20151025

Kebaktian Umum, Minggu 25 Oktober 2015 Pdt. Bernard Legontu


Salam sejahtera di dalam kasih Tuhan Yesus Kristus.
                                                                                                        
Zakharia 13:9
13:9 Aku akan menaruh yang sepertiga itu dalam api dan akan memurnikan mereka seperti orang memurnikan perak. Aku akan menguji mereka, seperti orang menguji emas. Mereka akan memanggil nama-Ku, dan Aku akan menjawab mereka. Aku akan berkata: Mereka adalah umat-Ku, dan mereka akan menjawab: TUHAN adalah Allahku!"

Yang sepertiga itulah yang rohani. Dalam diri manusia ada tiga unsur yaitu tubuh, jiwa dan roh. Roh ini tidak kelihatan, jiwa bisa dilihat karena jiwa itu ada pada darah, lebih-lebih tubuh kelihatan. Jadi kalau hidup sudah di dalam Tuhan lalu dua pertiga ini (tubuh dan jiwa) menjadi prioritas maka Alkitab mengatakan tidak akan bisa mewarisi Sorga.
I Korintus 15:50
15:50 Saudara-saudara, inilah yang hendak kukatakan kepadamu, yaitu bahwa daging dan darah tidak mendapat bagian dalam Kerajaan Allah dan bahwa yang binasa tidak mendapat bagian dalam apa yang tidak binasa.

Dengan kata lain Tuhan menguji kita agar kita beribadah dan melayani jangan memberi penekanan pada apa yang kita lihat tetapi marilah kita melayani penekanannya pada apa yang tidak kita lihat, itulah yang rohani.
2 korintus 4:18
4:18 Sebab kami tidak memperhatikan yang kelihatan, melainkan yang tak kelihatan, karena yang kelihatan adalah sementara, sedangkan yang tak kelihatan adalah kekal.

Yang sepertiga ini masih diuji. Diuji di sini bukan untuk dibiarkan/ digugurkan. Ujian dari Tuhan bukan untuk menggugurkan kita. Cobaan dari iblis mau membuat kita gugur tetapi ujian dari Tuhan mau membuat kita naik kelas. Oleh sebab itu jangan mengatakan ujian Tuhan itu berat sehingga kita tidak sanggup. Tuhan tidak pernah menguji melebihi kekuatan kita. Mulai dari kami hamba Tuhan diuji oleh Tuhan.

Dikatakan oleh Firman Tuhan ujian itu adalah peleburan api. Sementara kita ada dalam peleburan api Tuhan Yesus menunggui kita di situ, kapan dikeluarkan dari api dan kapan masih harus tetap berada dalam api. Dengan dibakar maka semua hal yang membuat emas itu tidak murni keluar. Begitu Tuhan melihat bahwa semua itu sudah dikeluarkan (terbakar) maka Tuhan akan mengeluarkan kita dari dapur peleburan.
1 Petrus 1:7
1:7 Maksud semuanya itu ialah untuk membuktikan kemurnian imanmu -- yang jauh lebih tinggi nilainya dari pada emas yang fana, yang diuji kemurniannya dengan api -- sehingga kamu memperoleh puji-pujian dan kemuliaan dan kehormatan pada hari Yesus Kristus menyatakan diri-Nya.

Yesaya 28:28
28:28 Apakah orang waktu mengirik memukul gandum sampai hancur? sungguh tidak, orang tidak terus-menerus memukulnya sampai hancur! Dan sekalipun orang menjalankan di atas gandum itu jentera gerobak dengan kudanya, namun orang tidak akan menggilingnya sampai hancur.

Pengujian ini mulai dari kami hamba-hamba Tuhan (gembala).
Maleakhi 3:2
3:2 Siapakah yang dapat tahan akan hari kedatangan-Nya? Dan siapakah yang dapat tetap berdiri, apabila Ia menampakkan diri? Sebab Ia seperti api tukang pemurni logam dan seperti sabun tukang penatu.

Ini menunjukkan betapa dahsyatnya ketika Tuhan datang. Itu sebabnya Tuhan memfasilitasi kita supaya kita tahan berdiri di hadapanNya.
Lukas 21:36
21:36 Berjaga-jagalah senantiasa sambil berdoa, supaya kamu beroleh kekuatan untuk luput dari semua yang akan terjadi itu, dan supaya kamu tahan berdiri di hadapan Anak Manusia."

Apa fasilitas yang Tuhan berikan kepada kita?
1.      Lewat bokor yang berisi darah yaitu darahNya sendiri. Artinya kita menghargai darah Yesus (korban Kristus).
2.      Perukupan yang berisi ukupan yang dibakar. Artinya doa penyembahan (ada roh penyembahan).

Jadi anak Tuhan yang tahan menghadapi Tuhan adalah yang ada tanda darah Anak Domba Allah dan yang ada roh penyembahan. Itu sebabnya dipertanyakan siapa yang dapat tahan. Dengan kata lain kita dianjurkan Tuhan untuk mencari dua fasilitas ini supaya kita bisa tahan dan bisa menjawab kepada Tuhan “saya tahan Tuhan= ini saya Tuhan”.

Kalau hewan korban dibakar di Mezbah Korban Bakaran, dia meletup-letup (agak keras). Anak Tuhan yang baru bertobat ketika dipenuhkan Roh Kudus tidak heran kalau kita lihat mereka meletup-letup sampai bangkunya tergoyang-goyang. Namun ketika anak Tuhan itu makin paham apa itu pekerjaan Roh Kudus yang membawa dia masuk dalam penyembahan sampai puncak, maka letupan-letupan itu tidak keras lagi, kita tinggal mendengar dia berbahasa roh sesuai dengan yang dikaruniakan oleh Roh Kudus.

Jangan kita salah dengan pekerjaan Roh Kudus sebab Roh Kudus itu yang melantik gembala. Kalau ada orang yang mengatakan saya dipimpin oleh Roh Kudus tetapi alergi dengan penggembalaan berarti bukan Roh Kudus yang ada dalam dirinya.
Zakharia 13:7 berbicara penggembalaan, ayat 9 ada suasana penggembalaan yang sudah terkait dan tidak bisa terpisahkan lagi. Itu sebabnya iblis berkerja di dalam penggembalaan, dia tidak lagi bekerja di luar. Itulah yang dia usik, itulah yang dia ganggu dan hantam supaya tercerai berai. Kita bukan lagi berada pada suasana Zakharia 13:7 tetapi sudah sampai pada suasana ayat 9.

Maleakhi 3:1
3:1 Lihat, Aku menyuruh utusan-Ku, supaya ia mempersiapkan jalan di hadapan-Ku! Dengan mendadak Tuhan yang kamu cari itu akan masuk ke bait-Nya! Malaikat Perjanjian yang kamu kehendaki itu, sesungguhnya, Ia datang, firman TUHAN semesta alam.

Persiapan jalan ini dikerjakan lewat hamba Tuhan sebab Tuhan muncul secara mendadak dan kita tidak tahu waktunya. Makanya jangan santai sekarang ini, jangan kurang menghargai karena kedatangan Tuhan secara mendadak. Mau ke mana kalau Tuhan datang secara mendadak lalu tidak ada di dalam Tubuh Kristus, bencana bagi orang seperti itu! Kalau tidak ada di dalam persekutuan Tubuh Kristus maka hancurlah orang itu.

Maleakhi 3:2
3:2 Siapakah yang dapat tahan akan hari kedatangan-Nya? Dan siapakah yang dapat tetap berdiri, apabila Ia menampakkan diri? Sebab Ia seperti api tukang pemurni logam dan seperti sabun tukang penatu.

Kalau di luar Tubuh Kristus ketika Tuhan datang maka orang itu akan menjadi bodoh, stres bahkan gila, siapa lagi yang dapat menolong?.

Maleakhi 3:3
3:3 Ia akan duduk seperti orang yang memurnikan dan mentahirkan perak; dan Ia mentahirkan orang Lewi, menyucikan mereka seperti emas dan seperti perak, supaya mereka menjadi orang-orang yang mempersembahkan korban yang benar kepada TUHAN.

Yang lebih dulu disucikan adalah orang Lewi, hamba Tuhan lebih dahulu. Itu sebabnya gembala itu jalan di depan. Kalau jalan di depan maka otomatis domba itu yaitu jemaat melihat gembala. Kalau ada pendeta atau hamba Tuhan mengatakan “jangan lihat saya, lihat saja kepada Firman. Saya ini banyak kekurangan” berarti orang itu bermaksud meneruskan kesalahannya dan ini kesalahan besar dari pelayan tersebut.

Kalau kami dipukul, dihina, disalah-salahkan, itu harus kami terima sebab itu proses api ujian. Apalagi kalau sampai dipukul oleh sahabat itu adalah tanda kasih. Dari pada ciuman bertubi-tubi dari seteru, Alkitab mengatakan harus ditangkis dengan doa.

Kita ada di sini, bukan lagi gembala yang bisa terpisah dengan domba tetapi gembala yang tidak bisa terpisah dengan domba.
Zakharia 13:9
13:9 Aku akan menaruh yang sepertiga itu dalam api dan akan memurnikan mereka seperti orang memurnikan perak. Aku akan menguji mereka, seperti orang menguji emas. Mereka akan memanggil nama-Ku, dan Aku akan menjawab mereka. Aku akan berkata: Mereka adalah umat-Ku, dan mereka akan menjawab: TUHAN adalah Allahku!"

Akhirnya ujian berhasil dan mereka akan memanggil nama Tuhan. Berarti orang yang lulus dari ujian itu paham benar siapa yang menguji mereka. Jadi yang menguji itu adalah saudaranya. Yang menguji dan yang diuji berasal dari satu, itu sebabnya yang menguji kita tidak malu mengatakan kita saudaraNya dan kita menyebutNya saudara kita, itulah Tuhan Yesus. Jadi jangan kita menyalahkan kalau sedang masuk dalam proses pengujian sebab yang menguji kita adalah saudara kita dan Dia ingin/ rindu mengangkat kita menjadi MempelaiNya.

Siapa yang berhak untuk menyucikan? Saudara. Yang disucikan adalah saudaraNya. Jadi yang menyucikan dan yang disucikan sama-sama lahir dalam keluarga Allah. Makanya kalau belum lahir dalam Tuhan maka penyucian itu tidak jalan. Coba saudara lihat persekutuan-persekutuan yang tidak mengalami kelahiran baru dan menganggap itu sesuatu yang tidak harus, tidak ada penyucian di dalamnya. Kalau saudara sudah lahir baru dan mengalami proses penyucian berarti saudara dianggap oleh Tuhan Yesus sebagai saudaraNya.
Ibrani 2:11-12
2:11 Sebab Ia yang menguduskan dan mereka yang dikuduskan, mereka semua berasal dari Satu; itulah sebabnya Ia tidak malu menyebut mereka saudara,
2:12 kata-Nya: "Aku akan memberitakan nama-Mu kepada saudara-saudara-Ku, dan memuji-muji Engkau di tengah-tengah jemaat,"

Dalam Zakharia 13:9 bagian terakhir dikatakan mereka akan memanggil namaNya. Inilah nama Tuhan yang dimaksud.

Tidak rugi kalau kita ada di dalam Bait Allah, artinya ada dalam persekutuan Tubuh Kristus yang merindu untuk menjadi Mempelai WanitaNya. Jangan coba memanggil Tuhan Yesus itu saudara kita kalau kita tidak mau disucikan karena Saudara kita ini mau menyucikan dan Dia mau memberitakan namaNya. Kenapa nama Tuhan ini harus diberitakan? Sebab namaNya menyucikan.
Mazmur 111:9
111:9 Dikirim-Nya kebebasan kepada umat-Nya, diperintahkan-Nya supaya perjanjian-Nya itu untuk selama-lamanya; nama-Nya kudus dan dahsyat.

Namanya ini kudus artinya menyucikan. Dalam terjemahan aslinya adalah higiest atau higietzo, artinya nama itu dahsyat menyucikan.

Tuhan tahu melindungi kita asalkan berikan dirimu disucikan oleh pekerjaan Saudara kita yaitu Tuhan Yesus lewat Firman pengajaran.

Nama itu diberitakan untuk menyucikan kita. Tujuan penyucian lewat nama ini adalah suatu saat nama ini akan termeterai dalam diri kita bahwa kita adalah milik dari Pribadi yang mempunyai nama itu di dahi kita.
Wahyu 22:4
22:4 dan mereka akan melihat wajah-Nya, dan nama-Nya akan tertulis di dahi mereka.

Tuhan sedang bekerja di tengah-tengah bangsa kafir. Kita lihat rencana Allah kepada kita bangsa kafir.
Kisah Para Rasul 15:14
15:14 Simon telah menceriterakan, bahwa sejak semula Allah menunjukkan rahmat-Nya kepada bangsa-bangsa lain, yaitu dengan memilih suatu umat dari antara mereka bagi nama-Nya.

Rahmat itu adalah kasih Allah yang beraksi di tengah-tengah umat Tuhan untuk memberikan pertolongan kepada mereka yang ada dalam keadaan sengsara tepat pada waktunya.

Tuhan memilih, jadi tidak semua. Semoga kita yang hadir di sini semuanya adalah pilihan, tetapi saya takut kalau ada yang tidak masuk sebab ada kata “tidak semua”. Kalau kita boleh mendengarkan Kabar Mempelai dalam terang Tabernakel maka itu adalah kesempatan emas bagi kita untuk masuk dalam pilihan Tuhan ini. Awas, rahmatNya ini segera tertutup, jangan sudah tertutup baru dicari, sudah terlambat!.

Kalau perempuan belum menikah dia dipanggil dengan namanya sendiri. Tetapi setelah menikah dia dipanggil dengan nama suaminya. Ini juga maksud Tuhan terhadap kita, tujuan Tuhan memanggil kita adalah untuk menjadi nyonyanya Yesus, Mempelai Wanita, Ratu Sorga. Hal ini dalam, jangankan seluruh dunia, orang Kristen saja banyak yang tidak paham. Jangankan orang Kristen, pendeta saja banyak yang tidak mengerti. Kita dimiliki oleh Tuhan demi namaNya.

Maria berasal dari kata Mah dan Yah, Mah artinya nyonya dan Yah itulah Yahwe berarti Tuhan. Jadi Maria artinya nyonya Tuhan. Gereja Tuhan mau dibawa sejauh itu. Kita gereja Tuhan digambarkan seperti seorang wanita yang mau dijadikan isteri Tuhan Yesus Mempelai Laki-laki Sorga. Ini tujuan Firman yaitu menggarap kita ke sana, untuk menjadi mempelai wanita Tuhan.

Zakharia 13:9b
13:9b Mereka akan memanggil nama-Ku, dan Aku akan menjawab mereka. Aku akan berkata: Mereka adalah umat-Ku, dan mereka akan menjawab: TUHAN adalah Allahku!"

Kidung Agung 7:10
7:10 Kepunyaan kekasihku aku, kepadaku gairahnya tertuju.

Sulamit sadar dan paham betul bahwa dia adalah kepunyaan Salomo. Kita harus paham dan sadar bahwa kita ini adalah milik Salomo kita itulah Tuhan Yesus. Kalau saudara sadar bahwa saudara adalah miliknya Tuhan Yesus maka perhatikan hidupmu, jangan asal membawa hidupmu. Jangan entengkan Pemilik kita sebab satu saat Tuhan bisa melepas dan membuang kita
Yeremia 6:30
6:30 Sebutkanlah mereka perak yang ditolak, sebab TUHAN telah menolak mereka!

Bangsa Israel yang sepuluh suku yang ada di utara dan yang dua suku yang ada di selatan, diibaratkan sebagai isterinya Tuhan. Tetapi mereka berulah dan menyakiti hati Suami mereka yaitu Tuhan. Tuhan tidak tahan dan akhirnya menceraikan mereka lalu membuang mereka. Jangan kita seperti itu, kedatangan Tuhan Yesus sudah dekat kenapa kita harus dibuang, kenapa kita mendapatkan diri kita ada di luar. Jangan terhadi hal seperti itu pada diri kita. Saya tidak ingin saya dibuang dan saya tidak ingin sidang jemaat dibuang oleh Tuhan. Itu sebabnya suara tampil dari belakang mimbar, kami sebagai hamba Tuhan mendahului Dia, kami harus mempersiapkan saudara dalam status Mempelai WanitaNya.

Kalau kita menyangkali bahwa kita ini miliknya Kristus itu sama dengan menyangkali pengorbanan Yesus, sebab kita ini miliknya Kristus kita sudah dibeli oleh darah Yesus. Jadi kalau tidak menghargai bahwa saudara adalah miliknya Kristus itu sama dengan melecehkan darah Yesus. Tuhan tidak akan memilih kehidupan seperti itu dan Tuhan tidak akan pernah kekurangan orang!
I Korintus 3:23; 6:20
3:23 Tetapi kamu adalah milik Kristus dan Kristus adalah milik Allah.
6:20 Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!

Kidung Agung 6:3; 2:16
6:3 Aku kepunyaan kekasihku, dan kepunyaanku kekasihku, yang menggembalakan domba di tengah-tengah bunga bakung.
2:16 Kekasihku kepunyaanku, dan aku kepunyaan dia yang menggembalakan domba di tengah-tengah bunga bakung.

Di sini hubungan sudah lebih mendalam. Berarti bagi gereja tidak ada tempat untuk yang lain di dalam hatinya kecuali Tuhan Yesus. Bagi Tuhan Yesus tidak ada tempat untuk yang lain di dalam hatiNya kecuali gereja Tuhan. Artinya kalau kita mengakui Tuhan Yesus adalah kekasih kita dan kita adalah kekasih Tuhan Yesus maka jangan sampai hatimu terbuka pada ajaran lain, buka hati hanya pada ajaran Yesus. Jangan ada kepala yang lain, jangan ada Yesus yang lain, jangan ada injil yang lain, jangan ada roh yang lain.
II Korintus 11:4-5
11:4 Sebab kamu sabar saja, jika ada seorang datang memberitakan Yesus yang lain dari pada yang telah kami beritakan, atau memberikan kepada kamu roh yang lain dari pada yang telah kamu terima atau Injil yang lain dari pada yang telah kamu terima.
11:5 Tetapi menurut pendapatku sedikit pun aku tidak kurang dari pada rasul-rasul yang tak ada taranya itu.
Nikah yang jasmani ini akan dibawa pada nikah yang rohani. Di dalam hati isteri jangan ada laki-laki idaman lain, di dalam hati suami jangan ada wanita idaman lain.

Dalam gereja tidak boleh ada ajaran gado-gado (campur), kalau ajarannya gado-gado itu berarti banyak laki-laki lain. Kalau seperti itu sama dengan menjadikan Tuhan Yesus kekasih kita tetapi ada kekasih yang lain. Makanya jangan kita menganut ajaran campur.

Yehezkiel harus berbaring di sebelah kiri selama 390 hari kemudian 40 hari di sebelah kanan. Totalnya 430 hari dan itu menggambarkan 430 tahun orang Israel dijajah di Mesir. Selama ada di Mesir yang mereka makan adalah makanan campur, itu sebabnya mereka harus keluar dari Mesir. Ketika Tuhan bertemu dengan mereka di gunung Sinai, Tuhan hanya memberikan satu pengajaran dan tidak macam-macam pengajaran.

Selama Yehezkiel berbaring di sebelah kiri dia harus mengkonsumsi roti campur yang dibakar di atas kotoran binatang yang sudah kering. Akhir zaman ini kalau gereja tidak sadar dia bisa terjebak menyajikan roti berarti menyajikan Firman tetapi yang sudah dipanas-panasi di atas kotoran. Kotoran ini sesuatu yang sudah dibuang. Rasul Paulus mengatakan apa yang dahulu telah dia buang.
Filipi 3:7-8
3:7 Tetapi apa yang dahulu merupakan keuntungan bagiku, sekarang kuanggap rugi karena Kristus.
3:8 Malahan segala sesuatu kuanggap rugi, karena pengenalan akan Kristus Yesus, Tuhanku, lebih mulia dari pada semuanya. Oleh karena Dialah aku telah melepaskan semuanya itu dan menganggapnya sampah, supaya aku memperoleh Kristus,

Saya sebagai hamba Tuhan harus waspada menjaga kemurnian pemberitaan Firman agar sidang jemaat tidak terkontaminasi dengan ajaran-ajaran lain permainan palsu manusia.
Efesus 4:14
4:14 sehingga kita bukan lagi anak-anak, yang diombang-ambingkan oleh rupa-rupa angin pengajaran, oleh permainan palsu manusia dalam kelicikan mereka yang menyesatkan,

Akhir zaman ini banyak permainan palsu manusia dengan kelicikannya. Untuk menolong kita maka kemurahan Tuhan kita dibawa dalam penggembalaan.
Kidung Agung 2:16
2:16 Kekasihku kepunyaanku, dan aku kepunyaan dia yang menggembalakan domba di tengah-tengah bunga bakung.

Untuk menolong kehidupan kita tidak diganggu oleh pria lain atau wanita lain maka bawa diri di dalam penggembalaan. Tidak ada nikah yang tidak teruji oleh pengaruh yang tidak suci. Syukur kita dibawa oleh Tuhan dalam penggembalaan, kalau tidak digembalakan dalam Firman pengajaran yang sehat dan kuat lewat Kabar Mempelai dalam terang Tabernakel maka berantakanlah kita. Makanya kita harus menghargai penggembalaan.

Ketika Tuhan Yesus mengangkat diriNya sebagai Gembala yang baik, Dia tidak menyembunyikan bahwa di dalam penggembalaan akan ada suara asing yang masuk. Ibarat ada laki-laki lain yang akan datang menggangu domba yang adalah calon Mempelai Wanita dari Gembala yang baik itu. Ketika Tuhan Yesus menyampaikan itu ada orang yang membalik fakta.

Tuhan Yesus mengatakan “Aku gembala yang baik. Aku mengenali domba-dombaKu dan Aku memanggil mereka masing-masing sesuai namanya dan mereka mengenal suaraKu”. Kemudian Tuhan Yesus berkata ada domba yang lain di luar yang akan dibawa pada kandang yang sama di dalam penggembalaan yang sama. Berarti akan ada penggabungan orang yang dari luar untuk digembalakan dengan Firman pengajaran yang sama.

Ketika Tuhan Yesus selesai mengatakan itu dan berbicara tentang nyawaNya yang akan diberikan maka orang banyak yang mendengar terpecah dua. Ada yang mengatakan Tuhan Yesus adalah orang yang kerasukan setan dan gila. Kapan Tuhan Yesus dikatakan kerasukan setan dan gila? Ketika Tuhan Yesus berbicara tentang penggembalaan.

Mereka mengatakan tidak usah mendengar Tuhan Yesus. Padahal Tuhan Yesus mengatakan domba-domba tidak mau mendengar suara asing. Berarti dibalik, Tuhan Yesus yang mereka anggap suara asing. Itulah yang akan muncul di akhir zaman. Yang benar dikatakan tidak benar dan itu ditolak, yang tidak benar malah itu yang dirangkul. Satu saat orang yang seperti ini akan menjadi penghujat Tuhan Yesus!
Yesaya 5:20
5:20 Celakalah mereka yang menyebutkan kejahatan itu baik dan kebaikan itu jahat, yang mengubah kegelapan menjadi terang dan terang menjadi kegelapan, yang mengubah pahit menjadi manis, dan manis menjadi pahit.

Yohanes 10:4
10:4 Jika semua dombanya telah dibawanya ke luar, ia berjalan di depan mereka dan domba-domba itu mengikuti dia, karena mereka mengenal suaranya.

Mengenal suara berarti mengenal pengajaranNya. Mereka tidak mau tahu dengan suara asing. Suara asing mereka tolak.
Yohanes 10:5,16
10:5 Tetapi seorang asing pasti tidak mereka ikuti, malah mereka lari dari padanya, karena suara orang-orang asing tidak mereka kenal."
10:16 Ada lagi pada-Ku domba-domba lain, yang bukan dari kandang ini; domba-domba itu harus Kutuntun juga dan mereka akan mendengarkan suara-Ku dan mereka akan menjadi satu kawanan dengan satu gembala.

Akan terjadi penggabungan dalam satu suara berarti satu Firman pengajaran. Kalau penggabungan dalam sistem Oikumene itu bukan Firman. Oiku itu bumi dan mene itu manusia. Jadi Oikumene itu manusia dan bumi, tidak ada nilai rohaninya. Kalau orang mengagung-agungkan Oikumene hati-hati ajarannya nanti sudah campur. Akhirnya mereka akan mengambil jalan tengah dan tidak berani berbicara tentang baptisan selam yang benar sebab nanti menganut baptisan percik yang salah itu pasti tersinggung.

Yohanes 10:19-20
10:19 Maka timbullah pula pertentangan di antara orang-orang Yahudi karena perkataan itu. Banyak di antara mereka berkata:
10:20 "Ia kerasukan setan dan gila; mengapa kamu mendengarkan Dia?"

Berarti sekarang ajaran Tuhan Yesus dibalik oleh mereka, Dialah suara asing yang tidak boleh didengar. Padahal Tuhan Yesuslah Gembala yang benar.

Yohanes 10:21
10:21 Yang lain berkata: "Itu bukan perkataan orang yang kerasukan setan; dapatkah setan memelekkan mata orang-orang buta?"

Orang yang dicelikkan matanya itu adalah orang yang dibawa dari gelap kepada terang. Setan tidak bisa memindahkan orang dari gelap kepada terang. Kebalikannya yaitu membawa orang dari terang kepada gelap itu yang setan lakukan.

Maleakhi 1:11
1:11 Sebab dari terbitnya sampai kepada terbenamnya matahari nama-Ku besar di antara bangsa-bangsa, dan di setiap tempat dibakar dan dipersembahkan korban bagi nama-Ku dan juga korban sajian yang tahir; sebab nama-Ku besar di antara bangsa-bangsa, firman TUHAN semesta alam.

Sekalipun Dia tahu bahwa banyak yang menolak tetapi Tuhan Yesus mengatakan namaKu besar di antara bangsa-bangsa. Saudara dan saya akui nama Yesus sudah termeterai dalam diri saudara maka perhatikan apa yang Tuhan katakan “di setiap tempat dibakar dan dipersembahkan korban”. Dengan kata lain jangan sampai kita menjadi umat Tuhan yang Tuhan rindukan namaNya termeterai di dalam kita tetapi kita tidak bisa mempersembahkan korban bakaran kepadaNya, tidak bisa mempersembahkan hidup kita secara utuh kepadaNya.
Roma 12:1-2
12:1 Karena itu, saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadahmu yang sejati.
12:2 Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.

Jangan sampai tidak merasa apa-apa kepada Tuhan padahal Tuhan mengatakan “namaKu ditakuti”.
Maleakhi 1:14
1:14 Terkutuklah penipu, yang mempunyai seekor binatang jantan di antara kawanan ternaknya, yang dinazarkannya, tetapi ia mempersembahkan binatang yang cacat kepada Tuhan. Sebab Aku ini Raja yang besar, firman TUHAN semesta alam, dan nama-Ku ditakuti di antara bangsa-bangsa.

Apakah roh takut pada Tuhan dalam diri kita lahir pada hati saudara? Saya rindu saya masuk dalam pilihan. Sebagai gembala saya rindu sidang jemaat masuk dalam pilihan Tuhan. Biarlah Tuhan berikan roh takut akan Tuhan pada diri kita. Dalam kita bekerja selalu ada rasa takut akan Tuhan sehingga itu menjadi rem bagi kita untuk tidak melakukan yang salah.

Yohanes 17:6
17:6 Aku telah menyatakan nama-Mu kepada semua orang, yang Engkau berikan kepada-Ku dari dunia. Mereka itu milik-Mu dan Engkau telah memberikan mereka kepada-Ku dan mereka telah menuruti firman-Mu.

Pasal 18 Tuhan Yesus mau disalib, pasal 19 Tuhan Yesus ada pada penyaliban, pasal 20 kemuliaan, pasal 21 Dia melantik gembala untuk menggembalakan domba-domba yang sudah Dia tebus dengan darahNya. Jadi domba-domba tidak Dia terlantarkan. Dia pergi ke Sorga tetapi Dia mewakilkan kepada gembala dan itu dilantik oleh Roh Kudus. Kalau ada orang yang mengatakan saya dipimpin oleh Roh Kudus tetapi tidak menghargai penggembalaan dan tidak memberi diri digembalakan maka bukan Roh Kudus dalam dirinya. Sebab Roh Kudus melantik gembala untuk menggembalaakan umat yang telah dibeli oleh Tuhan dengan darahNya. Saya sebagai gembala harus berhati-hati karena jemaat yang di hadapai dibeli oleh Tuhan dengan darahNya.

Miliknya Tuhan adalah orang yang komitmen rindu melakukan Firman. Walaupun belum seluruhnya tetapi kita mau melangkah dan ada kerinduan hati mau melakukan Firman. Kepada orang-orang itu perlindungan Tuhan dijamin bagi mereka.

Yohanes 17:11-12
17:11 Dan Aku tidak ada lagi di dalam dunia, tetapi mereka masih ada di dalam dunia, dan Aku datang kepada-Mu. Ya Bapa yang kudus, peliharalah mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu sama seperti Kita.
17:12 Selama Aku bersama mereka, Aku memelihara mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku; Aku telah menjaga mereka dan tidak ada seorang pun dari mereka yang binasa selain dari pada dia yang telah ditentukan untuk binasa, supaya genaplah yang tertulis dalam Kitab Suci.

Yang ditentukan binasa di sini adalah Yudas Iskariot. Kalau kita miliknya Tuhan jangan kita tiru perilaku Yudas yang suka mencuri.



Saya bertanggung jawab kepada Tuhan. Saya berdosa di hadapan Tuhan kalau saya makan ayapan Tuhan tetapi tidak mengarahkan sidang jemaat kepada Tuhan. Hamba Tuhan bukan main-main, tugas seorang gembala berat. Itu sebabnya gembala diangkat oleh Tuhan setelah Dia bangkit dari kubur. Berarti gembala harus punya pengalaman mati dan bangkit untuk dipermuliakan.

Tuhan Memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar