20191022

Kebaktian PA Kitab Yehezkiel, Selasa 22 Oktober 2019 Pdt. Bernard Legontu



Salam sejahtera di dalam kasih Tuhan Yesus Kristus.
                   
Yehezkiel 13:21-23
13:21 Aku akan mengoyakkan selubungmu dan akan melepaskan umat-Ku dari tanganmu dan mereka tidak lagi menjadi mangsa di dalam tanganmu. Dan kamu akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN.
13:22 Oleh karena kamu melemahkan hati orang benar dengan dusta, sedang Aku tidak mendukakan hatinya, dan sebaliknya kamu mengeraskan hati orang fasik, sehingga ia tidak bertobat dari kelakuannya yang fasik itu, dan kamu membiarkan dia hidup.
13:23 Oleh sebab itu kamu tidak lagi melihat perkara-perkara yang menipu dan mengucapkan tenungan-tenungan bohong; Aku akan melepaskan umat-Ku dari tanganmu dan kamu akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN."

Kita telah melihat bagaimana pelayan-pelayan yang disebut dukun-dukun perempuan ini, tampil dengan dusta atau bohong. Yang anehnya umat Tuhan senang mendengar yang bohong. Itu ada pada ayat 19.
Yehezkiel 13:19
13:19 Kamu melanggar kekudusan-Ku di tengah-tengah umat-Ku hanya demi beberapa genggam jelai dan beberapa potong roti, dengan membunuh orang-orang yang tidak patut mati, dan membiarkan hidup orang-orang yang tidak patut hidup, dalam hal kamu berbohong kepada umat-Ku yang sedia mendengar bohong.

Dukun-dukun perempuan atau pelayan-pelayan Tuhan di sini memimpin ibadah tidak malu-malu untuk berdusta atau berbohong. Dan anehnya umat Tuhan justru cenderung suka mendengar yang bohong. Kalau yang benar itu ditolak, tetapi yang bohong mereka katakan “mari, itu makanan sedap”. Itulah kecenderungan manusia sekarang. Di dalam gereja Tuhan tanpa disadari banyak yang diberitakan bukan lagi kebenaran. Kalau bukan kebenaran itu sama dengan bohong atau dusta. Dan Tuhan sendiri mengatakan dalam Yehezkiel ini bahwa umat Tuhan senang dengan bohong dan suka dibohongi. Inilah yang harus kita pikirkan matang-matang hari-hari terakhir ini. Ibadah itu bukan asal, bukan suatu upacara ibadah biasa. Karena ibadah itu punya sasaran yang jelas.

Bagi umat pilihan Tuhan, dia peka sekali mendengar apa yang diberitakan oleh hamba Tuhan dari mimbar. Dia akan merasa ini bohong, ini tidak benar, ini bukan kebenaran dan ini yang kebenaran. Itulah yang namanya umat Tuhan yang disebut umat pilihan. Olehnya jika di dalam diri saya dan diri saudara, bapak, ibu kekasih dalam Tuhan, saudara mengerti rencana Tuhan, kita memahami rencana Allah dan saudara adalah orang pilihan Tuhan (berarti cirinya mengenal rencana Allah) maka sulit untuk saudara dibohongi. Bahkan pilihan Tuhan itu disebut berbahagia. Firman Tuhan mengatakan bahwa dia akan dibawa oleh Tuhan dekat dengan Tuhan. Kemudian dia akan diberikan makan kenyang dan limpah.
Mazmur 65:5
65:5 Berbahagialah orang yang Engkau pilih dan yang Engkau suruh mendekat untuk diam di pelataran-Mu! Kiranya kami menjadi kenyang dengan segala yang baik di rumah-Mu, di bait-Mu yang kudus.

Orang pilihan Tuhan disuruh dekat kepada Tuhan di pelataran dan dibuat dia kenyang di Bait Allah. Tetapi dalam Yehezkiel pasal 13 ini yang kenyang siapa? Itulah pelayan, disebut seperti binatang buas yang memangsa. Jadi jemaat itu cuma dimangsa, cuma dimakan. Sementara jemaat lapar rohaninya, jemaat disebut oleh Firman Tuhan dibuat lemah tak berdaya menghadapi dosa. Dia tergulung ketika melihat miras, langsung terlempar di parit ketika minum cap tikus. Bagaimana bisa seperti itu? Sebab dilayani oleh dukun-dukun perempuan yang hanya memberitakan tentang bohong dan umat Tuhan senang mendengar yang bohong, mereka cuma dimangsa oleh si pemberita.

Oleh karena itu Tuhan katakan “Aku akan rampas dari mulut si pemangsa”. Kata mangsa ini ada kaitannya dengan binatang buas. Jadi di mata Tuhan, si pembohong yang membohongi umat, dia bagaikan binatang buas yang satu saat akan Tuhan rampas. Jadi jangan kaget kalau jemaat itu Tuhan tarik dan dibawa pada penggembalaan yang benar. Sebab dia cuma dimangsa dan tidak diajar untuk mengerti rencana Allah.

Olehnya jika kita ini ada dalam rencana Tuhan dan kalau saya dan saudara adalah orang pilihan Tuhan, maka Tuhan tidak mau umat pilihanNya itu jauh dari Dia.
Mazmur 65:5
65:5 Berbahagialah orang yang Engkau pilih dan yang Engkau suruh mendekat untuk diam di pelataran-Mu! Kiranya kami menjadi kenyang dengan segala yang baik di rumah-Mu, di bait-Mu yang kudus.

Mengapa disuruh mendekat? Supaya jangan jauh dari Tuhan, jangan jauh dari penggembalaan sebab begitu umat Tuhan itu jauh dari penggembalaan, di situ ada pemangsa-pemangsa sudah siap memangsa.

Mazmur 27:4
27:4 Satu hal telah kuminta kepada TUHAN, itulah yang kuingini: diam di rumah TUHAN seumur hidupku, menyaksikan kemurahan TUHAN dan menikmati bait-Nya.

Ini klop, raja Daud sebagai umat Tuhan mau diam di rumah Tuhan. Tuhan katakan “jangan jauh, mari dekat denganKu”. Jadi dari hati anak Tuhan itu ada kecenderungan dekat dengan Tuhan dan Tuhan juga ingin kita dekat dengan Dia. Jadi cocok/pas, seperti baut dengan mur.

Kalau kita cuma makan bubur, kapan ada kekuatan. Jadi Tuhan ingin supaya kita kenyang. Kalau rohani kenyang, kita tidak mudah digoda oleh dunia. Ada padungku di Kolonedale, dia langsung ke sana, itu karena tidak kenyang rohaninya. Kalau sudah kenyang dengan Firman pengajaran, dia tidak akan mencari lagi kepuasan yang dunia, sebab sudah kenyang dengan Firman Tuhan. Itu ciri orang pilihan Tuhan yang tidak mudah dibohongi. Sebabnya kalau kita tidak kenyang di rumah Tuhan, kita akan cari hiburan yang lain, cari bagaimana bentuk hiburan dunia. Kalau benar-benar rohani sudah kenyang, maka apapun yang ditawarkan dunia ini tinggal kita pilih, apakah itu menguntungkan rohani kita atau tidak. Kita harus peka.

Yehezkiel 13:22
13:22 Oleh karena kamu melemahkan hati orang benar dengan dusta, sedang Aku tidak mendukakan hatinya, dan sebaliknya kamu mengeraskan hati orang fasik, sehingga ia tidak bertobat dari kelakuannya yang fasik itu, dan kamu membiarkan dia hidup.

Coba, dibuat keras hati orang fasik, padahal orang itu suka dengar Firman tetapi dibendung. Dan roh fasik itu dibiarkan tumbuh subur di dalam gereja. Ini yang fatal dan sangat-sangat bertentangan dengan rencana Tuhan. Kehidupan seperti itu akan masuk dalam paduan suara seluruh dunia tetapi nyanyiannya hanya dua kata “aduh sakit” karena disengat oleh kalajengking. Karena apa? Tidak ada meterai Allah, tidak ada bukti bahwa dia adalah milik Tuhan. Kalau dia milik Tuhan maka ada bukti meterai Allah di kepalanya, tandanya dia berbahagia dekat dengan Tuhan dan dia kenyang di rumah Tuhan. Sebab Tuhan tidak mungkin membiarkan kita di rumahNya mati kelaparan. Bapa yang bagaimana jika membiarkan anaknya mati kelaparan. Makanya hari-hari terakhir ini kita harus waspada.

Sampai rasul Paulus berjuang mati-matian bagi orang pilihan Tuhan. Jangan sampai kena seperti Yehezkiel ini.
II Timotius 2:10
2:10 Karena itu aku sabar menanggung semuanya itu bagi orang-orang pilihan Allah, supaya mereka juga mendapat keselamatan dalam Kristus Yesus dengan kemuliaan yang kekal.

Walaupun dalam penderitaan, hamba Tuhan ini sabar menanggung semuanya. Diterpa segala macam, dinista, digosip, diapakanpun dia sabar saja, sebab tujuannya adalah orang-orang pilihan Tuhan. Tuhan yang ajak orang pilihan Tuhan itu dekat dengan Tuhan, maka pelayan Tuhan ini berjuang juga bagi orang pilihan Tuhan. Tujuannya supaya kita keluar dari sengasara 5 bulan mau cari mati tetapi tidak bisa mati, hanya berteriak kesakitan. Yang menyengat ini adalah belalang dalam 5 kombinasi yaitu singa, manusia, kuda, kelajengking dan belalang. Ini yang berat yang akan dihadapi penduduk dunia dan gereja Tuhan yang tertinggal. Tetapi yang disingkirkan tidak akan kena. Ini paling menyakitkan, tetapi manusia tidak ambil peduli walaupun sudah diingatkan, lebih suka mendengar yang bohong dari pada yang benar.

Itu sebabnya rasul Paulus berjuang, itupun yang ada dalam benak hati saya, saya berjuang supaya kita semua ini selamat masuk pada penyingkiran gereja. Walau bagaimanapun juga kami diterpa oleh berbagai tantangan, tetapi kami tetap berjuang untuk umat Tuhan. Bukannya malah pemberita bohong, saya tidak berani berkhotbah tanpa ayat Firman Tuhan sebagai pendukung. Kalau hanya menceritakan dongeng dalam gereja, itu cuma bohong! Yehezkiel diperhadapkan dengan pemberita bohong dan Tuhan suruh “Yehezkiel, tunjukan mukamu kepada mereka dan lawan!”.

Bangsa Israel disebut Tuhan sebagai umat pilihan Tuhan, bagaimana ciri mereka.
Ulangan 7:6
7:6 Sebab engkaulah umat yang kudus bagi TUHAN, Allahmu; engkaulah yang dipilih oleh TUHAN, Allahmu, dari segala bangsa di atas muka bumi untuk menjadi umat kesayangan-Nya.

Umat Israel dipilih karena di dalam kehidupan Israel ada rencana Allah. Lewat bangsa ini jadi jalur Yesus di bumi ini pada kali pertama. Sekarang Yesus tidak lama lagi akan datang pada kali kedua, bukan lagi sebagai bayi tetapi sebagai Mempelai Laki-laki Sorga untuk menjemput mempelai wanitaNya. Apakah kita ini adalah umat Tuhan yang cenderung untuk dikondisikan sebagai Mempelai Wanita atau hanya sebatas “saya orang percaya”. Tetapi bagaimana perjalanan rohani saudara, apakah dikondisikan oleh Firman menjadi Mempelai Wanita Tuhan. Tidak mungkin saya mengkondisikan saudara sebagai Mempelai Wanita Tuhan kalau dari mimbar ini saya membohongi terus saudara, sebab itu berseberangan dengan Tuhan.

Tadinya orang Israel adalah orang pilihan, tetapi akhirnya mereka suka mendengarkan yang bohong sebab yang tampil adalah ahli-ahli berbohong.
Yehezkiel 13:19
13:19 Kamu melanggar kekudusan-Ku di tengah-tengah umat-Ku hanya demi beberapa genggam jelai dan beberapa potong roti, dengan membunuh orang-orang yang tidak patut mati, dan membiarkan hidup orang-orang yang tidak patut hidup, dalam hal kamu berbohong kepada umat-Ku yang sedia mendengar bohong.

Umat Tuhan sedia mendengar bohong. Apalagi menjelang era 3,5 tahun aniaya antikristus, muncul ahli menipu, ahli bohong.
Daniel 8:23
8:23 Dan pada akhir kerajaan mereka, apabila orang-orang fasik telah penuh kejahatannya, maka akan muncul seorang raja dengan muka yang garang dan yang pandai menipu.

Orang fasik tadinya dibiarkan, sehingga akhirnya orang fasik ini penuh kejahatannya.

Daniel 8:24-25
8:24 Kekuatannya akan menjadi hebat, tetapi tidak sekuat yang terdahulu, dan ia akan mendatangkan kebinasaan yang mengerikan, dan apa yang dilakukannya akan berhasil; orang-orang berkuasa akan dibinasakannya, juga umat orang kudus.
8:25 Dan oleh karena akalnya, penipuan yang dilakukannya akan berhasil; ia akan membesarkan dirinya dalam hatinya, dan dengan tak disangka-sangka banyak orang akan dibinasakannya; juga ia akan bangkit melawan Raja segala raja. Tetapi tanpa perbuatan tangan manusia, ia akan dihancurkan.

Antikristus adalah pribadi yang melawan Yesus, Raja di atas segala raja. Di depan ini akan muncul tetapi gereja Tuhan sudah diterbangkan oleh Tuhan di satu tempat dan kita berpesta bersama dengan Tuhan. Gereja resepsi dengan Tuhan tetapi dunia mengalami resesi, mengalami kehancuran luar biasa. Yang terakhir ini jangan sampai terjadi di dalam kehidupan kita bersama.

Apa ciri orang yang dipilih oleh Tuhan, apa tugas pekerjaannya.
Bilangan 3:43-45
3:43 Semua anak sulung laki-laki yang dicatat namanya dalam pencatatan itu, yakni yang berumur satu bulan ke atas, ada dua puluh dua ribu dua ratus tujuh puluh tiga orang.
3:44 Lalu berfirmanlah TUHAN kepada Musa:
3:45 "Ambillah orang Lewi ganti semua anak sulung yang ada pada orang Israel, juga hewan orang Lewi ganti hewan mereka, supaya orang Lewi itu menjadi kepunyaan-Ku; Akulah TUHAN.

Jadi orang pilihan Tuhan ini menjadi pengganti. Anak-anak sulung dari 11 suku itu diganti oleh orang Lewi. Mereka orang pilihan Tuhan dan dilibatkan khusus untuk pelayanan. Apa yang mereka kerjakan?
Ulangan 18:5
18:5 Sebab dialah yang dipilih oleh TUHAN, Allahmu, dari segala sukumu, supaya ia senantiasa melayani TUHAN dan menyelenggarakan kebaktian demi nama-Nya, ia dan anak-anaknya.

Jadi ciri orang pilihan Tuhan senang melayani Tuhan tanpa paksaan, tanpa harus didorong-dorong, bahkan berupaya menawarkan diri untuk melayani Tuhan. Ini yang kita sangat dambakan dan Tuhan sangat rindukan di dalam kehidupan saudara dan saya.

Berarti diambilnya orang Lewi ini karena dia selalu dekat dengan Tuhan karena selalu menghadap hadirat Tuhan. Dan mereka ini selalu kenyang, orang Lewi ini tidak akan pernah kelaparan, itu janji Tuhan. Kalau kita ini sudah menjadi imam-imam oleh karena Korban Kristus, ingat ada janji Tuhan, orang lain lapar kamu kenyang, orang lain telanjang kamu berpakaian.

Ini penampilan orang fasik.
Yesaya 65:12
65:12 Aku akan menentukan kamu bagi pedang, dan kamu sekalian akan menekuk lutut untuk dibantai! Oleh karena ketika Aku memanggil, kamu tidak menjawab, ketika Aku berbicara, kamu tidak mendengar, tetapi kamu melakukan apa yang jahat di mata-Ku dan lebih menyukai apa yang tidak berkenan kepada-Ku."

Kalau yang bohong mereka dengar, jika berita yang benar mereka cuek saja.

Yehezkiel 65:13-15
65:13 Sebab itu beginilah firman Tuhan ALLAH: "Sesungguhnya, hamba-hamba-Ku akan makan, tetapi kamu akan menderita kelaparan; sesungguhnya, hamba-hamba-Ku akan minum, tetapi kamu akan menderita kehausan; sesungguhnya, hamba-hamba-Ku akan bersukacita, tetapi kamu akan mendapat malu;
65:14 sesungguhnya, hamba-hamba-Ku akan bersorak-sorai karena gembira hatinya, tetapi kamu akan mengerang karena sedih hati, dan kamu akan menangis karena patah semangat.
65:15 Kamu harus meninggalkan namamu kepada orang-orang pilihan-Ku untuk dipakai sebagai sumpah kutuk ini: Tuhan ALLAH kiranya membuat engkau seperti mereka! Tetapi hamba-hamba-Ku akan disebut dengan nama lain,

Jadi orang pilihan Tuhan benar dipelihara. Dan ini nubuatan buat kita akhir zaman ini. Umat Tuhan yang sungguh-sungguh mengasihi Tuhan dan selalu siap sedia untuk melayani Tuhan, sudah diganjar dan dijamin oleh Tuhan, percaya dan yakinlah. Jangan hanya enak kita nyanyikan “ku yakin saat Kau berfirman” tetapi tidak membekas di dalam hati”.

Kita didorong oleh Tuhan, mari kita dekat dengan Tuhan. Dan perhatikan Bait Allah maka kita akan diberi makan sampai kenyang. Kalau kita kenyang oleh kemuliaan Tuhan maka dunia ini tidak menarik lagi bagi kita. Bukan berarti kita tidak butuh, tetapi bukan lagi itu yang akan menguasai kita, tetapi hati kita benar-benar hanya tertuju kepada Dia yang memilih kita.

Orang pilihan Tuhan itu akan diberitahu oleh Tuhan rahasia Firman Allah. Jadi kepada orang pilihan Tuhan, Tuhan tidak akan sembunyikan rahasia, Tuhan akan bukakan rahasia. Kalau dalam gereja tidak ada pembukaan rahasia Firman, berarti yang beribadah di sana bukan orang pilhan. Tetapi kalau di dalam gereja ada pembukaan rahasia Firman, rahasia nikah Kristus dengan gereja, rahasia ibadah, rahasia kedatangan Tuhan pada kali kedua, rahasia hancurannya dunia ini, berarti jemaat itu adalah pilihan Tuhan.
Kejadian 18:17-19
18:17 Berpikirlah TUHAN: "Apakah Aku akan menyembunyikan kepada Abraham apa yang hendak Kulakukan ini?
18:18 Bukankah sesungguhnya Abraham akan menjadi bangsa yang besar serta berkuasa, dan oleh dia segala bangsa di atas bumi akan mendapat berkat?
18:19 Sebab Aku telah memilih dia, supaya diperintahkannya kepada anak-anaknya dan kepada keturunannya supaya tetap hidup menurut jalan yang ditunjukkan TUHAN, dengan melakukan kebenaran dan keadilan, dan supaya TUHAN memenuhi kepada Abraham apa yang dijanjikan-Nya kepadanya."

Ini contoh orang pilihan yaitu Abraham. Dia diberitahu oleh Tuhan bahwa Ishak akan datang tahun depan, artinya isterinya akan melahirkan seorang anak laki-laki tahun depan. Kemudian rahasia kedua yang dibuka oleh Tuhan adalah Sodom dan Gomora akan dibinasakan. Ishak adalah gambaran Tuhan Yesus. Jadi kalau dalam gereja Tuhan dikatakan “Tuhan sudah mau datang” jangan kita olok. Sebab dalam II Petrus pasal 3 dikatakan akhir zaman akan muncul pengejek-pengejek yang mengatakan “ah dari dulu kamu katakan Tuhan mau datang tetapi tidak datang-datang”. Sialnya kalau pendeta malah berkata “Tuhan tidak mau datang. Kalau sudah mati itu berarti Tuhan sudah datang” itu pembohongan. Akhirnya umat Tuhan tidak siap menyambut kedatangan Tuhan karena selalu dibohongi.

Kemudian disampaikan keadaan hancurnya Sodom. Begitu Abraham tahu bahwa Sodom dan Gomora akan dihancurkan oleh Tuhan, dia tidak serta merta mengatakan “silahkan Tuhan, bakar saja, hancurkan saja”. Sebab Abraham tahu persis keadaan Sodom dan Gomora, di sana ada keponakannya bernama Lot. Bahkan dia berdoa kalau masih ada 50, sampai kalau masih ada 10 orang benar. Tuhan katakan “kalau masih ada 10 orang benar di Sodom dan Gomora, Tuhan tidak akan membinasakan”. Berarti orang pilihan itu sangat diperhitungkan Tuhan suaranya. Jadi orang pilihan Tuhan itu sungguh-sungguh dihargai Tuhan. Tuhan tidak katakan “berhenti Abraham! Saya tidak suka permohonanmu itu!”. Tetapi Abraham ngomong terus dan Tuhan siap mendengar. Jadi orang pilihan Tuhan, apa yang dia ucapkan diperhitungkan oleh Tuhan dan ini sungguh dialami oleh Abraham.

Abraham ini disebut sahabat Allah. Yesus pernah berkata “Aku tidak lagi memanggil kamu hamba tetapi sahabat”. Kepada sahabat rahasia dibukakan.
Yohanes 15:15
15:15 Aku tidak menyebut kamu lagi hamba, sebab hamba tidak tahu, apa yang diperbuat oleh tuannya, tetapi Aku menyebut kamu sahabat, karena Aku telah memberitahukan kepada kamu segala sesuatu yang telah Kudengar dari Bapa-Ku.

Kepada sahabat dicurahkan rahasia. Tetapi itu baru sebatas sahabat. Kita tidak hanya sampai pada tingkat sahabat, tetapi disebut pada tingkat puncak sebagai Mempelai. Kalau sahabat biarpun dia sahabat karib, belum tentu dibukakan kamar melihat tempat tidur. Dia bisa melihat ruang tamu, bisa lihat foto-foto, tetapi belum tentu bisa nyelonong masuk kamar. Tetapi kalau mempelai, ke mana dia pergi? Bukan hanya diserambi depan, tetapi masuk kamar.

Jadi sahabatpun biarpun sudah dibukakan Firman, itupun masih terbatas. Tetapi kalau mempelai wanita Tuhan, tidak ada satupun yang disembunyikan oleh Tuhan, semuanya dibukakan.

Dalam Yehezkiel pasal 13 ini, pelayan atau dukun-dukun perempuan ini punya selubung.
Yehezkiel 13:21
13:21 Aku akan mengoyakkan selubungmu dan akan melepaskan umat-Ku dari tanganmu dan mereka tidak lagi menjadi mangsa di dalam tanganmu. Dan kamu akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN.

Berarti melayani tetapi ada hal yang ditutup-tutupi, tidak terbuka, tidak transparan. Inilah dukun-dukun perempuan yang disebut mengikatkan tali-tali azimat.
Yehezkiel 13:18
13:18 Katakanlah: Beginilah firman Tuhan ALLAH: Celakalah dukun-dukun perempuan, yang mengikatkan tali-tali azimat pada semua pergelangan dan mengenakan selubung pada kepala semua orang, tua atau muda, untuk menangkap jiwa orang. Apakah kamu hendak menangkap jiwa orang yang termasuk umat-Ku dan membiarkan orang-orang lain hidup untuk kepentinganmu?

I Petrus 2:16
2:16 Hiduplah sebagai orang merdeka dan bukan seperti mereka yang menyalahgunakan kemerdekaan itu untuk menyelubungi kejahatan-kejahatan mereka, tetapi hiduplah sebagai hamba Allah.

Pelayan-pelayan yang disebut dukun-dukun perempuan ini menyelubungi mukanya. Kalau kita selubungi muka dan jemaat juga pakai selubung maka yang kita lihat itu remang-remang, tidak jelas. Mereka ini menyelubungi kejahatan mereka. Jangan kita melayani tetapi menyelubungi kejahatan. Aduh, bahaya sekali kalau saya hamba Tuhan melayani tetapi menyelubungi kejahatan dan kenajisan. Makanya di dalam gereja Tuhan sekarang ini, terlalu banyak yang seperti dalam I Petrus 2:16.

Dukun-dukun permepuan ini melayani dalam bait Allah, dalam gereja, melayani dalam ibadah. Tetapi Tuhan berikan label “dukun-dukun perempuan”. Ada 6 ciri dukun perempuan.
Yehezkiel 13:19
13:19 Kamu melanggar kekudusan-Ku di tengah-tengah umat-Ku hanya demi beberapa genggam jelai dan beberapa potong roti, dengan membunuh orang-orang yang tidak patut mati, dan membiarkan hidup orang-orang yang tidak patut hidup, dalam hal kamu berbohong kepada umat-Ku yang sedia mendengar bohong.

1.      Melanggar kekudusan
Tidak menghargai kekudusan Tuhan. Tubuh ini adalah Bait Allah, tempat Roh Kudus.
I Korintus 3:16
3:16 Tidak tahukah kamu, bahwa kamu adalah bait Allah dan bahwa Roh Allah diam di dalam kamu?

Tetapi kalau tidak menghargai kekudusan Allah, itu memalukan! Supaya bisa fasih berkata-kata maka saya minum air kata-kata, panas telinga, lancar ngomong karena dirangsa oleh minuman keras. Ini sudah tidak menghargai kekudusan Tuhan! Bahkan kalau bisa di mimbar mereka ada asbak rokok, ini tidak menghargai kekudusan Tuhan! Kalau dilayani orang seperti itu, berarti umat tidak diarahkan kepada Tuhan. Terhadap orang seperti ini harus kita lawan. Bukan beramah-ramahan, bukan dielus-elus, tetapi lawan!
Yehezkiel 13:17
13:17 "Engkau anak manusia, tujukanlah mukamu kepada kaum perempuan bangsamu yang bernubuat sesuka hatinya saja dan bernubuatlah melawan mereka.

Mereka melanggar kekudusan, apakah kita mau biarkan. Bukan berarti Tuhan suruh tunjukan muka berarti melawan mereka untuk menghancurkan mereka, tidak! Maksudnya ditolong supaya mereka lepas dari ini. Sebab bahaya kalau diteruskan, kasihan kehidupan itu.

2.      Sasaran pelayanan hanya untuk mencari beberapa genggam jelai
Jadi saya melayani hanya untuk memenuhi kebutuhan perutku. Bahaya kalau motivasi pelayannku seperti itu.
Roma 16:17-18
16:17 Tetapi aku menasihatkan kamu, saudara-saudara, supaya kamu waspada terhadap mereka, yang bertentangan dengan pengajaran yang telah kamu terima, menimbulkan perpecahan dan godaan. Sebab itu hindarilah mereka!
16:18 Sebab orang-orang demikian tidak melayani Kristus, Tuhan kita, tetapi melayani perut mereka sendiri. Dan dengan kata-kata mereka yang muluk-muluk dan bahasa mereka yang manis mereka menipu orang-orang yang tulus hatinya.

Filipi 3:18-19
3:18 Karena, seperti yang telah kerap kali kukatakan kepadamu, dan yang kunyatakan pula sekarang sambil menangis, banyak orang yang hidup sebagai seteru salib Kristus.
3:19 Kesudahan mereka ialah kebinasaan, Tuhan mereka ialah perut mereka, kemuliaan mereka ialah aib mereka, pikiran mereka semata-mata tertuju kepada perkara duniawi.

Sangat berat sekali tanggung jawab seorang pelayan Tuhan.

3.      Orang benar justru disudutkan, yang tidak benar itu dipelihara. Kebenaran disudutkan dan yang tidak benar itu dikembangkan.

4.      Menutup-nutupi kejahatan

5.      Jiwa-jiwa yang dilayani cuma dimangsa

6.      Umat dibuat keras hati, tidak mau bertobat
Bahaya sekali di akhir zaman ini kalau umat dibuat keras hati dan tidak bertobat, aduh mereka mau dibawa ke mana.

Kehidupan seperti itu, arahnya:
Wahyu 9:20-21
9:20 Tetapi manusia lain, yang tidak mati oleh malapetaka itu, tidak juga bertobat dari perbuatan tangan mereka: mereka tidak berhenti menyembah roh-roh jahat dan berhala-berhala dari emas dan perak, dari tembaga, batu dan kayu yang tidak dapat melihat atau mendengar atau berjalan,
9:21 dan mereka tidak bertobat dari pada pembunuhan, sihir, percabulan dan pencurian.

Di depan ini kita tidak akan pernah menikmati lagi rasa aman. Kita bersyukur dan kita doakan pemerintah kita mengupayakan keamanan. Tetapi Firman Tuhan sudah menggariskan, ketika masuk 3,5 tahun aniaya antikristus, manusia tidak akan lagi merasa aman. Pembunuhan akan terjadi di mana-mana. Kemudian terjadi percabulan atau perzinahan, berarti nikah tidak akan lagi aman. Gereja Tuhan yang sudah tersingkir aman, tetapi bagi yang tertinggal nikahnya tidak aman. Begitu suami pergi, isteri tidak aman, suami yang pergi juga tidak aman. Kemudian terjadi pencurian, harta tidak aman lagi. Orang yang tertinggal dalam 3,5 tahun aniaya antikrist hartanya tidak aman, sawahnya tidak aman, sapinya tidak aman, rumahnya tidak aman, semua tidak aman sebab manusia sudah ditandai dengan puncak segala kejahatan.
Kekasih yang diberkati oleh Tuhan, mumpung kita masih diberikan kesempatan oleh Tuhan untuk hidup dan kita masih mendengarkan Firman Tuhan, mari kita sikapi. Bukan berarti saya menghakimi, tetapi ini mengingatkan kita supaya jangan kita terjebak seperti dukun-dukun perempuan. Melayani, tetapi diibaratkan sebagai dukun. Kalau dukun itu sama dengan sihir atau hobatan. Kalau hobatan berarti itu pelayan yang sudah menyimpang dari rencana Allah.

Kalau kita masuk pilihan Tuhan maka orang pilihan Tuhan itu pasti dapat jaminan luar biasa dari Tuhan.
Mazmur 65:5
65:5 Berbahagialah orang yang Engkau pilih dan yang Engkau suruh mendekat untuk diam di pelataran-Mu! Kiranya kami menjadi kenyang dengan segala yang baik di rumah-Mu, di bait-Mu yang kudus.

Jika ditanya, apakah saudara tidak suka berbahagia? Pasti kita akan menjawab “saya suka berbahagia”. Ini tawaran Tuhan, ini yang Tuhan berikan kepada kita. Jadi orang pilihan Tuhan ketika ada perintah untuk dekat dengan Tuhan, dia tidak akan mengelak.
Mazmur 122:1-2
122:1 Nyanyian ziarah Daud. Aku bersukacita, ketika dikatakan orang kepadaku: "Mari kita pergi ke rumah TUHAN."
122:2 Sekarang kaki kami berdiri di pintu gerbangmu, hai Yerusalem.

Kalau dia bukan orang pilihan Tuhan, mana dia mau diajak ke rumah Tuhan. Dikatakan “kiranya kami menjadi kenyang dengan segala yang baik di rumahMu” apakah ada yang tidak baik di rumah Tuhan? Tidak ada. Maka jika kita adalah kehidupan yang dipilih oleh Tuhan, tidak akan mengelak kalau diajak “ayo ke rumah Tuhan”.

Kita harus lebih dahulu, jangan sampai kita mengundang orang tetapi kita hanya jadi calo yang berteriak-teriak “Tentena, Tentena, Tentena”. Orang lain yang naik mobil sudah sampai di Tentena tetapi dia sendiri tidak ikut pergi dan tetap di terminal. Ini jangan sampai terjadi dalam diri kita.

Tuhan Memberkati.
GPT “Kristus Penebus”
Jl. Langgadopi No.4 Tentena
Kec. Pamona Puselemba, Kab. Poso, 94663
HP: 085241270477

Tidak ada komentar:

Posting Komentar