20140313

Kebaktian PA 7 Masa Raya Tuhan, Kamis 13 Maret 2014 Pdt. Bernard Legontu


Salam sejahtera di dalam nama Tuhan Yesus Kristus.

Imamat 23:40-44
23:40 Pada hari yang pertama kamu harus mengambil buah-buah dari pohon-pohon yang elok, pelepah-pelepah pohon-pohon korma, ranting-ranting dari pohon-pohon yang rimbun dan dari pohon-pohon gandarusa dan kamu harus bersukaria di hadapan TUHAN, Allahmu, tujuh hari lamanya.
23:41 Kamu harus merayakannya sebagai perayaan bagi TUHAN tujuh hari lamanya dalam setahun; itulah suatu ketetapan untuk selama-lamanya bagimu turun-temurun. Dalam bulan yang ketujuh kamu harus merayakannya.
23:42 Di dalam pondok-pondok daun kamu harus tinggal tujuh hari lamanya, setiap orang asli di Israel haruslah tinggal di dalam pondok-pondok daun,
23:43 supaya diketahui oleh keturunanmu, bahwa Aku telah menyuruh orang Israel tinggal di dalam pondok-pondok selama Aku menuntun mereka sesudah keluar dari tanah Mesir, Akulah TUHAN, Allahmu."
23:44 Demikianlah Musa menyampaikan kepada orang Israel firman tentang hari-hari raya yang ditetapkan TUHAN.

Kita telah berbicara tentang tujuh jenis pohon yang harus dimiliki oleh setiap pribadi untuk masuk dalam pesta pondok daun-daunan. Tujuannya adalah untuk melakukan seperti bangsa Israel dahulu, bagaimana mereka keluar dari Mesir dan berada di padang belantara selama 40 tahun. Ini menubuatkan kepada kita gereja Tuhan bahwa perjalanan kita sekarang sudah 40 Yobel berarti 2000 tahun.

Pesta ini bukanlah pesta ciptaan manusia tetapi pesta Tuhan. Tujuh pesta Tuhan wajib kita laksanakan dan kita langsung berbicara pesta ketujuh yang dilaksanakan tanggal 15 bulan yang ketujuh. Kelengkapan untuk melaksanakan hari raya pondok daun ini kita harus memiliki tujuh jenis pohon.

Pohon yang ketujuh yang akan kita bicarakan adalah pokok elok atau pohon anggur. Setiap anak Tuhan kalau merindukan untuk masuk pada pesta pondok daun-daunan, berarti rindu untuk masuk dalam penyingkiran gereja, maka tidak bisa ditawar-tawar harus memiliki pokok elok atau yang disebut juga pokok anggur.

Yang dibutuhkan di sini bukan hanya rantingnya tetapi juga buahnya. Jadi buah-buah yang elok ini diambil berserta carang-carangnya dan ditaruh di atas para-para yang diatur sehigga buah itu berjuntai-juntai. Ini bukan hanya pemanis mata atau tempat perteduhan tetapi secara rohani buah anggur ini harus kita miliki. Ini bukan hanya pemanis mata tetapi juga dikecap. Sebab ketika mereka berada di bawah pondok-pondok itu mereka memakan buah-buahan ini. Ini berbicara kemanisan dalam persekutuan/ nikah.

Inilah pesta yang paling ditunggu-tunggu oleh bangsa Israel dan kita juga harus memiliki kerinduan hati untuk masuk dalam pesta ini terlebih lagi melihat keadaan dunia ini yang semakin tidak aman. Tentu kita harus memiliki kerinduan untuk disingkirkan.

Bangsa Israel ini dikatakan oleh Tuhan bagaikan pokok anggur yang diambil Tuhan dari tanah Mesir. Anggur-anggur di Mesir semua dihancurkan oleh Tuhan dengan hujan batu serta hujan es.
Mazmur 80:9-10
80:9 Telah Kauambil pohon anggur dari Mesir, telah Kauhalau bangsa-bangsa, lalu Kautanam pohon itu.
80:10 Engkau telah menyediakan tempat bagi dia, maka berakarlah ia dalam-dalam dan memenuhi negeri;

Israel diluputkan dari Mesir dan dibawa ke Kanaan. Begitu juga kita diambil oleh Tuhan dari Mesir (dari dunia) dan dibawa pada naungannya Tuhan.

Mesir artinya gelap. Jadi kita diambil oleh Tuhan dari tempat yang gelap dan dipindahkan kepada terang. Jadi kalau kita memiliki pokok anggur maka buktikanlah kita ada pengalaman dipindahkan dari gelap kepada terang dan bukannya malah berpindah dari terang kepada gelap.
1 Petrus 2:9
2:9 Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib:

Namun setelah itu Tuhan menyesali Israel yang sudah menjadi pokok anggur pilihan tetapi berubah menjadi pokok anggur hutan.
Yeremia 2:21
2:21 Namun Aku telah membuat engkau tumbuh sebagai pokok anggur pilihan, sebagai benih yang sungguh murni. Betapa engkau berubah menjadi pohon berbau busuk, pohon anggur liar!

Yeremia 2:21 (Terjemahan Lama)
2:21 Bukankah Aku sudah menanam engkau seperti pokok anggur yang terutama, dari pada benih yang tulen? maka bagaimana gerangan engkau sudah berubah begitu dan menjadi pokok anggur hutan, yang amat rusak tabiatnya?

Bukan ini yang dicari Tuhan, bukan sifat seperti ini yang bisa masuk dalam pembangunan Tubuh Kristus, bukan kehidupan Kristen model seperti ini yang bisa terserap dalam pembangunan Tubuh Mempelai Wanita untuk Tuhan Yesus. Orang seperti itu tidak bisa masuk dalam penyingkiran gereja karena tidak memiliki pohon anggur pilihan. Kita ini sebagai umat Tuhan harus memiliki pokok anggur tetapi pokok anggur pilihan. Anggur pilihan ini mempunyai ciri keluar dari gelap kepada terang.

Anggur pilihan ini juga merambat. Tetapi yang Tuhan sesali semakin anggur itu merambat semakin banyak berhala yang mereka buat.

Hancurnya pohon anggur orang Mesir karena hujan batu.
Mazmur 78:47
78:47 Ia mematikan pohon anggur mereka dengan hujan batu, dan pohon-pohon ara mereka dengan embun beku;

Mengapa pohon anggur itu dipindah dari Mesir? Mengapa kita juga harus dipindahkan dari Mesir? Karena di depan ini kita Tuhan akan menghajar dunia ini dengan hujan batu yang telah Tuhan sediakan.
Ayub 38:1,3,22-23
38:1 Maka dari dalam badai TUHAN menjawab Ayub:
38:3 Bersiaplah engkau sebagai laki-laki! Aku akan menanyai engkau, supaya engkau memberitahu Aku.
38:22 Apakah engkau telah masuk sampai ke perbendaharaan salju, atau melihat perbendaharaan hujan batu,
38:23 yang Kusimpan untuk masa kesesakan, untuk waktu pertempuran dan peperangan?

Tuhan menyiapkan hujan batu itu untuk masa 3,5 tahun aniaya antikristus. Kalau kita tidak masuk dalam kelompok anak Tuhan yang disingkirka maka akan berhadapan dengan hujan batu yang paling dahsyat. Kalau kita tidak pindah dari Mesir berarti kita tetap pokok anggur model Mesir yang busuk, yang liar, yang adalah pokok anggur hutan. Kehidupan seperti itu yang akan dihajar Tuhan dengan hujan batu yang lebat. Sekalipun kita telah dipindahkan dari gelap kepada terang tetapi berubah menjadi pohon anggur hutan apalagi kalau dalam ibadah malah memperbanyak berhala maka pasti akan menerima penghukuman hujan batu.

Wahyu 16:17-21
16:17 Dan malaikat yang ketujuh menumpahkan cawannya ke angkasa. Dan dari dalam Bait Suci kedengaranlah suara yang nyaring dari takhta itu, katanya: "Sudah terlaksana."
16:18 Maka memancarlah kilat dan menderulah bunyi guruh, dan terjadilah gempa bumi yang dahsyat seperti belum pernah terjadi sejak manusia ada di atas bumi. Begitu hebatnya gempa bumi itu.
16:19 Lalu terbelahlah kota besar itu menjadi tiga bagian dan runtuhlah kota-kota bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah. Maka teringatlah Allah akan Babel yang besar itu untuk memberikan kepadanya cawan yang penuh dengan anggur kegeraman murka-Nya.
16:20 Dan semua pulau hilang lenyap, dan tidak ditemukan lagi gunung-gunung.
16:21 Dan hujan es besar, seberat seratus pon, jatuh dari langit menimpa manusia, dan manusia menghujat Allah karena malapetaka hujan es itu, sebab malapetaka itu sangat dahsyat.

Penghukuman hujan batu ini adalah penghukuman yang terakhir. Di mana kita mau berlindung kalau terjadi penghukuman Tuhan. Tuhan pernah menghukum musuh Israel dengan hujan batu dan lebih banyak yang mati karena hujan batu ini dari pada yang dibunuh oleh orang Israel.
Yosua 10:11
10:11 Sedang mereka melarikan diri di depan orang Israel dan baru di lereng Bet-Horon, maka TUHAN melempari mereka dengan batu-batu besar dari langit, sampai ke Azeka, sehingga mereka mati. Yang mati kena hujan batu itu ada lebih banyak dari yang dibunuh oleh orang Israel dengan pedang.

Kalau kita sudah menjadi pokok anggur pilihan jangan berubah lagi menjadi pokok anggur hutan.
Yesaya 5:2
5:2 Ia mencangkulnya dan membuang batu-batunya, dan menanaminya dengan pokok anggur pilihan; ia mendirikan sebuah menara jaga di tengah-tengahnya dan menggali lobang tempat memeras anggur; lalu dinantinya supaya kebun itu menghasilkan buah anggur yang baik, tetapi yang dihasilkannya ialah buah anggur yang asam.

Yesaya 5:2 (Terjemahan Lama)
5:2 Maka telah dipagarinya akan dia dan disucikannya tanahnya dari pada segala batu, lalu ditanaminya dengan beberapa pokok anggur yang indah-indah dan dibangunkannya sebuah rumah peranginan di tengah-tengahnya dan dibuatnya pula apitan anggur yang terpahat di dalamnya, maka bernanti-nantilah ia kalau hasilnya buah-buah anggur yang baik, tetapi hasilnya buah busuk belaka.

Bagaimana kita bisa menjadi pohon anggur yang manis kalau menyodorkan anggur asam kepada Tuhan sehingga muka Tuhan tidak lurus lagi. Di atas salib Golgota Tuhan Yesus disodorkan air anggur asam.

Ada pokok anggur yang lain lagi, namanya pokok anggur Sodom.
Ulangan 32:32-33
32:32 Sesungguhnya, pohon anggur mereka berasal dari pohon anggur Sodom, dan dari kebun-kebun Gomora; buah anggur mereka adalah buah anggur yang beracun, pahit gugusan-gugusannya.
32:33 Air anggur mereka adalah racun ular, dan bisa ular tedung yang keras ganas.

Kepada Sulamit, Salomo mengatakan “engkau bagaikan pokok anggur”
Kidung agung 1:2; 2:13
1:2 -- Kiranya ia mencium aku dengan kecupan! Karena cintamu lebih nikmat dari pada anggur,
2:13 Pohon ara mulai berbuah, dan bunga pohon anggur semerbak baunya. Bangunlah, manisku, jelitaku, marilah!

Ada yang akan merusak, Kidung agung 2:15
2:15 Tangkaplah bagi kami rubah-rubah itu, rubah-rubah yang kecil, yang merusak kebun-kebun anggur, kebun-kebun anggur kami yang sedang berbunga!

Jadilah anak Tuhan yang menetralisir racun, bukan menjadi anak Tuhan yang beracun. Kita tidak boleh memegang keduanya, tidak bisa memegang buah anggur yang manis sekaligus memegang anggur beracun. Kita harus waspada, buktikan bahwa kita siap untuk diterbangkan Tuhan ke padang belantara dengan memiliki pokok anggur dan buah anggur yang manis.

Tuhan membaharui kita supaya tidak ada seorangpun yang tertinggal di Mesir/ di dunia ini, tetapi ketika sangkakala berbunyi kita disingkirkan ke padang belantara. Ketika kita diterbangkan maka bokor yang ketujuh dicurahkan, hujan batu dicurahkan. Tetapi kita yang rindu masuk dalam pesta pondok daun-daunan, yang rindu masuk dalam penyingkiran gereja mulai dari sekarang harus didirus oleh hujan pengajaran. Kalau kita tidak mau ke pesta pondok daun-daunan, kalau kita tidak ada kerinduan hati untuk masuk pada pembentukan Tubuh Kristus maka pasti menjadi kering karena tidak ada hujan pengajaran.
Zakharia 14:17-18
14:17 Tetapi bila mereka dari kaum-kaum di bumi tidak datang ke Yerusalem untuk sujud menyembah kepada Raja, TUHAN semesta alam, maka kepada mereka tidak akan turun hujan.
14:18 Dan jika kaum Mesir tidak datang dan tidak masuk menghadap, maka kepada mereka akan turun tulah yang ditimpakan TUHAN kepada bangsa-bangsa yang tidak datang untuk merayakan hari raya Pondok Daun.

Kita mengikut Tuhan bukan untuk dihukum tetapi supaya luput dari hukuman.

Ciri pokok anggur Sodom ada 5. Biarlah kita tidak memiliki ciri itu tetapi memiliki ciri pokok anggur pilihan. Pokok anggur pilihan ada kaitannya dengan keledai muda. Keledai muda ini ditunggangi oleh Tuhan Yesus dari Betfage dan Betania sampai ke Yerusalem. Biarlah kita menjadi keledai yang ditunggai Tuhan Yesus, artinya kita gereja Tuhan yang hidup di akhir zaman asal bangsa kafir menjadi Tubuh dan Tuhan Yesus menjadi Kepala, untuk membawa kita ke Yerusalem Baru.

5 ciri pokok anggur dari Sodom.
Yehezkiel 16:49
16:49 Lihat, inilah kesalahan Sodom, kakakmu yang termuda itu: kecongkakan, makanan yang berlimpah-limpah dan kesenangan hidup ada padanya dan pada anak-anaknya perempuan, tetapi ia tidak menolong orang-orang sengsara dan miskin.

1.      Congkak
II Korintus 10:5
10:5 Kami mematahkan setiap siasat orang dan merubuhkan setiap kubu yang dibangun oleh keangkuhan manusia untuk menentang pengenalan akan Allah. Kami menawan segala pikiran dan menaklukkannya kepada Kristus,

Orang yang congkak adalah yang tidak mau bertumbuh pengenalannya akan Tuhan. Dari dipihak Tuhan, Tuhan memakai hambaNya untuk membawa kita pada pengenalan yang benar akan Tuhan.
Efesus 1:15-17
1:15 Karena itu, setelah aku mendengar tentang imanmu dalam Tuhan Yesus dan tentang kasihmu terhadap semua orang kudus,
1:16 aku pun tidak berhenti mengucap syukur karena kamu. Dan aku selalu mengingat kamu dalam doaku,
1:17 dan meminta kepada Allah Tuhan kita Yesus Kristus, yaitu Bapa yang mulia itu, supaya Ia memberikan kepadamu Roh hikmat dan wahyu untuk mengenal Dia dengan benar.

Kalau ada orang yang menghalang-halangi pengenalan akan Tuhan itulah orang congkak. Tuhan sudah menyediakan satu hari untuk menghancurkan orang yang sombong, congkak dan angkuh.
Yesaya 2:11-12
2:11 Manusia yang sombong akan direndahkan, dan orang yang angkuh akan ditundukkan; dan hanya TUHAN sajalah yang maha tinggi pada hari itu.
2:12 Sebab TUHAN semesta alam menetapkan suatu hari untuk menghukum semua yang congkak dan angkuh serta menghukum semua yang meninggikan diri, supaya direndahkan;

Ini jangan terjadi dalam diri kita karena ini bukan ciri pokok anggur dari Tuhan.
Congkak ini juga adalah orang yang bertanya Firman kepada hamba Tuhan tetapi ketika diberi tahu mereka malah berbalik melawan Firman beserta hamba Tuhan yang menyampaikannya.
Yeremia 42:5-7; 43:1-2,4,7
42:5 Berkatalah mereka kepada Yeremia: "Biarlah TUHAN menjadi saksi yang benar dan yang dapat dipercaya terhadap kami, jika kami tidak berbuat menurut segala firman yang disuruh TUHAN, Allahmu, kausampaikan kepada kami.
42:6 Maupun baik ataupun buruk, kami akan mendengarkan suara TUHAN, Allah kita, yang kepada-Nya kami mengutus engkau, supaya keadaan kami baik, oleh karena kami mendengarkan suara TUHAN, Allah kita."
42:7 Sesudah sepuluh hari datanglah firman TUHAN kepada Yeremia.
43:1 Ketika Yeremia selesai mengatakan kepada seluruh rakyat segala firman TUHAN, Allah mereka, yang disuruh TUHAN, Allah mereka, disampaikannya kepada mereka, yaitu segala firman yang tersebut di atas,
43:2 maka berkatalah Azarya bin Hosaya dan Yohanan bin Kareah serta semua orang congkak itu kepada Yeremia: "Engkau berkata bohong! TUHAN, Allah kita, tidak mengutus engkau untuk berkata: Janganlah pergi ke Mesir untuk tinggal sebagai orang asing di sana,
43:4 Demikianlah Yohanan bin Kareah dan semua perwira tentara serta seluruh rakyat tidak mau mendengarkan suara TUHAN untuk tinggal di tanah Yehuda.
43:7 Lalu mereka pergi ke tanah Mesir, sebab mereka tidak mau mendengarkan suara TUHAN. Maka sampailah mereka di Tahpanhes.

Tahpanhes adalah istana Firaun. Justru mereka pergi ke istananya iblis. Itulah kalau congkak, kalau menolak pengenalan yang benar akan Tuhan, akhirnya dia tidak berada di takhtaNya Tuhan tetapi di istananya iblis. Kita menuju ke padang belantara untuk menuju ke takhtaNya Tuhan.

2.      Makanan yang berlimpah-limpah
Wahyu 3:15-17
3:15 Aku tahu segala pekerjaanmu: engkau tidak dingin dan tidak panas. Alangkah baiknya jika engkau dingin atau panas!
3:16 Jadi karena engkau suam-suam kuku, dan tidak dingin atau panas, Aku akan memuntahkan engkau dari mulut-Ku.
3:17 Karena engkau berkata: Aku kaya dan aku telah memperkayakan diriku dan aku tidak kekurangan apa-apa, dan karena engkau tidak tahu, bahwa engkau melarat, dan malang, miskin, buta dan telanjang,

Artinya rohaninya kehidupan itu tidak merasa ada kekurangan di dalam dirinya. Selama kita belum diterangi kita berkata kita baik dan tidak ada apa-apa tetapi begitu disinari oleh terang Firman Allah ternyata kita banyak kekurangan. Jadi jangan kita berkata tidak ada kekurangan, kita banyak kekurangan. Itu sebabnya kalau kita mengatakan banyak kekurangan kita butuh terang Firman untuk menerangi kita.

Laodekia artinya orang banyak yang berkuasa/ hak orang banyak. Berarti gembala itu hanya simbol dalam gereja tetapi yang mengatur gembala adalah jemaat. Itu bahaya di dalam gereja. Bahkan sampai khotbahpun diatur oleh jemaat.

3.      Kesenangan hidup
Inilah yang namanya hidup jemawa, hidup hanya untuk kesenangan daging.

Orang kaya di dalam perumpamaan tentang Lazarus yang miskin akhirnya masuk neraka bukan karena kekayaannya tetapi karena dia hidup jemawa, dia tidak mempedulikan orang miskin di sekitarnya.
Lukas 16:19-21
16:19 "Ada seorang kaya yang selalu berpakaian jubah ungu dan kain halus, dan setiap hari ia bersukaria dalam kemewahan.
16:20 Dan ada seorang pengemis bernama Lazarus, badannya penuh dengan borok, berbaring dekat pintu rumah orang kaya itu,
16:21 dan ingin menghilangkan laparnya dengan apa yang jatuh dari meja orang kaya itu. Malahan anjing-anjing datang dan menjilat boroknya.

Walaupun orang ini diakui oleh Abraham sebagai anaknya, berarti dia orang percaya, tetapi apalah artinya kalau hidup jemawa dan tidak mau tahu dengan orang di sekitarnya. Akhirnya dia mati dan ada di dalam api neraka.
Lukas 16:24
16:24 Lalu ia berseru, katanya: Bapa Abraham, kasihanilah aku. Suruhlah Lazarus, supaya ia mencelupkan ujung jarinya ke dalam air dan menyejukkan lidahku, sebab aku sangat kesakitan dalam nyala api ini.
16:25 Tetapi Abraham berkata: Anak, ingatlah, bahwa engkau telah menerima segala yang baik sewaktu hidupmu, sedangkan Lazarus segala yang buruk. Sekarang ia mendapat hiburan dan engkau sangat menderita.

Apalah arti menyebut Abraham bapanya tetapi genetika rohani dari Abraham tidak turun kepadanya, sebab tidak mau beribadah dan melayani Tuhan.

4.      Tidak menolong orang-orang sengasara = tidak memiliki belas kasihan.
Padahal Tuhan Yesus datang ke dunia mencari orang yang ada belas kasihan.
Matius 9:13; 12:7
9:13 Jadi pergilah dan pelajarilah arti firman ini: Yang Kukehendaki ialah belas kasihan dan bukan persembahan, karena Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, melainkan orang berdosa."
12:7 Jika memang kamu mengerti maksud firman ini: Yang Kukehendaki ialah belas kasihan dan bukan persembahan, tentu kamu tidak menghukum orang yang tidak bersalah.

Satu ketika Daniel datang kepada raja Babel yaitu Nebukadnezar untuk mengingatkan supaya dia melakukan perbuatan yang penuh dengan belas kasihan supaya aman dari hukuman Tuhan. Tetapi hal itu tidak dihirau oleh Nebukadnezar sehingga dia harus dirantai selama 7 tahun dan makanannya hanya rumput seperti Lembu.

Daniel 4:27
4:27 Jadi, ya raja, biarlah nasihatku berkenan pada hati tuanku: lepaskanlah diri tuanku dari pada dosa dengan melakukan keadilan, dan dari pada kesalahan dengan menunjukkan belas kasihan terhadap orang yang tertindas; dengan demikian kebahagiaan tuanku akan dilanjutkan!"

5.      Melakukan kekejian
Ciri orang yang melakukan kekejian adalah tidak tahu malu lagi. Ada beberapa hal yang diperinci dalam Alkitab yang seringkali kita tidak sadar bahwa itu adalah kekejian bagi Tuhan.
Ulangan 18:9-12
18:9 "Apabila engkau sudah masuk ke negeri yang diberikan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu, maka janganlah engkau belajar berlaku sesuai dengan kekejian yang dilakukan bangsa-bangsa itu.
18:10 Di antaramu janganlah didapati seorang pun yang mempersembahkan anaknya laki-laki atau anaknya perempuan sebagai korban dalam api, ataupun seorang yang menjadi petenung, seorang peramal, seorang penelaah, seorang penyihir,
18:11 seorang pemantera, ataupun seorang yang bertanya kepada arwah atau kepada roh peramal atau yang meminta petunjuk kepada orang-orang mati.
18:12 Sebab setiap orang yang melakukan hal-hal ini adalah kekejian bagi TUHAN, dan oleh karena kekejian-kekejian inilah TUHAN, Allahmu, menghalau mereka dari hadapanmu.

Jangan menyerahkan anak ke dalam api artinya jangan menyerahkan anak pada api hawa nafsu/ hidup dalam api hawa nafsu.

Tidak ada tempat bagi orang keji di Sorga. Kalau ada 9 karunia Roh Kudus maka di sini ada 9 karunia iblis.

Kita perlu pokok anggur dan anggur itu menyukakan hati.
Mazmur 104:15
104:15 dan anggur yang menyukakan hati manusia, yang membuat muka berseri karena minyak, dan makanan yang menyegarkan hati manusia.

Kalau ada anggur dalam rumah tangga maka ada sukacita, ada penghargaan antara suami istri. Tuhan Yesus rindu untuk merangkul kita, Tuhan rindu untuk memegang tangan kita.


Tuhan Memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar