupan yang mengandung dosa kejahatan dan dosa kenajisan yang dilahirkan menjadi perkataan dan perbuatan yang jahat dan najis.

Mazmur 7:15

7:15 Sesungguhnya, orang itu hamil dengan kejahatan, ia mengandung kelaliman dan melahirkan dusta.

Kelaliman termasuk kepahitan hati, kebencian, dendam, dst.

 

b)      Ibu-ibu yang menyusui, menyusui ada kaitannya dengan kanak-kanak, dengan balita/ bayi, ini menunjukkan kristen kanak-kanak rohani yang hanya suka susu itulah Firman penginjilan, tidak mau meningkat pada makanan keras/ Firman pengajaran keras

Ibrani 5:11-14

5:11 Tentang hal itu banyak yang harus kami katakan, tetapi yang sukar untuk dijelaskan, karena kamu telah lamban dalam hal mendengarkan.

5:12 Sebab sekalipun kamu, ditinjau dari sudut waktu, sudah seharusnya menjadi pengajar, kamu masih perlu lagi diajarkan asas-asas pokok dari penyataan Allah, dan kamu masih memerlukan susu, bukan makanan keras.

5:13 Sebab barangsiapa masih memerlukan susu ia tidak memahami ajaran tentang kebenaran, sebab ia adalah anak kecil.

5:14 Tetapi makanan keras adalah untuk orang-orang dewasa, yang karena mempunyai pancaindera yang terlatih untuk membedakan yang baik dari pada yang jahat.

 

Tanda-tanda kristen kanak-kanak adalah:

Ø  Mudah diombang ambing oleh angin pengajaran palsu, yaitu kelicikan manusia untuk menipu sesamanya, untuk mendapatkan keuntungan-keuntungan jasmani.

Efesus 4:14

4:14 sehingga kita bukan lagi anak-anak, yang diombang-ambingkan oleh rupa-rupa angin pengajaran, oleh permainan palsu manusia dalam kelicikan mereka yang menyesatkan,

 

Ø  Gampang tersandung dan menjadi sandungan. Menyesatkan dari bahasa aslinya adalah skandalon = menyandung.

Matius 18:6

18:6 "Tetapi barangsiapa menyesatkan salah satu dari anak-anak kecil ini yang percaya kepada-Ku, lebih baik baginya jika sebuah batu kilangan diikatkan pada lehernya lalu ia ditenggelamkan ke dalam laut.

 

Gampang sekali meraju dengan sesama, meraju dengan Tuhan, tidak mau beribadah, melayani dengan alasan tersandung dengan si A, si B. itulah kanak-kanak rohani.

 

Ingat dulu waktu Yesus lahir, pedang Herodes membantai bayi-bayi berusia 2 tahun ke bawah, itu juga yang akan terjadi akhir zaman ini kanak-kanak rohani akan bertekuk lutut untuk dibantai oleh pedangnya antikrist. (Lukas 21:24)

 

Lebih baik sekarang kita menerima pedang Firman pengajaran yang benar untuk menyucikan kehidupan kita, untuk melepaskan kita dari tawanan daging, tawanan dosa, tawanan dunia, sehingga kita bisa menjadi tawanan roh, yaitu kehidupan yang aktif dalam pelayanan pembangunan tubuh Kristus sampai garis akhir.

Kisah Rasul 20:21-24

20:21 aku senantiasa bersaksi kepada orang-orang Yahudi dan orang-orang Yunani, supaya mereka bertobat kepada Allah dan percaya kepada Tuhan kita, Yesus Kristus.

20:22 Tetapi sekarang sebagai tawanan Roh aku pergi ke Yerusalem dan aku tidak tahu apa yang akan terjadi atas diriku di situ

20:23 selain dari pada yang dinyatakan Roh Kudus dari kota ke kota kepadaku, bahwa penjara dan sengsara menunggu aku.

20:24 Tetapi aku tidak menghiraukan nyawaku sedikit pun, asal saja aku dapat mencapai garis akhir dan menyelesaikan pelayanan yang ditugaskan oleh Tuhan Yesus kepadaku untuk memberi kesaksian tentang Injil kasih karunia Allah.

 

Mari kita menjadi tawanan roh, kehidupan yang aktif dalam ibadah pelayanan sampai garis akhir, sekalipun di sertai dengan pengorbanan-pengorbanan, kita tidak menghiraukan yang jasmani asalkan Tuhan senang.

 

Ø  Semakin disucikan semakin damai sejahtera dan semakin diberkati oleh Tuhan.

1 Tesalonika 5:23

5:23 Semoga Allah damai sejahtera menguduskan kamu seluruhnya dan semoga roh, jiwa dan tubuhmu terpelihara sempurna dengan tak bercacat pada kedatangan Yesus Kristus, Tuhan kita.

 

Kalau mau disucikan, tidak akan sulit bagi kita untuk bertekuk lutut menyembah Tuhan. Lebih baik sekarang kita bertekuk lutut menyembah Tuhan, daripada nanti bertekuk lutut untuk dibantai oleh pedangnya antikrist.

 

Yesus datang kita tidak tertinggal, kita bisa menyambut kedatanganNya di awan-awan permai, masuk pesta nikah Anak Domba, masuk kerajaan seribu tahun damai, masuk kerajaan sorga yang sempurna.

 

 

Tuhan memberkati.

 

 

GPT “Kristus Penebus”

Jl. Langgadopi No.4 Tentena

Kec. Pamona Puselemba, Kab. Poso, 94663

HP: 081334496911

Email: imamat_raja@yahoo.com

www.gptkp.blogspot.com

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar