20140315

Kebaktian Doa, Sabtu 15 Maret 2014 Pdt. Bernard Legontu


Salam sejahtera di dalam nama Tuhan Yesus Kristus.

Amos 5:4-6
5:4 Sebab beginilah firman TUHAN kepada kaum Israel: "Carilah Aku, maka kamu akan hidup!
5:5 Janganlah kamu mencari Betel, janganlah pergi ke Gilgal dan janganlah menyeberang ke Bersyeba, sebab Gilgal pasti masuk ke dalam pembuangan dan Betel akan lenyap."
5:6 Carilah TUHAN, maka kamu akan hidup, supaya jangan Ia memasuki keturunan Yusuf bagaikan api, yang memakannya habis dengan tidak ada yang memadamkan bagi Betel.

Mencari Tuhan berarti mencari Pencipta langit dan bumi yang lewat Firman yang kita dengar hari-hari terakhir ini itu adalah mencari Mempelai Laki-laki Sorga. Mencari berarti ada alamat yang dituju. Mencari berarti ada usaha. Untuk bertemu dengan Mempelai Laki-laki Sorga harus ada usaha. Dalam usaha itu ada 3 hal yang harus rela kita korbankan untuk mencari Mempelai Laki-laki Sorga.

1.      Korban waktu
Dalam mencari Tuhan ini ada benturan-benturan dengan daging kita. Anjuran Tuhan untuk mencari Dia maksudnya supaya kita hidup dan bukannya supaya mati tetapi kadang ketika kita mau berkorban waktu seakan-akan kita tercekik dan mau mati padahal itu adalah bagian dari usaha orang yang mencari. Tuhan Yesus ada di Ruangan Maha Kudus jadi mau tidak mau kita harus melewati pintu tirai kalau mau bertemu dengan Tuhan Yesus. Artinya bagaimanapun juga kita harus merobek daging kita.

Dengan adanya peti perjanjian di dalam Ruangan Maha Kudus berarti ada orang yang lolos, ada orang yang akan berhasil bagaikan peti perjanjian menerima tutup peti. Itu adalah orang yang mencari Tuhan dan hidup. Semoga orang yang berhasil itu adalah antara lain kehidupan saudara. Untuk sampai di sana kita harus rela daging kita ditebas oleh pedang Tuhan/ disucikan.

Memang untuk sampai di sana harus melalui tahap-tahap mulai dari pintu gerbang, halaman Tabernakel, pintu kemah, masuk ke ruangan suci dan akhirnya harus melewati pintu tirai untuk sampai ke ruangan maha kudus dan tidak dapat dipisahkan lagi. Itulah kehidupan yang mencari Tuhan yang sampai pada hubungan yang disebut hubungan mempelai.

Saya sebagai hamba Tuhan hanya memberitakan, mengajarkan dan menganjurkan sekaligus membimbing kita sampai di sana tetapi terpergantung kita masing-masing mau ke sana atau tidak. Kalau kita tidak rela kena pedang Firman Allah ketika melewati pintu tirai maka kita akan kena pedang antikristus. Ini yang ditangisi oleh Tuhan supaya jangan kita ke sana. Namun kadang kita tidak memahami kasih sayang Tuhan yang Tuhan taruh dalam hati gembala sehingga gembala menyuarakannya karena Tuhan cinta kita agar jangan kita kena pedang antikristus. Tuhan ingin mengulurkan tanganNya supaya Ia merangkul/ melindungi kita.

Korban waktu kita bila dibandingkan dengan orang Israel masih terlampau jauh. Dalam 1 minggu orang Israel mengorbankan 24 jam untuk Tuhan yaitu pada hari sabat. Tuhan meminta untuk mengambil waktu berdoa 1 jam seperti yang dikatakan kepada Petrus, Yohanes dan Yakobus ketika akan menghadapi derita salib.
Matius 26:40-41
26:40 Setelah itu Ia kembali kepada murid-murid-Nya itu dan mendapati mereka sedang tidur. Dan Ia berkata kepada Petrus: "Tidakkah kamu sanggup berjaga-jaga satu jam dengan Aku?
26:41 Berjaga-jagalah dan berdoalah, supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan: roh memang penurut, tetapi daging lemah."

2.      Korban tenaga
Dibandingkan pengorbanan Kristus, pengorbanan kita belum ada apa-apanya. Tuhan Yesus rela mengorbankan tubuh, jiwa, rohNya hancur di salib Golgota untuk menyelamatkan kita. Ketika Tuhan mengorbankan segalanya bahasa yang diucapkanNya tetap bahasa yang rohani yaitu “ampunilah mereka”. Itulah bahasa orang yang mengorbankan waktu dan tenaga. Ini sangat diharapkan oleh Tuhan kalau kita mau hidup sebab kehidupan itu hanya ada di dalam Tuhan Yesus Mempelai Laki-laki Sorga dan Tuhan Yesus adalah Firman yang menjadi daging.

Ke depan ini orang akan berkorban tenaga tetapi ditolak oleh Tuhan sebab Mempelai Wanita dan Mempelai Laki-laki telah diterbangkan ke padang belantara. Mereka mau mengorbankan waktu dan tenaga untuk mencari Firman tetapi tidak mendapatkan lagi. Akhirnya mereka jatuh pada pelukan iblis.

Amos 8:11-14
8:11 "Sesungguhnya, waktu akan datang," demikianlah firman Tuhan ALLAH, "Aku akan mengirimkan kelaparan ke negeri ini, bukan kelaparan akan makanan dan bukan kehausan akan air, melainkan akan mendengarkan firman TUHAN.
8:12 Mereka akan mengembara dari laut ke laut dan menjelajah dari utara ke timur untuk mencari firman TUHAN, tetapi tidak mendapatnya.
8:13 Pada hari itu akan rebah lesu anak-anak dara yang cantik dan anak-anak teruna karena haus;
8:14 mereka yang bersumpah demi Asima, dewi Samaria dan yang berkata: Demi allahmu yang hidup, hai Dan! serta: Demi dewa kekasihmu yang hidup, hai Bersyeba! mereka itu akan rebah dan tidak akan bangkit-bangkit lagi."

Amsal 1:23-24, 26-28
1:23 Berpalinglah kamu kepada teguranku! Sesungguhnya, aku hendak mencurahkan isi hatiku kepadamu dan memberitahukan perkataanku kepadamu.
1:24 Oleh karena kamu menolak ketika aku memanggil, dan tidak ada orang yang menghiraukan ketika aku mengulurkan tanganku,
1:26 maka aku juga akan menertawakan celakamu; aku akan berolok-olok, apabila kedahsyatan datang ke atasmu,
1:27 apabila kedahsyatan datang ke atasmu seperti badai, dan celaka melanda kamu seperti angin puyuh, apabila kesukaran dan kecemasan datang menimpa kamu.
1:28 Pada waktu itu mereka akan berseru kepadaku, tetapi tidak akan kujawab, mereka akan bertekun mencari aku, tetapi tidak akan menemukan aku.

Itu sebabnya sekarang Firman disuarakan supaya jangan sampai kita terlambat.

3.      Korban harta
Ada saatnya mencari Firman mereka akan berkorban harta tetapi tidak mendapatkan lagi, kalau sekarang kita tidak rela korbankan harta kita untuk pelayanan pembangunan tubuh Kristus. Ketika antikristus datang maka semua harta yang dimiliki oleh orang yang tertinggal bukannya dikorbankan tetapi dirampas oleh penguasa/ antikrist.

Dalam kitab Amos pasal 5 ada alamat-alamat yang tidak pantas untuk di datangi oleh orang-orang yang mencari Tuhan yaitu Betel, Gilgal dan Betsyeba. 3 tempat ini menunjuk 3 suasana, kalau memaksakan diri menuju ke sana berarti bukannya mencari Tuhan dan hidup tetapi malah menuju pada kematian. Ada tempat yang dipilih oleh Tuhan. Ada ciri-ciri khusus tempat yang dipilih oleh Tuhan. Ini yang harus kita perhatikan, saya sebagai gembala perlu menyatakan kepada saudara apa yang Tuhan amanatkan kepada saya.

Untuk mencari Tuhan harus berangkat dari pengertian bahwa benar Allah itu ada sehingga kita mencari, itulah iman.
Ibrani 11:6
11:6 Tetapi tanpa iman tidak mungkin orang berkenan kepada Allah. Sebab barangsiapa berpaling kepada Allah, ia harus percaya bahwa Allah ada, dan bahwa Allah memberi upah kepada orang yang sungguh-sungguh mencari Dia.

Jangan seperti Mazmur 10:4
10:4 Kata orang fasik itu dengan batang hidungnya ke atas: "Allah tidak akan menuntut! Tidak ada Allah!", itulah seluruh pikirannya.

Kita harus sungguh-sungguh mencari Tuhan dan dikatakan Tuhan yang berkenan untuk kita cari. Dua kali dikatakan: “carilah Tuhan , maka kamu akan hidup”.
Amos 5:4,6
5:4 Sebab beginilah firman TUHAN kepada kaum Israel: "Carilah Aku, maka kamu akan hidup!
5:6 Carilah TUHAN, maka kamu akan hidup, supaya jangan Ia memasuki keturunan Yusuf bagaikan api, yang memakannya habis dengan tidak ada yang memadamkan bagi Betel.

Berarti kalau salah kita mencari Tuhan bukannya hidup tetapi mengalami kematian. Ada 6 kali dikatakan tempat yang dipilih oleh Tuhan, jadi bukan tempat yang sembarang.

Kalau tadi dikatakan Betel, Gilgal dan Bersyeba itu bukan tempat yang sembarangan tetapi tempat yang luar biasa. Betel adalah tempat Yakub melihat tangga dari sorga sampai di bumi dan malaikat Tuhan turun naik. Yakub sampai mengatakan El-Betel. Tetapi mengapa dilarang? Sebab di sana sudah ada penyembahan lain yaitu lembu emas. Jadi Allah tidak mau disandingkan dengan yang lain. Tuhan tidak mau kita menyembah Tuhan bersama dengan menyembah lembu emas.
Zefanya 1:5
1:5 juga mereka yang sujud menyembah di atas sotoh kepada tentara langit dan mereka yang menyembah dengan bersumpah setia kepada TUHAN, namun di samping itu bersumpah demi Dewa Milkom,

2 Raja-raja 17:33, 41
17:33 Mereka berbakti kepada TUHAN, tetapi dalam pada itu mereka beribadah kepada allah mereka sesuai dengan adat bangsa-bangsa yang dari antaranya mereka diangkut tertawan.
17:41 Demikianlah bangsa-bangsa ini berbakti kepada TUHAN, tetapi dalam pada itu mereka beribadah juga kepada patung-patung mereka; baik anak-anak mereka maupun cucu cicit mereka melakukan seperti yang telah dilakukan nenek moyang mereka, sampai hari ini.

Enam kali disebutkan tempat yang dipilih oleh Tuhan.
Ulangan 12:5,11,14,18,21,26
12:5 Tetapi 1tempat yang akan dipilih TUHAN, Allahmu, dari segala sukumu sebagai kediaman-Nya untuk menegakkan nama-Nya di sana, tempat itulah harus kamu cari dan ke sanalah harus kamu pergi.
12:11 maka ke 2tempat yang dipilih TUHAN, Allahmu, untuk membuat nama-Nya diam di sana, haruslah kamu bawa semuanya yang kuperintahkan kepadamu, yakni korban bakaran dan korban sembelihanmu, persembahan persepuluhanmu dan persembahan khususmu dan segala korban nazarmu yang terpilih, yang kamu nazarkan kepada TUHAN.
12:14 tetapi di 3tempat yang akan dipilih TUHAN di daerah salah satu sukumu, di sanalah harus kaupersembahkan korban bakaranmu, dan di sanalah harus kaulakukan segala yang kuperintahkan kepadamu.
12:18 Tetapi di hadapan TUHAN, Allahmu, haruslah engkau memakannya, di 4tempat yang akan dipilih TUHAN, Allahmu, engkau ini, anakmu laki-laki dan anakmu perempuan, hambamu laki-laki dan hambamu perempuan, dan orang Lewi yang di dalam tempatmu, dan haruslah engkau bersukaria di hadapan TUHAN, Allahmu, karena segala usahamu.
12:21 Apabila 5tempat yang akan dipilih TUHAN, Allahmu, untuk menegakkan nama-Nya di sana, terlalu jauh dari tempatmu, maka engkau boleh menyembelih dari lembu sapimu dan kambing dombamu yang diberikan TUHAN kepadamu, seperti yang kuperintahkan kepadamu, dan memakan dagingnya di tempatmu sesuka hatimu.
12:26 Tetapi persembahan kudusmu yang ada padamu dan korban nazarmu haruslah kaubawa ke 6tempat yang akan dipilih TUHAN;

Angka 6 adalah angka manusia. Jadi Tuhan yang mengatur manusia di mana tempat yang dipilih oleh Tuhan dan ini Tuhan atur bukan semata untuk kepentinganNya tetapi justru untuk kepentingan kita. Kalau hanya untuk kepentingan Tuhan sebenarnya apa susahnya Tuhan menciptakan manusia lain.

Tuhan pernah mau menbinasakan semua orang Israel dan bermaksud supaya lewat Musa untuk membangkitkan umatNya. Andaikata Musa waktu itu mengiyakan maka habislah orang Israel, tetapi itu tidak terjadi. Akhirnya Musa yang memohon-mohon dan meredakan amarah Tuhan. Itu sebabnya pentingnya hamba Tuhan mengunjuk-unjuk saudara. Jangan kita menganggap enteng kalau ada hamba Tuhan yang dipercaya oleh Tuhan untuk mengunjuk-unjuk kita.
Kalau kita mau digembalakan kita harus mendengarkan hal ini:
Ulangan 12:8
12:8 Jangan kamu melakukan apa pun yang kita lakukan di sini sekarang, yakni masing-masing berbuat segala sesuatu yang dipandangnya benar.

Jangan mempersembahkan korban di sembarang tempat.
Ulangan 12:13
12:13 Hati-hatilah, supaya jangan engkau mempersembahkan korban-korban bakaranmu di sembarang tempat yang kaulihat;

Betel, Gilgal, Bersyeba, 3 tempat ini dilarang Tuhan untuk pergi ke sana. Padahal sejarah dari tiga tempat ini luar biasa. Di Gilgal orang Israel memakan bertis gandum dan hasil tanah Kanaan lalu di sanalah manna berhenti. Di Gilgal ini Yosua menyunat anak-anak yang lahir di dalam perjalanan. Sejarahnya luar biasa tetapi kemudian Tuhan mengatakan tidak boleh lagi ke Gilgal. Di Bersyeba ini ada sumur yang digali oleh Abraham tetapi direbut oleh orang Filistin. Kemudian ada perselisihan antara orang-orang Abraham dan orang-orang Abimelekh. Karena Abimelekh menyadari dia melakukan kesalahan maka dia datang beserta panglimanya Pikol untuk berdamai dan akhirnya sumur itu diberi nama sumur janji. Tetapi Tuhan tidak ingin lagi mereka ke sana.

Apapun yang kita pandang baik belum tentu Tuhan akan mengatakan itu baik kalau tidak mempunyai ciri seperti yang dipilih oleh Tuhan maka itu tidak benar. Saya sebagai hamba Tuhan berkewajiban untuk menyampaikan tetapi terpergantung saudarau untuk menanggapi. Namun doaku agar saudara berhasil masuk dalam pembentukan Tubuh Kristus dan tidak salah pilih.

Tuhan Yesus sendiri selalu dibuntuti oleh orang-orang untuk menjerat dimana letak kesalahannya. Tuhan Yesus saja tidak salah tetapi dicari-cari kesalahannya apalagi saya sebagai hamba Tuhan yang masih banyak kesalahan pasti akan ada orang yang mencari-cari kesalahan.
Lukas 20:20
20:20 Ahli-ahli Taurat dan imam-imam kepala mengamat-amati Yesus. Mereka menyuruh kepada-Nya mata-mata yang berlaku seolah-olah orang jujur, supaya mereka dapat menjerat-Nya dengan suatu pertanyaan dan menyerahkan-Nya kepada wewenang dan kuasa wali negeri.

Ulangan 12:13-14
12:13 Hati-hatilah, supaya jangan engkau mempersembahkan korban-korban bakaranmu di sembarang tempat yang kaulihat;
12:14 tetapi di tempat yang akan dipilih TUHAN di daerah salah satu sukumu, di sanalah harus kaupersembahkan korban bakaranmu, dan di sanalah harus kaulakukan segala yang kuperintahkan kepadamu.

Kita harus menurut untuk pergi ke mana tempat yang Tuhan pilih. Ada dua ciri tempat yang dipilih oleh Tuhan
1.      Ada Firman pengajaran dan Firman nubuatan
Kalau tidak ada tanda ini sekalipun ada orang Lewi/ sekalipun ada hamba Tuhan itu bukan tempat yang dipilih Tuhan. Jika ada pembukaan rahasia Firman itu tanda tempat yang dipilih oleh Tuhan.
Mikha 4:2-4
4:2 dan banyak suku bangsa akan pergi serta berkata: "Mari, kita naik ke gunung TUHAN, ke rumah Allah Yakub, supaya Ia mengajar kita tentang jalan-jalan-Nya dan supaya kita berjalan menempuhnya; sebab dari Sion akan keluar pengajaran, dan firman TUHAN dari Yerusalem."
4:3 Ia akan menjadi hakim antara banyak bangsa, dan akan menjadi wasit bagi suku-suku bangsa yang besar sampai ke tempat yang jauh; mereka akan menempa pedang-pedangnya menjadi mata bajak, dan tombak-tombaknya menjadi pisau pemangkas; bangsa tidak akan lagi mengangkat pedang terhadap bangsa, dan mereka tidak akan lagi belajar perang.
4:4 Tetapi mereka masing-masing akan duduk di bawah pohon anggurnya dan di bawah pohon aranya dengan tidak ada yang mengejutkan, sebab mulut TUHAN semesta alam yang mengatakannya.

Yesaya 2:2-3
2:2 Akan terjadi pada hari-hari yang terakhir: gunung tempat rumah TUHAN akan berdiri tegak di hulu gunung-gunung dan menjulang tinggi di atas bukit-bukit; segala bangsa akan berduyun-duyun ke sana,
2:3 dan banyak suku bangsa akan pergi serta berkata: "Mari, kita naik ke gunung TUHAN, ke rumah Allah Yakub, supaya Ia mengajar kita tentang jalan-jalan-Nya, dan supaya kita berjalan menempuhnya; sebab dari Sion akan keluar pengajaran dan firman TUHAN dari Yerusalem."

2.      Ada Lewi yang melayani/ ada hamba Tuhan menyerah sepenuhnya kepada Tuhan
Ulangan 12:12
12:12 Kamu harus bersukaria di hadapan TUHAN, Allahmu, kamu ini, anakmu laki-laki dan anakmu perempuan, hambamu laki-laki dan hambamu perempuan, dan orang Lewi yang di dalam tempatmu, sebab orang Lewi tidak mendapat bagian milik pusaka bersama-sama kamu.

Artinya hamba Tuhan yang tidak mempunyai pekerjaan sambilan, hamba Tuhan yang betul-betul fultimer kerja bagi Tuhan. Jadi kalau mengatakan ada Firman pengajaran tetapi pelayan di situ ada pekerjaan sambilan berarti itu bukan tempat yang dipilih Tuhan.
Ulangan 12:19
12:19 Hati-hatilah, supaya jangan engkau melalaikan orang Lewi, selama engkau ada di tanahmu.

Jangan kita abaikan orang Lewi. Kenapa sampai ada perhatian yang serius terhadap hamba Tuhan? Jangan sampai kita memandang hamba Tuhan dengan mata sebelah, jangan mencerca dan menista gembala. Gembala itu menangis untuk jiwa kita kenapa kita kemudian mencerca gembala? Memang itulah yang akan diterima oleh orang Lewi namun berkat doubel porsi akan diterima oleh Lewi. Itu sebabnya Lewi ada di tempat yang dipilih oleh Tuhan.

3.      Ada nama Tuhan termeterai di situ
Ciri bahwa ada nama Tuhan disitu adalah orang yang ada di situ bersuka cita mendengar Firman walaupun sakit bagi dagingnya.
I Raja-raja 8:16-20,35,41-44,48
8:16 Sejak Aku membawa umat-Ku Israel keluar dari Mesir, tidak ada kota yang Kupilih di antara segala suku Israel untuk mendirikan rumah di sana sebagai tempat kediaman nama-Ku, tetapi Aku telah memilih Daud untuk berkuasa atas umat-Ku Israel."
8:17 Lalu raja melanjutkan: "Ketika Daud, ayahku bermaksud mendirikan rumah untuk nama TUHAN, Allah Israel,
8:18 berfirmanlah TUHAN kepadanya: Engkau bermaksud mendirikan rumah untuk nama-Ku, dan maksudmu itu memanglah baik;
8:19 hanya, bukanlah engkau yang akan mendirikan rumah itu, melainkan anak kandungmu yang akan lahir kelak, dialah yang akan mendirikan rumah itu untuk nama-Ku.
8:20 Jadi TUHAN telah menepati janji yang telah diucapkan-Nya; aku telah bangkit menggantikan Daud, ayahku, dan telah duduk di atas takhta kerajaan Israel, seperti yang difirmankan TUHAN: aku telah mendirikan rumah ini untuk nama TUHAN, Allah Israel,
8:35 Apabila langit tertutup, sehingga tidak ada hujan, sebab mereka berdosa kepada-Mu, lalu mereka berdoa di tempat ini dan mengakui nama-Mu dan mereka berbalik dari dosanya, sebab Engkau telah menindas mereka,
8:41 Juga apabila seorang asing, yang tidak termasuk umat-Mu Israel, datang dari negeri jauh oleh karena nama-Mu, --
8:42 sebab orang akan mendengar tentang nama-Mu yang besar dan tentang tangan-Mu yang kuat dan lengan-Mu yang teracung -- dan ia datang berdoa di rumah ini,
8:43 maka Engkau pun kiranya mendengarkannya di sorga, tempat kediaman-Mu yang tetap, dan Engkau kiranya bertindak sesuai dengan segala yang diserukan kepada-Mu oleh orang asing itu, supaya segala bangsa di bumi mengenal nama-Mu, sehingga mereka takut akan Engkau sama seperti umat-Mu Israel dan sehingga mereka tahu, bahwa nama-Mu telah diserukan atas rumah yang telah kudirikan ini.
8:44 Apabila umat-Mu keluar untuk berperang melawan musuhnya, ke arah mana pun Engkau menyuruh mereka, dan apabila mereka berdoa kepada TUHAN dengan berkiblat ke kota yang telah Kaupilih dan ke rumah yang telah kudirikan bagi nama-Mu,
8:48 apabila mereka berbalik kepada-Mu dengan segenap hatinya dan dengan segenap jiwanya di negeri musuh yang mengangkut mereka tertawan, dan apabila mereka berdoa kepada-Mu dengan berkiblat ke negeri mereka yang telah Kauberikan kepada nenek moyang mereka, ke kota yang telah Kaupilih dan ke rumah yang telah kudirikan bagi nama-Mu,

I Raja-raja 8:21
8:21 dan telah menyediakan di sana tempat untuk tabut, yang memuat perjanjian yang telah diadakan TUHAN dengan nenek moyang kita, ketika mereka dibawa-Nya keluar dari tanah Mesir."

Di tempat yang ada nama Tuhan itu ada tabut perjanjian yang menunjuk hubungan gereja Tuhan yang disebut hubungan Mempelai yang digambarkan bagaikan peti dan tutup peti. Dapat diketahui kalau dalam diri saudara ada nama Tuhan.
Yeremia 15:16
15:16 Apabila aku bertemu dengan perkataan-perkataan-Mu, maka aku menikmatinya; firman-Mu itu menjadi kegirangan bagiku, dan menjadi kesukaan hatiku, sebab nama-Mu telah diserukan atasku, ya TUHAN, Allah semesta alam.

Ketika mendengar Firman tidak dongkol itu berarti ada nama Tuhan dalam kehidupan tersebut. Tujuan Firman bukan untuk menghina kita tetapi untuk membentuk karakter kita.

I Raja-raja 8:44-45,48
8:44 Apabila umat-Mu keluar untuk berperang melawan musuhnya, ke arah mana pun Engkau menyuruh mereka, dan apabila mereka berdoa kepada TUHAN dengan berkiblat ke kota yang telah Kaupilih dan ke rumah yang telah kudirikan bagi nama-Mu,
8:45 maka Engkau kiranya mendengarkan di sorga doa dan permohonan mereka dan Engkau kiranya memberikan keadilan kepada mereka.
8:48 apabila mereka berbalik kepada-Mu dengan segenap hatinya dan dengan segenap jiwanya di negeri musuh yang mengangkut mereka tertawan, dan apabila mereka berdoa kepada-Mu dengan berkiblat ke negeri mereka yang telah Kauberikan kepada nenek moyang mereka, ke kota yang telah Kaupilih dan ke rumah yang telah kudirikan bagi nama-Mu,

Kota yang ada nama Tuhan itulah kota Yerusalem Baru. Kalau kita mau di bawa ke kota Yerusalem Baru maka jangan kita najiskan. Kenajisan itulah musuh dari pengajaran. Itu sebabnya saya sebagai gembala akan terus menyampaikan hal ini sebab saya harus mempertanggung jawabkan penggembalaan kepada Tuhan. Ketika penggembalaan itu akan dialihkan kepada Tuhan Yesus maka saya harus mempertanggung jawabkan.

Hamba Tuhan seperti Lewi ini dihargai oleh Tuhan Yesus. Tuhan berdoa untuk jiwa-jiwa yang digembalakan oleh Lewi.
Yohanes 17:20
17:20 Dan bukan untuk mereka ini saja Aku berdoa, tetapi juga untuk orang-orang, yang percaya kepada-Ku oleh pemberitaan mereka;

Tuhan Yesus menghargai penggembalaan, Tuhan Yesus mendoakan orang-orang yang percaya oleh pemberitaan hamba-hamba Allah, mendoakan hasil pelayanan orang Lewi. Tuhan Yesus ada di sebelah kanan Allah Bapa sebagai Imam Besar mendoakan kita, Dia adalah pendoa syafaat.

Karena Tuhan Yesus mendoakan hasil pelayanan kami maka saya berbahagia karena betul-betul Tuhan Yesus adalah mitra kerja yang luar biasa bagi kami hamba Tuhan. Sebagai mitra kerja Tuhan maka bila diganggu maka Tuhan juga pasti akan terusik dan Tuhan jadi pembelanya.

Tuhan Memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar