20131225

Kebaktian Natal Persekutuan Tentena, Selasa 25 Desember 2013 Pdt. Bernard Legontu


Salam Sejahtera di dalam nama Tuhan Yesus Kristus.

Matius 2:4-6
2:4 Maka dikumpulkannya semua imam kepala dan ahli Taurat bangsa Yahudi, lalu dimintanya keterangan dari mereka, di mana Mesias akan dilahirkan.
2:5 Mereka berkata kepadanya: "Di Betlehem di tanah Yudea, karena demikianlah ada tertulis dalam kitab nabi:
2:6 Dan engkau Betlehem, tanah Yehuda, engkau sekali-kali bukanlah yang terkecil di antara mereka yang memerintah Yehuda, karena dari padamulah akan bangkit seorang pemimpin, yang akan menggembalakan umat-Ku Israel."

Dari bacaan di atas kita melihat rahasia Allah yang tersimpul di dalamnya dan apa yang Allah sedang lakukan bagi gereja Tuhan yang hidup pada akhir zaman. Di sadari atau tidak banyak manusia sekarang ini menjadi pencemooh korban tebusan dan Alkitab mengatakan orang yang mencemooh korban tebusan adalah orang bodoh. Mungkin saudara mengatakan saya tidak mencemooh korban tebusan, saya bukan orang yang bodoh. Tetapi meremehkan dan menolak pembukaan rahasia Firman yang mana pembukaan rahasia Firman adalah karya korban tebusan yaitu korban Kristus maka itu sama dengan mencemooh korban tebusan.

Ketika kita mendengarkan pembukaan rahasia Firman Allah untuk mengarahan kita menuju pada nikah yang rohani (nikah Kristus dengan gerejaNya) dan rahasia ibadah itu diungkap oleh Tuhan lewat pemberitaan hamba Allah maka itu adalah pekerjaan korban ketebusan Kristus Yesus. Jika kehidupan yang mendengar dan ada di dalam hatinya penolakan atau meremehkan maka di hadapan Tuhan kehidupan itu adalah bodoh dan mencemooh korban ketebusan. Ini jangan sampai terjadi.

Tidak ada korban yang bisa menyempurnakan kita selain dari korban Kristus dan oleh karena korban Kristus itulah rahasia Firman Allah dibuka.
Amsal 14:9
14:9 Orang bodoh mencemoohkan korban tebusan, tetapi orang jujur saling menunjukkan kebaikan.

Di mana kekuatan dari korban ketebusan ini?
Wahyu 5:6
5:6 Maka aku melihat di tengah-tengah takhta dan keempat makhluk itu dan di tengah-tengah tua-tua itu berdiri seekor Anak Domba seperti telah disembelih, bertanduk tujuh dan bermata tujuh: itulah ketujuh Roh Allah yang diutus ke seluruh bumi.

Nabi-nabi telah bernubuat dan apa yang kita baca dalam Matius tadi adalah bagian dari nubuatan nabi. Kita sekarang ini berada pada zaman kegenapan nubuatan nabi-nabi itu, bahkan nubuatan yang diangkat sejak nabi Samuel. Kenapa sejak dari nabi Samuel? Karena ketika Samuel dikandung oleh ibunya yaitu Hana maka dalam nyanyian Hana, dia sudah berbicara tentang datangnya Almasih.

I Samuel 2:10
2:10 Orang yang berbantah dengan TUHAN akan dihancurkan; atas mereka Ia mengguntur di langit. TUHAN mengadili bumi sampai ke ujung-ujungnya; Ia memberi kekuatan kepada raja yang diangkat-Nya dan meninggikan tanduk kekuatan orang yang diurapi-Nya."

Yang diurapi-Nya ini adalah Almasih, itulah Kristus.
I Samuel 2:10 (Terjemahan Lama)
2:10 Barangsiapa yang berbantah-bantah dengan Tuhan, ia itu akan dibinasakan kelak; Tuhanpun akan berguruh atasnya dari langit; Tuhan menghukumkan segala ujung bumi; hendaklah dikaruniakan-Nya kemuliaan kepada Raja-Nya dan ditinggikan-Nya tanduk Almasih-Nya!

Kalau kita berada dalam zaman dimana nubuatan para nabi ini digenapkan maka jangan kita lengah dan menjadi orang Kristen yang bersikap santai-santai saja. Dikatakan dalam ayat di atas Tuhan akan menghukum bumi sampai ke ujung-ujungnya. Mengapa? Sebab menolak Mesias, menolak raja yang diurapi itu yaitu Almasih. Ini adalah peringatan bagi kita semua.
Kisah Para Rasul 3:24-25
3:24 Dan semua nabi yang pernah berbicara, mulai dari Samuel, dan sesudah dia, telah bernubuat tentang zaman ini.
3:25 Kamulah yang mewarisi nubuat-nubuat itu dan mendapat bagian dalam perjanjian yang telah diadakan Allah dengan nenek moyang kita, ketika Ia berfirman kepada Abraham: Oleh keturunanmu semua bangsa di muka bumi akan diberkati.

Kita diwariskan nubuatan-nubuatan nabi ini, untuk apa? Supaya kita paham apa yang dinubuatkan para nabi ini dan mendapat bagian dalam perjanjian yang telah diadakan Tuhan dengan nenek moyang Israel. Sekarang ini adalah penggenapan secara menyeluruh.
Roma 9:28
9:28 Sebab apa yang telah difirmankan-Nya, akan dilakukan Tuhan di atas bumi, sempurna dan segera."

Kisah Para Rasul 3:26
3:26 Dan bagi kamulah pertama-tama Allah membangkitkan Hamba-Nya dan mengutus-Nya kepada kamu, supaya Ia memberkati kamu dengan memimpin kamu masing-masing kembali dari segala kejahatanmu."

Kita dipimpin kembali dari segala kejahatan, artinya bertobat! Tidak melakoni lagi apa yang kita lakukan di masa-masa silam. Disinilah awal mulanya sehingga ada kehidupan yang disebut perawan yang suci. Perawan yang suci inilah yang dikatakan bertunangan dengan Yesus. Jadi kalau kita dikatakan tunangannya Yesus tentu kita harus memahami dari mana kita berasal yaitu dari kehidupan yang jahat, dari kehidupan yang najis, dari kehidupan yang gelap.

Yesaya 53:6
53:6 Kita sekalian sesat seperti domba, masing-masing kita mengambil jalannya sendiri, tetapi TUHAN telah menimpakan kepadanya kejahatan kita sekalian.

Oleh kematian Tuhan Yesus, Dia telah membuka jalan dan menanggung segala kejahatan kita supaya kita berpaling kepada Dia. Dari sana kita melaju untuk mencapai standar yang disebut Mempelai Wanita untuk Tuhan Yesus. Untuk sampai ke sana terlebih dahulu kita disebut bertunangan dengan Kristus. Gereja Tuhan tidak hanya sampai pada level anak Tuhan atau imam-imam tetapi gereja Tuhan sekarang ada dalam status tunangannya Tuhan Yesus.

Olehnya itu perhatikan hal ini: kedatangan Yesus pada kali yang pertama bersinggungan dengan seorang perawan yang suci.
Lukas 1:27
1:27 kepada seorang perawan yang bertunangan dengan seorang bernama Yusuf dari keluarga Daud; nama perawan itu Maria.

Kedatangan Yesus melalui jalur ini. Disebutkan di sini perawan Maria. Siapa yang pegang peran sehingga Maria tetap bisa mempertahankan keperawanannya? Karena peran ibu dan bapanya yang menjaga, memelihara, merawat, mengasuh, membela dan mengajar Maria sehingga mata Tuhan tertuju kepadanya. Orang tua Maria ini berasal dari keturunan Lewi sebab dikatakan Maria ini adalah keluarga Elizabeth dan Elizabeth ini adalah keturunan Lewi. Kita melihat di sini untuk menjaga status sebagai perawan tidak lepas dari pelayanan Lewi.
Lukas 1:5,36 (Terjemahan lama)
1:5 Pada zaman Herodes, raja negeri Yudea, adalah seorang imam, namanya Zakaria, yaitu daripada bahagian Abia; dan ia ada seorang isteri keturunan Harun, namanya Elisabet.
1:36 Sesungguhnya keluargamu, Elisabet, itu pun mengandung seorang anak laki-laki pada masa tuanya; maka sekarang ini sudah masuk bulannya yang keenam, yang dahulunya dikatakan mandul;

Kedatangan Tuhan pada kali yang kedua juga akan bersinggungan dengan Mempelai Wanita, perawan yang suci. Untuk menampilkan gereja Tuhan supaya tampil sebagai Perawan yang suci di hadapan Tuhan maka tidak bisa lepas dari pelayanan ibu dan bapa rohani itulah gembala.

Gembala yang dipercayakan untuk menangani jemaat agar bisa tampil sebagai perawan harus yang dikuasai oleh bentuk pelayanan Lewi.
Ulangan 18:1-5
18:1 "Imam-imam orang Lewi, seluruh suku Lewi, janganlah mendapat bagian milik pusaka bersama-sama orang Israel; dari korban api-apian kepada TUHAN dan apa yang menjadi milik-Nya harus mereka mendapat rezeki.
18:2 Janganlah ia mempunyai milik pusaka di tengah-tengah saudara-saudaranya; TUHANlah milik pusakanya, seperti yang dijanjikan-Nya kepadanya.
18:3 Inilah hak imam terhadap kaum awam, terhadap mereka yang mempersembahkan korban sembelihan, baik lembu maupun domba: kepada imam haruslah diberikan paha depan, kedua rahang dan perut besar.
18:4 Hasil pertama dari gandummu, dari anggurmu dan minyakmu, dan bulu guntingan pertama dari dombamu haruslah kauberikan kepadanya.
18:5 Sebab dialah yang dipilih oleh TUHAN, Allahmu, dari segala sukumu, supaya ia senantiasa melayani TUHAN dan menyelenggarakan kebaktian demi nama-Nya, ia dan anak-anaknya.

Bilangan 18:19-20
18:19 Segala persembahan khusus, yakni persembahan kudus yang dipersembahkan orang Israel kepada TUHAN, Aku berikan kepadamu dan kepada anak-anakmu laki-laki dan perempuan bersama-sama dengan engkau; itulah suatu ketetapan untuk selama-lamanya; itulah suatu perjanjian garam untuk selama-lamanya di hadapan TUHAN bagimu serta bagi keturunanmu."
18:20 TUHAN berfirman kepada Harun: "Di negeri mereka engkau tidak akan mendapat milik pusaka dan tidak akan beroleh bagian di tengah-tengah mereka; Akulah bagianmu dan milik pusakamu di tengah-tengah orang Israel.

Yeremia 33:19-21
33:19 Firman TUHAN datang kepada Yeremia, bunyinya:
33:20 "Beginilah firman TUHAN: Jika kamu dapat mengingkari perjanjian-Ku dengan siang dan perjanjian-Ku dengan malam, sehingga siang dan malam tidak datang lagi pada waktunya,
33:21 maka juga perjanjian-Ku dengan hamba-Ku Daud dapat diingkari, sehingga ia tidak mempunyai anak lagi yang memerintah di atas takhtanya; begitu juga perjanjian-Ku dengan orang-orang Lewi, yakni imam-imam yang menjadi pelayan-Ku.

Kedatangan Tuhan Yesus pada kali yang kedua bersinggungan dengan perawan suci.
II Korintus 11:2
11:2 Sebab aku cemburu kepada kamu dengan cemburu ilahi. Karena aku telah mempertunangkan kamu kepada satu laki-laki untuk membawa kamu sebagai perawan suci kepada Kristus.

Bagaimana gereja Tuhan bisa mencapai status ini? Lewat peran gembala sebagai ibu dan bapa. Ketika kerohanian jemaat masih bayi maka ditangani begitu spesial oleh gembala dalam statusnya sebagai ibu. Bagaimana cara ibu mengasuh bayi dan kanak-kanak begitulah sikap seorang gembala menghadapi jiwa baru yang masih kanak-kanak.
I Tesalonika 2:7
2:7 Tetapi kami berlaku ramah di antara kamu, sama seperti seorang ibu mengasuh dan merawati anaknya.

Dalam kepribadian gembala sebagai bapa bagi jemaat, dia mengajar jemaat agar sampai pada kadar kerohanian sebagai perawan yang suci untuk menyambut Tuhan Yesus yang akan datang kembali.
I Tesalonika 2:11
2:11 Kamu tahu, betapa kami, seperti bapa terhadap anak-anaknya, telah menasihati kamu dan menguatkan hatimu seorang demi seorang,

Yesus dari lahir sampai usia 30 tahun ada bersama orang tuaNya. Dia tunduk dan dengar-dengaran pada ibu bapanya.
Lukas 2:45-47,51
2:45 Karena mereka tidak menemukan Dia, kembalilah mereka ke Yerusalem sambil terus mencari Dia.
2:46 Sesudah tiga hari mereka menemukan Dia dalam Bait Allah; Ia sedang duduk di tengah-tengah alim ulama, sambil mendengarkan mereka dan mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada mereka.
2:47 Dan semua orang yang mendengar Dia sangat heran akan kecerdasan-Nya dan segala jawab yang diberikan-Nya.
2:51 Lalu Ia pulang bersama-sama mereka ke Nazaret; dan Ia tetap hidup dalam asuhan mereka. Dan ibu-Nya menyimpan semua perkara itu di dalam hatinya.

Lukas 2:51 (Terjemahan Lama)
2:51 Maka pulanglah Ia sertanya, lalu tibalah di Nazaret; dan diturut-Nya perintahnya. Maka ibu-Nya menyimpan segala perkara itu di dalam hatinya.

Dalam usia 12 tahun Tuhan Yesus sudah mencengangkan ahli-ahli Taurat dan imam-imam kepala dengan pertanyaan dan jawabanNya tetapi Tuhan Yesus tidak dikomersilkan oleh orang tuanya untuk berkhotbah di mana-mana.

Dalam usia kanak-kanak Tuhan Yesus menuruti perintah ibu bapanya secara jasmani. Setelah usia 30 tahun Tuhan Yesus dibaptis dan masuk dalam pelayanan. Dalam pelayananNya Tuhan Yesus dikontrol dari Sorga, tidak pernah Dia melakukan sesuatu yang tidak Dia lihat dan dengar dari Sorga.
Yohanes 5:19,30, 6:38, 12:49, 14:31
5:19 Maka Yesus menjawab mereka, kata-Nya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya Anak tidak dapat mengerjakan sesuatu dari diri-Nya sendiri, jikalau tidak Ia melihat Bapa mengerjakannya; sebab apa yang dikerjakan Bapa, itu juga yang dikerjakan Anak.
5:30 Aku tidak dapat berbuat apa-apa dari diri-Ku sendiri; Aku menghakimi sesuai dengan apa yang Aku dengar, dan penghakiman-Ku adil, sebab Aku tidak menuruti kehendak-Ku sendiri, melainkan kehendak Dia yang mengutus Aku.
6:38 Sebab Aku telah turun dari sorga bukan untuk melakukan kehendak-Ku, tetapi untuk melakukan kehendak Dia yang telah mengutus Aku.
12:49 Sebab Aku berkata-kata bukan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa, yang mengutus Aku, Dialah yang memerintahkan Aku untuk mengatakan apa yang harus Aku katakan dan Aku sampaikan.
14:31 Tetapi supaya dunia tahu, bahwa Aku mengasihi Bapa dan bahwa Aku melakukan segala sesuatu seperti yang diperintahkan Bapa kepada-Ku, bangunlah, marilah kita pergi dari sini."

Kedatangan Tuhan Yesus pada kali yang pertama melalui jalur perawan yang suci. Yang memegang peran sehingga Maria tampil sebagai perawan suci adalah ibu dan bapanya. Kita bisa mengacungkan jempol kepada ibu dan bapa Maria yang bisa mengasuh anaknya di desa yang bernama Nazaret yang terletak di pegunungan. Nazaret ini selalu mempunyai kesan sebagai kota yang tidak bagus, tetapi kalau Maria bisa bertahan sebagai perawan itu karena peran ibu bapanya.

Ketika Tuhan Yesus dilahirkan muncullah dua musuh:
1.      Herodes yang adalah penguasa di tempat itu. Dalam diri Herodes muncul perasaan tersaingi. Itu sebabnya dia berusaha membinasakan bayi Yesus.
2.      Imam-imam dan ahli Taurat
Mereka ini tahu Firman tetapi mereka hanya memberi beban kepada umat Tuhan tetapi mereka sendiri tidak mau menyentuhnya. Mereka mengajar jemaat untuk berkorban tetapi mereka sendiri tidak mau berbuat. Inilah musuh gereja Tuhan, musuhnya Tuhan Yesus.
Matius 23:4
23:4 Mereka mengikat beban-beban berat, lalu meletakkannya di atas bahu orang, tetapi mereka sendiri tidak mau menyentuhnya.

Bagaimana mereka ini bisa menjadi teladan karena mereka sendiri tidak mau melakukan. Jangan sampai justru pelayan-pelayan yang jatuh dalam dosa perzinahan. Semua dosa yang diakui dengan sungguh-sungguh pasti diampuni oleh Tuhan. Tetapi bila hamba Tuhan yang berbuat seperti itu memang diampuni tetapi tidak bisa lagi menjadi teladan. Orang-orang yang berbuat seperti ini ujung-ujungnya akan berkata “jangan lihat kami, lihat saja Firman sebab kami banyak kekurangan”. Itu mereka katakan untuk meneruskan perbuatanya yang salah itu. Inilah yang menjadi musuh kedatangan Tuhan Yesus pada kali yang pertama dan pada kedatangan Tuhan pada kali yang kedua tetap tampil model seperti ini.

Petrus berbicara bahwa nubuatan para nabi-nabi sedang digenapkan, ketika dia berbicara pada orang yang lumpuh: “lihat kami!”. Dia tidak berbicara jangan lihat kami. Ini hamba Tuhan yang berani. Jangan kita menutup kekurangan, tetapi kalau ada kekurangan segera minta ampun dan diselesaikan agar tidak menjadi musuh kedatangan Tuhan pada kali yang kedua.

Yosua 3:3
3:3 dan memberi perintah kepada bangsa itu, katanya: "Segera sesudah kamu melihat tabut perjanjian TUHAN, Allahmu, yang diangkat para imam, yang memang suku Lewi, maka kamu harus juga berangkat dari tempatmu dan mengikutinya --

Kita harus melihat peti dan siapa yang memikul. Melihat peti artinya melihat Kabar Mempelai dan melihat siapa yang memberitakan. Kita tidak bisa mengelak dan mengatakan jangan lihat saya.

Kedatangan Tuhan Yesus pertama kali dipertanyakan oleh Herodes tetapi dengan tujuan mau membunuh. Imam-imam tahu Firman tetapi tidak mau datang menyembah. Mereka-mereka inilah orang yang akan berbicara “jangan lihat saya, lihat saja Yesus”. Benar kedengarannya tetapi ini manipulasi terhadap sidang jemaat yang tidak boleh kita lakukukan.  Paulus mengatakan pertimbangkanlah kami di hadapan Allah dan di hadapan manusia.
II Korintus 4:1-2
4:1 Oleh kemurahan Allah kami telah menerima pelayanan ini. Karena itu kami tidak tawar hati.
4:2 Tetapi kami menolak segala perbuatan tersembunyi yang memalukan; kami tidak berlaku licik dan tidak memalsukan firman Allah. Sebaliknya kami menyatakan kebenaran dan dengan demikian kami menyerahkan diri kami untuk dipertimbangkan oleh semua orang di hadapan Allah.

Rasul Paulus tidak memanipulasi dan tidak berlaku sembunyi-sembunyi. Rasul Paulus adalah teladan yang harus kita teladani. Peran seorang gembala adalah untuk mengangkat status jemaat menjadi perawan yang suci. Gembala harus paham ini sebab ini bukanlah tanggung jawab yang ringin dan boleh diremehkan sebab itu adalah status gereja yang ditunggu oleh Tuhan untuk Dia segera datang.

Betapa menyedihkannya gereja Tuhan kalau salah di dalam penggembalaan. Sebelum Tuhan Yesus terlibat di dalam pelayanan, pada usia 12 tahun Tuhan Yesus sudah berdialog dalam bait Allah dan mencengangkan orang banyak di bait Allah. Namun Tuhan Yesus tidak meneruskan untuk berkhotbah di di mana-mana. Tetapi yang banyak terjadi sekarang anak-anak yang menjadi pemberita Firman dan orang banyak memujinya seakan-akan itu sesuatu yang luar biasa padahal adalah manipulasi dari iblis.
Yesaya 3:12
3:12 Adapun umat-Ku, penguasa mereka ialah anak-anak, dan perempuan-perempuan memerintah atasnya. Hai umat-Ku, pemimpin-pemimpinmu adalah penyesat, dan jalan yang kamu tempuh mereka kacaukan!

Kalau yang menjadi pemimpin dalam gereja Tuhan adalah anak-anak dan perempuan maka mereka membongkar jalan Tuhan. Untuk menghadirkan jemaat dalam status perawan yang suci sehingga membuat Tuhan Yesus segera datang maka harus tampil gembala dalam status pelayanan sebagai seorang ibu yang mengasuh dan merawat anak-anak rohani serta dalam status sebagai seorang ayah yang menasihati. Seorang gembala haruslah seorang suami, berarti seorang laki-laki.
I Timotius 3:2
3:2 Karena itu penilik jemaat haruslah seorang yang tak bercacat, suami dari satu isteri, dapat menahan diri, bijaksana, sopan, suka memberi tumpangan, cakap mengajar orang,

Rasul Paulus adalah laki-laki tetapi dalam praktek rohani dia bagaikan seorang ibu yang mau melahirkan. Galatia 4:19
4:19 Hai anak-anakku, karena kamu aku menderita sakit bersalin lagi, sampai rupa Kristus menjadi nyata di dalam kamu.

Seorang gembala harus ada dalam posisi seperti ini untuk menghentarkan gereja Tuhan masuk dalam status perawan. Oleh karena itu penggembalaan itu jangan dientengkan. Penggembalaan harus sesuai dengan sistem Sorga. Dua contoh kongkrit dalam Alkitab penggembalaan sistem Sorga:

1.      Yakub
Yakub diperintahkan oleh ibu dan bapanya untuk pergi ke Haran mendapatkan istri di sana. Ketika Yakub tiba di Padan-Aram dia bertemu dengan Rahel anak Laban yang ketika itu menjadi gembala. Sistem penggembalaan Padan-Aram perempuan yang menjadi gembala, tetapi waktu Yakub hadir dia yang menjadi gembala. Yakub berangkat ke sana menurut anjuran Tuhan di Sorga. Akhir Yakub membawa umat Tuhan yang bersama dengan dia ke tempat yang terbaik. Jadi penggembalaan sistem Sorga akan berakhir di tempat yang terbaik. Tuhan Yesus sebagai gembala dan pemimpin tidak mungkin membawa kita ke tempat yang tidak baik.
Kejadian 45:10; 47:6,10
45:10 Engkau akan tinggal di tanah Gosyen dan akan dekat kepadaku, engkau serta anak dan cucumu, kambing domba dan lembu sapimu dan segala milikmu.
47:6 Tanah Mesir ini terbuka untukmu. Tunjukkanlah kepada ayahmu dan kepada saudara-saudaramu tempat menetap di tempat yang terbaik dari negeri ini, biarlah mereka diam di tanah Gosyen. Dan jika engkau tahu di antara mereka orang-orang yang tangkas, tempatkanlah mereka menjadi pengawas ternakku."
47:10 Lalu Yakub memohonkan berkat bagi Firaun, sesudah itu keluarlah ia dari depan Firaun.

Goysen artinya:
a)      Daerah segi empat
Itulah arah penggembalaan Yakub. Arah penggembalaan kita yang harus kita rindukan adalah berada di daerah segi empat.
Wahyu 21:16
21:16 Kota itu bentuknya empat persegi, panjangnya sama dengan lebarnya. Dan ia mengukur kota itu dengan tongkat itu: dua belas ribu stadia; panjangnya dan lebarnya dan tingginya sama.

Yerusalem Baru, itulah kota Mempelai Wanita, Perawan yang suci, istri Anak Domba Allah.

b)      Daerah penggembalaan
Amsal 12:26
12:26 Orang benar mendapati tempat penggembalaannya, tetapi jalan orang fasik menyesatkan mereka sendiri.

Orang fasik di sini termasuk penggembalaan yang dipimpin oleh anak-anak dan perempuan tetapi banyak gereja yang cenderung mempersilahkan. Sekarang mereka berani menggugat haknya Tuhan tetapi kelak Tuhan akan menghancurkan orang yang berani berbantah dengan Tuhan.
I Samuel 2:10
2:10 Orang yang berbantah dengan TUHAN akan dihancurkan; atas mereka Ia mengguntur di langit. TUHAN mengadili bumi sampai ke ujung-ujungnya; Ia memberi kekuatan kepada raja yang diangkat-Nya dan meninggikan tanduk kekuatan orang yang diurapi-Nya."

Jangan sampai kita ada dihadapkan pada murka Tuhan yang mengguntur dan mengadili bumi. Hati-hati sebab di akhir zaman ini ada iblis yang akan membuat kita tuli sehingga tidak mau mendengarkan Firman Tuhan.
Yesaya 42:19
42:19 Siapakah yang buta selain dari hamba-Ku, dan yang tuli seperti utusan yang Kusuruh? Siapakah yang buta seperti suruhan-Ku dan yang tuli seperti hamba TUHAN?

Ulangan 32:18
32:18 Gunung batu yang memperanakkan engkau, telah kaulalaikan, dan telah kaulupakan Allah yang melahirkan engkau.
Berarti kebenaran Firman dalam pengorbanan Kristus untuk menampilkan mempelai wanitaNya sebagai perawan yang suci jangan dilalaikan. Merayakan natal bukan hanya sekedar mengingat kelahiran Tuhan Yesus ke dunia tetapi apakah kita melupakan dan melalaikan Tuhan yang adalah gunung batu yang telah melahirkan kita?

Ulangan 32:19-20
32:19 Ketika TUHAN melihat hal itu, maka Ia menolak mereka, karena Ia sakit hati oleh anak-anaknya lelaki dan perempuan.
32:20 Ia berfirman: Aku hendak menyembunyikan wajah-Ku terhadap mereka, dan melihat bagaimana kesudahan mereka, sebab mereka itu suatu angkatan yang bengkok, anak-anak yang tidak mempunyai kesetiaan.

Kalau Tuhan menyembunyikan wajah-Nya berarti tidak ada lagi pembukaan rahasia Firman Tuhan dalam sidang jemaat.

Akhirnya Tuhan harus memisahkan Laban, dengan penggembalaan sistem Sorga sampai ada jarak 3 hari perjalanan.
Keluaran 30:36
30:36 Kemudian Laban menentukan jarak tiga hari perjalanan jauhnya antara dia dan Yakub, maka tetaplah Yakub menggembalakan kambing domba yang tinggal itu.

Supaya penggembalaan sistem Sorga  tidak terkontaminasi dengan cara Laban maka harus ada jarak 3 hari. Arti dari 3 hari:
a)      Batas waktu pembaharuaan
Supaya kita tidak terkontaminasi dengan daging (Laban) kita harus membawa diri kita dalam pembaharuan.
Yohanes 2:19
2:19 Jawab Yesus kepada mereka: "Rombak Bait Allah ini, dan dalam tiga hari Aku akan mendirikannya kembali."

b)      Batas waktu pemeliharaan Tuhan
Kalau kita tidak mau terkontaminasi dengan sistem penggembalaan Laban maka kita akan ada dalam pemeliharaan Tuhan, bukan pemeliharaan yang terbatas tetapi untuk selama-lamanya.
Lukas 13:6-9
13:6 Lalu Yesus mengatakan perumpamaan ini: "Seorang mempunyai pohon ara yang tumbuh di kebun anggurnya, dan ia datang untuk mencari buah pada pohon itu, tetapi ia tidak menemukannya.
13:7 Lalu ia berkata kepada pengurus kebun anggur itu: Sudah tiga tahun aku datang mencari buah pada pohon ara ini dan aku tidak menemukannya. Tebanglah pohon ini! Untuk apa ia hidup di tanah ini dengan percuma!
13:8 Jawab orang itu: Tuan, biarkanlah dia tumbuh tahun ini lagi, aku akan mencangkul tanah sekelilingnya dan memberi pupuk kepadanya,
13:9 mungkin tahun depan ia berbuah; jika tidak, tebanglah dia!"

c)      Batas waktu untuk mandi
Bilangan 19:11-12
19:11 Orang yang kena kepada mayat, ia najis tujuh hari lamanya.
19:12 Ia harus menghapus dosa dari dirinya dengan air itu pada hari yang ketiga, dan pada hari yang ketujuh ia tahir. Tetapi jika pada hari yang ketiga ia tidak menghapus dosa dari dirinya, maka tidaklah ia tahir pada hari yang ketujuh.

Maukah kita untuk mandi air Firman?
Efesus 5:26
5:26 untuk menguduskannya, sesudah Ia menyucikannya dengan memandikannya dengan air dan firman,

2.      Musa
Di Midian Musa bertemu dengan anak-anak perempuan Yitro, imam di Midian. 7 anak perempuan Yitro ini semuanya gembala tetapi ketika Musa ada di sana Musa mengambil alih penggembalaan. Jadi penggembalaan Padan-Aram dan Midian sama-sama dipimpin oleh perempuan. Kalau meneruskan penggembalaan Padan-Aram dan Midian maka jangan mimpi untuk bertemu dengan Tuhan Yesus Kristus Mempelai Laki-laki Sorga, orang seperti ini akan masuk dalam 3,5 tahun aniaya antikristus.

Yang Tuhan rindukan supaya kita tampil bagaikan perawan yang suci. Tuhan Yesus segera akan datang itu sebabnya dikatakan betapa suci dan salehnya kita harus hidup menjelang kedatangan Tuhan Ysus pada kali yang kedua.
II Petrus 3:11-12
3:11 Jadi, jika segala sesuatu ini akan hancur secara demikian, betapa suci dan salehnya kamu harus hidup
3:12 yaitu kamu yang menantikan dan mempercepat kedatangan hari Allah. Pada hari itu langit akan binasa dalam api dan unsur-unsur dunia akan hancur karena nyalanya.

Tidak mudah untuk menggembalakan sidang jemaat sebab tujuan untuk membawa sidang mempelai menjadi perawan yang suci. Bagaimana kalau tidak ada satupun umat yang mencapai tingkat itu padahal jemaat Tuhan adalah mahkota gembala.
I Tesalonika 2:19
2:19 Sebab siapakah pengharapan kami atau sukacita kami atau mahkota kemegahan kami di hadapan Yesus, Tuhan kita, pada waktu kedatangan-Nya, kalau bukan kamu?

Pada kedatangan Tuhan pada kali yang pertama yang menjadi musuh adalah Herodes dan Imam-imam. Tetapi pada kedatangan Tuhan Yesus pada kali yang kedua di mana Dia memangku jabatan Raja dan istriNya yaitu perawan yang suci itu sudah siap, malah banyak bangsa yang marah. Itu sebabnya saya tidak perlu kalau saat disampaikan Firman Tuhan yang mau membawa sidang jemaat supaya tampil sebagai perawan yang suci lalu banyak yang marah memusuhi.

Wahyu 19:6-7; 11:17-18
19:6 Lalu aku mendengar seperti suara himpunan besar orang banyak, seperti desau air bah dan seperti deru guruh yang hebat, katanya: "Haleluya! Karena Tuhan, Allah kita, Yang Mahakuasa, telah menjadi raja.
19:7 Marilah kita bersukacita dan bersorak-sorai, dan memuliakan Dia! Karena hari perkawinan Anak Domba telah tiba, dan pengantin-Nya telah siap sedia.
11:17 sambil berkata: "Kami mengucap syukur kepada-Mu, ya Tuhan, Allah, Yang Mahakuasa, yang ada dan yang sudah ada, karena Engkau telah memangku kuasa-Mu yang besar dan telah mulai memerintah sebagai raja
11:18 dan semua bangsa telah marah, tetapi amarah-Mu telah datang dan saat bagi orang-orang mati untuk dihakimi dan untuk memberi upah kepada hamba-hamba-Mu, nabi-nabi dan orang-orang kudus dan kepada mereka yang takut akan nama-Mu, kepada orang-orang kecil dan orang-orang besar dan untuk membinasakan barangsiapa yang membinasakan bumi."

Di sisi lain Tuhan mendatangkan hukuman pada orang marah/ melawan Tuhan, dipihak lain Tuhan memberikan upah kepada hamba-hambaNya yang menampilkan umat Tuhan sebagai perawan suci.
Setelah kita berjalan, walaupun belum sepenuhnya seperti yang dikatakan oleh Firman Allah menjadi perawan yang suci maka ada godaaan. Ada dua contoh dalam Alkitab di mana seorang gadis perawan dirusak.
1.      Dina
Dina adalah anak perempuan satu-satunya dari Yakub. Dia mengumbar matanya di luar kemah bapa ibunya. Dia tidak tahu bahwa mata Sikhem melihatnya dan tanpa diduga dia diperkosa oleh Sikhem. Sikhem artinya belikat atau bahu. Jadi ini adalah tipuan iblis, seakan-akan bertanggung jawab dan rela membayar harganya tetapi merusak gereja, mencemarkan perawan. Gereja mau ditampilkan sebagai perawan yang suci. Jangan kita tertipu dengan orang yang terlihat bertanggung jawab tetapi dalam dirinya ada nafsu jahat untuk merusak gereja Tuhan. Ketika Dina dirusak oleh Sikhem memang ada pembelaan dari Simeon dan Lewi tetapi itu adalah pembelaan daging.

2.      Tamar
II Samuel 13:18
13:18 Gadis itu memakai baju kurung yang maha indah; sebab demikianlah puteri-puteri raja yang masih perawan berpakaikan baju kurung panjang. Kemudian pelayan itu menyuruh dia keluar, lalu mengunci pintu di belakangnya.

Tamar ini adalah gambaran gereja Tuhan pingitan yang benar-benar perawan. Penampilannya sudah luar biasa tetapi sayangnya dia dirusak di dalam oleh Amnon kakaknya sendiri.
II Samuel 13:19
13:19 Lalu Tamar menaruh abu di atas kepalanya, mengoyakkan baju kurung yang maha indah yang dipakainya, meletakkan tangannya di atas kepalanya dan pergilah ia sambil meratap dengan nyaring.

Amnon ini artinya setiawan. Berkedok setia tetapi penuh nafsu jahat. Padahal setiawan ini adalah julukannya Tuhan Yesus. Jadi Amnon ini seakan-akan memiliki karakter Tuhan Yesus ternyata dalam dirinya ada roh bejat/ najis.
Wahyu 1:5; 3:14; 19:11
1:5 dan dari Yesus Kristus, Saksi yang setia, yang pertama bangkit dari antara orang mati dan yang berkuasa atas raja-raja bumi ini. Bagi Dia, yang mengasihi kita dan yang telah melepaskan kita dari dosa kita oleh darah-Nya --
3:14 "Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Laodikia: Inilah firman dari Amin, Saksi yang setia dan benar, permulaan dari ciptaan Allah:
19:11 Lalu aku melihat sorga terbuka: sesungguhnya, ada seekor kuda putih; dan Ia yang menungganginya bernama: "Yang Setia dan Yang Benar", Ia menghakimi dan berperang dengan adil.

Untuk membawa jemaat menjadi perawan yang suci adalah tanggung jawab hamba-hamba Tuhan.
Roma 15:16,18
15:16 yaitu bahwa aku boleh menjadi pelayan Kristus Yesus bagi bangsa-bangsa bukan Yahudi dalam pelayanan pemberitaan Injil Allah, supaya bangsa-bangsa bukan Yahudi dapat diterima oleh Allah sebagai persembahan yang berkenan kepada-Nya, yang disucikan oleh Roh Kudus.
15:18 Sebab aku tidak akan berani berkata-kata tentang sesuatu yang lain, kecuali tentang apa yang telah dikerjakan Kristus olehku, yaitu untuk memimpin bangsa-bangsa lain kepada ketaatan, oleh perkataan dan perbuatan,

Kita ini bangsa kafir seperti orang Padan-Aram dan Midian yang telah dialihkan pada penggembalaan Tuhan untuk dihentar menjadi persembahan di hadapan Tuhan.

Musa adalah salah satu bayi laki-laki yang lolos dari pembunuhan yang telah dititahkan oleh Firaun.
Keluaran 1:22
1:22 Lalu Firaun memberi perintah kepada seluruh rakyatnya: "Lemparkanlah segala anak laki-laki yang lahir bagi orang Ibrani ke dalam sungai Nil; tetapi segala anak perempuan biarkanlah hidup."

Kalau semua anak laki-laki dilempar maka suara laki-laki hilang dan suara perempuan yang ditonjolkan. Jangan kita kena siasat Firaun sehingga suara laki-laki diredam dan suara perempuan yang melengking. Kalau hal ini direstui Tuhan maka pasti Tuhan tidak akan menyelamatkan Musa. Justru di saat genting maka ada yang berani menentang Firaun, munculah nikah yang berani melawan keputusan Raja Firaun. Akhirnya Musa menjadi gembala di Midian menggantikan penggembalaan yang dipegang oleh perempuan yaitu Zipora beserta 6 orang saudara perempuannya.

Kita ini dilepaskan oleh Tuhan dari segala kejahatan kembali kepada Tuhan. Dari sinilah embrio untuk kita bisa tampil sebagai perawan yang suci. Setelah kita berpaling dari kejahatan maka kita harus melayani Tuhan.
I Tesalonika 1:9
1:9 Sebab mereka sendiri berceritera tentang kami, bagaimana kami kamu sambut dan bagaimana kamu berbalik dari berhala-berhala kepada Allah untuk melayani Allah yang hidup dan yang benar,

Kalau kita melayani Allah yang hidup maka kita akan merasakan hembusan-hembusan nafasNya. Kita melayani Allah yang hidup, tidak mungkin Allah yang hidup tidak bernafas. Dari mana asalnya nafas Tuhan?
Yesaya 59:19
59:19 Maka orang akan takut kepada nama TUHAN di tempat matahari terbenam dan kepada kemuliaan-Nya di tempat matahari terbit, sebab Ia akan datang seperti arus dari tempat yang sempit, yang didorong oleh nafas TUHAN.

Nafas Tuhan berangkat dari tempat yang sempit. Dalam susunan Tabernakel itulah ruangan maha suci.
Kita melayani Tuhan Yesus Mempelai Laki-laki Sorga yang ada di ruangan maha suci. Di sana Tuhan Yesus menunggu kita dan tugas pelayanan kita untuk menghentar jemaat sampai di sana.

II Timotius 3:16
3:16 Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran.

Isi nafas Tuhan:
1.      Pengajaran, kalau gereja Tuhan menolak pengajaran sama dengan menolak kehidupan.
2.      Menyatakan kesalahan
3.      Memperbaiki kelakuan.
Kelakuan diperbaiki agar Allah diam bersama-sama dengan kita.
Yeremia 7:3-7
7:3 Beginilah firman TUHAN semesta alam, Allah Israel: Perbaikilah tingkah langkahmu dan perbuatanmu, maka Aku mau diam bersama-sama kamu di tempat ini.
7:4 Janganlah percaya kepada perkataan dusta yang berbunyi: Ini bait TUHAN, bait TUHAN, bait TUHAN,
7:5 melainkan jika kamu sungguh-sungguh memperbaiki tingkah langkahmu dan perbuatanmu, jika kamu sungguh-sungguh melaksanakan keadilan di antara kamu masing-masing,
7:6 tidak menindas orang asing, yatim dan janda, tidak menumpahkan darah orang yang tak bersalah di tempat ini dan tidak mengikuti allah lain, yang menjadi kemalanganmu sendiri,
7:7 maka Aku mau diam bersama-sama kamu di tempat ini, di tanah yang telah Kuberikan kepada nenek moyangmu, dari dahulu kala sampai selama-lamanya.
4.      Mendidik orang dalam kebenaran. Kalau menolak ini sama dengan menolak untuk masuk dalam langit dan bumi yang baru yang penuh dengan kebenaran.

Jangan kita menolak nafas Allah. Tidak ada seorangpun di antara kita yang menolak nafas Allah bisa hidup!. Raja Daud mengatakan aku hidup karena nafas Allah, dia tidak mau keluar dari nafas Allah.

Matius 2:6
2:6 Dan engkau Betlehem, tanah Yehuda, engkau sekali-kali bukanlah yang terkecil di antara mereka yang memerintah Yehuda, karena dari padamulah akan bangkit seorang pemimpin, yang akan menggembalakan umat-Ku Israel."
Tuhan Yesus keluar dari Betlehem. Betlehem artinya rumah roti. Siapapun yang berkata melayani Allah yang hidup maka pelayanannya harus berangkat dari Firman yang diilhamkan oleh Allah.


Tuhan Memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar