20131203

Kebaktian Natal Persekutuan Tonusu, Selasa 3 Desember 2013 Pdt. Bernard Legontu


Salam Sejahtera di dalam nama Tuhan Yesus Kristus.

Matius 2:3-6
2:3 Ketika raja Herodes mendengar hal itu terkejutlah ia beserta seluruh Yerusalem.
2:4 Maka dikumpulkannya semua imam kepala dan ahli Taurat bangsa Yahudi, lalu dimintanya keterangan dari mereka, di mana Mesias akan dilahirkan.
2:5 Mereka berkata kepadanya: "Di Betlehem di tanah Yudea, karena demikianlah ada tertulis dalam kitab nabi:
2:6 Dan engkau Betlehem, tanah Yehuda, engkau sekali-kali bukanlah yang terkecil di antara mereka yang memerintah Yehuda, karena dari padamulah akan bangkit seorang pemimpin, yang akan menggembalakan umat-Ku Israel."

Kehadiran Yesus dalam dunia atau Firman yang menjadi daging yang menjadi salurannya adalah Yusuf dalam tanda tulus dan Maria yang disebut sanak Elizabet dari keturunan Lewi yang predikatnya suci. Jadi tulus dan suci adalah saluran Firman menjadi daging atau Allah menjadi manusia.

Tuhan Yesus dalam injil Matius menyandang status sebagai seorang pemimpin, jadi Mesias itu adalah seorang pemimpin. Ketika berusia 12 tahun Yesus sudah terlibat debat dengan para ulama. Pertanyaan serta jawabanNya sudah mencengangkan para ulama saat itu tetapi dalam usia 12 tahun Dia terlibat dalam pelayanan dalam pengertian belum berkhotbah di mana-mana. Berbeda dengan sekarang, anak kecil malah digiring untuk berkhotbah di mana-mana. Pengetahuan Yesus mencengangkan para ulama tetapi Dia tidak mengedepankan diriNya pada usia kanak-kanak dan orang yang mendengarkan juga tidak mendorongNya untuk tampil berkhotbah di mana-mana. Di dunia akhir zaman ini anak-anak sudah mau menjadi pemimpin. Apakah anak-anak ini bisa menandingi Tuhan Yesus? Ini sesuatu yang rancu di dalam gereja.
Yesaya 3:12
3:12 Adapun umat-Ku, penguasa mereka ialah anak-anak, dan perempuan-perempuan memerintah atasnya. Hai umat-Ku, pemimpin-pemimpinmu adalah penyesat, dan jalan yang kamu tempuh mereka kacaukan!

Tuhan Yesus Anak Allah yang tunggal menunggu nanti dewasa baru melayani. Apakah ada anak kecil yang lebih hebat dari Tuhan Yesus sehingga tampil berkhotbah. Kalau ada yang seperti itu maka meterai sesat ada dalam dirinya. Jalan Allah yang begitu indah dirusak oleh kehidupan seperti itu. Bisa saja orang terpesona melihat anak kecil yang pandai berkhotbah tetapi sebenarnya itu adalah intriknya kuasa kegelapan untuk menipu gereja Tuhan, merombak jalan Allah.

Lukas 2:46-48
2:46 Sesudah tiga hari mereka menemukan Dia dalam Bait Allah; Ia sedang duduk di tengah-tengah alim ulama, sambil mendengarkan mereka dan mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada mereka.
2:47 Dan semua orang yang mendengar Dia sangat heran akan kecerdasan-Nya dan segala jawab yang diberikan-Nya.
2:48 Dan ketika orang tua-Nya melihat Dia, tercenganglah mereka, lalu kata ibu-Nya kepada-Nya: "Nak, mengapakah Engkau berbuat demikian terhadap kami? Bapa-Mu dan aku dengan cemas mencari Engkau."

Akhirnya Yesus kembali dengan ibu bapanya dan membantu pekerjaan bapanya sebagai tukang kayu. Setelah kisah ini tidak ada lagi diceritakan tentang Tuhan Yesus berumur 13 tahun atau 14 dan selanjutnya, namun langsung dikisahkan ketika Tuhan Yesus berumur 30 tahun. Setelah dibaptis Tuhan Yesus tampil melayani. Ini cara sorga, jangan dirubah oleh manusia. Kita mau berjalan ke sorga, jangan merubah jalan sorga.

Yesaya 3:12
3:12 Adapun umat-Ku, penguasa mereka ialah anak-anak, dan perempuan-perempuan memerintah atasnya. Hai umat-Ku, pemimpin-pemimpinmu adalah penyesat, dan jalan yang kamu tempuh mereka kacaukan!
Sekarang ini ada anak yang pandai berkhotbah digiring ke mana-mana untuk berkhotbah padahal dengan tujuan komersil dan itu mencelakakan, demikian juga bila perempuan yang tampil memerintah.

Ketika bangsa Israel di Mesir bertambah banyak maka siasat Firaun adalah semua anak laki-laki umat Israel yang lahir harus dibunuh dan anak perempuan dibiarkan hidup. Artinya suara laki-laki dibunuh dan suara perempuan yang dibiarkan. Itu siasat iblis untuk menggagalkan gereja Tuhan ketemu dengan Yesus yang adalah Kepala gereja, Mempelai Laki-laki Sorga. Kalau ini yang digalakkan maka muara perjalanan gereja malah menuju pada gereja palsu yang ditampilkan dalam Wahyu pasal 17, wanita di atas kepala binatang. Gereja Tuhan bila tetap berada di bawah pimpinan perempuan maka akhirnya akan mengarah pada gereja palsu yaitu perempuan Babel sundal besar.
Memang bukanlah sesuatu yang tanpa resiko bagi pemberita Firman bila menyampaikan praktek-praktek yang salah dalam gereja Tuhan sebab tidak semua akan menerima. Tetapi sebagai hamba Tuhan saya tidak akan surut satu langkahpun, saya harus memberitakan kebenaran Firman. Predikat seorang hamba Allah adalah tidak melawan kebenaran tetapi untuk kebenaran.
II Korintus 13:8
13:8 Karena kami tidak dapat berbuat apa-apa melawan kebenaran; yang dapat kami perbuat ialah untuk kebenaran.

Keluaran 1:22
1:22 Lalu Firaun memberi perintah kepada seluruh rakyatnya: "Lemparkanlah segala anak laki-laki yang lahir bagi orang Ibrani ke dalam sungai Nil; tetapi segala anak perempuan biarkanlah hidup."
Suara laki-laki dibuang ke sungai Nil dan suara perempuan yang diorbitkan, inilah yang terjadi di akhir zaman. Itu sebabnya kita tidak kaget kalau yang menjadi gembala dalam gereja adalah perempuan, ini adalah penyelewengan.

Ketika orang Israel berada di bawah kaki gunung Torsina menantikan Musa yang naik ke atas gunung dan belum juga turun maka orang Israel mendaulati sebagai pemimpin yang namanya Harun untuk membuat lembu emas. Saat itu yang tampil ke depan untuk berkorban adalah wanita. Hasilnya adalah lembu emas, itulah ibadah palsu yang dimurkai oleh Tuhan.
Keluaran 32:2
32:2 Lalu berkatalah Harun kepada mereka: "Tanggalkanlah anting-anting emas yang ada pada telinga isterimu, anakmu laki-laki dan perempuan, dan bawalah semuanya kepadaku."

Ketika Tuhan meminta untuk membangun Tabernakel yang menubuatkan pembangunan Tubuh Kristus, yang antri di depan adalah laki-laki. Hasilnya mereka membangun Tabernakel dan Allah hadir serta turun di tengah-tengah umatNya, artinya Kepala dan Tubuh menjadi satu.
Keluaran 35:22,29
35:22 Maka datanglah mereka, baik laki-laki maupun perempuan, setiap orang yang terdorong hatinya, dengan membawa anting-anting hidung, anting-anting telinga, cincin meterai dan kerongsang, segala macam barang emas; demikian juga setiap orang yang mempersembahkan persembahan unjukan dari emas bagi TUHAN.
25:29 Haruslah engkau membuat pinggannya, cawannya, kendinya dan pialanya, yang dipakai untuk persembahan curahan; haruslah engkau membuat semuanya itu dari emas murni.

Yang terjadi dalam Keluaran 32 bermuara pada Wahyu 17 dan 18 (perempuan Babel) tetapi apa yang terjadi dalam Keluaran pasal 35 bermuara pada Wahyu 19 dan 21 (mempelai wanita untuk Tuhan Yesus) sehingga gereja Tuhan disebut sebagai istri Anak Domba Allah. Kemana kita menapaki perjalanan gereja Tuhan di hari-hari terakhir ini. Menjelang kedatangan Tuhan yang semakin mendekat gereja Tuhan menjadi bingung sebab tidak ada kejelasan dan penjelasan dari belakang mimbar oleh karena pelayanan hanya bermotifasi untuk perut.

Sekarang ini umat Tuhan hanya meraba-raba sebab gembala itu buta. Ini mengakibatkan gereja Tuhan dimangsa binatang buas, itulah antikristus yang akan muncul di depan ini. Jangan sampai kita menjadi mangsa antikristus.
Yesaya 56:9-11
56:9 Hai segala binatang di padang, hai segala binatang di hutan, datanglah untuk makan!
56:10 Sebab pengawal-pengawal umat-Ku adalah orang-orang buta, mereka semua tidak tahu apa-apa; mereka semua adalah anjing-anjing bisu, tidak tahu menyalak; mereka berbaring melamun dan suka tidur saja;
56:11 anjing-anjing pelahap, yang tidak tahu kenyang. Dan orang-orang itulah gembala-gembala, yang tidak dapat mengerti! Mereka semua mengambil jalannya sendiri, masing-masing mengejar laba, tiada yang terkecuali.

Ketika Adam dan Hawa jatuh dalam dosa maka Tuhan lebih dahulu menghukum ular kemudian menghukum Hawa dan yang terakhir adalah Adam. Apa kriteria sehingga Adam mendapat hukuman? Karena Adam mendengarkan istrinya, dia telah diajar oleh istrinya.
Wahyu 3:17
3:17 Lalu firman-Nya kepada manusia itu: "Karena engkau mendengarkan perkataan isterimu dan memakan dari buah pohon, yang telah Kuperintahkan kepadamu: Jangan makan dari padanya, maka terkutuklah tanah karena engkau; dengan bersusah payah engkau akan mencari rezekimu dari tanah seumur hidupmu:

Mestinya Adam yang mengajar istrinya karena dialah yang menerima Firman. Sehebat apapun seorang istri sehingga melebihi suaminya tetapi tidak boleh istri merendahkan suami, sebagai istri harus mendorong suami supaya lebih aktif beribadah, membaca Firman dan berdoa. Kalau istri memerintah suami itu nikah yang terbalik dan itu kejijikan bagi Tuhan, ini melanggar tatanan sorga.

Kita merayakan kelahiran Tuhan Yesus Putra Allah yang tunggal yang akan datang kembali sebagai Mempelai Pria Sorga. Sekarang ini kita (gereja Tuhan) sedang bertunangan dengan Tuhan Yesus dan ujung-ujungnya akan menikah secara rohani dalam pesta yang akbar yang akan digelar di sorga, itulah pesta nikah Anak Domba Allah.
II Korintus 11:2
11:2 Sebab aku cemburu kepada kamu dengan cemburu ilahi. Karena aku telah mempertunangkan kamu kepada satu laki-laki untuk membawa kamu sebagai perawan suci kepada Kristus.

Ini adalah pesta nikah siang.
Matius 22:2
22:2 "Hal Kerajaan Sorga seumpama seorang raja, yang mengadakan perjamuan kawin untuk anaknya.

Dan ini adalah pesta nikah malam.
Wahyu 19:9
19:9 Lalu ia berkata kepadaku: "Tuliskanlah: Berbahagialah mereka yang diundang ke perjamuan kawin Anak Domba." Katanya lagi kepadaku: "Perkataan ini adalah benar, perkataan-perkataan dari Allah."

Sekarang ini dalam ibadah sebenarnya kita berada dalam pesta siang yang sedang digelar oleh Tuhan dimana ada makanan yang disajikan di atas meja. Pembukaan rahasia Firman itu bagaikan menu makanan yang luar biasa, itu akan membuat gereja Tuhan tahan menghadapi cobaan, membuat gereja Tuhan mampu menjalani hidup ini dan membuat gereja Tuhan sehat. Yang mau Tuhaan sempurnakan adalah tubuh, jiwa dan roh. Tubuh kita ini sakit, jiwa kita sengsara, roh kita seringkali diganggu oleh roh jahat. Itu sebabnya Tuhan bebaskan penyakit dari tubuh artinya Tuhan mau menyempurnakan tubuh. Tuhan melepaskan manusia dari sengsara batin artinya Tuhan mau melepaskan manusia dari ketidak sempurnaan jiwa. Tuhan mau membebaskan manusia dari pengaruh kuasa kegelapan artinya roh manusia mau disempurnakan oleh Tuhan.
I Tesalonika 5:23
5:23 Semoga Allah damai sejahtera menguduskan kamu seluruhnya dan semoga roh, jiwa dan tubuhmu terpelihara sempurna dengan tak bercacat pada kedatangan Yesus Kristus, Tuhan kita.

Filipi 3:21
3:21 yang akan mengubah tubuh kita yang hina ini, sehingga serupa dengan tubuh-Nya yang mulia, menurut kuasa-Nya yang dapat menaklukkan segala sesuatu kepada diri-Nya.

Kedatangan orang Majus menggemparkan dan mengejutkan penduduk Yerusalem, dalam hal ini yang pertama adalah Herodes. Herodes ini adalah bangsa Edom tetapi diangkat oleh pemerintah Romawi untuk memerintah di Israel. Ketika mendengar ada raja orang Yahudi dilahirkan maka hati raja Herodes tidak tenang, ada perasaan yang kurang enak dalam dirinya. Karena perasaan yang kurang enak itu dia memanggil orang Majus dan menghimpun ahli-ahli kitab untuk menanyakan di mana kelahiran Raja itu.  

Jadi sebenarnya ketika Tuhan Yesus hadir pada kali yang pertama hati Herodes bagaikan api dalam sekam. Hatinya membara dan berakibat membunuh anak-anak di Betlehem sebab dia ingin membunuh Tuhan Yesus. Membunuh Tuhan Yesus sama dengan membunuh Kepala, membunuh Mempelai Laki-laki Sorga. Membunuh Mempelai Laki-laki Sorga sama dengan mempecundangi pengajaran kabar Mempelai.

Tuhan Yesus adalah wujud Allah yang berlembaga.
Kolose 1:19;2:9
1:19 Karena seluruh kepenuhan Allah berkenan diam di dalam Dia,
2:9 Sebab dalam Dialah berdiam secara jasmaniah seluruh kepenuhan ke-Allahan,

Kalau hati panas seperti Herodes berarti mencoreng moreng gambar Allah. Kalau sudah dengar pemberita Firman tetapi memelihara hati panas itu sama dengan merusak gambar Allah. Semestinya berada dalam roh perdamaian, bila panas hati cepat berdamai dan bukannya mempertahankan hati panas sehingga akhirnya merusak muka Yesus.

Kain panas hati terhadap Habel sehingga membunuh Habel.
Kejadian 4:5-6
4:5 tetapi Kain dan korban persembahannya tidak diindahkan-Nya. Lalu hati Kain menjadi sangat panas, dan mukanya muram.
4:6 Firman TUHAN kepada Kain: "Mengapa hatimu panas dan mukamu muram?

Siapa manusia itu? Itulah gambar Allah.
Kejadian 9:6
9:6 Siapa yang menumpahkan darah manusia, darahnya akan tertumpah oleh manusia, sebab Allah membuat manusia itu menurut gambar-Nya sendiri.

Kalau hati panas hati berarti merusak gambar Allah dalam diri orang itu sendiri. Sekarang ini Tuhan sedang menggiring kita untuk segambar dengan Dia.
I Korintus 13:12
13:12 Karena sekarang kita melihat dalam cermin suatu gambaran yang samar-samar, tetapi nanti kita akan melihat muka dengan muka. Sekarang aku hanya mengenal dengan tidak sempurna, tetapi nanti aku akan mengenal dengan sempurna, seperti aku sendiri dikenal.

2 Korintus 3:18
3:18 Dan kita semua mencerminkan kemuliaan Tuhan dengan muka yang tidak berselubung. Dan karena kemuliaan itu datangnya dari Tuhan yang adalah Roh, maka kita diubah menjadi serupa dengan gambar-Nya, dalam kemuliaan yang semakin besar.

Jadi kita mengenal Tuhan Yesus sebagaimana Tuhan Yesus mengenal kita. Bagaimana caranya?
Efesus 1:17
1:17 dan meminta kepada Allah Tuhan kita Yesus Kristus, yaitu Bapa yang mulia itu, supaya Ia memberikan kepadamu Roh hikmat dan wahyu untuk mengenal Dia dengan benar.

Ketika Haman melihat Mordekhai tidak sujud menyembah dia maka Haman menjadi panas hati.
Ester 3:5
3:5 Ketika Haman melihat, bahwa Mordekhai tidak berlutut dan sujud kepadanya, maka sangat panaslah hati Haman,

Panas hati Haman ini berbeda dengan panas hati Kain. Haman ini mengajak orang lain untuk ikut membenci bahkan membunuh orang Yahudi. Kalau Kain membunuh gambar Allah menunjuk Kepala maka Haman ini membunuh anggota Tubuh Kristus. Dalam usaha membunuh anggota Tubuh Kristus ini bahkan tidak segan untuk mengorbankan uang yang banyak.  Untuk usaha membunuh anggota Tubuh Kristus dia mencari teman yang sehati, sejiwa dan memiliki panas hati yang sama. Akhirnya bukan orang Yahudi yang dibunuh tetapi Haman yang digantung.

Itu sebabnya jangan memiliki roh Herodes yaitu hati panas. Seandainya memiliki panas hati maka tidak akan dipercayakan pembukaan rahasia Firman. Berhenti bila memiliki panas hati dan mengajak orang lain juga untuk membenci, itu bukan berita natal.

Herodes memang berhasil membunuh anak-anak di Betlehem tetapi tidak bisa membunuh Yesus. Namun akhirnya Herodes beserta Pilatus membunuh Yesus, Pemimpin kepada hidup. Awalnya Herodes dan Pilatus berseberangan tetapi ketika melawan Tuhan Yesus, menghadapi kebenaran mereka menjadi satu.
Kisah Para Rasul 3:15
3:15 Demikianlah Ia, Pemimpin kepada hidup, telah kamu bunuh, tetapi Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati; dan tentang hal itu kami adalah saksi.

Setelah Petrus berbicara tentang pembunuhan terhadap Pemimpin kepada hidup ini maka Petrus memperlembut kalimatnya untuk membuat mereka yang telah mempecundangi Yesus ini dibuka kesempatan untuk bertobat.
Kisah Para Rasul 3:17
3:17 Hai saudara-saudara, aku tahu bahwa kamu telah berbuat demikian karena ketidaktahuan, sama seperti semua pemimpin kamu.

Tuhan menyuruh Petrus untuk membuka jalan kembali kepada orang yang berbuat seperti Herodes. Di sini Tuhan membuka kembali kesempatan kepada umat dan pemimpin.
Kisah Para Rasul 3:26
3:26 Dan bagi kamulah pertama-tama Allah membangkitkan Hamba-Nya dan mengutus-Nya kepada kamu, supaya Ia memberkati kamu dengan memimpin kamu masing-masing kembali dari segala kejahatanmu."

Pada kedatangan Tuhan Yesus pada kali yang pertama ada Herodes yang panas hati dan pada kedatangan Tuhan Yesus pada kali yang kedua juga akan ada orang-orang dengan motivasi yang sama seperti itu bahkan haus darah orang kudus.
Wahyu 17:6
17:6 Dan aku melihat perempuan itu mabuk oleh darah orang-orang kudus dan darah saksi-saksi Yesus. Dan ketika aku melihatnya, aku sangat heran.

Kisah Para Rasul 5:41-42
5:41 Rasul-rasul itu meninggalkan sidang Mahkamah Agama dengan gembira, karena mereka telah dianggap layak menderita penghinaan oleh karena Nama Yesus.
5:42 Dan setiap hari mereka melanjutkan pengajaran mereka di Bait Allah dan di rumah-rumah orang dan memberitakan Injil tentang Yesus yang adalah Mesias.

Sudah menjadi resiko pelayan-pelayan kalau menerima derita seperti itu. Tetapi kadangkala kita menarik diri ketika menerima derita sengsara. Petrus dalam penderitaan malah bersyukur.
Kisah Para Rasul 4:27-29
4:27 Sebab sesungguhnya telah berkumpul di dalam kota ini Herodes dan Pontius Pilatus beserta bangsa-bangsa dan suku-suku bangsa Israel melawan Yesus, Hamba-Mu yang kudus, yang Engkau urapi,
4:28 untuk melaksanakan segala sesuatu yang telah Engkau tentukan dari semula oleh kuasa dan kehendak-Mu.
4:29 Dan sekarang, ya Tuhan, lihatlah bagaimana mereka mengancam kami dan berikanlah kepada hamba-hamba-Mu keberanian untuk memberitakan firman-Mu.

Pembukaan rahasia Firman harus didukung doa oleh sidang jemaat agar pemberita Firman itu berani menyampaikan Firman sebab resikonya berat bagi pemberita.
Efesus 6:19
6:19 juga untuk aku, supaya kepadaku, jika aku membuka mulutku, dikaruniakan perkataan yang benar, agar dengan keberanian aku memberitakan rahasia Injil,

Kalau dalam penginjilan perlawanan itu datang dari luar. Tetapi kalau pembukaan rahasia Firman Allah disampaikan maka perlawanan bukan hanya datang dari luar tetapi juga dari dalam. Inilah yang membuat berat.

Yang membuat Herodes panas hati adalah Mesias. Ketika kehadiran Mesias pada kali yang pertama menjadi permasalahan tetapi hanya secara teritorial yaitu di Yerusalem tetapi kehadiran Mesias pada kali yang kedua menjadi permasalahan secara global di seluruh dunia.

6 ciri pelayanan Mesias yang benar:
1.      Memberitakan segala sesuatu
Yohanes 4:25-26
4:25 Jawab perempuan itu kepada-Nya: "Aku tahu, bahwa Mesias akan datang, yang disebut juga Kristus; apabila Ia datang, Ia akan memberitakan segala sesuatu kepada kami."
4:26 Kata Yesus kepadanya: "Akulah Dia, yang sedang berkata-kata dengan engkau."

Bila Mesias datang Dia akan memberitakan segala sesuatu. Kalau dalam gereja Tuhan rahasia Allah diungkapkan sampai yang paling dalam berarti Mesias ada di situ. Ketika ada pembukaan rahasia Firman Allah dalam sidang jemaat maka itu berarti Mesias hadir dalam sidang jemaat untuk menyatakan isi hatiNya.

Yohanes 4:29
4:29 "Mari, lihat! Di sana ada seorang yang mengatakan kepadaku segala sesuatu yang telah kuperbuat. Mungkinkah Dia Kristus itu?"

Markus 4:21-22
4:21 Lalu Yesus berkata kepada mereka: "Orang membawa pelita bukan supaya ditempatkan di bawah gantang atau di bawah tempat tidur, melainkan supaya ditaruh di atas kaki dian.
4:22 Sebab tidak ada sesuatu yang tersembunyi yang tidak akan dinyatakan, dan tidak ada sesuatu yang rahasia yang tidak akan tersingkap.

Rahasia kita dibuka oleh Mesias, rahasia Allah juga dibuka oleh Mesias. Dalam nikah tidak boleh ada rahasia, baik istri kepada suami maupun suami terhadap istri. Kalau ada nanti Tuhan akan ungkap. Lebih baik sekarang kesalahan kita bongkar daripada nantinya Tuhan menelanjangi kita di depan pengadilan dan tidak ada kesempatan untuk kita bertobat. Dari pihak Allah, Tuhan membuka rahasia FirmanNya.

2.      Memberitakan Mesias kepada siapapun dengan berani walaupun mereka harus menderita sengsara
Kisah Para Rasul 5:41-42
5:41 Rasul-rasul itu meninggalkan sidang Mahkamah Agama dengan gembira, karena mereka telah dianggap layak menderita penghinaan oleh karena Nama Yesus.
5:42 Dan setiap hari mereka melanjutkan pengajaran mereka di Bait Allah dan di rumah-rumah orang dan memberitakan Injil tentang Yesus yang adalah Mesias.

Ciri orang yang memberitakan Mesias yang benar adalah dia tidak akan merasa sayang dengan dirinya, dia rela dirinya tersayat-sayat dengan pisau Firman Allah.

3.      Orang yang mendengar pemberitaan tentang Mesias yang benar menyambut dengan hati bulat
Kisah Para Rasul 8:5-8
8:5 Dan Filipus pergi ke suatu kota di Samaria dan memberitakan Mesias kepada orang-orang di situ.
8:6 Ketika orang banyak itu mendengar pemberitaan Filipus dan melihat tanda-tanda yang diadakannya, mereka semua dengan bulat hati menerima apa yang diberitakannya itu.
8:7 Sebab dari banyak orang yang kerasukan roh jahat keluarlah roh-roh itu sambil berseru dengan suara keras, dan banyak juga orang lumpuh dan orang timpang yang disembuhkan.
8:8 Maka sangatlah besar sukacita dalam kota itu.

Pemberitaan tentang Mesias ini terjadi di Samaria, demikian juga dalam Yohanes pasal 4 juga terjadi di Samaria. Dalam kitab nabi Amos dikatakan keadaan di Samaria parah sekali karena orang Samaria bagaikan tulang betisnya sudah dikunyah oleh singa artinya pendirian mereka sudah hancur, dihancurkan oleh iblis. Dua kaki menopang satu tubuh, dua tetapi satu ini menunjuk Kabar Mempelai, ini sudah dirusak oleh mereka sehingga pekerjaan penggembalaan hanya seperti merebut sepotong telinga dari mulut singa. Berarti yang sepotong lagi sudah ditelan oleh singa. Kehidupan yang sudah ditangkap telinganya oleh iblis berarti sudah tidak lagi mengalami penyucian sebab Firman yang dia dengar lewat begitu saja.

Selanjutnya dikatakan keadaan di Samaria seperti merebut sebagian dari katil artinya nikahnya hancur. Kaki Balai-balai juga sudah tinggal sepenggal berarti tidak ada lagi kesenangan yang ada hanyalah amarah, muram, gunda gulana dan panas hati. Ini terjadi karena orang Samaria bermanja-manja di dalam kemewahan.
Amos 3:12
3:12 Beginilah firman TUHAN: "Seperti seorang gembala melepaskan dari mulut singa dua tulang betis atau potongan telinga, demikianlah orang Israel yang diam di Samaria akan dilepaskan seperti sebagian dari katil dan seperti sepenggal dari kaki balai-balai."

Artinya di sini usaha gembala untuk menolong jemaat sudah tidak lagi bisa membawa sampai pada kesempurnaan.

Amos 3:14
3:14 "bahwa pada waktu Aku menghukum Israel karena perbuatan-perbuatannya yang jahat, Aku akan melakukan hukuman kepada mezbah-mezbah Betel, sehingga tanduk-tanduk mezbah itu dipatahkan dan jatuh ke tanah.

Mereka beribadah tetapi tanduk mezbah sudah dipatahkan. Padahal bila umat Israel beribadah maka binatang korbannya diikat dulu di tanduk mezbah. Berarti mereka beribadah tetapi tidak ada hubungannya lagi dengan korban Kristus.
Mazmur 118:27
118:27 TUHANlah Allah, Dia menerangi kita. Ikatkanlah korban hari raya itu dengan tali, pada tanduk-tanduk mezbah.

Amos 3:15
3:15 Aku akan merobohkan balai musim dingin beserta balai musim panas; hancurlah rumah-rumah gading, dan habislah rumah-rumah gedang," demikianlah firman TUHAN.

Rumah gedang adalah rumah besar dan mewah. Apalah arti hidup berkecukupan di dunia ini tetapi nikah berantakan, pendirian sudah tidak benar dan telinga tidak dapat lagi menangkap Firman, tidak lagi mengalami penyucian dari Firman.

4.      Percaya dan dibangun menjadi Tubuh Kristus
Kisah Para Rasul 17:3-4
17:3 Ia menerangkannya kepada mereka dan menunjukkan, bahwa Mesias harus menderita dan bangkit dari antara orang mati, lalu ia berkata: "Inilah Mesias, yaitu Yesus, yang kuberitakan kepadamu."
17:4 Beberapa orang dari mereka menjadi yakin dan menggabungkan diri dengan Paulus dan Silas dan juga sejumlah besar orang Yunani yang takut kepada Allah, dan tidak sedikit perempuan-perempuan terkemuka.

Walaupun rasul Paulus berbicara pada begitu banyak orang tetapi hanya sebagian kecil yang menjadi yakin dan menerima. Akhirnya jumlah mereka bertambah banyak.

Yakin di sini dalam bahasa gerikanya adalah Peito, artinya:
1)      Mereka mengaminkan
2)      Mereka sangat setuju
3)      Mereka patuh
4)      Mereka tunduk
5)      Mereka didamaikan
6)      Mereka percaya sungguh

Kalau karakter ini muncul dalam diri saudara, itu berarti sedang berhadapan dengan pelayanan Mesias yang benar.

Dikatakan mereka menggabungkan diri kepada Paulus dan Silas. Paulus adalah rasul dan Silas adalah nabi.
Kisah Para Rasul 15:32
15:32 Yudas dan Silas, yang adalah juga nabi, lama menasihati saudara-saudara itu dan menguatkan hati mereka.

Gereja Tuhan dibangun di atas dasar nabi dan rasul, di atas Firman pengajaran dan Firman nubuatan.
Efesus 2:20
2:20 yang dibangun di atas dasar para rasul dan para nabi, dengan Kristus Yesus sebagai batu penjuru.

Rasul menyampaikan Firman pengajaran dan nabi menyampaikan Firman nubuatan. Jadi orang yang percaya dibangun untuk menjadi rumah Tuhan, Tubuh Kristus yaitu Mempelai Wanita untuk Yesus Mempelai Pria Sorga.

5.      Memberitakan Firman sepenuhnya tanpa ada pekerjaan sambilan
Kisah Para Rasul 18:5
18:5 Ketika Silas dan Timotius datang dari Makedonia, Paulus dengan sepenuhnya dapat memberitakan firman, di mana ia memberi kesaksian kepada orang-orang Yahudi, bahwa Yesus adalah Mesias.

Tadinya Paulus tidak bisa memberitakan Firman sepenuhnya karena dia masih mengerjakan tenda. Dia sebagai rasul untuk orang kafir tetapi masih ada pekerjaan sambilan. Untuk sekarang menjadi hamba Tuhan sepenuh tetapi masih punya pekerjaan sambilan. Jemaat jangan mau mendengar pelayan yang seperti itu. Mesias yang benar mendorong hamba Tuhan untuk 100% melayani Tuhan. Banyak pendeta tetapi belum tentu semuanya hamba Tuhan. Tetapi seorang hamba Tuhan pasti pendeta.

6.      Percaya dan yakin akan Firman Allah
Yohanes 10:24-25
10:24 Maka orang-orang Yahudi mengelilingi Dia dan berkata kepada-Nya: "Berapa lama lagi Engkau membiarkan kami hidup dalam kebimbangan? Jikalau Engkau Mesias, katakanlah terus terang kepada kami."
10:25 Yesus menjawab mereka: "Aku telah mengatakannya kepada kamu, tetapi kamu tidak percaya; pekerjaan-pekerjaan yang Kulakukan dalam nama Bapa-Ku, itulah yang memberikan kesaksian tentang Aku,

Tuhan Yesus tidak pernah melakukan sesuatu tanpa komando dari Allah Bapa. Orang yang tidak yakin dan percaya bukanlah dombaNya Tuhan.
Yohanes 10:26-30
10:26 tetapi kamu tidak percaya, karena kamu tidak termasuk domba-domba-Ku.
10:27 Domba-domba-Ku mendengarkan suara-Ku dan Aku mengenal mereka dan mereka mengikut Aku,
10:28 dan Aku memberikan hidup yang kekal kepada mereka dan mereka pasti tidak akan binasa sampai selama-lamanya dan seorang pun tidak akan merebut mereka dari tangan-Ku.
10:29 Bapa-Ku, yang memberikan mereka kepada-Ku, lebih besar dari pada siapa pun, dan seorang pun tidak dapat merebut mereka dari tangan Bapa.
10:30 Aku dan Bapa adalah satu."

Ayat 28 dan 29 menubuatkan penyingkiran gereja. Begitu antikris datang Tuhan akan menyingkirkan kita ke padang belantara.
Wahyu 12:14
12:14 Kepada perempuan itu diberikan kedua sayap dari burung nasar yang besar, supaya ia terbang ke tempatnya di padang gurun, di mana ia dipelihara jauh dari tempat ular itu selama satu masa dan dua masa dan setengah masa.

Ada yang mengatakan semua manusia antri untuk masuk dalam lubang kubur. Orang yang berkata demikian tidak mengerti adanya penyingkiran gereja. Di zaman Bapa ada manusia yang diangkat hidup-hidup itulah Henokh, di zaman Anak ada Elia dan di zaman Roh Kudus ada gereja Tuhan yang disingkirkan ke padang belantara. Sekalipun wanita dalam Wahyu 12 habis melahirkan dan disembur oleh ular dengan air sebesar sungai dari mulutnya tetapi tidak bisa menghanyutkannya.

Kita merayakan natal bukan hanya sekedar upacara yang dilakukan biasa-biasa saja dan tanpa pembukaan Firman sehingga pikiran menjadi kalut dan tidak pernah berubah. Jadilah anak Tuhan yang makin mendalami Firman Allah dan makin mencintai Yesus.


Tuhan Yesus Memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar