20170201

Kebaktian PA Yeremia, Rabu 1 Februari 2017 Pdt. Bernard Legontu



Salam sejahtera di dalam kasih Tuhan Yesus Kristus.


Kita dikasihi oleh Tuhan dan Tuhan mau menyatakan isi hatiNya terhadap kekasihNya. Jadikan Tuhan Yesus kekasih saudara, maka segala kebutuhan saudara akan Dia penuhi.
Yeremia 2:32-37
2:32 Dapatkah seorang dara melupakan perhiasannya, atau seorang pengantin perempuan melupakan ikat pinggangnya? Tetapi umat-Ku melupakan Aku, sejak waktu yang tidak terbilang lamanya.
2:33 Alangkah baiknya engkau mengatur jalanmu untuk mencari percintaan! Sebab itu juga engkau membiasakan segala jalanmu kepada kejahatan.
2:34 Sampai-sampai pada bajumu terdapat darah orang-orang miskin yang tidak bersalah; bukan waktu mereka membongkar untuk mencuri kaudapati mereka! Meskipun semuanya itu demikian,
2:35 engkau berkata: Aku tidak bersalah! Memang, murka-Nya telah meninggalkan aku! Sesungguhnya Aku akan membawa engkau ke pengadilan, oleh karena engkau berkata: Aku tidak berdosa!
2:36 Alangkah ringannya kaupandang untuk mengubah tingkah langkahmu! Juga karena Mesir engkau akan menjadi malu, seperti engkau telah menjadi malu karena Asyur.
2:37 Dari sana pun juga engkau akan keluar dengan mengangkat tanganmu, sebab TUHAN telah menolak mereka yang telah kaupercayai dan engkau tidak akan berhasil dengan mereka."

Yeremia arti namanya:
1.      Ditunjuk oleh Tuhan
2.      Tuhan akan menguatkan kembali
3.      Tuhan akan mengangkat kembali

Yeremia tampil di tengah-tengah umat Tuhan bukan karena kehendaknya sendiri tetapi karena ditunjuk oleh Tuhan. Untuk apa? Untuk menguatkan kembali bangsa Israel yang sudah lemah. Ini menunjukkan kepada kita bahwa tampilnya hamba Tuhan adalah untuk menguatkan kembali kehidupan kita yang sudah tidak berdaya lagi karena menghadapi daging kita sendiri, menghadapi ulah si iblis dan menghadapi sepak terjang dunia di hari-hari terakhir ini. Secara kasat mata dunia ini terlihat molek tetapi dibaliknya banyak hal yang menyeramkan. Alkitab memang mengatakan dunia ini sedang menuju pada kebinasaan. Itu sebabnya Tuhan memerintahkan pelayan Tuhan untuk tampil mengkuatkan kembali umatNya.
Arti nama Yeremia yang ketiga adalah untuk mengangkat kembali derajat umat Tuhan karena derajat manusia itu sudah lebih rendah dari binatang. Bagaimana mungkin manusia yang diciptakan menurut peta dan teladan Tuhan sudah menjadi lebih rendah dari binatang? Itu karena ulah pekerjaan iblis yang menggoda Adam dan Hawa sehingga jatuh dalam dosa, itu sebabnya kita yang adalah keturunannya mengalami banyak masalah dan kesulitan. Termasuk kelemahan-kelemahan kita baik secara tubuh jasmani.

Rohani kita menjadi kuat bila mendengar Firman sehingga jasmani kita juga akan ikut dikuatkan. Firman Tuhan mengatakan “maka disampaikan Firman Tuhan dan disembuhkan-Nya mereka”. Masalah kita bukan karena isi dompet atau persoalan makan dan minum tetapi karena tubuh ini lemah sehingga virus, bakteri dan kuman membuat kita sakit dan kita tidak berdaya lagi. Kita ingin melakukan ini dan itu tetapi tubuh tidak berdaya lagi.
Mazmur 107:20
107:20 disampaikan-Nya firman-Nya dan disembuhkan-Nya mereka, diluputkan-Nya mereka dari liang kubur.

Jadi roh kita yang harus lebih dahulu ditolong oleh Tuhan. Apa maksud Firman disampaikan? Untuk menolong rohani kita. Untuk menumbuh kembangkan iman percaya kita. Persoalan jasmani yaitu tubuh kita, dikatakan oleh Firman Tuhan ‘disembuhkan’. Jadi yang lebih dahulu jadikanlah Firman yaitu Tuhan Yesus Firman yang menjadi manusia menjadi kekasih saudara. Maka tidak mungkin Tuhan Yesus yang menjadi kekasih saudara membiarkan saudara. Jadikan Dia sebagai Pribadi yang saudara cintai. Kalau saudara mencintaiNya maka cintailah FirmanNya. Kalau FirmanNya mengoreksi saudara terima itu karena berarti itu adalah curahan kasih dari Kekasih saudara.

Pasal dua ini adalah pasal di mana Tuhan memperlihatkan mengapa umat telah berseberangan dengan Tuhan. Mengapa umat Tuhan membelakangi Tuhan. Padahal kita melihat dalam Yeremia pasal dua ini, Tuhan mengatakan bahwa umatNya itu bagaikan pengantin perempuanNya, kekasihNya dalam pengertian yang rohani, bukan dalam pengertian daging. Tetapi mengapa Mempelai Wanita yang adalah umatNya ini membelakangi kekasihNya? Ini karena ulah iblis, ini manuver iblis. Sehingga mengakibatkan umat Tuhan menjauh dari Tuhan, menjauh dari kekasihNya.

Tanpa kita sadari kadang kita digarap oleh iblis sehingga membuat hubungan kita jadi dingin dengan Tuhan, sudah jauh dari Tuhan. Ini yang mau dikembalikan lewat pelayanan hamba Tuhan, ini yang mau diangkat kembali oleh Tuhan lewat pelayanan hamba Tuhan. Olehnya itu sambutlah cara Tuhan mengangkat kembali saudara. Tuhan mau mengembalikan saudara menjadi kekasihNya. Tuhan ingin kita menikmati kasihnya Tuhan seperti Tuhan juga ingin menikmati kasih kita. Ini bagaikan hubungan pasangan suami isteri. Tuhan ingin ciptaanNya menyatakan rasa syukur terima kasihnya kepada Tuhan sebagai mana Tuhan menyatakan kasihNya. Ini yang Tuhan cari.

Kalau kita menempatkan diri sebagai kekasihNya maka kalau hanya persoalan isi belanga itu kecil bagi Tuhan, persoalan sakit penyakit itu terlalu mudah bagiNya. Yang lebih dahulu Tuhan cari, serahkan hatimu kepadaNya. Biarlah kita menjadikan Tuhan Yesus kekasih jiwa kita, Juruselamat kita yang akan datang tidak lama lagi. Dunia ini sedang menuju pada kebinasaan tetapi orang yang menantikan kedatangan Tuhan, dia akan dijemput oleh Tuhan.

Mari kita perhatikan mengapa dan kenapa hubungan Tuhan dengan umatNya menjadi tidak harmonis. Apakah Tuhan salah memilih mereka? Tidak bakal Tuhan keliru sebab Dia adalah Ilahi. Ini adalah pekerjaan iblis, manusia membuka hati kepada iblis sehingga iblis mendorong kita untuk membelakangi Tuhan. Setelah membelakangi Tuhan maka iblis membentengi supaya jangan manusia itu kembali lagi kepada Tuhan, baik lewat berhala maupun lewat hal-hal yang lain yang saudara percaya.

Ada dua hal yang kita perhatikan dalam Yeremia 2:32-37:
1.      Pelaku yang nyata yang membuat umat Tuhan membelakangi Tuhan. Kita tidak lagi berbicara iblis karena dia tidak nyata, namun dia yang melatar belakangi pelaku yang nyata ini. Siapa pelakunya? Pemimpin umat (imam)! Justru pemimpin umat ini yamg membuat umat Tuhan menjauh dari Tuhan.

Adakah kita memiliki pemimpin yang mengarahkan kita untuk jumpa dengan Kekasih kita ketika Dia datang pada kali yang kedua. Adakah kita memiliki pemimpin yang membenahi kita lewat pelayanannya sesuai dengan suruhan Tuhan untuk menggangkat kita. Apakah kita merasa pemimpin itu menggiring kita menuju pada kehendak Tuhan. Atau pemimpin yang motivasinya lain sehingga membuat umat Tuhan justru jauh dari Tuhan.

Jangan berpikir “saya ini adalah orang percaya yang percaya pada Allah ta Allah itulah Tuhan Yesus Kristus” tetapi periksa jangan sampai saudara jatuh pada pemimpin yang tidak merekatkan saudara, mengikat saudara, melekatkan saudara pada Tuhan Yesus Kristus yang adalah kekasihmu yang patut dicintai. Jangan sampai karena ulah pelayan membuat saudara jauh dari padaNya. Mengapa? Sebab tidak mengerti apa isi hati dari Kekasih itu (Tuhan Yesus Kristus).

Yeremia 2:8
2:8 Para imam tidak lagi bertanya: Di manakah TUHAN? Orang-orang yang melaksanakan hukum tidak mengenal Aku lagi, dan para gembala mendurhaka terhadap Aku. Para nabi bernubuat demi Baal, mereka mengikuti apa yang tidak berguna.

Coba bayangkan pemimpin ibadah ini sudah tidak mau tahu kehendak Tuhan. Jadi dia bekerja menurut maunya, menurut seleranya, menurut pikirannya sendiri, bukan menurut perintah Tuhan. Ini bahaya, pemimpin ini sudah buta. Mereka bukan lagi bernubuat untuk Tuhan tetapi cenderung pada berhala, pada ilah-ilah lain (kekerasan hati/serakah). Justru sadar atau tidak sadar yang mereka gandoli itu tidak bermanfaat.
Yeremia 10:21
10:21 Sungguh, gembala-gembala sudah menjadi bodoh, mereka tidak menanyakan petunjuk TUHAN. Sebab itu mereka tidak berbahagia dan seluruh binatang gembalaan mereka cerai-berai.

Bayangkan kalau saya gembala, rohani goblok, tolol, dungu. Mengapa? Karena tidak bertanya petunjuk Tuhan. Yang kena imbasnya adalah domba gembalaan yaitu sidang jemaat.

Jangan saudara berkata “saya percaya dan beribadah kepada Tuhan” padahal arah perjalanan rohani saudara tidak menuju pada Pencipta. Pencipta ini mengatakan “Aku suamimu”. Arti kata, Pencipta itu mencurahkan kasih kepada yang diciptakan sesuai dengan peta dan teladanNya, agar yang diciptakan itu juga menyatakan “Engkau adalah kekasihku”. Sejauh itulah dalamnya rencana Tuhan dalam hidup saya dan saudara.

Inilah pelaku yang menyebabkan umat Tuhan tidak harmonis dengan Tuhan. Bagaimana bisa harmonis dengan Tuhan kalau gembalanya sendiri pemabuk, perokok dan suka selingkuh!

Betapa ngerinya kalau bunyi sangkakala yang terakhir ketika Tuhan Yesus datang lalu orang-orang itu datang kepada Tuhan Yesus tetapi Tuhan tolak! Bagaimana perasaan saudara kalau tertolak? Oleh sebab itu mulailah dari sekarang rajut hubunganmu dengan Pencipta itu. Dia akan melaksanakan apa yang saudara rindukan kalau saudara menjadikan Dia kekasihmu.

2.      Yang menjadi pelaku di sini adalah gembala. Bagaimana bentuk-bentuk perbuatan mereka? Bentuk perbuatan yang dicatat dalam Yeremia pasal 2 ini ada 5 hal. Semua itu adalah hasil pelayanan gembala. Mereka mengaku umat Tuhan tetapi sudah membelakangi Tuhan. Kita pelajari 5 hal ini agar hal ini jangan saudara idap, jangan sampai masuk dalam pikiran dan perasaan saudara
a)      Yeremia 2:20,31
2:20 Sebab dari dahulu kala engkau telah mematahkan kukmu, telah memutuskan tali pengikatmu, dan berkata: Aku tidak mau lagi diperbudak. Bahkan di atas setiap bukit yang menjulang dan di bawah setiap pohon yang rimbun engkau berbaring dan bersundal.
2:31 Keturunan apakah kamu ini? Perhatikanlah firman TUHAN! Sudahkah Aku menjadi padang gurun bagi Israel atau tanah yang gelap gulita? Maka mengapa umat-Ku berkata: Kami sudah bebas, kami tidak lagi mau datang kepada-Mu?

Ini bentuk pertama, buah pelayanan gembala. Apa sebabnya? Karena mereka merasa bahwa ikut Tuhan, terima Firman, mau melakukan Firman bagi mereka itu cuma memberatkan atau membuat daging mereka tersandera. Ini yang menjadi penyebabnya dan itu berawal dari gembala.

Kalau gembala sendiri merasa bahwa Firman itu beban, Firman itu membuat mereka tidak bebas melakoni kesenangan daging, merasa Firman itu membuat daging mereka tersandera, maka itu turun kepada jemaat. Kalau merasa Firman Tuhan itu beban, bagaimana Firman itu menolong kita. Tetapi kalau kita menyambut Firman itu dengan penuh sukacita dan berkata “terima kasih Tuhan, Engkau memberi kami Firman” serta tidak merasa bahwa daging kita tersandera dan kita bersukacita. Kalau kita menerima Firman Tuhan maka masalah kita selesai! Tetapi kalau merasa Firman itu beban maka masalahmu menjadi semakin berat! Sebab tidak ada yang bisa menyelesaikan masalah kita selain Tuhan. Jika memanggil berhala atau jin-jin? Mereka hanya menipu kita!

Percaya bahwa Firman itu menyelesaikan semuanya. Jangan jadikan Firman itu beban dan berkomentar: “terlalu berat Firman itu aku pikul”, tidak boleh seperti itu. Bagaimana perkataan Tuhan Yesus tentang kuk itu?
Matius 11:28
11:28 Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.

Saudara letih lesu karena apa? Dosa! Ada ajakan dari Pencipta (Yesus Kristus). Untuk apa Dia datang ke dunia? Untuk berdarmawisata? Dia datang untuk menolong manusia yang berletih lesu dan berbeban berat. Kita semua ini manusia yang letih lesu dan berbeban berat. Kalau saudara merasa letih lesu dan berbeban berat, segera datang kepada Tuhan maka Tuhan datang menolong.

Matius 11:29-30
11:29 Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan.
11:30 Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Ku pun ringan."

Kalau saudara disodorkan sesuatu yang enak, apakah akan saudara tolak? Kenapa umat Tuhan justru menganggap Firman itu kuk yang berat. Kalau Firman Tuhan dikatakan itu enak dan ringan itu benar karena untuk mendapatkan Firman tidak usah lagi kita bayar sebab sudah Yesus bayar. Firman Tuhan itu lezat.
Mazmur 16:11
16:11 Engkau memberitahukan kepadaku jalan kehidupan; di hadapan-Mu ada sukacita berlimpah-limpah, di tangan kanan-Mu ada nikmat senantiasa.

Di tangan kanan Tuhan ada Firman, itu yang nikmat.

Yesaya 55:1
55:1 Ayo, hai semua orang yang haus, marilah dan minumlah air, dan hai orang yang tidak mempunyai uang, marilah! Terimalah gandum tanpa uang pembeli dan makanlah, juga anggur dan susu tanpa bayaran!
Dipanggil yang haus, berarti dipanggil yang butuh. Bagi yang tidak butuh tidak usah datang. Artinya di sini Tuhan undang kita untuk menikmati isi meja Tuhan. Gandum itu adalah Firman Tuhan serta susu yang segar yang membuat rohani kita bertumbuh.

Yesaya 55:2
55:2 Mengapakah kamu belanjakan uang untuk sesuatu yang bukan roti, dan upah jerih payahmu untuk sesuatu yang tidak mengenyangkan? Dengarkanlah Aku maka kamu akan memakan yang baik dan kamu akan menikmati sajian yang paling lezat.

Sedangkan yang lezat kita suka apalagi yang paling lezat. Karena begitulah manusia, selalu mencari yang paling enak. Sudah makan yang lezat tetapi mencari lagi yang paling lezat. Artinya di sini Tuhan mau menghentar kita langkah demi langkah supaya rohani kita sempurna. Sebab Tuhan sudah sediakan yang paling enak.

Jangan kita katakan “Firman itu beban”. Itu adalah buah pikiran yang datang dari pemimpin lalu turun kepada jemaat sehingga pemimpin dan yang dipimpin kompak mengatakan “Firman itu beban”. Kalau pemimpin salah maka pasti satu roh dengan yang dipimpin menjadi salah. Tetapi kalau pemimpin benar belum tentu diterima oleh jemaat. Kalau pemimpin itu membawa kita pada langkah yang benar, menuju pada Pribadi Tuhan Yesus yang kita cinta dan kita nantikan kedatanganNya, itu belum tentu diterima. Kalau pemimpin mengajak “ayo minum cap tikus, senangkan dagingmu” ini yang rame diikuti, padahal itu sudah terperangkap oleh iblis dan tinggal menunggu murka Tuhan turun.

Malam ini buka hati terima dan yakini Tuhan Yesus menjadi Juruselamatmu maka masalahmu pasti Dia selesaikan.

Yeremia 23:34
23:34 Adapun nabi atau imam atau rakyat yang masih berbicara tentang Sabda yang dibebankan oleh TUHAN, kepada orang itu dan kepada keluarganya akan Kulakukan pembalasan.

Yang lebih dahulu mengatakan bahwa Firman Tuhan itu beban adalah pemimpin. Kalau pemimpin saja mengatakan bahwa Firman Tuhan itu beban apalagi yang dipimpin. Kalau kita percaya Firman maka Roh Kudus akan datang memampukan kita melakukan Firman Tuhan.

Berkali-kali disebutkan oleh mereka bahwa Firman itu menjadi beban.
Yeremia 23:36,38
23:36 Tetapi Sabda yang dibebankan oleh TUHAN janganlah kamu sebut-sebutkan lagi, sebab yang menjadi beban bagi setiap orang ialah perkataannya sendiri, oleh karena kamu telah memutarbalikkan perkataan-perkataan Allah yang hidup, TUHAN semesta alam, Allah kita.
23:38 Tetapi jika kamu masih berbicara tentang Sabda yang dibebankan oleh TUHAN, maka beginilah firman TUHAN: Oleh karena kamu masih memakai ungkapan Sabda yang dibebankan oleh TUHAN itu, sekalipun Aku mengutus orang kepadamu mengatakan: Janganlah kamu berbicara tentang Sabda yang dibebankan oleh TUHAN,

Yohanes 1:1,14
1:1 Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.
1:14 Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran.

Firman ini bukan beban, malah Tuhan Yesus datang justru untuk mengangkat beban yang berat, bukannya datang untuk menambah beban. Keliru manusia kalau mengatakan Tuhan Yesus datang untuk menambah beban. Tuhan mengangkat beban yang berat lalu diganti dengan beban yang enak dan ringan.

Ciri manusia yang berhak bersama dengan Tuhan hidup kekal di Sorga adalah bersukacita mendengar Firman. Orang itu ditentukan oleh Tuhan.
Kisah Para Rasul 13:48
13:48 Mendengar itu bergembiralah semua orang yang tidak mengenal Allah dan mereka memuliakan firman Tuhan; dan semua orang yang ditentukan Allah untuk hidup yang kekal, menjadi percaya.

Orang yang menjadi percaya itu bergembira mendengar Firman. Otomatis orang tersebut adalah kehidupan yang sedang meluncur menuju Sorga. Jadi bukan orang yang tidak suka Firman yang akan menuju Sorga, orang seperti itu hanya akan membuat kacau di sorga itu sebabnya mereka tidak boleh ke Sorga.

Kisah Para Raasul 13:46
13:46 Tetapi dengan berani Paulus dan Barnabas berkata: "Memang kepada kamulah firman Allah harus diberitakan lebih dahulu, tetapi kamu menolaknya dan menganggap dirimu tidak layak untuk beroleh hidup yang kekal. Karena itu kami berpaling kepada bangsa-bangsa lain.

Menolak Firman itu sama dengan tidak layak hidup kekal. Kalau ada satu orang ditawarkan hidup kekal tetapi dia tolak maka Tuhan beralih kepada orang lain. Bagi Tuhan banyak orangnya. Kalau si A tidak mau terima ada si B yang mau menerima, kalau si B tidak mau terima ada si C yang mau terima.

Inilah warna pertama perbuatan mereka, mereka berkomentar bahwa Firman itu hanya beban, ikut Tuhan itu bikin susah karena mereka tidak bebas melakukan keinginan daging mereka. Berarti mereka ingin bersama dengan iblis karena iblis memfasilitasi untuk senang dengan dagingnya, tetapi senang yang hanya sementara lalu menderita di neraka dengan iblis selama-lamanya. Lebih baik sekarang ini kita terima Firman supaya kita senang untuk selama-lamanya di Sorga. Inilah yang didambakan oleh Tuhan Yesus.

Masakan ciptaanNya sudah tidak harmonis lagi dengan Dia. Itu sebabnya Tuhan mengingatkan hal ini:
Yeremia 2:2,32
2:2 "Pergilah memberitahukan kepada penduduk Yerusalem dengan mengatakan: Beginilah firman TUHAN: Aku teringat kepada kasihmu pada masa mudamu, kepada cintamu pada waktu engkau menjadi pengantin, bagaimana engkau mengikuti Aku di padang gurun, di negeri yang tiada tetaburannya.
2:32 Dapatkah seorang dara melupakan perhiasannya, atau seorang pengantin perempuan melupakan ikat pinggangnya? Tetapi umat-Ku melupakan Aku, sejak waktu yang tidak terbilang lamanya.

Orang yang dikatakan kekasihnya Tuhan pasti tidak akan lupa ikat pinggangnya, tidak akan lupa perhiasannya. Tetapi orang Israel ini sudah melupakan Tuhan yang adalah kekasihNya. Kalau kita ini adalah kekasihnya Tuhan, jangan kita lupa ikat pinggang, jangan lupa untuk berhias. Kalau kita lupa berarti kita lupa untuk bertemu dengan Tuhan Yesus.

Pertama mereka merasa Firman itu beban, mereka merasa tersandra untuk melakukan keinginan daging. Padahal keinginan daging hanya menjerumuskan mereka pada kebinasaan.
I Yohanes 2:16
2:16 Sebab semua yang ada di dalam dunia, yaitu keinginan daging dan keinginan mata serta keangkuhan hidup, bukanlah berasal dari Bapa, melainkan dari dunia.

Orang yang tetap mempertahankan kenikmatan keinginan mata dan keinginan daging, sama dengan dia sedang naik perahu menuju kebinasaan. Jangan coba-coba ikuti arus dunia karena membuat kita binasa.

I Yohanes 2:17
2:17 Dan dunia ini sedang lenyap dengan keinginannya, tetapi orang yang melakukan kehendak Allah tetap hidup selama-lamanya.

Kepada kita ditawari oleh Tuhan hidup kekal selama-lamanya. Apakah saudara tidak ingin hidup kekal selama-lamanya dengan Tuhan?

Bukti-bukti mereka ini cenderung hanya mengikuti keinginan daging:
Yeremia 2:20b, 23-24
20b Bahkan di atas setiap bukit yang menjulang dan di bawah setiap pohon yang rimbun engkau berbaring dan bersundal.
2:23 Bagaimanakah engkau berani berkata: Aku tidak pernah menajiskan diriku, aku tidak pernah mengikuti para Baal? Lihatlah tingkah langkahmu di dalam lembah, ketahuilah apa yang telah kaulakukan: hai, unta betina yang ringan kaki yang berlari-lari kian ke mari,
2:24 yang melepaskan diri lari ke padang gurun, karena ingin menghirup udara! Siapakah yang dapat menahan nafsunya untuk berjantan? Semua yang mencari dia, tidak usah berlelah, mereka akan menemukannya dalam musim berjantan.

Itu sebabnya dikatakan Yeremia yang diutus oleh Tuhan untuk menguatkan kembali yang lemah dan mengangkat yang sudah salah (jatuh). Jadi inilah tugas kami hamba Tuhan.

Ini perbuatan yang membuat mereka tidak harmonis dengan Tuhan. Perbuatan mereka yang pertama ini adalah tidak suka Firman Tuhan, itu sama dengan tidak suka hidup kekal.

Ada komentar segelintir orang yang berkata “buat apa masuk Sorga, bosan, monoton di sana”. Semoga kita semua rindu masuk Sorga. Bukan hanya masuk Sorga tetapi rindu menjadi Mempelai Wanita Tuhan. Bagaikan sel dalam Tubuh Kristus, salah satu sel itu adalah saudara. Sel-sel itu membentuk Mempelai Wanita Tuhan, itulah gereja Tuhan.

b)      Yeremia 2:28
2:28 Di manakah para allahmu yang kaubuat untuk dirimu? Biarlah mereka bangkit, jika mereka dapat menyelamatkan engkau pada waktu malapetakamu! Sebab seperti banyaknya kotamu demikian banyaknya para allahmu, hai Yehuda!

“Mana ilah-ilahmu, mana jampi-jampimu, mana opo-opomu, biarlah dia bangkit untuk menyelamatkan engkau”. Bagaikan Tuhan berbalik mengolok-olok mereka karena mereka sudah tidak suka kepada Tuhan. Ketika mereka menghadapi bencana, malapetaka dan banyak masalah dalam diri mereka baru mereka mau mencari Tuhan, padahal tadinya mereka membelakangi Tuhan.
Yeremia 2:27b
2:27b Sungguh, mereka membelakangi Aku dan tidak menghadapkan mukanya kepada-Ku, tetapi pada waktu mereka ditimpa malapetaka mereka berkata: Bangkitlah menyelamatkan kami!

Tuhan mau menunjukkan tidak ada yang bisa menyelamatkan engkau dari malapeta dan menolong engkau dari masalah kecuali Tuhan, tidak ada yang lain. Apapun masalah yang saudara hadapi, datanglah kepada Tuhan. Hanya Tuhan yang bisa menolong engkau, jangan pergi pada ilah-ilah, jampi, berhala, dukun-dukun dan sebagainya. Itu semua hanya tipuan si iblis karena dia adalah bapa pembunuh dan pendusta. Dia adalah pendusta dari sejak semula. Jadi jangan kena bujuk dari iblis.
Ilah atau berhala itu disebut lapsis yang artinya budak. Jadi kalau pergi kepada berhala, bukan kepada Tuhan, berarti hanya menjadi budak dari iblis. Tetapi itu yang dilakukan umat Israel pada zaman Yeremia. Itu dulu terjadi pada orang Israel dan itu menjadi pelajaran bagi kita.
Roma 15:4
15:4 Sebab segala sesuatu yang ditulis dahulu, telah ditulis untuk menjadi pelajaran bagi kita, supaya kita teguh berpegang pada pengharapan oleh ketekunan dan penghiburan dari Kitab Suci.

I Korintus 10:6,11
10:6 Semuanya ini telah terjadi sebagai contoh bagi kita untuk memperingatkan kita, supaya jangan kita menginginkan hal-hal yang jahat seperti yang telah mereka perbuat,
10:11 Semuanya ini telah menimpa mereka sebagai contoh dan dituliskan untuk menjadi peringatan bagi kita yang hidup pada waktu, di mana zaman akhir telah tiba.

Oleh sebab itu jangan kita mau diperbudak oleh iblis. Dia bawa kita supaya menyembah ilah lain sehingga akhirnya ke api kekal.

Arti berhala yang kedua adalah edelon yang artinya gambar atau bentuk. Kalau pergi kepada berhala berarti menjadi satu gambar dan satu bentuk dengan iblis. Apakah mau dibawa ke sorga bentuk dan gambar iblis? Tidak bakal! Karena Sorga bukan tempatnya iblis. Makanya jangan kita pergi kepada ilah lain atau kepada berhala. Mungkin untuk sementara saudara merasa nyaman tetapi selebihnya masalah saudara akan bertambah lagi.

II Korintus 3:18
3:18 Dan kita semua mencerminkan kemuliaan Tuhan dengan muka yang tidak berselubung. Dan karena kemuliaan itu datangnya dari Tuhan yang adalah Roh, maka kita diubah menjadi serupa dengan gambar-Nya, dalam kemuliaan yang semakin besar.

Ini yang Tuhan ingin kembalikan kepada umatNya. Kasihan saudara sudah ditebus tetapi menjadi segambar lagi dengan iblis.

II Korintus 3:18 (Terjemahan Lama)
3:18 Tetapi kita sekalian dengan muka tiada berselubung ini, membayangkan kemuliaan Tuhan seperti suatu cermin muka, dan berubah kepada rupa itu juga, daripada kemuliaan kepada kemuliaan, sebagaimana daripada Tuhan Roh itu.

Firman itu bukan beban tetapi seperti kita melihat pada cermin supaya kita segambar dengan Dia.

Tuhan itu pencipta kita. Dia mau menjadikan kita kembali seperti gambarNya karena sudah dicoreng moreng oleh iblis. Tuhan mau membersihkan kita kembali supaya kembali pada rupa yang semula.

c)      Yeremia 2:29-31,9
2:29 Mengapakah kamu mau berbantah dengan Aku? Kamu sekalian telah mendurhaka kepada-Ku, demikianlah firman TUHAN.
2:30 Sia-sia Aku telah memukuli anak-anakmu, hajaran tidaklah mereka terima; pedangmu sendiri telah memakan habis para nabimu seperti singa muda yang memusnahkan.
2:31 Keturunan apakah kamu ini? Perhatikanlah firman TUHAN! Sudahkah Aku menjadi padang gurun bagi Israel atau tanah yang gelap gulita? Maka mengapa umat-Ku berkata: Kami sudah bebas, kami tidak lagi mau datang kepada-Mu?
2:9 Sebab itu Aku akan berbantah lagi dengan kamu, demikianlah firman TUHAN, dan dengan anak cucumu Aku akan berbantah.

Jadi roh perbantahan ini berkesinambungan. Hubungan Tuhan dengan umatNya ini digambarkan seperti hubungan suami isteri. Kalau dalam rumah tangga ada roh perbantahan, kira-kira saudara merasa nyaman. Umat Tuhan di sini suka membantah Tuhan sampai mereka mengkritik Tuhan “tindakan Tuhan tidak tepat” sampai 5 kali mereka katakan. Kemudian Tuhan berkata “tindakanKu yang tidak tepat atau tindakanmu yang tidak tepat!”. Bayangkan manusia hanya segumpal tanah tetapi membantah Penciptanya.

Jangan coba bantah Tuhan, jangan coba bantah Ilahi, bantah Firman. Pembantah ini tidak akan ada tempat di Sorga.

Roma 10:21
10:21 Tetapi tentang Israel ia berkata: "Sepanjang hari Aku telah mengulurkan tangan-Ku kepada bangsa yang tidak taat dan yang membantah."

Tuhan mengulurkan tangan terus kepada mereka tetapi mereka membantah terus. Tuhan mengutus hambaNya yaitu Yeremia tetapi mereka bantah terus bahkan mereka pukul dan dimasukan dalam sumur buta. Roh ini yang banyak ditemukan di di dunia ini. Di dunia maya sekarang ini roh membantah ini luar biasa.

Roma 9:20-23
9:20 Siapakah kamu, hai manusia, maka kamu membantah Allah? Dapatkah yang dibentuk berkata kepada yang membentuknya: "Mengapakah engkau membentuk aku demikian?"
9:21 Apakah tukang periuk tidak mempunyai hak atas tanah liatnya, untuk membuat dari gumpal yang sama suatu benda untuk dipakai guna tujuan yang mulia dan suatu benda lain untuk dipakai guna tujuan yang biasa?
9:22 Jadi, kalau untuk menunjukkan murka-Nya dan menyatakan kuasa-Nya, Allah menaruh kesabaran yang besar terhadap benda-benda kemurkaan-Nya, yang telah disiapkan untuk kebinasaan --
9:23 justru untuk menyatakan kekayaan kemuliaan-Nya atas benda-benda belas kasihan-Nya yang telah dipersiapkan-Nya untuk kemuliaan,

Penjunan itu adalah Tuhan dan kita tanah liat, yang akan membentuk kita untuk menyatakan kekayaan kemuliaanNya, supaya kita mulia bersama dengan Dia. Betapa bahagianya kalau kita mulia sama seperti Tuhan Yesus yang tidak lama lagi akan datang kembali untuk menjemput Mempelai WanitaNya yaitu gereja yang mulia yang dibentuk oleh Firman, Roh dan KasihNya.

d)      Yeremia 2:33
2:33 Alangkah baiknya engkau mengatur jalanmu untuk mencari percintaan! Sebab itu juga engkau membiasakan segala jalanmu kepada kejahatan.

Yeremia 2:33 (Terjemahan Lama)
2:33 Bagaimana engkau pandai mencahari jalan yang baik akan berkendak! Sungguh segala orang jahat dapat lagi belajar jahat kepadamu!

Mereka ini menjadi guru bagi orang lain bagaimana melakukan kejahatan. Begitu bejatnya moral mereka! Ini mulai dari yang memimpin, sehingga umat yang dipimpin ini kemudian sama menjadi guru bagi bangsa-bangsa lain. Kejahatan mereka lebih kental.
Yehezkiel 5:6-8
5:6 Ia sudah memberontak terhadap peraturan-peraturan-Ku lebih jahat dari pada bangsa-bangsa dan terhadap ketetapan-ketetapan-Ku lebih jahat dari negeri-negeri yang di sekitarnya; karena mereka menolak peraturan-peraturan-Ku dan kelakuan mereka tidak selaras dengan ketetapan-ketetapan-Ku.
5:7 Sebab itu beginilah firman Tuhan ALLAH: Oleh karena engkau lebih jahat dari pada bangsa-bangsa yang di sekitarmu dan kelakuanmu tidak selaras dengan ketetapan-ketetapan-Ku dan engkau tidak melakukan peraturan-peraturan-Ku, bahkan engkau melakukan peraturan-peraturan bangsa-bangsa yang di sekitarmu,

Kejahatan mereka lebih hebat dari pada bangsa tetangga, itu sebabnya mereka yang menjadi guru kejahatan.

Yehezkiel 16:51-52
16:51 Dan Samaria tidak membuat setengah pun dari dosa-dosamu, bahkan engkau melakukan lebih banyak kekejian dari mereka berdua, sehingga dengan segala kekejian-kekejianmu yang engkau lakukan, engkau membuat kakak-kakakmu perempuan kelihatan benar.
16:52 Tanggunglah nodamu, hai engkau, yang mengakibatkan hukuman lebih ringan kepada kakak-kakakmu perempuan; dengan dosa-dosamu yang lebih keji dari mereka, mereka lebih benar dari padamu. Biarlah engkau merasa malu dan tanggunglah nodamu, oleh karena engkau membuat kakak-kakakmu perempuan kelihatan benar."

Jelas kebejatan mereka lebih hebat. Inilah yang Tuhan mau bersihkan kembali. Inilah kelemahan-kelemahan yang mau dipulihkan kembali. Itu sebabnya dalam Firman Tuhan ada jawaban, dalam Firman Tuhan segala masalah terselesaikan. Bukan menambah beban tetapi beban diangkat dan dipulihkan kembali diganti dengan yang lezat. Malam ini apapun beban saudara, percaya bahwa Yesus menunggumu dan memberkatimu.

e)      Yeremia 2:34
2:34 Sampai-sampai pada bajumu terdapat darah orang-orang miskin yang tidak bersalah; bukan waktu mereka membongkar untuk mencuri kaudapati mereka! Meskipun semuanya itu demikian,

Yeremia 2:34 (Terjemahan Lama)
2:34 Lagipun pada kelim kainmu didapati orang akan darah orang papa yang tiada bersalah, yang tiada pernah kaudapati akan salahnya.

II Korintus 8:9
8:9 Karena kamu telah mengenal kasih karunia Tuhan kita Yesus Kristus, bahwa Ia, yang oleh karena kamu menjadi miskin, sekalipun Ia kaya, supaya kamu menjadi kaya oleh karena kemiskinan-Nya.

Dia menjadi miskin, ini yang ditindas. Kalau dulu orang Israel menindas orang miskin yang jelas terlihat. Tetapi dalam pengertian rohani untuk kita sekarang, betapa riskannya kalau kita menghina Tuhan Yesus. Dia yang kaya rela menjadi miskin untuk kita. Mengapa kita rendahkan Dia, kenapa kita tindas Dia, kenapa kita hina Dia, kenapa kita tolak Dia. Dia kaya rela menjadi miskin untuk menolong kita. Jangan kita berulah untuk menindas Dia, jangan kita tolak dan hina Dia karena satu saat akan ada pembalasan.

Darah Tuhan Yesus lebih kuat dari darah Habel. Habel manusia pertama yang mati sahid sebab dibunuh oleh kakaknya sendiri, darahnya berseru memohon-mohon pembalasan. Darah Yesus lebih kuat sebab pertama kuat untuk mengampuni dan kedua kuat untuk menghukum. Awas, Dia akan membalas! Sekarang darah Yesus mau mengampuni kita, kalau tidak mau diterima maka darah Yesus akan berbalik untuk menghukum.
Lukas 24:47
24:47 dan lagi: dalam nama-Nya berita tentang pertobatan dan pengampunan dosa harus disampaikan kepada segala bangsa, mulai dari Yerusalem.

Wahyu 1:5
1:5 dan dari Yesus Kristus, Saksi yang setia, yang pertama bangkit dari antara orang mati dan yang berkuasa atas raja-raja bumi ini. Bagi Dia, yang mengasihi kita dan yang telah melepaskan kita dari dosa kita oleh darah-Nya --
Sekarang ada tawaran untuk melepaskan kita dari dosa. Tetapi kalau kita tindas, maka darah ini akan berbalik menghukum.

Akibat dari apa yang mereka perbuat ini mereka petik hasilnya. Supaya jangan kita petik hasilnya seperti yang mereka lakukan maka sekarang kita dilawati Tuhan. Tuhan mau mengangkat beban kita, mau menolong kita, Dia berikan yang ringan dan lezat bagi kita.

Yeremia 2:35
2:35 engkau berkata: Aku tidak bersalah! Memang, murka-Nya telah meninggalkan aku! Sesungguhnya Aku akan membawa engkau ke pengadilan, oleh karena engkau berkata: Aku tidak berdosa!

Mereka sudah melakukan kesalahan tetapi merasa tidak bersalah.

Yeremia 2:36-37
2:36 Alangkah ringannya kaupandang untuk mengubah tingkah langkahmu! Juga karena Mesir engkau akan menjadi malu, seperti engkau telah menjadi malu karena Asyur.
2:37 Dari sana pun juga engkau akan keluar dengan mengangkat tanganmu, sebab TUHAN telah menolak mereka yang telah kaupercayai dan engkau tidak akan berhasil dengan mereka."

Ternyata yang selama ini mereka andalkan, hasilnya hanya nihil. Tujuannya supaya mereka kembali Kekasihnya, kembali kepada Tuhan. Ini tujuan Tuhan kepada saya dan saudara yaitu supaya kita kembali kepada Tuhan Yesus. Mari kita buka hati kepada Tuhan Yesus kekasih kita maka segala masalah kita akan Dia selesaikan. Kekasih kita tidak akan berdiam diri. Ketika kita dirundung petaka, ketika kita diterpa bencana, ketika kita ditindas oleh berbagai masalah, Kekasihmu tidak akan tinggal diam, Dia akan segera membebaskan saudara. Bukalah hati, jadikan Tuhan Yesus kekasihmu, Mempelai Laki-laki Sorga dan kita rindu menjadi Mempelai Wanita Tuhan. Malam ini juga Dia menunggumu dan Dia pasti menyelesaikan.

Tuhan memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar