20160327

Kebaktian Paskah, Minggu 27 Maret 2016 Pdt. Bernard Legontu


Salam sejahtera di dalam kasih Tuhan Yesus Kristus.

Selamat kita merayakan hari kebangkitan Kristus Yesus. Kiranya bukan hanya sekedar kita peringati tetapi kuasa kebangkitan ini harus kita alami. Inilah yang coba diupayakan oleh banyak orang supaya jangan kita nikmati.
Matius 28:11-15
28:11 Ketika mereka di tengah jalan, datanglah beberapa orang dari penjaga itu ke kota dan memberitahukan segala yang terjadi itu kepada imam-imam kepala.
28:12 Dan sesudah berunding dengan tua-tua, mereka mengambil keputusan lalu memberikan sejumlah besar uang kepada serdadu-serdadu itu
28:13 dan berkata: "Kamu harus mengatakan, bahwa murid-murid-Nya datang malam-malam dan mencuri-Nya ketika kamu sedang tidur.
28:14 Dan apabila hal ini kedengaran oleh wali negeri, kami akan berbicara dengan dia, sehingga kamu tidak beroleh kesulitan apa-apa."
28:15 Mereka menerima uang itu dan berbuat seperti yang dipesankan kepada mereka. Dan ceritera ini tersiar di antara orang Yahudi sampai sekarang ini.

Saya sangat berkeyakinan bahwa apa yang Tuhan perlihatkan pada seorang kekasih beberapa tahun yang lampau itu akan terjadi. Dia melihat tiga gereja, dua gereja bukannya maju tetapi malah undur dari halaman mau keluar ke padang belantara. Lalu dia melihat kita di sini lalu Tuhan berkata “sampaikan kepada hambaKu Bernard Legontu bahwa mereka sudah ada pada jalur yang benar. Teruskan, sudah dekat finish” (pintu kemurahan segera tertutup).

Dua bulan sesudah itu dia melihat lagi Tuhan menyatakan diriNya kepadanya dan dia melihat kita di sini lalu Tuhan berbicara kepadanya “katakan kepada hambaKu Bernard Legontu, mereka akan Ku jadikan tiang gerejaKu di Tentena”. Sekarang saya merasakan hal itu mulai menjadi kenyataan, mulai ada gerakan ke sana bahwa saudara dan saya mau Tuhan jadikan sokoguru. Kalau Tuhan sudah mengatakan tiang gereja, berarti tidak ada yang bisa cabut. Itu yang Tuhan katakan kepada sidang jemaat Filadelfia.
Wahyu 3:12
3:12 Barangsiapa menang, ia akan Kujadikan sokoguru di dalam Bait Suci Allah-Ku, dan ia tidak akan keluar lagi dari situ; dan padanya akan Kutuliskan nama Allah-Ku, nama kota Allah-Ku, yaitu Yerusalem baru, yang turun dari sorga dari Allah-Ku, dan nama-Ku yang baru.

Matius 28:1-2,11-12
28:1 Setelah hari Sabat lewat, menjelang menyingsingnya fajar pada hari pertama minggu itu, pergilah Maria Magdalena dan Maria yang lain, menengok kubur itu.
28:2 Maka terjadilah gempa bumi yang hebat sebab seorang malaikat Tuhan turun dari langit dan datang ke batu itu dan menggulingkannya lalu duduk di atasnya.
28:11 Ketika mereka di tengah jalan, datanglah beberapa orang dari penjaga itu ke kota dan memberitahukan segala yang terjadi itu kepada imam-imam kepala.
28:12 Dan sesudah berunding dengan tua-tua, mereka mengambil keputusan lalu memberikan sejumlah besar uang kepada serdadu-serdadu itu

Injil Matius menampilkan Yesus sebagai Raja. Dalam kebangkitanNya ada tiga hal yang menjadi saksi:
1.      Bumi yang bergoncang
2.      Perempuan-perempuan yang pergi ke kubur
3.      Utusan Sorga yaitu Malaikat

Jadi bumi bersaksi, Sorga bersaksi dan manusia juga bersaksi bahwa Yesus benar bangkit dari antara orang mati. Tiga komponen yang bersaksi ini sudah menjadi kekuatan yang luar biasa dan tidak bisa dibantah. Tetapi walaupun sudah jelas, iblis bukanlah iblis kalau dia tidak berupaya membelokkan, buat jadi beritanya. Dia bukan memanfaatkan orang yang tidak tahu Firman tetapi orang yang banyak berkecimpung dengan Firman yaitu imam-imam kelapa. Merekalah yang dijadikan iblis sebagai alatnya untuk memegang peran membelokkan kesaksian kebangkitan Yesus.

Sorga menjadi saksi, manusia menjadi saksi dan bumi menjadi saksi, apalagi yang mau diragukan tentang kebangkitan Kristus. Tetapi kumpulan imam-imam dan para pelayan-pelayan yang ada di pusat ibadah inilah yang mengambil peran membelokkan kebangkitan Tuhan Yesus yang sebenarnya faktanya sudah tidak dapat dibantah lagi.

Matius 28:1-10 lawannya Matius 28:11-15

Jadi dalam kebangkitan Tuhan Yesus terjadi perang berita melawan berita. Ini perlu saya ulangi supaya jangan kita terkejut kalau berita yang saudara pegang mendapat perlawanan. Itu bukan terjadi baru sekarang tetapi sejak kebangkitan Tuhan Yesus terjadi perang antara berita melawan berita.

Dibalik berita yang benar ada orang-orangnya Tuhan. Dibalik berita yang tidak benar ada orang-orangnya iblis.

Kenapa iblis begitu getol justru menggunakan tokoh-tokoh agama, yang mestinya mereka ini yang tahu Taurat, tahu tentang Firman. Firman Tuhan sudah menceritakan akan datang Mesias dalam derita sengsara.
Lukas 24:44
24:44 Ia berkata kepada mereka: "Inilah perkataan-Ku, yang telah Kukatakan kepadamu ketika Aku masih bersama-sama dengan kamu, yakni bahwa harus digenapi semua yang ada tertulis tentang Aku dalam kitab Taurat Musa dan kitab nabi-nabi dan kitab Mazmur."
I Petrus 1:10-11
1:10 Keselamatan itulah yang diselidiki dan diteliti oleh nabi-nabi, yang telah bernubuat tentang kasih karunia yang diuntukkan bagimu.
1:11 Dan mereka meneliti saat yang mana dan yang bagaimana yang dimaksudkan oleh Roh Kristus, yang ada di dalam mereka, yaitu Roh yang sebelumnya memberi kesaksian tentang segala penderitaan yang akan menimpa Kristus dan tentang segala kemuliaan yang menyusul sesudah itu.

Nabi-nabi itu meneliti tentang kedatangan Tuhan Yesus dan hal itu ada di tangan imam-imam dan ahli-ahli Taurat. Tetapi mereka justru yang dipakai oleh iblis melawan berita yang benar. Itu sebabnya jangan kaget kalau hari-hari terakhir ini kita menghadapi upaya iblis ini yang tidak pernah berakhir.
Matius 28:15
28:15 Mereka menerima uang itu dan berbuat seperti yang dipesankan kepada mereka. Dan ceritera ini tersiar di antara orang Yahudi sampai sekarang ini.

Kalau ada komunitas-komunitas gereja yang berseberangan dengan berita yang benar, jangan saudara kaget, hal itu sudah disampaikan lebih dahulu. Tetapi kebenaran tidak akan mungkin dikubur, kebenaran pasti akan tetap menang.

Dalam Injil Matius yang terdiri dari 28 pasal ini mengkisahkan Tuhan Yesus sebagai Raja. Kata raja di dalam Injil Matius ini cukup banyak yaitu 55 kali. Sebutan Yesus sebagai anak Daud ada 7 kali dan sebutan Kerajaan Allah ada 35 kali.

Jadi Kerajaan Allah ada Rajanya itulah Yesus Tuhan kita, Raja di atas segala raja yang telah dibuktikan dengan kebangkitan Raja itu (kepala). Apa tujuan dari kebangkitan Raja itulah yang akan diblokir oleh para imam-imam yaitu orang yang punya peran di dalam gereja.

Ada kitab di dalam Alkitab Perjanjian Baru yang juga 28 pasal, itulah Kisah Para Rasul yang menceritakan di mana Tuhan mendirikan gereja dan mau menjadikan anak Tuhan sebagai Mempelai WanitaNya (tubuhNya).

Tuhan Yesus adalah Raja di atas segala raja, kerajaanNya disebut kerajaan Allah. Dia tidak ingin sendirian, Dia mau merekrut saudara dan saya. Bukan hanya sampai pada status sebagai anak Allah tetapi Tuhan mau menjadikan kita Mempelai WanitaNya.

Mengapa berita kebangkitan ini mau diblokir oleh iblis?
1.      Sebab dengan kebangkitan Raja ini adalah kesempatan awal bagi kita untuk lahir baru.
I Petrus 1:3
1:3 Terpujilah Allah dan Bapa Tuhan kita Yesus Kristus, yang karena rahmat-Nya yang besar telah melahirkan kita kembali oleh kebangkitan Yesus Kristus dari antara orang mati, kepada suatu hidup yang penuh pengharapan,

Kebangkitan Tuhan Yesus membuka jalan bagi kita menjadi warga kerajaan Allah. Inilah yang mau diblokir oleh iblis melalui petinggi-petinggi gereja tanpa merek sadari. Yang mau mereka hambat adalah kelahiran baru dalam tanda baptisan air! Kalau orang menghambat baptisan air maka sama dengan dia berpihak kepada imam-imam kepala, sama dengan dia berpihak kepada iblis!

Berkatnya kalau kita dilahirkan kembali di dalam kerajaan Allah lewat tanda baptisan air adalah kita mendapatkan hidup penuh pengharapan. Hidup penuh pengharapan itu tinggal kita raih, langkah kita tidak perlu jauh lagi sebab itu sudah tersedia di depan. Pengharapan itu dilabuhkan di belakang tabir.

Injil Matius terdiri dari 28 pasal menampilkan Yesus sebagai Raja, Anak Daud dan Kerajaan Allah. Kemudian di dalam Kisah Para Rasul yang terdiri dari 28 pasal dan selanjutnya surat-surat yang lain berbicara tentang pembangunan Tubuh Kristus/ Mempelai Wanita. Inilah orang-orang yang mencapai hidup penuh pengharapan yaitu menjadi Mempelai Wanita. Kalau saudara ada dalam kondisi menuju ke situ maka siapapun yang mau mempecundangi saudara, Tuhan akan berperkara melawan orang itu sebab orang itu melawan rencana Allah. Dia Raja di atas segala raja dan Dia rindu ada kekasihNya di sampingNya yaitu Mempelai WanitaNya. Itulah orang-orang yang memiliki hidup yang penuh pengharapan.

Ibrani 6:19
6:19 Pengharapan itu adalah sauh yang kuat dan aman bagi jiwa kita, yang telah dilabuhkan sampai ke belakang tabir,

Di belakang Tabir itulah ruangan maha suci. Di sana Mempelai Laki-laki Sorga menunggu kita. Di sana tampil Mempelai Wanita yang digambarkan bagaikan peti dan Raja kerajaan Allah bagaikan tutup peti.

Sekarang ada perang berita melawan berita, saudara ada pada pihak yang mana. Kalau dilihat di atas kertas siapa Petrus dan perempuan-perempuan ini bila dibandingkan dengan ahli-ahli Taurat, imam-imam kepala dan para serdadu Romawi. Mereka ini orang-orang terpuji, orang-orang terhormat tetapi mereka ini yang dipakai oleh iblis. Justru orang-orang yang sederhana dan bersahaja inilah yang dipakai oleh Tuhan. Itu diceritakan dalam Kisah Para Rasul pasal 4 dan 5.

2.      Iblis memblokir supaya kita tidak mendapatkan bagian yang tidak bisa binasa
I Petrus 1:4
1:4 untuk menerima suatu bagian yang tidak dapat binasa, yang tidak dapat cemar dan yang tidak dapat layu, yang tersimpan di sorga bagi kamu.

Iblis tidak mau saudara meraih ini. Iblis menggunakan orang-orang terhormat dan terpandang di dalam gereja supaya saudara jangan meraih bagian yang tidak binasa. Itu adalah maunya iblis.

3.      Iblis memblokir supaya kita tetap cemar
I Petrus 1:4
1:4 untuk menerima suatu bagian yang tidak dapat binasa, yang tidak dapat cemar dan yang tidak dapat layu, yang tersimpan di sorga bagi kamu.

Iblis mau kita tetap cemar, tetap dalam kenajisan atau tetap kotor. Tetapi oleh kebangkitan Kristus kita dilahirkan baru untuk meraih hal-hal ini yaitu kehidupan yang tidak cemar/ tidak bercacat cela dan kerut.

Oleh karena hal ini maka iblis mengamuk, tetapi rencana Tuhan tidak mungkin mereka gagalkan. Waspada jangan sampai saudara dan saya yang gagal mencapai kegenapan rencana Allah karena kita menjadi lemas, loyo dan tidak berdaya. Jangan karena iblis mengamuk kemudian kita bunuh diri atau malah pindah keyakinan. Kalau seperti itu berarti tambah jauh dari Tuhan dan iblis yang berhasil.

4.      Iblis memblokir supaya kita tetap layu, berarti tetap menjadi manusia insani.
I Petrus 1:4
1:4 untuk menerima suatu bagian yang tidak dapat binasa, yang tidak dapat cemar dan yang tidak dapat layu, yang tersimpan di sorga bagi kamu.

Iblis tidak mau kita menjadi manusia Ilahi tetapi supaya tetap manusia lahiriah terus. Mana yang layu dan mana yang tidak layu?
I Petrus 1:23
1:23 Karena kamu telah dilahirkan kembali bukan dari benih yang fana, tetapi dari benih yang tidak fana, oleh firman Allah, yang hidup dan yang kekal.

Kita dilahirkan karena kuasa kebangkitan. Karena Tuhan Yesus dibangkitkan dari antara orang mati maka kita dilahirkan oleh Firman.

I Petrus 1:24
1:24 Sebab: "Semua yang hidup adalah seperti rumput dan segala kemuliaannya seperti bunga rumput, rumput menjadi kering, dan bunga gugur,

Ini yang iblis suka yaitu kehidupan yang layu dan kering. Tuhan tawarkan kepada bapak ibu dan saudara sekalian kehidupan yang tidak dapat layu. Dia mau merebut kita dari kehidupan yang kering kerontang dan yang gugur ini.

I Petrus 1:25
1:25 tetapi firman Tuhan tetap untuk selama-lamanya." Inilah firman yang disampaikan Injil kepada kamu.

Saya sangat berbahagia memberitakan ini karena saya rindu ada di sana bahkan saya mengalaminya secara rohani.

Inilah yang Tuhan lakukan oleh kebangkitanNya supaya kita menerima hidup yang penuh pengharapan yang tidak binasa, kita tidak cemar, kita tidak layu seperti rumput tetapi hidup kekal bersama dengan Tuhan Yesus yang adalah Firman.

Untuk mempertahankan 4 hal ini yang mau diblokir oleh iblis, maka Tuhan sendiri yang berkata “Aku menjaga mereka dengan kekuatanKu”.
I Petrus 1:5
1:5 Yaitu kamu, yang dipelihara dalam kekuatan Allah karena imanmu sementara kamu menantikan keselamatan yang telah tersedia untuk dinyatakan pada zaman akhir.

Yakini dan imani ini bahwa saudara dijaga oleh kekuatan Allah. Tidak ada kekuatan yang melebihi kekuatan Allah. Seluruh dunia akan menghimpun kekuatan melawan Allah pada perang Harmagedon. Setelah kerajaan 1000 tahun damai maka iblis dilepas dari lobang yang tidak terduga dalamnya, lalu dia menghimpun orang yang masuk kebangkitan gelombang kedua untuk memerangi Tuhan. Itulah perang Harmagedon. Tetapi Tuhan mengirim api menghanguskan mereka dan bumi ini hancur dan kita pindah ke langit dan bumi yang baru.

Iblis begitu licik dan lihai. Dia memanfaatkan orang-orang yang merasa dirinya sebagai pemimpin umat Tuhan, padahal mereka tidak mengerti rencana Allah, tidak paham apa tujuan kebangkitan Kristus dan tidak tahu cara menerima pekerjaan kuasa kebangkitan itu.

I Petrus 1:5
1:5 Yaitu kamu, yang dipelihara dalam kekuatan Allah karena imanmu sementara kamu menantikan keselamatan yang telah tersedia untuk dinyatakan pada zaman akhir.

Sisipkanlah namamu pada kata “kamu” ini. Jangan sampai orang lain dipelihara oleh kekuatan Allah dan saudara kehilangan hal itu.

Di mana kekuatan Allah ini?
Roma 1:16
1:16 Sebab aku mempunyai keyakinan yang kokoh dalam Injil, karena Injil adalah kekuatan Allah yang menyelamatkan setiap orang yang percaya, pertama-tama orang Yahudi, tetapi juga orang Yunani.

Roma 1:16 (Terjemahan lama)
1:16 Karena tiadalah aku berasa malu mengaku Injil itu; karena ia itulah suatu kuasa Allah yang mendatangkan selamat kepada tiap-tiap orang yang percaya, terutama sekali kepada orang Yahudi, dan kepada orang Gerika juga.

Kuasa injil ini yang diblokir oleh imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat. Kemudian ada orang yang disuap sehingga memutar balikkan fakta, itulah serdadu Romawi. Suap itu membutakan mata. Mereka melihat bagaimana batu tergolek, mereka melihat malaikat hadir, mereka merasa gempa bumi. Tadinya mereka menceritakan yang benar sebab mereka melihat, mendengar dan merasakan yang benar tetapi setelah disumbat mulutnya dengan dinar maka mereka menutup mulut dan memutar fakta.

Orang-orang yang menentang baptisan selam itu sebenarnya mereka sadar bahwa itulah baptisan yang benar tetapi mereka putar. Kelahiran baru mereka tahu yang inilah yang benar tetapi sengaja mereka tutup. Kenapa? Karena takut piringnya terbalik, artinya tidak ada lagi pemasukannya. Kita bisa kejebak dengan hal-hal seperti itu kalau kita salah melangkah, awas jangan sampai kembali menjadi pelawan Firman atau menista Firman Pengajaran.
Yesaya 5:24
5:24 Sebab itu seperti lidah api memakan jerami, dan seperti rumput kering habis lenyap dalam nyala api, demikian akar-akar mereka akan menjadi busuk, dan kuntumnya akan beterbangan seperti abu, oleh karena mereka telah menolak pengajaran TUHAN semesta alam dan menista firman Yang Mahakudus, Allah Israel.

Keselamatan yang dimaksud dalam I Petrus 1:5 bagian akhir adalah keselamatan yang akan datang. Keselamatan di sini dalam pengertian masuk penyingkiran gereja dan luput dari aniaya antikristus. Jauh dari mata ular.
Wahyu 12:14 (Terjemahan lama)
12:14 Maka dikaruniakanlah kepada perempuan itu kedua sayap burung nasar yang besar itu, supaya ia dapat terbang ke padang belantara kepada tempatnya, yaitu tempat ia dipeliharakan di dalam satu masa dan dua masa dan setengah masa lamanya, jauh daripada mata ular itu.

Sekarang kita sudah selamat, tetapi bagaimana kalau kita hidup saat di mana antikristus datang menguasai seluruh dunia, apakah saudara selamat? Bila saudara menyangkal Tuhan dan menyerahkan tangan serta dahimu untuk dicap 666. Itu jelas sudah tidak selamat. Terlihat nyaman selama 3,5 tahun dalam keadaan aman tetapi murka Tuhan terus turun bagi orang itu. Bagi anak Tuhan yang tertinggal dan tetap bertahan akan keselamat, tetapi kenapa kita harus lewati itu. Tuhan sediakan jalan lain tetapi kita lewati jalan itu, itu sama dengan merintis jalan sendiri.

Tadi dikatakan jalan Tuhan membawa kita hidup penuh pengharapan, hidup tidak tercemar lagi, hidup tidak layu lagi, hidup yang tidak binasa, itu semua ada di ruangan maha suci. Kenapa kita tidak mau meraih hal itu, yaitu menjadi Mempelai Wanita Tuhan. Inilah yang dikatakan selamat yang akan datang. Menjelang antikristus datang menguasai dunia selama 3,5 tahun, terjadi peristiwa Pharusia di mana Tuhan datang merampas gereja Tuhan. Itulah keselamatan yang akan datang yang disebutkan dalam I Petrus 1:5.

Memang kalau mati sekarang, mati bukan di dalam dosa, mati dengan menyelesaikan dosa dengan minta ampun, maka puji Tuhan orang itu selamat. Tetapi bagaimana kalau hidup terus sampai antikristus datang dan orang itu tidak terangkat?

I Petrus 1:5
1:5 Yaitu kamu, yang dipelihara dalam kekuatan Allah karena imanmu sementara kamu menantikan keselamatan yang telah tersedia untuk dinyatakan pada zaman akhir.

Kekuatan Allah ini untuk memelihara saudara sehingga mencapai keselamatan yang akan datang. Rasul Petrus dan rasul Paulus banyak berberbicara tentang keselamatan yang akan datang.

Kita sudah selamat:
Efesus 5:25
5:25 Hai suami, kasihilah isterimu sebagaimana Kristus telah mengasihi jemaat dan telah menyerahkan diri-Nya baginya

Kita sedang diselamatkan:
Efesus 5:26
5:26 untuk menguduskannya, sesudah Ia menyucikannya dengan memandikannya dengan air dan firman,

Keselamatan yang akan datang:
Efesus 5:27
5:27 supaya dengan demikian Ia menempatkan jemaat di hadapan diri-Nya dengan cemerlang tanpa cacat atau kerut atau yang serupa itu, tetapi supaya jemaat kudus dan tidak bercela.

Proses ini yang tidak dipahami banyak orang, hanya dipahami oleh orang yang paham apa itu kuasa kebangkitan. Sebabnya iblis mau menghadang hal ini dan dia menggunakan orang-orang yang mengerti Firman yang tertulis tetapi tidak mengerti rahasia Firman Tuhan.
2 Korintus 3:14-16
3:14 Tetapi pikiran mereka telah menjadi tumpul, sebab sampai pada hari ini selubung itu masih tetap menyelubungi mereka, jika mereka membaca perjanjian lama itu tanpa disingkapkan, karena hanya Kristus saja yang dapat menyingkapkannya.
3:15 Bahkan sampai pada hari ini, setiap kali mereka membaca kitab Musa, ada selubung yang menutupi hati mereka.
3:16 Tetapi apabila hati seorang berbalik kepada Tuhan, maka selubung itu diambil dari padanya.

Kekuatan Allah ada di dalam rahasia Injil. Lewat kekuatan Allah kita dipelihara. Makanya jangan jauh dari Firman pengajaran yang manyatakan rahasia besar  yaitu yang mengangkat Tuhan Yesus sebagai Kepala (Mempelai Pria Sorga) dan gereja sebagai (mempelai perempuan).

Efesus 6:19
6:19 juga untuk aku, supaya kepadaku, jika aku membuka mulutku, dikaruniakan perkataan yang benar, agar dengan keberanian aku memberitakan rahasia Injil,

Untuk menyaksikan rahasia Injil kenapa perlu doa dan keberanian? Sebab saat memberitakan rahasia Injil musuh datang dari luar dan dari dalam. Kalau hanya memberitakan Injil maka yang muncul musuh dari luar Kristen, tetapi ketika memberitakan rahasia Injil maka yang muncul musuh dari luar dan dari kalangan Kristen sendiri yang tidak mengerti rahasia Injil. Apa itu rahasia Injil? Tuhan Yesus sebagai Mempelai Laki-laki Sorga dan gereja sebagai Mempelai WanitaNya.

Tuhan menjamin kita dengan kekuatanNya. Sedikit waktu lagi antikristus sudah akan datang. Yang sekarang ini baru dajal-dajal kecil (antikristus-antikristus kecil), bosnya nanti akan datang. Antikristus ini orang yang intelek, mengerti Firman, ahli ekonomi dan ahli strategi perang.

I Petrus 1:6
1:6 Bergembiralah akan hal itu, sekalipun sekarang ini kamu seketika harus berdukacita oleh berbagai-bagai pencobaan.

Tadi dikatakan kita dipelihara dalam kuasa Allah, lalu kenapa cobaan diizinkan terjadi pada kita? Untuk memurnikan kita. Itu sebabnya diajarkan supaya ketika kita ada dalam pencobaan, kita bersuka cita. Tidak mudah dalam pencobaan kemudian kita bersukacita. Bisa-bisa berbagai macam predikat kita terima dari orang lain kalau saat dalam pencobaan kita tetap bersukacita.
Yakobus 1:2
1:2 Saudara-saudaraku, anggaplah sebagai suatu kebahagiaan, apabila kamu jatuh ke dalam berbagai-bagai pencobaan,

Ujian memang berat, tetapi ingat I Petrus 1:5, Tuhan memelihara kita dengan kekuatanNya. Bukan untuk membuat kita hancur namun supaya Tuhan mengatakan kepada kita “inilah umatKu yang tangguh!

I Petrus 1:6-7
1:6 Bergembiralah akan hal itu, sekalipun sekarang ini kamu seketika harus berdukacita oleh berbagai-bagai pencobaan.
1:7 Maksud semuanya itu ialah untuk membuktikan kemurnian imanmu -- yang jauh lebih tinggi nilainya dari pada emas yang fana, yang diuji kemurniannya dengan api -- sehingga kamu memperoleh puji-pujian dan kemuliaan dan kehormatan pada hari Yesus Kristus menyatakan diri-Nya.
Tuhan ingin membuktikan kemurnian iman kita. Rasul Paulus berulang kali mengalami ujisan bahkan dia pernah dirajam batu sampai mati di Listra. Waktu mayatnya diseret keluar kota dan disejajarkan dengan kuil berhala maka Tuhan tidak setuju dan Tuhan membangkitkannya. Tetapi apakah rasul Paulus surut? Tidak! Dia terus memberitakan Firman Tuhan.

Tuhan tidak sudi saya dan saudara disejajarkan dengan berhala kalau benar kita adalah milikNya, Tuhan tidak akan membiarkan. Dia jaga kita dengan kekuatanNya. Namun seizin Tuhan kalau kita masuk dalam ujian. Tuhan duduk di mana emas itu dimurnikan. Tuhan Yesus tidak jauh dari saudara ketika ada dalam ujian, Dia tetap ada di situ.
Maleakhi 3:2-3
3:2 Siapakah yang dapat tahan akan hari kedatangan-Nya? Dan siapakah yang dapat tetap berdiri, apabila Ia menampakkan diri? Sebab Ia seperti api tukang pemurni logam dan seperti sabun tukang penatu.
3:3 Ia akan duduk seperti orang yang memurnikan dan mentahirkan perak; dan Ia mentahirkan orang Lewi, menyucikan mereka seperti emas dan seperti perak, supaya mereka menjadi orang-orang yang mempersembahkan korban yang benar kepada TUHAN.

Tidak ada satupun dari kita yang bebas dari ini, selalu ada ujian dan cobaan. Tetapi ingat, Tuhan Yesus tidak jauh, Dia duduk dekatmu. Dia ada di situ dan tidak akan membiarkan saudara larut dalam cobaan. Itulah bukti nyata dari kuasa kebangkitan.

I Petrus 1:7
1:7 Maksud semuanya itu ialah untuk membuktikan kemurnian imanmu -- yang jauh lebih tinggi nilainya dari pada emas yang fana, yang diuji kemurniannya dengan api -- sehingga kamu memperoleh puji-pujian dan kemuliaan dan kehormatan pada hari Yesus Kristus menyatakan diri-Nya.

Tuhan Yesus diberikan 7 hal yaitu kuasa, kekayaan, hikmat, kekuatan, hormat, kemuliaan dan puji-pujian. Dalam I Petrus 1:7 umat Tuhan sudah diberi 3 di antaranya, tetapi bukan hanya 3 tetapi secara keseluruhan 7 hal itu juga akan diterima oleh umat Tuhan.
Wahyu 5:12
5:12 katanya dengan suara nyaring: "Anak Domba yang disembelih itu layak untuk menerima 1kuasa, dan 2kekayaan, dan 3hikmat, dan 4kekuatan, dan 5hormat, dan 6kemuliaan, dan 7puji-pujian!"

Tuhan Yesus sebagai Raja, maka kita juga diangkat oleh Tuhan menjadi raja-raja. Lewat apa? Kematian dan kebangkitannya, diawali dengan kelahiran baru. Dalam kelahiran baru itu tersirat niat Tuhan untuk saudara menjadi raja-raja.
Wahyu 5:10
5:10 Dan Engkau telah membuat mereka menjadi suatu kerajaan, dan menjadi imam-imam bagi Allah kita, dan mereka akan memerintah sebagai raja di bumi."

Ini tujuan-tujuan dari kebangkitan Kristus yang diawali dengan membuka jalan sehingga kita dilahirkan kembali untuk kita menjadi raja sama dengan Dia. Untuk menjadi raja ini ada hal yang harus kita perhatikan baik-baik. Ketika Tuhan Yesus tampil sebagai Raja dalam Injil Matius maka ada orang-orang yang yang menentang. Begitu juga kalau kita mau dijadikan raja-raja, pasti ada orang yang mau menentang saudara.

Tuhan akan memelihara saudara yang tampil sebagai raja-raja dengan kekuatan Injil. Bagaimana cara Tuhan memelihara saudara?
Ulangan 17:14-15
17:14 "Apabila engkau telah masuk ke negeri yang diberikan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu, dan telah mendudukinya dan diam di sana, kemudian engkau berkata: Aku mau mengangkat raja atasku, seperti segala bangsa yang di sekelilingku,
17:15 maka hanyalah raja yang dipilih TUHAN, Allahmu, yang harus kauangkat atasmu. Dari tengah-tengah saudara-saudaramu haruslah engkau mengangkat seorang raja atasmu; seorang asing yang bukan saudaramu tidaklah boleh kauangkat atasmu.

Seorang asing tidak boleh menjadi raja. Dulu kita orang asing tetapi setelah lahir baru, kita bukan lagi orang asing tetapi warga kerajaan Allah bahkan keluarga Allah. Itu sebabnya kenapa iblis menghimpun kekuatan untuk menghadang kuasa kebangkitan Allah? Sebab dia ingin kita tetap menjadi orang asing. Dia tidak ingin kita menjadi warga kerajaan Allah, keluarga Allah.
Efesus 2:19
2:19 Demikianlah kamu bukan lagi orang asing dan pendatang, melainkan kawan sewarga dari orang-orang kudus dan anggota-anggota keluarga Allah,

Sekarang kita sudah lahir baru. Bagaimana bisa kita mendapatkan kelahiran baru? Karena kebangkitan Kristus.

Bukan orang asing yang boleh diangkat menjadi raja. Kita sekarang sudah diangkat oleh kuasa kebangkitan Kristus untuk menjadi raja-raja. Buktikanlah kalau saudara ini telah menjadi raja-raja. Raja itu cirinya menang, bukan kalah terus.
Mazmur 20:10; 144:10
20:10 Ya TUHAN, berikanlah kemenangan kepada raja! Jawablah kiranya kami pada waktu kami berseru!
144:10 Engkau yang memberikan kemenangan kepada raja-raja, dan yang membebaskan Daud, hamba-Mu!

Raja itu ada tanda kemenangan karena dia berseru kepada Tuhan. Untuk menjaga raja agar jangan kalah ada cara yang harus diperhatikan. Caranya supaya raja ini tetap menang:
1.      Ulangan 17:16
17:16 Hanya, janganlah ia memelihara banyak kuda dan janganlah ia mengembalikan bangsa ini ke Mesir untuk mendapat banyak kuda, sebab TUHAN telah berfirman kepadamu: Janganlah sekali-kali kamu kembali melalui jalan ini lagi.

Kalau sudah diangkat menjadi raja, jangan kita balik kanan. Sudah dibuka pintu lewat kuasa kebangkitan untuk kita lahir baru, tujuannya untuk kita menjadi raja, jangan kita kembali lagi ke Mesir, jangan kembali lagi ke dunia. Dikatakan “Mesir si aurat besar”. Artinya nafsu dunia untuk menajiskan saudara dan saya sangat meluap-luap/ sangat besar.
Yehezkiel 16:26
16:26 Engkau bersundal dengan orang Mesir, tetanggamu, si aurat besar itu, sehingga persundalanmu bertambah-tambah, yang menimbulkan sakit hati-Ku.

Dalam Yehezkiel pasal 16 ini Tuhan mengatakan kepada bangsa Israel kenapa mereka malah merenggangkan kaki dan mengizinkan orang Mesir untuk menajiskan mereka. Padahal mereka sudah diangkat begitu tinggi, sudah mau mencapai tingkat yang begitu tinggi, bahkan sedikit lagi sudah akan menikah dengan Raja di atas segala raja, tetapi mereka buka diri mengizinkan Mesir untuk menajiskan diri mereka.

Kita memiliki dunia tetapi seakan-akan kita tidak memiliki.
I Korintus 7:30-31
7:30 dan orang-orang yang menangis seolah-olah tidak menangis; dan orang-orang yang bergembira seolah-olah tidak bergembira; dan orang-orang yang membeli seolah-olah tidak memiliki apa yang mereka beli;
7:31 pendeknya orang-orang yang mempergunakan barang-barang duniawi seolah-olah sama sekali tidak mempergunakannya. Sebab dunia seperti yang kita kenal sekarang akan berlalu.

Jangan coba main-main dengan dunia sebab besar nafsu dunia untuk menajiskan saudara dan saya. Tuhan sudah menebus kita dan kita mendapat peluang untuk dilahirkan baru lewat kebangkitan Kristus lalu Tuhan mengatakan akan menjaga kita dengan kekuatanNya yaitu lewat Injil. Jangan sampai kita melepaskan diri dari pengawalan Tuhan. Dunia sekarang mau mencemarkan anak muda remaja sekarang lewat handphone dan internet.

2.      Ulangan 17:17
17:17 Juga janganlah ia mempunyai banyak isteri, supaya hatinya jangan menyimpang; emas dan perak pun janganlah ia kumpulkan terlalu banyak.

Beristeri banyak berarti kasihnya bercabang. Jangan sampai kasih kita bercabang. Benar bapak-bapak di sini hanya memiliki satu isteri tetapi kalau kasih bercabang maka itu sama dengan miliki banyak isteri! Kasih kita hanya kepada Tuhan Yesus Mempelai Laki-laki Sorga yang kita kasihi. Kita ajak isteri kita, suami kita, anak kita untuk mengasihi Tuhan Yesus dan jangan bercabang. Tuhan mengaruniakan buah nikah bukan untuk mereka celaka. Jangan sampai anak-anak tidak sampai pada keselamatan yang akan datang dan malah bertemu dengan antikristus.

Jangan kasih kita bercabang, itu adalah cara Tuhan untuk menjaga status kita sebagai raja. Ini kekuatan Allah menjaga kita walaupun Tuhan tidak memaksa kita.

3.      Ulangan 17:18-19
17:18 Apabila ia duduk di atas takhta kerajaan, maka haruslah ia menyuruh menulis baginya salinan hukum ini menurut kitab yang ada pada imam-imam orang Lewi.
17:19 Itulah yang harus ada di sampingnya dan haruslah ia membacanya seumur hidupnya untuk belajar takut akan TUHAN, Allahnya, dengan berpegang pada segala isi hukum dan ketetapan ini untuk dilakukannya,

Jadi Firman selalu ada di samping kita dan itu selalu kita baca. Membaca Alkitab bukan sewaktu-waktu. Bacalah Alkitab, itu adalah surat dari Kekasihmu.

4.      Ulangan 17:20
17:20 supaya jangan ia tinggi hati terhadap saudara-saudaranya, supaya jangan ia menyimpang dari perintah itu ke kanan atau ke kiri, agar lama ia memerintah, ia dan anak-anaknya di tengah-tengah orang Israel."

Ini peraturan raja, bukan berarti hanya peraturan untuk Daud dahulu dan anak-anaknya. Dengan membaca peraturan ini membawa kita untuk rendah hati dan bukan untuk tinggi hati. Dengan ini kita tidak akan menyimpang ke  kiri atau ke kanan, berarti kita tidak dapat disesatkan. Raja itu diberi Tuhan kuasa dan wewenang, dia dijaga dan dilindungi Tuhan sehingga tidak mudah disesatkan. Tuhan Yesus sebagai Mempelai Laki-laki Sorga, Dia rindu kita ada bersama Dia di sana.

Tuhan sudah membuka jalan bagi kita untuk melindungi kita.
Ø  Ibrani 10:22
10:22 Karena itu marilah kita menghadap Allah dengan hati yang tulus ikhlas dan keyakinan iman yang teguh, oleh karena hati kita telah dibersihkan dari hati nurani yang jahat dan tubuh kita telah dibasuh dengan air yang murni.

Ayat ini dalam terang Tabernakel kena dalam buli-buli emas yang berisi manna. Penerapannya kita setia dalam ibadah pendalaman Alkitab dan perjamuan kudus. Ini yang membuat kita eksis sebagai raja. Buli-buli emas yang berisi roti manna ini ada di dalam peti perjanjian. Artinya mempelai wanita yang ada Firman Tuhan permanent di dalamnya. Ada selalu Firman di sampingnya, dia dijaga dan dipelihara. Ada salinan hukum Firman Allah yang disalin oleh para imam, ini harus ada pada kita.

Ø  Ibrani 10:23
10:23 Marilah kita teguh berpegang pada pengakuan tentang pengharapan kita, sebab Ia, yang menjanjikannya, setia.

Ayat ini dalam susunan Tabernakel terkena tongkat Harun yang bertunas, berbunga dan berbuah badam. Ini berbicara pengharapan, berarti ini adalah persekutuan kita dengan Roh Kudus dan karunia-karuniaNya. Penerapannya kita setia dalam ibadah raya. Kalau dikatakan tongkat itu:
ü  Bertunas berarti bertumbuh, ada kehidupan, ada kegiatan rohani yang didorong oleh Firman dan Roh Kudus.
ü  Berbunga berarti ada keindahan. Tuhan Yesus berkata kepada orang banyak tentang bunga bakung:
Matius 6:28-29
6:28 Dan mengapa kamu kuatir akan pakaian? Perhatikanlah bunga bakung di ladang, yang tumbuh tanpa bekerja dan tanpa memintal,
6:29 namun Aku berkata kepadamu: Salomo dalam segala kemegahannya pun tidak berpakaian seindah salah satu dari bunga itu.

Bunga bakung itu menunjuk penampilan Mempelai Wanita untuk Tuhan Yesus Mempelai Laki-laki Sorga.
Kidung Agung 2:1-2
2:1 Bunga mawar dari Saron aku, bunga bakung di lembah-lembah.
2:2 -- Seperti bunga bakung di antara duri-duri, demikianlah manisku di antara gadis-gadis.

Mungkin sekarang kita belum indah namun sekarang hidup kita sudah ada keubahan dari pada yang dahulu. Berarti Mempelai Wanita ini sudah ada isi karakter Ilahi untuk membawa pada keindahan permanen.

ü  Berbuah buah badam.
Rasul Paulus mengatakan dia sudah rindu pergi ke rumah Bapa, tetapi kalau masih ada di dunia ini dia ingin berbuah artinya bermanfaat bagi orang lain.
Filipi 1:22-24
1:22 Tetapi jika aku harus hidup di dunia ini, itu berarti bagiku bekerja memberi buah. Jadi mana yang harus kupilih, aku tidak tahu.
1:23 Aku didesak dari dua pihak: aku ingin pergi dan diam bersama-sama dengan Kristus -- itu memang jauh lebih baik;
1:24 tetapi lebih perlu untuk tinggal di dunia ini karena kamu.
1:25 Dan dalam keyakinan ini tahulah aku: aku akan tinggal dan akan bersama-sama lagi dengan kamu sekalian supaya kamu makin maju dan bersukacita dalam iman,

Buah ini adalah buah badam. Pohon badam ikut tidur pada waktu musim dingin. Tetapi sebelum pohon lain bertunas, dia lebih dulu bertunas. Artinya kalau kita berbuah badam berarti hidup itu selalu siuman, selalu waspada, selalu berjaga-jaga, suka bersegera-segera, berarti dia cepat. Tuhan bertanya kepada Yeremia “apa yang kau lihat?” Yeremia menjawab “sebatang dahan pohon badam” lalu Tuhan menjawab “Aku siap sedia untuk melaksanakan FirmanKu”. Tuhan Yesus sudah mau datang, jangan kita santai-santai saja.

Markus 13:33-37
13:33 "Hati-hatilah dan berjaga-jagalah! Sebab kamu tidak tahu bilamanakah waktunya tiba.
13:34 Dan halnya sama seperti seorang yang bepergian, yang meninggalkan rumahnya dan menyerahkan tanggung jawab kepada hamba-hambanya, masing-masing dengan tugasnya, dan memerintahkan penunggu pintu supaya berjaga-jaga.
13:35 Karena itu berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu bilamanakah tuan rumah itu pulang, menjelang malam, atau tengah malam, atau larut malam, atau pagi-pagi buta,
13:36 supaya kalau ia tiba-tiba datang jangan kamu didapatinya sedang tidur.
13:37 Apa yang Kukatakan kepada kamu, Kukatakan kepada semua orang: berjaga-jagalah!"

Tongkat Harun yang bertunas ini terjadi pada malam hari waktu dia berada dekat Peti Perjanjian. Sekarang kita ada dalam suasana malam (gelapnya) dosa, kalau kita diam dekat hadirat Tuhan maka akan terjadi keajaiban Tuhan dalam hidup saudara.

Keajaiban Tuhan ini yang akan menutup hal-hal yang mengerikan. Setelah tongkat Harun bertunas, dua kali orang Israel mengatakan “kami akan mati” dan tiga kali mereka mengatakan “kami akan binasa”. Kalau tidak ada keajaiban Tuhan yaitu tongkat Harun yang bertunas maka mati dan binasa adalah bagian mereka. Biarlah kita memohon kepada Tuhan supaya terjadi keajaiban, terjadi mujizat besar yaitu keubahan hidup.

Dari yang mustahil bisa menjadi nyata. Kayu yang sudah ditebang lalu diraut menjadi tongkat tetapi bisa bertunas, berbunga dan berbuah. Apalagi kita manusia ini, ada harapan kalau Tuhan mau melakukan keajaiban. Diam di hadirat Tuhan maka akan terjadi keajaiban walaupun ada dalam kegelapan.
Bilangan 17:8,10,12-13
17:8 Ketika Musa keesokan harinya masuk ke dalam kemah hukum itu, maka tampaklah tongkat Harun dari keturunan Lewi telah bertunas, mengeluarkan kuntum, mengembangkan bunga dan berbuahkan buah badam.
17:10 TUHAN berfirman kepada Musa: "Kembalikanlah tongkat Harun ke hadapan tabut hukum untuk disimpan menjadi tanda bagi orang-orang durhaka, sehingga engkau mengakhiri sungut-sungut mereka dan tidak Kudengar lagi, supaya mereka jangan mati."
17:12 Tetapi orang Israel berkata kepada Musa: "Sesungguhnya kami akan mati, kami akan binasa, kami semuanya akan binasa.
17:13 Siapa pun juga yang mendekat ke Kemah Suci TUHAN, niscayalah ia akan mati. Haruskah kami habis binasa?"

Kebangkitan Tuhan Yesus terjadi pada dini hari, hari pertama minggu itu. Terjadi keajaiban untuk menyetop roh kebinasaan, untuk menyetop roh kematian.

Biarlah keajaiban itu terjadi dalam diri kita. Tuhan Yesus sudah membuka jalan untuk kita melalui kebangkitanNya supaya kita masuk dalam keluarga Allah lewat kelahiran baru. Lanjutkanlah itu sampai meraih apa yang ada di ruangan maha suci.

Bukalah mata dan telinga saudara, dengar apa yang sedang terjadi sekarang. Jangan kita dibuai oleh keadaan dunia yang sebenarnya mengupayakan untuk mencemarkan kita sehingga kita kehilangan pengharapan serta membuat kita layu dan binasa. Tetapi Tuhan Yesus bangkit untuk menetralisir semuanya ini.

Tuhan Memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar