20170402

Kebaktian Kaum Muda Remaja, Minggu 2 April 2017 Pdt. Handri Legontu



Salam sejahtera di dalam kasih Tuhan Yesus Kristus.


Keluaran 11:7-8 Tulah kesepuluh diberitahukan
11:7 Tetapi kepada siapa juga dari orang Israel, seekor anjing pun tidak akan berani menggonggong, baik kepada manusia maupun kepada binatang, supaya kamu mengetahui, bahwa TUHAN membuat perbedaan antara orang Mesir dan orang Israel.
11:8 Dan semua pegawaimu ini akan datang kepadaku dan sujud kepadaku serta berkata: Keluarlah, engkau dan seluruh rakyat yang mengikut engkau; sesudah itu aku akan keluar." Lalu Musa meninggalkan Firaun dengan marah yang bernyala-nyala.

Saat Tuhan menghukum Mesir/ dunia, ada perbedaan antara orang Israel dan orang Mesir, artinya:
1.      Ada perbedaan antara orang benar dan orang fasik. Orang benar luput dari penghukuman, orang fasik kena hukuman.
Maleakhi 3:18; 4:1-2
3:18 Maka kamu akan melihat kembali perbedaan antara orang benar dan orang fasik, antara orang yang beribadah kepada Allah dan orang yang tidak beribadah kepada-Nya.
4:1 Bahwa sesungguhnya hari itu datang, menyala seperti perapian, maka semua orang gegabah dan setiap orang yang berbuat fasik menjadi seperti jerami dan akan terbakar oleh hari yang datang itu, firman TUHAN semesta alam, sampai tidak ditinggalkannya akar dan cabang mereka.
4:2 Tetapi kamu yang takut akan nama-Ku, bagimu akan terbit surya kebenaran dengan kesembuhan pada sayapnya. Kamu akan keluar dan berjingkrak-jingkrak seperti anak lembu lepas kandang.

2.      Ada perbedaan antara orang yang beribadah dengan tidak beribadah. Orang beribadah luput dari penghukuman dan orang yang tidak beribadah masuk dalam penghukuman.
Ada 21 hukuman Allah, 7 penghukuman dari Allah Bapa, 7 penghukuman dari Anak Allah, dan 7 penghukuman dari Roh Kudus

Tetapi hati-hati, juga akan ada perbedaan antara orang yang beribadah dengan orang yang beribadah. Sudah beribadahpun masih bisa kena hukuman.

Contoh dalam perjanjian lama → Kain dan Habel, persembahan Habel diterima, persembahan Kain tidak diterima dan kain membunuh Habel.

Dalam perjanjian baru → 5 gadis bijaksana masuk pesta nikah Anak Domba, 5 gadis bodoh tertinggal, masuk aniaya antikrist, dihukum bersama dunia ini.
Gadis= gereja → kehidupan yang beribadah, sama-sama beribadah tapi ada yang bijaksana dan ada yang bodoh.

Matius 25:1-3,8,10-13
25:1 "Pada waktu itu hal Kerajaan Sorga seumpama sepuluh gadis, yang mengambil pelitanya dan pergi menyongsong mempelai laki-laki.
25:2 Lima di antaranya bodoh dan lima bijaksana.
25:3 Gadis-gadis yang bodoh itu membawa pelitanya, tetapi tidak membawa minyak,
25:8 Gadis-gadis yang bodoh berkata kepada gadis-gadis yang bijaksana: Berikanlah kami sedikit dari minyakmu itu, sebab pelita kami hampir padam.
25:10 Akan tetapi, waktu mereka sedang pergi untuk membelinya, datanglah mempelai itu dan mereka yang telah siap sedia masuk bersama-sama dengan dia ke ruang perjamuan kawin, lalu pintu ditutup.
25:11 Kemudian datang juga gadis-gadis yang lain itu dan berkata: Tuan, tuan, bukakanlah kami pintu!
25:12 Tetapi ia menjawab: Aku berkata kepadamu, sesungguhnya aku tidak mengenal kamu.
25:13 Karena itu, berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu akan hari maupun akan saatnya."

Mengapa gadis-gadis yang bodoh masuk dalam penghukuman? Karena sudah punya pelita tapi tidak membawa minyak persediaan. Artinya:
Pelita menyala= Firman Pengajaran
Minyak persediaan= Roh Kudus yang meluap-luap
Amsal 6:23
6:23 Karena perintah itu pelita, dan ajaran itu cahaya, dan teguran yang mendidik itu jalan kehidupan,

Kaum muda yang sudah ada dalam Pengajaran kalau tidak ada Roh Kudus maka akan tertinggal.

Gadis bodoh ini merasa sok bijaksana, merasa sudah ada pengajaran (sudah bawa pelita yang menyala), tapi tidak perlu lagi membawa buli-buli berisi minyak karena merasa tidak bebas bergerak. Artinya merasa ada pengajaran tapi masih mau bebas dagingnya, tidak mau dipimpin oleh Roh Kudus, tidak mau hidup oleh Roh Kudus. Kalau ada Roh Kudus, itu yang akan mematikan daging.

Jangan hanya puas diurapi tapi dipenuhkan, jangan juga puas sampai dipenuhkan tapi sampai hidup dalam Roh Kudus.

Kalau tidak punya Roh Kudus maka suatu saat pengajarannya padam/ hilang= tinggalkan pengajaran. Banyak orang-orang sudah tinggalkan pengajaran karena tidak ada Roh Kudus, hidup menurut hawa nafsu dagingnya.

Kebebasan yang sejati adalah dalam Roh Kudus.
2 Korintus 3:17
3:17 Sebab Tuhan adalah Roh; dan di mana ada Roh Allah, di situ ada kemerdekaan.

Tuhan mau supaya kita menerima Firman Pengajaran yang benar dan mau hidup oleh Roh Kudus, maka kita akan mengalami kebebasan dari dunia, daging dan dosa.

Kita bergumul sudah punya pengajaran ada Firman harus ditambah Roh Kudus. Banyak menyembah supaya Roh Kudus memenuhi hidup kita. Jangan sampai kita ketinggalan dengan yang masih baru dalam Pengajaran. Ayo bergumul supaya kita benar-benar dipenuhkan oleh Roh Kudus.

Sudah mendengar Firman Pengajaran yang benar tapi menolak hidup oleh Roh Kudus, itu adalah sikap yang bodoh. Memang untuk hidup oleh Roh Kudus sakit bagi daging.
Roma 8:7
8:7 Sebab keinginan daging adalah perseteruan terhadap Allah, karena ia tidak takluk kepada hukum Allah; hal ini memang tidak mungkin baginya.

Proses hidup oleh Roh Kudus  (punya minyak persediaan):
1)      Masuk kandang penggembalaan= tekun dalam 3 macam ibadah pokok. Di situ daging dibendung sehingga Roh Kudus tetap mengurapi kita.
Imamat 21:12
21:12 Janganlah ia keluar dari tempat kudus, supaya jangan dilanggarnya kekudusan tempat kudus Allahnya, karena minyak urapan Allahnya, yang menandakan bahwa ia telah dikhususkan, ada di atas kepalanya; Akulah TUHAN.

Jangan kita tinggalkan ibadah, jangan bolong-bolong supaya kita punya minyak persediaan. Kalau kita capek atau sakit, sibuk tapi berupaya untuk datang beribadah, itu berarti daging kita betul-betul dipress. Saat keadaan kita terjepit tetapi bisa datang beribadah itu berarti minyak persediaannya melimpah.

2)      Berjalan dengan Roh Kudus, buktinya tidak mau menuruti keinginan/ kehendak daging, sehingga bisa menuruti keinginan Roh/ kehendak Tuhan= taat dengar-dengaran pada Firman apapun resikonya.
Galatia 5:16-17 (Terjemahan Lama)
5:16 Tetapi demikian inilah kataku: Berjalanlah kamu dengan Roh, niscaya kehendak tabiat duniawi tiada akan kamu genapkan.
5:17 Karena kehendak tabiat duniawi berlawan dengan Roh, dan kehendak Roh itu berlawan dengan tabiat duniawi, karena keduanya itu berlawanan, supaya jangan kamu lakukan barang yang kamu kehendaki.

Kalau bisa taat pada Firman maka hasilnya:
o   Firman menjadi pelita bagi kaki kita, sehingga kita tidak akan tersandung jatuh oleh dosa atau apapun juga. Biar orang mau gosipkan kita, tidak akan tersandung, tetap beribadah melayani Tuhan. 
Mazmur 119:105
119:105 Firman-Mu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku.

Kaum muda jangan sedikit-sedikit meraju dengan Tuhan, kalau ada masalah tidak mau beribadah. kaum muda pilih mana putus dengan pacar atau putus dengan Tuhan?. Makanya bergumul, sungguh-sungguh agar ada Roh Kudus.

o   Firman menjadi terang bagi jalan kita = memberi masa depan yang terang/jelas. Memberi arah ke kota terang, Yerusalem baru.

3)      Dipimpin oleh Roh Kudus, buktinya mematikan perbuatan daging sehingga bisa melakukan perbuatan yang benar dan baik. Sebab banyak orang melakukan perbuatan yang baik tapi belum tentu benar.
Galatia 5:18-21
5:18 Akan tetapi jikalau kamu memberi dirimu dipimpin oleh Roh, maka kamu tidak hidup di bawah hukum Taurat.
5:19 Perbuatan daging telah nyata, yaitu: percabulan, kecemaran, hawa nafsu,
5:20 penyembahan berhala, sihir, perseteruan, perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri, percideraan, roh pemecah,
5:21 kedengkian, kemabukan, pesta pora dan sebagainya. Terhadap semuanya itu kuperingatkan kamu -- seperti yang telah kubuat dahulu -- bahwa barangsiapa melakukan hal-hal yang demikian, ia tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah.

1 Korintus 7:35
7:35 Semuanya ini kukatakan untuk kepentingan kamu sendiri, bukan untuk menghalang-halangi kamu dalam kebebasan kamu, tetapi sebaliknya supaya kamu melakukan apa yang benar dan baik, dan melayani Tuhan tanpa gangguan.

Perbuatan benar dan baik:
Ø  menjadi terang kesaksian mulai di rumah, di depan semua orang, sampai menjadi terang dunia.
Matius 5:14-16
5:14 Kamu adalah terang dunia. Kota yang terletak di atas gunung tidak mungkin tersembunyi.
5:15 Lagipula orang tidak menyalakan pelita lalu meletakkannya di bawah gantang, melainkan di atas kaki dian sehingga menerangi semua orang di dalam rumah itu.
5:16 Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga."

Anak-anak Yitro pulang cepat, sehingga menjadi terang kesaksian. Anak-anak gadis jangan suka pulang malam.

Ø  Melayani Tuhan tanpa gangguan
Kaum muda berupaya melayani tanpa gangguan, tidak terganggu dengan kesehatan, kesibukan di sekolah, tetap berupaya datang melayani. Itu baru dipimpin Roh Kudus.

Hasilnya: dikaruniakan 2 sayap burung nazar yang besar untuk menerbangkan kita ke padang belantara, jauh dari antikrist.
Wahyu 12:1,14
12:1 Maka tampaklah suatu tanda besar di langit: Seorang perempuan berselubungkan matahari, dengan bulan di bawah kakinya dan sebuah mahkota dari dua belas bintang di atas kepalanya.
12:14 Kepada perempuan itu diberikan kedua sayap dari burung nasar yang besar, supaya ia terbang ke tempatnya di padang gurun, di mana ia dipelihara jauh dari tempat ular itu selama satu masa dan dua masa dan setengah masa.

4)      Hidup oleh Roh Kudus= menyalibkan daging dengan segala hawa nafsu dan tabiatnya sampai daging tidak bersuara lagi (pintu tirai terobek).
Galatia 5:22-26
5:22 Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan,
5:23 kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu.
5:24 Barangsiapa menjadi milik Kristus Yesus, ia telah menyalibkan daging dengan segala hawa nafsu dan keinginannya.
5:25 Jikalau kita hidup oleh Roh, baiklah hidup kita juga dipimpin oleh Roh,
5:26 dan janganlah kita gila hormat, janganlah kita saling menantang dan saling mendengki.

Menghasilkan buah-buah Roh Kudus = mengalami keubahan hidup dari manusia daging dengan tabiatnya menjadi manusia rohani dengan tabiat Allah Tritunggal = kembali segambar dengan Allah Tritunggal, sempurna menjadi mempelai wanita Tuhan.  

Kasih, Sukacita, damai sejahtera= tabiat dari Allah Bapa
Kesabaran, kemurahan, kebaikan= tabiat dari Anak Allah
Kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri= tabiat dari Allah Roh Kudus

Kejadian 1:26-28,31
1:26 Berfirmanlah Allah: "Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi."
1:27 Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka.
1:28 Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: "Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi."
1:31 Maka Allah melihat segala yang dijadikan-Nya itu, sungguh amat baik. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari keenam.

Hasilnya:
·         Kita akan menang atas trio setan, sumber masalah, air mata, kegagalan dan dosa. Pergumulan apapun diselesaikan, dosa-dosa diselesaikan.
·         Tuhan menjadikan semua baik sampai sungguh amat baik.
Kejadian 1:26-28,31
1:26 Berfirmanlah Allah: "Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi."
1:27 Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka.
1:28 Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: "Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi."
1:31 Maka Allah melihat segala yang dijadikan-Nya itu, sungguh amat baik. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari keenam.

Kita sangat butuh Roh Kudus. Untuk mencurahkan Roh Kudus, Yesus rela mati, bangkit, naik ke sorga. Tanpa Yesus mati maka tidak ada Roh Kudus dicurahkan kepada kita. Kaum muda jangan banyak tidur, banyak main game tetapi banyak MENYEMBAH TUHAN.


Tuhan Memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar