20131210

Kebaktian Natal Persekutuan Sulewana, Senin 10 Desember 2013 Pdt. Bernard Legontu


Salam Sejahtera di dalam nama Tuhan Yesus Kristus.

Matius 2:3-6
2:3 Ketika raja Herodes mendengar hal itu terkejutlah ia beserta seluruh Yerusalem.
2:4 Maka dikumpulkannya semua imam kepala dan ahli Taurat bangsa Yahudi, lalu dimintanya keterangan dari mereka, di mana Mesias akan dilahirkan.
2:5 Mereka berkata kepadanya: "Di Betlehem di tanah Yudea, karena demikianlah ada tertulis dalam kitab nabi:
2:6 Dan engkau Betlehem, tanah Yehuda, engkau sekali-kali bukanlah yang terkecil di antara mereka yang memerintah Yehuda, karena dari padamulah akan bangkit seorang pemimpin, yang akan menggembalakan umat-Ku Israel."

Nabi adalah seseorang yang berbicara ganti orang lain. Dalam hal ini yang diganti oleh nabi adalah Tuhan. Ketika bangsa Israel mau diselamatkan Tuhan dari orang Mesir maka Tuhan berkata kepada Musa: “Engkau bagaikan Allah dan Harun bagaikan nabimu”. Jadi Harun menggantikan Musa untuk berbicara kepada Firaun.

Sorga telah menghadirkan kedatangan Tuhan Yesus pada kali yang pertama melalui seorang gadis perawan. Kedatangan Tuhan pada kali yang pertama disinggung tentang seorang gadis perawan. Ingat, kedatangan Tuhan pada kali yang kedua juga disinggung tentang seorang gadis perawan. Dikatakan gadis dan disebut lagi perawan, itu berarti kesucian yang telah diuji.

Yang banyak disuguhkan dalam ibadah gereja Tuhan di akhir zaman ini adalah pujian dan kadang kala pemberitaan Firman sudah diremehkan. Ketika ada pujian maka pedang Firman harus menjadi yang nomor satu.
Mazmur 149:6
149:6 Biarlah pujian pengagungan Allah ada dalam kerongkongan mereka, dan pedang bermata dua di tangan mereka,

Pujian tanpa pemberitaan Firman atau pujian yang dominan tetapi pemberitaan Firman hanya diberi porsi yang kecil maka Tuhan mengatakan akan mengubah pujian itu menjadi ratapan.
Amos 8:3,10
8:3 Nyanyian-nyanyian di tempat suci akan menjadi ratapan pada hari itu," demikianlah firman Tuhan ALLAH. "Ada banyak bangkai: ke mana-mana orang melemparkannya dengan diam-diam."
8:10 Aku akan mengubah perayaan-perayaanmu menjadi perkabungan, dan segala nyanyianmu menjadi ratapan. Aku akan mengenakan kain kabung pada setiap pinggang dan menjadikan gundul setiap kepala. Aku akan membuatnya sebagai perkabungan karena kematian anak tunggal, sehingga akhirnya menjadi seperti hari yang pahit pedih."

Ada yang mengatakan pujian itu adalah memberi dan itu memang benar. Tetapi jangan kita mengukur memberi kepada Tuhan sama dengan memberi kepada manusia. Kalau kita memberi sesuatu kepada manusia, dia tidak akan peduli bagaimana keadaan hati kita yang memberi. Tetapi kalau Tuhan bukan bentuk genggaman kita yang Tuhan lihat tetapi hati kita. Apakah hati orang yang memberi itu mengalami pembaharuan dan penyucian oleh Firman. Itu sebabnya untuk membersihkan dan menyucikan hati kita, kita butuh pedang Firman. Itu sebabnya porsi Firman harus lebih banyak dari pada pujian.
Amos 5:21-23
5:21 "Aku membenci, Aku menghinakan perayaanmu dan Aku tidak senang kepada perkumpulan rayamu.
5:22 Sungguh, apabila kamu mempersembahkan kepada-Ku korban-korban bakaran dan korban-korban sajianmu, Aku tidak suka, dan korban keselamatanmu berupa ternak yang tambun, Aku tidak mau pandang.
5:23 Jauhkanlah dari pada-Ku keramaian nyanyian-nyanyianmu, lagu gambusmu tidak mau Aku dengar.

Matius 1:23
1:23 "Sesungguhnya, anak dara itu akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan mereka akan menamakan Dia Imanuel" -- yang berarti: Allah menyertai kita.

Ini adalah awal yang mengejutkan Herodes dan menggemparkan penduduk Yerusalem. Dalam bacaan pertama dikatakan “demikianlah ada tertulis dalam kitab nabi”. Jadi berbicara Matius 1:23 tidak boleh kita lupakan penyajian nabi dalam Yesaya pasal 7. Di sana ada nubuatan tentang Imanuel dan itu menjadi tanda bagi raja Ahas

Arti nama Ahas adalah pemilik. Dia merasa bahwa dia adalah pemilik tunggal umat Tuhan dan kerajaan, dia tidak peduli bahwa ada Tuhan pemilik yang sah. Inilah awal sehingga ada nubuatan yang digenapkan dalam Matius 1:23. Sikap Ahas inilah yang membuat Tuhan sakit hati dan menjauh dari umat-Nya, berarti tidak ada lagi Imanuel, Allah tidak lagi beserta.

Kalau kita berprinsip seperti Ahas berarti kita sudah menyakiti hati Tuhan dan Tuhan akan menjauh dari kita. Jadi Imanuel hanya sekedar slogan dan tidak menjadi pengalaman, Jangan hal ini terjadi dalam diri kita. Ketika berprinsip bahwa umat Tuhan adalah milik gembala maka gembala bisa bertindak sewenang-wenang. Tindakan seperti itu menyebabkan Imanuel jauh dari kita dan kita tidak akan siap menyambut kedatangan Tuhan Yesus pada kali yang kedua.

Kedatangan Tuhan Yesus pada kali yang pertama melalui jalur perawan demikian juga kedatangan Tuhan pada kali yang kedua berkaitan dengan perawan itulah gereja Tuhan yang sempurna yang disebut perawan. Pada kedatanganNya kali yang pertama ada gangguan terhadap perawan ini sehingga dia harus mengungsi ke Mesir. Ingat gereja Tuhan bagaikan perawan, pasti banyak gangguannya. Itu sebabnya harus siap karena gangguan itu terlalu banyak untuk menghantam saudara sehingga gagal untuk jumpa dengan Tuhan ketika datang pada kali yang kedua.

Rasul Paulus adalah rasul khusus bagi bangsa kafir. Itu sebabnya dalam suratnya hampir semuanya dibuka dengan kasih karunia dan ditutup kasih karunia. Itu buktinya kepada bangsa kafir ditawari oleh Tuha kasih karunia. Anugerah adalah kasih Allah yang beraksi menolong kita manusia yang terancam oleh kebinasaan karena dosa.

Yang menjadi sasaran Tuhan pada kedatanganNya kali pertama adalah perawan itulah Maria dan yang menjadi sasaran Tuhan pada kedatanganNya pada kali kedua juga adalah perawan.
II Korintus 11:2
11:2 Sebab aku cemburu kepada kamu dengan cemburu ilahi. Karena aku telah mempertunangkan kamu kepada satu laki-laki untuk membawa kamu sebagai perawan suci kepada Kristus.

Rasul Paulus kuatir gereja Tuhan yang bagaikan perawan ini digoda oleh laki-laki yang lain. Terlalu banyak gereja yang tergoda dengan laki-laki yang lain ini sehingga meninggalkan keabsahan dan kemurnian pengajaran lalu mengikuti ajaran tambal sulam, ajaran gado-gado, ajaran campur baur yang tidak jelas ajarannya. Itulah laki-laki lain!

Maria berasal dari kata Ma = Nyonya dan Yah = Allah, berarti nyonya Allah. Gereja Tuhan mau dibawa pada kategori ini. Apakah kita siap? Apakah kita menjadi anak Tuhan dan hamba Tuhan yang murni digodok oleh Firman Allah yang sehat supaya bisa tampil sebagai perawan yang suci?

Gereja yang dikatakan sebagai perawan suci ini adalah bahasanya Alkitab, bahasa Firman. Ini adalah buah karya Roh Kudus yang memakai rasul Paulus. Banyak gereja yang tidak paham dan tidak mengerti sehingga tertawa bila dikatakan kita adalah perawan suci bagi Yesus, itu berarti dia merasa lucu membaca Alkitab. Terlalu banyak orang Kristen yang pemahamannya kabur karena tidak mengerti rencana Allah.

Kita semua direkrut oleh Tuhan untuk menjadi perawan yang suci. Kalau anda tampil dalam posisi seperti itu maka andalah sasaran Tuhan Yesus ketika datang kedua kali, Tuhan Yesus akan datang mencari saudara. Hidup kita semua dahulu sudah rusak dan hancur tetapi oleh pekerjaan Firman dan Roh Kudus mampu untuk membenahi dan memulihkan kembali posisi kita.

II Korintus 11:3
11:3 Tetapi aku takut, kalau-kalau pikiran kamu disesatkan dari kesetiaan kamu yang sejati kepada Kristus, sama seperti Hawa diperdayakan oleh ular itu dengan kelicikannya.

Ternyata hubungan pertunangan gereja Tuhan dengan Yesus diganggu roh kesetiaannya. Kalau dalam pelayanan tidak setia dan tidak merasa apa-apa berarti laki-laki lain sudah mengganggu kehidupan tersebut. Gereja Tuhan di akhir zaman ini merasa tidak terganggu hubungannya dengan Tuhan padahal pengajarannya sudah tidak benar.

Apa yang memperdaya gereja Tuhan di akhir zaman dengan kelicikannya?
Efesus 4:14
4:14 sehingga kita bukan lagi anak-anak, yang diombang-ambingkan oleh rupa-rupa angin pengajaran, oleh permainan palsu manusia dalam kelicikan mereka yang menyesatkan,

II Korintus 11:4
11:4 Sebab kamu sabar saja, jika ada seorang datang memberitakan Yesus yang lain dari pada yang telah kami beritakan, atau memberikan kepada kamu roh yang lain dari pada yang telah kamu terima atau Injil yang lain dari pada yang telah kamu terima.
Rasul Paulus memberitakan Yesus yang adalah Mempelai Laki-laki Sorga dan dia selalu menekankan dalam surat tahbisan tentang ajaran sehat.
I Timotius 6:2b-3
6:2b Ajarkanlah dan nasihatkanlah semuanya ini.
6:3 Jika seorang mengajarkan ajaran lain dan tidak menurut perkataan sehat -- yakni perkataan Tuhan kita Yesus Kristus -- dan tidak menurut ajaran yang sesuai dengan ibadah kita,

Jemaat Galatia menganut injil yang lain, itu sebabnya Tuhan memakai rasul Paulus untuk menegur jemaat Galatia. Sidang jemaat Galatia sudah kena sihir laki-laki yang lain, sudah terpesona dengan ajaran yang lain.

Sekarang ini banyak gereja yang disertai dengan sulap dan sihir padahal itu adalah kekejian bagi Tuhan.
Ulangan 18:10
18:10 Di antaramu janganlah didapati seorang pun yang mempersembahkan anaknya laki-laki atau anaknya perempuan sebagai korban dalam api, ataupun seorang yang menjadi petenung, seorang peramal, seorang penelaah, seorang penyihir,

Mengapa Tuhan harus meninggalkan Ahas dan umat Tuhan yang ada dibawah pemerintahannya?
Yesaya 7:10-11
7:10 TUHAN melanjutkan firman-Nya kepada Ahas, kata-Nya:
7:11 "Mintalah suatu pertanda dari TUHAN, Allahmu, biarlah itu sesuatu dari dunia orang mati yang paling bawah atau sesuatu dari tempat tertinggi yang di atas."

Yang ditampilkan di sini adalah Efraim yang mewakili kerajaan Israel yang di utara dan kerajaan Aram yang mau menyerang dan mengepung kerajaan Yehuda.

Sebenarnya perkataan nabi Yesaya kepada raja Ahas untuk meminta tanda sesuatu dari dunia orang mati hanyalah untuk menguji Ahas sebab hal itu tidak diijinkan oleh Tuhan.
Yesaya 8:19
8:19 Dan apabila orang berkata kepada kamu: "Mintalah petunjuk kepada arwah dan roh-roh peramal yang berbisik-bisik dan komat-kamit," maka jawablah: "Bukankah suatu bangsa patut meminta petunjuk kepada allahnya? Atau haruskah mereka meminta petunjuk kepada orang-orang mati bagi orang-orang hidup?"

Yesaya 7:12
7:12 Tetapi Ahas menjawab: "Aku tidak mau meminta, aku tidak mau mencobai TUHAN."

Ahas berpura-pura masih rohani padahal sebenarnya sudah hancur. Ahas menutup Bait Allah dan perkakas-perkakas Bait Allah yang ada di ruangan suci dia keluarkan dan dihancurkan. Bagi Ahas, dia tidak butuh Tabernakel. Terlampau banyak kehidupan Kristen yang bertindak seperti itu, merasa tidak butuh Tabernakel, tidak butuh Bait Allah. Padahal Inspirator pembangunan Tabernakel dan Bait Allah adalah Allah sendiri yang diilhamkan kepada Musa dan Daud. Ini dibangun agar Allah beserta dengan mereka tetapi ini malah dihancurkan oleh Ahas.
II Tawarikh 28:16
28:16 Pada waktu itu raja Ahas menyuruh utusan kepada raja negeri Asyur untuk memohon bantuan.

Orang Yehuda sebenarnya sudah ditawan oleh orang Israel dan siap untuk dibantai. Sampai mereka berjalan dengan telanjang (bugil). Untung Tuhan melihat hal itu kemudian mengutus nabi Obed kepada Israel supaya jangan berbuat begitu kepada orang Yehuda saudara mereka sendiri. Orang Israel mendengar kemudian melepas orang Israel lalu mengobati dan memberikan makanan serta pakaian. Ahab sebenarnya sudah menderita, dia membawa umat Tuhan dalam penderitaan tetapi dia tidak pernah kapok.

II Tawarikh 28:17-20,23-24
28:17 Karena orang Edom telah datang pula dan mengalahkan Yehuda serta mengangkut tawanan-tawanan.
28:18 Orang-orang Filistin juga telah menyerbu kota-kota di Daerah Bukit dan di Tanah Negeb Yehuda. Mereka pun merebut Bet-Semes, Ayalon, Gederot, Sokho dengan segala anak kotanya, Timna dengan segala anak kotanya dan Gomzo dengan segala anak kotanya, dan menetap di kota-kota itu.
28:19 Demikianlah TUHAN merendahkan Yehuda oleh karena Ahas, raja Israel itu, membiarkan kebiadaban berlaku di Yehuda dan berubah setia kepada TUHAN.
28:20 Maka datanglah Tilgat-Pilneser, raja negeri Asyur, kepadanya, hanya bukan membantu dia, melainkan menyesakkannya.
28:23 Ia mempersembahkan korban kepada para allah orang Damsyik yang telah mengalahkan dia. Pikirnya: "Yang membantu raja-raja orang Aram adalah para allah mereka; kepada merekalah aku akan mempersembahkan korban, supaya mereka membantu aku juga." Tetapi allah-allah itulah yang menjadi sebab keruntuhan bagi dia dan bersama-sama dengan dia bagi seluruh Israel.
28:24 Ahas mengumpulkan perkakas-perkakas rumah Allah dan menghancurkannya. Ia menutup pintu rumah TUHAN, lalu membuat mezbah-mezbah bagi dirinya di segenap penjuru Yerusalem.
Begitu hitam gelapnya kehidupan Ahas dan orang Yehuda saat itu tetapi Tuhan menawarkan “Imanuel”. Inilah kemurahan Tuhan. Dalam keadaan rohani mereka yang hancur Tuhan mau memberi mereka tanda.
Yesaya 7:13
7:13 Lalu berkatalah nabi Yesaya: "Baiklah dengarkan, hai keluarga Daud! Belum cukupkah kamu melelahkan orang, sehingga kamu melelahkan Allahku juga?

Yesaya membela Allahnya. Tidak salah bila kita membela Allah, membela pengajaran yang benar. Bukan berarti bila kita tidak membela maka Tuhan tidak akan menang tetapi Tuhan ingin melihat apakah kita ada berpihak kepada Tuhan atau tidak.

Yesaya 7:14
7:14 Sebab itu Tuhan sendirilah yang akan memberikan kepadamu suatu pertanda: Sesungguhnya, seorang perempuan muda mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, dan ia akan menamakan Dia Imanuel.

Yesaya 7:14 (Terjemahan Lama)
7:14 Maka sebab itu diberikan Tuhan sendiri suatu tanda alamat kepadamu kelak: Bahwasanya anak dara itu akan mengandung dan beranakkan laki-laki seorang dan dinamainya akan dia Imanuel.

Sekalipun hidup Ahas sudah amburadul tetapi dia tidak bertobat. Malah alat-alat dalam bait suci dia hancurkan. Padahal 3 alat yang ada dalam ruangan suci itu untuk mengajar kita bagaimana kita bersekutu dengan Allah Tritunggal.
Ø  Meja roti pertunjukkan menunjuk persekutuan dengan Tuhan Yesus lewat Firman pengajaran dan perjamuan kudus. Tuhan Yesus adalah Firman yang menjadi manusia itu sebabnya ada darah dan daging sehingga ada perjamuan dalam ibadah pendalaman Alkitab.
Ø  Pelita emas menunjuk persekutuan dengan Roh Allah dalam karunia-karuniaNya. Roh Kudus tidak ada daging dan darah itu sebabnya tidak ada perjamuan di situ.
Ø  Mezbah dupa emas menunjuk persekutun dengan Allah Bapa dalam kasihNya. Allah Bapa itu roh adanya, tidak berdaging dan tidak berdarah itu sebabnya tidak ada perjamuan suci di situ.

Orang yang sudah mengubah dan mencampur adukkan 3 macam ibadah ini jangan sampai sudah disusupi oleh roh Ahab yang menghancurkan perkakas Bait Allah.

Puji nama Tuhan anak dari Ahas tidak meneruskan perbuatan bapanya, itulah raja Hizkia. Dia melakukan pemulihan sebab dia tidak ingin Imanuel tidak beserta dengan mereka. Apa yang dilakukan oleh Hizkia adalah apa yang dirusak oleh Ahas bapanya dia bangun kembali. Kalau generasi tua merusak maka generasi muda harus bangkit memperbaiki. Jangan generasi muda ikut dibawa arus generasi tua yang mengubah-ubah pengajaran yang benar.
II Tawarikh 29:3,19,7-8
29:3 Pada tahun pertama pemerintahannya, dalam bulan yang pertama, ia membuka pintu-pintu rumah TUHAN dan memperbaikinya.
29:19 Dan segala perkakas, yang dibuang raja Ahas, ketika ia berubah setia pada masa pemerintahannya, telah kami sediakan dan kami kuduskan. Sekarang semuanya itu ada di depan mezbah TUHAN!"
29:7 Bahkan mereka menutup pintu-pintu balai rumah TUHAN dan memadamkan segala pelita. Mereka tidak membakar korban ukupan dan tidak mempersembahkan korban bakaran bagi Allah orang Israel di tempat kudus,
29:8 sehingga murka TUHAN menimpa Yehuda dan Yerusalem. Ia membuat mereka menjadi kengerian, kedahsyatan dan sasaran suitan seperti yang kamu lihat dengan matamu sendiri.

Ini yang tidak disenangi oleh Hizkia sehinga dia benahi kembali mulai dengan membuka pintu-pintu rumah Tuhan. Membuka pintu rumah Tuhan bagi kita adalah membuka kembali hati kita untuk masuk dalam persekutuan di dalam terang Roh Kudus dan karunia-karuniaNya (pelita emas), membuka hati untuk masuk dalam persekutuan dengan Firman pengajaran dan Perjamuan Kudus (meja roti sajian) dan membuka hati untuk masuk dalam persekutuan dengan Allah Bapa dalam kasihNya (mezbah dupa emas).

Hizkia bersama dengan imam-imam dibantu orang-orang Lewi membersihkan Bait Allah selama 16 hari supaya Imanuel itu kembali nyata. Setelah Hizkia melakukan hal ini maka Imanuel kembali nyata, Tuhan selalu menyertai mereka. Berarti tidak ada satu bagian yang tidak alami penyucian sebab angka 16 adalah jumlah bahan yang dipakai dalam membangun Tabernakel.
2 Tawarikh 29:17
29:17 Pekerjaan menguduskan itu dimulai pada tanggal satu bulan yang pertama. Pada hari kedelapan bulan itu mereka sampai ke balai rumah TUHAN dan menguduskan seluruh rumah TUHAN dalam delapan hari. Mereka selesai pada hari keenam belas bulan pertama.

II Tawarikh 29:11
29:11 Anak-anakku, sekarang janganlah kamu lengah, karena kamu telah dipilih TUHAN untuk berdiri di hadapan-Nya untuk melayani Dia, untuk menyelenggarakan kebaktian dan membakar korban bagi-Nya."

Jadi yang pertama ditegur dan diajak supaya kembali bangkit semangatnya adalah penyelenggara kebaktian itulah hamba Tuhan dan pembantu-pembantu mimbar. Jangan kita lemah sebab ada upaya Ahas yang mau merusak.
II Tawarikh 29:15
29:15 Mereka mengumpulkan saudara-saudaranya dan menguduskan dirinya. Kemudian mereka datang menurut perintah raja, sesuai dengan firman TUHAN, lalu mentahirkan rumah TUHAN.
Kita harus menguduskan diri lewat mandi air Firman Tuhan.
Efesus 5:25-26
5:25 Hai suami, kasihilah isterimu sebagaimana Kristus telah mengasihi jemaat dan telah menyerahkan diri-Nya baginya
5:26 untuk menguduskannya, sesudah Ia menyucikannya dengan memandikannya dengan air dan firman,

II Tawarikh 29:16
29:16 Sesudah itu masuklah para imam ke bagian dalam rumah TUHAN untuk mentahirkannya. Semua yang najis, yang didapati mereka di dalam bait TUHAN, dibawa ke pelataran rumah TUHAN; orang-orang Lewi menerimanya untuk diangkut ke luar, ke lembah Kidron.

Di lembah Kidron ada gehena. Itulah api yang kekal yang tidak dapat dipadamkan. Di situ sampah-sampah di bakar.

Kitab nabi Yesaya terdiri dari 66 pasal yang mewakili 66 kitab dalam Alkitab, itu sebabnya dari pasal 1-39 bernuansa perjanjian lama dan pasal 40-66 bernuansa perjanjian baru. Dalam kitab nabi Yesaya ada 7 hal yang kekal:
1.      Bukit batu yang kekal
Siapakah batu karang yang kekal itu? Itulah Tuhan Yesus.
Yesaya 26:4
26:4 Percayalah kepada TUHAN selama-lamanya, sebab TUHAN ALLAH adalah gunung batu yang kekal.

Ini yang dikhianati oleh Ahas. Dia berani merombak bangunan yang diajarkan oleh Sorga untuk dibangun. Inspirator pembangunan bait Allah adalah Allah dan itu dirusak oleh Ahab.

2.      Api yang kekal
Yesaya 33:14
33:14 Orang-orang yang berdosa terkejut di Sion orang-orang murtad diliputi kegentaran. Mereka berkata: "Siapakah di antara kita yang dapat tinggal dalam api yang menghabiskan ini? Siapakah di antara kita yang dapat tinggal di perapian yang abadi ini?"

Yesaya 33:14 (Terjemahan lama)
33:14 Bahwa terkejutlah segala orang berdosa yang di Sion; kegentaran berlakulah atas segala orang munafik itu, katanya: Siapa gerangan di antara kita, yang dapat duduk hampir dengan api yang makan habis? siapa gerangan di antara kita, yang dapat duduk hampir dengan kehangatan yang kekal?

Api yang kekal inilah yang tidak ditakuti oleh Ahas tetapi putranya yang bernama Hizkia takut akan hal ini. Kadangkala hidup kita mengekspresikan bahwa kita tidak takut dengan penghukuman api yang kekal ini dan berjalan saja untuk menyenangkan daging kita padahal sudah terancam dengan hukuman yang kekal.

3.      Kesukaan yang kekal
Yesaya 35:10 (Terjemahan Lama)
35:10 Maka segala orang tebusan Tuhan akan berjalan pergi datang ke Sion dengan bertempik sorak dan kesukaan yang kekal akan ada di atas kepalanya; mereka itu akan mendapat kesukaan dan keramaian, tetapi segala kedukaan dan pengeluh sudah terbang.

Yesaya 61:7
61:7 Akan ganti malumu kamu akan beroleh hormat dua lapis dan akan ganti kecelaan mereka itu akan bersorak-sorak sebab untungnya. Maka oleh sebab itu dalam negerinya mereka itu akan mempunyai suatu bahagian pusaka yang dua lapis dan kesukaan yang kekal akan menjadi bahagiannya.

4.      Tebusan yang kekal
Yesaya 45:17 (Terjemahan Lama)
45:17 Tetapi orang Israel ditebus oleh Tuhan dengan tebusan yang kekal; bahwa sampai selama-lamanya tiada kamu akan kemalu-maluan atau kena aib.

Tuhan menebus kita tidak main-main, kita yang seringkali mempermainkan korban tebusan Tuhan.
Amsal 14:9
14:9 Orang bodoh mencemoohkan korban tebusan, tetapi orang jujur saling menunjukkan kebaikan.

Rahasia Firman dibuka karena korban Kristus. Kalau menghina pembukaan rahasia Firman Allah berarti memposisikan diri sebagai orang bodoh karena mencemooh korban Kristus. Kalau mencemooh pembukaan Firman Tuhan pasti tidak bisa jumpa dengan Kristus.

5.      Kemurahan yang kekal
Yesaya 54:8 (Terjemahan Lama)
54:8 Oleh kehangatan murka-Ku sudah Kusamarkan wajah-Ku dari padamu sesaat jua lamanya, tetapi dengan kemurahan yang kekal Aku akan mengasihankan dikau, demikianlah firman Tuhan, yaitu Penebusmu.

Bagaimana caranya menemukan kemurahan yang kekal?
Yesaya 54:5
54:5 Sebab yang menjadi suamimu ialah Dia yang menjadikan engkau, TUHAN semesta alam nama-Nya; yang menjadi Penebusmu ialah Yang Mahakudus, Allah Israel, Ia disebut Allah seluruh bumi.

Kenapa kita yang dipertunangkan dengan Tuhan Yesus, yang sedang dibawa pada tingkat yang disebut perawan malah mencemooh korban tebusan? Padahal itulah kemurahan Allah yang besar. Tuhan belum mendapatkan istriNya tetapi telah mengatakan kepada kita “Akulah suamimu”. Kenapa kita tidak berbesar hati merayakan natal dan bersukacita tetapi hanya dibuat-buat? Biarlah kita berpegang pada Tuhan Yesus Mempelai Laki-laki Sorga. Tuhan telah menyatakan diri sebagai suami berarti Tuhan mengharapkan kita untuk menjadi mempelai wanitaNya yang tampil bagaikan gadis perawan. Betapa terlampau dalam rencana Allah dalam diri kita, mengapa kita tidak bersukacita?

6.      Perjanjian yang kekal
Yesaya 55:3
55:3 Berilah telinga, marilah kepada-Ku, dengarlah kiranya, maka jiwamu akan hidup; dan Aku akan membuat dengan kamu suatu perjanjian yang kekal, segala janji selamat Daud yang tiada terubahkan.

Orang yang mengerti perjanjian yang kekal pasti menyucikan diri sehingga tampil sebagai gadis perawan.
II Korintus 7:1
7:1 Saudara-saudaraku yang kekasih, karena kita sekarang memiliki janji-janji itu, marilah kita menyucikan diri kita dari semua pencemaran jasmani dan rohani, dan dengan demikian menyempurnakan kekudusan kita dalam takut akan Allah.

Kalau kita adalah gereja Tuhan yang betunangan dengan Tuhan dan tahu apa itu arti gadis perawan maka kitalah yang akan dituju oleh Tuhan ketika datang kedua kali sehingga ketika antikris datang kita sudah disingkirkan oleh Tuhan ke padang belantara.

7.      Terang yang kekal
Yesaya 60:19 (Terjemahan Lama)
60:19 Bahwa matahari tiada lagi akan terang bagimu pada siang hari dan cahaya bulanpun tiada bersinar lagi kepadamu, melainkan Tuhan juga bagimu akan terang yang kekal dan Allahmupun akan kemuliaanmu.

Sorga tidak perlu lagi matahari sebab ada terang yang kekal di sana.
Wahyu 21:23
21:23 Dan kota itu tidak memerlukan matahari dan bulan untuk menyinarinya, sebab kemuliaan Allah meneranginya dan Anak Domba itu adalah lampunya.

Pada zaman Musa di halaman Tabernakel ada api di Mezbah korban bakaran, di ruangan suci ada terang pelita emas dan di ruangan maha suci ada terang Shekina Gloria.

II Tawarikh 29:16-17
29:16 Sesudah itu masuklah para imam ke bagian dalam rumah TUHAN untuk mentahirkannya. Semua yang najis, yang didapati mereka di dalam bait TUHAN, dibawa ke pelataran rumah TUHAN; orang-orang Lewi menerimanya untuk diangkut ke luar, ke lembah Kidron.
29:17 Pekerjaan menguduskan itu dimulai pada tanggal satu bulan yang pertama. Pada hari kedelapan bulan itu mereka sampai ke balai rumah TUHAN dan menguduskan seluruh rumah TUHAN dalam delapan hari. Mereka selesai pada hari keenam belas bulan pertama.

Rumah yang Tuhan minta supaya Dia hadir di tengah-tengah umatNya, supaya ada Imanuel maka Tuhan meminta untuk membangun Tabernakel yang dibangun dengan 16 macam bahan.
Keluaran 25:8-9
25:8 Dan mereka harus membuat tempat kudus bagi-Ku, supaya Aku akan diam di tengah-tengah mereka.
25:9 Menurut segala apa yang Kutunjukkan kepadamu sebagai contoh Kemah Suci dan sebagai contoh segala perabotannya, demikianlah harus kamu membuatnya."

16 macam bahan yang dipakai untuk membangun Tabernakel. Kalau 16 hari waktu yang dipakai untuk membersihkan berarti semua bagian-bagian dari Tabernakel tidak ada satupun yang luput yang tidak dibersihkan. Kalau kita mengaku sebagai anggota Tubuh Kristus, sebagai Bait Allah maka jangan tolak pembersihan dari Tuhan supaya Allah itu berdiam bersama-sama dengan kita. Seringkali kita mengaku anggota Tubuh Kristus tetapi tidak mau disucikan, tidak mau mendengarkan Firman yang tajam. Kehidupan yang seperti itu pasti ditolak oleh Tuhan.

Herodes tahu persis apa itu angka 16 sehingga pendiri gereja hujan awal yaitu rasul Petrus dibelenggu dengan 16 tentara. Herodes tahu bahwa Petrus adalah pendiri Tabernakel rohani sehingga menangkap Petrus bertepatan menjelang hari paskah. Betapa jelinya Herodes untuk menghancurkan gereja Tuhan termasuk pendiri gereja. Herodes membagi 4 regu artinya di 4 penjuru dunia dia mengirim roh Herodes untuk menghancurkan gereja.

1 hari adalah 24 jam. Berarti 4 regu ini masing-masing bertugas selama 6 jam. Tuhan Yesus tergantung di kayu salib dari jam 9 pagi sampai jam 3 sore, berarti selama 6 jam. Artinya mereka melawan korban Kristus, melawan pembukaan rahasia Firman yang dibukakan oleh korban Kristus.

6 jam bila dibagi 4 pasukan maka tiap pasukan mendapat jatah 1,5 jam untuk berjaga. Angka 1,5 adalah angka pengantara. Herodes berupaya untuk menghancurkan pekerjaan Tuhan Yesus sebagai pengantara. Tuhan Yesus lahir melalui seorang perawan dan Herodes berniat untuk membunuhNya.
I Timotius 2:5
2:5 Karena Allah itu esa dan esa pula Dia yang menjadi pengantara antara Allah dan manusia, yaitu manusia Kristus Yesus,

Mezbah korban bakaran yang ada di halaman Tabernakel tingginya 3 hasta dan dibagi dua 1,5 hasta di atas, 1,5 hasta di bawah. Pada bagian tengah diletakkan jala-jala, di situlah domba dibakar. Itulah tempatnya Tuhan Yesus menjadi pengantara kita dengan Allah Bapa di Sorga yang sudah kita sakiti hatiNya. Mengapa mengatakan berdamai dengan Bapa padahal dengan sesama tidak bisa berdamai? Itu suatu kemunafikan.

Kisah Para Rasul 12:4-7
12:4 Setelah Petrus ditangkap, Herodes menyuruh memenjarakannya di bawah penjagaan empat regu, masing-masing terdiri dari empat prajurit. Maksudnya ialah, supaya sehabis Paskah ia menghadapkannya ke depan orang banyak.
12:5 Demikianlah Petrus ditahan di dalam penjara. Tetapi jemaat dengan tekun mendoakannya kepada Allah.
12:6 Pada malam sebelum Herodes hendak menghadapkannya kepada orang banyak, Petrus tidur di antara dua orang prajurit, terbelenggu dengan dua rantai. Selain itu prajurit-prajurit pengawal sedang berkawal di muka pintu.
12:7 Tiba-tiba berdirilah seorang malaikat Tuhan dekat Petrus dan cahaya bersinar dalam ruang itu. Malaikat itu menepuk Petrus untuk membangunkannya, katanya: "Bangunlah segera!" Maka gugurlah rantai itu dari tangan Petrus.

Herodes mengutus prajurit untuk membelenggu tetapi Tuhan mengutus hamba-hamba Tuhan bukan untuk membelenggu tetapi untuk membuka belenggu.

Kisah Para Rasul 12:7 (Terjemahan Lama)
12:7 tiba-tiba terdirilah seorang malaekat Tuhan di situ, dan suatu cahaya bersinar di dalam bilik itu; lalu ditepuknya rusuk Petrus, sambil mengejutkan dia, katanya, "Bangunlah segera!" Maka gugurlah belenggunya daripada tangannya.

Yang ditepuk oleh malaikat adalah rusuk Petrus. Tuhan mau mengoreksi mulai dari persekutuan terkecil itulah nikah. Murid Tuhan Yesus yang diceritakan oleh Alkitab dipanggil ketika sudah menikah adalah Petrus. Nikah Petrus dikoreksi Tuhan. Sebab itu mulai dari nikah hamba-hamba Tuhan harus dikoreksi. Istri jangan melawan suami, apalagi itu adalah gembalamu.

Tugas imam-imam adalah membersihkan bait Allah tetapi di zaman Tuhan Yesus imam-imam ini sudah salah. Seharusnya mereka yang membersihkan Bait Allah tetapi mereka malah mengotori. Tuhan Yesus yang mempunyai Bait Allah datang membersihkan tetapi mereka malah marah.

Raja Ahas ditegur oleh Tuhan dan ditunjukkan bencana yang dia akan alami bila tidak menerima.
Yesaya 7:15-18
7:15 Ia akan makan dadih dan madu sampai ia tahu menolak yang jahat dan memilih yang baik,
7:16 sebab sebelum anak itu tahu menolak yang jahat dan memilih yang baik, maka negeri yang kedua rajanya engkau takuti akan ditinggalkan kosong.
7:17 TUHAN akan mendatangkan atasmu dan atas rakyatmu dan atas kaum keluargamu hari-hari seperti yang belum pernah datang sejak Efraim menjauhkan diri dari Yehuda -- yakni raja Asyur."
7:18 Pada hari itu akan terjadi: TUHAN bersuit memanggil lalat yang ada di ujung anak-anak sungai Nil, dan memanggil lebah yang ada di tanah Asyur.

Kalau lalat yang dipanggil berarti wabah penyakit (bela sampar) yang dipanggil. Inilah yang dialami oleh kehidupan yang tidak menghargai lawatan Tuhan. Sekarang ini ada bermacam-macam wabah, wabah penyakit tubuh maupun penyakit tanaman. Kalau kita menghargai kehadiran Tuhan maka wabah tidak akan datang. Tuhan datang ke dunia ini menyembuhkan penyakit tubuh agar tubuh disempurnakan, Tuhan Yesus menolong kehidupan yang sengsara jiwanya supaya jiwa disempurnakan, Tuhan Yesus datang mengusir roh jahat dari orang yang dirasuk setan supaya rohnya disempurnakan. Jadi tubuh, jiwa dan roh disempurnakan.
I Tesalonika 5:23
5:23 Semoga Allah damai sejahtera menguduskan kamu seluruhnya dan semoga roh, jiwa dan tubuhmu terpelihara sempurna dengan tak bercacat pada kedatangan Yesus Kristus, Tuhan kita.

Yesaya 7:18
7:18 Pada hari itu akan terjadi: TUHAN bersuit memanggil lalat yang ada di ujung anak-anak sungai Nil, dan memanggil lebah yang ada di tanah Asyur.

Kalau lebah dipanggil berarti madu hilang, tidak ada kemanisan lagi. Kalau madu hilang dari lidah maka yang keluar dari mulut tinggal kata-kata makian, fitnah, nista, umpatan dan amarah.
Kidung Agung 4:11
4:11 Bibirmu meneteskan madu murni, pengantinku, madu dan susu ada di bawah lidahmu, dan bau pakaianmu seperti bau gunung Libanon.

Yesaya 7:19-20
7:19 Dan semuanya akan datang hinggap di lembah-lembah yang terjal dan di celah-celah bukit-bukit batu, di segala pagar duri dan di segala tanah penggembalaan.
7:20 Pada hari itu dengan pisau cukur yang dipinjam dari seberang sungai Efrat, yakni raja Asyur, Tuhan akan mencukur kepala dan bulu paha, bahkan pisau itu akan melenyapkan janggut juga.

Kalau kepala dicukur berarti tidak ada lagi embun (Firman pengajaran).
Kalau janggut dicukur berarti tidak ada lagi pelayanan imam besar (roh Perdamaian).
Kalau bulu paha dicukur berarti nikah dipermalukan.

Mazmur 133:2-3
133:2 Seperti minyak yang baik di atas kepala meleleh ke janggut, yang meleleh ke janggut Harun dan ke leher jubahnya.
133:3 Seperti embun gunung Hermon yang turun ke atas gunung-gunung Sion. Sebab ke sanalah TUHAN memerintahkan berkat, kehidupan untuk selama-lamanya.

Asyur mempunyai dua istri yaitu Hela dan Naara. Hela artinya tahi besi (karat) dan Naara artinya gadis (perawan). Jangan kita seperti itu, tampil seperti gadis tetapi tai besi.

Ketika Tuhan datang, Dia tahu di mana gadisNya berada. Tuhan tahu di mana umat Tuhan yang sedang digarap oleh Firman Tuhan itu berada. Kita ini adalah hidup yang hancur tetapi Tuhan mau benahi sehingga bisa tampil diibaratkan seperti gadis. Kalau Tuhan yang berfirman pasti terjadi, itu sebabnya dikatakan perjanjian kekal sebab itu pasti terjadi.

Maukah kita seperti Ahas atau seperti Hizkia. Ikrarlah dengan Tuhan sekarang bahwa kita mau seperti Hizkia yang mau membuka hati kembali utuk masuk dalam ibadah Pendalaman Alkitab, ibadah Raya dan ibadah Doa Penyembahan. Sesudah Hizkia membersihkan Bait Allah maka umat Tuhan bersukaria, mereka merayakan paskah.

Kita merayakan natal tidak lagi merayakan Tuhan Yesus yang bagaikan bayi yang tidak berdaya. Tuhan Yesus dari usia 12 tahun sudah mencengangkan ahli Taurat dan imam-imam kelapa tetapi tidak ada yang mengkomersilkan Tuhan Yesus untuk berkhotbah di sana sini. Berbeda dengan keadaan gereja Tuhan di akhir zaman ini, anak-anak yang bisa berkhotbah dibawa ke sana sini untuk tampil berkhotbah. Padahal Tuhan Yesus tidak demikian. Mengapa? Sebab bukan anak-anak yang boleh tampil sebagai pemimpin, bukan anak-anak yang boleh berkhotbah. Yang seperti itu merusak jalan Tuhan.
Yesaya 3:12
3:12 Adapun umat-Ku, penguasa mereka ialah anak-anak, dan perempuan-perempuan memerintah atasnya. Hai umat-Ku, pemimpin-pemimpinmu adalah penyesat, dan jalan yang kamu tempuh mereka kacaukan!


Tuhan Memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar