20160313

Kebaktian Kaum Muda Remaja Minggu 13 Maret 2016 Pdt. Handri Legontu


Salam sejahtera di dalam kasih Tuhan Yesus Kristus.


Keluaran 8:16-19 Tulah ketiga: Nyamuk
8:16 Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Katakanlah kepada Harun: Ulurkanlah tongkatmu dan pukulkanlah itu ke debu tanah, maka debu itu akan menjadi nyamuk di seluruh tanah Mesir."
8:17 Lalu mereka berbuat demikian; Harun mengulurkan tangannya dengan tongkatnya dan memukulkannya ke debu tanah, maka nyamuk-nyamuk itu hinggap pada manusia dan pada binatang. Segala debu tanah menjadi nyamuk di seluruh tanah Mesir.
8:18 Para ahli itu pun membuat yang demikian juga dengan ilmu-ilmu manteranya untuk mengadakan nyamuk-nyamuk, tetapi mereka tidak dapat. Demikianlah nyamuk-nyamuk itu hinggap pada manusia dan pada binatang.
8:19 Lalu berkatalah para ahli itu kepada Firaun: "Inilah tangan Allah." Tetapi hati Firaun berkeras, dan ia tidak mau mendengarkan mereka -- seperti yang telah difirmankan TUHAN.

Nyamuk keluar dari debu tanah menunjuk binatang yang keluar dari dalam bumi= nabi palsu
Wahyu 13:11-14
13:11 Dan aku melihat seekor binatang lain keluar dari dalam bumi dan bertanduk dua sama seperti anak domba dan ia berbicara seperti seekor naga.
13:12 Dan seluruh kuasa binatang yang pertama itu dijalankannya di depan matanya. Ia menyebabkan seluruh bumi dan semua penghuninya menyembah binatang pertama, yang luka parahnya telah sembuh.
13:13 Dan ia mengadakan tanda-tanda yang dahsyat, bahkan ia menurunkan api dari langit ke bumi di depan mata semua orang.
13:14 Ia menyesatkan mereka yang diam di bumi dengan tanda-tanda, yang telah diberikan kepadanya untuk dilakukannya di depan mata binatang itu. Dan ia menyuruh mereka yang diam di bumi, supaya mereka mendirikan patung untuk menghormati binatang yang luka oleh pedang, namun yang tetap hidup itu.

Penampilannya seperti anak domba tetapi suaranya seperti naga ini menunjuk suatu kepalsuan, kepura-puraan, menyamar, untuk mengelabui banyak orang, sehingga banyak yang terkecoh.

Di dalam mendengar Firman kita harus ekstra hati-hati, sebab berbahaya iblis/setan bisa menyamar sebagai malaikat terang. Yesus disebut juga Anak Domba Allah, ini yang iblis tiru, cuma beda suaranya seperti naga.
2 Korintus 11:13-15
11:13 Sebab orang-orang itu adalah rasul-rasul palsu, pekerja-pekerja curang, yang menyamar sebagai rasul-rasul Kristus.
11:14 Hal itu tidak usah mengherankan, sebab Iblis pun menyamar sebagai malaikat Terang.
11:15 Jadi bukanlah suatu hal yang ganjil, jika pelayan-pelayannya menyamar sebagai pelayan-pelayan kebenaran. Kesudahan mereka akan setimpal dengan perbuatan mereka.

Pengertian malaikat adalah gembala. Jadi kita harus hati-hati jangan sampai digembalakan oleh iblis yang menyamar sebagai malaikat terang, kelihatan sebagai utusan Tuhan, hamba Tuhan yang hebat, luar biasa. Begitu juga pelayan-pelayan Tuhan, jangan sampai menjadi pelayan-pelayan setan yang menyamar menjadi pelayan-pelayan kebenaran, mulai dari pemain musik, singer, group koor, yang bawa kolekte, bagian laptop dan pembersih gereja.

Ciri-ciri nabi palsu/ iblis yang menyamar sebagai malaikat terang:

2 Petrus 2:10 (Nabi-nabi dan guru-guru yang palsu)
2:10 terutama mereka yang menuruti hawa nafsunya karena ingin mencemarkan diri dan yang menghina pemerintahan Allah. Mereka begitu berani dan angkuh, sehingga tidak segan-segan menghujat kemuliaan,

a.       Menghujat kemuliaan= menolak Firman Pengajaran yang benar= tidak peduli dengan pembukaan rahasia Firman Pengajaran yang benar.
1 Korintus 2:7
2:7 Tetapi yang kami beritakan ialah hikmat Allah yang tersembunyi dan rahasia, yang sebelum dunia dijadikan, telah disediakan Allah bagi kemuliaan kita.

2 Korintus 4:3-4
4:3 Jika Injil yang kami beritakan masih tertutup juga, maka ia tertutup untuk mereka, yang akan binasa,
4:4 yaitu orang-orang yang tidak percaya, yang pikirannya telah dibutakan oleh ilah zaman ini, sehingga mereka tidak melihat cahaya Injil tentang kemuliaan Kristus, yang adalah gambaran Allah.

2 Petrus 2:18
2:18 Sebab mereka mengucapkan kata-kata yang congkak dan hampa dan mempergunakan hawa nafsu cabul untuk memikat orang-orang yang baru saja melepaskan diri dari mereka yang hidup dalam kesesatan.

Firman yang diberitakan hanya perkataan hampa/kosong yaitu Firman yang hanya diterangkan dengan ilmu pengetahuan/ logika, ilustrasi-ilustrasi, lawak-lawak.
1 Timotius 6:20-21
6:20 Hai Timotius, peliharalah apa yang telah dipercayakan kepadamu. Hindarilah omongan yang kosong dan yang tidak suci dan pertentangan-pertentangan yang berasal dari apa yang disebut pengetahuan,
6:21 karena ada beberapa orang yang mengajarkannya dan dengan demikian telah menyimpang dari iman. Kasih karunia menyertai kamu!

Kehidupan seperti ini menganggap semua pengajaran sama saja, bahkan yang benar dibilang salah/ sesat.

b.      Angkuh/ sombong/ congkak= menentang pengenalan akan Allah
2 Korintus 10:5
10:5 Kami mematahkan setiap siasat orang dan merubuhkan setiap kubu yang dibangun oleh keangkuhan manusia untuk menentang pengenalan akan Allah. Kami menawan segala pikiran dan menaklukkannya kepada Kristus,

Allah itu adalah suci dan kehendakNya adalah supaya kita hidup suci.
Jadi angkuh artinya melayani Tuhan dalam kenajisan, dengan hawa nafsu daging.
1 Tesalonika 4:3
4:3 Karena inilah kehendak Allah: pengudusanmu, yaitu supaya kamu menjauhi percabulan,

Kalau hamba Tuhan atau pelayan-pelayan Tuhan yang melayani dengan kenajisan, hawa nafsu daging, menolak Firman Pengajaran, tidak suka dengar Firman itu sama dengan nabi-nabi palsu, pelayan-pelayan palsu.

c.       Mengajarkan kemerdekaan/ kelepasan dari dosa, padahal dia sendiri masih terikat dengan dosa.
2 Petrus 2:19
2:19 Mereka menjanjikan kemerdekaan kepada orang lain, padahal mereka sendiri adalah hamba-hamba kebinasaan, karena siapa yang dikalahkan orang, ia adalah hamba orang itu.

Pelayan-pelayan palsu= pelayan-pelayan yang melayani tapi masih terikat dengan dosa, dosa-dosa kenajisan. Kita harus saling mendoakan agar jangan sampai seperti itu.

d.      Mengadakan tanda-tanda jasmani/ mujizat jasmani tetapi tidak memiliki mujizat rohani yaitu keubahan hidup.

Pelayan-pelayan palsu= pelayan-pelayan yang melayani tetapi tidak ada keubahan hidup.
Wahyu 13:13-14
13:13 Dan ia mengadakan tanda-tanda yang dahsyat, bahkan ia menurunkan api dari langit ke bumi di depan mata semua orang.
13:14 Ia menyesatkan mereka yang diam di bumi dengan tanda-tanda, yang telah diberikan kepadanya untuk dilakukannya di depan mata binatang itu. Dan ia menyuruh mereka yang diam di bumi, supaya mereka mendirikan patung untuk menghormati binatang yang luka oleh pedang, namun yang tetap hidup itu.


Tugas nabi palsu:
1.      Menyesatkan gereja Tuhan sehingga kering rohani seperti mata air yang kering
2 Petrus 2:17
2:17 Guru-guru palsu itu adalah seperti mata air yang kering, seperti kabut yang dihalaukan taufan; bagi mereka telah tersedia tempat dalam kegelapan yang paling dahsyat.

Kekeringan rohani itu bisa dideteksi dari mulut/perkataannya yaitu berdusta, gossip, fitnah, perkataan kotor/ najis sampai nanti menghujat, apa yang benar dikatakan salah, pengajaran yang benar dibilang salah, hamba Tuhan yang benar dibilang salah, hamba Tuhan yang salah dibilang benar.

2.      Mengarahkan gereja Tuhan menyembah antikrist/ masuk penyembahan palsu.
Wahyu 13:12
13:12 Dan seluruh kuasa binatang yang pertama itu dijalankannya di depan matanya. Ia menyebabkan seluruh bumi dan semua penghuninya menyembah binatang pertama, yang luka parahnya telah sembuh.

Buktinya: menolak Fiman Pengajaran, tidak mau hidup suci, tetap terikat dengan dosa, tidak ada keubahan hidup. Kalau ajarannya sudah palsu/ sesat maka pasti penyembahannya sudah palsu.

3.      Menyebabkan keadaan rohani gereja Tuhan menjadi buruk, lebih buruk seperti anjing dan babi.
2 Petrus 2:22
2:22 Bagi mereka cocok apa yang dikatakan peribahasa yang benar ini: "Anjing kembali lagi ke muntahnya, dan babi yang mandi kembali lagi ke kubangannya."

Kehidupan yang seperti anjing dan babi= jatuh bangun dalam dosa. Kalau keadaan kita seperti anjing dan babi mengulang-ulang dosa sampai puncaknya dosa, itu sudah sama dengan nabi-nabi palsu. Tetapi kalau kita masih bisa mendengar Firman maka masih ada kesempatan untuk ditolong oleh Tuhan.

Sasaran dari nyamuk adalah manusia dan binatang= manusia darah daging, manusia yang tetap mempertahankan hawa nafsu/ keinginan daging.
Keluaran 8:18
8:18 Para ahli itu pun membuat yang demikian juga dengan ilmu-ilmu manteranya untuk mengadakan nyamuk-nyamuk, tetapi mereka tidak dapat. Demikianlah nyamuk-nyamuk itu hinggap pada manusia dan pada binatang.

Hidupnya sudah seperti binatang, pakai naluri bukan lagi pakai iman, hikmat dari Tuhan.
Yudas 1:10
1:10 Akan tetapi mereka menghujat segala sesuatu yang tidak mereka ketahui dan justru apa yang mereka ketahui dengan nalurinya seperti binatang yang tidak berakal, itulah yang mengakibatkan kebinasaan mereka.

Beribadah tetapi hanya menyenangkan/memuaskan daging, hanya senang dengar Firman yang menekankan berkat-berkat, tidak mau mendengar Firman yang menunjuk dosa, bosan mendengar Firman.
2 Timotius 4:3-4
4:3 Karena akan datang waktunya, orang tidak dapat lagi menerima ajaran sehat, tetapi mereka akan mengumpulkan guru-guru menurut kehendaknya untuk memuaskan keinginan telinganya.
4:4 Mereka akan memalingkan telinganya dari kebenaran dan membukanya bagi dongeng.

Jalan keluar supaya tidak kena nabi palsu, tidak dihinggapi nyamuk adalah daging harus dirobek/ dimatikan.

Proses perobekan daging:
§  Daging harus dirobek dengan Firman Pengajaran yang benar, Firman yang lebih tajam dari pedang bermata dua.
Ibrani 4:12-13
4:12 Sebab firman Allah hidup dan kuat dan lebih tajam dari pada pedang bermata dua mana pun; ia menusuk amat dalam sampai memisahkan jiwa dan roh, sendi-sendi dan sumsum; ia sanggup membedakan pertimbangan dan pikiran hati kita.
4:13 Dan tidak ada suatu makhluk pun yang tersembunyi di hadapan-Nya, sebab segala sesuatu telanjang dan terbuka di depan mata Dia, yang kepada-Nya kita harus memberikan pertanggungan jawab.

Oleh sebab itu jangan marah kalau dengar Firman sakit bagi daging, jangan bosan dengar Firman yang terlalu lama, Firman yang keras. Kalau bosan dengar Firman itu sama dengan dagingnya semakin membengkak tidak mau dirobek.

Kita seharusnya bersyukur karena Tuhan sudah kasih kepada kita ibadah sistem penggembalaan yaitu ketekunan dalam 3 macam ibadah pokok ditambah lagi dengan ibadah kaum muda. Jangan dikurangi ibadah, sebab kaum muda merupakan masa kuatnya daging. Semakin banyak kita beribadah, mendengar Firman, semakin banyak daging kita dirobek= disucikan.

Daging yang harus dirobek/ disucikan adalah:
1)      Hati dan pikiran.
Keinginan jahat dan keinginan najis harus disucikan.
Matius 15:19-20
15:19 Karena dari hati timbul segala pikiran jahat, pembunuhan, perzinahan, percabulan, pencurian, sumpah palsu dan hujat.
15:20 Itulah yang menajiskan orang. Tetapi makan dengan tangan yang tidak dibasuh tidak menajiskan orang."

2)      Sendi
Hubungan dengan sesama harus disucikan. Jangan ada iri hati dan perselisihan.
1 Korintus 3:3
3:3 Karena kamu masih manusia duniawi. Sebab, jika di antara kamu ada iri hati dan perselisihan bukankah hal itu menunjukkan, bahwa kamu manusia duniawi dan bahwa kamu hidup secara manusiawi?

3)      Mulut/ perkataan
Mazmur 149:6
149:6 Biarlah pujian pengagungan Allah ada dalam kerongkongan mereka, dan pedang bermata dua di tangan mereka,
Jangan ada lagi perkataan-perkataan yang sia-sia, perkataan najis, kotor, dusta.

4)      Tangan/ perbuatan
Perbuatan jahat dan najis harus disucikan.

§  Daging harus dirobek lewat doa penyembahan
Kalau hati, pikiran, perkataan, perbuatan sudah disucikan maka kita bisa menyembah Tuhan.
Mazmur 24:3-4
24:3 "Siapakah yang boleh naik ke atas gunung TUHAN? Siapakah yang boleh berdiri di tempat-Nya yang kudus?"
24:4 "Orang yang bersih tangannya dan murni hatinya, yang tidak menyerahkan dirinya kepada penipuan, dan yang tidak bersumpah palsu.

§  Daging harus dirobek lewat doa puasa.
Mazmur 109:24
109:24 Lututku melentuk oleh sebab berpuasa, dan badanku menjadi kurus, habis lemaknya.

Doa puasa merupakan proses mempercepat perobekan daging.
Manfaatkan waktu-waktu yang kosong, waktu-waktu yang ada untuk berpuasa.

Kalau daging sudah dirobek/dimatikan, kita bisa taat dengar-dengaran kepada Tuhan sampai daging tidak bersuara lagi, teladannya Yesus.
Filipi 2:8-11
2:8 Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib.
2:9 Itulah sebabnya Allah sangat meninggikan Dia dan mengaruniakan kepada-Nya nama di atas segala nama,
2:10 supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi,
2:11 dan segala lidah mengaku: "Yesus Kristus adalah Tuhan," bagi kemuliaan Allah, Bapa!

Contoh: Abraham taat kepada Tuhan, ia harus mempersembahkan Ishak kepada Tuhan, berat sekali bagaikan daging sudah habis dirobek semua tetapi dia mau melakukan perintah Tuhan.
Janda di Sarfat tinggal mengumpulkan kayu, tepung yang ada padanya tinggal segenggam dengan minyak sedikit. Untuk makan dengan anaknya saja sudah tidak cukup tetapi ia mau taat melakukan apa yang disuruh oleh Elia untuk membuat roti bundar kecil. 

Hasilnya: Kita menerima kuasa nama Yesus yaitu:
a)      Kuasa kemenangan atas setan tritunggal, sumber masalah, dosa, air mata, kegagalan. Semua akan berhasil pada waktunya.

b)      Kuasa meninggikan/ kuasa pengangkatan untuk:
§  Mengangkat kita dari segala kemerosotan secara jasmani dan secara rohani.
§  Mengangkat kita menjadi pelayan-pelayan Tuhan.
§  Mengubahkan kita sampai sempurna sehingga diangkat ke awan-awan permai bertemu Yesus Mempelai Pria Sorga.
Wahyu 12:1
12:1 Maka tampaklah suatu tanda besar di langit: Seorang perempuan berselubungkan matahari, dengan bulan di bawah kakinya dan sebuah mahkota dari dua belas bintang di atas kepalanya.


Tuhan memberkati.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar