20131227

Kebaktian Natal Persekutuan Sausu, Jumat 27 Desember 2013 Pdt. Bernard Legontu


Salam Sejahtera di dalam nama Tuhan Yesus Kristus.

Matius 2:4-6
2:4 Maka dikumpulkannya semua imam kepala dan ahli Taurat bangsa Yahudi, lalu dimintanya keterangan dari mereka, di mana Mesias akan dilahirkan.
2:5 Mereka berkata kepadanya: "Di Betlehem di tanah Yudea, karena demikianlah ada tertulis dalam kitab nabi:
2:6 Dan engkau Betlehem, tanah Yehuda, engkau sekali-kali bukanlah yang terkecil di antara mereka yang memerintah Yehuda, karena dari padamulah akan bangkit seorang pemimpin, yang akan menggembalakan umat-Ku Israel."

Penginjilan adalah memberitakan injil kepada orang yang masih ada dalam kegelapan kemudian setelah mereka menerima injil mereka dipindahkan ke dalam kerajaan terang.
Kolose 1:13
1:13 Ia telah melepaskan kita dari kuasa kegelapan dan memindahkan kita ke dalam Kerajaan Anak-Nya yang kekasih;

Efesus 1:13
1:13 Di dalam Dia kamu juga -- karena kamu telah mendengar firman kebenaran, yaitu Injil keselamatanmu -- di dalam Dia kamu juga, ketika kamu percaya, dimeteraikan dengan Roh Kudus, yang dijanjikan-Nya itu.

Setelah menerima injil kita harus ditingkatkan kepada Firman pengajaran. Firman penginjilan suasananya sukacita sebab disertai dengan kuasa antara lain orang sakit disembuhkan. Bukan hanya yang disembuhkan yang bersukacita tetapi semua yang hadir juga bersukacita. Itu sebabnya banyak orang yang senang dengan penginjilan. Tetapi begitu dialihkan kepada Firman pengajaran untuk membentuk karakter orang yang tadi diinjili maka suasananya beda dan bertolak belakang yaitu suasana dukacita.
Ibrani 12:8-11
12:8 Tetapi, jikalau kamu bebas dari ganjaran, yang harus diderita setiap orang, maka kamu bukanlah anak, tetapi anak-anak gampang.
12:9 Selanjutnya: dari ayah kita yang sebenarnya kita beroleh ganjaran, dan mereka kita hormati; kalau demikian bukankah kita harus lebih taat kepada Bapa segala roh, supaya kita boleh hidup?
12:10 Sebab mereka mendidik kita dalam waktu yang pendek sesuai dengan apa yang mereka anggap baik, tetapi Dia menghajar kita untuk kebaikan kita, supaya kita beroleh bagian dalam kekudusan-Nya.
12:11 Memang tiap-tiap ganjaran pada waktu ia diberikan tidak mendatangkan sukacita, tetapi dukacita. Tetapi kemudian ia menghasilkan buah kebenaran yang memberikan damai kepada mereka yang dilatih olehnya.

Itu sebabnya sedikit orang yang mau menerima Firman pengajaran. Tetapi tanpa Firman pengajaran kita tidak bisa sama seperti Yesus di dalam kekudusan. Oleh sebab itu sangat keliru kalau seseorang menolak Firman pengajaran.
Yesaya 42:21
42:21 TUHAN telah berkenan demi penyelamatan-Nya untuk memberi pengajaran-Nya yang besar dan mulia;

Demi keselamatan Tuhan menganugerahkan Firman Pengajaran. Keselamatan yang mana? Keselamatan agar kita tersingkir dan jauh dari 3,5 tahun aniaya antikristus. Kehidupan yang tidak menerima Firman pengajaran sama dengan hanya memiliki sayap sebelah. Sekalipun mengatakan memiliki Roh Kudus tetapi menolak Firman pengajaran berarti sayapnya baru sebelah. Untuk bisa disingkirkan kita harus memiliki dua sayap burung nazar itulah Firman dan Roh Kudus. Dengan Firman dan Roh Kudus kita disingkirkan ke padang belantara. Itu sebabnya jangan tolak Firman pengajaran. Menolak Firman pengajaran berarti menolak keselamatan yang akan datang.

Ada kecenderungan di penghujung akhir zaman ini gereja Tuhan dihimpit oleh iblis sehingga porsi pemberitaan Firman dikecilkan dan diganti dengan pujian. Pujian dikatakan memberi kepada Tuhan dan mendengar Firman Tuhan berarti kita menerima. Seringkali ini diasumsikan dengan pikiran manusia. Kalau kita memberi kepada manusia, dia tidak perlu tahu bagaimana sifat karakter kita dan dia menerima. Tetapi Tuhan tidak hanya melihat pemberian kita tetapi melihat kehidupan orang yang memberi.
Amos 8:3,10
8:3 Nyanyian-nyanyian di tempat suci akan menjadi ratapan pada hari itu," demikianlah firman Tuhan ALLAH. "Ada banyak bangkai: ke mana-mana orang melemparkannya dengan diam-diam."
8:10 Aku akan mengubah perayaan-perayaanmu menjadi perkabungan, dan segala nyanyianmu menjadi ratapan. Aku akan mengenakan kain kabung pada setiap pinggang dan menjadikan gundul setiap kepala. Aku akan membuatnya sebagai perkabungan karena kematian anak tunggal, sehingga akhirnya menjadi seperti hari yang pahit pedih."
Kalau hanya memuji tanpa Firman pengajaran maka nanti pujian itu akan diubah menjadi ratapan. Penyebabnya adalah:
Amos 5:21-23
5:21 "Aku membenci, Aku menghinakan perayaanmu dan Aku tidak senang kepada perkumpulan rayamu.
5:22 Sungguh, apabila kamu mempersembahkan kepada-Ku korban-korban bakaran dan korban-korban sajianmu, Aku tidak suka, dan korban keselamatanmu berupa ternak yang tambun, Aku tidak mau pandang.
5:23 Jauhkanlah dari pada-Ku keramaian nyanyian-nyanyianmu, lagu gambusmu tidak mau Aku dengar.

Pujian harus disertai dengan pedang Firman.
Mazmur 149:6
149:6 Biarlah pujian pengagungan Allah ada dalam kerongkongan mereka, dan pedang bermata dua di tangan mereka,

Pujian tidak bisa menyucikan, yang menyucikan adalah pedang Firman bermata dua. Buktikan bahwa di atas puji-pujian Tuhan hadir dengan tampilnya pedang Firman untuk menyucikan umat Tuhan. Jangan tunggu pedang ini berubah menjadi musuh kita.
Ibrani 4:12
4:12 Sebab firman Allah hidup dan kuat dan lebih tajam dari pada pedang bermata dua mana pun; ia menusuk amat dalam sampai memisahkan jiwa dan roh, sendi-sendi dan sumsum; ia sanggup membedakan pertimbangan dan pikiran hati kita.

Pujian tanpa pedang Firman ini yang trend sekarang ini sehingga gereja Tuhan tidak mengalami penyucian Firam dan karakter rohani tidak terbangun. Padahal janji Allah yang paling besar dan berharga itulah kodrat Ilahi bagi gereja Tuhan.
II Petrus 1:4
1:4 Dengan jalan itu Ia telah menganugerahkan kepada kita janji-janji yang berharga dan yang sangat besar, supaya olehnya kamu boleh mengambil bagian dalam kodrat ilahi, dan luput dari hawa nafsu duniawi yang membinasakan dunia.

Pujian dan pengajaran harus imbang. Kalau kita adalah anggota keluarga Allah berarti kehidupan yang sudah pindah dari gelap kepada terang, itu sebabnya harus ada pedang Firman. Pedang Firman inilah yang membangun kita untuk menjadi mempelai wanitaNya. Sekarang gereja Tuhan sedang bertunangan dengan Yesus.
II Korintus 11:2
11:2 Sebab aku cemburu kepada kamu dengan cemburu ilahi. Karena aku telah mempertunangkan kamu kepada satu laki-laki untuk membawa kamu sebagai perawan suci kepada Kristus.

Bintang telah mengambil posisi menuntun orang-orang Majus. Bintang ini yang memimpin orang-orang majus tetapi tidak langsung dibawa kepada Yesus (Firman yang menjadi daging). Bintang ini terlebih dahulu membawa orang Majus untuk mengenal Firman yang tertulis.
Matius 2:5
2:5 Mereka berkata kepadanya: "Di Betlehem di tanah Yudea, karena demikianlah ada tertulis dalam kitab nabi:

Jadi untuk bertemu dengan Firman yang menjadi daging (Tuhan Yesus), ada dua yang memegang peranan di sini yaitu Bintang (Roh Kudus) dan Firman yang tertulis. Jadi Roh Kudus bersama dengan Firman yang tertulis mendorong gereja Tuhan untuk jumpa dengan Firman yang menjadi daging, yakni Tuhan Yesus Mempelai Laki-laki Sorga.
Yohanes 3:29
3:29 Yang empunya mempelai perempuan, ialah mempelai laki-laki; tetapi sahabat mempelai laki-laki, yang berdiri dekat dia dan yang mendengarkannya, sangat bersukacita mendengar suara mempelai laki-laki itu. Itulah sukacitaku, dan sekarang sukacitaku itu penuh.
Yohanes dalam kapasitas sebagai sahabat sudah bersukacita mendengar suara mempelai laki-laki Sorga (Tuhan Yesus). Mengapa banyak orang Kristen yang ada dalam status tunangannya Tuhan Yesus malah tidak bersukacita ketika mendengar suara Tuhan Yesus lewat Firman pengajaran? Firman yang tertulis dan Roh Kudus bekerja sama. Roh Kudus diutus untuk memuliakan Firman yang menjadi daging, itulah Tuhan Yesus.
Yohanes 16:13-14
16:13 Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang.
16:14 Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterima-Nya dari pada-Ku.

Betapa pentingnya Firman yang tertulis ini.
Yohanes 5:37-39
5:37 Bapa yang mengutus Aku, Dialah yang bersaksi tentang Aku. Kamu tidak pernah mendengar suara-Nya, rupa-Nya pun tidak pernah kamu lihat,
5:38 dan firman-Nya tidak menetap di dalam dirimu, sebab kamu tidak percaya kepada Dia yang diutus-Nya.
5:39 Kamu menyelidiki Kitab-kitab Suci, sebab kamu menyangka bahwa oleh-Nya kamu mempunyai hidup yang kekal, tetapi walaupun Kitab-kitab Suci itu memberi kesaksian tentang Aku,

Imam-imam tahu Firman yang tertulis tetapi mereka tidak mau datang menyembah Firman yang menjadi daging. Menyembah dalam terjemahan aslinya adalah proskoneho artinya seperti anjing menjilat kaki tuannya dan seperti seorang istri menyerah kepada suami.

Tuhan rindu gereja Tuhan untuk bisa menyerah sepenuh kepadaNya. Jangan kita cuma tahu Firman yang tertulis tetapi apakah kita menyerah dan yakin kepada Tuhan.
Kisah Para Rasul 17:3-4
17:3 Ia menerangkannya kepada mereka dan menunjukkan, bahwa Mesias harus menderita dan bangkit dari antara orang mati, lalu ia berkata: "Inilah Mesias, yaitu Yesus, yang kuberitakan kepadamu."
17:4 Beberapa orang dari mereka menjadi yakin dan menggabungkan diri dengan Paulus dan Silas dan juga sejumlah besar orang Yunani yang takut kepada Allah, dan tidak sedikit perempuan-perempuan terkemuka.

Pada waktu Tuhan Yesus lahir menimbulkan masalah di Yerusalem tentang persoalan Mesias. Tetapi di akhir zaman ini masalah tentang Mesias bukan hanya terjadi Yerusalem tetapi di seluruh dunia.

Yakin atau percaya disini diterjemahkan dari bahasa gerika yaitu peitho yang artinya:
1.      Mereka aminkan
2.      Mereka setuju
3.      Mereka patuh
4.      Mereka tunduk
5.      Mereka didamaikan
6.      Mereka percaya sungguh

Orang yang seperti ini yang bisa menyembah Tuhan. Mengapa banyak anak Tuhan bahkan hamba Tuhan sulit untuk menyembah? Sebab dagingnya tidak dirobek.

Yohanes 5:40-42,44
5:40 namun kamu tidak mau datang kepada-Ku untuk memperoleh hidup itu.
5:41 Aku tidak memerlukan hormat dari manusia.
5:42 Tetapi tentang kamu, memang Aku tahu bahwa di dalam hatimu kamu tidak mempunyai kasih akan Allah.
5:44 Bagaimanakah kamu dapat percaya, kamu yang menerima hormat seorang dari yang lain dan yang tidak mencari hormat yang datang dari Allah yang Esa?

Sukar untuk merendahkan diri sebab mereka mencari hormat untuk dirinya. Tuhan tidak hanya menuntut kita untuk menghormatiNya tetapi Tuhan juga mau memuji kita. Supaya kita dipuji oleh Tuhan kita harus tahan uji.

II Korintus 10:18
10:18 Sebab bukan orang yang memuji diri yang tahan uji, melainkan orang yang dipuji Tuhan.

Orang yang melayani Tuhan itu yang dihormati oleh Bapa di sorga.
Yohanes 12:26
12:26 Barangsiapa melayani Aku, ia harus mengikut Aku dan di mana Aku berada, di situ pun pelayan-Ku akan berada. Barangsiapa melayani Aku, ia akan dihormati Bapa.

Kalau kita ada dalam rangkulan Firman yang tertulis berarti kita ada dalam hembusan nafas Allah. Sebab apa yang tetulis ini dinafasi oleh Allah.

Yohanes 5:45-47
5:45 Jangan kamu menyangka, bahwa Aku akan mendakwa kamu di hadapan Bapa; yang mendakwa kamu adalah Musa, yaitu Musa, yang kepadanya kamu menaruh pengharapanmu.
5:46 Sebab jikalau kamu percaya kepada Musa, tentu kamu akan percaya juga kepada-Ku, sebab ia telah menulis tentang Aku.
5:47 Tetapi jikalau kamu tidak percaya akan apa yang ditulisnya, bagaimanakah kamu akan percaya akan apa yang Kukatakan?"
Jadi tidak boleh seorangpun bisa meremehkan Firman yang ditulis. Firman yang ditulis ini yang kita dengarkan dalam bentuk pengajaran untuk menghentar gereja mengenal siapa Tuhan Yesus dengan benar.

Tuhan Yesus sebenarnya pantas untuk mencari hormat tetapi Dia tidak melakukan itu: memberi teladan bagi kita dalam pelayanan bukan mencari hormat.
Yohanes 7:16-17
7:16 Jawab Yesus kepada mereka: "Ajaran-Ku tidak berasal dari diri-Ku sendiri, tetapi dari Dia yang telah mengutus Aku.
7:17 Barangsiapa mau melakukan kehendak-Nya, ia akan tahu entah ajaran-Ku ini berasal dari Allah, entah Aku berkata-kata dari diri-Ku sendiri.

Hamba Tuhan tidak boleh mengatakan ajaran itu berasal dari dirinya sendiri sebab kalau demikian akan terjebak untuk mencari hormat bagi dirinya sendiri.
Yohanes 7:18
7:18 Barangsiapa berkata-kata dari dirinya sendiri, ia mencari hormat bagi dirinya sendiri, tetapi barangsiapa mencari hormat bagi Dia yang mengutusnya, ia benar dan tidak ada ketidakbenaran padanya.

Tandanya orang yang merasa ajaran Firman yang dia sampaikan berasal dari dirinya ketika Firman yang dia sampaikan ditolak maka dia menjadi marah. Kalau hamba Tuhan tahu dia hanya diutus untuk menyampaikan maka tidak akan marah kalau ditolak. Orang yang mendengar menerima atau tidak dia bertanggung jawab kepada Tuhan bukan pada pemberita Firman.

Tuhan mau memikat kita lewat pembukaan rahasia Firman. Tetapi dunia mau memikat saudara dengan media dunia, sekarang ini dunia semakin canggih sehingga banyak anak-anak Tuhan bahkan hamba Tuhan terjebak dengan daya pikat dunia.

Kepada orang Israel Tuhan percayakan Firman.
Mazmur 147:19
147:19 Ia memberitakan firman-Nya kepada Yakub, ketetapan-ketetapan-Nya dan hukum-hukum-Nya kepada Israel.

Roma 3:1-3
3:1 Jika demikian, apakah kelebihan orang Yahudi dan apakah gunanya sunat?
3:2 Banyak sekali, dan di dalam segala hal. Pertama-tama: sebab kepada merekalah dipercayakan firman Allah.
3:3 Jadi bagaimana, jika di antara mereka ada yang tidak setia, dapatkah ketidaksetiaan itu membatalkan kesetiaan Allah?

Tetapi rahasia Firman dibukakan Tuhan kepada kita bangsa kafir.
Kolose 1:24-29
1:24 Sekarang aku bersukacita bahwa aku boleh menderita karena kamu, dan menggenapkan dalam dagingku apa yang kurang pada penderitaan Kristus, untuk tubuh-Nya, yaitu jemaat.
1:25 Aku telah menjadi pelayan jemaat itu sesuai dengan tugas yang dipercayakan Allah kepadaku untuk meneruskan firman-Nya dengan sepenuhnya kepada kamu,
1:26 yaitu rahasia yang tersembunyi dari abad ke abad dan dari turunan ke turunan, tetapi yang sekarang dinyatakan kepada orang-orang kudus-Nya.
1:27 Kepada mereka Allah mau memberitahukan, betapa kaya dan mulianya rahasia itu di antara bangsa-bangsa lain, yaitu: Kristus ada di tengah-tengah kamu, Kristus yang adalah pengharapan akan kemuliaan!
1:28 Dialah yang kami beritakan, apabila tiap-tiap orang kami nasihati dan tiap-tiap orang kami ajari dalam segala hikmat, untuk memimpin tiap-tiap orang kepada kesempurnaan dalam Kristus.
1:29 Itulah yang kuusahakan dan kupergumulkan dengan segala tenaga sesuai dengan kuasa-Nya, yang bekerja dengan kuat di dalam aku.

Ketika kita bangsa kafir dilawati pembukaan rahasia Firman, jangan gegabah sebab itu hanya untuk membangkitkan cemburu bangsa Israel. Begitu Israel berbalik maka tertutup pintu kemurahan bagi kita bangsa kafir.

Ada 9 tanda yang diberi oleh Tuhan dalam injil Yohanes untuk mengenal Mesias yang benar. Semua ini tertulis untuk membuktikan bahwa Tuhan Yesus adalah Mesias. Agar kita tidak terjebak dengan mesias palsu kita harus mengenal Mesias yang benar.
Yohanes 20:30-31
20:30 Memang masih banyak tanda lain yang dibuat Yesus di depan mata murid-murid-Nya, yang tidak tercatat dalam kitab ini,
20:31 tetapi semua yang tercantum di sini telah dicatat, supaya kamu percaya, bahwa Yesuslah Mesias, Anak Allah, dan supaya kamu oleh imanmu memperoleh hidup dalam nama-Nya.

1.      Air menjadi anggur
Yohanes 2:11
2:11 Hal itu dibuat Yesus di Kana yang di Galilea, sebagai yang pertama dari tanda-tanda-Nya dan dengan itu Ia telah menyatakan kemuliaan-Nya, dan murid-murid-Nya percaya kepada-Nya.

Air menjadi anggur terjadi dalam pesta nikah yang sudah terancam dipermalukan. Di sana Tuhan tampil dan melakukan sesuatu di luar kemampuan manusia. Kalau air menjadi anggur ini ditolak maka yang Tuhan sodorkan dan pasti diterima adalah air menjadi darah. Kalau mau air menjadi anggur maka kita harus mau nikah kita dibenahi. Mengapa nikah yang diprioritaskan Tuhan dan menjadi tanda pertama? Sebab nikah kita mengarah pada nikah Kristus dengan gereja/ nikah yang rohani. Oleh sebab itu kita harus rela nikah kita dibenahi. Membenahi nikah ini tidak gampang. Kalau nikah tidak terbenahi berarti tidak menikmati air menjadi anggur.

Tanda air menjadi anggur di dalam nikah ini ditaruh pada prioritas pertama, mengapa? Karena dalam nikah ada rahasia yang besar.
Efesus 5:30-32
5:30 karena kita adalah anggota tubuh-Nya.
5:31 Sebab itu laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya itu menjadi satu daging.
5:32 Rahasia ini besar, tetapi yang aku maksudkan ialah hubungan Kristus dan jemaat.

Di dalam nikah itu ada rahasia yang besar yaitu nikah Kristus yang adalah Kepala, Mempelai Laki-laki Sorga dengan gereja yang adalah Tubuh, Mempelai Wanita Tuhan. Pelayanan pertama Tuhan Yesus dalam dunia ini langsung menangani persoalan nikah itu tanda Allah mempedulikan nikah kita. Jangan saudara hilang pengharapan, Tuhan kita selalu sedia untuk membenahi nikah jasmani kita sebab itu adalah persekutuan kecil untuk membangun persekutuan Tubuh Kristus yang besar. Bagaimana mau membangun persekutuan Tubuh Kristus yang besar kalau persekutuan kecil yaitu nikah tidak terbenahi.

Memang tidak secara instan kita terbenahi tetapi melalui proses. Ada yang prosesnya cepat yang lambat. Itu tergantung orang itu keras hati atau tidak. Bangsa Israel terkenal keras kepala.
Yesaya 48:4
48:4 Oleh karena Aku tahu, bahwa engkau tegar tengkuk, keras kepala dan berkepala batu,

Kalau bersikap keras kepala dan berkepala batu jangan heran kalau Firman Allah tampil keras. Tujuannya supaya kita dibenahi oleh Tuhan sehingga nikah dan pengikutan kita mengharah pada pembangunan Tubuh Kristus yang sempurna dan bertemu dengan Tuhan Yesus Mempelai Laki-laki Sorga.

Mesias yang benar wilayah kerjanya berada pada lingkup nikah. Jangan sampai hamba Tuhan berbicara tentang nikah tetapi malah nikahnya yang tidak terbenahi. Kita harus menjaga nikah kita terutama nikah seorang hamba Tuhan.
Amsal 6:32-33
6:32 Siapa melakukan zinah tidak berakal budi; orang yang berbuat demikian merusak diri.
6:33 Siksa dan cemooh diperolehnya, malunya tidak terhapuskan.

Sekalipun seseorang bodoh dan tidak mempunyai gelar tetapi hidup dalam kesucian maka orang itu berakal budi di hadapan Tuhan. Pelayan Tuhan yang terlibat masalah nikah yang tidak benar kalau dia mengaku kepada Tuhan masih Tuhan ampuni tetapi tidak bisa lagi menjadi teladan di dalam pelayanan.

2.      Tuhan Yesus membersihkan Bait Allah

Jadi sesudah pembenahan nikah maka Tuhan membersihkan Bait Allah. Bait Allah menunjuk ibadah. Berarti ibadah dan nikah tidak bisa lepas.
Maleakhi 2:12-13
2:12 Biarlah TUHAN melenyapkan dari kemah-kemah Yakub segenap keturunan orang yang berbuat demikian, sekalipun ia membawa persembahan kepada TUHAN semesta alam!
2:13 Dan inilah yang kedua yang kamu lakukan: Kamu menutupi mezbah TUHAN dengan air mata, dengan tangisan dan rintihan, oleh karena Ia tidak lagi berpaling kepada persembahan dan tidak berkenan menerimanya dari tanganmu.

Ibadah dalam gereja Tuhan disebut pelatihan sebab kita akan menuju Sorga. Di Sorga tidak ada hal lain yang dikerjakan selain beribadah, memuji dan menyembah Tuhan.
Wahyu 22:3
22:3 Maka tidak akan ada lagi laknat. Takhta Allah dan takhta Anak Domba akan ada di dalamnya dan hamba-hamba-Nya akan beribadah kepada-Nya,

I Timotius 4:7-8
4:7 Tetapi jauhilah takhayul dan dongeng nenek-nenek tua. Latihlah dirimu beribadah.
4:8 Latihan badani terbatas gunanya, tetapi ibadah itu berguna dalam segala hal, karena mengandung janji, baik untuk hidup ini maupun untuk hidup yang akan datang.

Sarana pelatihan itulah Firman pengajaran dan yang melatih adalah hamba Tuhan/ Gembala.
Ibrani 12:10-11
12:10 Sebab mereka mendidik kita dalam waktu yang pendek sesuai dengan apa yang mereka anggap baik, tetapi Dia menghajar kita untuk kebaikan kita, supaya kita beroleh bagian dalam kekudusan-Nya.
12:11 Memang tiap-tiap ganjaran pada waktu ia diberikan tidak mendatangkan sukacita, tetapi dukacita. Tetapi kemudian ia menghasilkan buah kebenaran yang memberikan damai kepada mereka yang dilatih olehnya.

I Petrus 1:15-16
1:15 tetapi hendaklah kamu menjadi kudus di dalam seluruh hidupmu sama seperti Dia yang kudus, yang telah memanggil kamu,
1:16 sebab ada tertulis: Kuduslah kamu, sebab Aku kudus.

Imamat 11:43-45
11:43 Janganlah kamu membuat dirimu jijik oleh setiap binatang yang merayap dan berkeriapan dan janganlah kamu menajiskan dirimu dengan semuanya itu, sehingga kamu menjadi najis karenanya.
11:44 Sebab Akulah TUHAN, Allahmu, maka haruslah kamu menguduskan dirimu dan haruslah kamu kudus, sebab Aku ini kudus, dan janganlah kamu menajiskan dirimu dengan setiap binatang yang mengeriap dan merayap di atas bumi.
11:45 Sebab Akulah TUHAN yang telah menuntun kamu keluar dari tanah Mesir, supaya menjadi Allahmu; jadilah kudus, sebab Aku ini kudus.

Di dalam ibadah kita dilatih supaya kita tampil kudus sama seperti Tuhan. Sesungguhnya kita tidak layak tetapi Tuhan buka kesempatan untuk kita tampil sama dengan Tuhan.

3.      Anak pegawai istana hampir mati tetapi disembuhkan oleh Tuhan
Ketika Tuhan Yesus melintasi Samaria dan merasa letih, Dia duduk di tepi sumur Yakub. Tepat jam 12 siang, perempuan dekadensi moral itu muncul dan bercakap-cakap dengan Tuhan Yesus. Awalnya wanita ini tidak bisa menerima sebab Tuhan Yesus orang Yahudi masakan beramah-ramahan dengan dia orang Samaria. Kalau kita berdiri di bawah matahari tepat jam 12 siang tidak ada lagi bayangan gelap. Itu berarti waktu Tuhan Yesus menyorot nikah perempuan ini tepat jam 12 siang Dia menggunakan kekuatan sorotan Firman pengajaran sehingga perempuan itu terbenahi, tidak ada gelap lagi.

Tuhan membenahi nikah perempuan itu pada jam 12 untuk menyembuhkan anak pegawai istana pada jam 1. Jadi kalau nikah terbenahi maka ada harapan anak juga terbenahi.
Yohanes 4:6;4:52
4:6 Di situ terdapat sumur Yakub. Yesus sangat letih oleh perjalanan, karena itu Ia duduk di pinggir sumur itu. Hari kira-kira pukul dua belas.
4:52 Ia bertanya kepada mereka pukul berapa anak itu mulai sembuh. Jawab mereka: "Kemarin siang pukul satu demamnya hilang."

Ini tanda Mesias yang benar. Hamba Tuhan yang memberitakan Mesias yang benar harus ada tanda seperti ini. Nikah dan buah nikah tidak bisa dipisahkan. Tanda yang pertama adalah nikah, tanda yang kedua adalah buah nikah dan tanda yang ketiga adalah ibadah. Ibadah itu ada di antara nikah dan buah nikah, itu sebabnya ibadah itu merenovasi nikah dan buah nikah.

4.      Tuhan tampil sebagai pemimpin untuk menyembuhkan orang yang lumpuh
Yohanes 5:7
5:7 Jawab orang sakit itu kepada-Nya: "Tuhan, tidak ada orang yang menurunkan aku ke dalam kolam itu apabila airnya mulai goncang, dan sementara aku menuju ke kolam itu, orang lain sudah turun mendahului aku."

38 tahun orang lumpuh ini ada di situ tetapi tidak ada yang memimpin dia ke dalam kolam ketika air itu mulai goncang. Ini adalah gambaran gereja tanpa pemimpin yang benar sehingga tidak bisa menyembuhkannya dari kelumpuhan rohani.

Yohanes 5:8
5:8 Kata Yesus kepadanya: "Bangunlah, angkatlah tilammu dan berjalanlah."

Ada 3 kata kerja yang tampil di sini. Bangunlah menunjuk gerakan vertikal dan berjalanlah menunjuk gerakkan horisontal. Jadi ada tanda salib di sini. Kalau gereja Tuhan menghargai korban Kristus maka kelumpuhan-kelumpuhan rohani akan teratasi. Bagaimana bukti kita menghargai salib/korban Kristus? Kita harus “mengangkat tilam” artinya hargai nikahmu. Entah sudah berapa lama hancur berantakan nikah kita di masa silam, sekarang berubahlah, praktek yang salah jangan dilanjutkan lagi. Kemudian “berjalanlah” artinya ada gerakan maju, jangan tinggal di tempat tetapi harus maju menuju Yerusalem Baru. Ke sanalah penggembalaan Tuhan mengarahkan kita.
5.      Memberi makan 5000 orang
Kalau Tuhan sudah melakukan pembenahan dalam poin 1 sampai dengan 4 maka Tuhan tidak akan tinggal diam. Tuhan akan menggiring kita masuk dalam kegerakan Firman. Baik pemecahan 5 ketul roti dan juga dalam pemecahan 7 ketul roti. Dalam pemecahan 5 ketul roti yang makan 5000 orang, pada pemecahan 7 ketul roti yang makan tinggal 4000 orang. Dimana yang 1000? Angka 1000 adalah angka kekudusan
Kejadian 20:16
20:16 Lalu katanya kepada Sara: "Telah kuberikan kepada saudaramu seribu syikal perak, itulah bukti kesucianmu bagi semua orang yang bersama-sama dengan engkau. Maka dalam segala hal engkau dibenarkan."
berarti yang tidak masuk dalam kegerakan Firman pengajaran itu kehilangan kekudusan sehingga akhirnya kehilangan kerajaan 1000 tahun damai karena menolak penampilan kegerakan Firman pengajaran yang menyempurnakan.

Pemecahan roti 5 ketul adalah kegerakan hujan awal dan pemecahan roti 7 ketul adalah kegerakan hujan akhir. Tuhan akan membawa gereja Tuhan ke situ sehingga gereja Tuhan tidak akan lapar dan selalu dilayani di dalam pelatihan yaitu dalam ibadah kita. Itu sebabnya dalam gereja Tuhan jangan sampai tidak ada Firman pengajaran. Gereja Tuhan yang tidak menghargai kegerakan pengajaran hujan awal dan kegerakan pengajaran hujan akhir akan terjebak dalam kelaparan dan dia akan dikuasai oleh iblis untuk selama-lamanya.

Tuhan melakukan pemecahan roti ini semuanya terjadi menjelang malam. Menjelang malam berarti menjelang datang kegelapan. Saat itu gereja Tuhan harus ada dalam kegerakan Firman pengajaran yang menyempurnakan jangan berhenti hanya sampai pada kegerakan Firman penginjilan.

Sebelum Tuhan Yesus berjalan di atas air tampil penolakan dari murid-murid.
Yohanes 6:60,66
6:60 Sesudah mendengar semuanya itu banyak dari murid-murid Yesus yang berkata: "Perkataan ini keras, siapakah yang sanggup mendengarkannya?"
6:66 Mulai dari waktu itu banyak murid-murid-Nya mengundurkan diri dan tidak lagi mengikut Dia.

Pasal 6 ayat 66, berarti 666. Orang yang tidak bisa menerima Firman yang keras akan dicap 666, itulah cap antikristus. Tuhan Yesus tidak bersusah hati ketika banyak murid meninggalkannya. Bukan Tuhan Yesus yang rugi, yang meninggalkan itu yang rugi. Yang meninggalkan Firman pengajaran itu yang rugi.
Yohanes 6:67-68
6:67 Maka kata Yesus kepada kedua belas murid-Nya: "Apakah kamu tidak mau pergi juga?"
6:68 Jawab Simon Petrus kepada-Nya: "Tuhan, kepada siapakah kami akan pergi? Perkataan-Mu adalah perkataan hidup yang kekal;

Sekeras apapun Firman pengajaran tetapi perkataan itu mengandung kehidupan. Sekalipun manis seperti madu bujuk rayu iblis tetapi ujung-ujungnya kematian/ binasa.

6.      Tuhan Yesus berjalan di atas air
Murid-murid di ajak untuk menyeberang. Ketika itu mereka diperhadapkan dengan gelombang yang besar. Bekal kegerakan roti Firman penginjilan dan firman pengajaran itulah yang memampukan mereka ketika menghadapi angin gelombang yang mau menenggelamkan mereka. Kita bisa aman di lautan dunia ini kalau memegang Firman pengajaran itu berarti ada Tuhan Yesus bersama dengan kita.

7.      Tuhan Yesus menyembuhkan orang buta
Setelah orang buta disembuhkan maka dia dikucilkan dari dalam Bait Allah. Banyak orang menolak Firman pengajaran karena takut dikucilkan. Tetapi orang yang terbuka matanya tidak takut dikucilkan. Kalau kita terbuka mata melihat keajaiban Tuhan, keajaiban FirmanNya, keajaiban Mempelai Laki-laki Sorga maka kita tidak akan takut walaupun dikucilkan oleh siapapun.
Yohanes 9:22
9:22 Orang tuanya berkata demikian, karena mereka takut kepada orang-orang Yahudi, sebab orang-orang Yahudi itu telah sepakat bahwa setiap orang yang mengaku Dia sebagai Mesias, akan dikucilkan.

Orang yang dikucilkan ini adalah orang yang tadinya buta tetapi sudah disembuhkan tetapi orang yang mengucilkan itulah yang buta.
Yohanes 9:36-41
9:36 Jawabnya: "Siapakah Dia, Tuhan? Supaya aku percaya kepada-Nya."
9:37 Kata Yesus kepadanya: "Engkau bukan saja melihat Dia; tetapi Dia yang sedang berkata-kata dengan engkau, Dialah itu!"
9:38 Katanya: "Aku percaya, Tuhan!" Lalu ia sujud menyembah-Nya.
9:39 Kata Yesus: "Aku datang ke dalam dunia untuk menghakimi, supaya barangsiapa yang tidak melihat, dapat melihat, dan supaya barangsiapa yang dapat melihat, menjadi buta."
9:40 Kata-kata itu didengar oleh beberapa orang Farisi yang berada di situ dan mereka berkata kepada-Nya: "Apakah itu berarti bahwa kami juga buta?"
9:41 Jawab Yesus kepada mereka: "Sekiranya kamu buta, kamu tidak berdosa, tetapi karena kamu berkata: Kami melihat, maka tetaplah dosamu."

Orang yang mengucilkan itu sebenarnya adalah orang buta dan ada di dalam dosa. Ketika orang buta ini telah dikucilkan ia dicari oleh Tuhan Yesus dan akhirnya dia menyembah Tuhan Yesus. Buktikan kita adalah orang yang telah dicelikkan mata dengan menyembah Dia, terimalah Firman sekalipun beresiko tinggi, mungkin kita dimaki dan dinista orang, dibenci orang.
Yesaya 51:1,7
51:1 Dengarkanlah Aku, hai kamu yang mengejar apa yang benar, hai kamu yang mencari TUHAN! Pandanglah gunung batu yang dari padanya kamu terpahat, dan kepada lobang penggalian batu yang dari padanya kamu tergali.
51:7 Dengarkanlah Aku, hai kamu yang mengetahui apa yang benar, hai bangsa yang menyimpan pengajaran-Ku dalam hatimu! Janganlah takut jika diaibkan oleh manusia dan janganlah terkejut jika dinista oleh mereka.

Orang buta suka menanam ladang dengan dua jenis tanaman.
Matius 15:12-14
15:12 Maka datanglah murid-murid-Nya dan bertanya kepada-Nya: "Engkau tahu bahwa perkataan-Mu itu telah menjadi batu sandungan bagi orang-orang Farisi?"
15:13 Jawab Yesus: "Setiap tanaman yang tidak ditanam oleh Bapa-Ku yang di sorga akan dicabut dengan akar-akarnya.
15:14 Biarkanlah mereka itu. Mereka orang buta yang menuntun orang buta. Jika orang buta menuntun orang buta, pasti keduanya jatuh ke dalam lobang."

Imamat 19:19
19:19 Kamu harus berpegang kepada ketetapan-Ku. Janganlah kawinkan dua jenis ternak dan janganlah taburi ladangmu dengan dua jenis benih, dan janganlah pakai pakaian yang dibuat dari pada dua jenis bahan.

Kita ini ladangnya Tuhan. Ladang tidak boleh ditanami dengan dua jenis benih. Tanaman yang ada di ladangnya Tuhan adalah Firman. Kalau mempertahankan tanaman yang tidak ditanam oleh Tuhan dikatakan dia adalah pemimpin yang buta dan akhirnya jatuh dalam lubang yang ada kotoran. Orang yang tidak mau mencabut tanaman yang bukan ditanam oleh Tuhan dan malah mempertahankan sama dengan berseberangan dengan Tuhan Yesus. Tuhan Yesus ada di dalam terang dan itu berarti orang tersebut ada dalam kegelapan sama dengan buta.

Mesias yang benar hanya menanam satu jenis benih itulah Firman. Selain dari itu harus dicabut. Benih lain yang harus dicabut yang dikatakan dalam Matius pasal 15 adalah adat istiadat yang berbau penyembahan berhala.

Jangan sampai kita menjadi pemimpin yang buta, yang disebut sebagai pemimpin buta adalah gembala.
Yesaya 56:10-11
56:10 Sebab pengawal-pengawal umat-Ku adalah orang-orang buta, mereka semua tidak tahu apa-apa; mereka semua adalah anjing-anjing bisu, tidak tahu menyalak; mereka berbaring melamun dan suka tidur saja;
56:11 anjing-anjing pelahap, yang tidak tahu kenyang. Dan orang-orang itulah gembala-gembala, yang tidak dapat mengerti! Mereka semua mengambil jalannya sendiri, masing-masing mengejar laba, tiada yang terkecuali.

8.      Tuhan Yesus membangkitkan Lasarus
Lazarus yang sudah 4 hari mati dibangkitkan dengan suara yang nyaring. Untuk membangkitkan Lazarus ada orang-orang yang membantu untuk menggulingkan batu kubur. Artinya ada orang-orang yang proaktif untuk membantu Tuhan Yesus dan tidak membiarkan Tuhan Yesus bekerja sendiri. Jadi tanda yang kedelapan ini adalah Ada persepakatan antara orang yang ada di sekitar Tuhan Yesus kalau mau melihat kemuliaan Tuhan.

Mengapa Tuhan harus berbicara dengan suara keras untuk membangkitkan Lazarus? Untuk mengusir kebusukan diperlukan suara yang keras.

Setelah Lazarus bangkit, Tuhan menyuruh murid-muridNya untuk membuka kain kafan Lazarus. Selanjutnya membiarkan Lazarus pergi. Artinya Mesias yang benar tidak memaksa orang tetapi diberikan pilihan kepada setiap orang. Kalau ada ancam mengancam dalam hati kita berarti bukan Mesias yang benar yang ada dalam dirinya.
Yohanes 11:44
11:44 Orang yang telah mati itu datang ke luar, kaki dan tangannya masih terikat dengan kain kapan dan mukanya tertutup dengan kain peluh. Kata Yesus kepada mereka: "Bukalah kain-kain itu dan biarkan ia pergi."

Lazarus tidak salah pilih, dia pergi ke Betania. Betania artinya: rumah persinggahan, rumah perhentian dan rumah perjanjian.

Mengapa Tuhan memberi kebebasan pada Lazarus? Sebab manusia diciptakan sesuai gambar dan teladan ”Allah” dan Allah itu bebas

9.      Petrus menangkap ikan
Dalam Yohanes pasal 21 untuk kedua kalinya Tuhan Yesus menyuruh Petrus untuk menangkap ikan. Dalam Lukas pasal 5 pada penangkapan ikan yang pertama Petrus diangkat menjadi penginjil. Dalam Yohanes pasal 21 Petrus diangkat sebagai gembala. Sebelum Tuhan Yesus mengalami pengalaman mati dan bangkit maka Petrus di angkat sebagai penginjil. Setelah Tuhan Yesus mengalaami pengalaman mati dan bangkit maka dia diangkat sebagai gembala.

Pengangkatan Petrus sebagai gembala ini didahului dengan penangkapan ikan sebanyak 153 ekor. Dalam Lukas pasal 5 jala Petrus koyak sehingga banyak yang kembali ke air tetapi dalam Yohanes pasal 21 jala itu tetap utuh dan ditangkap 153 ekor ikan besar-besar dan jala tidak koyak.

Setelah poin pertama sampai kedelapan maka pada poin yang kesembilan ini agar kita tidak kembali terperangkap dalam jeratnya iblis maka kita perlu digembalakan dengan sistem Sorga. Mesias yang benar mengarahkan kita untuk berada dalam penggembalaan sistem Sorga.

Kenapa pengangkatan jabatan gembala ini dikaitkan dengan penangkapan ikan 153 ekor? Ini menunjuk penggembalaan dalam suasana Tabernakel.
Roma 14:17
14:17 Sebab Kerajaan Allah bukanlah soal makanan dan minuman, tetapi soal kebenaran, damai sejahtera dan sukacita oleh Roh Kudus.

100 adalah panjang Tabernakel
50 adalah lebar Tabernakel
3 adalah kebenaran, damai sejahtera dan sukacita oleh Roh Kudus menunjuk 3 tingkatan dalam Tabernakel yaitu halaman, ruangan suci dan ruangan maha suci.

Ini wilayah penggembalaan Tuhan Yesus dan Tabernakel ini ada di Sorga.
Wahyu 15:5
15:5 Kemudian dari pada itu aku melihat orang membuka Bait Suci -- kemah kesaksian -- di sorga.

Penggembalaan Tuhan Yesus bukan berakhir di dunia ini tetapi sampai di Sorga.
Wahyu 7:17
7:17 Sebab Anak Domba yang di tengah-tengah takhta itu, akan menggembalakan mereka dan akan menuntun mereka ke mata air kehidupan. Dan Allah akan menghapus segala air mata dari mata mereka."

Kalau jemaat Tuhan menolak penggembalaan, bermain-main dalam penggembalaan atau menolak gembala maka harus berhenti melakukan itu sebab penggembalaan bukan hanya di sini namun berkelanjutan di Sorga. Di dunia ini gembala ini menopang dan mengunjuk-unjuk saudara dan di sana Sorga menantimu.

Terimalah bimbingan Roh Kudus dan Firman yang tertulis maka saudara akan berhasil. Saudara tidak akan gagal sebab Tuhan Yesus adalah gembala yang tidak pernah gagal, Dia sangat mengasihi kita semua. Dia tidak ingin kita diterlantarkan, dia tidak ingin kita dibiarkan begitu saja sehingga kita dibawa di dalam penggembalaan supaya kita dipelihara.
I Petrus 2:25; 5:4
2:25 Sebab dahulu kamu sesat seperti domba, tetapi sekarang kamu telah kembali kepada gembala dan pemelihara jiwamu.
5:4 Maka kamu, apabila Gembala Agung datang, kamu akan menerima mahkota kemuliaan yang tidak dapat layu.

Gembala bertanggung jawab terhadap jiwa jemaat dari sekarang sampai pada kedatangan Tuhan pada kali yang kedua dan ketika itu kita menerima mahkota kemuliaan dari Tuhan. Jemaat doakan dan dukunglah gembalamu. Tahbiskanlah hidupmu layanilah Tuhan, jangan bermain-main dan izinkanlah hidupmu dibenahi oleh Firman Allah. Yakinlah suatu saat air matamu akan dihapus oleh Tuhan dalam penggembalaanNya di Sorga dan saudara akan menikmati air kehidupan yang pernah Tuhan tawarkan kepada wanita yang telah rusak moralnya.
Yohanes 4:14
4:14 tetapi barangsiapa minum air yang akan Kuberikan kepadanya, ia tidak akan haus untuk selama-lamanya. Sebaliknya air yang akan Kuberikan kepadanya, akan menjadi mata air di dalam dirinya, yang terus-menerus memancar sampai kepada hidup yang kekal."

Serusak-rusaknya kalau kita masih mau kembali kepada Tuhan dan kita mohon ampun maka Tuhan mau memberikan air yang hidup itu.


Tuhan Memberkati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar