20191001

Kebaktian PA Kitab Yehezkiel, Selasa 1 Oktober 2019 Pdt. Bernard Legontu


Salam sejahtera di dalam kasih Tuhan Yesus Kristus.
                   
Yehezkiel 13:17-23
13:17 "Engkau anak manusia, tujukanlah mukamu kepada kaum perempuan bangsamu yang bernubuat sesuka hatinya saja dan bernubuatlah melawan mereka.
13:18 Katakanlah: Beginilah firman Tuhan ALLAH: Celakalah dukun-dukun perempuan, yang mengikatkan tali-tali azimat pada semua pergelangan dan mengenakan selubung pada kepala semua orang, tua atau muda, untuk menangkap jiwa orang. Apakah kamu hendak menangkap jiwa orang yang termasuk umat-Ku dan membiarkan orang-orang lain hidup untuk kepentinganmu?
13:19 Kamu melanggar kekudusan-Ku di tengah-tengah umat-Ku hanya demi beberapa genggam jelai dan beberapa potong roti, dengan membunuh orang-orang yang tidak patut mati, dan membiarkan hidup orang-orang yang tidak patut hidup, dalam hal kamu berbohong kepada umat-Ku yang sedia mendengar bohong.
13:20 Oleh sebab itu beginilah firman Tuhan ALLAH: Aku akan menentang tali-tali azimatmu, dengan mana kamu menangkap jiwa orang dan Aku akan mengoyakkannya dari tanganmu dan melepaskan seperti burung-burung, orang-orang yang kamu tangkap.
13:21 Aku akan mengoyakkan selubungmu dan akan melepaskan umat-Ku dari tanganmu dan mereka tidak lagi menjadi mangsa di dalam tanganmu. Dan kamu akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN.
13:22 Oleh karena kamu melemahkan hati orang benar dengan dusta, sedang Aku tidak mendukakan hatinya, dan sebaliknya kamu mengeraskan hati orang fasik, sehingga ia tidak bertobat dari kelakuannya yang fasik itu, dan kamu membiarkan dia hidup.
13:23 Oleh sebab itu kamu tidak lagi melihat perkara-perkara yang menipu dan mengucapkan tenungan-tenungan bohong; Aku akan melepaskan umat-Ku dari tanganmu dan kamu akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN."

Roh yang bergerak dalam Yehezkiel pasal 13 ini bukan berarti sudah berakhir di zaman Yehezkiel, ini berjalan terus hingga menjelang Yesus datang pada kali yang kedua. Karena roh yang ada pada ayat-ayat yang kita baca ini dilatarbelakangi oleh iblis untuk menghalang-halangi rencana Tuhan. Iblis menggunakan pelayan-pelayan untuk menghalangi rencana Tuhan dalam gereja. Dengan demikian betapa parahnya kami hamba-hamba Tuhan jika tidak mengenal rencana Tuhan.

Mereka ini bergerak bukan di luar tetapi di dalam ibadah. Jadi wilayah kerjanya penipu dan pembohong ini justru di dalam wilayah rohani. Kalau dikatakan secara terbuka, ini di wilayah gereja Tuhan. Di situ bergentayangan pelayan-pelayan model seperti ini. Secara rohani kita lihat mereka melayani tetapi menghalangi rencana Tuhan.

Kemudian isi pelayanan mereka bertabrakan dengan maksud Tuhan. Bukan hanya bertabrakan tetapi bentuk pelayanan mereka menghujat rencana Allah. Ini yang akan terjadi dan memuncak di akhir zaman ini. Jika kami hamba Tuhan tidak menyadari dan tidak mendeteksi cara kerja kuasa kegelapan maka kami bisa kena. Makanya dalam Wahyu 17:1 Tuhan bicara melalui malaikat-malaikat itu “sini, Aku akan memperlihatkan Babel sundal besar”.
Wahyu 17:1
17:1 Lalu datanglah seorang dari ketujuh malaikat, yang membawa ketujuh cawan itu dan berkata kepadaku: "Mari ke sini, aku akan menunjukkan kepadamu putusan atas pelacur besar, yang duduk di tempat yang banyak airnya.

Kemudian di dalam Wahyu 21:9 Yohanes dipanggil lagi “sini, Aku akan memperlihatkan Mempelai Wanita”.
Wahyu 21:9
21:9 Maka datanglah seorang dari ketujuh malaikat yang memegang ketujuh cawan, yang penuh dengan ketujuh malapetaka terakhir itu, lalu ia berkata kepadaku, katanya: "Marilah ke sini, aku akan menunjukkan kepadamu pengantin perempuan, mempelai Anak Domba."

Jadi kami hamba Tuhan harus memahai dua hal ini. Apakah kami bekerja seperti Wahyu pasal 17 yang membesarkan babel atau kami melayani dan beribadah untuk membesarkan kemuliaan Yerusalem. Jadi apa yang terjadi dalam kitab Yehezkiel ini memuncak pada Wahyu pasal 17 dan 18.

Olehnya kita harus pandai-pandai sekarang memperhatikan, utamanya kami hamba Tuhan harus tenggelam dalam rencana Allah, memahami rencana Allah, sehingga pelayanan kami akan berujung pada Wahyu pasal 19 dan 21. Yaitu terciptanya mempelai wanita, sehingga mempelai wanita itu benar-benar dikondisikan lewat pelayanan hamba Tuhan untuk duduk bersanding bersama dengan Kristus.

Jika melihat di penghujung akhir zaman ini, ini adalah ibadah mereka. Jika kita juga ada pada waktu itu maka kita akan mengatakan “kami juga beribadah dan melayani Tuhan. Coba lihat pekerjaan mereka”. Tanpa disadari ternyata pelayanan ini adalah pelayanan yang melawan rencana Tuhan. Berarti arahnya tidak tepat. Dan ini diingatkan oleh rasul Paulus kepada kita, supaya ibadah kita punya arah yang jelas dan tepat. Jadi ditunjuk fokus kemudian bagaimana menghentar untuk mencapai titik atau sasaran itu. Hal ini tidak boleh kita abaikan, apalagi saya. Saya katakan saya takut dan saya minta ampun. Seberapa jiwa yang Tuhan percayakan untuk kami gembalakan jangan sampai saya salah tuntun, salah bimbing, salah pimpin, karena itu akan menjadi musibah rohani. Lebih parah lagi yang menuntun, akan dipanggang oleh Tuhan di neraka atau di dalam 3,5 tahun aniaya antikristus.

Efesus 4:11-12
4:11 Dan Ialah yang memberikan baik rasul-rasul maupun nabi-nabi, baik pemberita-pemberita Injil maupun gembala-gembala dan pengajar-pengajar,
4:12 untuk memperlengkapi orang-orang kudus bagi pekerjaan pelayanan, bagi pembangunan tubuh Kristus,

Begitu besar kerinduan hati Tuhan untuk menampilkan gereja Tuhan sehingga Tuhan mengangkat 5 jabatan. Dia kaderisasi hamba-hambaNya, Dia kelola dan bentuk karakter hamba-hamba Tuhan ini. Kenapa? Sebab sasarannya harus jelas yaitu pembangunan Mempelai Wanita Tuhan. Tubuh Kristus itu adalah isteri dan isteri itulah Mempelai Wanita Tuhan. Jadi jangan sampai salah, bisa saja kita semua mengatakan kita anggota tubuh Kristus. Tetapi kalau tidak kena sasaran maka saudara bisa lepas dari pembentukan Tubuh Kristus.

Efesus 4:13
4:13 sampai kita semua telah mencapai kesatuan iman dan pengetahuan yang benar tentang Anak Allah, kedewasaan penuh, dan tingkat pertumbuhan yang sesuai dengan kepenuhan Kristus,

Lewat 5 jabatan ini ditumbuhkan iman percaya kita sehingga pengenalan kita bertumbuh sempurna, tidak salah pengenalan kita kepada Yesus Mempelai Laki-laki Sorga.

Efesus 4:14
4:14 sehingga kita bukan lagi anak-anak, yang diombang-ambingkan oleh rupa-rupa angin pengajaran, oleh permainan palsu manusia dalam kelicikan mereka yang menyesatkan,

Ini bukan lagi kanak-kanak rohani. Saya tentu lebih dahulu. Kalau saja saya masih juga mendengar ajaran lain dan saya pergi ke sana, akhirnya hati bisa diombang-ambingkan. Dengar pengajaran lain, hati mulai bimbang. Datang lagi di satu tempat mendengar yang lain, menjadi bimbang lagi. Orang bimbang tidak akan mendapatkan apa-apa, berarti nihil/ kosong.
Yakobus 1:8
1:8 Sebab orang yang mendua hati tidak akan tenang dalam hidupnya.

Tugas 5 jabatan ini adalah menempatkan seseorang pada tempat yang benar. Kenapa mesti bimbang lagi! Kalau bicara soal laki dan perempuan, sudah jelas di dalam Efesus yaitu menempatkan suami pada tempat yang benar, menempatkan isteri pada tempat yang benar, menempatkan pelayan-pelayan pada tempat yang benar. Kalau isteri ditepatkan pada tempat yang benar, suami ditempatkan pada tempat yang benar itu sudah betul kenapa isteri rubah lagi “saya mau jadi gembala!” akhirnya bimbang lagi. Ini berarti tidak ditangani oleh 5 jabatan. Orang yang bimbang seperti ini tidak ditangani oleh 5 jabatan.
1.      Jabatan pertama adalah nabi, Firman nubuatan.
2.      Jabatan rasul, Firman pengajaran.
3.      Jabatan penginjil, itu jari tengah.
4.      Jabatan gembala, itu jari manis. Gembala menampung apa yang diinjili dan ditangani oleh nabi dan rasul.
5.      Jabatan pengajar

Tidak perlu lagi bimbang isteri harus begini, suami harus begitu, gembala harus laki-laki. Kenapa mau bimbang lagi, Firman sudah katakan kenapa mau dilawan. Sampai ada yang mengangkat tentang Febe. Padahal Febe di Kengkrea bukanlah gembala, bukan episkopos, tetapi dia adalah Diakonia. Febe tidak mengajar Paulus, itu sebabnya baca juga ayat 2, jangan hanya ayat 1. Febe melayani dalam bentuk bantuan-bantuan sosial.
Roma 16:1-2
16:1 Aku meminta perhatianmu terhadap Febe, saudari kita yang melayani jemaat di Kengkrea,
16:2 supaya kamu menyambut dia dalam Tuhan, sebagaimana seharusnya bagi orang-orang kudus, dan berikanlah kepadanya bantuan bila diperlukannya. Sebab ia sendiri telah memberikan bantuan kepada banyak orang, juga kepadaku sendiri.

Kemudian ada yang mengatakan Debora, berarti dia tidak baca betul Hakim-hakim pasal 4.
Hakim-hakim 4:8-9
4:8 Jawab Barak kepada Debora: "Jika engkau turut maju aku pun maju, tetapi jika engkau tidak turut maju aku pun tidak maju."
4:9 Kata Debora: "Baik, aku turut! Hanya, engkau tidak akan mendapat kehormatan dalam perjalanan yang engkau lakukan ini, sebab TUHAN akan menyerahkan Sisera ke dalam tangan seorang perempuan." Lalu Debora bangun berdiri dan pergi bersama-sama dengan Barak ke Kedesh.

Kalau perempuan di depan maka laki-laki kehilangan kemuliaan. Padahal kemuliaan Allah ada pada laki-laki kemudian dilanjutkan pada perempuan. Tetapi sekarang ini orang sudah tidak tahu malu, sudah hilang urat malunya.

Apakah Samuel itu nabi abal-abal? Kenapa dia menulis dalam I Samuel 12:11 dia membuang Debora dan hanya Barak yang dia tampilkan. Apakah Samuel tidak tahu bahwa Debora ikut bersama Barak? Dia tahu, karena dia nabi.
I Samuel 12:11
12:11 Sesudah itu TUHAN mengutus Yerubaal, Barak, Yefta dan Samuel, dan melepaskan kamu dari tangan musuh di sekelilingmu, sehingga kamu diam dengan tenteram.

Pada ayat ini hilang nama Debora sebab penulisnya tahu bukan perempuan yang diorbitkan tetapi laki-laki.

Ibrani 11:32
11:32 Dan apakah lagi yang harus aku sebut? Sebab aku akan kekurangan waktu, apabila aku hendak menceriterakan tentang Gideon, Barak, Simson, Yefta, Daud dan Samuel dan para nabi,

Hilang nama Debora dalam ayat ini. Apakah penulis ayat ini yaitu Paulus itu bego! Apakah Paulus tidak tahu sejarah Israel? Tetapi di sini Debora tersisih, sebab bukan dia yang harus diorbitkan. Makanya Barak pada waktu itu memohon-mohon supaya Debora ikut. Tetapi Debora mengatakan “hilang kemuliaanmu nanti”. Ini yang sekarang ini justru dibantah. Saya heran kalau hamba Tuhan di dalam pengajaran mempelai justru bimbang.

I Korintus 11:7
11:7 Sebab laki-laki tidak perlu menudungi kepalanya: ia menyinarkan gambaran dan kemuliaan Allah. Tetapi perempuan menyinarkan kemuliaan laki-laki.

Ini dibantah, tetapi ayat 16 jawabannya. Orang yang membantah bukan jemaat Tuhan. Coba di sini 5 orang jemaat, lalu di sana 1000 orang jemaat tetapi suka membantah. Maka Tuhan katakan “yang 1000 itu bukan jemaatKu!”.
I Korintus 11:16
11:16 Tetapi jika ada orang yang mau membantah, kami maupun Jemaat-jemaat Allah tidak mempunyai kebiasaan yang demikian.

Ini gawat, kalau ini disampaikan bukan mengada-ada karena Firman yang mengatakan. Olehnya kita harus perhatikan kitab Yehezkiel ini. Ini adalah pengajaran yang luar biasa yang Tuhan titipkan kepada kita di mana wilayah kebohongan itu ada di wilayah rohani di dalam kehidupan anak-anak Tuhan. Ada yang dilayani oleh dukun-dukun perempuan ini dan mereka membohongi jemaat. Kenapa? Mereka biarkan orang fasik. Padahal orang fasik ini adalah orang yang menepis Firman.
Ayub 21:14 (pendapat Ayub bahwa kemujuran orang fasik kelihatan tahan lama)
21:14 Tetapi kata mereka kepada Allah: Pergilah dari kami! Kami tidak suka mengetahui jalan-jalan-Mu.

Orang fasik ini adalah orang yang dosa bertutur di dalam hati mereka tetapi mereka anggap biasa-biasa saja.
Mazmur 36:2
36:2 Dosa bertutur di lubuk hati orang fasik; rasa takut kepada Allah tidak ada pada orang itu,

Ini dipelihara oleh dukun-dukun ini. Pelayan-pelayan bohong ini tidak mengoreksi bahwa ini salah, tetapi dibiar. Tujuannya karena orang fasik ini tidak segan-segan berbuat dosa dan hasil dosa itu dibawa di gereja sehingga Alkitab mengatakan “gembala makan dosa umat”. Contohnya kalau ada yang menjual miras atau rokok kemudian dia perpuluhkan, berarti saya makan dosa umat. Saya tidak mau seperti itu.
Hosea 4:6 (Terjemahan Lama)
4:6 Bahwa umat-Ku dibinasakan sebab mereka itu tiada berpengetahuan, melainkan kamu sudah mencelakan pengetahuan, sehingga Kutolak akan kamu, supaya jangan kamu melakukan imamat bagi-Ku; tegal kamu sudah melupakan hukum Allahmu, maka Aku juga melupakan anak-anakmu.

Yang menghambat sehingga umat tidak mengenal Tuhan adalah pelayan-pelayan Tuhan. Akhirnya imam ini ditolak oleh Tuhan bersama jemaat, bencana rohani beruntun mereka alami.

Hosea 4:7-8 (Terjemahan Lama)
4:7 Makin mereka itu bertambah-tambah banyaknya, makin mereka itu berdosa kepada-Ku; maka sebab itu Aku mengubahkan kelak kemuliaannya menjadi kehinaan.
4:8 Mereka itu makan dosa umat-Ku dan dipuaskannya hatinya dengan kesalahannya.

Orang fasik dibiarkan brutal di dalam gereja. Akhirnya imam-imam makan dosa umat dan mereka disebut senasib. Padahal Yesaya pasal 65 mengatakan kalau imam ini benar maka Tuhan katakan “yang lain lapar, engkau akan kenyang. Yang lain haus, engkau akan minum. Yang lain telanjang, engkau akan berpakaian”. Saya tidak mau kehilangan janji ini. Itu sebabnya sebagai hamba Tuhan, lewat pelayanan dan lipat lutut di kaki Tuhan,  saya harus tanya kepada Tuhan ayat demi ayat. Bila belum mendapat jawaban, curahkan lagi hati menangisi. Begitu 1 kata saja muncul, langsung membias. Sebabnya saya harus menggalakan hubungan dengan Tuhan, harus mesra dengan Tuhan. Kenapa? Karena kebutuhan jemaat supaya jemaat menjadi Mempelai Wanita Tuhan. Jangan diombang ambingkan lagi oleh pengajaran palsu.

Kalau saudara mendengar itu Maria Magdalena bersaksi, silahkan. Maria Magdalena bukan mengajar murid-murid, hanya menyampaikan pesan.

Efesus 4:14
4:14 sehingga kita bukan lagi anak-anak, yang diombang-ambingkan oleh rupa-rupa angin pengajaran, oleh permainan palsu manusia dalam kelicikan mereka yang menyesatkan,

Rupa-rupa angin pengajaran di mana wilayah geraknya? Di dalam gereja. Sama seperti dukun-dukun di dalam Bait Allah. Jadi angin pengajaran permainan palsu manusia ini ditunggangi oleh ular yang cerdik. Inilah yang membuat banyak orang diombang-ambingkan. Saya sudah tahu kalau ada orang diombang-ambingkan, sudah bingung, berarti dia kena ludah ular. Kalau tidak cepat ditolong, habislah dia! Cerita ini ada dalam Alkitab, berarti ada dalam wilayah rohani.

Efesus 4:15-16
4:15 tetapi dengan teguh berpegang kepada kebenaran di dalam kasih kita bertumbuh di dalam segala hal ke arah Dia, Kristus, yang adalah Kepala.
4:16 Dari pada-Nyalah seluruh tubuh, -- yang rapi tersusun dan diikat menjadi satu oleh pelayanan semua bagiannya, sesuai dengan kadar pekerjaan tiap-tiap anggota -- menerima pertumbuhannya dan membangun dirinya dalam kasih.

Dari pengajaran kepala itu kita bertumbuh. Jangan bertumbuh lewat yang lain. Kita ini dikoordinir oleh Firman pengajaran, sehingga kita diarahkan betemu dengan Dia Kepala Gereja Mempelai Laki-laki Sorga. Jangan sampai kita terhuyung-huyung dalam 3,5 tahun aniaya antikristus. Jika di dalam Firman penggembalaan, banyak hal indah kita temukan dan jelas arah kita mau ke mana. Jangan sampai kita salah.

Dalam kitab Yehezkiel pasal 13 ini lihat cara mereka kerja. Yang kita lihat di sini ada 7 hal yang menonjol dalam pelayanan ini. Motivasi pelayanan mereka terlalu nampak sekali. Jika saya katakan terlalu nampak, karena dibukan oleh Tuhan kedok mereka. Jika tidak, maka terselubung karena mereka berusaha untuk menyelubungi.
Yehezkiel 13:18
13:18 Katakanlah: Beginilah firman Tuhan ALLAH: Celakalah dukun-dukun perempuan, yang mengikatkan tali-tali azimat pada semua pergelangan dan mengenakan selubung pada kepala semua orang, tua atau muda, untuk menangkap jiwa orang. Apakah kamu hendak menangkap jiwa orang yang termasuk umat-Ku dan membiarkan orang-orang lain hidup untuk kepentinganmu?

Selubung ini menutupi kepala, artinya wujudnya ditutupi, jadi tidak transparan, tidak jelas. Jadi begitu lihai dan licik, ada hal-hal yang ditutup sehingga wujudnya tidak nyata. Ini adalah pelayanan yang tidak transparan, tidak jelas.
Efesus 5:11
5:11 Janganlah turut mengambil bagian dalam perbuatan-perbuatan kegelapan yang tidak berbuahkan apa-apa, tetapi sebaliknya telanjangilah perbuatan-perbuatan itu.

Makanya Tuhan bertindak dan menelanjangi mereka. Mereka justru menyembunyikan maka Tuhan bertindak menelanjangi mereka.

Efesus 5:12-13
5:12 Sebab menyebutkan saja pun apa yang dibuat oleh mereka di tempat-tempat yang tersembunyi telah memalukan.
5:13 Tetapi segala sesuatu yang sudah ditelanjangi oleh terang itu menjadi nampak, sebab semua yang nampak adalah terang.

Mestinya mereka yang harus menelanjangi diri. Tetapi di sini bukan mereka yang menelanjangi diri, tetapi Tuhan yang menelanjangi mereka, Tuhan yang menunjukkan kebobrokan mereka. Yang fasik mereka topang luar biasa, yang benar mereka lemahkan.

Tujuan pelayanan mereka ada 7.
1.      Untuk beberapa genggam jelai
Jadi motivasi pelayanan mereka adalah soal perut. Tuhan berbicara melalui Rasul Paulus, dengan derai air mata dia menulis “ada orang yang melayani tetapi menjadi seteru salib”. Keprihatinan Paulus melihat pelayan-pelayan seperti dukun-dukun perempuan ini membuat hati Paulus hancur dan dia menangis saat menulis.
Filipi 3:18
3:18 Karena, seperti yang telah kerap kali kukatakan kepadamu, dan yang kunyatakan pula sekarang sambil menangis, banyak orang yang hidup sebagai seteru salib Kristus.

Paulus menangis karena kasihnya kepada mereka. Kalau sekarang saya menangis orang malah mengatakan “sok!” tetapi tidak menjadi masalah.

Filipi 3:19
3:19 Kesudahan mereka ialah kebinasaan, Tuhan mereka ialah perut mereka, kemuliaan mereka ialah aib mereka, pikiran mereka semata-mata tertuju kepada perkara duniawi.

Ini sama dengan yang terjadi dalam Yehezkiel pasal 13. Coba bayangkan 600 tahun sebelum Yesus dan abad pertama sesudah Yesus, suasananya sama. Apalagi sekarang! Jika mata kami hamba Tuhan tidak dibuka dan mata iman kami tidak dijamah oleh Tuhan, habislah kita ditelan oleh pelayan seperti ini. Rasul Paulus menangis, kenapa? Sebab kontradiksi dengan Paulus. Paulus melayani dengan cuma-cuma tetapi mereka melayani untuk kepentingan perut.

I Korintus 9:15
9:15 Tetapi aku tidak pernah mempergunakan satu pun dari hak-hak itu. Aku tidak menulis semuanya ini, supaya aku pun diperlakukan juga demikian. Sebab aku lebih suka mati dari pada ...! Sungguh, kemegahanku tidak dapat ditiadakan siapa pun juga!

Lebih baik mati dari pada melayani seperti itu!
I Korintus 9:16
9:16 Karena jika aku memberitakan Injil, aku tidak mempunyai alasan untuk memegahkan diri. Sebab itu adalah keharusan bagiku. Celakalah aku, jika aku tidak memberitakan Injil.

Ini yang pertama ditemukan Tuhan di dalam pelayanan mereka. Ternyata tujuan mereka adalah beberapa genggam jelai.

2.      Mereka tidak menghargai orang benar, sebaliknya berusaha membunuh. Berarti kebenaran itu mau mereka binasakan. Di sini disebut orang benar, bukan orang-orang benar. Berarti hubungannya dengan pribadi Yesus.
Yakobus 5:6
5:6 Kamu telah menghukum, bahkan membunuh orang yang benar dan ia tidak dapat melawan kamu.

Yesus dibunuh, Dia menampilkan diri dalam keadaan lemah tak berdaya.

Berarti di dalam pelayanan ini bukan semua mengangkat orang benar. Orang benar ini adalah Yesus, Yesus adalah Firman pengajaran, itu yang mau mereka bunuh. Pengajaran yang harusnya kuat, tegas dan kokoh, kemudian mereka lemahkan. Kalau kita menemukan pengajaran dan saudara dilemahkan, cepat hindari! Ini ciri kedua bentuk pelayanan mereka.

3.      Orang fasik dipelihara
Yesaya 57:20-21
57:20 Tetapi orang-orang fasik adalah seperti laut yang berombak-ombak sebab tidak dapat tetap tenang, dan arusnya menimbulkan sampah dan lumpur.
57:21 Tiada damai bagi orang-orang fasik itu," firman Allahku.

Ayub 21:14-15 (Perikop:pendapat Ayub bahwa kemujuran orang fasik kelihatannya tahan lama)
21:14 Tetapi kata mereka kepada Allah: Pergilah dari kami! Kami tidak suka mengetahui jalan-jalan-Mu.
21:15 Yang Mahakuasa itu apa, sehingga kami harus beribadah kepada-Nya, dan apa manfaatnya bagi kami, kalau kami memohon kepada-Nya?

Begitu rupa mereka melecehkan Tuhan. Makanya dalam kitab Yeremia diceritakan mereka memohon kepada ratu sorga.

4.      Jiwa-jiwa yang mereka layani, tujuannya untuk dimangsa. Jadi bayangkan kalau namanya dimangsa, sampai kuku-kukunya, tulang-tulangnya, usus-ususnya, semua dia kunyah. Binatang yang memangsa itu tidak akan memilih, apapun yang dia dapat itu dia makan. Kalau kucing, dia makan tikus mulai dari kepalanya. Itu namanya memangsa, berarti semua-semuanya dia kunyah.

Jiwa-jiwa itu dimangsa berarti penampilan pelayan-pelayan itu bagaikan binatang buas. Ternyata mereka ada di wilayah rohani, ada di dalam gereja.

5.      Menutup-nutupi kejahatan
Memang ada ayat yang mengatakan kasih itu menutup dosa. Tetapi dosa yang ditutup adalah dosa yang diakui kemudian ditutup dengan darah Yesus. Tetapi di sini menutup-nutupi kejahatan berarti tidak mau mengakui, tidak mau transparan/sembunyi dosa.

6.      Jiwa-jiwa tidak diutamakan soal pertumbuhan rohani, bahkan dibuat lemah. Sebab dikatakan tadi orang yang benar malah mereka lemahkan.
Yehezkiel 13:22
13:22 Oleh karena kamu melemahkan hati orang benar dengan dusta, sedang Aku tidak mendukakan hatinya, dan sebaliknya kamu mengeraskan hati orang fasik, sehingga ia tidak bertobat dari kelakuannya yang fasik itu, dan kamu membiarkan dia hidup.

Akhirnya orang itu dilemahkan karena kebenaran itu diputar balik lagi.

7.      Kekerasan hati dikembangkan, alias dipertahankan. Jadi kalau kekerasan hati dipertahankan sudah jelas ibadahnya kepada terafim, kepada dewa atau berhala.

Ciri orang pilihan Tuhan pasti nampak ada hal yang nyata:
1.      Anak Tuhan atau hamba Tuhan itu roh ketaatannya tumbuh. Akan memuncak kepada: Roma 15:18
15:18 Sebab aku tidak akan berani berkata-kata tentang sesuatu yang lain, kecuali tentang apa yang telah dikerjakan Kristus olehku, yaitu untuk memimpin bangsa-bangsa lain kepada ketaatan, oleh perkataan dan perbuatan,

Berarti anak Tuhan dan hamba Tuhan itu selalu berupaya menumbuh kembangkan roh ketaatan.
Kolose 3:24-25
3:24 Kamu tahu, bahwa dari Tuhanlah kamu akan menerima bagian yang ditentukan bagimu sebagai upah. Kristus adalah tuan dan kamu hamba-Nya.
3:25 Barangsiapa berbuat kesalahan, ia akan menanggung kesalahannya itu, karena Tuhan tidak memandang orang.

Jadi ada roh ketaatan kepada majikan. Makanya diingatkan pada ayat 25. Supaya roh ketaatan kita tumbuh, jangan diganggu oleh ayat 25 ini.

2.      Tidak memiliki roh membantah, tidak punya sikap dan tabiat yang suka membantah.
I Korintus 11:16
11:16 Tetapi jika ada orang yang mau membantah, kami maupun Jemaat-jemaat Allah tidak mempunyai kebiasaan yang demikian.

Jangan suka membantah, membantah Firman Tuhan. Apalagi di dalam pelayanan kita, kita dipercaya ditangani oleh hamba Tuhan, jangan kita suka menggalakkan membantah gembala. Kadang-kadang membantah dianggap biasa, padahal itu berarti dia sudah keluar dari kumpulan jemaat Tuhan, keluar dari anggota Tubuh Kristus.

3.      Orang pilihan Tuhan melayani dengan hati yang tulus ikhlas. Yang bukan pilihan Tuhan, melayani tidak dengan hati tulus ikhlas, dia melayani dengan kasih pura-pura.
Roma 12:9
12:9 Hendaklah kasih itu jangan pura-pura! Jauhilah yang jahat dan lakukanlah yang baik.

Matius 24:45-46
24:45 "Siapakah hamba yang setia dan bijaksana, yang diangkat oleh tuannya atas orang-orangnya untuk memberikan mereka makanan pada waktunya?24:46 Berbahagialah hamba, yang didapati tuannya melakukan tugasnya itu, ketika tuannya itu datang.

4.      Orang pilihan Tuhan penampilannya tidak meragukan, dia dapat dipercaya.
I Korintus 4:1-2
4:1 Demikianlah hendaknya orang memandang kami: sebagai hamba-hamba Kristus, yang kepadanya dipercayakan rahasia Allah.
4:2 Yang akhirnya dituntut dari pelayan-pelayan yang demikian ialah, bahwa mereka ternyata dapat dipercayai.

Dia dapat dipercaya sebab Tuhan pakai mulutnya sehingga kita mendengar yang terucap dari mulutnya adalah rahasia Allah. Jika yang melayani itu adalah pelayan yang dapat dipercayai Tuhan dan diterima oleh umat Tuhan maka umat Tuhan itu bersaksi dan kesaksiannya juga tidak dapat diragukan. Jika bapak, ibu, saudara bersaksi, tunjukanlah arah supaya jelas. Jangan sampai jiwa-jiwa itu hanya dimangsa. Tetapi Tuhan katakan “jiwa yang kamu mangsa akan Aku rebut dan Aku berikan kepada orang lain”.

GPT “Kristus Penebus”
Jl. Langgadopi No.4 Tentena
Kec. Pamona Puselemba, Kab. Poso, 94663
HP: 085241270477
Tuhan Memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar