20140320

Kebaktian Pemakaman, Kamis 20 Maret 2014 Pdt. Bernard Legontu


Salam sejahtera di dalam nama Tuhan Yesus Kristus.

Daniel 12:1-2
12:1 "Pada waktu itu juga akan muncul Mikhael, pemimpin besar itu, yang akan mendampingi anak-anak bangsamu; dan akan ada suatu waktu kesesakan yang besar, seperti yang belum pernah terjadi sejak ada bangsa-bangsa sampai pada waktu itu. Tetapi pada waktu itu bangsamu akan terluput, yakni barangsiapa yang didapati namanya tertulis dalam Kitab itu.
12:2 Dan banyak dari antara orang-orang yang telah tidur di dalam debu tanah, akan bangun, sebagian untuk mendapat hidup yang kekal, sebagian untuk mengalami kehinaan dan kengerian yang kekal.

Menghadapi kematian, kita sebagai umat Tuhan yang mempunyai pengharapan sesuai dengan ayat kedua, akan ada kebangkitan. Kebangkitan ini ada dua gelombang walaupun disebutkan dalam satu ayat.
Yohanes 5:29
5:29 dan mereka yang telah berbuat baik akan keluar dan bangkit untuk hidup yang kekal, tetapi mereka yang telah berbuat jahat akan bangkit untuk dihukum.

Kebangkitan orang yang mati dalam Tuhan terjadi pada waktu Tuhan Yesus datang pada kali yang kedua menjelang masuk kerajaan 1000 tahun damai. Kebangkitan gelombang kedua adalah kebangkitan orang yang tidak percaya akan Tuhan. Dia bangkit sesudah kerajaan 1000 tahun damai dan dia menuju ke tempat yang ada ulat yang tidak mati dan ada api yang kekal selama-lamanya.
Markus 9:44,46,48
9:44 [di tempat itu ulatnya tidak akan mati, dan apinya tidak akan padam.]
9:46 [di tempat itu ulatnya tidak akan mati, dan apinya tidak akan padam.]
9:48 di mana ulat-ulat bangkai tidak mati dan api tidak padam.

Yesaya 66:24
66:24 Mereka akan keluar dan akan memandangi bangkai orang-orang yang telah memberontak kepada-Ku. Di situ ulat-ulatnya tidak akan mati, dan apinya tidak akan padam, maka semuanya akan menjadi kengerian bagi segala yang hidup.

Kita orang percaya bukan hanya sekedar percaya. Kata percaya dalam pengertian yang lebih hakiki adalah mempercayakan diri kepada Tuhan agar jangan hanya mulut yang percaya tetapi diri tidak dipercayakan kepada Tuhan. Banyak orang mengaku percaya tetapi perilakunya seperti orang yang tidak percaya karena dia tidak menyerahkan tubuh, jiwa, rohnya kepada Tuhan. Padahal kita ini telah dibeli oleh Tuhan dengan harga tunai dan diri kita bukan milik kita lagi tetapi milik Kristus.
I Korintus 3:23, 6:20
3:23 Tetapi kamu adalah milik Kristus dan Kristus adalah milik Allah.
6:20 Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!

Daniel dilawat oleh Mikhael pemimpin besar itu. Ini untuk kedua kalinya Daniel melihat Mikhael. Dalam kitab Daniel pasal 10 disebutkan Daniel berpuasa selama 21 hari. Daniel berpuasa pada bulan Abib (bulan Nisan) yaitu bulan satu. Itulah bulan paskah. Apa yang dirindukan Daniel sehingga berpuasa? Dia ingin mengetahui hal-hal apa yang akan terjadi di depan ini. Sebenarnya waktu kita sekarang inilah yang dirindukan ingin diketahui oleh Daniel. Kalau Daniel mempunyai kerinduan seperti itu dan Tuhan bukakan kepadanya mengapa kita tidak memiliki kerinduan untuk mengetahui hal-hal di depan ini.
Wahyu 5:1-6
5:1 Maka aku melihat di tangan kanan Dia yang duduk di atas takhta itu, sebuah gulungan kitab, yang ditulisi sebelah dalam dan sebelah luarnya dan dimeterai dengan tujuh meterai.
5:2 Dan aku melihat seorang malaikat yang gagah, yang berseru dengan suara nyaring, katanya: "Siapakah yang layak membuka gulungan kitab itu dan membuka meterai-meterainya?"
5:3 Tetapi tidak ada seorang pun yang di sorga atau yang di bumi atau yang di bawah bumi, yang dapat membuka gulungan kitab itu atau yang dapat melihat sebelah dalamnya.
5:4 Maka menangislah aku dengan amat sedihnya, karena tidak ada seorang pun yang dianggap layak untuk membuka gulungan kitab itu ataupun melihat sebelah dalamnya.
5:5 Lalu berkatalah seorang dari tua-tua itu kepadaku: "Jangan engkau menangis! Sesungguhnya, singa dari suku Yehuda, yaitu tunas Daud, telah menang, sehingga Ia dapat membuka gulungan kitab itu dan membuka ketujuh meterainya."
5:6 Maka aku melihat di tengah-tengah takhta dan keempat makhluk itu dan di tengah-tengah tua-tua itu berdiri seekor Anak Domba seperti telah disembelih, bertanduk tujuh dan bermata tujuh: itulah ketujuh Roh Allah yang diutus ke seluruh bumi.

Daniel mulai berpuasa pada tanggal 3 dan 1 minggu setelah dia berpuasa kena pada tanggal 10. Itu kena mengena waktu domba paskah itu disimpan.
Keluaran 12:3
12:3 Katakanlah kepada segenap jemaah Israel: Pada tanggal sepuluh bulan ini diambillah oleh masing-masing seekor anak domba, menurut kaum keluarga, seekor anak domba untuk tiap-tiap rumah tangga.
Genap 2 minggu dia berpuasa yaitu tanggal 17, kena pada tanggal kebangkitan Tuhan Yesus. Karena pada tanggal 14 domba paskah disembelih dan 3 hari kemudian Tuhan Yesus bangkit. Ini untuk memangkas ketidak percayaan akan kebangkitan. Di dalam Alkitab diceritakan tentang kelompok saduki yang tidak percaya kebangkitan. Mereka beranggapan setelah mati habis perkara, yang penting sekarang makan dan minum sebab besok mereka mati. Orang Saduki hanya bertuhankan perut mereka.
Yesaya 22:13
22:13 tetapi lihat, di tengah-tengah mereka ada kegirangan dan sukacita, membantai lembu dan menyembelih domba, makan daging dan minum anggur, sambil berseru: "Marilah kita makan dan minum, sebab besok kita mati!"

1 Korintus 15:32
15:32 Kalau hanya berdasarkan pertimbangan-pertimbangan manusia saja aku telah berjuang melawan binatang buas di Efesus, apakah gunanya hal itu bagiku? Jika orang mati tidak dibangkitkan, maka "marilah kita makan dan minum, sebab besok kita mati".

Kemudian minggu yang 3 dari puasa Daniel kena pada tanggal 24 di mana itulah waktu di mana Tuhan Yesus menampakkan diri kepada 11 murid selain Yudas. Penampakkan Tuhan Yesus yang kedua kepada murid-murid untuk memangkas roh ketidakpercayaan Tomas. Jangan-jangan dalam diri kita ada roh tidak percaya. Itu sebabnya kebangkitan Kristus perlu kita selami dan pahami. Akhirnya kerinduan hati Daniel terjawab. Jawaban segala sesuatu hanya ada pada Korban Kristus.

Kita sudah dibeli oleh Tuhan dengan harga tunai, dengan darahNya yang mahal. Itu sebabnya ibadah dan pelayan bukan suatu permainan, ibadah pelayanan itu mahal harganya. Tuhan sudah mengambil dari sisi kita suatu pribadi yang sudah Tuhan sudah bayar dengan mahal, Tuhan yang mempunyai kuasa, Tuhan yang mempunyai wewenang. Kita tidak bisa menahan sebab Tuhan yang punya, Tuhan yang berhak. Kita hanya berusaha tetapi kita tetap harus pasrah. Kita harus memahami ini supaya jangan kita berlarut-larut dalam kesedihan. Tubuh, jiwa, roh kita adalah miliki Tuhan Yesus, tidak ada yang bisa melarang kalau Dia mau memetik kita.

Ketika Daniel berpuasa 21 hari sebenarnya jawaban sudah Tuhan kirim tetapi ada yang menghadang yaitu raja Persia yang adalah gambaran iblis. Kadang kita berdoa tetapi jawaban tidak segera kita dapatkan. Tetapi genap 21 hari Daniel berpuasa, Mikhael datang menantang raja Persia dan membawa jawaban doa. Jadi Mikhael ini selalu membawa kemenangan. Dalam kitab Wahyu, kekalahan iblis ditandai dengan tampilnya Mikhael. Ada 3 tahap kekalahan iblis.
1.      Wahyu 12:10
12:10 Dan aku mendengar suara yang nyaring di sorga berkata:  "Sekarang telah tiba  keselamatan dan kuasa  dan pemerintahan Allah kita,  dan kekuasaan Dia yang diurapi-Nya,  karena telah dilemparkan ke bawah  pendakwa saudara-saudara kita,  yang mendakwa mereka siang dan malam di hadapan Allah kita.

Sekarang iblis masih mondar mandir ke Sorga, tetapi dalam kekalahan iblis tahap pertama dia dilemparkan ke bumi. Iblis mencari kesalahan dan mendakwa kita siang malam. Kalau sekarang masih ada yang saling mendakwa karena iblis belum dilempar ke jurang maut.

2.      Wahyu 20:1-3
20:1 Lalu aku melihat seorang malaikat turun dari sorga memegang anak kunci jurang maut dan suatu rantai besar di tangannya;
20:2 ia menangkap naga, si ular tua itu, yaitu Iblis dan Satan. Dan ia mengikatnya seribu tahun lamanya,
20:3 lalu melemparkannya ke dalam jurang maut, dan menutup jurang maut itu dan memeteraikannya di atasnya, supaya ia jangan lagi menyesatkan bangsa-bangsa, sebelum berakhir masa seribu tahun itu; kemudian dari pada itu ia akan dilepaskan untuk sedikit waktu lamanya.

3.      Wahyu 20:10
20:10 dan Iblis, yang menyesatkan mereka, dilemparkan ke dalam lautan api dan belerang, yaitu tempat binatang dan nabi palsu itu, dan mereka disiksa siang malam sampai selama-lamanya.

Ini adalah tempat terakhir dari iblis.

Yesaya 66:24
66:24 Mereka akan keluar dan akan memandangi bangkai orang-orang yang telah memberontak kepada-Ku. Di situ ulat-ulatnya tidak akan mati, dan apinya tidak akan padam, maka semuanya akan menjadi kengerian bagi segala yang hidup.

Kita mau menjadi pihak yang menonton atau yang ditonton? Kalau bermain-main dan memberontak maka kita yang akan ditonton.

Daniel 12:1b
12:1b Tetapi pada waktu itu bangsamu akan terluput, yakni barangsiapa yang didapati namanya tertulis dalam Kitab itu.

Setiap penampilan kita datang beribadah dicatat oleh Tuhan bagaikan anak yang masuk sekolah.
Maleakhi 3:16
3:16 Beginilah berbicara satu sama lain orang-orang yang takut akan TUHAN: "TUHAN memperhatikan dan mendengarnya; sebuah kitab peringatan ditulis di hadapan-Nya bagi orang-orang yang takut akan TUHAN dan bagi orang-orang yang menghormati nama-Nya."

Bahkan nama kita dicatat dalam kitab kehidupan. Tetapi ada dua hamba Tuhan yang berani meminta namanya dihapus dari kitab kehidupan Tuhan sebab sayangnya kepada umat Tuhan sebab Tuhan sudah mengancam untuk menghukum umat Tuhan.
Keluaran 32:32
32:32 Tetapi sekarang, kiranya Engkau mengampuni dosa mereka itu -- dan jika tidak, hapuskanlah kiranya namaku dari dalam kitab yang telah Kautulis."

Musa berani meminta namanya dihapus dari kitab kehidupan sangking cintanya kepada umat Israel. Demikian juga Rasul Paulus rela terpisah dari Kristus demi orang Israel.
Roma 9:1-4
9:1 Aku mengatakan kebenaran dalam Kristus, aku tidak berdusta. Suara hatiku turut bersaksi dalam Roh Kudus,
9:2 bahwa aku sangat berdukacita dan selalu bersedih hati.
9:3 Bahkan, aku mau terkutuk dan terpisah dari Kristus demi saudara-saudaraku, kaum sebangsaku secara jasmani.
9:4 Sebab mereka adalah orang Israel, mereka telah diangkat menjadi anak, dan mereka telah menerima kemuliaan, dan perjanjian-perjanjian, dan hukum Taurat, dan ibadah, dan janji-janji.
Akhirnya daftar nama itu akan dicari. Itu sebabnya jangan kita bermain-main dengan Tuhan, jangan berkelakar. Kalau hamba Tuhan dari awal sampai akhir hanya berkelakar dalam ibadah itu berarti roh bebel.
Yesaya 57:4
57:4 Tentang siapakah kamu berkelakar, terhadap siapakah kamu melontarkan kata-kata yang bukan-bukan dan mengejeknya? Bukankah kamu ini anak-anak pemberontak, keturunan pendusta,

Apa yang dilakoni oleh Musa dan rasul Paulus belum sebangding dengan Tuhan Yesus. Dia rela berkorban dan menderita bagi kita. Tetapi orang yang karenanya Tuhan Yesus harus menderita tidak tahu berterima kasih!

Daniel 12:10
12:10 Banyak orang akan disucikan dan dimurnikan dan diuji, tetapi orang-orang fasik akan berlaku fasik; tidak seorang pun dari orang fasik itu akan memahaminya, tetapi orang-orang bijaksana akan memahaminya.

Semoga dalam kategori banyak orang yang disucikan ini termasuk kita semua. Hanya orang bijaksana bisa paham mengapa mengalami pengalaman pahit begini? Itu tanda kita sedang disucikan. Kalau mengalami pengalaman yang pahit itu adalah proses penyucian dalam diri kita untuk menumbuhkan tabiat Ilahi. Kadang ketika kita diberi kesempatan oleh Tuhan masuk dalam kancah penyucian kita tidak bisa menerima tetapi Tuhan mengatakan orang yang bijaksana dia paham.

Yeremia 6:29
6:29 Puputan sudah mengembus, tetapi yang keluar dari api hanya timah hitam, tembaga dan besi. Sia-sia orang melebur terus-menerus, tetapi orang-orang yang jahat tidak terpisahkan.

Ini cara Tuhan memurnikan kita. Kadang Tuhan membawa pengalaman hidup kita seperti di dalam api supaya bisa mengalami penyucian. Yang Tuhan inginkan keluar emas yang murni tetapi yang muncul adalah timah hitam. Timah adalah musuh dari emas, kalau timah dilebur dengan emas maka emas itu akan hilang. Siapa yang digambarkan sebagai timah hitam? Itulah Firaun dan pasukannya.
Keluaran 15:10
15:10 Engkau meniup dengan taufan-Mu, laut pun menutupi mereka; sebagai timah mereka tenggelam dalam air yang hebat.

Tuhan menginginkan emas yang muncul (Tabiat Ilahi) tetapi yang muncul hanya yang duniawi padahal kita harus berubah dan jangan mengikuti dunia. Peganglah dunia ini tetapi dengan tangan terlepas sebab dunia ini sedang menuju pada kebinasaannya, kalau kita pegang maka kita juga akan ikut binasa.

Yeremia 6:30
6:30 Sebutkanlah mereka perak yang ditolak, sebab TUHAN telah menolak mereka!

Berbicara perak itu bicara tentang penebusan. Jadi sekalipun telah ditebus tetapi kalau kalau yang ditampilkan tetap timah hitam, tembaga dan besi, berarti tidak terpisah dari karakter yang harus disucikan maka akhirnya mereka disebut anak ketebusan yang ditolak oleh Tuhan. Saya kira kita tidak mau ditolak oleh Tuhan tetapi fakta dalam Alkitab banyak yang ditolak oleh Tuhan. Jangan kita menambah barisan orang Kristen yang akan di tolak oleh Tuhan.

Biarlah kita menjadi Kristen yang masuk dalam pintu sorga dan bukannya orang Kristen yang ketika sampai di pintu Sorga tetapi akhirnya ditolak karena Tuhan mengatakan tidak mengenal. Mengapa Tuhan tidak mengenal? Karena tidak mau disucikan. Biarlah karakter Kristus makin nyata dalam diri kita karena kita mau menerima penyucian. Jangan kita tolak penyucian dari Tuhan, jangan kita lemas, letih dan lesuh lalu meninggalkan Tuhan.

Tuhan Memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar