20140326

Kebaktian PA Yehezkiel, Rabu 26 Maret 2014 Pdt. Bernard Legontu


Salam sejahtera di dalam nama Tuhan Yesus Kristus.

Ketika kita mendengar Firman biarlah dengan kerendahan hati sebab tanpa kerendahan hati kita tidak akan bisa menerima berkat yang akan menggarap kehidupan kita.

Yehekiel 46:10-18
46:10 Mengenai raja itu, ia akan masuk bersama-sama mereka dan keluar bersama-sama mereka.
46:11 Pada hari-hari raya dan perayaan-perayaan yang tetap harus ada korban sajian, yaitu satu efa tepung diolah dengan seekor lembu jantan dan satu efa tepung diolah dengan seekor domba jantan, tetapi korban sajian dari domba-domba yang lain bergantung pada kemampuannya, serta minyak satu hin untuk satu efa.
46:12 Kalau raja mengolah korban bakaran sukarela atau korban keselamatan sukarela bagi TUHAN, maka orang harus membukakan pintu gerbang sebelah timur untuk dia dan ia akan mempersembahkan korban bakarannya dan korban keselamatannya itu seperti ia perbuat pada hari Sabat. Kemudian ia keluar, dan sesudah ia keluar pintu gerbang harus ditutup.
46:13 Tiap hari ia harus mengolah domba yang berumur satu tahun dan yang tiada bercela sebagai korban bakaran bagi TUHAN; setiap pagi ia harus melakukan itu.
46:14 Di samping itu setiap pagi ia harus mempersembahkan korban sajian seperenam efa tepung dengan minyak sepertiga hin untuk mencampur tepung yang terbaik itu; itulah korban sajian bagi TUHAN, dan ketetapan itu tetap selama-lamanya.
46:15 Demikianlah mereka harus mempersembahkan domba dan korban sajian dan minyak setiap pagi sebagai korban bakaran yang tetap.
46:16 Beginilah firman Tuhan ALLAH: Kalau raja itu memberi sesuatu pemberian dari milik pusakanya kepada salah seorang anaknya, maka itu menjadi kepunyaan anaknya, dan milik ini menjadi pusaka mereka.
46:17 Kalau ia memberikan pemberian dari milik pusakanya kepada salah seorang hambanya, maka itu menjadi kepunyaannya sampai tahun kebebasan, lalu harus kembali kepada raja itu; hanya anak-anak raja itu boleh mewarisi milik pusakanya.
46:18 Dan janganlah raja itu mengambil sesuatu dari milik pusaka rakyat, sehingga mereka terdesak dari miliknya; hanya dari miliknya boleh ia mewariskan kepada anak-anaknya supaya jangan seorang pun dari umat-Ku didesak dari miliknya."

Yang dimaksud raja di sini tidak semata kehidupan yang duduk di takhta kerajaan tetapi ini ada hubungannya dengan seorang pemimpin dengan umat Tuhan. Sebagaimana pemimpin itu masuk demikian juga umat Tuhan masuk, sebagaimana pemimpin itu keluar demikian juga umat Tuhan keluar.

Jadi apa yang dikerjakan oleh pemimpin itu yang dikerjakan oleh umat. Kalau itu nampak dan nyata berarti umat itu telah berhasil digarap oleh Firman Allah sehingga dia benar-benar sehati, sejiwa, semulut dan sepikiran dengan pemimpin.
Yehezkiel 46:10
46:10 Mengenai raja itu, ia akan masuk bersama-sama mereka dan keluar bersama-sama mereka.

Pasal-pasal terakhir dari kitab Yehezkiel ini menunjuk waktu yang sudah mepet sekali dengan kedatangan Tuhan pada kali yang kedua.

Tuhan mengajarkan kita bahwa umat Tuhan itu melihat dan digerakkan oleh pelayanan pemimpin. Sebab apa yang dilihat, didengar dan diraba oleh pemimpin diberitakan kepada umat supaya terjadi persekutuan. Contoh persekutuan adalah persekutuan bapa dan anak dan bila terjadi persekutuan seperti itu maka sempurnalah sukacitanya. Tetapi kalau pemimpin berbicara dan umat Tuhan menanggapi lain maka kelak akan terjadi perpisahan.

Menjelang kedatangan Tuhan kita selalu diingatkan Tuhan agar tidak terjadi perpisahan/perceraian sebab mengerikan perceraian itu. Agar tidak terjadi perceraian maka sebagaimana pemimpin masuk itu kita ikuti, bagaimana pemimpin keluar itu juga yang kita ikuti. Inilah sistem Tuhan dan Firman Tuhan mengajar hal itu kepada kita. Apalagi kalau pemimpin itu sudah melayani dengan sukarela tanpa motivasi yang lain dan dilakukan demi umat Tuhan maka jangan coba kita lawan.
Yehezkiel 46:12
46:12 Kalau raja mengolah korban bakaran sukarela atau korban keselamatan sukarela bagi TUHAN, maka orang harus membukakan pintu gerbang sebelah timur untuk dia dan ia akan mempersembahkan korban bakarannya dan korban keselamatannya itu seperti ia perbuat pada hari Sabat. Kemudian ia keluar, dan sesudah ia keluar pintu gerbang harus ditutup.

Kecuali kalau pemimpin itu bertujuan lain dan tidak mengarahkan jemaat untuk menjadi mempelai wanita supaya bisa bertemu dengan Tuhan Yesus sebagai Mempelai Laki-laki Sorga maka itu adalah pemimpin yang tidak jelas tahbisannya.

1 efa tepung untuk seekor lembu jantan dan 1 efa tepung untuk seekor domba, ini dilakukan dengan rela hati. Mengapa ini dilakukan? Sebab pemimpin ini tahu indahnya pesta nikah Anak Domba Allah dan dia rindu untuk ke sana, dia ingin sidang jemaat di bawa ke sana sehingga dia melayani dengan kerelaan hati. Sedikitnya dia sudah menikmati betapa indahnya masuk dalam pesta nikah Anak Domba Allah di mana lembu sudah disembelih, domba sudah disembelih, ada makanan yang tersaji di sana.
Matius 22:4
22:4 Ia menyuruh pula hamba-hamba lain, pesannya: Katakanlah kepada orang-orang yang diundang itu: Sesungguhnya hidangan, telah kusediakan, lembu-lembu jantan dan ternak piaraanku telah disembelih; semuanya telah tersedia, datanglah ke perjamuan kawin ini.

Gereja Tuhan biarlah kita memperhatikan hal ini baik-baik agar kita belajar untuk dipolesi supaya kita lebih paham. Jangan sampai pemimpin masuk kita tidak mau masuk, pemimpin keluar kita tidak mau keluar, artinya kita tidak mau meniru irama gerak pemimpin. Ini fatal sebab kalau tidak mau mengikuti irama gerak pemimpin maka pasti akan terpisah. Pemimpin/gembala melaksanakan tugas panggilan Tuhan atas kehidupannya dengan sukarela tanpa pamrih.

Yohanes 10:3,9
10:3 Untuk dia penjaga membuka pintu dan domba-domba mendengarkan suaranya dan ia memanggil domba-dombanya masing-masing menurut namanya dan menuntunnya ke luar.
10:9 Akulah pintu; barangsiapa masuk melalui Aku, ia akan selamat dan ia akan masuk dan keluar dan menemukan padang rumput.

Dalam aktifitas ke dalam maupun aktifitas keluar domba ini ada dalam pantauan gembala, artinya mereka tidak kehilangan kepemimpinan baik aktifitas ke dalam maupun aktifitas keluar. Domba yang seperti ini justru mendapatkan padang rumput, berarti dia mendapatkan asupan Firman dalam kelimpahannya.

Yehezkiel 46 ayat 11 kaitannya dengan pesta. Kita kelak akan dibawa pada pesta malam nikah Anak Domba tetapi sekarang ini kita ada dalam suasana pesta siang. Beribadah dan melayani adalah suasana pesta siang.
Matius 22:1-2
22:1 Lalu Yesus berbicara pula dalam perumpamaan kepada mereka:
22:2 "Hal Kerajaan Sorga seumpama seorang raja, yang mengadakan perjamuan kawin untuk anaknya.

Wahyu 19:9
19:9 Lalu ia berkata kepadaku: "Tuliskanlah: Berbahagialah mereka yang diundang ke perjamuan kawin Anak Domba." Katanya lagi kepadaku: "Perkataan ini adalah benar, perkataan-perkataan dari Allah."

Wahyu 19:9 (Terjemahan bahasa Inggris)
19:9 And he saith unto me, Write, Blessed are they which are called unto the marriage supper (=perjamuan tengah malam) of the Lamb. And he saith unto me, These are the true sayings of God.

Matius 25:6
25:6 Waktu tengah malam terdengarlah suara orang berseru: Mempelai datang! Songsonglah dia!

Matius 25:10
25:10 Akan tetapi, waktu mereka sedang pergi untuk membelinya, datanglah mempelai itu dan mereka yang telah siap sedia masuk bersama-sama dengan dia ke ruang perjamuan kawin, lalu pintu ditutup.

I Yohanes 1:1-3
1:1 Apa yang telah ada sejak semula, yang telah kami dengar, yang telah kami lihat dengan mata kami, yang telah kami saksikan dan yang telah kami raba dengan tangan kami tentang Firman hidup -- itulah yang kami tuliskan kepada kamu.
1:2 Hidup itu telah dinyatakan, dan kami telah melihatnya dan sekarang kami bersaksi dan memberitakan kepada kamu tentang hidup kekal, yang ada bersama-sama dengan Bapa dan yang telah dinyatakan kepada kami.
1:3 Apa yang telah kami lihat dan yang telah kami dengar itu, kami beritakan kepada kamu juga, supaya kamu pun beroleh persekutuan dengan kami. Dan persekutuan kami adalah persekutuan dengan Bapa dan dengan Anak-Nya, Yesus Kristus.

Jadi dalam persekutuan gembala dengan jemaat sudah terkait dengan Allah Bapa dan Allah Anak, sebab yang diberitakan oleh gembala adalah apa yang dia dengar, apa yang dia lihat dan apa yang dia raba.

I Yohanes 1:4
1:4 Dan semuanya ini kami tuliskan kepada kamu, supaya sukacita kami menjadi sempurna.
Kalau dikatakan sukacita itu sampai sempurna itu berarti suasana pesta nikah. Tidak mungkin dalam suasana pesta yang ada pertikaian/ perselisihan ini bukan pesta yang bersuasana sukacita.

Tujuan dari pemberitaan Firman Allah tentu ada sasaran. Sasaran itu ditunjukkan oleh Firman nubuat dan untuk mencapai apa yang ditunjukkan Firman nubuat ada Firman pengajaran yang disampaikan lewat kepemimpinan seorang gembala.

Sementara pesta siang berjalan murka Allah juga berjalan. Itulah yang dikatakan dalam Zakharia 8:2.
Zakharia 8:2
8:2 "Beginilah firman TUHAN semesta alam: Aku berusaha untuk Sion dengan kegiatan yang besar dan dengan kehangatan amarah yang besar.

Biarlah kegiatan Tuhan yang besar untuk Sion ini kita tanggapi. Jangan kita malah kesedot dalam kehangatan amarah Tuhan yang besar. Pada kegerakan gereja hujan awal, gereja Tuhan yang masih baru berdiri ini dihimpit oleh Herodes, Imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat tetapi mereka justru menikmati sukacita. Namun saat terjadi kegerakan yang besar itu terjadi juga penghukuman Tuhan terhadap Ananias dan Safira.

Kalau kita mau masuk pada kelompok yang menerima kegiatan Allah yang besar untuk membangun kita maka kita harus menerima Firman yang menyucikan walaupun sakit bagi daging sebab Tuhan sedang membersihkan kita, Tuhan sedang membasuh kita dari pada kita dimurkai Tuhan. Sakitnya daging kita ketika menerima Firman Allah itu tidak sebanding dengan siksaan antikristus 3,5 tahun. Sakitnya seperti penderitaan seorang ibu ketika melahirkan,
Yohanes 16:21
16:21 Seorang perempuan berdukacita pada saat ia melahirkan, tetapi sesudah ia melahirkan anaknya, ia tidak ingat lagi akan penderitaannya, karena kegembiraan bahwa seorang manusia telah dilahirkan ke dunia.

Roma 8:18
8:18 Sebab aku yakin, bahwa penderitaan zaman sekarang ini tidak dapat dibandingkan dengan kemuliaan yang akan dinyatakan kepada kita.

tetapi lebih baik kita menderita karena mempraktekkan Firman Tuhan dari pada menderita dalam aniaya antikristus.
Ibrani 12:10-11
12:10 Sebab mereka mendidik kita dalam waktu yang pendek sesuai dengan apa yang mereka anggap baik, tetapi Dia menghajar kita untuk kebaikan kita, supaya kita beroleh bagian dalam kekudusan-Nya.
12:11 Memang tiap-tiap ganjaran pada waktu ia diberikan tidak mendatangkan sukacita, tetapi dukacita. Tetapi kemudian ia menghasilkan buah kebenaran yang memberikan damai kepada mereka yang dilatih olehnya.

Yehezkiel 46:11
46:11 Pada hari-hari raya dan perayaan-perayaan yang tetap harus ada korban sajian, yaitu satu efa tepung diolah dengan seekor lembu jantan dan satu efa tepung diolah dengan seekor domba jantan, tetapi korban sajian dari domba-domba yang lain bergantung pada kemampuannya, serta minyak satu hin untuk satu efa.

Berarti diberi kelonggaran, tidak ada pemaksaan. Tetapi untuk tepung takarannya tetap harus 1 efa atau 10 gomer untuk satu ekor domba jantan dan untuk minyak harus 1 hin (1 hin=1/6 efa). Inilah ciri suasana pesta. Angka 10 berarti Firman sepenuhnya. Maksudnya adalah kehidupan yang masuk dalam pesta siang tidak memilih dan memilah-milah Firman tetapi dia menerima secara utuh.

Untuk mendapatkan 1 efa tepung yang halus tidaklah gampang. Gandum harus ditumbuk dan di ayak supaya bisa mendapatkan tepung yang halus. Jangan kaget dan jangan heran kalau kita ditumbuk dan diayak oleh Firman Allah sebab tujuannya supaya kita halus, supaya kita memiliki 10 gomer yang terbaik.

Kolose 1:24
1:24 Sekarang aku bersukacita bahwa aku boleh menderita karena kamu, dan menggenapkan dalam dagingku apa yang kurang pada penderitaan Kristus, untuk tubuh-Nya, yaitu jemaat.

Yang masih kurang dari penderitaan Kristus adalah TubuhNya belum ada. Apakah saudara juga rela menderita supaya bisa tampil sebagai anggota TubuhNya? Kalau tidak mau menjadi Tubuh Kristus yang sempurna Tuhan tidak memaksa dan kepada orang itu diberi kesempatan masuk dalam masa 3,5 tahun aniaya antikristus. Kalau dia bertahan maka dia selamat.

Kolose 1:25-27
1:25 Aku telah menjadi pelayan jemaat itu sesuai dengan tugas yang dipercayakan Allah kepadaku untuk meneruskan firman-Nya dengan sepenuhnya kepada kamu,
1:26 yaitu rahasia yang tersembunyi dari abad ke abad dan dari turunan ke turunan, tetapi yang sekarang dinyatakan kepada orang-orang kudus-Nya.
1:27 Kepada mereka Allah mau memberitahukan, betapa kaya dan mulianya rahasia itu di antara bangsa-bangsa lain, yaitu: Kristus ada di tengah-tengah kamu, Kristus yang adalah pengharapan akan kemuliaan!

Justru kepada kita bangsa kafir rahasia Firman itu Tuhan bukakan dengan limpahnya. Sebetulnya kita bangsa kafir ini sudah harus memuncak rasa terima kasih kita kepada Tuhan sebab justru kepada kita orang yang tidak masuk hitungan sudah Tuhan limpahkan pembukaan rahasia FirmanNya.


Kolose 1:28
1:28 Dialah yang kami beritakan, apabila tiap-tiap orang kami nasihati dan tiap-tiap orang kami ajari dalam segala hikmat, untuk memimpin tiap-tiap orang kepada kesempurnaan dalam Kristus.

Kita melihat kesungguhan hati seorang pemimpin untuk membawa umat menjadi Tubuh Kristus, menjadi Mempelai Wanita Tuhan. Ada orang yang hanya sekedar bicara sebagai anggota Tubuh Kristus tetapi kenyataannya tidak sebab tidak mendapat pelayanan pembukaan rahasia Firman. Yang menjadi anggota Tubuh Kristus itulah yang kelak akan disingkirkan.

Minyak itu harus 1 hin yang adalah 1/6 Efa. Angka 6 adalah angka manusia. Tuhan tidak membiarkan kita manusia dan bukti Tuhan mengindahkan kita, Dia memberikan Firman di dalam kelimpahan.
Mazmur 8:5
8:5 apakah manusia, sehingga Engkau mengingatnya? Apakah anak manusia, sehingga Engkau mengindahkannya?

Jangan seperti kalimat tetapi korban sajian dari domba-domba yang lain bergantung pada kemampuannya”. Ini adalah kehidupan yang mendapat kelonggaran dan masuk dalam masa 3,5 tahun aniaya antikristus. Kita harus berada pada yang 1 efa tepung dan 1 hin anggur. Itu karakteristik seorang mempelai wanita, dia rela menerima 10 gomer tepung, dia rela walaupun ditumbuk dan ayak sehingga bisa tampil seperti Kristus Yesus. Tuhan Yesus mengatakan “belajarlah kepadaKu sebab Aku lemah lembut dan rendah hati”. Itu sebabnya mendengarkan Firman jangan dengan keangkuhan.

Yehezkiel 46:12
46:12 Kalau raja mengolah korban bakaran sukarela atau korban keselamatan sukarela bagi TUHAN, maka orang harus membukakan pintu gerbang sebelah timur untuk dia dan ia akan mempersembahkan korban bakarannya dan korban keselamatannya itu seperti ia perbuat pada hari Sabat. Kemudian ia keluar, dan sesudah ia keluar pintu gerbang harus ditutup.
Ketika raja atau pemimpin ini melaksanakan pelayanan yang sukarela maka umat disuruh untuk membuka pintu sebelah timur. Kita sudah tahu ada 4 hal yang ada pada sebelah timur. Sebelah timur itu adalah gerakan pertumbuhan dosa. Jadi kita harus membuka pintu hati kita supaya pelayanan itu menggarap semua gerakkan dosa yang ada dalam hati kita, itu harus dibersihkan dengan tuntas.

1.      Adam dan Hawa pergi ke sebelah timur Eden berarti sukacita dicabut.
Kejadian 3:24
3:24 Ia menghalau manusia itu dan di sebelah timur taman Eden ditempatkan-Nyalah beberapa kerub dengan pedang yang bernyala-nyala dan menyambar-nyambar, untuk menjaga jalan ke pohon kehidupan.

2.      Kain setelah membunuh dia pergi lagi ke sebelah timur. Ini menunjuk kehidupan yang bagaikan pengembara dan pelarian yang selalu dihantui ketakutan.
Kejadian 4:16
4:16 Lalu Kain pergi dari hadapan TUHAN dan ia menetap di tanah Nod, di sebelah timur Eden.

3.      Membangun menara Babel di sebelah timur berarti pengertian dicabut.
Kejadian 11:2,7
11:2 Maka berangkatlah mereka ke sebelah timur dan menjumpai tanah datar di tanah Sinear, lalu menetaplah mereka di sana.
11:7 Baiklah Kita turun dan mengacaubalaukan di sana bahasa mereka, sehingga mereka tidak mengerti lagi bahasa masing-masing."

4.      Anak-anak Ketura pergi ke sebelah timur berarti tidak diberikan hak kesulungan.
Kejadian 25:6
25:6 tetapi kepada anak-anaknya yang diperolehnya dari gundik-gundiknya ia memberikan pemberian; kemudian ia menyuruh mereka -- masih pada waktu ia hidup -- meninggalkan Ishak, anaknya, dan pergi ke sebelah timur, ke Tanah Timur.

Kita harus membuka pintu sebelah timur supaya jangan sampai sukacita dicabut, jangan kita selalu dihimpit oleh perasaan takut sehingga akhirnya ibadah pelayanan gagal, jangan sampai Tuhan mencabut roh pengertian sebab kalau Tuhan mencabut roh pengertian maka hancurlah kehidupan itu, walaupun dia mendengar Firman dia tidak akan mengerti. Dan jangan sampai kita kehilangan hak sulung.

Itu sebabnya kita harus membuka pintu sebelah timur, artinya kita membuka hati dan perasaan kita untuk rela digarap lewat pelayanan seorang raja atau seorang pemimpin yang melayani dengan penuh kerendahan hati. Kedengarannya untuk dirinya, tetapi tidak seperti itu.

Ketika Yoas datang pada Elisa menjelang kematiannya, Yoas disuruh mengambil panah dan busur. Yoas meminta pada Elisa supaya dia bisa mengalahkan orang Aram tetapi Elisa malah memberikan sesuatu yang seperti teka-teki padahal sebentar lagi Elisa akan mati. Pengertian Elisa mati adalah Firman dan Roh Kudus di angkat.

II Raja-raja 13:17
13:17 serta berkata: "Bukalah jendela yang di sebelah timur!" Dan ketika dibukanya, berkatalah Elisa: "Panahlah!" Lalu dipanahnya. Kemudian berkatalah Elisa: "Itulah anak panah kemenangan dari pada TUHAN, anak panah kemenangan terhadap Aram. Engkau akan mengalahkan Aram di Afek sampai habis lenyap."

Kalau mau ada tanda kemenangan maka buka pintu hati sebelah timur, artinya lihat gerakkan dosa yang seringkali menggangu kita, itu harus dikalahkan! Seringkali tanpa kita sadari dosa ini bergerak dalam hati dan pikiran kita sehingga yang muncul adalah gerakan-gerakan dosa yang adalah perlawanan terhadap Firman. Ini yang harus dipanah dan dihancurkan.

Yehezkiel 46:13-14
46:13 Tiap hari ia harus mengolah domba yang berumur satu tahun dan yang tiada bercela sebagai korban bakaran bagi TUHAN; setiap pagi ia harus melakukan itu.
46:14 Di samping itu setiap pagi ia harus mempersembahkan korban sajian seperenam efa tepung dengan minyak sepertiga hin untuk mencampur tepung yang terbaik itu; itulah korban sajian bagi TUHAN, dan ketetapan itu tetap selama-lamanya.

Untuk tiap hari ada domba yang harus disembelih, itu yang dikatakan pada ayat 13 dan pada ayat 14 dikatakan tiap pagi. Perbedaannya ada pada penekanan waktu. Jadi menjelang kedatangan Tuhan apa yang harus kita lakukan tiap hari dan tiap pagi?

Rasul Paulus mengatakan “kami bagaikan domba sembelihan setiap hari”.
Roma 8:36
8:36 Seperti ada tertulis: "Oleh karena Engkau kami ada dalam bahaya maut sepanjang hari, kami telah dianggap sebagai domba-domba sembelihan."

Artinya tiap hari kita harus ada pengalaman dalam keubahan hidup sebab selalu memandang korban Kristus. Begitu kita memandang korban Kristus maka ada keubahan hidup kita. Apalagi kalau setiap pagi hari menjelang beraktifitas kita sudah melihat korban Kristus maka ketika melakukan aktifitas sepanjang hari kita menemukan benturan-benturan maka kita bisa berkata “belum sebanding dengan yang dialami Tuhan Yesus dengan yang saya alami” sehingga kita tidak gampang kecewa dan bisa menyalibkan/mengalahkan daging kita. Kalau kita mengalami sengsara Tuhan Yesus sudah mengingatkan supaya jangan kita kecewa.
Yohanes 16:1
16:1 "Semuanya ini Kukatakan kepadamu, supaya kamu jangan kecewa dan menolak Aku.

Persoalan penyaliban daging ini berulang kali Tuhan sampaikan. Kali ini kita akan melihat 3 ayat dimana Tuhan mengangkat persoalan ini.
1.      Matius 16:24
16:24 Lalu Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: "Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku.

Kalau memandang korban Kristus kita bisa menyangkal diri ketika mendengar bahasa miring orang lain tentang pribadi kita, kita tidak akan mengamuk.

2.      Matius 10:38
10:38 Barangsiapa tidak memikul salibnya dan mengikut Aku, ia tidak layak bagi-Ku.

Kalau kita mau mempraktekkan hal ini kita pasti berhasil. Kalau tiap pagi kita sudah menyembah Tuhan dan merenungkan korban Kristus, memandang penderitaan Kristus, maka tidak akan ada lagi mulut yang mengomel. Memang akan ada alasan kita bersungut dan berbantah tetapi alasan itu bisa kita buang dan menghadirkan yang baik. Itu adalah godaan iblis supaya kita tidak layak bagi Tuhan. “Tidak layak bagi-Ku” berarti tidak layak menjadi Mempelai Wanita Tuhan.

Mari kita melihat perhatikan ruang gerak hidup kita hari-hari terakhir ini. Kita harus mengakui kita masih sering terpancing oleh umpannya iblis. Kita harus mohon kepada Tuhan supaya diberikan kekuatan.

3.      Lukas 14:27
14:27 Barangsiapa tidak memikul salibnya dan mengikut Aku, ia tidak dapat menjadi murid-Ku.

Tidak dapat menjadi murid berarti tidak bisa menjadi sama dengan Guru, tidak bisa menjadi sama dengan Tuhan.
Lukas 6:40
6:40 Seorang murid tidak lebih dari pada gurunya, tetapi barangsiapa yang telah tamat pelajarannya akan sama dengan gurunya.

Tidak ada alasan untuk kita berkata “tidak bisa menjadi baru” sebab Tuhan selalu menyediakan tiap hari.
Ratapan 3:22-23
3:22 Tak berkesudahan kasih setia TUHAN, tak habis-habisnya rahmat-Nya,
3:23 selalu baru tiap pagi; besar kesetiaan-Mu!

Jangan salah menuntut rahmat Tuhan, jangan menuntut waktu siang atau malam tetapi harus pagi hari.
Zefanya 3:5
3:5 Tetapi TUHAN adil di tengah-tengahnya, tidak berbuat kelaliman. Pagi demi pagi Ia memberi hukum-Nya; itu tidak pernah ketinggalan pada waktu fajar. Tetapi orang lalim tidak kenal malu!

Lalim sama dengan kejam dan sadis, orang seperti itu tidak kenal malu.

Tiap pagi kita harus melihat Tuhan Yesus artinya merenungkan korban Kristus dalam penyembahan, berarti kita menerima kasih setia rahmat Tuhan.

Yehezkiel 46:15
46:15 Demikianlah mereka harus mempersembahkan domba dan korban sajian dan minyak setiap pagi sebagai korban bakaran yang tetap.

Setiap pagi kita datang merenungkan korban Kristus berarti kita menikmati rahmat Tuhan di dalam kehidupan kita sebagai umat Tuhan. Sebelum kita masuk dalam kegiatan apapun sepanjang hari yang akan kita lewati maka kita harus sudah duluan memandang Korban Kristus berarti sudah menutup diri untuk tidak terpancing dengan bujuk rayu setan.

Yehezkiel 46:16-18
46:16 Beginilah firman Tuhan ALLAH: Kalau raja itu memberi sesuatu pemberian dari milik pusakanya kepada salah seorang anaknya, maka itu menjadi kepunyaan anaknya, dan milik ini menjadi pusaka mereka.
46:17 Kalau ia memberikan pemberian dari milik pusakanya kepada salah seorang hambanya, maka itu menjadi kepunyaannya sampai tahun kebebasan, lalu harus kembali kepada raja itu; hanya anak-anak raja itu boleh mewarisi milik pusakanya.
46:18 Dan janganlah raja itu mengambil sesuatu dari milik pusaka rakyat, sehingga mereka terdesak dari miliknya; hanya dari miliknya boleh ia mewariskan kepada anak-anaknya supaya jangan seorang pun dari umat-Ku didesak dari miliknya."

Dikunci dengan peringatan Tuhan kepada pemimpin supaya jangan ada kecurangan. Pada bagian di atasnya disebutkan anak sebagai pewaris dan hamba menjadi pewaris sementara. Anak walaupun sebagai pewaris tetapi kalau masih kanak-kanak maka dia tidak beda dengan status hamba. Sekalipun kita mengaku anak Allah tetapi kalau rohani masih kanak-kanak maka kita tidak beda dengan status hamba.
Galatia 4:1-2
4:1 Yang dimaksud ialah: selama seorang ahli waris belum akil balig, sedikit pun ia tidak berbeda dengan seorang hamba, sungguhpun ia adalah tuan dari segala sesuatu;
4:2 tetapi ia berada di bawah perwalian dan pengawasan sampai pada saat yang telah ditentukan oleh bapanya.

Bagaimana ciri kanak-kanak rohani?
Galatia 4:3
4:3 Demikian pula kita: selama kita belum akil balig, kita takluk juga kepada roh-roh dunia.
Sekalipun mengaku anak Tuhan dan sudah lama menjadi Kristen tetapi kalau kehidupan itu takluk pada roh dunia, dia akan bertemu dengan antikristus.
Galatia 4:9
4:9 Tetapi sekarang sesudah kamu mengenal Allah, atau lebih baik, sesudah kamu dikenal Allah, bagaimanakah kamu berbalik lagi kepada roh-roh dunia yang lemah dan miskin dan mau mulai memperhambakan diri lagi kepadanya?

Ketika anak muda remaja berpikir untuk masuk dalam rumah tangga jangan kembali pada roh-roh dunia. Jangan berpikir kekayaan dan kemuliaan dunia itu segala-galanya. Ajaklah kenalanmu untuk datang mendengarkan Firman Tuhan.

Kolose 2:8,20
2:8 Hati-hatilah, supaya jangan ada yang menawan kamu dengan filsafatnya yang kosong dan palsu menurut ajaran turun-temurun dan roh-roh dunia, tetapi tidak menurut Kristus.
2:20 Apabila kamu telah mati bersama-sama dengan Kristus dan bebas dari roh-roh dunia, mengapakah kamu menaklukkan dirimu pada rupa-rupa peraturan, seolah-olah kamu masih hidup di dunia:

Ini ciri ketidak dewasaan walaupun kita adalah anak Tuhan dan ini justru mengundang petaka dalam kehidupan anak Tuhan tersebut. Sebagai gembala saya tidak tega melihat saudara menderita. Tuhan menarik kita supaya kita siap bertemu dengan Tuhan Yesus Mempelai Laki-laki Sorga. Kalau dewasa rohani kita bisa membedakan mana yang baik dan yang tidak berkenan kepada Tuhan.
Ibrani 5:11-14
5:11 Tentang hal itu banyak yang harus kami katakan, tetapi yang sukar untuk dijelaskan, karena kamu telah lamban dalam hal mendengarkan.
5:12 Sebab sekalipun kamu, ditinjau dari sudut waktu, sudah seharusnya menjadi pengajar, kamu masih perlu lagi diajarkan asas-asas pokok dari penyataan Allah, dan kamu masih memerlukan susu, bukan makanan keras.
5:13 Sebab barangsiapa masih memerlukan susu ia tidak memahami ajaran tentang kebenaran, sebab ia adalah anak kecil.
5:14 Tetapi makanan keras adalah untuk orang-orang dewasa, yang karena mempunyai pancaindera yang terlatih untuk membedakan yang baik dari pada yang jahat.

Sebagai hamba Tuhan yang digambarkan seperti lembu, sementara mengirik tidak mau mulut saya diberangus. Sebab yang akan rugi adalah umat Tuhan itu sendiri. Saya harus mengatakan hal ini supaya gereja Tuhan benar-benar mengerti. Sekali lagi jangan ada tawar menawar dengan Tuhan kalau Tuhan mengatakan harus diolah dengan 1 efa tepung yang sama dengan 10 gomer dan 1 hin anggur yang sama dengan 1/6 efa. Suka atau tidak suka, kalau kita mau duduk bersanding dengan Tuhan kita harus masuk dalam proses ini yaitu menerima Firman sepenuh walaupun sakita bagi daging.

Pada bagian terakhir Tuhan memberikan kelonggaran. Tetapi kalau orang bijak akan berkata “sebagaimana takaran lembu yang pertama dan domba yang kedua, saya akan mengikutinya”. Orang bijak ini akan terhindar dari apa yang dituliskan pada bagian akhir dari Zakharia 8:2 yaitu amarah Tuhan yang besar. Orang seperti itu akan masuk pada kegenapan yang positif yaitu menjadi Mempelai Wanita Tuhan.
Yesaya 62:1
62:1 Oleh karena Sion aku tidak dapat berdiam diri, dan oleh karena Yerusalem aku tidak akan tinggal tenang, sampai kebenarannya bersinar seperti cahaya dan keselamatannya menyala seperti suluh.

“aku” pada ayat di atas menunjuk hamba Tuhan tetapi hamba Tuhan ini mitranya adalah Allah sendiri. Kalau dikatakan dia tidak akan berdiam diri itu karena melihat teladan pada mitra kerjanya itulah Tuhan kita Tuhan Yesus Kristus.

Yesaya 62:2
62:2 Maka bangsa-bangsa akan melihat kebenaranmu, dan semua raja akan melihat kemuliaanmu, dan orang akan menyebut engkau dengan nama baru yang akan ditentukan oleh TUHAN sendiri.
Sebelum menikah mempelai wanita memakai namanya sendiri, tetapi setelah menikah dia menyandang nama baru. Itulah yang Tuhan mau berikan kepada kita. Ini tujuan Tuhan sehingga tidak bisa berdiam diri yaitu untuk membahagiakan kita.

Yesaya 62:4-5
62:4 Engkau tidak akan disebut lagi "yang ditinggalkan suami", dan negerimu tidak akan disebut lagi "yang sunyi", tetapi engkau akan dinamai "yang berkenan kepada-Ku" dan negerimu "yang bersuami", sebab TUHAN telah berkenan kepadamu, dan negerimu akan bersuami.
62:5 Sebab seperti seorang muda belia menjadi suami seorang anak dara, demikianlah Dia yang membangun engkau akan menjadi suamimu, dan seperti girang hatinya seorang mempelai melihat pengantin perempuan, demikianlah Allahmu akan girang hati atasmu.

Terlalu baik Tuhan itu, kita ini tidak pantas baginya. Tetapi inilah gairah Tuhan! Kenapa kita tidak bergairah menyambut gairah Tuhan? Mengapa kita malah banyak berulah dan bertingkah, padahal sesungguhnya kita tidak layak untuk duduk bersanding dengan Tuhan. Terima kasih Tuhan untuk kemurahanMu.

Tuhan memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar