20151014

Kebaktian PA Yehezkiel, Rabu 14 Oktober 2015 Pdt. Bernard Legontu


Salam sejahtera di dalam kasih Tuhan Yesus Kristus.

Saya berbahagia karena bisa melayani Pribadi Tuhan dan melayani pekerjaanNya. Saat ini oleh kemurahan Tuhan saya bisa berdiri di belakang mimbar untuk melayani pekerjaanNya. Dalam doa penyembahan kita melayani PribadiNya.

Yehezkiel 48:33
48:33 Di sisi sebelah selatan, yang ukurannya empat ribu lima ratus hasta, terdapat tiga pintu gerbang juga, yaitu pintu gerbang Simeon, pintu gerbang Isakhar dan pintu gerbang Zebulon.

Pintu dan tembok tidak dapat terpisah. Tembok tanpa pintu berarti kita tidak bisa masuk ke dalam. Pintu tanpa tembok adalah sesuatu yang aneh.

Kota itu memiliki 4 sisi. Setiap sisi memiliki ukuran 4500 hasta. Pada setiap sisi ada tiga pintu, maka setiap pintu memiliki wilayah 1500 hasta. Kenapa Tuhan memakai ukuran hasta orang dewasa baik pada Bahtera Nuh, pada Tabernakel dan pada kota kudus ini? Arti ukuran hasta adalah kepastian keselamatan. Sebab orang masuk di dalam bahtera Nuh jelas selamat. Orang yang menapaki rohaninya seperti apa yang diatur oleh Tabernakel pasti selamat. Kepastian keselamatan itu jangan hanya di atas kertas tetapi kita harus menjalaninya, agar kepastian keselamatan itu tidak menjadi ucapan belaka.

Angka 1500 adalah angka Taurat.
Galatia 3:24 (Terjemahan Lama)
3:24 Dengan hal yang demikian syariat Taurat itu sudah menjadi suatu pelatih yang membawa kita kepada Kristus, supaya kita dibenarkan oleh sebab iman.

Taurat itu adalah pelatih yang melatih kita untuk kita dibawa pada Yesus Kristus. Namun buka lagi Taurat dalam pengertian ibadah yang dilakukan dalam hurufiah. Kalau seperti itu kita harus membawa lagi lembu, kambing, domba, burung tekukur, burung merpati, tepung yang halus dan sebagainya untuk kita menjalankan kebaktian.

Taurat berasal dari kata Torah artinya pengajaran. Hora artinya ajaran.

Jadi angka 1500 berarti kita dilatih. Dilatih karena ada hubunganya dengan kota kudus ini. Kota kudus ini adalah milik Raja Besar.
Matius 5:35
5:35 maupun demi bumi, karena bumi adalah tumpuan kaki-Nya, ataupun demi Yerusalem, karena Yerusalem adalah kota Raja Besar;

Mazmur 48:3; 145:13
48:3 Gunung-Nya yang kudus, yang menjulang permai, adalah kegirangan bagi seluruh bumi; gunung Sion itu, jauh di sebelah utara, kota Raja Besar.
145:13 Kerajaan-Mu ialah kerajaan segala abad, dan pemerintahan-Mu tetap melalui segala keturunan. TUHAN setia dalam segala perkataan-Nya dan penuh kasih setia dalam segala perbuatan-Nya.

Raja itu memiliki kerajaan segala abad. Sebagai seorang Raja, Dia tidak ingin rakyat dalam kerajaanNya tidak memiliki pelatihan. Harus dilatih supaya rakyatnya itu kuat. Maksudnya bukan supaya kita membela kerajaanNya tetapi supaya umatNya ini memiliki ketahanan rohani untuk menghadapi musuh-musuhnya sendiri yaitu dunia, daging dan iblis. Makanya kita perlu latihan.

Latihan itu saat kita menggelar ibadah. Makin banyak kita menghadiri ibadah makin terasa pekerjaan pelatihan pada diri kita. Tetapi kalau kurang, jangan kaget kehidupan itu tidak akan mampu menghadapi serbuan kuasa kegelapan sehingga anak Tuhan itu tumbang. Kelihatan ada tempat-tempat yang seperti aman tetapi malah tumbang di situ. Contohnya tumbang di kedai, tumbang di restoran, tumbang di hotel, tumbang di penginapan, tumbang di wisma oleh karena ketika ada godaan dia tidak dapat menghadapinya sebab tidak ada pelatihan.

Itu sebabnya perlu pelatihan karena Raja itu yang minta, Pemilik kota itu yang minta sehingga Dia memberikan perarturan:
I Timotius 4:7-8
4:7 Tetapi jauhilah takhayul dan dongeng nenek-nenek tua. Latihlah dirimu beribadah.
4:8 Latihan badani terbatas gunanya, tetapi ibadah itu berguna dalam segala hal, karena mengandung janji, baik untuk hidup ini maupun untuk hidup yang akan datang.

Setelah kita melihat kota ini, dasar dari tembok kota itu ada 12 permata yang ditulis nama rasul Anak Domba Allah. Kalau berbicara rasul itu tidak bisa lepas dengan Firman pengajaran. Ditulis di atas permata, ini membuktikan bahwa pengajaran itu mahal. Permata itu adalah batu yang mulia. Di situ nama rasul-rasul itu ditulis. Ini adalah dasar dari tembok-tembok itu di mana pintu itu ada. Ini menunjukkan bahwa pengajaran itu mahal. Di mana kita bisa memperoleh pengajaran? Di dalam kebaktian. Dalam kebaktian kita dilatih oleh pengajaran dan itu terlampau mahal. Lewat pelayanan gembala yang mahir dalam pengajaran.
1 Timotius 3:2
3:2 Karena itu penilik jemaat haruslah seorang yang tak bercacat, suami dari satu isteri, dapat menahan diri, bijaksana, sopan, suka memberi tumpangan, cakap mengajar orang,

Banyak orang sadar atau tidak sadar merendahkan Firman pengajaran tetapi mau masuk dalam kota kudus. Bagaimana mungkin ada di sana kalau menista atau menghina firman pengajaran yang mahal itu. Jangan kita anggap kecil Firman pengajaran.

Wahyu 21:12
21:12 Dan temboknya besar lagi tinggi dan pintu gerbangnya dua belas buah; dan di atas pintu-pintu gerbang itu ada dua belas malaikat dan di atasnya tertulis nama kedua belas suku Israel.

Besar itu berarti kena mengena horizontal dan tinggi itu kena mengena vertikal. Berarti tembok yang ada pintu itu sudah bernuansa salib. Bagaimana bisa masuk di sana kalau melecehkan salib. Dasar dari tembok itu adalah permata dan pada permata itu ditulis nama rasul-rasul. Kenapa ditulis nama rasul itu?

Kisah Para Rasul 2:42
2:42 Mereka bertekun dalam pengajaran rasul-rasul dan dalam persekutuan. Dan mereka selalu berkumpul untuk memecahkan roti dan berdoa.

Sebab rasul kaitannya dengan pengajaran. Firman pengajaran itu mahal karena ada oleh sebab Korban Kristus. Karena itu jangan melecehkan Firman pengajaran. Walaupun menyanyi “oh Yerusalem, kota mulia, hatiku rindu ke sana” tetapi orang yang melecehkan Firman pengajaran itu berbohong sebab dia tidak rindu ke Yerusalem Baru.

Di atas pintu gerbang itu ada malaikat. Ini membuktikan anak Tuhan yang ada di dalam adalah anak Tuhan yang menghargai pelayanan gembala. Dia menjunjung karena gembala dipakai oleh Tuhan menjadi pelatih untuk memberikan pelatihan di dalam ibadah. Gembala yang digambarkan bagaikan malaikat itu ada di atas pintu gerbang berarti dia dijunjung. Yang masuk di sana adalah anak Tuhan yang menghargai hamba Tuhan yang melayani dia. Bukannya malah memandang enteng hamba Tuhan yang serius dalam pelayanan.
I Tesalonika 5:12-13
5:12 Kami minta kepadamu, saudara-saudara, supaya kamu menghormati mereka yang bekerja keras di antara kamu, yang memimpin kamu dalam Tuhan dan yang menegor kamu;
5:13 dan supaya kamu sungguh-sungguh menjunjung mereka dalam kasih karena pekerjaan mereka. Hiduplah selalu dalam damai seorang dengan yang lain.

Hamba Tuhan dijunjung bukan karena pribadinya tetapi karena pekerjaan Tuhan yang dipercayakan kepadanya.

I Timotius 5:17
5:17 Penatua-penatua yang baik pimpinannya patut dihormati dua kali lipat, terutama mereka yang dengan jerih payah berkhotbah dan mengajar.

Hargailah pelayanan hamba Tuhan itu. Bukannya malah dilecehkan. Banyak kali di tempat lain gembala itu dientengkan oleh jemaat.
Kita perhatikan kemana kita berjalan. Kita harus memperhatikan di mana kita menapaki perjalanan kita, apakah kita menapaki hal-hal yang benar atau tidak. Bila tidak benar cepat berpaling, cepat perbaiki dan berdamai dengan Tuhan agar benar kita berada di kota Raja besar yaitu Yerusalem Baru.

Wahyu 21:12-14
21:12 Dan temboknya besar lagi tinggi dan pintu gerbangnya dua belas buah; dan di atas pintu-pintu gerbang itu ada dua belas malaikat dan di atasnya tertulis nama kedua belas suku Israel.
21:13 Di sebelah timur terdapat tiga pintu gerbang dan di sebelah utara tiga pintu gerbang dan di sebelah selatan tiga pintu gerbang dan di sebelah barat tiga pintu gerbang.
21:14 Dan tembok kota itu mempunyai dua belas batu dasar dan di atasnya tertulis kedua belas nama kedua belas rasul Anak Domba itu.

Dasar gereja Tuhan mahal, itulah pengajaran. Pengajaran itu adalah alat yang dipakai oleh hamba Tuhan untuk melatih sidang jemaat. Taurat adalah pelatih untuk membawa kita pada Yesus Kristus.
Galatia 3:24 (Terjemahan Lama)
3:24 Dengan hal yang demikian syariat Taurat itu sudah menjadi suatu pelatih yang membawa kita kepada Kristus, supaya kita dibenarkan oleh sebab iman.

Tembok itu ada 12 pintu, di timur tiga, selatan tiga, barat tiga dan utara tiga. Dalam pengertian rohani apa yang disebut tembok bagi diriku dan bagi saudara? Kalau kita sudah bicara tembok, apakah anak Tuhan itu sedang membangun tembok atau tidak? Kalau kita tidak membangun tembok sebagaimana Yerusalem ada tembok, berarti kita belum ada hubungannya dengan Yerusalem Baru, masih telanjang kita. Makanya kita perlu membangun tembok dan ini dicari oleh Tuhan. Yerusalem memang ada temboknya dan kita membutuhkan tembok. Itu harus kita bangun dan Tuhan mencari itu.

Yehezkiel 22:30
22:30 Aku mencari di tengah-tengah mereka seorang yang hendak mendirikan tembok atau yang mempertahankan negeri itu di hadapan-Ku, supaya jangan Kumusnahkan, tetapi Aku tidak menemuinya.

Tuhan mencari anak Tuhan yang membangun tembok adalah anak Tuhan yang suka berdoa. Kalau tidak bukan musuh sana yang akan memusnahkan tetapi justru Tuhan sendiri yang akan memusnahkan. Negeri yang mau dipertahankan itu siapa? Itu diri kita sendiri.

Anak Tuhan dan hamba Tuhan harus menjadi bagian hidupnya suka berdoa utamanya dalam doa syafaat. Jangan berdoa karena sudah kena cobaan justru supaya jangan kena:
Matius 26:41
26:41 Berjaga-jagalah dan berdoalah, supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan: roh memang penurut, tetapi daging lemah."

Bukan nanti berdoa dari belakang mimbar baru disebut pendoa. Itu adalah bagian dari ibadah tetapi apakah kita sudah menjadi pendoa-pendoa di rumah kita? Suami mendoakan isteri, isteri mendoakan suami, orang tua mendoakan anak, anak mendoakan orang tua, gembala mendoakan jemaat, jemaat mendoakan gembala, mendoakan tetangga dan mendoakan kakak beradik itu sama dengan kita membangun tembok.

Jangankan berdoa syafaat, menghadapi pisang goreng, ubi rebus, orang itu sudah langsung makan tanpa berdoa. Itu saja sudah salah, apalagi mau mendoakan orang lain. Mana tembok yang dibangun kalau seperti itu? Itu sebabnya banyak anak Tuhan tidak mampu bertahan karena dia sendiri tidak menjadi pendoa.

Berdoa ini intinya, dia menyadari tidak mampu dan dia lemah tetapi ada andalannya itulah Tuhan sehingga dia berdoa. Olehnya itu kita umat Tuhan harus tahu berdoa. Jangan tidur hanya seperti anjing yang langsung tidur dan tidak berdoa. Kalau kita melihat tembok Yerusalem, melihat tembok kota besar itu langsung kita diingatkan “engkau harus jadi pendoa”.

Apakah ini bukan namanya pelatihan? Dalam mendengar Firman ini kita sedang dilatih oleh Tuhan.
I Timotius 4:7
4:7 Tetapi jauhilah takhayul dan dongeng nenek-nenek tua. Latihlah dirimu beribadah.

Disuruh jauhi tetapi kenyataannya bukan dijauhi tetapi malah dicari.
II Timotius 4:3-4
4:3 Karena akan datang waktunya, orang tidak dapat lagi menerima ajaran sehat, tetapi mereka akan mengumpulkan guru-guru menurut kehendaknya untuk memuaskan keinginan telinganya.
4:4 Mereka akan memalingkan telinganya dari kebenaran dan membukanya bagi dongeng.

Orang yang dilatih pasti menjauhi. Ibadah adalah tempat kita dilatih. Alatnya adalah Firman pengajaran. Latihan ibadah itu gunanya double, untuk hidup sekarang maupun yang akan datang.
I Timotius 4:8
4:8 Latihan badani terbatas gunanya, tetapi ibadah itu berguna dalam segala hal, karena mengandung janji, baik untuk hidup ini maupun untuk hidup yang akan datang.

Pada pintu sebelah selatan ada nama Simeon, Isakhar dan Zebulaon. Simeon, Isakhar dan Zebulon, semuanya anak Lea. Isakhar artinya upah. Orang yang dilatih dalam ibadah mendapat double porsi, mendapat upah. Zebulon artinya hadiah, orang yang dilatih dalam ibadah mendapat double porsi, mendapat hadiah. Kalau ini yang kita rindukan dan dambakan maka kita tidak senin kamis beribadah, akan serius beribadah sebab tujuan kita ke sana yaitu untuk mendapatkan upah, mendapatkan hadiah, mendapatkan pahala yang double.

Pintu selatan dan utara saling berhubungan. Orang yang masuk pintu utara harus keluar dari pintu selatan. Orang yang masuk dari pintu selatan harus keluar dari pintu utara. Artinya orang yang ada doa penyembahan ada keubahan hidup. Sebab bersentuhan langsung di utara, meja roti sajian (ibadah pendalaman Alkitab dan perjamuan kudus) di selatan bersentuhan langsung dengan Roh Elkudus.

Kenapa nama dari anak-anak Yakub ditulis menjadi nama pintu-pintu Yerusalem Baru? Karena keselamatan datang dari orang Yahudi. Kita tidak bisa masuk dalam keselamatan tanpa melalui Allahnya orang Yahudi.
Yohanes 4:22
4:22 Kamu menyembah apa yang tidak kamu kenal, kami menyembah apa yang kami kenal, sebab keselamatan datang dari bangsa Yahudi.

Firman Tuhan dipercayakan kepada orang Yahudi.
Mazmur 147:19-20
147:19 Ia memberitakan firman-Nya kepada Yakub, ketetapan-ketetapan-Nya dan hukum-hukum-Nya kepada Israel.
147:20 Ia tidak berbuat demikian kepada segala bangsa, dan hukum-hukum-Nya tidak mereka kenal. Haleluya!

Roma 3:1-2
3:1 Jika demikian, apakah kelebihan orang Yahudi dan apakah gunanya sunat?
3:2 Banyak sekali, dan di dalam segala hal. Pertama-tama: sebab kepada merekalah dipercayakan firman Allah.

Kepada Orang Israel dipercayakan Firman. Pintu itu dipakai nama anak-anak Israel karena mereka pemilik Firman dan dipakai Tuhan menjadi jalur keselamatan. Keselamatan datang dari orang Yahudi. Berarti kalau kita lihat di sini, kalau mau masuk pintu jangan kita rendahkan Firman. Mau masuk pintu jangan rendahkan Tuhan Yesus Juruselamat yang adalah Firman itu.

Hamba Tuhan itu tidak boleh lepas dari Firman pengajaran karena dia ada di atas pintu bagaikan malaikat. Kalau mengaku hamba Tuhan kemudian lepas dari Firman pengajaran berarti dia adalah hamba yang diangkat oleh manusia. Kalau dia gembala yang diangkat oleh Tuhan maka dia tidak akan lepas dari Firman pengajaran. Dia akan mengakui Firman itu dipercayakan kepada orang Israel, dia hanya mendapat kemurahan Tuhan dan menerima jadi dari bangsa Israel. Dia tidak boleh lepas dari pribadi Tuhan Yesus.

Puji Tuhan setelah saya 100% terlibat dalam Kabar Mempelai, begitu rupa saya mengupayakan memperoleh pembukaan rahasia Firman yang Tuhan percayakan kepada hamba Tuhan yang dipakai oleh Tuhan. Kenapa saya begitu? Karena saya tidak mau menjadi hamba Tuhan yang kosong, itu sebabnya saya berupaya menghadiri persekutuan yang mana hamba Tuhan yang menyampaikan Firman itu adalah hamba Tuhan yang dipakai Tuhan dalam pembukaan rahasia FirmanNya. Saya ingin menangkap Firman, saya tidak mau menyia-nyiakan sebab saya rindu dipakai oleh Tuhan dan dipercayai oleh Tuhan.

Karena keselamatan dan Firman Tuhan ini datang dari orang Yahudi maka saya sebagai hamba Tuhan harus melekat pada Fiman ini dan pada keselamatan ini. Saya harus berfellowship saya tidak mau lepas dari hal ini.
I Korintus 4:1-2
4:1 Demikianlah hendaknya orang memandang kami: sebagai hamba-hamba Kristus, yang kepadanya dipercayakan rahasia Allah.
4:2 Yang akhirnya dituntut dari pelayan-pelayan yang demikian ialah, bahwa mereka ternyata dapat dipercayai.

Rasul Paulus mengatakan, kami dipercayakan Tuhan rahasia Firman. Saya harus mencari orang seperti ini. Mustahil kalau tidak ada hamba Tuhan seperti ini, apalagi di akhir zaman ini pasti ada.
I Tesalonika 2:4
2:4 Sebaliknya, karena Allah telah menganggap kami layak untuk mempercayakan Injil kepada kami, karena itulah kami berbicara, bukan untuk menyukakan manusia, melainkan untuk menyukakan Allah yang menguji hati kita.

1.      Pintu Simeon.
Artinya mendengarkan atau didengar. Di depan pintu Simeon ini terbentang wilayah 1500 hasta, itu menunjuk pelatihan. Berarti kita harus memperhatikan apa yang kita dengar dan bagaimana cara kita mendengar supaya pelatihan kita mantap. Kalau dikatakan “balik kanan grak” maka kita berbalik kanan karena kita mendengar, itu secara hurufiah.

Lukas 8:18
8:18 Karena itu, perhatikanlah cara kamu mendengar. Karena siapa yang mempunyai, kepadanya akan diberi, tetapi siapa yang tidak mempunyai, dari padanya akan diambil, juga apa yang ia anggap ada padanya."

Kita dilatih oleh Tuhan kena mengena dengan bagaimana cara kita mendengar (telinga kita dilatih). Bagaimana pengajaran bisa merasuk dalam kehidupan seseorang kalau telinganya untuk mendengar saja tidak jelas.

Ini adalah perkataan rasul Paulus, rasul untuk kita bangsa kafir. Tuhan angkat seorang rasul spesial untuk kita bangasa kafir.
II Timotius 2:7
2:7 Perhatikanlah apa yang kukatakan; Tuhan akan memberi kepadamu pengertian dalam segala sesuatu.

Makanya dalam pelatihan itu perhatikan apa yang dikomandokan, yang diajarkan, yang disajikan, yang dipaparkan, yang diutarakan. Kalau kita memperhatikan, nanti dari pihak Tuhan akan memberikan pengertian karena kita tidak ada kemampuan. Jangan berpikir karena sudah sekolah tinggi maka akan mengerti Firman. Kalau benar seperti itu maka tidak perlu Roh Kudus datang. Kalau Tuhan Yesus datang ke dunia ini hanya untuk menyembuhkan orang sakit, memberi makan orang yang lapar, memberi pakaian orang yang telanjang dan sebagainya, tidak perlu Tuhan Yesus datang di dunia. Tuhan Yesus datang ke dunia untuk mengerjakan karya yang tidak bisa dilakukan oleh orang lain yaitu masuk dalam penyaliban untuk menebus kita.

Pintu sebelah selatan ini ada kaitannya dengan pintu sebelah utara yang ada kaitannya dengan doa penyembahan. Pintu sebelah utara nuansanya doa penyembahan. Bagaimana doa penyembahan ini bisa terangkat kalau tidak menaruh perhatian pada apa yang kita dengar. Roh Kudus akan memberikan pengertian kepada kita, olehnya itu taruh perhatian pada apa yang kita dengar.

2.      Pintu Isakhar
Isakhar artinya upah/pahala dan arti kedua adalah selamat.

Suku Isakhar ini memiliki pandangan nubuatan yang sangat tajam. Oleh sebab tajamnya pandangan nubuatan dari suku Isakhar ini maka mereka selalu selamat.
I Tawarikh 12:32
12:32 Dari bani Isakhar orang-orang yang mempunyai pengertian tentang saat-saat yang baik, sehingga mereka mengetahui apa yang harus diperbuat orang Israel: dua ratus orang kepala dengan segala saudara sesukunya yang di bawah perintah mereka.

Ini bukan ahli nujum. Pengertian rohaninya mereka memiliki pandangan nubuatan sehingga tahu apa yang akan terjadi. Ketajaman mata rohani dari suku Isakhar memiliki pandangan rohani yang sangat jauh. Sebelum terjadi sesuatu dia sudah tahu. Pagi ini yang terjadi, siang ini yang terjadi, sore ini yang terjadi dan malam ini yang terjadi. Mereka sudah bisa membaca sehingga mereka sudah selalu siap dan mereka tidak mudah dikalahkan.

Pandangan seperti ini harus ada pada kita dan ini dilatih pada kita di dalam ibadah lewat hamba Tuhan. Hamba Tuhan yang mempunyai pergaulan yang indah dengan Tuhan tidak sama pandangannya dengan orang lain, pandangan rohaninya lebih jauh.

Ini pandangan Isakhar dan ini bukan ditujukan pada satu orang namun Tuhan ingin kita miliki. Sehingga ketika saudara mempunyai rancangan besok mau mengerjakan ini namun setelah masuk dalam pergumulan doa itu bisa saudara tangguhkan kalau melihat ada apa-apa yang akan terjadi.

Bani Isakhar ini punya pengertian terhadap saat-saat yang baik sehingga dia sudah punya kesiapan apa yang akan dilakukan. Dia mengerti saat-saat yang tidak baik sehingga dia berupaya untuk menghindar. Kita sudah diberikan Tuhan secara transparan lewat Firman Allah bahwa saat yang paling celaka ada di depan kita yaitu aniaya antikristus, tentu kita tidak akan menerobos saja. Kita sudah harus punya persiapan untuk tidak kena aniaya antikristus.

Pintu ini mengingatkan bahwa apa yang baik dan apa yang tidak baik ada di depan kita. Jangan seperti orang Israel secara umum yang mengatakan “Allah tidak akan melakukan yang baik dan tidak berbuat jahat”.
Zefanya 1:12
1:12 Pada waktu itu Aku akan menggeledah Yerusalem dengan memakai obor dan akan menghukum orang-orang yang telah mengental seperti anggur di atas endapannya dan yang berkata dalam hatinya: TUHAN tidak berbuat baik dan tidak berbuat jahat!

Tuhan tidak berbuat baik berarti bagi mereka tidak benar Tuhan akan membuat gereja Tuhan sempurna. Tuhan tidak berbuat jahat artinya bagi mereka Tuhan tidak akan memberikan hukuman juga aniaya antikristus.

Kita harus mengerti apa yang baik dan kita upayakan ke situ. Kita harus mengerti yang tidak baik dan kita hindari itu. Kita memahami ini lewat pergaulan kita dengan Tuhan lewat doa penyembahan dan lewat Firman bisa kita raba sebab Tuhan sudah memberi tahu.
Amos 3:7
3:7 Sungguh, Tuhan ALLAH tidak berbuat sesuatu tanpa menyatakan keputusan-Nya kepada hamba-hamba-Nya, para nabi.

Jadi Tuhan memberi tahu dahulu. Utamanya yang lebih besar adalah sudah dekat aniaya 3,5 tahun antikristus.

Ini semua peringatan bagi kita bahwa waktu sudah mau berakhir. Ayo seperti Simeon, perhatikan apa yang saudara dengar. Ayo seperti Isakhar, buka mata rohani saudara lihat apa yang sedang terjadi dan apa yang akan terjadi ke depan. Olehnya itu lebih dekatlah dengan Tuhan lewat hamba Tuhan yang Tuhan percayakan menggembalakan dan melatih kita. Kalau ada pandangan nubuatan yang jelas otomatis kita selamat.

Jadilah umat Tuhan yang lebih merindukan kedatangan Tuhan Yesus. Siapkanlah dirimu sehingga ketika Tuhan berkata “Aku datang segera” dengan berani kita menjawab “Ya, datanglah segera”.
Wahyu 22:20
22:20 Ia yang memberi kesaksian tentang semuanya ini, berfirman: "Ya, Aku datang segera!" Amin, datanglah, Tuhan Yesus!

Perkembangan dunia yang harus kita lihat bukan sinetron, lalu perkembangan dunia kita kaitkan dengan Firman supaya kita siap seperti Isakhar, tahu hari yang baik dan hari yang jahat.

II Petrus 1:19
1:19 Dengan demikian kami makin diteguhkan oleh firman yang telah disampaikan oleh para nabi. Alangkah baiknya kalau kamu memperhatikannya sama seperti memperhatikan pelita yang bercahaya di tempat yang gelap sampai fajar menyingsing dan bintang timur terbit bersinar di dalam hatimu.

Tuhan perhadapkan pintu Isakhar supaya kita juga memiliki suasana seperti itu. Tidak ada perkara yang mustahil, ini bisa saudara miliki karena Tuhan yang berfirman. Kita memperhatikan Firman nubuatan maka Tuhan memberikan pengertian.

3.      Pintu Zebulon
Artinya hadiah. Arti nama yang kedua mendiami.
Efesus 3:16-17
3:16 Aku berdoa supaya Ia, menurut kekayaan kemuliaan-Nya, menguatkan dan meneguhkan kamu oleh Roh-Nya di dalam batinmu,
3:17 sehingga oleh imanmu Kristus diam di dalam hatimu dan kamu berakar serta berdasar di dalam kasih.

Itu sebenarnya hadiah. Kita tidak mendapatkan hadiah dalam bentuk laptop, roti tawar, atau ikan kerapu. Kalau Yesus diam dalam diri kita itu adalah hadiah yang luar biasa. Tetapi bagaimana Tuhan Yesus mau diam di dalam diri kita kalau tidak mendengar seperti Simeon yang menaruh perhatian pada apa yang didengar dan tidak seperti Isakhar yang memiliki pandangan rohani yang sangat jauh dan tajam. Kalau mendapat hadiah dan mendiami maka otomatis arti nama Zebulon yang ke 3 yaitu Allah beserta kita (Imanuel), menjadi bagian kita.

Simeon ini mendengar.
I Samuel 15:22
15:22 Tetapi jawab Samuel: "Apakah TUHAN itu berkenan kepada korban bakaran dan korban sembelihan sama seperti kepada mendengarkan suara TUHAN? Sesungguhnya, mendengarkan lebih baik dari pada korban sembelihan, memperhatikan lebih baik dari pada lemak domba-domba jantan.

Isakhar adalah upah, upah yang sangat berharga kalau kita memiliki pandangan nubuatan yang jelas, apalagi kalau kita selamat.

Zebulon artinya hadiah, mendiami, Allah beserta kita. Kalau Allah beserta kita itu adalah hadiah yang Tuhan berikan kepada umatNya, Dia diam bersama dengan kita, Dia berjalan bersama dengan kita.
Efesus 3:17
3:17 sehingga oleh imanmu Kristus diam di dalam hatimu dan kamu berakar serta berdasar di dalam kasih.

Salah satu malaikat yang mencurahkan bokor penghukuman mempertontonkan kota ini kepada Yohanes. Kenapa? Supaya Yohanes sebagai hamba Tuhan tahu mengkondisikan jemaat agar berada di kota ini. Begitu hebatnya kota ini sampai menjadi daya tarik yang luar biasa kepada pahlawan iman yaitu Abraham dan lain-lain. Walaupun dikatakan oleh Firman Allah ada kesempatan untuk mereka pulang tetapi mereka tidak mau sebab daya tarik kota ini.

Dari jauh mereka melambai-lambaikan tangan. Sudah berapa ribu tahun lampau mereka melambaikan tangan. Sekarang ini tinggal beberapa saat lagi Tuhan sudah mau datang, Yerusalem Baru sudah dekat. Kalau anak Tuhan dan pelayan Tuhan sekarang bukannya tertarik, bukannya seperti pahlawan iman yang ada kesempatan untuk pulang tetapi mereka tidak mau, malahan mereka mencari-cari kesempatan untuk pulang. Yerusalem ada hubungannya dengan pengajaran. Banyak yang mencari-cari kesempatan membuang pengajaran dan mencari yang lain! Terlalu bodoh orang seperti itu.

Ibrani 11:10,13-16
11:10 Sebab ia menanti-nantikan kota yang mempunyai dasar, yang direncanakan dan dibangun oleh Allah.
11:13 Dalam iman mereka semua ini telah mati sebagai orang-orang yang tidak memperoleh apa yang dijanjikan itu, tetapi yang hanya dari jauh melihatnya dan melambai-lambai kepadanya dan yang mengakui, bahwa mereka adalah orang asing dan pendatang di bumi ini.
11:14 Sebab mereka yang berkata demikian menyatakan, bahwa mereka dengan rindu mencari suatu tanah air.
11:15 Dan kalau sekiranya dalam hal itu mereka ingat akan tanah asal, yang telah mereka tinggalkan, maka mereka cukup mempunyai kesempatan untuk pulang ke situ.
11:16 Tetapi sekarang mereka merindukan tanah air yang lebih baik yaitu satu tanah air sorgawi. Sebab itu Allah tidak malu disebut Allah mereka, karena Ia telah mempersiapkan sebuah kota bagi mereka.

Kerinduan hati mereka pada kota yang sedang kita bicarakan ini, kota Raja Besar, kota Raja segala abad. Tanpa mereka mencari ada kesempatan untuk mereka pulang tetapi mereka tidak mau. Kalau sekarang ini banyak orang mencari-cari kesempatan untuk meninggalkan pengajaran. Bagaimana mau masuk di kota itu kalau tanpa pengajaran yang benar.

Kalau saja Tuhan mengatakan “Allah tidak mau disebut Allah mereka”. Kebalikannya orang yang meninggalkan kota itu (meninggalkan pengajaran),
Yesaya 2:3
2:3 dan banyak suku bangsa akan pergi serta berkata: "Mari, kita naik ke gunung TUHAN, ke rumah Allah Yakub, supaya Ia mengajar kita tentang jalan-jalan-Nya, dan supaya kita berjalan menempuhnya; sebab dari Sion akan keluar pengajaran dan firman TUHAN dari Yerusalem."
Allah malu kalau mereka menyebut Allah itu Allah mereka! Tuhan tidak akan mau mengakui mereka sebab mereka mempermalukan Tuhan. Katakan kepada Tuhan “Tuhan saya tidak mau membuat Engkau malu mengakui saya”. Makanya saya harus mengakui Yerusalem Baru dasarnya mahal, itulah pengajaran.

Tuhan memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar