20170423

Kebaktian Kaum Muda Remaja, Minggu 23 April 2017 Pdt. Handri Legontu



Salam sejahtera di dalam kasih Tuhan Yesus Kristus.

Keluaran 11:9-10 Tulah kesepuluh diberitahukan
11:9 Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Firaun tidak akan mendengarkan kamu, supaya mujizat-mujizat yang Kubuat bertambah banyak di tanah Mesir."
11:10 Musa dan Harun telah melakukan segala mujizat ini di depan Firaun. Tetapi TUHAN mengeraskan hati Firaun, sehingga tidak membiarkan orang Israel pergi dari negerinya.

Menjelang bangsa Israel keluar dari Mesir, Firaun justru tetap mengeraskan hati, tidak mau mendengarkan Musa, supaya mujizat-mujizat yang Tuhan buat di tanah Mesir bertambah banyak. Artinya, menjelang gereja Tuhan mau terangkat dari dunia ini, ada 3 hal yang akan terjadi:
a.       Dosa dan penderitaan bertambah hebat
b.      Kekerasan hati manusia semakin hebat, orang tidak mau mendengarkan suara Musa= Firman Pengajaran yang benar, dengan alasan terlalu keras, dsb. Manusia memalingkan telinga dari Firman pengajaran yang sehat untuk mendengar pengajaran yang lain, yang menyenangkan daging.
2 Timotius 4:3-4
4:3 Karena akan datang waktunya, orang tidak dapat lagi menerima ajaran sehat, tetapi mereka akan mengumpulkan guru-guru menurut kehendaknya untuk memuaskan keinginan telinganya.
4:4 Mereka akan memalingkan telinganya dari kebenaran dan membukanya bagi dongeng.

Bahkan banyak orang yang sudah ada dalam Firman pengajaran yang benar akan murtad, tinggalkan Firman Pengajaran yang benar lalu mengikuti ajaran yang lain.
1 Timotius 4:1-2
4:1 Tetapi Roh dengan tegas mengatakan bahwa di waktu-waktu kemudian, ada orang yang akan murtad lalu mengikuti roh-roh penyesat dan ajaran setan-setan
4:2 oleh tipu daya pendusta-pendusta yang hati nuraninya memakai cap mereka.

Mengapa orang kristen bisa keras hati dan murtad? Karena tidak tegas/bimbang terhadap Firman pengajaran yang benar. Seperti Firaun yang mengakui bahwa Tuhan itu yang benar, dia dan rakyatnya yang bersalah= mengakui Firman Pengajaran yang benar tapi bimbang untuk menerimanya, karena kepentingan dan keinginan daging. Kalau seandainya ia menerima Firman dan melepaskan bangsa Israel, ia rugi, tidak punya tenaga kerja untuk mengerjakan proyeknya.
Keluaran 9:27
9:27 Lalu Firaun menyuruh memanggil Musa dan Harun serta berkata kepada mereka: "Aku telah berdosa sekali ini, TUHAN itu yang benar, tetapi aku dan rakyatkulah yang bersalah.

Hati-hati kaum muda remaja, kalau sudah ada kepentingan dan keinginan daging, pasti bimbang terhadap Firman Pengajaran yang benar sehingga terpikat oleh sesuatu yang lain di luar Firman Pengajaran yang benar (pekerjaan, jodoh, study, dsb), lama-lama terseret keluar dari Firman Pengajaran yang benar, terima ajaran yang lain, itulah murtad.
Yakobus 1:13-15
1:13 Apabila seorang dicobai, janganlah ia berkata: "Pencobaan ini datang dari Allah!" Sebab Allah tidak dapat dicobai oleh yang jahat, dan Ia sendiri tidak mencobai siapa pun.
1:14 Tetapi tiap-tiap orang dicobai oleh keinginannya sendiri, karena ia diseret dan dipikat olehnya.
1:15 Dan apabila keinginan itu telah dibuahi, ia melahirkan dosa; dan apabila dosa itu sudah matang, ia melahirkan maut.

Mungkin kepentingan dan keinginan itu didapat, dapat jodoh, dapat title/gelar bergengsi, dsb, tetapi berakhir dengan binasa. Jadi jangan bermain-main dengan Pengajaran. Contoh pergi kuliah di tempat yang ada universitas bergengsi tapi tidak ada Firman Pengajaran yang benar, yang penting dapat gelar atau memaksakan hubungan yang tidak satu pengajaran, dsb.

Sikap yang benar terhadap Firman Pengajaran yang benar:
ð  Sebagai hamba Tuhan harus menyampaikan Firman Pengajaran yang benar dengan suatu keyakinan yang datang dari kekuatan Roh Kudus, bukan dengan kekuatan sendiri, jangan bimbang.
1 Korintus 2:3-5
2:3 Aku juga telah datang kepadamu dalam kelemahan dan dengan sangat takut dan gentar.
2:4 Baik perkataanku maupun pemberitaanku tidak kusampaikan dengan kata-kata hikmat yang meyakinkan, tetapi dengan keyakinan akan kekuatan Roh,
2:5 supaya iman kamu jangan bergantung pada hikmat manusia, tetapi pada kekuatan Allah.

ð  Sebagai sidang jemaat dalam mendengar Firman Pengajaran yang benar harus dengan kekuatan Roh Kudus sehingga bisa yakin akan Firman Pengajaran yang benar. Kalau yakin pada Firman Pengajaran yang benar, maka tidak akan sulit untuk mempraktekkan Firman sehingga Firman itu mendarah daging dan kita tidak bisa dibimbangkan dan disesatkan oleh ajaran-ajaran lain. Sekalipun diperhadapkan dengan penderitaan, tidak akan bimbang terhadap Firman Pengajaran yang benar.

Kita yang digembalakan sudah 35 tahun, sudah harus kuat dan yakin terhadap Firman Pengajaran yang benar, jangan mundur.
Contoh: Daud sangat terjepit, istrinya dibawa lari oleh gerombolan orang Amalek, kotanya dibakar habis, pengikut-pengikutnya melempar dia dengan batu, tapi Daud menguatkan keyakinannya kepada Tuhan.
1 Samuel 30:1-6
30:1 Ketika Daud serta orang-orangnya sampai ke Ziklag pada hari yang ketiga, orang Amalek telah menyerbu Tanah Negeb dan Ziklag; Ziklag telah dikalahkan oleh mereka dan dibakar habis.
30:2 Perempuan-perempuan dan semua orang yang ada di sana, tua dan muda, telah ditawan mereka, dengan tidak membunuh seorang pun; mereka menggiring sekaliannya, kemudian meneruskan perjalanannya.
30:3 Ketika Daud dan orang-orangnya sampai ke kota itu, tampaklah kota itu terbakar habis, dan isteri mereka serta anak mereka yang laki-laki dan perempuan telah ditawan.
30:4 Lalu menangislah Daud dan rakyat yang bersama-sama dengan dia itu dengan nyaring, sampai mereka tidak kuat lagi menangis.
30:5 Juga kedua isteri Daud ditawan, yakni Ahinoam, perempuan Yizreel, dan Abigail, bekas isteri Nabal, orang Karmel itu.
30:6 Dan Daud sangat terjepit, karena rakyat mengatakan hendak melempari dia dengan batu. Seluruh rakyat itu telah pedih hati, masing-masing karena anaknya laki-laki dan perempuan. Tetapi Daud menguatkan kepercayaannya kepada TUHAN, Allahnya.

Saat dalam penderitaan karena Firman Pengajaran yang benar, jangan bimbang. Tapi saat itu merupakan saatnya untuk menguatkan keyakinan kita kepada Tuhan, pada Firman Pengajaran yang benar, sekalipun daging terjepit, sebab Tuhan pasti membela dan + memberkati kita. Juga termasuk saat menghadapi godaan, tawaran yang menggiurkan dan menguntungkan daging, kuatkan keyakinan pada Firman Pengajaran yang benar, sebab Tuhan pasti memelihara kita.

Kalau membuat kita keluar dari Firman Pengajaran, itu bukan berkat dari Tuhan. Kaum muda harus berani katakan: saya lebih pilih Firman Pengajaran yang benar dari pada dapat gelar SI, misalkan kuliah di tempat yang tidak ada Firman pengajaran yang benar, saya pilih Firman Pengajaran yang benar daripada dapat cowok ganteng/ cewek cuantikk poll tapi tanpa Firman pengajaran yang benar. Jangan menukar Firman Pengajaran yang benar dengan apapun juga.

Kalau kita pilih Firman Pengajaran yang benar maka semuanya jadi, semua ada dalam Firman. Jadi, jangan takut kalau pilih Firman pengajaran yang benar itu sudah betul!.
Mazmur 33:9
33:9 Sebab Dia berfirman, maka semuanya jadi; Dia memberi perintah, maka semuanya ada.

“Segala sesuatu tanpa Yesus/ Firman Pengajaran yang benar itu sia-sia, bahkan sorga tanpa Yesus tidak ada artinya.“ Menikah tanpa Firman Pengajaran yang benar tidak ada artinya, dapat gaji besar tanpa Firman Pengajaran yang benar, tidak ada artinya, dapat ijasah, gelar tanpa Firman Pengajaran yang benar, tidak ada artinya.
Yohanes 1:1,14
1:1 Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.
1:14 Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran.
Yesus adalah Firman yang menjadi manusia= cahaya injil kemuliaan= Firman Pengajaran yang benar.

Biar hanya gubuk-gubuk tapi kalau bersama Firman Pengajaran itu luar biasa, jangan terpikat sesuatu di luar Firman Pengajaran yang benar, biarlah kita terpikat kepada Tuhan/ Firman Pengajaran yang benar.

c.       Mujizat/ keajaiban Tuhan bertambah banyak, baik yang negatif dalam wujud penghukuman akan semakin banyak. Contoh sekarang ini kita dikejutkan dengan banyaknya virus penyakit aneh (virus Zika, ebola, antraks, flu burung, flu babi, dsb), itu salah satu keajaiban Tuhan. Rumah yang berdiri bagus tiba-tiba muncul api, terbakar, muncul lubang di jalan sehingga kendaraan terperosot, rumah ambruk. Tempat-tempat yang dulunya tidak pernah terdengar ada bencana alam, tetapi terjadi banjir, longsor, gempa bumi.

Secara positif, terjadi pembelaan-pembelaan Tuhan terhadap umat Tuhan yang sungguh-sungguh ikut Tuhan, seperti dulu bangsa Israel dibela Tuhan. Terutama mujizat keubahan hidup terjadi. Orang yang jahat dan najis, sudah terlalu rusak karena dosa bisa mengalami keubahan hidup oleh pekerjaan Firman pengajaran yang benar. Menjelang gereja Tuhan mau terangkat sudah harus terjadi dalam kehidupan kita mujizat keubahan hidup dari manusia daging menjadi manusia rohani sampai sama mulia seperti Yesus.

2 Korintus 4:16-18
4:16 Sebab itu kami tidak tawar hati, tetapi meskipun manusia lahiriah kami semakin merosot, namun manusia batiniah kami dibaharui dari sehari ke sehari.
4:17 Sebab penderitaan ringan yang sekarang ini, mengerjakan bagi kami kemuliaan kekal yang melebihi segala-galanya, jauh lebih besar dari pada penderitaan kami.
4:18 Sebab kami tidak memperhatikan yang kelihatan, melainkan yang tak kelihatan, karena yang kelihatan adalah sementara, sedangkan yang tak kelihatan adalah kekal.

Salah satu tanda keubahan hidup yaitu KUAT TEGUH HATI.
2 Korintus 5:6-8
5:6 Maka oleh karena itu hati kami senantiasa tabah, meskipun kami sadar, bahwa selama kami mendiami tubuh ini, kami masih jauh dari Tuhan,
5:7 -- sebab hidup kami ini adalah hidup karena percaya, bukan karena melihat --
5:8 tetapi hati kami tabah, dan terlebih suka kami beralih dari tubuh ini untuk menetap pada Tuhan.

Saat menghadapi dosa, tetap mau hidup benar dan suci. Biar 1000 orang merokok, saya tidak mau merokok, saat ujian di sekolah biar yang lain menyontek saya tidak mau menyontek. Saat menghadapi tawaran godaan yang menguntungkan daging untuk meninggalkan ibadah pelayanan, saya tetap mau setia berkobar beribadah melayani Tuhan, berjuang untuk ibadah pelayanan, tidak mau mundur. Saat menghadapi ajaran palsu tetap pegang teguh Firman Pengajaran yang benar. Saat diperhadapkan dengan tantangan dan pencobaan, pergumulan yang hebat, tetap kuat dan teguh hati, di tolong atau tidak ditolong tetap pegang teguh Firman Pengajaran yang benar, tetap menyembah Tuhan, seperti Sadrakh, Mesakh, dan Abednego.
Daniel 3:16-18, 25
3:16 Lalu Sadrakh, Mesakh dan Abednego menjawab raja Nebukadnezar: "Tidak ada gunanya kami memberi jawab kepada tuanku dalam hal ini.
3:17 Jika Allah kami yang kami puja sanggup melepaskan kami, maka Ia akan melepaskan kami dari perapian yang menyala-nyala itu, dan dari dalam tanganmu, ya raja;
3:18 tetapi seandainya tidak, hendaklah tuanku mengetahui, ya raja, bahwa kami tidak akan memuja dewa tuanku, dan tidak akan menyembah patung emas yang tuanku dirikan itu."
3:25 Katanya: "Tetapi ada empat orang kulihat berjalan-jalan dengan bebas di tengah-tengah api itu; mereka tidak terluka, dan yang keempat itu rupanya seperti anak dewa!"
Anak dewa menunjukkan Yesus dalam kemuliaan menyertai kita, wujudnya bagi kita adalah Roh Kudus, roh kemuliaan dicurahkan bagi kita, menguatkan, menghiburkan kita dan memberi jalan keluar bagi kita, sampai nanti benar-benar mujizat terakhir kita sama mulia seperti Tuhan, sempurna jadi mempelai wanita Tuhan, masuk dalam kemuliaan kekal selama-lamanya.

Mazmur 27:14
27:14 Nantikanlah TUHAN! Kuatkanlah dan teguhkanlah hatimu! Ya, nantikanlah TUHAN!


Tuhan Memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar