20161218

Kebaktian Natal Matialemba, Minggu 18 Desember 2016 Pdt. Bernard Legontu



Salam sejahtera di dalam kasih Tuhan Yesus Kristus.

Tema Natal: Kesaksian Kitab Suci tentang Yesus (Yohanes 5:39)

Yohanes 5:37-40,43
5:37 Bapa yang mengutus Aku, Dialah yang bersaksi tentang Aku. Kamu tidak pernah mendengar suara-Nya, rupa-Nya pun tidak pernah kamu lihat,
5:38 dan firman-Nya tidak menetap di dalam dirimu, sebab kamu tidak percaya kepada Dia yang diutus-Nya.
5:39 Kamu menyelidiki Kitab-kitab Suci, sebab kamu menyangka bahwa oleh-Nya kamu mempunyai hidup yang kekal, tetapi walaupun Kitab-kitab Suci itu memberi kesaksian tentang Aku,
5:40 namun kamu tidak mau datang kepada-Ku untuk memperoleh hidup itu.
5:43 Aku datang dalam nama Bapa-Ku dan kamu tidak menerima Aku; jikalau orang lain datang atas namanya sendiri, kamu akan menerima dia.

Kitab-kitab ini menunjuk 5 kitab Musa, kitab nabi-nabi, surat-surat seperti Mazmur, Kidung Agung, Amsal, Pengkhotbah dan sebagainya. Semuanya menyaksikan tentang pribadi Yesus.

Kesaksian kitab-kitab suci, puncaknya menceritakan Yesus Mempelai Laki-laki Sorga. Mungkin ini asing bagi yang mendengar. Kenapa asing? Sebab malas membaca Alkitab atau tidak dipaparkan oleh pelayan-pelayan Tuhan padahal ada dalam Alkitab.

Yohanes 3:29
3:29 Yang empunya mempelai perempuan, ialah mempelai laki-laki; tetapi sahabat mempelai laki-laki, yang berdiri dekat dia dan yang mendengarkannya, sangat bersukacita mendengar suara mempelai laki-laki itu. Itulah sukacitaku, dan sekarang sukacitaku itu penuh.

Nabi Yohanes mengatakan bahwa dia adalah sahabat Mempelai. Siapa Mempelai Laki-laki? Itulah Tuhan Yesus yang memiliki Mempelai WanitaNya. Siapa Mempelai Wanita Tuhan? Itulah gereja Tuhan yang sedang dibangun, dibentuk oleh Tuhan lewat Firman, Roh dan KasihNya. Kalau saudara merasa dijamah oleh Tuhan, butuh akan FirmanNya dan tidak saudara tolak Firman pengajaran berarti saudaralah orangnya. Tetapi awas kalau saudara menolak!

Kita bangsa kafir ini sudah diambang binasa, tetapi puji Tuhan, Yesus datang. Dalam Kejadian 3:15 adalah nubuatan bahwa Yesus adalah benih perempuan dan itu konfrontir oleh benih ular itulah antikristus.
Kejadian 3:15
3:15 Aku akan mengadakan permusuhan antara engkau dan perempuan ini, antara keturunanmu dan keturunannya; keturunannya akan meremukkan kepalamu, dan engkau akan meremukkan tumitnya."

Untuk menggenapi ayat ini maka Yesus datang. Dia adalah benih perempuankarena ita tahu Yohanes 1:13
1:13 orang-orang yang diperanakkan bukan dari darah atau dari daging, bukan pula secara jasmani oleh keinginan seorang laki-laki, melainkan dari Allah.

Lukas 1:35
1:35 Jawab malaikat itu kepadanya: "Roh Kudus akan turun atasmu dan kuasa Allah Yang Mahatinggi akan menaungi engkau; sebab itu anak yang akan kaulahirkan itu akan disebut kudus, Anak Allah.

Yesus hadir di dunia bukan karena kehendak laki-laki tetapi itu karena pekerjaan Roh Kudus yang bekerja dalam kandungan Maria. Itu sebabnya disebut “benih perempuan”.
Matius 1:18
1:18 Kelahiran Yesus Kristus adalah seperti berikut: Pada waktu Maria, ibu-Nya, bertunangan dengan Yusuf, ternyata ia mengandung dari Roh Kudus, sebelum mereka hidup sebagai suami isteri.

Dua jalur ini bergerak dan bersaing. Kedua-duanya ada hasil, kedua-duanya ada akhir. Mari kita periksa apakah kita ada pada jalur benih perempuan atau pada jalur benih ular. Tidak ada jalur yang ketiga.

Jalur benih perempuan dimulai dari Set yang menggantikan Habel.
Kejadian 4:25
4:25 Adam bersetubuh pula dengan isterinya, lalu perempuan itu melahirkan seorang anak laki-laki dan menamainya Set, sebab katanya: "Allah telah mengaruniakan kepadaku anak yang lain sebagai ganti Habel; sebab Kain telah membunuhnya."

Jalur benih ular dimulai dari Kain. Kita tidak bisa mengelak. Kalau bukan berada pada jalur benih perempuan, kita bisa jatuh pada jalur benih ular. Diingatkan supaya jangan sampai kita jatuh pada jalur benih ular.

Perbedaan jalur benih perempuan dan jalur benih ular.
1.      Keduanya ini ada yang mengutus. Benih perempuan itu diutus oleh Bapa Sorgawi.
Yohanes 1:18
1:18 Tidak seorang pun yang pernah melihat Allah; tetapi Anak Tunggal Allah, yang ada di pangkuan Bapa, Dialah yang menyatakan-Nya.

Yesus adalah benih perempuan, Dialah Mempelai Laki-laki Sorga, utusan Bapa Sorgawi.
Yang mengutus jalur benih ular adalah iblis.
I Yohanes 3:12
3:12 bukan seperti Kain, yang berasal dari si jahat dan yang membunuh adiknya. Dan apakah sebabnya ia membunuhnya? Sebab segala perbuatannya jahat dan perbuatan adiknya benar.

Kain adalah anak Adam dan Hawa tetapi mengapa berpindah menjadi anak iblis. Karena dia cemburu di dalam persoalan ibadah sebab ibadahnya ditolak oleh Tuhan. Ibadah yang tidak merasa harmonis dengan Tuhan, maka sadar atau tidak sadar orang yang beribadah itu digarap oleh si jahat.

Oleh sebab itu kalau kita beribadah jangan kita hanya asal beribadah. Kita mohon kepada Tuhan supaya utusan Sorga menggarap saudara dan saya yaitu Firman, Roh dan Kasih Tuhan. Itu yang harus menggarap saudara dan saya. Tetapi acap kali kita pergi ke gereja kita hanya minat mendengarkan Firman 10 menit atau 15 menit, lebih dari itu kita sudah tidak minat. Kalau seperti itu berarti ibadah tidak pas di hadapan Tuhan karena tidak sesuai selera Sorga.

Sialnya lagi kalau saya sebagai hamba Tuhan memanjakan jemaat seperti itu. Bagaimana kita bisa merasakan hubungan mesra dengan Tuhan Yesus, Mempelai Laki-laki Sorga dan kita calon Mempelai Perempuan.

Coba bagaimana ketika bertunangan dulu, maunya berjam-jam bercerita. Tetapi Yesus calon Mempelai Laki-laki Sorga kita, kenapa tidak senang mendengarkan suaranya. Sedangkan hanya sahabat Mempelai sudah senang mendengar Firman Tuhan. Di sini kita sudah bisa memprediksi “saya ini ada di jalur yang mana”. Kita ini merayakan natal jangan hanya sekedar tradisi, kita merayakan natal berarti merayakan kelahiran calon suami kita.

Yohanes 3:29
3:29 Yang empunya mempelai perempuan, ialah mempelai laki-laki; tetapi sahabat mempelai laki-laki, yang berdiri dekat dia dan yang mendengarkannya, sangat bersukacita mendengar suara mempelai laki-laki itu. Itulah sukacitaku, dan sekarang sukacitaku itu penuh.

Baru status sahabat sudah bersukacita. Mestinya kita yang sudah dikondiskan sebagai calon Mempelai Wanita untuk Tuhan Yesus Mempelai Laki-laki Sorga seharusnya kita lebih bersukacita. Kalau menjadi calon Mempelai pasti senang mendengar Firman karena itu suara Mempelai Laki-laki Sorga

Yohanes 3:30
3:30 Ia harus makin besar, tetapi aku harus makin kecil.

Artinya suaraNya Mempelai Laki-laki Sorga harus lebih dan suara kita makin kurang. Tetapi banyak orang Kristen justru tidak mau dengan Firman Tuhan, itu sama dengan menyumbat mulutnya Tuhan Yesus. Kita beribadah harus suka mendengarkan suara Tuhan yaitu Firman Tuhan. Kalau beribadah hanya dengar pemberitaan yang berisi dongeng tentang anjing dan bangau atau dongeng-dongeng yang lain maka itu bukan suara Mempelai Laki-laki Sorga tetapi itu suara asing!
Yohanes 10:5
10:5 Tetapi seorang asing pasti tidak mereka ikuti, malah mereka lari dari padanya, karena suara orang-orang asing tidak mereka kenal."

Iblis juga mengutus. Utusannya bekerja menggunakan orang-orang model Kain.
I Yohanes 3:12
3:12 bukan seperti Kain, yang berasal dari si jahat dan yang membunuh adiknya. Dan apakah sebabnya ia membunuhnya? Sebab segala perbuatannya jahat dan perbuatan adiknya benar.

Bukannya Kain in anak sulung Adam dan Hawa, kenapa dikatakan berasal dari si jahat. Berarti dia pindah jalur, karena ketika orang beribadah sering hanya memikirkan yang jahat. Kenapa mau mengolok orang beribadah, kenapa berniat jahat kepada orang beribadah. Izinkan dia menyembah Tuhan. Apalagi kalau yang beribadah itu ada roh Mempelai dan diganggu, maka Mempelai Laki-laki Sorga akan beraksi untuk membela.

Jangan kita ada pada jalur benih ular. Jangan merekayasa kejahatan. Di dalam nikah, isteri jangan merekayasa kejahatan kepada suami, suami juga jangan merekayasa kejahatan kepada isteri. Biarlah damai natal ada pada nikah kita. Isteri adalah belahan jiwa suami dan isteri juga berkata bahwa suami itu belahan jiwanya. Begitu seharusnya kita katakan kepada Yesus “Engkau belahan jiwaku”.

Yesus dengan penderitaanNya di Golgota telah menghancurkan kepala ular. Dia rela tersalib demi saudara dan saya. Masakan kita mengatakan “bohong tindakanMu itu”. Sedih hati Tuhan kalau kita seperti itu. Itu berarti tidak berada pada jalur benih perempuan, tetapi pada jalur benih ular. Jangan ada satupun kita yang pindah kejalur ular.

2.      Asalnya benih perempuan itu turun dari Sorga. Berarti dia membawa suasana Sorga, bukan suasana perang. Makanya kalau nikah itu menerima utusan dari Sorga, dia membawa suasana dari Sorga maka pasti suami isteri saling mengasihi dan berdamai. Bukannya suami menampar isteri dan isteri mencakar suami.

Benih ular itu asalnya keluar dari jurang maut.
Wahyu 11:7
11:7 Dan apabila mereka telah menyelesaikan kesaksian mereka, maka binatang yang muncul dari jurang maut, akan memerangi mereka dan mengalahkan serta membunuh mereka.


Jadi yang satu membawa suasana Sorga dan yang satu membawa suasana kematian. Kalau isteri meratap karena dipukul atau ditendang suami itu berarti suasana mati, berarti ada pada jalur benih ular.

3.      Keduanya membawa nama. Yang dari benih perempuan ini membawa nama Bapa.
Yohanes 5:43a
5:43a Aku datang dalam nama Bapa-Ku

Rasul Paulus mengatakan bukan anak yang menyediakan, tetapi Bapa yang menyediakan segala-galanya. Kalau kita yakin bahwa kita adalah anak Bapa di Sorga dan kita diutus oleh Bapa maka kita harus yakin bahwa Bapa menyiapkan segala-galanya.
II Korintus 12:14
12:14 Sesungguhnya sekarang sudah untuk ketiga kalinya aku siap untuk mengunjungi kamu, dan aku tidak akan merupakan suatu beban bagi kamu. Sebab bukan hartamu yang kucari, melainkan kamu sendiri. Karena bukan anak-anak yang harus mengumpulkan harta untuk orang tuanya, melainkan orang tualah untuk anak-anaknya.

Rasul Paulus ini utusan Sorga yang berasal dari jalur benih perempuan. Yesus datang dari Bapa dan dia membawa berkat dari Bapa, utamanya berkat keselamatan.

Jalur benih ular membawa namanya sendiri.
Yohanes 5:43b
5:43b jikalau orang lain datang atas namanya sendiri, kamu akan menerima dia.

Justru yang datang atas nama Bapa itu ditolak. Siapa yang menjadi latar belakang sehingga terjadi penolakan? itulah Iblis. Yang datang dengan namanya sendiri itu justru diterima. Orang seperti itu mencari hormat.

4.      Yang datang dengan nama Bapa di Sorga membawa sifat Bapa.
Yunus 4:2
4:2 Dan berdoalah ia kepada TUHAN, katanya: "Ya TUHAN, bukankah telah kukatakan itu, ketika aku masih di negeriku? Itulah sebabnya, maka aku dahulu melarikan diri ke Tarsis, sebab aku tahu, bahwa Engkaulah Allah yang pengasih dan penyayang, yang panjang sabar dan berlimpah kasih setia serta yang menyesal karena malapetaka yang hendak didatangkan-Nya.

Ini adalah sifat Bapa yang dibawa oleh Yesus. Tetapi yang datang dengan namanya sendiri membawa sifat iblis. Bagaimana sifat dari iblis?
Yohanes 8:44
8:44 Iblislah yang menjadi bapamu dan kamu ingin melakukan keinginan-keinginan bapamu. Ia adalah pembunuh manusia sejak semula dan tidak hidup dalam kebenaran, sebab di dalam dia tidak ada kebenaran. Apabila ia berkata dusta, ia berkata atas kehendaknya sendiri, sebab ia adalah pendusta dan bapa segala dusta.

Kehidupan yang suka mabuk-mabuk itu ada pada jalur benih ular. Sumber jalur benih ular ini adalah bapa segala dusta.

Jangan menjadi orang Kristen yang tidak tahu posisi Tuhan. Dia sudah mau datang sebagai Mempelai Laki-laki Sorga untuk menjemput Mempelai WanitaNya dan itu ada di dalam Alkitab.
Matius 25:6
25:6 Waktu tengah malam terdengarlah suara orang berseru: Mempelai datang! Songsonglah dia!

Itu seruan tengah malam, kenapa kita tidak mau mendengarkan Dia.

5.      Kristus datang membawa gambar Allah dan julukanNya Anak Allah.
Kolose 1:19; 2:9
1:19 Karena seluruh kepenuhan Allah berkenan diam di dalam Dia,
2:9 Sebab dalam Dialah berdiam secara jasmaniah seluruh kepenuhan ke-Allahan,

Yang dari jalur benih ular membawa gambar iblis, julukannya anak jahaman.
II Tesalonika 2:3 (Terjemahan Lama)
2:3 Jangan kamu tertipu oleh seorang jua pun dengan barang sesuatu daya, karena tiada akan jadi kelak sebelum orang banyak berpaling daripada iman itu dahulu, dan dinyatakan kelak si Orang yang mengamalkan dosa itu, yaitu anak jahanam,

Jahanam diambil dari bahasa hounomos itu sama dengan durhaka. Anak-anak muda jangan durhaka kepada orang tua. Kalau durhaka kepada orang tua itu berarti menggenapi dosa yang ditulis dalam II Timotius 3:1-5.

Dalam Imamat 19:1-3 dikatakan anak harus menyegani ibu dan bapanya. Mengapa ibu yang lebih dahulu disebutkan? Karena kita semua dibentuk Tuhan dalam kandungan ibu.
Imamat 19:1-3
19:1 TUHAN berfirman kepada Musa:
19:2 "Berbicaralah kepada segenap jemaah Israel dan katakan kepada mereka: Kuduslah kamu, sebab Aku, TUHAN, Allahmu, kudus.
19:3 Setiap orang di antara kamu haruslah menyegani ibunya dan ayahnya dan memelihara hari-hari sabat-Ku; Akulah TUHAN, Allahmu.

Kalau ada anak yang pernah melawan orang tua utamanya ibunya yang sudah mengandungmu 9 bulan, minta ampun malam ini kepada mamamu. Jangan sampai kita merayakan natal tetapi tidak ada damai, hati orang tua malah diinjak-injak dan dilawan.

6.      Keduanya punya rahasia
Rahasia dari jalur benih perempuan:
a)      Rahasia ibadah
 I Timotius 3:16
3:16 Dan sesungguhnya agunglah rahasia ibadah kita: "Dia, yang telah menyatakan diri-Nya dalam rupa manusia, dibenarkan dalam Roh; yang menampakkan diri-Nya kepada malaikat-malaikat, diberitakan di antara bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah; yang dipercayai di dalam dunia, diangkat dalam kemuliaan."

b)      Rahasia nikah
Efesus 5:30,32
5:30 karena kita adalah anggota tubuh-Nya. (daging dan tulang-Nya)
5:30 For we are members of his body, of his flesh, and of his bones.
5:32 Rahasia ini besar, tetapi yang aku maksudkan ialah hubungan Kristus dan jemaat.

Gereja adalah daging dan tulangnya Tuhan Yesus. Ketika Tuhan membawa Hawa kepada Adam, Adam berkata “inilah daging dari dagingku dan tulang dari tulangku”. Begitu juga kita ini adalah daging dan tulangnya Tuhan Yesus, berarti kita calon Mempelai WanitaNya.

Logika manusia, ungkapan daging dan tulangnya sulit diterima, tetapi ketika Yesus di salib, lambungnya ditombak dan mengeluarkan air dan darah. Itu bagaikan rusukNya diambil untuk menciptakan gereja Tuhan. Itu sama seperti ketika Adam tidur dan rusuknya diambil lalu dari rusuknya itulah diciptakan gadis yang cantik yaitu Hawa yang dibawa kepada Adam.

Dalam nikah suami juga harus mengerti bahwa isteri itu adalah daging dan tulangmu, tidak boleh bersikap sewenang-wenang apalagi dipukul.

Rahasa benih ular adalah kedurhakaan.
II Tesalonika 2:7
2:7 Karena secara rahasia kedurhakaan telah mulai bekerja, tetapi sekarang masih ada yang menahan. Kalau yang menahannya itu telah disingkirkan,

Roh durhaka ini sedang bekerja. Makanya jangan heran dalam rumah tangga, anak-anak kena roh jahanam sehingga sulit diatur dan suka berkelahi. Sadar atau tidak sadar orang seperti itu menggenapi rahasia benih ular. Ini jangan terjadi pada kita.

7.      Sifat jalur benih perempuan dan jalur benih ular.
Markus 1:24
1:24 "Apa urusan-Mu dengan kami, hai Yesus orang Nazaret? Engkau datang hendak membinasakan kami? Aku tahu siapa Engkau: Yang Kudus dari Allah."

Orang yang berteriak-teriak ini adalah orang yang ada dalam rumah Tuhan, dia ada dalam rumah Tuhan namun ada pada jalur yang salah (ular).

Sifat yang datang dari jalur benih perempuan adalah kudus. Saya heran kalau orang Kristen tidak cinta kesucian dan tidak suka dengar Firman padahal Firman itu yang menguduskan kita.
Yohanes 17:17
17:17 Kuduskanlah mereka dalam kebenaran; firman-Mu adalah kebenaran.

Orang yang mau dikuduskan oleh Firman kebenaran ada pada jalur benih perempuan. Kalau tidak mau berarti ada pada jalur benih ular.

Sifat jalur benih ular itu durhaka atau jahanam.
II Tesalonika 2:3,8
2:3 Janganlah kamu memberi dirimu disesatkan orang dengan cara yang bagaimanapun juga! Sebab sebelum Hari itu haruslah datang dahulu murtad dan haruslah dinyatakan dahulu manusia durhaka, yang harus binasa,
2:8 pada waktu itulah si pendurhaka baru akan menyatakan dirinya, tetapi Tuhan Yesus akan membunuhnya dengan nafas mulut-Nya dan akan memusnahkannya, kalau Ia datang kembali.

8.      Keduanya mempunyai wibawa
Wibawa yang berasal dari jalur benih perempuan:
Matius 28:19,18
28:19 Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus,
28:18 Yesus mendekati mereka dan berkata: "Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi.

Daniel 7:13-14
7:13 Aku terus melihat dalam penglihatan malam itu, tampak datang dengan awan-awan dari langit seorang seperti anak manusia; datanglah ia kepada Yang Lanjut Usianya itu, dan ia dibawa ke hadapan-Nya.
7:14 Lalu diberikan kepadanya kekuasaan dan kemuliaan dan kekuasaan sebagai raja, maka orang-orang dari segala bangsa, suku bangsa dan bahasa mengabdi kepadanya. Kekuasaannya ialah kekuasaan yang kekal, yang tidak akan lenyap, dan kerajaannya ialah kerajaan yang tidak akan musnah.

Kalau orang Kristen tidak mau melayani Tuhan atau tidak mau datang beribadah berarti dia tidak menghormati wibawa Tuhan.

Yang dari jalur benih ular ini menerima wibawa dari iblis.
Wahyu 13:2
13:2 Binatang yang kulihat itu serupa dengan macan tutul, dan kakinya seperti kaki beruang dan mulutnya seperti mulut singa. Dan naga itu memberikan kepadanya kekuatannya, dan takhtanya dan kekuasaannya yang besar.

Jangan sampai kita menolak wibawa dari jalur benih perempuan, dan malah mengagungkan wibawa dari jalur benih ular dengan cara pergi ke dukun atau pergi ke kuburan nenek moyang berdoa kepada nenek moyang. Masakan kepada orang yang sudah mati kita bicara dan meminta, mana wibawanya. Seharusnya kita datang ke gereja meminta pada wibawa sorga. Segala hormat kemuliaan, kuasa dan takhta ada kepada Tuhan Yesus.

9.      Lamanya melayani
Yang dari jalur benih perempuan melayani di dunia ini selama 3,5 tahun dan setelah itu dilanjutkan dalam tubuh kebangkitan melayani di dalam Sorga untuk selama-lamanya. Luar biasa Tuhan Yesus melawati manusia, kalau Tuhan Yesus tidak datang maka kita bangsa kafir tidak ada harapan. Olehnya itu biarlah kita tinggalkan jalur benih ular dan mengkondisikan diri pada jalur benih perempuan.

Yesus melayani mulai dari usia 30. 3,5 tahun Dia melayani kemudian disalib, dikubur dan Dia bangkit. Sekarang Yesus bekerja dan melayani dalam wibawa Sorgawi untuk selama-lamanya. Dia datang untuk kepentingan kita dan Dia mati, bangkit dan naik ke Sorga juga melayani untuk kepentingan kita. Kalau saudara menyadari bahwa Yesus melayani demi kepentinganmu, hargailah Dia.
Ibrani 9:14,24
9:14 betapa lebihnya darah Kristus, yang oleh Roh yang kekal telah mempersembahkan diri-Nya sendiri kepada Allah sebagai persembahan yang tak bercacat, akan menyucikan hati nurani kita dari perbuatan-perbuatan yang sia-sia, supaya kita dapat beribadah kepada Allah yang hidup.
9:24 Sebab Kristus bukan masuk ke dalam tempat kudus buatan tangan manusia yang hanya merupakan gambaran saja dari yang sebenarnya, tetapi ke dalam sorga sendiri untuk menghadap hadirat Allah guna kepentingan kita.

Sampai hati kalau saudara menista Tuhan dan tidak suka mendengarkan suaraNya! Dia berada di Sorga guna kepentingamu. Kita ini bangsa kafir sebenarnya sudah tidak ada harapan tetapi karena Tuhan Yesus datang maka kita ada harapan. Dia mati, bangkit dan naik ke Sorga demi kepentingan saudara.

Antikristus yang dari jalur benih ular juga berkuasa di dunia ini selama 3,5 tahun atau 42 bulan atau 1260 hari.
Wahyu 13:5
13:5 Dan kepada binatang itu diberikan mulut, yang penuh kesombongan dan hujat; kepadanya diberikan juga kuasa untuk melakukannya empat puluh dua bulan lamanya.

Sesudah itu dia bukan melayani lagi tetapi dibuang ke dalam api neraka.
Wahyu 20:10
20:10 dan Iblis, yang menyesatkan mereka, dilemparkan ke dalam lautan api dan belerang, yaitu tempat binatang dan nabi palsu itu, dan mereka disiksa siang malam sampai selama-lamanya.

Memang yang dari benih ular ini akan diberi kesempatan untuk menguasai dunia selama 3,5 tahun dan waktunya sudah dekat sekarang ini. Antikristus akan menguasai seluruh dunia termasuk daerah kita. Seringkali kita menyanyi betapa ngerinya kalau antikristus menjadi raja tetapi kita hanya menyanyi dan tidak sadar bahwa waktunya sudah dekat. Dia akan menganiaya utamanya orang Kristen yang tertinggal.
Wahyu 12:17
12:17 Maka marahlah naga itu kepada perempuan itu, lalu pergi memerangi keturunannya yang lain, yang menuruti hukum-hukum Allah dan memiliki kesaksian Yesus.

10.  Kedua jalur ini punya bahan
Kalau dari jalur benih perempuan ini yaitu Kristus membangun gerejaNya dari bahan yang hidup atau organisme.
I Petrus 2:5
2:5 Dan biarlah kamu juga dipergunakan sebagai batu hidup untuk pembangunan suatu rumah rohani, bagi suatu imamat kudus, untuk mempersembahkan persembahan rohani yang karena Yesus Kristus berkenan kepada Allah.

Berarti kita dibangun untuk menjadi Mempelai Wanita dari perkara yang hidup. Sifat Mempelai Laki-laki yang membangun kita ini:
Markus 10:43-45
10:43 Tidaklah demikian di antara kamu. Barangsiapa ingin menjadi besar di antara kamu, hendaklah ia menjadi pelayanmu,
10:44 dan barangsiapa ingin menjadi yang terkemuka di antara kamu, hendaklah ia menjadi hamba untuk semuanya.
10:45 Karena Anak Manusia juga datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang."

Ini sifat yang membangun kita yaitu Dia rela menyerahkan nyawaNya.

Babel di bangun dari batu bata, batu mati buatan manusia. Yang dari jalur benih ular ini membangun dari barang yang mati. Yang mati itu adalah organisasi. Kalau hanya mengikatkan diri kepada organisasi dan bukan pada Firman pengajaran, tindakan itu sudah salah. Jangan kita memuja-muja organisasi. Bagaimana sifat dari organisasi?
Markus 10:40-42
10:40 Tetapi hal duduk di sebelah kanan-Ku atau di sebelah kiri-Ku, Aku tidak berhak memberikannya. Itu akan diberikan kepada orang-orang bagi siapa itu telah disediakan."
10:41 Mendengar itu kesepuluh murid yang lain menjadi marah kepada Yakobus dan Yohanes.
10:42 Tetapi Yesus memanggil mereka lalu berkata: "Kamu tahu, bahwa mereka yang disebut pemerintah bangsa-bangsa memerintah rakyatnya dengan tangan besi, dan pembesar-pembesarnya menjalankan kuasanya dengan keras atas mereka.

Ini cara organisasi termasuk organisasi gereja. Kadang kita mendapatkan pelayanan dengan tangan besi. Kalau dalam gereja ada roh mengancam itu sudah salah, itu kekuatan organisasi. Kalau kita berorganisasi diatur oleh Firman, caranya tidak ada roh ancam mengancam seperti itu.

11.  Keduanya punya sajian, ada santapan yang mereka berikan.
Sajian dari jalur benih perempuan disebut cawan berkat.
I Korintus 10:16
10:16 Bukankah cawan pengucapan syukur, yang atasnya kita ucapkan syukur, adalah persekutuan dengan darah Kristus? Bukankah roti yang kita pecah-pecahkan adalah persekutuan dengan tubuh Kristus?

Cawan yang Yesus sajikan adalah cawan berkat untuk kita bersekutu dengan Dia. Yang Dia tawarkan adalah tubuh dan darahNya. Makanya Dia rela berkorban untuk melayani saudara dan saya, Dia beri darahNya dan tubuhNya. Kita makan perjamuan, kita angkat tubuh dan darahNya yang diberikan kepada kita. Perjamuan suci itu bukan simbolis! Yang diberikan itu benar adalah tubuh dan darah Yesus.
Yohanes 6:55
6:55 Sebab daging-Ku adalah benar-benar makanan dan darah-Ku adalah benar-benar minuman.

Sajian dari jalur benih iblis juga ada cawan
Wahyu 17:4
17:4 Dan perempuan itu memakai kain ungu dan kain kirmizi yang dihiasi dengan emas, permata dan mutiara, dan di tangannya ada suatu cawan emas penuh dengan segala kekejian dan kenajisan percabulannya.

Jangan kita makan dan minum dari cawan jalur benih ular yaitu kekejian dan kenajisan. Kalau gemar melakukan kekejian dan kenajisan berarti saudara ada pada jalur benih ular. Jangan kita main-main! Jangan campur cawan Tuhan dan cawan kenajisan!
I Korintus 10:21
10:21 Kamu tidak dapat minum dari cawan Tuhan dan juga dari cawan roh-roh jahat. Kamu tidak dapat mendapat bagian dalam perjamuan Tuhan dan juga dalam perjamuan roh-roh jahat.

Jangan terima dua sajian, terima yang dari jalur benih perempuan dan diterima juga cawan dari benih ular, jangan dikombinasaikan!

12.  Keduanya punya kebanggaan
Jalur benih perempuan:
I Korintus 15:28
15:28 Tetapi kalau segala sesuatu telah ditaklukkan di bawah Kristus, maka Ia sendiri sebagai Anak akan menaklukkan diri-Nya di bawah Dia, yang telah menaklukkan segala sesuatu di bawah-Nya, supaya Allah menjadi semua di dalam semua.

Tadinya Bapa menyerahkan segala sesuatu kepada Anak dan Anak ini juga dengan bangga akan mengembalikan segala-galanya kepada Bapa.

Jalur benih ular juga bangga, karena apa? Karena disembah oleh manusia. Karena melihat patung berbicara dan api turun dari langit, akhirnya manusia ramai-ramai menyembah antikristus.
Wahyu 13:14-15
13:14 Ia menyesatkan mereka yang diam di bumi dengan tanda-tanda, yang telah diberikan kepadanya untuk dilakukannya di depan mata binatang itu. Dan ia menyuruh mereka yang diam di bumi, supaya mereka mendirikan patung untuk menghormati binatang yang luka oleh pedang, namun yang tetap hidup itu.
13:15 Dan kepadanya diberikan kuasa untuk memberikan nyawa kepada patung binatang itu, sehingga patung binatang itu berbicara juga, dan bertindak begitu rupa, sehingga semua orang, yang tidak menyembah patung binatang itu, dibunuh.

Yang tidak menyembah akan dibunuh, ini sama seperti Sadrakh, Mesakh dan Abednego, namun mereka dibela oleh Tuhan. Tetapi siapa lagi yang akan membela orang yang akan dibunuh oleh antikristus?. Mempelai Wanita Tuhan sudah disingkirkan, orang Kristen yang tertinggal akan dianiaya.

13.  Hasilnya
a)      Dari jalur benih perempuan dia memiliki hasilnya yaitu Mempelai WanitaNya.
Wahyu 19:6-7
19:6 Lalu aku mendengar seperti suara himpunan besar orang banyak, seperti desau air bah dan seperti deru guruh yang hebat, katanya: "Haleluya! Karena Tuhan, Allah kita, Yang Mahakuasa, telah menjadi raja.
19:7 Marilah kita bersukacita dan bersorak-sorai, dan memuliakan Dia! Karena hari perkawinan Anak Domba telah tiba, dan pengantin-Nya telah siap sedia.

Anak domba itulah Tuhan Yesus. Begitu Dia mau dibaptis, Yahya Pembaptis berseru “tengoklah Anak Domba Allah”.

Wahyu 21:9
21:9 Maka datanglah seorang dari ketujuh malaikat yang memegang ketujuh cawan, yang penuh dengan ketujuh malapetaka terakhir itu, lalu ia berkata kepadaku, katanya: "Marilah ke sini, aku akan menunjukkan kepadamu pengantin perempuan, mempelai Anak Domba."

Jadi dari jalur benih perempuan, Dia memiliki MempelaiNya. Bukan berasal dari organisasi tetapi kehidupan Kristen yang mau digarap oleh Firman, tidak menolak FirmanNya.

Dari benih ular dia memiliki mempelai wanitanya yang disebut babel sundal besar.
Wahyu 17:6
17:6 Dan aku melihat perempuan itu mabuk oleh darah orang-orang kudus dan darah saksi-saksi Yesus. Dan ketika aku melihatnya, aku sangat heran.

Dia mabuk darah orang kudus, ini sama seperti Kain yang membunuh adiknya (Habel). Mereka ini benci sekali kepada orang-orang kudus.

Wahyu 17:18
17:18 Dan perempuan yang telah kaulihat itu, adalah kota besar yang memerintah atas raja-raja di bumi."

b)      Kristus bersama umat milikNya masuk dalam kehidupan yang kekal.
Iblis bersama pengikutNya masuk dalam hukuman api neraka yang kekal.
Mana yang kita pilih, bersama Yesus hidup kekal di Sorga atau bersama iblis sengsara dalam api yang kekal. Katakanlah kita mau memilih bersama Yesus, saya mengasihi Dia, saya mau merangkul Dia, saya merindukan pelukan kasih sayangNya.

c)      Yang dari jalur benih perempuan yaitu Kristus bersama mempelai wanitaNya sama-sama dipermuliakan.
Kolose 3:4
3:4 Apabila Kristus, yang adalah hidup kita, menyatakan diri kelak, kamu pun akan menyatakan diri bersama dengan Dia dalam kemuliaan.

Yang dari jalur benih ular yaitu iblis bersama pengikutnya dicampakkan ke dalam lautan api.
Wahyu 19:20; 20:14-15; 21:8; 22:15
19:20 Maka tertangkaplah binatang itu dan bersama-sama dengan dia nabi palsu, yang telah mengadakan tanda-tanda di depan matanya, dan dengan demikian ia menyesatkan mereka yang telah menerima tanda dari binatang itu dan yang telah menyembah patungnya. Keduanya dilemparkan hidup-hidup ke dalam lautan api yang menyala-nyala oleh belerang.
20:14 Lalu maut dan kerajaan maut itu dilemparkanlah ke dalam lautan api. Itulah kematian yang kedua: lautan api.
20:15 Dan setiap orang yang tidak ditemukan namanya tertulis di dalam kitab kehidupan itu, ia dilemparkan ke dalam lautan api itu.
21:8 Tetapi orang-orang penakut, orang-orang yang tidak percaya, orang-orang keji, orang-orang pembunuh, orang-orang sundal, tukang-tukang sihir, penyembah-penyembah berhala dan semua pendusta, mereka akan mendapat bagian mereka di dalam lautan yang menyala-nyala oleh api dan belerang; inilah kematian yang kedua."
22:15 Tetapi anjing-anjing dan tukang-tukang sihir, orang-orang sundal, orang-orang pembunuh, penyembah-penyembah berhala dan setiap orang yang mencintai dusta dan yang melakukannya, tinggal di luar.

Bila saudara menjadi Mempelai WanitaNya maka saudara dipermuliakan sebagaimana Mempelai Laki-laki dipermuliakan. Kalau saudara datang ke pesta nikah, sekalipun saudara tampil dengan penampilan luar biasa, siapa yang lebih mulia, pengantin atau undangan. Pasti pengantin yang lebih mulia.

Saya tidak mau bicara tanpa ada ayat-ayat pendukung karena dalam Yohanes 5:39 dikatakan “kitab-kitab suci bersaksi tentang Aku”. Jadi saya harus bicara atas dasar kitab suci mau menyaksikan tentang Yesus, kalau saya tidak bicara atas dasar itu berarti salah. Kalau hanya berkhotbah tanpa ayat pendukung berarti saya membohongi jemaat. Jangan setelah satu ayat langsung cerita pohon cengkeh, cerita sawah atau yang lain-lain tanpa ayat pendukungnya. Kalau seperti itu akhirnya jemaat akan menderita aniaya 3,5 tahun oleh antikristus.

Saudara sekalian, anda dikasihi Tuhan, anda dilawati Tuhan lewat FirmanNya yang dibukakan rahasianya.


Tuhan Memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar