20170204

Kebaktian Doa, Sabtu 4 Februari 2017 Pdt. Bernard Legontu



Salam sejahtera di dalam kasih Tuhan Yesus Kristus.


Yohanes 1:32-33
1:32 Dan Yohanes memberi kesaksian, katanya: "Aku telah melihat Roh turun dari langit seperti merpati, dan Ia tinggal di atas-Nya.
1:33 Dan aku pun tidak mengenal-Nya, tetapi Dia, yang mengutus aku untuk membaptis dengan air, telah berfirman kepadaku: Jikalau engkau melihat Roh itu turun ke atas seseorang dan tinggal di atas-Nya, Dialah itu yang akan membaptis dengan Roh Kudus.

Ketika itu Yohanes belum mengenal Yesus. Secara manusia, Yohanes lebih tua 6 bulan dari Yesus. Tetapi secara Ilahi, Yesus sudah ada sebelum Yohanes karena Dia adalah Pencipta langit dan bumi.

Yohanes 1:34
1:34 Dan aku telah melihat-Nya dan memberi kesaksian: Ia inilah Anak Allah."

Yang berhak untuk membaptis manusia dengan Roh Kudus dan yang ada kuasa untuk itu hanya Anak Allah, itulah Yesus sendiri. Ia adalah Firman yang menjadi manusia atau Firman menjadi manusia seperti kita, itu adalah pekerjaan Roh Kudus.
Matius 1:18
1:18 Kelahiran Yesus Kristus adalah seperti berikut: Pada waktu Maria, ibu-Nya, bertunangan dengan Yusuf, ternyata ia mengandung dari Roh Kudus, sebelum mereka hidup sebagai suami isteri.

Maria mengandung bukan karena ada hubungan badan dengan Yusuf tetapi karena pekerjaan Roh Kudus, itulah yang bekerja dalam kandungan Maria. Jadi kejadian Yesus adalah pekerjaan Roh Allah.

Lukas 1:35
1:35 Jawab malaikat itu kepadanya: "Roh Kudus akan turun atasmu dan kuasa Allah Yang Mahatinggi akan menaungi engkau; sebab itu anak yang akan kaulahirkan itu akan disebut kudus, Anak Allah.

Hal ini adalah karya Sorga, bukan karya manusia. Maka tidak ada alasan seorangpun untuk menolak bahwa Yesus adalah Anak Allah. Kalau menolak, tidak menerima dan tidak percaya, sama saja dengan menista Sorga. Berarti sama saja dengan kita tidak percaya Allah pencipta langit dan bumi.
Kelahiran Yesus semata-mata adalah karya Roh Kudus. Kemudian untuk kita menjadi manusia rohani, layak tinggal di Sorga, kita tidak boleh lepas dengan karya Roh Kudus. Mulai dari kita percaya, beriman, mengakui bahwa Yesus adalah Tuhan, itu karya Roh Kudus. Jadi ada persamaan, Firman menjadi manusia, itu adalah karya Roh Kudus. Kita menjadi orang yang percaya kepada Tuhan, itu adalah pekerjaan Roh Kudus. Saudara ada di sini, percaya kepada Tuhan Yesus itu karena pekerjaan Roh Kudus.
I Korintus 12:3
12:3 Karena itu aku mau meyakinkan kamu, bahwa tidak ada seorang pun yang berkata-kata oleh Roh Allah, dapat berkata: "Terkutuklah Yesus!" dan tidak ada seorang pun, yang dapat mengaku: "Yesus adalah Tuhan", selain oleh Roh Kudus.

Jadi kalau orang itu mengatakan ada Roh Kudus kemudian dia mengutuk atau menolak Firman jadi daging, berarti dalam dirinya bukan Roh Kudus. Jadi anda dan saya berucap Yesus adalah Tuhan, itu karena pekerjaan Roh Kudus, pekerjaan Sorga.

Olehnya itu tadi disaksikan oleh Yohanes Pembaptis, dia melihat Roh Tuhan turun ke atasNya, Dialah yang akan membaptis dengan Roh Kudus.

KelahiranNya oleh Roh Kudus, Dia juga dibaptis dengan Roh Kudus. Bukan berarti karena Dia lemah dan tidak berdaya, tetapi untuk memberi teladan kepada kita bahwa kita sangat membutuhkan kekuatan ajaib dari Tuhan yaitu Roh El Kudus. Itu yang harus kita imani.

Tuhan di Sorga merasa pentingnya gereja Tuhan memperoleh Roh Kudus. Betapa pentingnya pekerjaan Roh Kudus di atas dunia ini karena Roh Kudus ini penentu waktu. Roh Kudus turun ke atas Yesus dalam rupa burung merpati. Burung merpati ini adalah penentu waktu.

Dalam Kejadian pasal 8 ada kisah tentang Nuh yang di dalam bahtera. Setelah hujan berhenti dan bumi ditenggelamkan oleh Tuhan dengan air bah, lalu air mulai surut, Nuh merasa kapalnya kandas di atas gunung Ararat. Nuh mau memantau apakah air betul-betul telah surut maka dia melepaskan burung gagak tetapi burung gagak tidak kembali karena kenyang makan bangkai. Setelah itu dilepaskan burung merpati, burung itu kembali tanpa membawa apa-apa. Lalu dilepaskan lagi burung merpati itu dan dia membawa daun pohon Zaitun. Daun pohon Zaitun menunjukan tanda perdamaian, berarti Tuhan sudah berdamai dengan dunia ini. Lalu untuk ketiga kalinya burung merpati itu dilepaskan dan dia tidak kembali lagi.

Pelepasan merpati yang pertama itu menunjuk zaman Bapa.
Pelepasan merpati yang kedua itu menunjuk zaman Anak, di mana Tuhan mendamaikan dunia dengan pengorbanan Kristus.
Pelepasan merpati yang ketiga menunjuk zaman Roh Kudus. Roh Kudus belum kembali sebab masih bersama dengan kita sekarang. Kapan Roh Kudus kembali? Kalau gereja sudah sempurna maka Dia akan kembali bersama dengan gereja Tuhan ke Sorga. Sekarang ini kita ada di zaman Roh Kudus. Kalau Roh Kudus kembali dan kita tidak ada dalam pendamaian oleh Korban Kristus dan tetap nafsu daging, maka kita akan tertinggal. Roh Kudus ini penentu waktu, jangan sampai kita tidak ada di sana. Kalau waktu ditutup dan jika belum masuk maka bencana yang akan dialami.

Kapan Roh Kudus itu akan berangkat kembali?
Wahyu 12:1
12:1 Maka tampaklah suatu tanda besar di langit: Seorang perempuan berselubungkan matahari, dengan bulan di bawah kakinya dan sebuah mahkota dari dua belas bintang di atas kepalanya.

Ini adalah gambaran gereja Tuhan yang sempurna

Matahari adalah simbol Allah Bapa
Bulan menggambarkan Korban Kristus
Bintang adalah pekerjaan Roh Kudus di dalam hamba-hamba Tuhan.

Wahyu 12:6
12:6 Perempuan itu lari ke padang gurun, di mana telah disediakan suatu tempat baginya oleh Allah, supaya ia dipelihara di situ seribu dua ratus enam puluh hari lamanya.

1260 hari = 42 bulan = 3,5 tahun.
Ø  1260 adalah angka memiliki pengharapan untuk perlindungan
Ø  42 adalah angka pengejek. Bagi kehidupan yang mengejek Yesus, mengejek Roh Kudus, mengejek rencana Tuhan, tunggu bagiannya!
Ø  3,5 adalah angka pengrusakan, angka penganiayaan, angka penderitaan. Itu disisahkan oleh Tuhan bagi orang yang tidak percaya dan orang percaya tetapi bermain-main, mereka akan mengalami pengrusakan, penganiayaan dan penderitaan. Makanya cepat bawa dirimu menjadi penentu waktu. Supaya saat gereja disingkirkan, saudara meninggalkan dunia ini.
2 Petrus 3:12
3:12 yaitu kamu yang menantikan dan mempercepat kedatangan hari Allah. Pada hari itu langit akan binasa dalam api dan unsur-unsur dunia akan hancur karena nyalanya.

Wahyu 12:14
12:14 Kepada perempuan itu diberikan kedua sayap dari burung nasar yang besar, supaya ia terbang ke tempatnya di padang gurun, di mana ia dipelihara jauh dari tempat ular itu selama satu masa dan dua masa dan setengah masa.

Daniel 12:7
12:7 Lalu kudengar orang yang berpakaian kain lenan, yang ada di sebelah atas air sungai itu bersumpah demi Dia yang hidup kekal, sambil mengangkat tangan kanan dan tangan kirinya ke langit: "Satu masa dan dua masa dan setengah masa; dan setelah berakhir kuasa perusak bangsa yang kudus itu, maka segala hal ini akan digenapi!"
Mumpung sekarang Roh Kudus masih bekerja, berbisik dan menggarap dalam lubuk hati saudara yang paling dalam untuk percaya kepada Yesus, maka percayalah. Roh Kudus akan mengarahkan saudara untuk percaya bahwa Yesus adalah Tuhan. Kalau saudara menutup telinga, berarti sama dengan siap untuk menerima sengsara yang tidak terkatakan!

Ketika kita diarahkan untuk memahami siapa itu Yesus bahwa Dia adalah Juruselama maka biarlah kita membuka hati untuk menerima Yesus adalah Tuhan. Dialah yang mendamaikan. Di zaman Anak, Roh Kudus membawa daun Zaitun. Berarti Tuhan mendamaikan dirinya dengan dunia lewat Korban Kristus karena manusia bermusuhan dengan Tuhan sejak jatuh dalam dosa dan semua keturunannya terlibat memusuhi Tuhan.
Kolose 1:21
1:21 Juga kamu yang dahulu hidup jauh dari Allah dan yang memusuhi-Nya dalam hati dan pikiran seperti yang nyata dari perbuatanmu yang jahat,

Dari pihak Tuhan mengambil inisiatif untuk berdamai dengan manusia lewat PuteraNya yang tunggal Yesus Kristus.

Bagaimana kita bisa membedakan bahwa roh ini dari Tuhan atau bukan.
I Yohanes 4:1
4:1 Saudara-saudaraku yang kekasih, janganlah percaya akan setiap roh, tetapi ujilah roh-roh itu, apakah mereka berasal dari Allah; sebab banyak nabi-nabi palsu yang telah muncul dan pergi ke seluruh dunia.

Semua pendapat-pendapat itu adalah pekerjaan roh. Kita harus menguji apakah roh itu dari Tuhan atau tidak. Kalau sekarang ini Roh Kudus pergi ke seluruh dunia, yang palsu juga pergi ke seluruh dunia.

I Yohanes 4:2-3
4:2 Demikianlah kita mengenal Roh Allah: setiap roh yang mengaku, bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia, berasal dari Allah,
4:3 dan setiap roh, yang tidak mengaku Yesus (datang sebagai manusia), tidak berasal dari Allah. Roh itu adalah roh antikristus dan tentang dia telah kamu dengar, bahwa ia akan datang dan sekarang ini ia sudah ada di dalam dunia.

I Yohanes 4:3 (Terjemahan English)
4:3 And every spirit that confesseth not that Jesus Christ is come in the flesh is not of God: and this is that spirit of antichrist, whereof ye have heard that it should come; and even now already is it in the world.

Kalau Roh Kudus bekerja dalam hati saya dan saudara untuk mendorong kita percaya bahwa Yesus adalah Firman yang menjadi manusia, berarti Roh Kudus telah meyakinkan saudara. Sorga berkepentingan mengirim Roh Kudus untuk membantu saudara untuk meyakini bahwa Yesus itu Firman yang menjadi manusia. Sebab akal kita tidak mampu untuk memberikan pemahaman yang kuat tentang itu. Oleh sebab itu di dalam doapun Roh Kudus membantu kita.
Roma 8:26
8:26 Demikian juga Roh membantu kita dalam kelemahan kita; sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa; tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan.

Orang yang berdoa dalam urapan Roh Kudus, ucapannya sudah tidak diatur oleh akal manusia lagi. Karena apa? Dia tidak tahu, tetapi Roh itu yang membawa ucapan yang sudah tidak terucapkan dalam hatinya itu. Roh Kudus membantu saudara sehingga doa dan penyembahanmu berkenan kepada Allah Bapa.

Roma 8:16
8:16 Roh itu bersaksi bersama-sama dengan roh kita, bahwa kita adalah anak-anak Allah.

Berarti untuk mengkuatkan bahwa kita adalah Anak Allah, itu bukan hanya datang dari kita tetapi juga dari Roh Kudus. Roh Kudus bersaksi bersama roh saudara bahwa saudara adalah anak Allah. Kita mau dibawa satu level dengan Tuhan Yesus. Untuk menjadi Mempelai Wanita buat Tuhan Yesus Mempelai Laki-laki Sorga, kita harus sama status.

Tuhan Yesus adalah pembaptis Roh Kudus dan itu digenapi ketika Dia kembali ke Sorga.
Kisah Para Rasul 1:8,10-11
1:8 Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi."
1:10 Ketika mereka sedang menatap ke langit waktu Ia naik itu, tiba-tiba berdirilah dua orang yang berpakaian putih dekat mereka,
1:11 dan berkata kepada mereka: "Hai orang-orang Galilea, mengapakah kamu berdiri melihat ke langit? Yesus ini, yang terangkat ke sorga meninggalkan kamu, akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke sorga."

Yesus yang terangkat ke Sorga akan kembali untuk menjemput saudara. Itu sebabnya Dia memberikan kita kesempatan untuk menerima Roh Kudus karena Dia adalah pembaptis Roh Kudus.

Roh Kudus juga dicurahkan kepada bangsa kafir/ bangsa non Yahudi.
Kisah Para Rasul 10:44-48
10:44 Ketika Petrus sedang berkata demikian, turunlah Roh Kudus ke atas semua orang yang mendengarkan pemberitaan itu.
10:45 Dan semua orang percaya dari golongan bersunat yang menyertai Petrus, tercengang-cengang, karena melihat, bahwa karunia Roh Kudus dicurahkan ke atas bangsa-bangsa lain juga,
10:46 sebab mereka mendengar orang-orang itu berkata-kata dalam bahasa roh dan memuliakan Allah. Lalu kata Petrus:
10:47 "Bolehkah orang mencegah untuk membaptis orang-orang ini dengan air, sedangkan mereka telah menerima Roh Kudus sama seperti kita?"
10:48 Lalu ia menyuruh mereka dibaptis dalam nama Yesus Kristus. Kemudian mereka meminta Petrus, supaya ia tinggal beberapa hari lagi bersama-sama dengan mereka.

Yang dikisahkan di sini adalah bangsa kafir/ bangsa non Yahudi. Petrus menyampaikan Firman, tiba-tiba Roh Kudus turun sama seperti yang terjadi dalam Kisah Para Rasul pasal 2. Walaupun mereka sudah dibaptis dengan Roh Kudus, mereka harus dibaptis dengan air. Yang unik dari bangsa kafir di sini mereka lebih dahulu dibaptis dengan Roh Kudus baru dibaptis dengan air.

Mengapa tetap harus dibaptis dengan air walaupun sudah dibaptis dengan Roh Kudus? Supaya lengkap 3 saksi di bumi yaitu Roh, air dan darah.
I Yohanes 5:7-8
5:7 Sebab ada tiga yang memberi kesaksian [di dalam sorga: Bapa, Firman dan Roh Kudus; dan ketiganya adalah satu.
5:8 Dan ada tiga yang memberi kesaksian di bumi]: Roh dan air dan darah dan ketiganya adalah satu.

Roh itulah Roh Kudus, air itu baptisan air, darah itu adalah Korban Kristus. Harus ada ketiga-tiganya supaya kesaksiannya lengkap. Jangan berpikir “saya sudah penuh Roh Kudus, tidak perlu dibaptis air lagi”. Tetap harus dibaptis supaya kesaksian itu lengkap.

Di bumi ada tiga yang bersaksi yaitu Roh Kudus yang menggarap dan meyakinkan kita bahwa Yesus adalah Tuhan. Kemudian ada air yaitu baptisan air, kita lahir baru di mana kita dilahirkan menjadi anak Tuhan. Kemudian ada darah, dasarnya adalah darah Yesus yang mengampuni dan menyucikan saudara. Tiga inilah yang akan mendorong kita untuk siap naik ke Sorga bersama dengan Tuhan Yesus Mempelai Laki-laki Sorga.

Jangan ragu untuk menerima pekerjaan Roh Kudus. Saudara yang sudah menerima baptisan air, bergumullah supaya dibaptisan dengan Roh Kudus. Saudara yang sudah menerima baptisan Roh Kudus, segeralah untuk menerima baptisan air (bagi yang belum). Dan saudara harus percaya di dalam darah Anak Domba Allah ada pengampunan.

Tiga kesaksian di bumi yaitu darah, air dan Roh sudah bersaksi membuktikan bahwa kita adalah anak Tuhan. Kalau kita mengaku anak Tuhan, buktikanlah kita anak-anak kerajaan Sorga, bukan orang duniawi. Jangan tiru model anak dunia. Anak laki-laki orang dunia memakai anting-anting, anak-anak Tuhan jangan seperti itu. Anak Tuhan harus tampil beda. Berbicara juga harus tampil beda. Jangan mengutuk tetapi anak Tuhan harus selalu memberkati.

Tuhan Memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar