20140727

Kebaktian Umum, Minggu 27 Juli 2014 Pdt. Bernard Legontu


Salam sejahtera di dalam nama Tuhan Yesus Kristus.

Zakharia 9:1
9:1 Ucapan Ilahi. Firman TUHAN datang atas negeri Hadrakh dan berhenti di Damsyik. Sebab kepunyaan TUHANlah kota-kota Aram serta segala suku Israel;

Di sini kita diperlihatkan bahwa sesuai dengan nama Zakharia, Allah tetap mengingat dan tidak melupakan, maka Allah sekarang berhadapan dengan suatu bangsa yaitu bangsa Aram yang ibu kotanya Damsyik. Menurut kesaksian Firman, Abraham, nenek moyang Israel, sesungguhnya adalah bagian dari bangsa Aram. Aram ini ada pertalian dengan Abraham. Sebelum Abraham keluar dari Mesopotamia jelas dia adalah orang Aram.
Ulangan 26:5
26:5 Kemudian engkau harus menyatakan di hadapan TUHAN, Allahmu, demikian: Bapaku dahulu seorang Aram, seorang pengembara. Ia pergi ke Mesir dengan sedikit orang saja dan tinggal di sana sebagai orang asing, tetapi di sana ia menjadi suatu bangsa yang besar, kuat dan banyak jumlahnya.

Bahasa Aram dalam perjanjian baru banyak digunakan. Tuhan Yesus langsung menggunakan bahasa Aram misalnya: “Afatah, Talitakum, Eloi Eloi lama Sabakthani, Maranatha”.

Bangsa Aram sering bersekutu dengan bangsa Israel tetapi kadangkala memusuhi bangsa Israel. Dalam kitab II Raja-raja banya diceritakan tentang kehidupan orang Aram ini. Mereka sering bersekutu dengan orang Israel tetapi tidak lama sudah itu bermusuhan, itu ciri bangsa Aram.

Roh ini jangan ada dalam diri kita. Kita harus memiliki roh persekutuan sebab kalau kita mengaku sebagai anggota Tubuh Kristus kita akan menggalakkan persekutuan. Tetapi kalau kita dimusuhi itu lumrah. Jadi orang yang sebentar bersekutu lalu besok memusuhi berarti di dalamnya ada roh Damsyik, ada roh Aram. Sebagai anggota Tubuh Kristus kita harus mencintai persekutuan yang diikat dengan kasih Ilahi.

II Raja-raja 16:5
16:5 Pada waktu itu majulah Rezin, raja Aram, dan Pekah bin Remalya, raja Israel, untuk memerangi Yerusalem. Dan mereka mengepung Ahas, tetapi mereka tidak dapat mengalahkan dia.

Di sini Aram bersekutu dengan Israel tetapi untuk menghancurkan Yerusalem, berarti mau menghancurkan roh mempelai sebab Yerusalem adalah simbol Mempelai. Jadi ada persekutuan tetapi bukan untuk mengangkat dan membina roh mempelai, tetapi malah mau menghancurkan. Ini yang harus kita jaga, kita harus jaga persekutuan di dalam gereja sebab ada persekutuan tetapi di dalamnya tersembunyi roh daging yang justru menghancurkan tubuh mempelai Tuhan.

Damsyik artinya kegiatan tetapi kegiatan yang terselubung. Kita harus waspada dengan persekutuan yang digalakkan akhir-akhir ini sebab jangan sampai malah persekutuan itu membuat roh Mempelai dalam diri kita sirna sehingga gagal menjadi Mempelai Wanita Tuhan. Persekutuan ini mau menghancurkan pengajaran Mempelai, ini persekutuan yang harus kita waspadai. Ini sifat raja Aram, dia yang mengajak raja Israel untuk menghancurkan Yerusalem.

Persekutuan memang menyenangkan tetapi lihat apa yang terselubung di dalamnya. Kegiatan yang tersembunyi ini mau menghancurkan roh mempelai. Iblis bukan iblis kalau tidak berusaha untuk menghancurkan roh Mempelai dalam diri saudara. Kita sudah mendengar banyak Firman dan kita sudah paham bahwa tubuh, jiwa dan roh kita mau diangkat satu level dengan Tuhan. Itu sebabnya roh, jiwa dan tubuh kita mau dikuduskan oleh Tuhan.
I Tesalonika 5:23
5:23 Semoga Allah damai sejahtera menguduskan kamu seluruhnya dan semoga roh, jiwa dan tubuhmu terpelihara sempurna dengan tak bercacat pada kedatangan Yesus Kristus, Tuhan kita.

II Raja-raja 6:8
6:8 Raja negeri Aram sedang berperang melawan Israel. Ia berunding dengan pegawai-pegawainya, lalu katanya: "Ke tempat ini dan itu haruslah kamu turun menghadang."

Tadi Aram bersekutu dengan Israel untuk menghancurkan Yerusalem, sekarang dia melawan Israel. Inilah kegiatan yang tersembunyi yang ada pada Damsyik. Itu yang harus kita waspadai. Jadi roh Aram adalah sebentar rukun sebentar memusuhi.
Elia adalah gambaran nabi hujan awal dan Elisa adalah gambaran nabi hujan akhir. Ini adalah nubuatan akhir zaman bahwa ada kegiatan dari raja Aram di akhir zaman untuk menghancurkan. Ada 5 hal yang akan dia hancurkan. Tanpa Tuhan bermurah hati untuk mengungkapkan apa yang tersirat dalam setiap ayat maka kita pasti babak belur dan hancur. Iblis tidak senang gereja Tuhan dibawa pada kesempurnaan, sebab kalau gereja Tuhan sempurna maka nasib iblis berakhir di lautan api.

Itulah sebabnya iblis coba menghancurkan gembala. Kalau 1 orang jemaat yang dihancurkan itu tidak akan berpengaruh pada yang lain. Tetapi kalau gembala yang dia masuki maka hancurlah seluruh jemaat. Itu sebabnya roh Aram ini cari peluang untuk masuk dalam gembala, sebentar dia bersekutu sebentar dia memusuhi. Roh Damsyik ini sebentar bersekutu sebentar memusuhi.

II Raja-raja 13:17
13:17 serta berkata: "Bukalah jendela yang di sebelah timur!" Dan ketika dibukanya, berkatalah Elisa: "Panahlah!" Lalu dipanahnya. Kemudian berkatalah Elisa: "Itulah anak panah kemenangan dari pada TUHAN, anak panah kemenangan terhadap Aram. Engkau akan mengalahkan Aram di Afek sampai habis lenyap."

Aram artinya puncak jadi kita ada pada puncak kegiatan yang licik. Afek artinya kekuatan. Berarti kita berhadapan dengan puncak kekuatan dari Aram.

Di dalam diri Elisa ada Firman dan Roh.
2 Raja-raja 2:15; 3:12
2:15 Ketika rombongan nabi yang dari Yerikho itu melihat dia dari jauh, mereka berkata: "Roh Elia telah hinggap pada Elisa." Mereka datang menemui dia, lalu sujudlah mereka kepadanya sampai ke tanah.
3:12 Berkatalah Yosafat: "Memang padanya ada firman TUHAN." Sesudah itu pergilah raja Israel dan Yosafat dan raja Edom kepada Elisa.

Menjelang Elisa meninggal maka muncullah Aram dengan puncak kekuatannya. Jadi di saat Firman dan Roh Kudus diangkat oleh Tuhan maka roh Aram akan tampil dalam puncak kelicikan dan kekuatannya. Kalau sekarang kita masih mendapatkan pembukaan rahasia Firman Tuhan itu adalah kemurahan Tuhan. Tetapi suatu saat kita akan mencari Firman dan Roh Kudus tetapi sudah tidak ada sebab Firman dan Roh Kudus sudah diangkat bersama-sama dengan gereja Tuhan yang disingkirkan di padang belantara.
Wahyu 12:14
12:14 Kepada perempuan itu diberikan kedua sayap dari burung nasar yang besar, supaya ia terbang ke tempatnya di padang gurun, di mana ia dipelihara jauh dari tempat ular itu selama satu masa dan dua masa dan setengah masa.

Raja Yoas mendapat pelayanan dari hamba Tuhan ini sehingga dia dapat mengalahkan Aram, tetapi dia membuat gusar Elisa karena dia tidak memukul lebih dari 5 sampai 6 kali namun hanya memukul 3 kali. Sebenarnya memukul 3 kali itu sudah memadai. Memukul 3 kali ini adalah:
1.      Memukul dunia (kalahkan dunia)
Yakobus 4:4
4:4 Hai kamu, orang-orang yang tidak setia! Tidakkah kamu tahu, bahwa persahabatan dengan dunia adalah permusuhan dengan Allah? Jadi barangsiapa hendak menjadi sahabat dunia ini, ia menjadikan dirinya musuh Allah.

2.      Memukul daging  (kalahkan daging)
Roma 8:7-8
8:7 Sebab keinginan daging adalah perseteruan terhadap Allah, karena ia tidak takluk kepada hukum Allah; hal ini memang tidak mungkin baginya.
8:8 Mereka yang hidup dalam daging, tidak mungkin berkenan kepada Allah.

3.      Memukul iblis  (kalahkan iblis)
I Korintus 15:26,54-55
15:26 Musuh yang terakhir, yang dibinasakan ialah maut.
15:54 Dan sesudah yang dapat binasa ini mengenakan yang tidak dapat binasa dan yang dapat mati ini mengenakan yang tidak dapat mati, maka akan genaplah firman Tuhan yang tertulis: "Maut telah ditelan dalam kemenangan.
15:55 Hai maut di manakah kemenanganmu? Hai maut, di manakah sengatmu?"

Elisa menyesalkan mengapa Yoas tidak memukul 5 sampai 6 kali. Artinya memang Yoas menang tetapi untuk mencapai kesempurnaan masih terlalu jauh. Zaman Yoas menjadi raja Israel, yang menjadi raja Aram adalah Hazael yang diurapi oleh Elia.
1 Raja-raja 19:15
19:15 Firman TUHAN kepadanya: "Pergilah, kembalilah ke jalanmu, melalui padang gurun ke Damsyik, dan setelah engkau sampai, engkau harus mengurapi Hazael menjadi raja atas Aram.

Namun akhirnya Aram datang menyerang bangsa Israel. Ini nubuatan Firman bagi kita supaya kita waspada. Waktu penyerangan itu akan tiba namun Tuhan akan menuntun kita lewat Firman dan Roh Kudus ke mana arah kita memanah. Kita tidak akan terkalahkan kalau bersekutu dengan Firman dan Roh Kudus.

Karena gerejaNya mau dihancurkan maka Allah mengambil sikap untuk menghancurkan Damsyik.
Yesaya 17:1-2
17:1 Ucapan ilahi terhadap Damsyik. Sesungguhnya, Damsyik tidak akan tetap sebagai kota, nanti menjadi suatu timbunan reruntuhan;
17:2 kampung-kampungnya akan ditinggalkan selama-lamanya dan menjadi tempat bagi kawanan-kawanan ternak, yang berbaring dengan tidak diganggu oleh siapa pun.

Kalau memelihara ternak dalam pengertian ini yang dibutuhkan adalah dagingnya. Damsyik akan dihancurkan dan menjadi tempat ternak berbaring tanpa ada yang menggangu. Artinya daging tidak terkoreksi lagi, dagingnya merasa aman. Kalau merasa aman keinginan daging kita itu berarti Damsyik yang sudah hancur. Kalau tidak ada lagi seruan kepada Tuhan karena merasa daging terlalu kuat menekan kita itu berarti daging sudah merasa aman. Awas kalau tidak ada lagi kerinduan untuk datang berlutut kepada Tuhan apalagi sampai sudah tidak mau mengaku kepada Tuhan dan didoakan oleh hamba Tuhan.

70 tahun orang Israel dibuang di Babel tetapi mereka bebas berdagang dan mencari bahkan bisa menikah serta mempunyai keturunan, mereka juga masih bebas beribadah. Tetapi dalam masa 3,5 tahun aniaya antikristus, walaupun waktunya jauh lebih singkat tetapi kita tidak bisa beribadah lagi, tidak ada pencaharian, semua yang kita miliki disita, suami istri dicerai beraikan, orang tua dan anak juga dicerai beraikan. Itu sebabnya jangan sampai kita mengelus-elus daging kita. Biarlah daging kita kena pedang Firman Allah.

Aram ini pernah berhadapan dengan hakim Otniel. Aram ini pernah menjajah bangsa Israel selama 8 tahun ketika mereka baru saja menginjakkan kaki di Kanaan. Kemudian muncul Otniel mengusir Aram dan Otniel memerintah di Israel selama 40 tahun. Otniel artinya penuh kuasa Allah.
Hakim-hakim 3:8-11
3:8 Lalu bangkitlah murka TUHAN terhadap orang Israel, sehingga Ia menjual mereka kepada Kusyan-Risyataim, raja Aram-Mesopotamia dan orang Israel menjadi takluk kepada Kusyan-Risyataim delapan tahun lamanya.
3:9 Lalu berserulah orang Israel kepada TUHAN, maka TUHAN membangkitkan seorang penyelamat bagi orang Israel, yakni Otniel, anak Kenas adik Kaleb.
3:10 Roh TUHAN menghinggapi dia dan ia menghakimi orang Israel. Ia maju berperang, lalu TUHAN menyerahkan Kusyan-Risyataim, raja Aram, ke dalam tangannya, sehingga ia mengalahkan Kusyan-Risyataim.
3:11 Lalu amanlah negeri itu empat puluh tahun lamanya. Kemudian matilah Otniel anak Kenas.

Walaupun yang mengangkat raja Aram adalah Elia, namun menjelang Elisa mau mati raja Aram yang dilantik ini yaitu Hazael, malah mau mempecundangi umat Tuhan yang dilayani oleh Elisa.
II Raja-raja 8:12-14
8:12 Hazael berkata: "Mengapa tuanku menangis?" Jawab Elisa: "Sebab aku tahu bagaimana malapetaka yang akan kaulakukan kepada orang Israel: kotanya yang berkubu akan kaucampakkan ke dalam api, terunanya akan kaubunuh dengan pedang, bayinya akan kauremukkan dan perempuannya yang mengandung akan kaubelah."
8:13 Sesudah itu berkatalah Hazael: "Tetapi apakah hambamu ini, yang tidak lain dari anjing saja, sehingga ia dapat melakukan hal sehebat itu?" Jawab Elisa: "TUHAN telah memperlihatkan kepadaku, bahwa engkau akan menjadi raja atas Aram."
8:14 Lalu ia pergi dan meninggalkan Elisa dan setelah ia sampai kepada tuannya, berkatalah raja kepadanya: "Apakah dikatakan Elisa kepadamu?" Jawabnya: "Ia berkata kepadaku, bahwa pastilah engkau sembuh."
8:15 Tetapi keesokan harinya ia mengambil sehelai selimut yang telah dicelupkannya ke dalam air dan membentangkannya ke atas muka raja. Jadi matilah raja, dan Hazael menjadi raja menggantikan dia.

Ketika dia mengatakan raja akan sembuh, sebenarnya Hazael sudah ada rencana bagaimana untuk menghabisi raja supaya dia menggantikannya menjadi raja. Karakter Aram seperti ini akan muncul di akhir zaman yaitu bagaimana menghancurkan orang yang sebenarnya tidak pantas untuk dimusuhi, dengan penuh tipuan.
Daniel 8:23,25a
8:23 Dan pada akhir kerajaan mereka, apabila orang-orang fasik telah penuh kejahatannya, maka akan muncul seorang raja dengan muka yang garang dan yang pandai menipu.
8:25 Dan oleh karena akalnya, penipuan yang dilakukannya akan berhasil;

Yang muncul sebagai puncak kekuatan Aram justru Hazael yang ditahbiskan dan diurapi oleh Elia. Orang yang diurapi malah justru berbalik dilawan. Setelah Hazael diurapi Elia, Elisa malah menangis sebab melihat ada 4 perkara yang akan dilakukan oleh Hazael ini. Ini adalah siasat iblis yang memperalat sesama manusia untuk menghancurkan gereja Tuhan.
1.      Kota yang berkubu akan dicampakkan.
Kalau dicampakkan berarti tadinya kota itu ada di atas. Kita ini bagaikan kota yang terletak di atas gunung.
Matius 5:13-14
5:13 "Kamu adalah garam dunia. Jika garam itu menjadi tawar, dengan apakah ia diasinkan? Tidak ada lagi gunanya selain dibuang dan diinjak orang.
5:14 Kamu adalah terang dunia. Kota yang terletak di atas gunung tidak mungkin tersembunyi.

Puncak kekuatan musuh gereja Tuhan ini mau mencampakkan kota di atas gunung artinya mau mencampakkan kesaksian kita sehingga hilanglah kesaksian kita. Kota di atas gunung ini adalah gambaran kesaksian kita. Jadi kalau kita menggalakkan kesaksian sebenarnya itu mengkondisikan diri kita bagaikan kota di atas gunung. Tetapi kalau tidak mau bersaksi berarti kita mau menjadi kota yang mana? Yaitu kota yang dicampakkan.

Alkitab mengatakan gereja Tuhan bagaikan suatu kota. Kemudian Tuhan juga disebutkan seperti  sebuah kota. Jadi Tuhan Yesus dan gereja Tuhan sama-sama disebutkan suatu kota berarti gereja (tubuh) Yesus (kepala) akan dicampakkan oleh Aram.
Mazmur 94:22
94:22 Tetapi TUHAN adalah kota bentengku dan Allahku adalah gunung batu perlindunganku.

Yesaya 60:14
60:14 Anak-anak orang-orang yang menindas engkau akan datang kepadamu dan tunduk, dan semua orang yang menista engkau akan sujud menyembah telapak kakimu; mereka akan menyebutkan engkau "kota TUHAN", "Sion, milik Yang Mahakudus, Allah Israel."

Tuhan sebagai kota sekaligus memberikan perlindungan, kita sebagai kota harus tampil sebagai saksi. Kita harus tampil beda, jangan tampil seperti orang dunia. Banyak cara kita bersaksi, mungkin kita tidak pandai berkata-kata namun kita bisa bersaksi lewat perilaku kita. Kesaksian kita jangan sampai dihempaskan oleh Damsyik. Jangan kita takut bersaksi, bersaksi adalah anjuran Tuhan Yesus. Kalau kita tidak melakukan itu sama melawan Tuhan Yesus yang menganjurkan untuk kita menjadi saksi.
Yohanes 15:26-27
15:26 Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku.
15:27 Tetapi kamu juga harus bersaksi, karena kamu dari semula bersama-sama dengan Aku."

Kita harus bersaksi sebagai pembukti diri bahwa kita ada bersama dengan Tuhan Yesus. Kalau kita tidak menggalakkan kesaksian sama dengan kita menjauh dari Tuhan Yesus. Jangan sampai kita gagal karena tidak ada kesaksian.

Tuhan juga menyaksikan mempelai wanitaNya, semoga saudara ada di sana. Orang-orang yang sampai di sana adalah orang yang memiliki kesaksian dan tidak pisah dengan Tuhan.
Wahyu 21:9-10
21:9 Maka datanglah seorang dari ketujuh malaikat yang memegang ketujuh cawan, yang penuh dengan ketujuh malapetaka terakhir itu, lalu ia berkata kepadaku, katanya: "Marilah ke sini, aku akan menunjukkan kepadamu pengantin perempuan, mempelai Anak Domba."
21:10 Lalu, di dalam roh ia membawa aku ke atas sebuah gunung yang besar lagi tinggi dan ia menunjukkan kepadaku kota yang kudus itu, Yerusalem, turun dari sorga, dari Allah.

Tuhan mempertontonkan Mempelai Wanita, masakan kita tidak mau mempertontonkan Mempelai Laki-laki Sorga kekasih kita. Mengapa banyak orang diam? Karena berhadapan dengan Hazael raja Aram yang mau menghancurkan kesaksian kita yang bagaikan kota di atas gunung. Bersaksilah, tunjukkanlah sifatmu bahwa engkau ada bersama dengan Tuhan Yesus, jangan lepas dengan Tuhan Yesus, jangan tinggalkan Tuhan Yesus. Mari kita menjadi anak Tuhan yang sungguh-sungguh serius dengan Mempelai Laki-laki Sorga yang kita nanti-nantikan kedatanganNya dan Dia juga sangat merindukan kapan gereja Tuhan sempurna.

Mengapa pembukaan rahasia Allah secara transparan diungkapkan kepada sidang jemaat Efesus? Jemaat Efesus ada di wilayah Asia. Pada perjalanan rasul Paulus yang pertama dia coba masuk ke Asia tetapi dicegah oleh Tuhan, demikian juga pada perjalanan yang kedua. Namun pada perjalanan yang ketiga dia bisa masuk di Asia dan di Efesus terbukalah rahasia Firman. Jadi rahasia Firman dibukakan pada akhir perjalanan gereja Tuhan. Efesus artinya yang dirindukan. Kalau kita ini dirindukan oleh Tuhan, berarti hati Tuhan tertuju pada diri saudara, maka kita akan menikmati rahasia Firman Tuhan dibukakan itulah rahasia nikah Kristus dengan gerejaNya.

2.      Teruna akan dibunuh dengan pedang

II Raja-raja 8:12
8:12 Hazael berkata: "Mengapa tuanku menangis?" Jawab Elisa: "Sebab aku tahu bagaimana malapetaka yang akan kaulakukan kepada orang Israel: kotanya yang berkubu akan kaucampakkan ke dalam api, terunanya akan kaubunuh dengan pedang, bayinya akan kauremukkan dan perempuannya yang mengandung akan kaubelah."

Kesedihan Elisa dapat dikatakan sebagai kesedihan Firman dan Roh Kudus sebab melihat apa yang mau diperbuat oleh Hazael terhadap umat Tuhan, dia mau menggagalkan rencana Allah tetapi rencana Allah tidak akan gagal.

Aram ini yang akhirnya berevolusi menjadi Babel sebab Aram dikalahkan oleh Asyur dan Asyur dikalahkan oleh Babel.

Di sini Hazael masuk pada inti. Tadinya baru kota berkubu yang mau dicampakkan.
Wahyu 14:4
14:4 Mereka adalah orang-orang yang tidak mencemarkan dirinya dengan perempuan-perempuan, karena mereka murni sama seperti perawan. Mereka adalah orang-orang yang mengikuti Anak Domba itu ke mana saja Ia pergi. Mereka ditebus dari antara manusia sebagai korban-korban sulung bagi Allah dan bagi Anak Domba itu.

Wahyu 14:4 (Terjemahan Lama)
14:4 Inilah orang yang belum menajiskan dirinya dengan perempuan, karena mereka itu teruna; dan inilah orang yang mengikut Anak domba itu barang ke mana Ia pergi. Maka orang ini sudah ditebus dari antara manusia menjadi buah sulung bagi Allah dan bagi Anak domba itu,

Mengikuti Anak Domba ke mana saja Ia pergi” berarti mereka ada kesaksian. Teruna ini adalah yang inti dan ini yang mau dihancurkan oleh kegiatan Damsyik. Itu sebabnya kegiatan Damsyik ini tidak bisa kita entengkan karena dia mau masuk menghancurkan yang paling inti di dalam hidup saudara. Teruna ini adalah buah sulung, buah bungaran, dan Damsyik mau menghancurkan yang inti ini. Kita akan dibawa oleh Tuhan menggabung dengan inti Tubuh Mempelai Wanita ini. Kalau inti dia hancurkan bagaimana dengan kita yang mau menggabung.

Itu sebabnya kita harus waspada di penghujung akhir zaman ini jangan sampai pengiringan kita terhadap Anak Domba, dimana kita sudah bagaikan buah sulung yang selalu ditimang-timang di dalam penggembalaan malah hancur, sebab Hazael, Damsyik, Aram ini bekerja keras untuk menghancurkan saudara. Mereka tidak akan berhenti bekerja selama gereja Tuhan belum disingkirkan.

Yesaya 40:30-31
40:30 Orang-orang muda menjadi lelah dan lesu dan teruna-teruna jatuh tersandung,
40:31 tetapi orang-orang yang menanti-nantikan TUHAN mendapat kekuatan baru: mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah.

Karakter yang ada pada ayat di atas harus ada pada kita untuk menghadapi teruna yang tersandung jatuh. Pikiran dan perasaan kita harus ditarik pada kedatangan Tuhan pada kali yang kedua sehingga kita mempersiapkan diri menyambut kedatanganNya.
I Yohanes 3:2-3
3:2 Saudara-saudaraku yang kekasih, sekarang kita adalah anak-anak Allah, tetapi belum nyata apa keadaan kita kelak; akan tetapi kita tahu, bahwa apabila Kristus menyatakan diri-Nya, kita akan menjadi sama seperti Dia, sebab kita akan melihat Dia dalam keadaan-Nya yang sebenarnya.
3:3 Setiap orang yang menaruh pengharapan itu kepada-Nya, menyucikan diri sama seperti Dia yang adalah suci.

Jangan kita seperti orang yang tidak siap menanti kedatangan Tuhan.
Amos 5:18-20
5:18 Celakalah mereka yang menginginkan hari TUHAN! Apakah gunanya hari TUHAN itu bagimu? Hari itu kegelapan, bukan terang!
5:19 Seperti seseorang yang lari terhadap singa, seekor beruang mendatangi dia, dan ketika ia sampai ke rumah, bertopang dengan tangannya ke dinding, seekor ular memagut dia!
5:20 Bukankah hari TUHAN itu kegelapan dan bukan terang, kelam kabut dan tidak bercahaya?

Itu sebabnya milikilah perasaan saudara “saya ingin bertemu dengan Tuhan Yesus Mempelai Laki-laki Sorga”. Bagaikan rajawali yang terbang, bukan rajawali yang bertengger. Berarti dia mempermainkan angin puting beliung yang datang, apapun yang ada di depannya dia tidak menyerah dan tetap maju sebab ingin memandang wajah Tuhan Yesus.

3.      Bayi diremukkan
Berarti sudah ada kelahiran baru namun itu diincar oleh roh Damsyik. Dia akan berupaya supaya kelahiran baru kita terhambat dan terjepit sehingga tidak mencapai kedewasaan. Bagaimana seseorang mau dewasa kalau dia hanya senang dengan susu terus. Bagaimana mau kuat menghadapi kemelut dunia ini kalau rohaninya tetap bayi.

Apa yang mau coba dia hambat?
Ibrani 5:11
5:11 Tentang hal itu banyak yang harus kami katakan, tetapi yang sukar untuk dijelaskan, karena kamu telah lamban dalam hal mendengarkan.

Mengapa sukar untuk dijelaskan? Karena berhadapan dengan rohani yang masih bayi. Kehidupan seperti ini yang kelak akan diremukkan oleh Hazael.
Ibrani 5:12
5:12 Sebab sekalipun kamu, ditinjau dari sudut waktu, sudah seharusnya menjadi pengajar, kamu masih perlu lagi diajarkan asas-asas pokok dari penyataan Allah, dan kamu masih memerlukan susu, bukan makanan keras.

Kapan mau dewasa kalau Firman Tuhan yang disampaikan hanya susu dan dibatasi lagi waktu pemberitaan Firman. Gereja Tuhan yang dikuasai oleh Damsyik tidak akan bakal dewasa, mereka akan tertinggal ketika gereja Tuhan disingkirkan.
Wahyu 12:17
12:17 Maka marahlah naga itu kepada perempuan itu, lalu pergi memerangi keturunannya yang lain, yang menuruti hukum-hukum Allah dan memiliki kesaksian Yesus.

Ibrani 5:13-14
5:13 Sebab barangsiapa masih memerlukan susu ia tidak memahami ajaran tentang kebenaran, sebab ia adalah anak kecil.
5:14 Tetapi makanan keras adalah untuk orang-orang dewasa, yang karena mempunyai pancaindera yang terlatih untuk membedakan yang baik dari pada yang jahat.

Orang yang terlatih itulah yang bisa menang menghadapi Damsyik. Ketika Lot di tawan oleh 4 raja, mereka dikejar oleh Abraham bersama dengan 318 orang yaitu orang yang terlatih yang lahir di rumahnya. Di mana kita terlatih? Di dalam penggembalaan ketika kita menerima makanan keras, Firman pengajaran yang keras. Firman pengajaran memang membutuhkan waktu yang panjang.
1 Timotius 4:7-8
4:7 Tetapi jauhilah takhayul dan dongeng nenek-nenek tua. Latihlah dirimu beribadah.
4:8 Latihan badani terbatas gunanya, tetapi ibadah itu berguna dalam segala hal, karena mengandung janji, baik untuk hidup ini maupun untuk hidup yang akan datang.

4.      Ibu yang hamil dibelah perutnya.
Lukas 21:23
21:23 Celakalah ibu-ibu yang sedang hamil atau yang menyusukan bayi pada masa itu! Sebab akan datang kesesakan yang dahsyat atas seluruh negeri dan murka atas bangsa ini,

Ibu yang hamil ini adalah gambaran kristen yang punya angan-angan tetapi tidak punya wujud. Tidak ada tindakan untuk mewujudkan angan-angannya. Ada masa krisis yang paling hebat yang harus kita hindari, jangan dihadapi dengan menghayal!
Lukas 21:24
21:24 dan mereka akan tewas oleh mata pedang dan dibawa sebagai tawanan ke segala bangsa, dan Yerusalem akan diinjak-injak oleh bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah, sampai genaplah zaman bangsa-bangsa itu."

Dunia sekarang ini memanas. Sementara dunia memanas Abraham duduk di bawah pohon Tarbantin di Mamre menyambut tiga tamu. Sementera dunia memanas mari kita menyambut kedatangan Allah Bapa, Anak dan Roh Kudus di dalam Tuhan Yesus Kristus.

Mari kita memiliki kerinduan hati yang sangat mendalam untuk mengisi kerinduan hati Tuhan dan Tuhan pasti mengisi kerinduan hati kita.
Matius 8:20
8:20 Yesus berkata kepadanya: "Serigala mempunyai liang dan burung mempunyai sarang, tetapi Anak Manusia tidak mempunyai tempat untuk meletakkan kepala-Nya."

Menjadi Kristen yang berangan-angan itu sama dengan membiarkan kerinduan hati Tuhan. Setelah Tuhan menemukan apa yang Dia rindukan yaitu Tubuh untuk meletakkan kepalaNya maka Dia girang dan bersukacita.

Yesaya 62:5
62:5 Sebab seperti seorang muda belia menjadi suami seorang anak dara, demikianlah Dia yang membangun engkau akan menjadi suamimu, dan seperti girang hatinya seorang mempelai melihat pengantin perempuan, demikianlah Allahmu akan girang hati atasmu.

Jangan membiarkan Tuhan selalu sedih karena belum ada tempat untuk kepalaNya. Biarlah kita merindukan untuk menjadi kekasih Tuhan sehingga membuat Tuhan girang dan bersukacita melihat gereja Tuhan yang tampil menjadi pengisi apa yang kosong dalam kehidupan Tuhan. Jangan kita menjadi orang Kristen yang hanya suka berangan-angan tetapi biarlah kita menjadi orang Kristen yang mewujudkan angan-angannya yakni menjadi mempelai Tuhan.

Jangan kita menjadi seperti Damsyik yang memiliki kegiatan yang tersembunyi. Jangan ada hal yang tersembunyi dalam diri kita, biarlah kita mengungkap semuanya. Sebenarnya niat yang tersembunyi dalam diri kita tanpa kita sadari sudah menjadi penghalang untuk kita mengisi kerinduan hati Tuhan.

Dalam pelayanan seorang hamba Tuhan ada hal-hal yang tersembunyi yang tidak disadari dan tidak diketahui oleh jemaat. Hal itu ditelanjangi oleh rasul Paulus.
I Tesalonika 2:5
2:5 Karena kami tidak pernah bermulut manis -- hal itu kamu ketahui -- dan tidak pernah mempunyai maksud loba yang tersembunyi -- Allah adalah saksi --

Rasul Paulus melihat ada maksud loba yang tersembunyi. Bisa saja jemaat dijual oleh gembala. Contohnya gembala memanggil pengusaha sebagai pembicara lalu mengundang orang banyak. Pengusaha ini tentu tidak akan menerima kolekte malah dia yang akan berkorban. Maksud gembala berarti sudah loba sebab setelah jemaat pulang dan pembicara itu pulang, gembala yang mendapatkan keuntungan secara jasmani. Ini sangat mematikan (memalukan)!
II Korintus 4:2
4:2 Tetapi kami menolak segala perbuatan tersembunyi yang memalukan; kami tidak berlaku licik dan tidak memalsukan firman Allah. Sebaliknya kami menyatakan kebenaran dan dengan demikian kami menyerahkan diri kami untuk dipertimbangkan oleh semua orang di hadapan Allah.

5.      Orang di Damsyik berupaya membunuh rasul Paulus
Kisah Para Rasul 9:22-23
9:22 Akan tetapi Saulus semakin besar pengaruhnya dan ia membingungkan orang-orang Yahudi yang tinggal di Damsyik, karena ia membuktikan, bahwa Yesus adalah Mesias.
9:23 Beberapa hari kemudian orang Yahudi merundingkan suatu rencana untuk membunuh Saulus.

Seandainya rasul Paulus berhasil mereka bunuh maka kita tidak akan memiliki 14 surat dalam Perjanjian Baru. Apalagi untuk kita bangsa kafir, tidak ada lagi rasul yang spesial Tuhan angkat untuk bangsa kafir. Adanya hamba Tuhan yang ditetapkan Tuhan untuk melayani kita harus kita dukung dan berpikiran sehat terhadap hamba Tuhan tersebut. Sebab orang itu diutus oleh Tuhan melayani kita walaupun acapkali nyawanya terancam. Itu sebabnya hubungan dengan hamba Tuhan harus kita jaga supaya tetap harmonis dan indah. Jangan malah berniat untuk membunuh/ melawan.

Jangan ada yang terselubung, sebab kalau ada yang terselubung berarti kehidupan tersebut ada di wilayah Babel.
Wahyu 18:2
18:2 Dan ia berseru dengan suara yang kuat, katanya: "Sudah rubuh, sudah rubuh Babel, kota besar itu, dan ia telah menjadi tempat kediaman roh-roh jahat dan tempat bersembunyi semua roh najis dan tempat bersembunyi segala burung yang najis dan yang dibenci,

Yang disembunyikan itu justru yang  suasananya cemar dan najis. Kita ini berhadapan dengan Damsyik, Asyur dan Babel. Kalau kita menyembunyikan yang najis maka kita tidak akan beruntung.
Amsal 28:13
28:13 Siapa menyembunyikan pelanggarannya tidak akan beruntung, tetapi siapa mengakuinya dan meninggalkannya akan disayangi.

Jangan sampai kesaksian kita hancur, jangan sampai yang inti itu dihancurkan, jangan sampai kerohanian kita terhambat tidak mencapai kedewasaan, jangan sampai kita hanya menjadi orang Kristen yang berangan-angan dan awasi hubungan dengan hamba Tuhan supaya tetap indah.


Tuhan Memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar