20150621

Kebaktian Kaum Muda Remaja, Minggu 21 Juni 2015 Pdt. Handri Legontu

Salam sejahtera di dalam nama Tuhan Yesus Kristus.

Keluaran 6:1-12
6:1 Selanjutnya berfirmanlah Allah kepada Musa: "Akulah TUHAN.
6:2 Aku telah menampakkan diri kepada Abraham, Ishak dan Yakub sebagai Allah Yang Mahakuasa, tetapi dengan nama-Ku TUHAN Aku belum menyatakan diri.
6:3 Bukan saja Aku telah mengadakan perjanjian-Ku dengan mereka untuk memberikan kepada mereka tanah Kanaan, tempat mereka tinggal sebagai orang asing,
6:4 tetapi Aku sudah mendengar juga erang orang Israel yang telah diperbudak oleh orang Mesir, dan Aku ingat kepada perjanjian-Ku.
6:5 Sebab itu katakanlah kepada orang Israel: Akulah TUHAN, Aku akan membebaskan kamu dari kerja paksa orang Mesir, melepaskan kamu dari perbudakan mereka dan menebus kamu dengan tangan yang teracung dan dengan hukuman-hukuman yang berat.
6:6 Aku akan mengangkat kamu menjadi umat-Ku dan Aku akan menjadi Allahmu, supaya kamu mengetahui, bahwa Akulah, TUHAN, Allahmu, yang membebaskan kamu dari kerja paksa orang Mesir.
6:7 Dan Aku akan membawa kamu ke negeri yang dengan sumpah telah Kujanjikan memberikannya kepada Abraham, Ishak dan Yakub, dan Aku akan memberikannya kepadamu untuk menjadi milikmu; Akulah TUHAN."
6:8 Lalu Musa mengatakan demikian kepada orang Israel, tetapi mereka tidak mendengarkan Musa karena mereka putus asa dan karena perbudakan yang berat itu.
6:9 Kemudian TUHAN berfirman kepada Musa:
6:10 "Pergilah menghadap, katakanlah kepada Firaun, raja Mesir, bahwa ia harus membiarkan orang Israel pergi dari negerinya."
6:11 Tetapi Musa berkata di hadapan TUHAN: "Orang Israel sendiri tidak mendengarkan aku, bagaimanakah mungkin Firaun akan mendengarkan aku, aku seorang yang tidak petah lidahnya!"
6:12 Demikianlah TUHAN telah berfirman kepada Musa dan Harun, serta mengutus mereka kepada orang Israel dan kepada Firaun, raja Mesir, dengan membawa perintah supaya orang Israel dibawa keluar dari Mesir.

Pasal ini berbicara tentang kebenaran Allah, di dalam Tabernakel terkena dengan Halaman
Bukti bahwa Allah itu benar-benar ada yaitu:
  1. Ada pribadi-Nya Keluaran 6:1
Allah memperkenalkan diriNya sebagai Akulah Tuhan”, berarti hanya ada satu Tuhan yang harus kita sembah.

  1. Ada Nama-Nya → Keluaran 6:2
Tuhan yang kita sembah mempunyai nama yang jelas, tidak abstrak.
  • Allah Abraham = Allah Bapa = Tuhan
  • Allah Ishak = Anak Allah = Yesus
  • Allah Yakub = Allah Roh Kudus = Kristus
Satu-satunya Allah yang kita sembah yaitu Tuhan Yesus Kristus.

  1. Ada aktivitas-Nya → Keluaran 6:3-7
Allah yang kita sembah itu bukan seperti yang banyak orang sembah seperti patung-patung, pohon-pohon, benda mati yang tidak punya kegiatan tetapi Tuhan yang kita sembah ada aktivitas-Nya, ada kegiatan/ pekerjaan-Nya.

Di dalam Allah beraktivitas ada 3 kali disebutkan “Akulah TUHAN” (di luar ayat 1) Keluaran 6:5-7 Ini menunjuk 3 oknum di dalam pribadi Tuhan yaitu Allah Bapa yaitu Tuhan, Anak Allah yaitu Yesus dan Allah Roh Kudus yaitu Kristus. Jadi, Allah Tritunggal bekerja dengan sepenuhnya di dalam diri kita.

Kita juga terdiri dari 3 oknum yaitu tubuh, jiwa dan roh. Karena Allah Tritunggal beraktivitas/ bekerja sepenuhnya bagi kita maka kita juga harus bekerja melayani Tuhan dengan sepenuhnya dengan tubuh, jiwa dan roh kita. Tubuh untuk membawa jiwa dan roh untuk datang beribadah melayani Tuhan, jiwa melayani lewat mendengar Firman, roh melayani lewat menyembah Tuhan.

Keluaran 6:5-7
6:5 Sebab itu katakanlah kepada orang Israel: Akulah TUHAN, Aku akan membebaskan kamu dari kerja paksa orang Mesir, melepaskan kamu dari perbudakan mereka dan menebus kamu dengan tangan yang teracung dan dengan hukuman-hukuman yang berat. (TB)
6:5 Sebab itu katakanlah kepada bani Israel: Akulah Tuhan! maka Aku kelak membawa akan kamu keluar dari pada aniaya orang Mesir dan Aku akan melepaskan kamu kelak dari pada perhambaan mereka itu dan Aku akan menebus kamu dengan lengan yang terkedang dan dengan siksa yang besar. (TL)
6:6 Aku akan mengangkat kamu menjadi umat-Ku dan Aku akan menjadi Allahmu, supaya kamu mengetahui, bahwa Akulah, TUHAN, Allahmu, yang membebaskan kamu dari kerja paksa orang Mesir. (TB)
6:7 Dan Aku akan membawa kamu ke negeri yang dengan sumpah telah Kujanjikan memberikannya kepada Abraham, Ishak dan Yakub, dan Aku akan memberikannya kepadamu untuk menjadi milikmu; Akulah TUHAN."(TB)

Ada 7 kali disebutkan “Aku akan..” artinya aktivitas/ kegiatan Tuhan itu sempurna di dalam hidup kita. Ini pelajaran bagi kita jika melayani Tuhan diupayakan harus dengan sempurna, dengan yang terbaik untuk Tuhan, latihan musik dengan sungguh-sungguh, walaupun masih banyak kekurangan tetapi kita upayakan semua yang kita kerjakan harus dengan sempurna.

Kita pelajari 7 Aktivitas Tuhan yang sempurna:

  1. Keluaran 6:5a“Aku akan membebaskan kamu dari kerja paksa orang Mesir” Artinya Tuhan mau membebaskan kita dari pengaruh-pengaruh dunia.
Tuhan mau membebaskan kita dari 3 isi dunia yaitu :
1 Yohanes 2:15-17
2:15 Janganlah kamu mengasihi dunia dan apa yang ada di dalamnya. Jikalau orang mengasihi dunia, maka kasih akan Bapa tidak ada di dalam orang itu.
2:16 Sebab semua yang ada di dalam dunia, yaitu keinginan daging dan keinginan mata serta keangkuhan hidup, bukanlah berasal dari Bapa, melainkan dari dunia.
2:17 Dan dunia ini sedang lenyap dengan keinginannya, tetapi orang yang melakukan kehendak Allah tetap hidup selama-lamanya.

  • Keinginan mata
Kalau kita hanya ikut keinginan mata akan mengarah pada dosa makan minum (merokok, minuman keras).
Contohnya Hawa saat berada di taman Eden mereka mengikuti keinginan mata dengan makan buah yang dilarang oleh Tuhan.
Kejadian 3:6
3:6 Perempuan itu melihat, bahwa buah pohon itu baik untuk dimakan dan sedap kelihatannya, lagipula pohon itu menarik hati karena memberi pengertian. Lalu ia mengambil dari buahnya dan dimakannya dan diberikannya juga kepada suaminya yang bersama-sama dengan dia, dan suaminya pun memakannya.

  • Keinginan daging
Keinginan daging mengarahkan kita pada dosa kawin mengawinkan, dosa seks.
Kejadian 6:2
6:2 maka anak-anak Allah melihat, bahwa anak-anak perempuan manusia itu cantik-cantik, lalu mereka mengambil isteri dari antara perempuan-perempuan itu, siapa saja yang disukai mereka.

Tujuan pacaran itu untuk menikah jadi jika belum cukup umur jangan dulu ingat-ingat untuk pacaran. Hati-hati jangan suka gonta ganti pacar! Karena itu adalah bibit dari kawin cerai.

  • Keangkuhan hidup
Keangkuhan hidup mengarah pada dosa tidak taat dengar-dengaran.
Contohnya Hawa sombong dia mau menjadi sama seperti Tuhan, karena mendengar perkataan dari si ular sehingga melanggar perintah Tuhan.

Kalau sudah terikat dengan isi dunia ini maka akan sulit lagi untuk beribadah melayani Tuhan. Kalau kita tidak mengasihi Tuhan akibatnya kita akan binasa bersama dengan dunia ini.

Jika Tuhan begitu berupaya untuk melepaskan/ membebaskan kita dari pengaruh dunia ini, maka kita juga harus berupaya untuk bisa lepas/ bebas dari pengaruh dunia ini.

Bukti kita sudah bebas dari dunia yaitu bisa mengasihi Tuhan = melakukan kehendak Allah, kita bisa hidup kekal selama-lamanya bersama dengan Allah.

  1. Keluaran 6:5b “Aku akan melepaskan kamu dari perbudakan mereka”, artinya Tuhan mau melepaskan kita dari perhambaan/perbudakan dosa.
Yohanes 8:32,34-36
8:32 dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itulah akan memerdekakan kamu."
8:34 Kata Yesus kepada mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya setiap orang yang berbuat dosa, adalah hamba dosa.
8:35 Dan hamba tidak tetap tinggal dalam rumah, tetapi anak tetap tinggal dalam rumah.
8:36 Jadi apabila Anak itu memerdekakan kamu, kamu pun benar-benar merdeka."

Tuhan melepaskan/ membebaskan kita dari perbudakan dosa lewat kebenaran, kebenaran itu adalah Firman yang menyucikan.
Yohanes 17:17
17:17 Kuduskanlah mereka itu di dalam kebenaran; firman-Mu itulah kebenaran.

Orang yang mau melepaskan diri dari dosa = mau mendengar Firman dengan sungguh-sungguh, oleh sebab itu jangan main-main/ santai dalam mendengar Firman!

Jangan cuma senang dengan Firman bulu ayam, Firman yang hanya menyenangkan telinga. Setiap pemberitaan Firman yang keras yang tajam itu adalah aktivitas Tuhan untuk membebaskan/ melepaskan kita dari dosa.

  1. Keluaran 6:5cAku akan menebus kamu” artinya Tuhan memperkenalkan diri sebagai Mempelai Pria Surga, suami kita, Dia tebus kita supaya dijadikan istri-Nya/ mempelai wanita-Nya.
Yesaya 54:5
54:5 Sebab yang menjadi suamimu ialah Dia yang menjadikan engkau, TUHAN semesta alam nama-Nya; yang menjadi Penebusmu ialah Yang Mahakudus, Allah Israel, Ia disebut Allah seluruh bumi.

  1. Keluaran 6:6a “Aku akan mengangkat kamu menjadi umat-Ku”
Tentu umat Tuhan itu orang yang sungguh-sungguh mendengar Firman, tergembala dengan sungguh-sungguh.

  1. Keluaran 6:6b “Aku akan menjadi Allahmu”
  2. Keluaran 6:7a “Aku akan membawa kamu ke negeri perjanjian”
  3. Keluaran 6:7b “Aku akan memberikan milik pusaka kepadamu”

Dari point 4-7 disimpulkan aktivitas Tuhan adalah membentuk kita untuk menjadi mempelai wanita-Nya, tubuh Kristus yang sempurna dan inilah yang disebut dengan kegerakan Roh Kudus hujan akhir, kegerakan pembangunan tubuh Kristus yang sempurna.

Dalam Lukas 7 ada 2 kegerakan besar yang akan terjadi di akhir zaman ini, tinggal kita pilih mau masuk dalam kegerakan yang positif atau yang negatif :
Lukas 7:11-17
7:11 Kemudian Yesus pergi ke suatu kota yang bernama Nain. Murid-murid-Nya pergi bersama-sama dengan Dia, dan juga orang banyak menyertai-Nya berbondong-bondong.
7:12 Setelah Ia dekat pintu gerbang kota, ada orang mati diusung ke luar, anak laki-laki, anak tunggal ibunya yang sudah janda, dan banyak orang dari kota itu menyertai janda itu.
7:13 Dan ketika Tuhan melihat janda itu, tergeraklah hati-Nya oleh belas kasihan, lalu Ia berkata kepadanya: "Jangan menangis!"
7:14 Sambil menghampiri usungan itu Ia menyentuhnya, dan sedang para pengusung berhenti, Ia berkata: "Hai anak muda, Aku berkata kepadamu, bangkitlah!"
7:15 Maka bangunlah orang itu dan duduk dan mulai berkata-kata, dan Yesus menyerahkannya kepada ibunya.
7:16 Semua orang itu ketakutan dan mereka memuliakan Allah, sambil berkata: "Seorang nabi besar telah muncul di tengah-tengah kita," dan "Allah telah melawat umat-Nya."
7:17 Maka tersiarlah kabar tentang Yesus di seluruh Yudea dan di seluruh daerah sekitarnya.

  1. Kegerakan yang dipimpin oleh Yesus Anak Tunggal Allah menuju ke Nain.
Kegerakan yang dipimpin oleh Firman Pengajaran yang benar untuk menyucikan dan menyempurnakan kita, arahnya masuk ke kota Nain.

Ada 2 pengertian Nain yaitu :
  1. tempat penggembalaan
  2. tempat yang menyenangkan

Orang yang masuk di dalam kegerakan hujan akhir akan menjadikan penggembalaan itu menjadi tempat yang menyenangkan. Memang di dalam penggembalaan itu daging dibendung dan terasa sakit, tapi jiwa dan roh bersukacita dan akhir dari kegerakan kita akan masuk ke dalam Yerusalem baru.

  1. Kegerakan yang dipimpin oleh janda yang anak tunggalnya laki-laki mati, arahnya ke luar kota Nain, artinya kegerakan yang dipimpin oleh perempuan babel.
Yesaya 47:8-9
47:8 Oleh sebab itu, dengarlah ini, hai orang yang hidup bermanja-manja, yang duduk-duduk dengan tenang, yang berkata dalam hatimu: "Tiada yang lain di sampingku! Aku tidak akan jadi janda dan tidak akan menjadi punah!"
47:9 Kedua hal itu akan menimpa engkau dalam sekejap mata, pada satu hari juga. Kepunahan dan kejandaan dengan sepenuhnya akan menimpa engkau, sekalipun banyak sihirmu dan sangat kuat manteramu.

Tanda kegerakan Babel yaitu suka mengenakkan daging/ dagingnya dimanja.
Penggembalaan itu dianggap sesuatu yang menyiksa, duduk dengar Firman tidak tenang/ gelisah karena waktunya terlalu yang lama.

Jadi hati-hati! Yang banyak masuk dalam kegerakan yang dipimpin oleh Babel adalah anak-anak muda, yang banyak mati rohaninya adalah anak-anak muda karena dagingnya dimanja sehingga menjadi busuk dan mati rohaninya.

Tuhan berdiri di dekat pintu gerbang kota = Tuhan menghadang agar jangan kita mati rohani, Dia tidak izinkan kita keluar dari penggembalaan. Jangan sampai kita menambah jumlah orang yang mati rohaninya akibat tidak lagi tergembala, oleh sebab itu hargai sungguh-sungguh kemurahan Tuhan dengan tetap berada di dalam penggembalaan yang benar.

Kalau kita berada di dalam penggembalaan kita akan mengalami lawatan Allah,
Lukas 7:16
7:16 Semua orang itu ketakutan dan mereka memuliakan Allah, sambil berkata: "Seorang nabi besar telah muncul di tengah-tengah kita," dan "Allah telah melawat umat-Nya."

Bentuk lawatan Tuhan yaitu jamahan tangan Tuhan dengan kuasa kebangkitan-Nya, Dia mau menghidupkan kembali kerohanian kita, Dia bangkitkan yang sudah mati, Tangan belas kasihan Tuhan dengan kuasa kebangkitan-Nya menghapus segala masalah, menghapus segala air mata sampai tidak ada air mata lagi kita ada di Yerusalem Baru, kita disempurnakan.
Wahyu 1:17; 21:4
7:17 Sebab Anak Domba yang di tengah-tengah takhta itu, akan menggembalakan mereka dan akan menuntun mereka ke mata air kehidupan. Dan Allah akan menghapus segala air mata dari mata mereka."
21:4 Dan Ia akan menghapus segala air mata dari mata mereka, dan maut tidak akan ada lagi; tidak akan ada lagi perkabungan, atau ratap tangis, atau dukacita, sebab segala sesuatu yang lama itu telah berlalu."



Tuhan memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar