20170513

Kebaktian Doa, Sabtu 13 Mei 2017 Pdt. Bernard Legontu



Salam sejahtera di dalam kasih Tuhan Yesus Kristus.

Yohanes 1:51
1:51 Lalu kata Yesus kepadanya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya engkau akan melihat langit terbuka dan malaikat-malaikat Allah turun naik kepada Anak Manusia."

Yang dapat menghubungkan antara Sorga dan bumi hanya Yesus Tuhan dan Juruselamat. Itulah yang pernah disaksikan oleh Yakub. Dia meninggalkan keluarga, sanak saudara dan orang tua untuk mencari isteri yang berkenan dan tidak menyusahkan hati orang tua. Pesan dari orang tua untuk mencari isteri dari keluarga sendiri. Begitu juga pesan Abraham kepada Eliazar untuk mencari isteri bagi Ishak dari tengah keluarganya. Pesan ini diulangi kepada Yakub oleh orang tuanya yaitu Ishak dan Ribka agar mencari isteri dari keluarga.

Ini nubuatan bagi kita gereja Tuhan. Gereja Tuhan adalah keluarga Allah atau keluarga rumah tangga Allah. Dahulu Roh Kudus yang digambarkan dengan Eliasar yang mencari pendamping untuk Ishak. Demikian juga Roh Kudus sekarang mencari umat Tuhan yang bisa dan pantas untuk duduk bersanding dengan Tuhan Yesus Mempelai Laki-laki Sorga.

Kita harus memiliki iman, percaya sungguh bahwa kita telah dilahirkan menjadi keluarga Allah. Ketika kita percaya, bertobat, beri diri dibaptis, maka kita menjadi keluarga Allah. Untuk menghubungkan ini, yang membuat kita bisa menjadi keluarga Allah, hanya satu batu yakni Yesus itu sendiri.

Kita sudah mendengar:
Ulangan 32:18
32:18 Gunung batu yang memperanakkan engkau, telah kaulalaikan, dan telah kaulupakan Allah yang melahirkan engkau.

Batu yang telah melahirkan kita itu jangan kita lupakan atau jangan kita lalaikan. Jadi, dalam bacaan kita tadi yaitu Yohanes 1:51 ada yang menghubungkan sorga dan bumi. Itulah Yesus yang saat itu sedang berbicara kepada Natanael.

Jadi tidak ada dua atau tiga atau empat tangga yang menghubungkan kita dengan sorga. Hanya ada satu tangga itulah Tuhan Yesus sendiri. Aktivitas malaikat antara sorga dan bumi hanya lewat tangga yang satu yaitu Tuhan Yesus. Aktivitas hamba Tuhan dan umat Tuhan untuk mengkaitkan diri dengan sorga tidak ada yang lain kecuali lewat tangga yang satu ini.
Boleh kita beraktivitas dan berkarir, tetapi jangan kita lalaikan dan lupakan yang satu ini. Di sinilah aktivitas yang dapat menghubungkan saya dan saudara dengan sorga. Hanya ada satu tangga, tidak lebih dari satu tangga. Di manapun dan apapun keyakinan, tanpa tangga yang satu itu, adalah aktivitas yang hanya berlaku di dunia ini dan tidak menghubungkan dengan sorga. Ini bukan fanatisme tetapi ini adalah kesaksian Alkitab agar kita lebih mantap dan lebih kuat. Jangan sampai esok lusa ditemukan ada si A atau si B yang mau berhubungan dengan sorga memakai tangga lain. Hal itu hanya melecehkan Tuhan.

Ini masih dasar untuk kita tetapi perlu ditekankan kembali.
Yohanes 14:6
14:6 Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.

Silahkan kalau ada upaya untuk menjelekkan atau menyalahkan tangga ini, tetap itu hanya menyusahkan diri sendiri. Ada satu pendeta yang membelot dan mengatakan “Yesus itu bukan Tuhan”, kalau orang Kristen tidak kuat imannya mudah sekali gugur imannya. Dan akan beralih padakegiatan yang tidak menghubungkan Sorga dan bumi. Kalau Yesus bukan Tuhan berarti Malaikat Gabriel adalah pendusta besar.

Begitu juga Yohanes Pembaptis termasuk pendusta kalau seandainya Yesus bukan Tuhan. Sebab dia mengatakan “Dia yang aku katakan akan datang, Dia telah ada sebelum aku”. Itu menampilkan Yesus sebagai Tuhan.

Lukas 2:11
2:11 Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud.

Ini perkataan Malaikat-Malaikat di padang Efrata dan diawali dengan Gabriel. Inilah Malaikat yang turun dari sorga kemudian naik kembali. Ini kegiatan yang mempromosikan bahwa Yesus adalah Tuhan.

Roh Kudus sendiri menyaksikan Yesus adalah Tuhan sehingga Roh Kudus itu memuliakan Tuhan Yesus. Apalagi ketika Roh Kudus turun di Yerusalem, Petrus yang diurapi oleh Roh Kudus berkhotbah. Bahasa untuk memperkenalkan Yesus adalah “Allah telah membuat Yesus sebagai Tuhan dan Kristus”. Itu bahasa dalam urapan Roh Kudus.
Kisah Para Rasul 2:36
2:36 Jadi seluruh kaum Israel harus tahu dengan pasti, bahwa Allah telah membuat Yesus, yang kamu salibkan itu, menjadi Tuhan dan Kristus."

Kristus itu Mesias (Almasih). Inilah khotbah Petrus ketika dia dipenuhkan Roh Kudus. Ketika banyak orang meninggalkan Yesus dan tidak mau lagi mengikutiNya, Yesus tidak getar-getir hatiNya. Malah Dia menantang juga 12 muridNya “apakah kamu tidak mau pergi juga?”. Tetapi apa jawaban Petrus?
Yohanes 6:68
6:68 Jawab Simon Petrus kepada-Nya: "Tuhan, kepada siapakah kami akan pergi? Perkataan-Mu adalah perkataan hidup yang kekal;

Kalau hamba Tuhan mengutip perkataan Yesus berarti dia menyampaikan perkataan hidup yang kekal. Dan ini adalah tangga yang menghubungkan sorga dan bumi. Kita bisa sampai ke Sorga hanya melalui Tuhan Yesus.

Anak muda remaja yang mau pergi kuliah, jangan sampai apa yang ada di dunia ini saudara capai kemudian saudara melepaskan Yesus. Bila Yesus datang orang seperti itu akan menangis dengan air mata darah. Lalu Yesus berkata “orang-orang yang tidak mengakui Aku sebagai Rajanya, sembelih di mukaKu”. Yesus adalah Raja di atas segala raja.
Lukas 19:27
19:27 Akan tetapi semua seteruku ini, yang tidak suka aku menjadi rajanya, bawalah mereka ke mari dan bunuhlah mereka di depan mataku."

Kisah Para Rasul 4:12
4:12 Dan keselamatan tidak ada di dalam siapa pun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan."

Tidak ada tangga lain, tidak ada jalan lain. Saya merasa tekanan dari Roh Kudus dari persiapan saya kemarin-kemarin bahwa harus menekankan ini. Firman sudah terlalu tinggi tetapi dasarnya masih tidak kuat sehingga banyak yang berkhianat.

Itu tadi kesaksian Petrus, sekarang lihat lagi apa yang dikatakan Stefanus. Stefanus ini penuh dengan Roh Kudus.
Kisah Para Rasul 6:5; 7:59
6:5 Usul itu diterima baik oleh seluruh jemaat, lalu mereka memilih Stefanus, seorang yang penuh iman dan Roh Kudus, dan Filipus, Prokhorus, Nikanor, Timon, Parmenas dan Nikolaus, seorang penganut agama Yahudi dari Antiokhia.
7:59 Sedang mereka melemparinya Stefanus berdoa, katanya: "Ya Tuhan Yesus, terimalah rohku."

Manusia yang mengakhiri hidupnya yaitu mati di dunia ini, siapa yang bisa menerima rohnya. Yang bisa menerima roh kita hanya Tuhan Yesus. Olehnya jangan gampang-gampang digoda sehingga meninggalkan Yesus, Tuhan dan Juruselamat.

Sekarang kita melihat pribadi Yesus sendiri, apa yang dikatakanNya.
Yohanes 13:13
13:13 Kamu menyebut Aku Guru dan Tuhan, dan katamu itu tepat, sebab memang Akulah Guru dan Tuhan.

Bukan cuma guru, tetapi Dia mengatakan “Akulah Guru dan Tuhan”.

Yohanes 13:14
13:14 Jadi jikalau Aku membasuh kakimu, Aku yang adalah Tuhan dan Gurumu, maka kamu pun wajib saling membasuh kakimu;

Ini kalau kehidupan kita dalam prakteknya sudah mengakui bahwa Yesus adalah Tuhan, Dialah tangga, satu-satunya yang menghubungan sorga dan bumi, masakan kita tidak bisa saling memaafkan satu dengan yang lain (membasuh kaki sesama). Kenapa hati keras sekali?

Tuhan adalah sesembahan kita. Guru adalah yang mengajar kita. Dia rela tunduk membasuh kaki kita, itu bagian tubuh kita yang paling rendah. Kenapa kita tidak bisa merendahkan diri kepada sesama, kenapa tidak bisa memberi ampun malah tetap sakit hati dan dendam. Kalau seperti itu bukan menjadikan Yesus sebagai Tuhan dan Guru.

Yang ironisnya, paling mengerikan, ada bapak hamba Tuhan, anak hamba Tuhan tetapi beraninya anak ini menolak kepala papanya di tembok. Di mana penghormatan terhadap orang tua kalau seperti itu, apa lagi kapasitas sebagai pendeta. Model begini yang mau jadi panutan atau berjalan di depan! Bodoh sekali orang yang mau digembalakan oleh orang seperti ini.

Yakub meletakkan kepalanya di atas batu, berarti segala pikirannya dia taklukkan kepada Kristus. Mestinya kita seperti itu. Bagi Kristus bagaimana pikiranNya datang ke dunia semata-mata untuk keselamatan kita, Dia naik ke sorga lagi-lagi untuk kepentingan kita. Apakah kita sedang menanggapi pikiran Kristus ini? Apakah kita memikirkan keselamatan kita dan juga memikirkan keselamatan orang lain.

Memang kita sidang jemaat akan ada pergesekan. Batu dengan batu memang akan ada pergesekan supaya licin. Kita digali di gunung batu, dilinggis dan batu itu saling bergesekkan supaya pertemuannya pas. Sehingga saat dibangun tidak perlu lagi dipahat karena sudah pas ketika digali di gunung sana. Kalau ada yang pecah maka itu tidak di bawa ke lokasi pembangunan dan ditinggal di sana. Berarti yang pecah tidak bisa masuk dalam pembentukan Tubuh Kristus.
I Raja-raja 6:7
6:7 Pada waktu rumah itu didirikan, dipakailah batu-batu yang telah disiapkan di penggalian, sehingga tidak kedengaran palu atau kapak atau sesuatu perkakas besi pun selama pembangunan rumah itu.

1 Raja-raja 5:17
5:17 Dan raja memerintahkan supaya mereka melinggis batu yang besar, batu yang mahal-mahal untuk membuat dasar rumah itu dari batu pahat.

Kita ini sedang dibentuk oleh Tuhan. Kalau kehidupan kita sedang dibentuk dan dibangun untuk menjadi rumah Tuhan, untuk menjadi Bait Allah, maka bunyi pergesekan itu harus makin lama makin kecil suaranya sampai tak terdengar lagi.
Itulah orang yang ada hubungan dengan sorga karena pikiran sorga adalah untuk membangun rumahNya, pikiran sorga untuk membangun TubuhNya, pikiran sorga adalah untuk mendapatkan Mempelai WanitaNya di tengah-tengah keluargaNya. Tidak semua orang Kristen terpanggil juga dipilih sebab banyak yang dipanggil tetapi sedikit yang dipilih.

Yohanes 13:13
13:13 Kamu menyebut Aku Guru dan Tuhan, dan katamu itu tepat, sebab memang Akulah Guru dan Tuhan.

Bukan rasul-rasul yang menyebut Yesus itu Tuhan. Rasul-rasul tinggal mengikuti ucapan Yesus. Bukan rasul-rasul yang mengatakan Yesus adalah Anak Allah tetapi Tuhan sendiri yang bersaksi sehingga mereka mengikuti kesaksian sorga.

Yohanes 13:14
13:14 Jadi jikalau Aku membasuh kakimu, Aku yang adalah Tuhan dan Gurumu, maka kamu pun wajib saling membasuh kakimu;

Di sini Tuhan  Yesus balik (Tuhan – Guru), Tuhan yang dikedepankan. Jadi Tuhan Yesus mau kita mendahulukan Dia. Tuhan yang adalah Pemilik dan Majikan kita itu punya ajaranNya berarti status Guru.

Semua ini disampaikan supaya dalam diri saudara ditanamkan suatu keyakinan bahwa kepercayaanmu kepada Yesus adalah Tuhan bukan berasal dari manusia tetapi berasal dari Tuhan sendiri.

Sekarang kita melihat kesaksian seorang raja yaitu raja Daud.
Matius 22:41-45
22:41 Ketika orang-orang Farisi sedang berkumpul, Yesus bertanya kepada mereka, kata-Nya:
22:42 "Apakah pendapatmu tentang Mesias? Anak siapakah Dia?" Kata mereka kepada-Nya: "Anak Daud."
22:43 Kata-Nya kepada mereka: "Jika demikian, bagaimanakah Daud oleh pimpinan Roh dapat menyebut Dia Tuannya, ketika ia berkata:
22:44 Tuhan telah berfirman kepada Tuanku: duduklah di sebelah kanan-Ku, sampai musuh-musuh-Mu Kutaruh di bawah kaki-Mu.
22:45 Jadi jika Daud menyebut Dia Tuannya, bagaimana mungkin Ia anaknya pula?"

Daud sendiri mengatakan Tuan berarti Tuhan. Sudah berapa kesaksian yang kita temukan di sini. Belum lagi kesaksian murd-murid Yesus secara serempak yang ditemui Kleopas beserta isteri ketika mereka sudah berhimpun di Yerusalem.
Lukas 24:33-35
24:33 Lalu bangunlah mereka dan terus kembali ke Yerusalem. Di situ mereka mendapati kesebelas murid itu. Mereka sedang berkumpul bersama-sama dengan teman-teman mereka.
24:34 Kata mereka itu: "Sesungguhnya Tuhan telah bangkit dan telah menampakkan diri kepada Simon."
24:35 Lalu kedua orang itu pun menceriterakan apa yang terjadi di tengah jalan dan bagaimana mereka mengenal Dia pada waktu Ia memecah-mecahkan roti.

Kemudian kita lihat kesaksian Maria Magdalena dan Tomas.
Yohanes 20:18,28
20:18 Maria Magdalena pergi dan berkata kepada murid-murid: "Aku telah melihat Tuhan!" dan juga bahwa Dia yang mengatakan hal-hal itu kepadanya.
20:28 Tomas menjawab Dia: "Ya Tuhanku dan Allahku!"

Saat Dia kembali, dikatakan Dia akan datang dalam kemuliaan yang luar biasa. Orang yang tidak percaya, dalam dirinya ada roh antikristus. Antikristus ini kaki tangan iblis untuk menyebarkan kebohongan, menyebarkan dusta.
I Yohanes 2:18-24; 4:1-3
2:18 Anak-anakku, waktu ini adalah waktu yang terakhir, dan seperti yang telah kamu dengar, seorang antikristus akan datang, sekarang telah bangkit banyak antikristus. Itulah tandanya, bahwa waktu ini benar-benar adalah waktu yang terakhir.
2:19 Memang mereka berasal dari antara kita, tetapi mereka tidak sungguh-sungguh termasuk pada kita; sebab jika mereka sungguh-sungguh termasuk pada kita, niscaya mereka tetap bersama-sama dengan kita. Tetapi hal itu terjadi, supaya menjadi nyata, bahwa tidak semua mereka sungguh-sungguh termasuk pada kita.
2:20 Tetapi kamu telah beroleh pengurapan dari Yang Kudus, dan dengan demikian kamu semua mengetahuinya.
2:21 Aku menulis kepadamu, bukan karena kamu tidak mengetahui kebenaran, tetapi justru karena kamu mengetahuinya dan karena kamu juga mengetahui, bahwa tidak ada dusta yang berasal dari kebenaran.
2:22 Siapakah pendusta itu? Bukankah dia yang menyangkal bahwa Yesus adalah Kristus? Dia itu adalah antikristus, yaitu dia yang menyangkal baik Bapa maupun Anak.
2:23 Sebab barangsiapa menyangkal Anak, ia juga tidak memiliki Bapa. Barangsiapa mengaku Anak, ia juga memiliki Bapa.
2:24 Dan kamu, apa yang telah kamu dengar dari mulanya, itu harus tetap tinggal di dalam kamu. Jika apa yang telah kamu dengar dari mulanya itu tetap tinggal di dalam kamu, maka kamu akan tetap tinggal di dalam Anak dan di dalam Bapa.
4:1 Saudara-saudaraku yang kekasih, janganlah percaya akan setiap roh, tetapi ujilah roh-roh itu, apakah mereka berasal dari Allah; sebab banyak nabi-nabi palsu yang telah muncul dan pergi ke seluruh dunia.
4:2 Demikianlah kita mengenal Roh Allah: setiap roh yang mengaku, bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia, berasal dari Allah,
4:3 dan setiap roh, yang tidak mengaku Yesus, tidak berasal dari Allah. Roh itu adalah roh antikristus dan tentang dia telah kamu dengar, bahwa ia akan datang dan sekarang ini ia sudah ada di dalam dunia.

I Yohanes 4:3 (Terjemahan Bahasa Inggris)
4:3 And every spirit that confesseth not that Jesus Christ is come in the flesh (=Yesus Kristus datang sebagai manusia) is not of God: and this is that spirit of antichrist, whereof ye have heard that it should come; and even now already is it in the world.
I Yohanes 4:4-6,13-16
4:4 Kamu berasal dari Allah, anak-anakku, dan kamu telah mengalahkan nabi-nabi palsu itu; sebab Roh yang ada di dalam kamu, lebih besar dari pada roh yang ada di dalam dunia.
4:5 Mereka berasal dari dunia; sebab itu mereka berbicara tentang hal-hal duniawi dan dunia mendengarkan mereka.
4:6 Kami berasal dari Allah: barangsiapa mengenal Allah, ia mendengarkan kami; barangsiapa tidak berasal dari Allah, ia tidak mendengarkan kami. Itulah tandanya Roh kebenaran dan roh yang menyesatkan.
4:13 Demikianlah kita ketahui, bahwa kita tetap berada di dalam Allah dan Dia di dalam kita: Ia telah mengaruniakan kita mendapat bagian dalam Roh-Nya.
4:14 Dan kami telah melihat dan bersaksi, bahwa Bapa telah mengutus Anak-Nya menjadi Juruselamat dunia.
4:15 Barangsiapa mengaku, bahwa Yesus adalah Anak Allah, Allah tetap berada di dalam dia dan dia di dalam Allah.
4:16 Kita telah mengenal dan telah percaya akan kasih Allah kepada kita. Allah adalah kasih, dan barangsiapa tetap berada di dalam kasih, ia tetap berada di dalam Allah dan Allah di dalam dia.

Tuhan mencari siapa-siapa orangnya yang dipilih untuk menjadi Tubuh Kristus, untuk menjadi Mempelai WanitaNya. Kalau Tuhan mencari maka orang yang dicari adalah orang yang memiliki kasih. Kasih yang dimaksud di sini bukan hanya dalam ucapan seperti dalam :
I Korintus 13:1-5
13:1 Sekalipun aku dapat berkata-kata dengan semua bahasa manusia dan bahasa malaikat, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, aku sama dengan gong yang berkumandang dan canang yang gemerincing.
13:2 Sekalipun aku mempunyai karunia untuk bernubuat dan aku mengetahui segala rahasia dan memiliki seluruh pengetahuan; dan sekalipun aku memiliki iman yang sempurna untuk memindahkan gunung, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, aku sama sekali tidak berguna.
13:3 Dan sekalipun aku membagi-bagikan segala sesuatu yang ada padaku, bahkan menyerahkan tubuhku untuk dibakar, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, sedikit pun tidak ada faedahnya bagiku.
13:4 Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong.
13:5 Ia tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keuntungan diri sendiri. Ia tidak pemarah dan tidak menyimpan kesalahan orang lain.

Tangga atau jembatan itu menghubungkan dua hal yang tadinya terpisah. Dalam hal ini menghubungkan sorga dan bumi. Dulu Eden ada di bumi, tetapi ketika manusia jatuh dalam dosa Eden diambil oleh Tuhan dan manusia dibuang ke bumi, berarti hidup di dunia tanpa Eden. Artinya hidup di dunia tanpa Tuhan. Olehnya mau Tuhan hubungkan kembali lewat tangga yaitu Tuhan Yesus.

Aktivitas malaikat tidak boleh pisah dengan Yesus dan Sorga. Aktivitas hamba-hamba Tuhan harus bernuansa menghubungkan manusia dengan Sorga lewat Kristus Yesus.

Matius 27:54
27:54 Kepala pasukan dan prajurit-prajuritnya yang menjaga Yesus menjadi sangat takut ketika mereka melihat gempa bumi dan apa yang telah terjadi, lalu berkata: "Sungguh, Ia ini adalah Anak Allah."

Markus 15:39
15:39 Waktu kepala pasukan yang berdiri berhadapan dengan Dia melihat mati-Nya demikian, berkatalah ia: "Sungguh, orang ini adalah Anak Allah!"

Kalau sekarang ini ada orang yang menolak Yesus Anak Allah dan tidak mengakui Yesus sebagai Tuhan, maka dia tinggal menunggu ketika Yesus datang pada kali yang kedua, nasibnya mau ke mana. Jangan saudara menambah barisan orang yang mengarah kepada pembantaian, mengarah pada kebinasaan untuk selama-lamanya.

Orang tua jangan hanya karena melihat penampilan orang yang datang melamar anakmu sehingga langsung menerima saja tanpa melihat latar belakangnya. Kalau seperti itu engkau menjebak anakmu. Kita harus prihatin dengan jiwa kita dan juga prihatin dengan jiwa orang lain yaitu keluarga kita sendiri.


Tuhan Memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar