20161204

Kebaktian Umum, Minggu 4 Desember 2016 Pdt. Bernard Legontu


Salam sejahtera di dalam kasih Tuhan Yesus Kristus.

Wahyu 1:17-20
1:17 Ketika aku melihat Dia, tersungkurlah aku di depan kaki-Nya sama seperti orang yang mati; tetapi Ia meletakkan tangan kanan-Nya di atasku, lalu berkata: "Jangan takut! Aku adalah Yang Awal dan Yang Akhir,
1:18 dan Yang Hidup. Aku telah mati, namun lihatlah, Aku hidup, sampai selama-lamanya dan Aku memegang segala kunci maut dan kerajaan maut.
1:19 Karena itu tuliskanlah apa yang telah kaulihat, baik yang terjadi sekarang maupun yang akan terjadi sesudah ini.
1:20 Dan rahasia ketujuh bintang yang telah kaulihat pada tangan kanan-Ku dan ketujuh kaki dian emas itu: ketujuh bintang itu ialah malaikat ketujuh jemaat dan ketujuh kaki dian itu ialah ketujuh jemaat."

Menghadapi tujuh sidang jemaat di Asia Kecil, Tuhan menggambarkan jemaat-jemaat bagaikan tujuh kaki dian dan gembala-gembala tiap jemaat digambarkan bagaikan tujuh bintang. Tuhan mengatakan itu adalah rahasia dan itu dibukakan kepada rasul Yohanes di pulau Patmos sehingga dia paham apa rahasia tujuh bintang dan tujuh kaki dian itu. Tujuh kaki dian menunjuk tujuh sidang jemaat yang menggambarkan gereja Tuhan yang ada di ujung akhir zaman ini. Tujuh bintang menggambarkan gembala-gembala sidang jemaat yang menggembalakan sidang di ujung akhir zaman ini. Angka 7 adalah angka akhir zaman, angka kesempurnaan dan angka perhentian.

Di dalam Alkitab ada banyak rahasia tetapi ada 14 rahasia yang harus kita pahami.
1.      Rahasia tujuh bintang dan tujuh kaki dian.
Kalau tertutup rahasia Tuhan bagi gereja, berarti jemaat itu tidak ditangani oleh Imam Besar. Kalau penampilan sidang jemaat yang diibaratkan seperti kaki dian mendapatkan pelayanan Imam Besar, berarti jemaat itu diberitahu rahasia Allah. Apa manfaatnya rahasia Allah diberi tahu kepada sidang jemaat? Tentu ada tujuannya.
Ulangan 29:29
29:29 Hal-hal yang tersembunyi ialah bagi TUHAN, Allah kita, tetapi hal-hal yang dinyatakan ialah bagi kita dan bagi anak-anak kita sampai selama-lamanya, supaya kita melakukan segala perkataan hukum Taurat ini."

Jadi kalau jemaat diibaratkan Tuhan bagaikan kaki dian kemudian diberitahu kepada Yohanes bahwa kaki dian itu menunjukkan jemaat. Tuhan ungkapkan ada tantangan bagi gereja Tuhan. Gereja yang tidak dibukakan rahasia Firman Tuhan, dia tidak merasa seperti ditantang oleh Tuhan, dia merasa biasa-biasa saja. Kalau jemaat itu adalah kaki dian maka jemaat itu tertantang untuk melakukan Firman. Ada rasa gentar kalau dia mengabaikan Firman Tuhan apalagi melawan.

Itu sebabnya dalam Wahyu 1:17 Tuhan tampil sebagai Yang Awal dan Yang Akhir. Berarti rencana Tuhan bagi sidang jemaat yang digambarkan seperti kaki dian itu, tidak berubah. Kita ditantang untuk masuk dalam pusat rencana Tuhan yang tidak berubah ini. Kalau sidang jemaat tidak merasa tertantang dan leha-leha atau santai-santai, maka tunggu dia akan memetik hasilnya, tetapi itu sangat memilukan. Tetapi kalau dia merasa tertantang, merasa ada sugesti Tuhan dalam hatinya maka dia akan merasa “dalam diriku ada maksud Tuhan”. Maksud Tuhan supaya kita berjuang untuk mencapai rencana Tuhan dalam diri kita.

Itu sebabnya dikatakan dalam Ulangan 29:29 bahwa yang masih rahasia itu Tuhan punya. Yang dibukakan itu bagi kita dan bagi keturunan kita. Berarti itu menunjuk Alfa dan Omega tidak berubah, baik bagi generasi tua maupun generasi muda rencana Tuhan sama. Saudara ditantang oleh Tuhan untuk memenuhi selera Tuhan yaitu untuk menjadi Mempelai Wanita Tuhan. Masakan kita dibukakan rahasia Tuhan lalu kita tidak berupaya untuk memenuhi apa kehendak Tuhan yaitu mengisi supaya kita menjadi Mempelai WanitaNya.

Kalau saya sebagai gembala, sebagai bintang, tidak merasa tertantang maka saya bagaikan bintang yang kehilangan orbit. Kalau bintang sudah kehilangan orbit maka sudah dapat dipastikan akan jatuh dan akan menabrak bumi. Syukurlah kalau bintang itu mengerti dan tetap pada orbit.

Itu sebabnya gembala yang adalah bintang harus mengerti di mana dia diorbitkan oleh Tuhan. Saya harus menyinarkan Sekhina Gloria dalam sidang jemaat. Itu sebabnya sebagai hamba Tuhan saya belajar untuk tidak neko-neko. Sejak awal saya dipanggil Tuhan masuk di Tentena ini saya tidak pernah memikirkan apa yang saya makan dan yang saya pakai, yang saya lakukan melayani Tuhan saja. Saya percaya satu waktu apa yang dibutuh asalkan saya tetap pada orbit pasti disediakan oleh Tuhan.

Kalau saya keluar dari orbit, keluar dari panggilan Tuhan dan membuka ladang, berarti saya sudah kehilangan orbit. Apa yang diharapkan dari diriku lagi! Tetapi banyak orang yang berminat pada kehidupan seperti itu. Alangkah bodohnya sidang jemaat justru menggandoli orang yang sudah kehilangan panggilang, sama dengan tetap menggandoli bintang yang kehilangan orbit pasti disediakan oleh Tuhan.

Saya berdoa kepada Tuhan supaya Tuhan menolong agar saya tetap pada pangilan Tuhan. Saya pernah mendapatkan penglihatan, saya melihat sebuah sumur yang di luarnya kelihatan wah tetapi sudah disumbat dengan sampah. Saya disuruh menggali kembali sumur itu lalu saya  mengelurkan sampah dan berpikir akan menemukan mata air tetapi di dasar sumur itu saya menemukan roti bundar besar-besar yang masih hangat. Lalu ada suara Tuhan “ambil dan bagi-bagikan kepada teman-temanmu”. Kalau saya membagikan dan ada yang tidak mau menerima itu haknya, tetapi saya diperintah untuk membagikan.

Lebih dahsyat lagi, Tuhan promosikan sidang ini di London. Sebenarnya untuk apa Tuhan menyatakan itu? Supaya saudara tidak meragukan berhadapan dengan bintang yang bagaimana! Penyataan Tuhan ini untuk memberikan kepastian saudara bahwa yang melayani saudara bukanlah bintang yang kehilangan orbit! Saya tahu saya ada dalam panggilan, jangan saya lari.

Semua ini Tuhan peragakan untuk menunjukkan bahwa kita tidak salah alamat. Kalaupun ada yang meninggalkan maka itu terserah orang itu. Nasibmu ditentukan oleh perbuatanmu sekarang.

2.      Rahasia Kristus di dalam kamu
Kolose 1:26-27
1:26 yaitu rahasia yang tersembunyi dari abad ke abad dan dari turunan ke turunan, tetapi yang sekarang dinyatakan kepada orang-orang kudus-Nya.
1:27 Kepada mereka Allah mau memberitahukan, betapa kaya dan mulianya rahasia itu di antara bangsa-bangsa lain, yaitu: Kristus ada di tengah-tengah kamu, Kristus yang adalah pengharapan akan kemuliaan!

Kolose 1:26-27 (Terjemahan Lama)
1:26 yaitu rahasia yang sudah tersembunyi berzaman-zaman dan turun-temurun, tetapi sekarang sudah dinyatakan kepada orang-orang suci-Nya.
1:27 Maka kepada mereka itulah Allah dengan kehendak-Nya sudah menyatakan bagaimana kayanya kemuliaan rahasia itu kepada orang kafir, yaitu Kristus di dalam kamu itulah pengharapan akan beroleh kemuliaan,

Kalau kita mengerti ini maka kita akan lebih melekat kepada Tuhan, akan lebih berakar kepada Tuhan. Saya tidak mau tercabut, saya tidak mau terhilang dari kemuliaan Tuhan ini. Ini rahasia yang sedang dibuka oleh Tuhan dengan sangat terbuka kepada kita. Ada rahasia untuk kita mendapatkan pengharapan dari generasi ke generasi. Itulah Alfa dan Omega tadi, rencana Tuhan tidak pernah berubah. Itu digenapkan di atas bumi ini, nanti  di Sorga.
Roma 9:28
9:28 Sebab apa yang telah difirmankan-Nya, akan dilakukan Tuhan di atas bumi, sempurna dan segera."

Itu sebabnya ada rangkaian waktu di sini.
Wahyu 1:19
1:19 Karena itu tuliskanlah apa yang telah kaulihat, baik yang terjadi sekarang maupun yang akan terjadi sesudah ini.

Tidak dikatakan “yang akan datang” tetapi “yang akan terjadi sesudah ini”. Ini adalah rangkaian kata yang menunjukkan waktu yang berkesinambungan, ini rangkaian waktu yang tidak terpisah. Jadi kalau kita mengerti rahasia yang sekarang maka akan Tuhan tindak lanjuti dengan yang terjadi sesudah ini. Yang sesudah ini menunjuk kegenapannya.

Kalau dikatakan “yang akan datang” itu bukan rangkaian waktu tetapi masih mengambang sebab masih bisa terjadi dalam waktu yang dekat dan bisa dalam waktu yang lama.

Pembukaan rahasia Firman adalah tanda zaman yang khusus kepada gereja Tuhan. Tetapi kalau persoalan perang, bela sampar, bencana alam, darah bersimbah di mana-mana, itu tanda umum. Pembukaan rahasia Firman bukan dibuka di luar sana tetapi hanya kepada kekasih-kekasih Kristus. Kalau sekarang rahasia Tuhan dibukakan kepada kita, kenapa kita tidak bergulat dan bergumul untuk mendapatkan ini. Olehnya itu jangan buang-buang waktu.

Yang terjadi sekarang adalah nubuatannya dan yang terjadi sesudah itu adalah penggenapannya. Penggenapannya ada pada poin 3.

3.      Rahasia nikah
Efesus 5:22-23,32
5:22 Hai isteri, tunduklah kepada suamimu seperti kepada Tuhan,
5:23 karena suami adalah kepala isteri sama seperti Kristus adalah kepala jemaat. Dialah yang menyelamatkan tubuh.
5:32 Rahasia ini besar, tetapi yang aku maksudkan ialah hubungan Kristus dan jemaat.

Yang terjadi sekarang ini prakteknya dalam nikah dan yang terjadi sesudah itu adalah pernikahan Kristus dengan gerejanya yang menghargai persekutuan nikahnya yang sekarang.

Isteri-isteri jangan suka mempermalukan suamimu sekalipun dia goblok tidak usah diumbar, dukung saja dalam doa.

Kami suami isteri bagaimana praktek nikah kami. Kalau kami sudah tua begini kemudian tetap bertengkar, itu berarti sudah meninggalkan panggilan. Walaupun sudah tua kami tidak mau berbau tanah. Kalau sudah menikmati pembukaan rahasia Firman Tuhan maka kita berbau aroma Sorga.

4.      Rahasia Bapa dan Kristus
Kolose 2:2-3
2:2 supaya hati mereka terhibur dan mereka bersatu dalam kasih, sehingga mereka memperoleh segala kekayaan dan keyakinan pengertian, dan mengenal rahasia Allah, yaitu Kristus,
2:3 sebab di dalam Dialah tersembunyi segala harta hikmat dan pengetahuan.

Di dalam rahasia Bapa dan Kristus terhimpun segala kekayaan, kemuliaan, kekuasaan dan sebagainya. Jadi kalau di dalam gereja ada pembukaan rahasia Firman, sebetulnya kita sedang meraih kekayaan yang luar biasa, itulah kekayaan Bapa dan kekayaan Kristus. Jangan kita mengukur dengan dollar, itu urusannya Bapa. Kalau kita mengejar kekayaan Bapa maka Bapa juga akan melemparkan berkat jasmani kepada kita.
Matius 6:33
6:33 Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.

Semuanya Tuhan tambahkan tetapi kita harus mendahulukan kekayaan Sorga. Kalau kekayaan Sorga menjadi minat kita maka persoalan yang jasmani juga Tuhan pasti  berikan.

5.      Rahasia kerajaan Sorga
Matius 13:11
13:11 Jawab Yesus: "Kepadamu diberi karunia untuk mengetahui rahasia Kerajaan Sorga, tetapi kepada mereka tidak.

Markus 4:11
4:11 Maka berkatalah Ia kepada mereka itu, "Kepada kamu diberi karunia mengetahui rahasia kerajaan Allah, tetapi kepada sekalian orang yang di luar itu, diberitahu segala perkara ini dengan perumpamaan,

Kepada yang lain tidak sebab mereka tidak berminat. Kalau Tuhan melihat ada minat di dalam hati mereka maka pasti Tuhan bukakan rahasia Kerajaan Sorga. Rahasia Kerajaan Sorga  (Tabernakel). Tetapi kalau orang tidak berminat Tuhan tidak akan bukakan apalagi kalau orang itu menista. Salah satu yang dihujat oleh antikristus adalah Tabernakel.
Wahyu 13:17
13:17 dan seorang pun tiada boleh berjual beli melainkan orang yang ada padanya tanda itu, yaitu nama binatang itu atau angka bilangan huruf namanya itu.
Kepada orang yang berminat akan dibukakan rahasia perjalanan rohaninya mulai dari pintu gerbang, masuk ke halaman datang kepada pertobatan (mezbah korban bakaran), datang pada baptisan air (bejana pembasuhan), dipenuhkan Roh Kudus (pintu kemah), masuk dalam ruangan suci dia mengerti meja roti pertunjukan yang berbicara ibadah pendalaman Alkitab dan perjamuan suci, dia mengerti persekutuan dengan Roh Kudus (kaki dian emas), mengerti persekutuan dengan Allah Bapa (mezbah dupa emas) dan rela masuk dalam perobekan daging (pintu tirai) sehingga bisa masuk ke ruangan maha suci dan dia menikah dengan Kristus (tabut perjanjian). Itulah rahasia kerajaan Sorga. Bagi yang tidak berminat dan hanya mengolok, dia akan bertemu dengan antikristus.

Sekarang saudara ada di mana? Jangan sampai hanya sampai di pintu gerbang, hanya sampai percaya Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat. Sudahkah saudara bertobat, sudahkah saudara dibaptis dan dipenuhkan Roh Kudus. Apakah saudara mencintai Firman pengajaran dan perjamuan kudus, tanda persekutuanmu dengan Yesus Putera Allah yang tunggal, apakah saudara rela bersekutu dengan Roh Kudus dalam karunia-karuniaNya lewat ibadah raya dan persekutuan dengan Allah Bapa di dalam kasihNya lewat ibadah doa penyembahan. Apakah saudara mengalami perobekan daging untuk menjadi satu dengan Tuhan Yesus Kristus. Ingat perjalanan akhir kita sampai di ruangan maha suci, persekutuan dengan Tritunggal Allah (nikah rohani).

Itulah yang terjadi sekarang ini dan sesudah itu. Jangan kita hanya berhenti pada pembukaan rahasia Firman dan tidak masuk dalam penggenapannya.

Lukas 8:10
8:10 Lalu Ia menjawab: "Kepadamu diberi karunia untuk mengetahui rahasia Kerajaan Allah, tetapi kepada orang-orang lain hal itu diberitakan dalam perumpamaan, supaya sekalipun memandang, mereka tidak melihat dan sekalipun mendengar, mereka tidak mengerti.

Bagaimana bisa melihat dan mengerti kalau tidak pernah dibukakan rahasia Firman Tuhan. Yang mereka dengar hanya perumpamaan dan dongeng-dongeng. Kalau seperti itu maka mereka mendengar tetapi tidak mengerti rencana Tuhan. Jangan kita gemar dengan hal seperti itu. Itu dongeng nenek moyang.
II Timotius 4:3-5
4:3 Karena akan datang waktunya, orang tidak dapat lagi menerima ajaran sehat, tetapi mereka akan mengumpulkan guru-guru menurut kehendaknya untuk memuaskan keinginan telinganya.
4:4 Mereka akan memalingkan telinganya dari kebenaran dan membukanya bagi dongeng.
4:5 Tetapi kuasailah dirimu dalam segala hal, sabarlah menderita, lakukanlah pekerjaan pemberita Injil dan tunaikanlah tugas pelayananmu!

Rahasia Kerajaan Allah ini yang harus dimengerti oleh kita. Apakah kita sudah percaya, bertobat dan dibaptis? Itu baru di halaman, kita harus masuk dalam ruangan suci. Di ruangan suci inilah yang terjadi sekarang yaitu pembukaan rahasia Firman dan penggenapannya di ruangan maha suci.

6.      Rahasia ibadah
Kalau saudara tahu di dalam ibadah itu ada rahasia Allah maka saudara pasti berminat untuk beribadah. Itu membuktikan engkau dikhususkan oleh Tuhan “kepada kamu dibukakan rahasia Tuhan, tetapi kepada mereka tidak”.
II Timotius 3:16
3:16 Dan sesungguhnya agunglah rahasia ibadah kita: "Dia, yang telah menyatakan diri-Nya dalam rupa manusia, dibenarkan dalam Roh; yang menampakkan diri-Nya kepada malaikat-malaikat, diberitakan di antara bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah; yang dipercayai di dalam dunia, diangkat dalam kemuliaan."

Yesus datang di dunia ini bukan menjelma tetapi Yesus lahir menjadi manusia, melalui proses dikandung, mengalami proses pertumbuhan sampai usia 30 tahun kemudian  Dia melayani. Pada usia 33,5 tahun Yesus di salib.

Rahasia Tuhan ini diberitakan justru kepada bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah, itulah kita bangsa kafir. Makanya saya sebagai gembala, hatiku sedih bila saudara tidak hadir dalam ibadah. Karena apa? Saudara akan kehilangan rahasia yang Tuhan berikan kepada kita bangsa kafir. Itu tidak dibukakan kepada orang Yahudi. Orang Yahudi giat beribadah tetapi mendirikan kebenaran manusia, kebenarannya sendiri.
Roma 10:1-3
10:1 Saudara-saudara, keinginan hatiku dan doaku kepada Tuhan ialah, supaya mereka diselamatkan.
10:2 Sebab aku dapat memberi kesaksian tentang mereka, bahwa mereka sungguh-sungguh giat untuk Allah, tetapi tanpa pengertian yang benar.
10:3 Sebab, oleh karena mereka tidak mengenal kebenaran Allah dan oleh karena mereka berusaha untuk mendirikan kebenaran mereka sendiri, maka mereka tidak takluk kepada kebenaran Allah.

Jangan sampai saudara tidak memiliki wujud Kristus sebab dalam ibadah inilah sedang dibangun wujud Kristus dalam diri kita.

Rahasia ibadah ini tidak disebut rahasia besar tetapi rahasia agung. Agung dalam bahasa Alkitab adalah Rosh yang artinya sesuatu yang di atas. Kalau pada tubuh kita, yang ada di bagian atas adalah kepala. Jadi rahasia ibadah ini adalah rahasia Kepala. Rahasia Yesus Mempelai Laki-laki Sorga, diberitahu kepada bangsa kafir berarti ibadah itu adalah hal yang harus diutamakan.

7.      Rahasia kita tidak akan mati semuanya namun semuanya akan diubah
I Korintus 15:51
15:51 Sesungguhnya aku menyatakan kepadamu suatu rahasia: kita tidak akan mati semuanya, tetapi kita semuanya akan diubah,

Orang yang tidak dibukakan rahasia ini, saat menyampaikan khotbah untuk pemakaman mengatakan “kita semua antri, tinggal menunggu giliran siapa lagi yang akan mati. Kalau ke rumah sakti itu hanya memperlambat kematian. Kalau orang yang dibukakan rahasia, dia akan tahu bahwa tidak semua orang akan mati. Yang tidak mati itu Mempelai Wanita yang digambarkan dalam Wahyu 12:1, itulah yang disingkirkan jauh dari mata ular.

Orang yang tidak dibukakan rahasia Firman itu membaca ayat Firman tetapi tidak mengerti. Itulah yang dikatakan mempunyai mata tetapi tidak melihat, mendengar tetapi tidak menanggap, karena dia bukan murid. Kalau status murid, pasti menerima Firman pengajaran. Makanya Tuhan bukakan rahasiaNya kepada mereka. Tetapi kalau bukan murid, mereka hanya menerima perumpamaan. Saya sebagai pemberita bergumul untuk menikmati pembukaan rahasia Firman.

8.      Rahasia kebutaan Israel
Roma 11:25
11:25 Sebab, saudara-saudara, supaya kamu jangan menganggap dirimu pandai, aku mau agar kamu mengetahui rahasia ini: Sebagian dari Israel telah menjadi tegar sampai jumlah yang penuh dari bangsa-bangsa lain telah masuk.

Kenapa Israel buta? Karena ada rahasia Tuhan kepada kita bangsa kafir. Jadi ketegaran Israel itu memberi kesempatan bagi saya dan saudara. Kesempatan yang ada pada kita sekarang ini sudah mau berakhir. Jangan sampai kita baru mengejar kesempatan tetapi sudah terlambat. Mumpung masih ada kesempatan kepada kita, biarlah kita kejar waktu. Kesempatan bagi kita bangsa kafir sudah mau berakhir, setelah itu Tuhan akan kembali kepada umatNya.

9.      Rahasia durhaka
II Tesalonika 2:7
2:7 Karena secara rahasia kedurhakaan telah mulai bekerja, tetapi sekarang masih ada yang menahan. Kalau yang menahannya itu telah disingkirkan,

Ini dibukan untuk kita bangsa kafir supaya kita mengerti. Banyak kedurhakaan sekarang ini terjadi di mana-mana. Rahasia durhaka ini adalah munculnya antikristus. Apa yang menahan sehingga belum muncul? Karena gereja belum sempurna, kalau gereja sempurna sudah disingkirkan baru antikristus muncul. Itu sebabnya jangan orang lain disingkirkan dan saudara tertinggal sebab kalau tertinggal nanti akan bertemu dengan si durhaka yaitu antikristus. Ulang berulang kita diingatkan oleh Tuhan supaya kita menggunakan waktu yang ada sehingga ketika rahasia durhaka itu tampil, kita sudah disingkirkan oleh Tuhan.

10.  Rahasia penyatuan bangsa Israel dengan umat Tuhan yang berasal dari bangsa kafir
Efesus 3:3-4,6; 2:15
3:3 yaitu bagaimana rahasianya dinyatakan kepadaku dengan wahyu, seperti yang telah kutulis di atas dengan singkat.
3:4 Apabila kamu membacanya, kamu dapat mengetahui dari padanya pengertianku akan rahasia Kristus,
3:6 yaitu bahwa orang-orang bukan Yahudi, karena Berita Injil, turut menjadi ahli-ahli waris dan anggota-anggota tubuh dan peserta dalam janji yang diberikan dalam Kristus Yesus.
2:15 sebab dengan mati-Nya sebagai manusia Ia telah membatalkan hukum Taurat dengan segala perintah dan ketentuannya, untuk menciptakan keduanya menjadi satu manusia baru di dalam diri-Nya, dan dengan itu mengadakan damai sejahtera,

Umat Tuhan dari bangsa kafir ini tidak terbilang banyaknya. Namun umat Tuhan dari bangsa Yahudi itu ada 144.000. Itu sama dengan 400 tahun orang Israel di Mesir. 400 tahun sama dengan 144.000 hari. Itu masa sengsara bangsa Israel di Mesir.

Artinya gereja Tuhan yang masuk dalam pembentukan Tubuh Kristus dan satu dengan umat Yahudi ini adalah gereja Tuhan yang tidak mengelak dalam sengsara mengikut Tuhan. Dia mau memikul salibnya sendiri. “Sekalipun berat saya mau datang ibadah, sekalipun tantangannya berat saya mau mendengarkan Firman”. Itu berarti dia rela masuk dalam derita sengsara.
Galatia 5:24-25
5:24 Barangsiapa menjadi milik Kristus Yesus, ia telah menyalibkan daging dengan segala hawa nafsu dan keinginannya.
5:25 Jikalau kita hidup oleh Roh, baiklah hidup kita juga dipimpin oleh Roh,

Menyalibkan daging ini sengsara. Coba kalau hobi saudara adalah judi kemudian sekarang menyalibkan daging tidak mau lagi berjudi. Begitu menyaksikan orang lain berjudi dan ada minat mau masuk maka segera salibkan daging walaupun itu memang sengsara. Atau ada yang punya hobi minum minuman keras, tetapi kalau menyalibkan daging maka dia bisa lepas dari itu. Begitu melihat orang lain minum minuman keras dan saudara ditawari, kalau menyalibkan daging pasti bisa menolak. Orang yang menyalibkan daging itulah yang masuk hitungan. Kenapa anak mudanya juga orang tua banyak berantam? Karena tontonan porno di handphone. Mestinya ketika ada tontonan seperti itu langsung hapus.

11.  Rahasia iman
I Timotius 3:9
3:9 melainkan orang yang memelihara rahasia iman dalam hati nurani yang suci.

Ini hanya dipercayakan kepada pelayan-pelayan Tuhan. Apakah dia diaken, apakah dia gembala, apakah dia penatua, dia harus dipercayakan rahasia iman. Kalau ada umat Tuhan yang mengaku dan menceritakan keadaannya kepada hamba Tuhan maka tidak boleh hamba Tuhan itu mengumbar lagi kepada orang lain keadaan orang itu sebab dosa orang itu sudah ditutup oleh darah Yesus. Kalau dibuka lagi kepada orang lain itu berarti berhadapan dengan darah Yesus.

Kita ada dalam proses penyucian. Ketika ada penyucian maka otomatis ada pengakuan-pengakuan dan pengakuan itu adalah bagian dari penyembahan kita kepada Tuhan. Sama seperti misalnya saudara membawa tomat dan saya sebagai hamba Tuhan mendoakan persembahan itu. Pengakuan kita di hadapan Tuhan sama diibaratkan seperti.
Hosea 14:2-3
14:2 Bertobatlah, hai Israel, kepada TUHAN, Allahmu, sebab engkau telah tergelincir karena kesalahanmu.
14:3 Bawalah sertamu kata-kata penyesalan, dan bertobatlah kepada TUHAN! katakanlah kepada-Nya: "Ampunilah segala kesalahan, sehingga kami mendapat yang baik, maka kami akan mempersembahkan pengakuan kami.

Tujuannya ada rahasia iman supaya umat Tuhan tidak sungkan hati untuk mengaku dosa kepada Tuhan, hidupnya disucikan dan mohon kelepasan lewat doa hamba Tuhan yang menaikan doa penyahutan. Pengakuan itu identik persembahan oleh pekerjaan Firman.

Saya tidak akan merasa oleh kemampuanku sehingga umat Tuhan itu datang mengaku, itu hanya karena kemurahan Tuhan. Kalau hamba Tuhan merasa karena kemampuannya sehingga umat Tuhan mengaku maka itulah sebabnya dia suka mengumbar kembali pengakuan orang lain.

12.  Rahasia hikmat Allah
I Korintus 2:7
2:7 Tetapi yang kami beritakan ialah hikmat Allah yang tersembunyi dan rahasia, yang sebelum dunia dijadikan, telah disediakan Allah bagi kemuliaan kita.

Tuhan sudah sediakan sebelum dunia diciptakan. Mengapa kita tidak berupaya untuk mendapatkan. Rahasia hikmat Allah ini adalah kemuliaan untuk kita bangsa kafir. Kita memang bangsa kafir sangat kasihan.
Efesus 2:12-13
2:12 bahwa waktu itu kamu tanpa Kristus, tidak termasuk kewargaan Israel dan tidak mendapat bagian dalam ketentuan-ketentuan yang dijanjikan, tanpa pengharapan dan tanpa Allah di dalam dunia.
2:13 Tetapi sekarang di dalam Kristus Yesus kamu, yang dahulu "jauh", sudah menjadi "dekat" oleh darah Kristus.

I Korintus 2:8-10
2:8 Tidak ada dari penguasa dunia ini yang mengenalnya, sebab kalau sekiranya mereka mengenalnya, mereka tidak menyalibkan Tuhan yang mulia.
2:9 Tetapi seperti ada tertulis: "Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasihi Dia."
2:10 Karena kepada kita Allah telah menyatakannya oleh Roh, sebab Roh menyelidiki segala sesuatu, bahkan hal-hal yang tersembunyi dalam diri Allah.

Jadi apa yang tersembunyi dalam diri Allah itu, Roh Kudus menyelidik dan diberikan kepada kita.
Efesus 6:19
6:19 dan karena aku pun, supaya aku dikaruniai perkataan di dalam hal membuka mulutku akan memberitakan rahasia Injil itu dengan berani hati.

Kolose 4:3
4:3 sambil mendoakan kami juga, supaya Allah membukakan kami suatu pintu bagi pemberitaan Injil, akan berkata-kata dari hal rahasia Kristus, yang menyebabkan juga aku terbelenggu,

13.  Rahasia penyatuan Sorga dan bumi
Efesus 1:8-10
1:8 yang dilimpahkan-Nya kepada kita dengan segala hikmat dan makrifat.
1:9 Maka Ia sudah menyatakan kepada kita rahasia kehendak-Nya menurut kesukaan-Nya, sebagaimana Ia sendiri sudah bermaksud,
1:10 hendak melakukan, apabila masanya genap, akan mempersatukan segala sesuatu di dalam Kristus, baik barang yang di surga baik barang yang di atas bumi.

14.  Rahasia perempuan sundal
Wahyu 17:5-7
17:5 Dan pada dahinya tertulis suatu nama, suatu rahasia: "Babel besar, ibu dari wanita-wanita pelacur dan dari kekejian bumi."
17:6 Dan aku melihat perempuan itu mabuk oleh darah orang-orang kudus dan darah saksi-saksi Yesus. Dan ketika aku melihatnya, aku sangat heran.
17:7 Lalu kata malaikat itu kepadaku: "Mengapa engkau heran? Aku akan mengatakan kepadamu rahasia perempuan itu dan rahasia binatang yang memikulnya, binatang yang berkepala tujuh dan bertanduk sepuluh itu.

Kalau hari-hari terakhir ini begitu gamblang Tuhan memperlihatkan kepada kita kondisi Babel dan diberikan dengan nyata dan jelas kepada kita, ayo Alkitab mengajarkan kita supaya keluar, jangan tinggal di situ. Jangan kita terancam dengan roh persundalan dan kejahatannya. Jangan sampai kita meniru caranya yang suka bertengger di atas kepala. Itu adalah ciri Babel (dia jadi kepala di atas kepala).

Zakharia 2:6-7
2:6 Ayo, ayo, larilah dari Tanah Utara, demikianlah firman TUHAN; sebab ke arah keempat mata angin Aku telah menyerakkan kamu, demikianlah firman TUHAN.
2:7 Ayo, luputkanlah dirimu ke Sion, hai, penduduk Babel!

Untuk menolong dan menjaga kita dari kecemaran dan kenajisan perempuan Babel ini hanya satu cara yang Tuhan tunjuk yaitu kita lari ke Sion, berarti lari pada Firman pengajaran yang benar. Karena dari Sion keluar Firman pengajaran.

Sion ada dua artinya:
1)      Puing-puing
2)      Dibangun

Jadi walaupun kita ini sisa puing-puing yang hancur berantakan tetapi kalau masih mau menikmati Firman pengajaran maka ada harapan untuk dibangun.

Saya berbahagia memiliki Tuhan yang menganugerahkan Firman pengajaran yang begitu terbuka  di hari-hari terakhir ini. Tuhan rindu kita menikmati rahasia Tuhan ini. Biarlah kita merindu untuk memeluk Firman pengajaran. Katakan ajarilah saya, godoklah saya, binalah saya dengan kekuatan Roh Kudus, Firman dan Kasih Allah maka saya pasti dibangun kembali sekalipun telah menjadi puing-puing.


Tuhan Memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar