20140615

Kebaktian Umum, Minggu 15 Juni 2014 Pdt. Bernard Legontu


Salam sejahtera di dalam nama Tuhan Yesus Kristus.

Wahyu 13:1-2
13:1 Lalu aku melihat seekor binatang keluar dari dalam laut, bertanduk sepuluh dan berkepala tujuh; di atas tanduk-tanduknya terdapat sepuluh mahkota dan pada kepalanya tertulis nama-nama hujat.
13:2 Binatang yang kulihat itu serupa dengan macan tutul, dan kakinya seperti kaki beruang dan mulutnya seperti mulut singa. Dan naga itu memberikan kepadanya kekuatannya, dan takhtanya dan kekuasaannya yang besar.

Binatang ini adalah himpunan dari singa 1 kepala, beruang 1 kepala, macan tutul 4 kepala dan binatang yang dahsyat 1 kepala, jumlah 7 kepala dan 10 tanduk ada pada kepala binatang yang dahsyat.

Wahyu 13:3
13:3 Maka tampaklah kepadaku satu dari kepala-kepalanya seperti kena luka yang membahayakan hidupnya, tetapi luka yang membahayakan hidupnya itu sembuh. Seluruh dunia heran, lalu mengikut binatang itu.

Di mana-mana cepat sekali manusia tertarik kalau melihat tanda-tanda heran. Begitu mudah mempengaruhi manusia dengan tanda-tanda heran. Tanda heran yang palsu ini begitu gencar di penghujung akhir zaman ini. Kalau kita hanya tertarik kepada tanda-tanda heran maka Tuhan Yesus tidak akan mempercayakan diriNya kepada kita.
Yohanes 2:23-24
2:23 Dan sementara Ia di Yerusalem selama hari raya Paskah, banyak orang percaya dalam nama-Nya, karena mereka telah melihat tanda-tanda yang diadakan-Nya.
2:24 Tetapi Yesus sendiri tidak mempercayakan diri-Nya kepada mereka, karena Ia mengenal mereka semua,

Wahyu 13:4
13:4 Dan mereka menyembah naga itu, karena ia memberikan kekuasaan kepada binatang itu. Dan mereka menyembah binatang itu, sambil berkata: "Siapakah yang sama seperti binatang ini? Dan siapakah yang dapat berperang melawan dia?"

Perkataan mereka itu berarti mereka menganggap binatang itu melampaui Tuhan. Jadi bagi mereka yang lebih hebat adalah antikristus, pandangan mereka ini sama sekali tidak melirik Tuhan. Hati-hati, ketika tidak melirik lagi Tuhan, waktu ibadah tidak lagi dipeduli walaupun ada tanggung jawab moril karena kita ada orang tebusan Tuhan dan mulai menghargai hal-hal yang duniawi maka kehidupan itu yang kelak akan menjadi bagian antikristus! Itu yang saya takutkan sebagai hamba Tuhan. Jangan ada seorangpun yang tertinggal untuk bertemu dengan antikristus.

Wahyu 13:5
13:5 Dan kepada binatang itu diberikan mulut, yang penuh kesombongan dan hujat; kepadanya diberikan juga kuasa untuk melakukannya empat puluh dua bulan lamanya.

Pada tujuh kepala itu ada nama-nama hujat berarti penghujatan dari roh antikristus itu sempurna di akhir zaman. Biarlah kita sempurna dalam pujian dan jangan sempurna dalam hujatan. Kalau mulai sekarang kita tidak mengindahkan maka lama kelamaan bisa menjadi penghujat dan sempurna dalam hujatan bersama dengan antikristus. Di sebutkan 42 bulan. Pada Wahyu 11:3 disebutkan 1260 hari. Pada ayat yang lain disebutkan 3,5 tahun.

Mengapa disebutkan dalam hitungan 42 bulan? Sebab 42 bulan ini adalah angka pengejek, mereka mengejek kepala berarti mengejek berita kepala. Angka 42 ini juga adalah memberi salam pada ajaran yang salah, berarti setuju dengan ajaran palsu. Kita boleh menyapa tetapi jangan menyetujui ajarannya.

Ketika Elisa menuju ke Betel ada 42 orang anak yang ikut mendaki bersama Elisa tetapi dengan suara ejekan. Jangan sampai kita ikut mendaki ke rumah Tuhan tetapi suara yang kita keluarkan adalah suara ejekan, ejekan terhadap berita kepala. Yang diolok pada waktu itu adalah kepala Elisa karena Elisa botak. Mengolok kepala berarti mengolok berita kepala, mengolok Kabar Mempelai. Jangan kita mengolok Kabar Mempelai. Bagaimana ciri kehidupan yang mengolok? Begitu penghargaan kita terhadap Kabar Mempelai mulai merosot itu tanda mulai dimasuki roh pengolok.

Wahyu 11:2
11:2 Tetapi kecualikan pelataran Bait Suci yang di sebelah luar, janganlah engkau mengukurnya, karena ia telah diberikan kepada bangsa-bangsa lain dan mereka akan menginjak-injak Kota Suci empat puluh dua bulan lamanya."

Angka 1260 hari menunjuk angka perlindungan Tuhan.
Wahyu 12:6; 11:3
12:6 Perempuan itu lari ke padang gurun, di mana telah disediakan suatu tempat baginya oleh Allah, supaya ia dipelihara di situ seribu dua ratus enam puluh hari lamanya.
11:3 Dan Aku akan memberi tugas kepada dua saksi-Ku, supaya mereka bernubuat sambil berkabung, seribu dua ratus enam puluh hari lamanya.

Angka 3,5 tahun penekanannya adalah pengrusakan dan penganiayaan yang dahsyat.
Wahyu 12:14
12:14 Kepada perempuan itu diberikan kedua sayap dari burung nasar yang besar, supaya ia terbang ke tempatnya di padang gurun, di mana ia dipelihara jauh dari tempat ular itu selama satu masa dan dua masa dan setengah masa.

Daniel 12:7
12:7 Lalu kudengar orang yang berpakaian kain lenan, yang ada di sebelah atas air sungai itu bersumpah demi Dia yang hidup kekal, sambil mengangkat tangan kanan dan tangan kirinya ke langit: "Satu masa dan dua masa dan setengah masa; dan setelah berakhir kuasa perusak bangsa yang kudus itu, maka segala hal ini akan digenapi!"

Antikristus disebut terion yang artinya binatang buas (kebiadaban), tanpa memiliki roh kemanusiaan, kejam dan tidak punya kasih. Bagaimana gejala munculnya antikristus ini?
1.      Dunia bergelora
Yesaya 57:20-21; 17:12
57:20 Tetapi orang-orang fasik adalah seperti laut yang berombak-ombak sebab tidak dapat tetap tenang, dan arusnya menimbulkan sampah dan lumpur.
57:21 Tiada damai bagi orang-orang fasik itu," firman Allahku.
17:12 Wahai! Ributnya banyak bangsa-bangsa, mereka ribut seperti ombak laut menderu! Gaduhnya suku-suku bangsa, mereka gaduh seperti gaduhnya air yang hebat!

Binatang ini keluar dari laut, laut yang bergelora menunjuk dunia yang bergelora. Ketika dunia dalam kegoncangan manusia mendambakan juruselamat dan muncullah antikristus yang mengatur dunia dengan tangan besi, seorang ahli organisasi dan seorang ahli ekonomi. Lewat kepemimpinannya dunia seperti merasa aman tetapi semua manusia seperti dalam sangkar, tidak bisa bergerak tanpa pantauan antikristus.

2.      Kemurtadan
I Timotius 4:1-2
4:1 Tetapi Roh dengan tegas mengatakan bahwa di waktu-waktu kemudian, ada orang yang akan murtad lalu mengikuti roh-roh penyesat dan ajaran setan-setan
4:2 oleh tipu daya pendusta-pendusta yang hati nuraninya memakai cap mereka.

Dulu daerah Eropa hampir 100% adalah pengikut Tuhan Yesus tetapi di hari-hari terakhir ini banyak yang sudah murtad dan meninggalkan Tuhan Yesus. Padahal mereka ini adalah keturunan Yafet. Keturunan Yafet ini sudah dijanji oleh Tuhan bahwa mereka akan menikmati berkat dari kemah-kemah Sem.
Kejadian 9:27
9:27 Allah meluaskan kiranya tempat kediaman Yafet, dan hendaklah ia tinggal dalam kemah-kemah Sem, tetapi hendaklah Kanaan menjadi hamba baginya."

Dari keturunan Sem lahirlah bangsa Israel dan dari bangsa Israel inilah lahir keselamatan. Keselamatan yang datang dari orang Yahudi inilah yang dahulu mereka miliki tetapi sekarang sudah banyak yang murtad.
Yohanes 4:22
4:22 Kamu menyembah apa yang tidak kamu kenal, kami menyembah apa yang kami kenal, sebab keselamatan datang dari bangsa Yahudi.

Roma 1:20-21
1:20 Sebab apa yang tidak nampak dari pada-Nya, yaitu kekuatan-Nya yang kekal dan keilahian-Nya, dapat nampak kepada pikiran dari karya-Nya sejak dunia diciptakan, sehingga mereka tidak dapat berdalih.
1:21 Sebab sekalipun mereka mengenal Allah, mereka tidak memuliakan Dia sebagai Allah atau mengucap syukur kepada-Nya. Sebaliknya pikiran mereka menjadi sia-sia dan hati mereka yang bodoh menjadi gelap.

Karena mereka tidak tahu mengucap syukur sehingga meninggalkan Tuhan, itulah yang terjadi di dunia barat. Mereka tidak mengenal Tuhan dan malah mendewakan manusia. Banyak kali kita tidak mengucap syukur buktinya yang kita lakukan bukannya mengucap syukur dan malah menjauh dari Tuhan.
Roma 1:22-28
1:22 Mereka berbuat seolah-olah mereka penuh hikmat, tetapi mereka telah menjadi bodoh.
1:23 Mereka menggantikan kemuliaan Allah yang tidak fana dengan gambaran yang mirip dengan manusia yang fana, burung-burung, binatang-binatang yang berkaki empat atau binatang-binatang yang menjalar.
1:24 Karena itu Allah menyerahkan mereka kepada keinginan hati mereka akan kecemaran, sehingga mereka saling mencemarkan tubuh mereka.
1:25 Sebab mereka menggantikan kebenaran Allah dengan dusta dan memuja dan menyembah makhluk dengan melupakan Penciptanya yang harus dipuji selama-lamanya, amin.
1:26 Karena itu Allah menyerahkan mereka kepada hawa nafsu yang memalukan, sebab isteri-isteri mereka menggantikan persetubuhan yang wajar dengan yang tak wajar.
1:27 Demikian juga suami-suami meninggalkan persetubuhan yang wajar dengan isteri mereka dan menyala-nyala dalam berahi mereka seorang terhadap yang lain, sehingga mereka melakukan kemesuman, laki-laki dengan laki-laki, dan karena itu mereka menerima dalam diri mereka balasan yang setimpal untuk kesesatan mereka.
1:28 Dan karena mereka tidak merasa perlu untuk mengakui Allah, maka Allah menyerahkan mereka kepada pikiran-pikiran yang terkutuk, sehingga mereka melakukan apa yang tidak pantas:

Yang terjadi di dunia sekarang ini baik lesbi maupun homo diberkati bahkan dibawa di dalam gereja. Bahkan di beberapa negara itu sudah menjadi undang-undang negara untuk mengsahkan pernikahan mereka. Ini fakta yang nyata di hari-hari terakhir ini.

Manusia tidak takut lagi kepada Tuhan dan melakukan hal-hal yang tidak diinginkan oleh Tuhan sehingga otomatis yang akan muncul adalah antiTuhan. Kalau anti Tuhan anti ibadah maka suatu waktu akan dipegang oleh antikristus. Walaupun saat itu mengatakan tidak suka, tetapi apa boleh buat sebab karena ulahnya sendiri yang membawa dirinya berada di sana.
Pengkhotbah 12:1
12:1 Ingatlah akan Penciptamu pada masa mudamu, sebelum tiba hari-hari yang malang dan mendekat tahun-tahun yang kaukatakan: "Tak ada kesenangan bagiku di dalamnya!",

3.      Roh antikristus ini akan merubah waktu
Daniel 7:25
7:25 Ia akan mengucapkan perkataan yang menentang Yang Mahatinggi, dan akan menganiaya orang-orang kudus milik Yang Mahatinggi; ia berusaha untuk mengubah waktu dan hukum, dan mereka akan diserahkan ke dalam tangannya selama satu masa dan dua masa dan setengah masa.

Sekarang ini ada upaya merubah waktu sehingga hari minggu juga dijadikan hari kerja. Dia juga merubah hukum bahkan antikristus adalah orang yang tidak peduli hukum.
Pengkhotbah 3:16
3:16 Ada lagi yang kulihat di bawah matahari: di tempat pengadilan, di situ pun terdapat ketidakadilan, dan di tempat keadilan, di situ pun terdapat ketidakadilan.

4.      Eksploitasi alam
Di mana-mana dunia kita menjadi rusak karena eksploitasi alam. Di zaman Nuh, Tuhan marah karena manusia merusak bumi. Di akhir zaman ini Tuhan juga marah karena manusia merusak bumi.
Kejadian 6:5,11-12
6:5 Ketika dilihat TUHAN, bahwa kejahatan manusia besar di bumi dan bahwa segala kecenderungan hatinya selalu membuahkan kejahatan semata-mata,
6:11 Adapun bumi itu telah rusak di hadapan Allah dan penuh dengan kekerasan.
6:12 Allah menilik bumi itu dan sungguhlah rusak benar, sebab semua manusia menjalankan hidup yang rusak di bumi.

Dunia dirusak oleh manusia yang rusak. Moral rusak ini juga masuk dalam gereja karena yang disampaikan dalam gereja bukan lagi Firman Tuhan yang murni tetapi yang disuguhkan dari mimbar cuma lawak dan dongeng. Inilah yang merusak anak muda, kemudian ada pengaruh narkoba, ditambah lagi dengan munculnya ocultisme, spiritisme, hipnotisme dan sinkritisme.

5.      Kesatuan politik
Bagaimana cara kesatuan politik ini? Dengan antikristus menaruh tanda pada dahi dan lengan. Itu sebabnya sebelum antikristus yang menaruh tanda pada dahi dan lenganmu, izinkan Firman lebih dahulu menaruh tanda pada dahi dan lengan kita supaya kita disingkirkan oleh Tuhan ke padang belantara.
Ulangan 6:7-8
6:7 haruslah engkau mengajarkannya berulang-ulang kepada anak-anakmu dan membicarakannya apabila engkau duduk di rumahmu, apabila engkau sedang dalam perjalanan, apabila engkau berbaring dan apabila engkau bangun.
6:8 Haruslah juga engkau mengikatkannya sebagai tanda pada tanganmu dan haruslah itu menjadi lambang di dahimu,

Kalau pikiran selalu memikirkan perkara yang di atas maka pasti akan Tuhan singkirkan. Firman harus ada buktinya dalam pemikiran dan dalam perbuatan kita.
Mikha 7:2-6
7:2 Orang saleh sudah hilang dari negeri, dan tiada lagi orang jujur di antara manusia. Mereka semuanya mengincar darah, yang seorang mencoba menangkap yang lain dengan jaring.
7:3 Tangan mereka sudah cekatan berbuat jahat; pemuka menuntut, hakim dapat disuap; pembesar memberi putusan sekehendaknya, dan hukum, mereka putar balikkan!
7:4 Orang yang terbaik di antara mereka adalah seperti tumbuhan duri, yang paling jujur di antara mereka seperti pagar duri; hari bagi pengintai-pengintaimu, hari penghukumanmu, telah datang, sekarang akan mulai kegemparan di antara mereka!
7:5 Janganlah percaya kepada teman, janganlah mengandalkan diri kepada kawan! Jagalah pintu mulutmu terhadap perempuan yang berbaring di pangkuanmu!
7:6 Sebab anak laki-laki menghina ayahnya, anak perempuan bangkit melawan ibunya, menantu perempuan melawan ibu mertuanya; musuh orang ialah orang-orang seisi rumahnya.

Hal ini yang akan terjadi sehingga perlu ada pengawasan yang ketat dari antikristus dengan cap 666.

6.      Kesatuan ekonomi
Ekonomi dunia akan seperti perusahaan besar yang dikontrol oleh antikristus. Antikristis akan mengawasi dan mengontrol ekonomi secara ketat.

7.      Kesatuan militer
Yesaya 5:27-29
5:27 Tiada yang lelah dan tiada yang tersandung di antaranya; mereka tidak terlelap dan tidak tertidur, tidak terlepas ikat pinggangnya dan tali kasutnya tidak terputus;
5:28 anak panahnya ditajamkan, dan segala busurnya dilentur; kuku kudanya keras seperti batu api dan roda keretanya seperti puting beliung.
5:29 Aumnya seperti singa betina, mereka mengaum seperti singa muda; mereka meraung dan menangkap mangsanya, membawanya lari dan tidak ada yang melepaskan.

Namun 2:3-4; 3:2-3
2:3 Perisai para pahlawannya berwarna merah, prajuritnya berpakaian kirmizi; kereta berkilat-kilat seperti api suluh pada hari ia melengkapinya, dan kuda-kuda penuh gelisah.
2:4 Kereta melaju galak di jalan, kejar-mengejar di lapangan; kelihatannya seperti suluh, berpacu seperti kilat.
2:5 Pasukan-pasukan istimewa dikerahkan, mereka tersandung jatuh di waktu berjalan maju; mereka lari terburu-buru ke arah tembok kota, sedang alat pendobrak sudah ditegakkan.
3:2 Dengar, lecut cambuk dan derak-derik roda! Dengar, kuda lari menderap, dan kereta meloncat-loncat!
3:3 Pasukan berkuda menyerang, pedang bernyala-nyala dan tombak berkilat-kilat! Banyak yang mati terbunuh dan bangkai bertimbun-timbun! Tidak habis-habisnya mayat-mayat, orang tersandung jatuh pada mayat-mayat!

Antikristus sudah mau datang, jemaat jangan santai. Tuhan tidak tega kalau kita sampai dibantai oleh antikris, oleh sebab itu dengarkan pesan Firman Tuhan.

8.      Kesatuan agama
Akhirnya yang akan disembah pada waktu itu adalah antikristus.
Wahyu 13:14-16
13:14 Ia menyesatkan mereka yang diam di bumi dengan tanda-tanda, yang telah diberikan kepadanya untuk dilakukannya di depan mata binatang itu. Dan ia menyuruh mereka yang diam di bumi, supaya mereka mendirikan patung untuk menghormati binatang yang luka oleh pedang, namun yang tetap hidup itu.
13:15 Dan kepadanya diberikan kuasa untuk memberikan nyawa kepada patung binatang itu, sehingga patung binatang itu berbicara juga, dan bertindak begitu rupa, sehingga semua orang, yang tidak menyembah patung binatang itu, dibunuh.
13:16 Dan ia menyebabkan, sehingga kepada semua orang, kecil atau besar, kaya atau miskin, merdeka atau hamba, diberi tanda pada tangan kanannya atau pada dahinya,

Kita harus waspada, itu sebabnya gereja Tuhan jangan tidur! Sekarang ini banyak sekali gereja yang tertidur rohaninya. Kalau tertidur saat Tuhan datang maka pasti akan tertinggal dalam masa 3,5 tahun aniaya antikristus.
Matius 25:5
25:5 Tetapi karena mempelai itu lama tidak datang-datang juga, mengantuklah mereka semua lalu tertidur.

5 anak dara yang pandai juga tertidur. Tetapi mereka tidak tidur seperti orang lain karena mereka ada persiapan.

Wahyu 13:1
13:1 Lalu aku melihat seekor binatang keluar dari dalam laut, bertanduk sepuluh dan berkepala tujuh; di atas tanduk-tanduknya terdapat sepuluh mahkota dan pada kepalanya tertulis nama-nama hujat.

7 kepala ini dapat kita lihat reverensinya dalam kitab nabi Daniel.
Daniel 7:4-7
7:4 Yang pertama rupanya seperti seekor singa, dan mempunyai sayap burung rajawali; aku terus melihatnya sampai sayapnya tercabut dan ia terangkat dari tanah dan ditegakkan pada dua kaki seperti manusia, dan kepadanya diberikan hati manusia.
7:5 Dan tampak ada seekor binatang yang lain, yang kedua, rupanya seperti beruang; ia berdiri pada sisinya yang sebelah, dan tiga tulang rusuk masih ada di dalam mulutnya di antara giginya. Dan demikianlah dikatakan kepadanya: Ayo, makanlah daging banyak-banyak.
7:6 Kemudian aku melihat, tampak seekor binatang yang lain, rupanya seperti macan tutul; ada empat sayap burung pada punggungnya, lagipula binatang itu berkepala empat, dan kepadanya diberikan kekuasaan.
7:7 Kemudian aku melihat dalam penglihatan malam itu, tampak seekor binatang yang keempat, yang menakutkan dan mendahsyatkan, dan ia sangat kuat. Ia bergigi besar dari besi; ia melahap dan meremukkan, dan sisanya diinjak-injaknya dengan kakinya; ia berbeda dengan segala binatang yang terdahulu; lagipula ia bertanduk sepuluh.

Singa 1 kepala, beruang 1 kepala, macan tutul 4 kepala, binatang buas 1 kepala, jumlah 7 kepala bertanduk 10.

Singa adalah gambaran propaganda Babel yang penuh dengan kenajisan. Beruang menunjuk kekuatan untuk merobek-robek terutama merobek-robek nikah. Macan tutul menunjuk filsafat dunia, jangan kita dirasuki filsafat dunia sehingga putus hubungan dengan Tuhan. Kekuatan antikristus begitu luar biasa karena dia menghimpun kekuatan singa, beruang, macan tutul dan dia tampil bagaikan binatang yang dahsyat.

Antikristus tampil begitu mengerikan, mau ke mana kita lari. Silahkan saudara berkarya dan bekerja tetapi jangan lupa untuk ibadah supaya saudara terlindung sebab ada tanda Firman di tangan kanan dan di dahi kita. Ketika antikris datang untuk mencap 666 saat itu kita sudah diraibkan Tuhan ke padang belantara. Biarlah kita ada kegentaran mendengarkan hal ini. Jangan sampai kita kehilangan kesempatan untuk mendapatkan perlindungan.

Jangan kita kepincut mengikuti Tuhan hanya karena melihat tanda-tanda heran.
Yohanes 2:23-25
2:23 Dan sementara Ia di Yerusalem selama hari raya Paskah, banyak orang percaya dalam nama-Nya, karena mereka telah melihat tanda-tanda yang diadakan-Nya.
2:24 Tetapi Yesus sendiri tidak mempercayakan diri-Nya kepada mereka, karena Ia mengenal mereka semua,

Kalau saudara tertarik mengikut Tuhan hanya karena tanda-tanda nantinya Tuhan tidak mempercayakan diriNya. Berarti tidak akan bisa menjadi mempelai wanita Tuhan dan pasti masuk dalam aniaya 3,5 tahun antikristus. Sebab Mempelai Laki-laki mempercayakan diri kepada Mempelai Wanita dan Mempelai Wanita mempercayakan diri kepada Mempelai Laki-laki sehingga Mempelai Laki-laki dan Mempelai Wanita saling memiliki.
I Korintus 7:4
7:4 Isteri tidak berkuasa atas tubuhnya sendiri, tetapi suaminya, demikian pula suami tidak berkuasa atas tubuhnya sendiri, tetapi isterinya.


Tuhan memberkati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar