20150722

Kebaktian PA Imamat, Rabu 22 Juli 2015 Pdt. Bernard Legontu

Salam sejahtera di dalam nama Tuhan Yesus Kristus.

Imamat 13:1-7
13:1 TUHAN berfirman kepada Musa dan Harun:
13:2 "Apabila pada kulit badan seseorang ada bengkak atau bintil-bintil atau panau, yang mungkin menjadi penyakit kusta pada kulitnya, ia harus dibawa kepada imam Harun, atau kepada salah seorang dari antara anak-anaknya, imam-imam itu.
13:3 Imam haruslah memeriksa penyakit pada kulit itu, dan kalau bulu di tempat penyakit itu sudah berubah menjadi putih, dan penyakit itu kelihatan lebih dalam dari kulit, maka itu penyakit kusta; kalau imam melihat hal itu, haruslah ia menyatakan orang itu najis.
13:4 Tetapi jikalau yang ada pada kulitnya itu hanya panau putih dan tidak kelihatan lebih dalam dari kulit, dan bulunya tidak berubah menjadi putih, imam harus mengurung orang itu tujuh hari lamanya.
13:5 Pada hari yang ketujuh haruslah imam memeriksa dia; bila menurut penglihatannya penyakit itu masih tetap dan tidak meluas pada kulit, imam harus mengurung dia tujuh hari lagi untuk kedua kalinya.
13:6 Kemudian pada hari yang ketujuh haruslah imam memeriksa dia untuk kedua kalinya; bila penyakit itu menjadi pudar dan tidak meluas pada kulit, imam harus menyatakan dia tahir; itu hanya bintil-bintil. Orang itu harus mencuci pakaiannya dan ia menjadi tahir.
13:7 Tetapi jikalau bintil-bintil itu memang meluas pada kulit, sesudah ia minta diperiksa oleh imam untuk dinyatakan tahir, haruslah ia minta diperiksa untuk kedua kalinya.

Pada kesempatan yang lalu kita telah melihat ada 4 tempat munculnya penyakit kusta:
1.      Di kepala
2.      Di kulit
3.      Di pakaian
4.      Di dinding rumah

Kadang kalau ada muncul gambar yang tidak bagus di dinding rumah karena sering terkena air itu dianggap biasa padahal dulu itu dianggap kusta. Juga pada pakaian yang kumal bisa muncul banyak hal yang dianggap biasa, tetapi dulu itu dianggap kusta.

Kita diajar oleh Tuhan untuk mengenal penyakit kusta. Penyakit kusta ini adalah satu-satunya penyakit yang langsung mencerai beraikan tubuh. Kalau seseorang kena kusta bisa saja bagian tubuhnya putus, entah jari kaki, entah jari tangan, entah telinganya dan sebagainya. Jadi ini adalah penyakit yang benar-benar mencerai-beraikan anggota tubuh.

Penyakit ini tidak bisa disembunyikan. Artinya penyakit ini menggambarkan dosa terang-terangan. Dosa yang ada dari dasar hati orang itu, dia tahu itu berseberangan dengan Firman tetapi dia tabrak saja. Dia tidak segan, dia tidak sungkan, tidak takut untuk menabrak Firman. Itulah dosa terang-terangan yang disebut kusta.

Melihat hal ini akan merusak pembentukan Tubuh Kristus bahkan mencerai-beraikan anggota Tubuh Kristus maka bagi yang terketuk hati, yang mencintai Firman dalam pelayanannya, dia tidak boleh berat hati untuk memberitahu atau menunjuk. Jadi hamba Tuhan itu harus berani memberitahu bahwa sikapmu, tindakanmu, pikiranmu, perbuatanmu itu mengarah mencerai-beraikan Tubuh Kristus. Minimal orang itu sendiri yang terpental dari pembangunan Tubuh Kristus.

Ada orang yang diberi Tuhan keberanian dan ini langka. Kami hamba Tuhan dan imam-imam harus ada roh keberanian untuk menyampaikan sekalipun resikonya besar sebab bisa mendapatkan arus balik perlawanan. Saya sudah kenyang dengan hal itu. Namun sebagai seorang hamba Tuhan, saya menyadari bahwa saya dipanggil oleh Tuhan untuk menyuarakan suara Firman Tuhan seperti dalam ayat:
II Korintus 13:8
13:8 Karena kami tidak dapat berbuat apa-apa melawan kebenaran; yang dapat kami perbuat ialah untuk kebenaran.

Oleh kemurahan Tuhan dan pertolongan Tuhan hingga detik ini saya tidak mau surut langkah, saya tetap berbicara. Entahkah diumpat, entahkah dicaci maki, entahkah dikutuk, entahkah difitnah, saya tetap menyampaikan kasih Tuhan kepada orang itu. Bila dia menerima puji Tuhan, bila tidak terima juga puji Tuhan. Itulah tugas kami hamba-hamba Tuhan. Itu panggilan, bahkan rasul Paulus mengatakan “celakalah aku kalau tidak menyampaikan Firman”. Jadi dalam pengertian jangan membijaksanai Firman.

Jangan coba membijaksanai Firman, kalau putih bilang putih, kalau hitam bilang hitam. Jangan persembahkan kepada Tuhan Yesus makanan basi, sebab pelayananmu sama dengan mempersembahkan makanan kepada Tuhan. Tegakah saudara mempersembahkan kepada Tuhan Yesus makanan yang sudah busuk?

Dulu saya masih ada di sana saya sudah memegang Kabar Mempelai saya tidak main-main, apalagi sudah ada di dalam Kabar Mempelai kemudian mau bermain-main. Jangan ada kulit yang membengkak, jangan ada penonjolan daging. Itu sebabnya mulut ini tidak mau diam, mulut ini tidak mau berhenti walaupun resikonya berat sebab telah banyak yang melawan Firman karena mereka tidak mau dikoreksi.

Hati-hati di akhir zaman ada anjing-anjing, ada pekerja-pekerja jahat, ada penyunat-penyunat palsu.
Filipi 3:2
3:2 Hati-hatilah terhadap anjing-anjing, hati-hatilah terhadap pekerja-pekerja yang jahat, hati-hatilah terhadap penyunat-penyunat yang palsu,

Tipe hamba Tuhan pekerja palsu, anjing-anjing dan penyunat-penyunat palsu adalah orang yang tidak berani terang-terangan menunjuk kesalahan. Orang seperti ini akan membuat persekongkolan (bukan persekutuan) untuk melawan kebenaran.  Bukan saya yang dilawan tetapi yang mereka lawan adalah kebenaran Firman.

Orang yang berani berbicara tentang kebenaran dituding mulutnya tidak bertobat. Yang tidak bertobat itu siapa? Yang melawan kebenaran, yang ada bintik-bintik dan daging yang membengkak.

Orang itu tidak sadar bahwa itu salah makanya perlu ada yang memberitahu.
Imamat 4:23
4:23 maka jikalau dosa yang telah diperbuatnya itu diberitahukan kepadanya, haruslah ia membawa sebagai persembahannya seekor kambing jantan yang tidak bercela.

Bukan saya yang mereka lawan tetapi Firman yang mereka lawan. Siapa saya ini, bukan saya yang mempunyai sorga, saya tidak berani melempar orang ke dalam neraka. Kalau diberitahu kesalahannya kemudian tidak mau berubah dan tetap menukik ke dunia, tetap mengais dunia maka itu hanya mencelakakan, jemaat yang dilayani hanya digiring masuk dalam aniaya antikristus. Itu sebabnya jemaat waspada jangan jatuh dalam pelayanan di mana saudara digiring masuk dalam 3,5 tahun aniaya antikristus.

Kalau tidak mau ditunjuk kesalahan oleh Firman, orang itu sama dengan membuat Alkitab semua menjadi hitam. Karena Tuhan mengatakan Alkitab ini diilhami. Dalam terjemahan aslinya kata diilhami adalah Theopneuma (Theopneustos) artinya dinafasi Allah. Kejadian pasal satu sampai Wahyu pasal 22 adalah kitab yang dinafasi oleh Allah. Karena kitab ini dinafasi oleh Allah, berarti kita harus konsekuen dengan apa yang dibahasakan di dalam ilham Allah ini.

II Timotius 3:16
3:16 Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran.

Ilham Allah bermanfaat:
1.      Bermanfaat bagi pengajaran
Poin pertama ini memberi penekanan kita diselamatkan oleh Tuhan.
Yesaya 42:21
42:21 TUHAN telah berkenan demi penyelamatan-Nya untuk memberi pengajaran-Nya yang besar dan mulia;

Jadi faedah ilham itu adalah demi pengajaran. Berarti sasaran kerinduan isi hati Tuhan adalah supaya kita selamat. Dalam pengertian selamat sempurna, kesempurnaan gereja Tuhan lewat Firman Pengajaran yang benar (sehat).

Kalau Firman Tuhan diulang berarti ada orang baru. Tuhan mencari orang yang baru. Apa yang dilakukan oleh yang lama? Dukung dalam doa! Itu berarti kita ikut menolong yang baru sehingga gereja Tuhan bahu membahu dalam pelayanan.
Zefanya 3:9
3:9 "Tetapi sesudah itu Aku akan memberikan bibir lain kepada bangsa-bangsa, yakni bibir yang bersih, supaya sekaliannya mereka memanggil nama TUHAN, beribadah kepada-Nya dengan bahu-membahu.

Pembukaan rahasia Firman Allah mengarahkan kita untuk bertemu dengan Tuhan Yesus Mempelai Laki-laki Sorga dalam kemuliaan.  Ini faedah dari Ilham. Ada orang yang mengatakan Alkitab ini Ilham Tuhan, tetapi ketika ditunjukkan faedahnya orang itu malah marah.

2.      Untuk menyatakan kesalahan.
Ini seperti meraba seseorang itu ada kusta atau tidak. Untuk menyatakan kesalahan seseorang itu tidak enak, resikonya tinggi sekali. Tidak usah masuk gereja, tidak usah baca Alkitab kalau tidak mau dinyatakan kesalahannya, kalau hamba Tuhan berhenti saja jadi hamba Tuhan sebab tidak mau dinyatakan kesalahannya.

Ketika kita ditunjukkan kesalahan berarti kita berhadapan dengan Pemberi ilham, bukan untuk kita dipermalukan tetapi supaya kita diberi jaminan untuk masuk dalam persekutuan Tubuh. Kalau setelah ditunjukkan kesalahan lalu kita akui berarti kita dipertahankan oleh Tuhan untuk tetap ada dalam persekutuan Tubuh Kristus.

Kalau dinyatakan kesalahan jangan uring-uringan, jangan mengkal muka, kalau seperti itu maka orang itu akan berhadapan dengan antikristus bahkan bisa jadi orang itu yang menjadi kaki tangan antikristus. Jangan sampai ketika ditunjukkan kesalahan malah uring-uringan, ada ugut-ugutan, bersungut, kurang hati, marah bahkan kemarahan ditujukan kepada pemberita, orang itu tidak tahu bahwa saat itu ilham datang tertuju pada dirinya.
2 Tawarikh 36:15
36:15 Namun TUHAN, Allah nenek moyang mereka, berulang-ulang mengirim pesan melalui utusan-utusan-Nya, karena Ia sayang kepada umat-Nya dan tempat kediaman-Nya.

Seharusnya ketika ditunjukkan kesalahan, bila sadar ada bintil-bintil, ada bulu yang sudah menjadi putih, tujuannya supaya kita terbenahi agar Tuhan mempertahankan kita supaya tetap di dalam persekutuan Tubuh Kristus.

Tidak rugi sebenarnya, kalau merasa rugi itu karena daging kita yang berontak. Kalau berontak berarti berontak terhadap Pemberi Ilham yang ada pada kita. Si Pemberi Ilham itu adalah Tuhan kita Yesus Kristus, Allah Elohim itu. Kalau memberontak bagaimana bisa masuk Sorga. Biarpun mulut mengatakan masuk sorga dan mau menjadi Mempelai Wanita itu tidak mungkin terjadi.

Sebagaimana Tuhan memberikan pandangan dan pemahaman dalam diri saya sejak saya menerima pengajaran walaupun masih di gereja lama dan sudah saya praktekkan ketika penutupan sekolah Alkitab di Malino, itu bukan hal yang mudah, itu tidak enteng. Saya tidak mau surut langkah sekalipun orang melawan dan mencaci maki, yang penting saya menyampaikan isi hati Tuhan, saya bukan menyenangkan telinga yang mendengar.

Ketika saudara menyerahkan diri untuk saya gembalakan maka saya tidak akan membuat saudara tenang dengan dosamu. Kalau saya membuat saudara tenang dengan dosamu berarti saya kibuli, saya dustai dan saya tipu saudara, berarti saya tidak mengasihi saudara. Seringkali orang salah kaprah, dia dikasihi tetapi merasa tidak dikasihi.

Pada Imamat pasal 13 dipantau, diraba ada kustanya. Setelah dia periksa dan ada tanda-tanda, akhirnya orang itu sendiri yang minta untuk diperiksa. Ini adalah orang yang sadar ternyata penyakit kusta itu berbahaya baginya karena itu akan menyebabkan dia keluar dari persekutuan Tubuh. Itu sebabnya harus ditangani oleh hamba Tuhan dengan serius supaya jangan dia terpental keluar.

Kesalahan itu harus diakui. Kalau disadari itu berbahaya lebih baik diakui di hadapan Tuhan.
Hosea 14:2-3
14:2 Bertobatlah, hai Israel, kepada TUHAN, Allahmu, sebab engkau telah tergelincir karena kesalahanmu.
14:3 Bawalah sertamu kata-kata penyesalan, dan bertobatlah kepada TUHAN! katakanlah kepada-Nya: "Ampunilah segala kesalahan, sehingga kami mendapat yang baik, maka kami akan mempersembahkan pengakuan kami.

Akhirnya dia mendapat yang baik. Persembahan pengakuan itu yang memberikan kucuran yang terbaik bagi orang itu. Kita harus mengakui bahwa sudah salah, berarti sudah kena kusta supaya segera ditolong.

Kusta ini masa inkubasinya paling lama yaitu 8 tahun sejak bakteri itu masuk. Sejak kuman masuk sampai 8 tahun kusta akan muncul. Dalam jangka waktu 8 tahun ini kuman bekerja itu sebabnya harus dideteksi, jangan tunggu muncul. Selagi masih dini harus cepat diobati, harus cepat pegi kepada dokter. Siapa dokternya? Nabi dan imam seharusnya menjadi dokter.
Yeremia 6:13-14
6:13 Sesungguhnya, dari yang kecil sampai yang besar di antara mereka, semuanya mengejar untung, baik nabi maupun imam semuanya melakukan tipu.
6:14 Mereka mengobati luka umat-Ku dengan memandangnya ringan, katanya: Damai sejahtera! Damai sejahtera!, tetapi tidak ada damai sejahtera.

Ini tugas imam-imam dan pelayan Tuhan. Tetapi sayang mereka hanya mengejar untung yang lahiriah. Bahkan ayat mengatakan, semua melakukan tipu. Bahasa mereka “kita selamat” padahal umat Tuhan mereka tipu. Tuhan katakan “bagaimana mau selamat kalau membiarkan dosa? Ayo pergi ke Silo untuk melihat bagaimana Aku membuang rumahKu dahulu”.
Yeremia 8:11-12
8:11 Mereka mengobati luka puteri umat-Ku dengan memandangnya ringan, katanya: Damai sejahtera! Damai sejahtera!, tetapi tidak ada damai sejahtera.
8:12 Seharusnya mereka merasa malu, sebab mereka melakukan kejijikan; tetapi mereka sama sekali tidak merasa malu dan tidak kenal noda mereka. Sebab itu mereka akan rebah di antara orang-orang yang rebah, mereka akan tersandung jatuh pada waktu mereka dihukum, firman TUHAN.

Kami hamba Tuhan dalam mendiagnosa penyakit umat Tuhan jangan sampai salah, harus ditunjukkan. Di sinilah tugas hamba Tuhan. 8 tahun ini adalah masa kita seharusnya ada dalam pembaharuan tetapi malah kusta yang mengganjal.

Resiko memang ketika kita memberitahukan ada kusta. Kalau saya tidak memberitahu berarti saya tidak membawa misi Tuhan tetapi membawa misi diriku. Kalau saya membawa misi Tuhan harus saya beritahu.

Banyak hamba Tuhan takut menyatakan kesalahan umat. Berarti dia tidak memawa Ilham dari atas. Kalau kita menyatakan yang salah berarti kita menyampaikan Ilham dan Yang memberi Ilham ada bersama dengan kita. Itu sebabnya jangan kita takut, sampaikan saja/ nyatakan bila ada kesalahan.

3.      Untuk memperbaiki kelakuan
Bukan untuk diteruskan yang tidak baik. Kelakuan itu diperbaiki, ibadah pelayan dan perilaku dalam nikah yang salah, yang kurang pas, yang keliru itu harus diperbaiki..
Maleakhi 2:14-16
2:14 Dan kamu bertanya: "Oleh karena apa?" Oleh sebab TUHAN telah menjadi saksi antara engkau dan isteri masa mudamu yang kepadanya engkau telah tidak setia, padahal dialah teman sekutumu dan isteri seperjanjianmu.
2:15 Bukankah Allah yang Esa menjadikan mereka daging dan roh? Dan apakah yang dikehendaki kesatuan itu? Keturunan ilahi! Jadi jagalah dirimu! Dan janganlah orang tidak setia terhadap isteri dari masa mudanya.
2:16 Sebab Aku membenci perceraian, firman TUHAN, Allah Israel -- juga orang yang menutupi pakaiannya dengan kekerasan, firman TUHAN semesta alam. Maka jagalah dirimu dan janganlah berkhianat!
4.      Untuk mendidik orang dalam kebenaran

Kalau sudah diberikan pengajaran demi keselamatannya, kemudian di dalam pengajaran itu menunjuk kesalahan, di dalam pengajaran itu memperbaiki kelakuan dan mendidik orang dalam kebenaran, berarti penyucian berjalan terus sampai sempurna. Itu Ilham Allah. Inilah tugas hamba Tuhan, tentu supaya yang bersangkutan itu mencapai kesempurnaan.

Saya sebagai hamba Tuhan tidak tega melihat jemaat terhuyung-huyung dalam aniaya antikristus apalagi kalau sampai masuk dalam neraka.
Yesaya 66:24
66:24 Mereka akan keluar dan akan memandangi bangkai orang-orang yang telah memberontak kepada-Ku. Di situ ulat-ulatnya tidak akan mati, dan apinya tidak akan padam, maka semuanya akan menjadi kengerian bagi segala yang hidup.

Markus 9:48
9:48 di mana ulat-ulat bangkai tidak mati dan api tidak padam.

Tuhan tidak gemar untuk menghukum tetapi bila Tuhan menghukum adalah salah orang itu sendiri.

Ketika tangan hamba Tuhan itu mulai mengerayangi dan memeriksa baik-baik semuanya dan menemukan ada gejala berarti orang yang diperiksa itu menyerah. Dia menyerah bukan kepada sembarang imam. Jangan kita berserah kepada sembarang imam. Kalau dia tidak paham Tabernakel jangan saudara menyerahkan diri. Sedangkan ketika saudara sakit jasmani saja saudara memilih-milih dokter.

Hamba Tuhan harus tahu mendiagnosa. Makanya orang yang kedapatan ada kusta itu dikurung 7 hari kemudian dikurung lagi 7 hari jadi total 14 hari. Ini tanggung jawab hamba Tuhan, bukan hanya sekedar menggelar ibadah kemudian menjadi komandan upacara lalu berpidato.

Semua orang datang gereja diibaratkan orang yang mengidap penyakit lalu datang pada Dokter dari segala dokter yang mempercayakan kepada pelayannya yaitu hamba Tuhan. Bukan hanya sekedar menggelar ibadah tetapi kita sedang didiagnosa sama seperti kalau kita datang kepada dokter. Jangan mengaku-ngaku sudah sehat. Saya sebagai hamba Tuhan saja belum sehat itu sebabnya harus didiagnosa lewat Firman dan dengan duduk di kaki Tuhan. Hamba Tuhan itu tugasnya meracik obat. Jangan sampai meracik obat tetapi tidak benar.

Ramuan hamba Tuhan adalah mulai dari pintu gerbang sampai ruangan maha suci. Harus bergerak di situ, jangan bergerak di luar sebab hanya ada pasir. Ramuan kita masuk ke halaman, ruangan suci dan sampai ruangan maha suci. Sebab orang yang diberi dosis dari halaman kemudian ditingkatkan ruangan suci dan sampai ruangan maha suci. Makanya kami hamba Tuhan harus mantap dengan Pengajaran Mempelai dalam terang Tabernakel.
Mengapa tenda Tabernakel panjangnya hanya 28 hasta, masih tergantung 1 hasta di kiri dan kanan? Itu maksudnya hamba Tuhan dan anak Tuhan tidak boleh menyentuh dunia, dia punya iman dan perbuatan iman. Itu sebabnya dia dipertontonkan di awan-awan sebab dari sekarang dia belajar tidak mau mengunyah bumi dan tetap arah pandangannya ke atas.
Kolose 3:1-4
3:1 Karena itu, kalau kamu dibangkitkan bersama dengan Kristus, carilah perkara yang di atas, di mana Kristus ada, duduk di sebelah kanan Allah.
3:2 Pikirkanlah perkara yang di atas, bukan yang di bumi.
3:3 Sebab kamu telah mati dan hidupmu tersembunyi bersama dengan Kristus di dalam Allah.
3:4 Apabila Kristus, yang adalah hidup kita, menyatakan diri kelak, kamu pun akan menyatakan diri bersama dengan Dia dalam kemuliaan.

Kalau hanya memikirkan dunia maka bisa mengarah pada kusta, kalau ada yang tegur malah marah!

Kalau kita dalam pemberitaan Firman ada 4 poin tadi berarti kita menyampaikan ilham Allah dan Pemberi Ilham menyertai saudara. Ketika ada yang melawan saudara maka Yang memberi Ilham itu akan berkata “bukan engkau yang mereka lawan tetapi Aku”, sebab Dia yang memberi Ilham yang bertanggung jawab. Ketika saya menyampaikan Firman yang dinafasi oleh Tuhan maka Tuhan yang bertanggung jawab sebagai pembela.

1.      Miryam
Dalam Alkitab yang pertama kena kusta adalah Miryam, itu sebabnya dia dikurung 7 hari. Sebenarnya berkat sudah mau turun tetapi gara-gara Miryam berkat tertunda. Sebenarnya kita ini sudah mau menerima berkat, berkat sudah mau turun, bagi Tuhan berkat itu tidak mau ditundah, tetapi karena kusta berkat itu ditunda. Ketika Daniel berpuasa maka dia mengerti bahwa berkat itu sebenarnya sudah dicurahkan tetapi dihadang oleh raja Persia. Kemudian Tuhan menyuruh Mikhael memerangi baru berkat itu turun. Artinya kepada kita sebenarnya berkat itu sudah mau turun tetapi kenapa lambat? Karena ada yang menghalangi seperti yang terjadi dengan Miryam.

Dalam penggembalaan si A, sebetulnya berkat Tuhan seharusnya cepat turun tetapi bisa isterinya atau anaknya yang menjadi penghambat sehingga memperlambat berkat itu turun. Ibu-ibu rohani jangan anda memperlambat berkat Tuhan turun. Suamimu berdoa supaya berkat turun dalam sidang jemaat tetapi bisa isteri gembala atau anak gembala menjadi penghambat. Tidak ada dalam kamus Tuhan menunda-nunda waktu, kita yang suka menunda. Sebenarnya berkat itu mau cepat turun bahkan sudah turun, tetapi terhambat sebab dalam diri salah satu anggota keluarga itu ada roh raja Persia. Ini jangan terjadi.

Isteri-isteri gembala dukung suamimu, berat tanggung jawab gembala, itu sebabnya isteri gembala jangan mengusik. Pertama tugas gembala itu mempertanggung jawabkan jiwamu sendiri.
Syarat pertama gembala itu adalah seorang suami. Jadi seorang gembala yang bujangan harus cepat menikah, tidak boleh lama.

2.      Yoab
Orang kedua yang kena kusta adalah Yoab. Ada tiga hal penyebabnya.
a)      Yoab tidak cinta damai, yang dia kembangkan adalah kebencian dan dendam kesumat.
II Samuel 3:20-21
3:20 Ketika Abner datang kepada Daud di Hebron bersama-sama dua puluh orang, maka Daud mengadakan perjamuan bagi Abner dan orang-orang yang menyertainya.
3:21 Berkatalah Abner kepada Daud: "Baiklah aku bersiap untuk pergi mengumpulkan seluruh orang Israel kepada tuanku raja, supaya mereka mengadakan perjanjian dengan tuanku dan tuanku menjadi raja atas segala yang dikehendaki hatimu." Lalu Daud membiarkan Abner pergi dan berjalanlah ia dengan selamat.

Abner sudah datang berdamai dengan Daud. Mereka berdua sudah komitmen untuk berdamai dan Abner sudah bersumpah untuk membawa semua orang Israel di bawah pemerintahan Daud. Daud mempersilahkan dia pergi. Berita itu sampai kepada Yoab.
II Samuel 3:26-27
3:26 Sesudah itu keluarlah Yoab meninggalkan Daud dan menyuruh orang menyusul Abner, lalu mereka membawanya kembali dari perigi Sira tanpa diketahui Daud.
3:27 Ketika Abner kembali ke Hebron, maka Yoab membawanya sebentar ke samping di tengah-tengah pintu gerbang itu, seakan-akan hendak berbicara dengan dia dengan diam-diam; kemudian ditikamnyalah dia di sana pada perutnya, sehingga mati, membalas darah Asael, adiknya.

Adik Yoab dan Abisai yaitu Asael dibunuh oleh Abner pada waktu perang. Dengan kata lain Yoab ini menyimpan dendam kesumat terhadap Abner. Masalahnya Yoab membunuh Abner dalam suasana damai. Berarti Yoab tidak cinta damai, yang dia kembangkan adalah kebencian dan dendam kesumat itu adalah poin pertama sehingga dia kena kusta.
II Samuel 3:28-29
3:28 Ketika hal itu didengar Daud kemudian, berkatalah ia: "Aku dan kerajaanku tidak bersalah di hadapan TUHAN sampai selama-lamanya terhadap darah Abner bin Ner itu.
3:29 Biarlah itu ditanggung oleh Yoab sendiri dan seluruh kaum keluarganya. Biarlah dalam keturunan Yoab tidak putus-putusnya ada orang yang mengeluarkan lelehan, yang sakit kusta,
yang bertongkat, yang tewas oleh pedang atau yang kekurangan makanan."

Yoab tidak cinta damai, yang ada dalam hati Yoab adalah menyimpan dendam.
II Samuel 2:18-21
2:18 Ketiga anak laki-laki Zeruya, yakni Yoab, Abisai dan Asael ada di sana; Asael cepat larinya seperti kijang di padang.
2:19 Asael mengejar Abner dan tidak menyimpang ke kanan atau ke kiri dalam membuntutinya.
2:20 Lalu Abner berpaling ke belakang dan bertanya: "Engkaukah itu Asael?" Jawabnya: "Ya, aku."
2:21 Kemudian berkatalah Abner kepadanya: "Menyimpanglah ke kiri atau ke kanan, tangkaplah salah seorang dari orang-orang muda itu dan ambillah senjatanya." Tetapi Asael tidak mau berhenti membuntuti Abner.
2:22 Berkatalah sekali lagi Abner kepada Asael: "Berhentilah membuntuti aku. Apa aku harus memukul engkau sampai jatuh? Bagaimana aku dapat memandang muka Yoab, abangmu itu?"
2:23 Tetapi Asael menolak berhenti. Lalu Abner menusuk ke belakang ke perut Asael dengan tombaknya, sehingga tombak itu menembus belakangnya; dan rebahlah ia di sana dan mati di tempat itu juga. Semua orang yang datang ke tempat Asael rebah dan mati itu, berhenti di sana.

Dendam ini dipelihara, dikembangkan dan dipupuk dalam hati Yoab.

b)      Karena kecemburuan sebab kedudukannya diserahkan kepada orang lain
Yoab juga membunuh Amasa karena kecemburuan. Dia sudah mendengar bahwa Amasa diangkat oleh Daud menggantikan dia, dia sudah disisihkan. Padahal Daud ini adalah pamannya, saudara dari Zeruya, ibu Yoab. Kedudukan Yoab sudah dicabut dan diserahi pada Amasa, itu yang membuat Yoab lebih penasaran. Ini pelajaran untuk kita.
II Samuel 19:12-13
19:12 "Kamulah saudara-saudaraku, kamulah darah dagingku; mengapa kamu menjadi yang terakhir untuk membawa raja kembali?
19:13 Dan kepada Amasa haruslah kamu katakan: Bukankah engkau darah dagingku? Beginilah kiranya Allah menghukum aku, bahkan lebih lagi dari pada itu, jika engkau tidak tetap menjadi panglimaku menggantikan Yoab."

Pada waktu Amasa diperintahkan oleh Daud untuk mengejar Seba bin Bikri, dia masih mengulur waktu tetapi tetap dia yang lebih dahulu tiba. Di sini kesempatan digunakan oleh Yoab untuk membunuh Amasa. Padahal waktu itu Yoab tidak ada hubungan lagi dengan Daud. Untuk mengejar Seba bin Bikri ini Amasa yang diperintahkan untuk mengejar, kemudian menyusul Abisai. Yoab sudah disisihkan. Jadi kedudukannya sudah diberikan kepada Amasa.
II Samuel 20:4,6
20:4 Berkatalah raja kepada Amasa: "Kerahkanlah bagiku orang-orang Yehuda dalam tiga hari, kemudian menghadaplah lagi ke mari!"
20:6 Lalu berkatalah Daud kepada Abisai: "Sekarang Seba bin Bikri lebih berbahaya bagi kita dari pada Absalom; jadi engkau, bawalah orang-orang tuanmu ini dan kejarlah dia, supaya jangan ia mencapai kota yang berkubu, dan dengan demikian ia luput dari pada kita."

Walaupun Yoab tidak dihirau lagi oleh Daud, dia tampil seperti pahlawan kesiangan tanpa disuruh.
II Samuel 20:9-10
20:9 Berkatalah Yoab kepada Amasa: "Engkau baik-baik, saudaraku?" Sementara itu tangan kanan Yoab memegang janggut Amasa untuk mencium dia.
20:10 Amasa tidak awas terhadap pedang yang ada di tangan Yoab itu; Yoab menikam pedang itu ke perutnya, sehingga isi perutnya tertumpah ke tanah. Tidak usah dia ditikamnya dua kali, sebab ia sudah mati. Lalu Yoab dan Abisai, adiknya, terus mengejar Seba bin Bikri.

Ini pelajaran untuk kita. Kalau tidak cinta roh perdamaian dan menggalakkan rasa dendam serta menumbuh kembangkan soal kebencian maka tidak beda dengan Yoab, tanda orang itu akan kena kusta.

Kecemburuan Yoab kepada Amasa karena kedudukan Yoab diambil alih oleh Amasa. Itu bukan keinginan Amasa tetapi karena perintah Daud. Amasa ini pernah mengikuti Absalom dan menjadi panglima Absalom. Amasa imi adalah saudara sepupu Yoab. Soal pengkhianatan ini masih dianulir oleh Daud.
II Samuel 17:25
17:25 Absalom telah mengangkat Amasa menggantikan Yoab untuk mengepalai tentara. Amasa adalah anak seorang yang bernama Yitra, seorang Ismael yang telah memperisteri Abigal binti Nahas, saudara perempuan Zeruya ibu Yoab.

Kalau tidak menghargai roh perdamaian dan mengembangkan roh kebencian maka itu berarti gejala kuman kusta sudah masuk. Kemudian dia membunuh Amasa karena merasa kedudukannya sudah digantikan oleh Amasa padahal itu bukan karena mau Amasa tetapi karena raja Daud. Seringkali ketika kedudukan atau kesempatan yang Tuhan berikan digantikan oleh Tuhan kepada orang lain, itu tidak bisa diterima sehingga akhirnya mempunyai niat jahat untuk membunuh orang yang menggantinya. Ini yang sering terjadi di dunia Kristen.

c)      Yoab mendukung Adonia untuk melawan ayahnya
I Raja-raja 1:7
1:7 Maka berundinglah ia dengan Yoab, anak Zeruya dan dengan imam Abyatar dan mereka menjadi pengikut dan pembantu Adonia.

Ketika itu memang Daud sudah sakit sekarat, belum waktunya pentahbisan raja. Mereka sudah bersekongkol mengangkat Adonia menjadi raja dan mereka berkata “hidup Adonia”. Itu menggemparkan kota dan Yoab ada di sana. Saudara bayangkan bagaimana perasaan Daud. Singkat cerita bukan Adonia tetapi Salomo yang menjadi raja.

Kalau kita melihat jasa-jasa Yoab begitu luar biasa tetapi saat-saat terakhir seperti panas setahun dihapuskan hujan sehari. Jadi jasa-jasa Yoab terhadap kerajaan Israel dan terhadap Daud begitu luar biasa tetapi akhirnya hilang percuma karena hidupnya diakhir dengan perbuatan yang salah. Hal seperti ini  yang harus kita jaga artinya jangan terjadi dalam diri kita.

Yehezkiel 33:13
33:13 Kalau Aku berfirman kepada orang benar: Engkau pasti hidup! -- tetapi ia mengandalkan kebenarannya dan ia berbuat curang, segala perbuatan-perbuatan kebenarannya tidak akan diperhitungkan, dan ia harus mati dalam kecurangan yang diperbuatnya.

Jangan sampai kelahiran baru dan dalam pelayanan kita sudah banting tulang dan peras keringat melayani Tuhan tetapi pada saat terakhir kita kehilangan roh kesetiaan seperti Yoab ini. Jangan kita seperti itu. Apalagi dengan kitab yang diilhami Tuhan tadi, jangan sampai kita meremehkan pengajaran, jangan kita mengelak ketika ditunjukkan kesalahan dan malah mengamuk. Jangan sampai kita tidak mau diperbaiki kelakukan.

Tuhan Yesus sudah mau datang jangan sampai tertinggal dalam aniaya 3,5 tahun, celakanya luar biasa. Tuhan sudah mau datang mestinya kita meningkatkan volume pelayanan kita. Buktikan kita mengasihi Tuhan lewat pelayanan kita. Kita sebagai umat Tuhan dalam pelayanan harus berhati-hati. Pelayanan kita adalah salah satu praktek kasih kita kepada Tuhan, jangan kita entengkan. Kalau perlu volumenya ditambah sebab kita tidak bisa membalas kasih Tuhan.

Kenapa orang kusta harus dikurung 2x7 hari berarti 14 hari? Kita tidak harus dikurung sebab Tuhan Yesus sebagai Anak Domba Allah sudah diambil pada tanggal 10 dan disimpan empat hari, berarti dikurung sampai tanggal 14 dan Dia dikorbankan. Untuk apa? Untuk menangani kusta kita. Kalau Tuhan Yesus rela menangani kusta kita lalu apa rasa terima kasih kita kepada Tuhan Yesus?

Keluaran 12:3,6
12:3 Katakanlah kepada segenap jemaah Israel: Pada tanggal sepuluh bulan ini diambillah oleh masing-masing seekor anak domba, menurut kaum keluarga, seekor anak domba untuk tiap-tiap rumah tangga.
12:6 Kamu harus mengurungnya sampai hari yang keempat belas bulan ini; lalu seluruh jemaah Israel yang berkumpul, harus menyembelihnya pada waktu senja.

Ini menubuatkan bagaimana Tuhan Yesus menangani dosa (kusta) kita yaitu dosa terang-terangan. Jangan sampai kita melihat dengan sebelah mata kerelaan Tuhan Yesus.

Kenapa musti tanggal 10 domba itu diambil? Itu adalah rahasia Tuhan. Yang masih rahasia adalah Tuhan punya, yang dibukakan itu adalah untuk kita.
Ulangan 29:29
29:29 Hal-hal yang tersembunyi ialah bagi TUHAN, Allah kita, tetapi hal-hal yang dinyatakan ialah bagi kita dan bagi anak-anak kita sampai selama-lamanya, supaya kita melakukan segala perkataan hukum Taurat ini."

Kenapa tanggal 14 Tuhan Yesus disalib? Untuk mehadapi benih kusta dalam hati kita.
Markus 7:21-22,6
7:21 sebab dari dalam, dari hati orang, timbul 1segala pikiran jahat, 2percabulan, 3pencurian, 4pembunuhan,
7:22 5perzinahan, 6keserakahan, 7kejahatan, 8kelicikan, 9hawa nafsu, 10iri hati, 11hujat, 12kesombongan, 13kebebalan.
7:6 Jawab-Nya kepada mereka: "Benarlah nubuat Yesaya tentang kamu, hai orang-orang 14munafik! Sebab ada tertulis: Bangsa ini memuliakan Aku dengan bibirnya, padahal hatinya jauh dari pada-Ku.

Hati kita adalah lahannya tumbuhnya benih kusta. Kalau tidak dideteksi, siapa yang mau tahu bawah orang itu mempunyai pikiran jahat, siapa yang menyangka bahwa orang itu ada di dalam percabulan, pencurian, pembunuhan, kejahatan, kelicikan, hawa nafsu, iri hati, hujat dan sebagainya, siapa yang bisa tahu karena itu ada dalam hati manusia. Kalau tidak ada kekuatan Firman dalam pelayanan hamba Tuhan siapa yang bisa tahu bahwa itu ada dalam hati. Tentu diketahui lewat pemberitaan Firman Pengajaran.

Sidang jemaat buktikan saudara mengasihi Tuhan. Buktikan bahwa saudara berhadapan dengan kitab yang diilhami oleh Tuhan, berarti berhadapan dengan Yang memberi Ilham. Terima semua supaya kita tidak terjebak dengan jeratnya iblis tetapi kita berhasil jumpa dengan Tuhan Yesus Mempelai Laki-laki Sorga. Tuhan Yesus melihat wajah saudara dengan saudara mengekspresikan mengasihi Dia. Engkau melihat wajah Yesus yang mengekspresikan mengasihi engkau. Apakah saudara sudah rindu dirangkul oleh Dia?

Ayo jemaat buktikan bahwa saudara mengasihi Tuhan. Jangan hempaskan pelayananmu yang adalah kepercayaan Tuhan. Lebih bahaya kalau Tuhan yang menghempaskan saudara.

Yoab pendendam, Yoab punya kebencian, Yoab tidak cinta damai. Dia tidak mau ditegur dan bangga dengan angka 50. Adonia mereka puja puji, sementara Daud yang adalah pamannya sedang terbaring sakit dalam keadaan sekarat dan tidak bergerak. Ketika berita itu datang Daud bisa bergerak sebab dikuatkan oleh Tuhan. Dia memanggil imam Zadok dan Benaya bin Yoyada supaya mengambil bagal yang biasa dia pakai dan mengangkat Salomo duduk di sana lalu berkeliling kota berseru Salomo menjadi Raja. Daud yang sudah tidak bisa bergerak akhirnya bisa bergerak saat itu sebab Tuhan mempunyai rencana pada orang yang cinta damai. Yoab akhirnya bernasib mengerikan.

Kalau melihat dari sisi tidak sehat maka bisa berucap seperti orang Israel “tindakan Tuhan tidak tepat”. Sampai empat kali orang Israel mengatakan “tindakan Tuhan tidak tepat”. Tega manusia yang hanya dari debu tanah mempersalahkan Tuhan dan mengatakan “tindakan Tuhan tidak tepat”. Siapa saya dan saudara yang harus menuding bahwa Tuhan tidak tepat.
Jangan kita seperti Yoab yang membunuh dalam suasana damai. Artinya dia tidak cinta damai, yang ada padanya kebencian. Yoab merasa dirugikan karena kedudukannya diambil dan diserahkan kepada orang lain, inipun sesuatu yang tidak boleh ada pada kita. Lebih baik kita mengoreksi diri sebab Tuhan ada di tengah-tengah kita.

Tuhan memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar