20150630

Kebaktian Ucapan Syukur di Boe, Selasa 30 Juni 2015 Pdt. Bernard Legontu

Salam sejahtera di dalam nama Tuhan Yesus Kristus.
Zakharia 12:1-6
12:1 Firman TUHAN tentang Israel: Demikianlah firman TUHAN yang membentangkan langit dan yang meletakkan dasar bumi dan yang menciptakan roh dalam diri manusia:
12:2 "Sesungguhnya Aku membuat Yerusalem menjadi pasu yang menyebabkan segala bangsa di sekeliling menjadi pening; juga Yehuda akan mengalami kesusahan ketika Yerusalem dikepung.
12:3 Maka pada waktu itu Aku akan membuat Yerusalem menjadi batu untuk diangkat bagi segala bangsa. Siapa yang mengangkatnya pastilah mendapat luka parah. Segala bangsa di bumi akan berkumpul melawannya.
12:4 Pada waktu itu, demikianlah firman TUHAN, Aku akan membuat segala kuda menjadi bingung, penunggangnya menjadi gila. Atas kaum Yehuda, Aku akan membuka mata-Ku, tetapi segala kuda bangsa akan Kubuat menjadi buta.
12:5 Sesudah itu kaum-kaum di Yehuda akan berkata dalam hatinya: Penduduk Yerusalem mempunyai kekuatan oleh karena TUHAN semesta alam, Allah mereka.
12:6 Pada waktu itu Aku akan membuat kaum-kaum di Yehuda seperti anglo berapi di tengah-tengah timbunan kayu dan seperti suluh berapi di tengah-tengah timbunan bulir gandum; api keduanya akan menjilat ke kanan dan ke kiri segala bangsa di sekeliling, tetapi Yerusalem selanjutnya akan tetap tinggal di tempatnya yang dahulu.

Kita akan belajar apa selera Tuhan agar kita beribadah tidak mengikuti selera kita tetapi selera Tuhan. Kita melihat di sini bagaimana peduli Tuhan terhadap Yerusalem. Siapakah Yerusalem itu? Di dalam Alkitab diceritakan bahwa Tuhan memilih Yerusalem untuk menjadi isteriNya.

Perikop Yehezkiel pasal 16: Allah memungut Yerusalem menjadi isteriNya

Mengapa Tuhan tidak membiarkan Yerusalem ini tergeser? Dalam Zakharia 12:1-9 disebutkan sampai 6 kali “pada waktu itu”. Berarti ada waktu yang ditunjuk oleh Tuhan. Kapan waktu itu? Secara jasmani kita melihat Yerusalem yang ada di timur tengah. Bila kita melihat Israel di pentas dunia hari-hari terakhir ini betapa bangsa-bangsa di sekitarnya berupaya merebut dan menghancurkan Yerusalem (Israel) tetapi tidak bisa.

Ketika tanggal 14 Mei 1948 Israel diproklamasikan, hanya ada 650.000 penduduk Israel pada waktu itu. Keesokan harinya mereka diserang oleh puluhan juta tentara arab tetapi tidak bisa dikalahkan. Secara jasmani mereka tidak akan mungkin mengalahkan Israel, itu janji Tuhan, sebab Tuhan sudah menaikan panji.

Yesaya 11:10-14
11:10 Maka pada waktu itu taruk dari pangkal Isai akan berdiri sebagai panji-panji bagi bangsa-bangsa; dia akan dicari oleh suku-suku bangsa dan tempat kediamannya akan menjadi mulia.
11:12 Ia akan menaikkan suatu panji-panji bagi bangsa-bangsa, akan mengumpulkan orang-orang Israel yang terbuang, dan akan menghimpunkan orang-orang Yehuda yang terserak dari keempat penjuru bumi.
11:13 Kecemburuan Efraim akan berlalu, dan yang menyesakkan Yehuda akan lenyap. Efraim tidak akan cemburu lagi kepada Yehuda, dan Yehuda tidak akan menyesakkan Efraim lagi.
11:14 Tetapi mereka akan terbang ke barat, ke atas lereng gunung Filistin, bersama-sama mereka akan menjarah bani Timur; mereka akan merampas Edom dan Moab, dan orang Amon akan patuh kepada mereka.

Dikatakan panji itu sudah ditinggikan, panji dari tunggul Isai itulah Yesus. Panji adalah sesuatu yang ditinggikan lebih tinggi dari pada yang lain supaya bisa dilihat oleh orang banyak. Pengertian kedua adalah pesan khusus.

Ada pesan khusus (specifik) yang diberi Tuhan untuk kita sekalian yaitu pembukaan rahasia Firman. Rahasia yang terbesar adalah rahasia ibadah dan rahasia nikah. Kalau ini diangkat dalam gereja Tuhan maka siapapun yang mau menggeser tidak akan dapat menggeser. Apapun upaya manusia atau iblis untuk menggusur tidak akan bisa tergusur sebab Tuhan akan berperkara menanggulangi kehidupan umat Tuhan itu. Itu kekuatan yang ada pada kita gereja Tuhan.

Siapakah Yerusalem yang sebenarnya?
Wahyu 21:2,9-10
21:2 Dan aku melihat kota yang kudus, Yerusalem yang baru, turun dari sorga, dari Allah, yang berhias bagaikan pengantin perempuan yang berdandan untuk suaminya.
21:9 Maka datanglah seorang dari ketujuh malaikat yang memegang ketujuh cawan, yang penuh dengan ketujuh malapetaka terakhir itu, lalu ia berkata kepadaku, katanya: "Marilah ke sini, aku akan menunjukkan kepadamu pengantin perempuan, mempelai Anak Domba."
21:10 Lalu, di dalam roh ia membawa aku ke atas sebuah gunung yang besar lagi tinggi dan ia menunjukkan kepadaku kota yang kudus itu, Yerusalem, turun dari sorga, dari Allah.

Yerusalem itulah gereja Tuhan. Jadi kalau dalam diri gereja Tuhan ada roh Mempelai maka siapapun yang mau menggusurnya tidak akan bisa tergusur. Kalau kita memiliki roh Mempelai jangan kita takut. Milikilah roh Mempelai dan hiduplah sesuai yang dikatakan Firman Tuhan maka tidak akan ada yang bisa menggeser saudara dan saya, Tuhan pasti akan membela.

Zakharia 12:3
12:3 Maka pada waktu itu Aku akan membuat Yerusalem menjadi batu untuk diangkat bagi segala bangsa. Siapa yang mengangkatnya pastilah mendapat luka parah. Segala bangsa di bumi akan berkumpul melawannya.

Terjemahan aslinya adalah menggeser. Tetapi siapa yang mau menggeser itu akibatnya luka parah. Siapa yang luka parah ini ditunjukkan oleh Tuhan, itulah roh antikristus yang sekarang sedang bekerja dan tinggal menunggu bosnya untuk muncul.

Wahyu 13:12
13:12 Dan seluruh kuasa binatang yang pertama itu dijalankannya di depan matanya. Ia menyebabkan seluruh bumi dan semua penghuninya menyembah binatang pertama, yang luka parahnya telah sembuh.

Mengapa terluka parah? Sebab mencoba menggeser gereja Tuhan (melawan gereja Tuhan).

Umat Tuhan yang memiliki roh Mempelai, berarti membawa dirinya untuk menjadi isteri Anak Domba Allah, tidak ada yang bisa menggesernya bahkan yang coba menggeser akan luka parah.

Inilah pembukaan rahasia Firman untuk menghentar gereja menjadi Mempelai Wanita Tuhan dan Tuhan Yesus sebagai Mempelai Laki-laki Sorga masuk dalam nikah secara rohani. Itulah yang akan disingkirkan ke padang belantara dan tidak bisa digeser oleh siapapun karena Mempelai Laki-laki Sorga bertanggung jawab.
Yesaya 54:5
54:5 Sebab yang menjadi suamimu ialah Dia yang menjadikan engkau, TUHAN semesta alam nama-Nya; yang menjadi Penebusmu ialah Yang Mahakudus, Allah Israel, Ia disebut Allah seluruh bumi.

Kita sudah ditebus, yang menebus adalah Tuhan Yesus. Itulah suami yang memungut kita untuk menjadi isteriNya! Siapapun yang coba mengganggu kita akan Tuhan hadapi. Kalau saudara ada dijalur itu maka pasti dibela oleh Suami kita secara rohani (Yesus).

Ditebus dalam bahasa gerikanya ada tiga pengertian:
  1. Agurazo artinya ditebus dari dalam pasar
  2. Exagurazo artinya ditebus dari luar pasar. Kita dijual oleh iblis tetapi ditebus oleh Tuhan.
  3. Lutro ditebus dari hamba dan diangkat menjadi anak. Kita sudah diperbudak oleh iblis tetapi ditebus oleh Tuhan dari perbudakan.

Ini yang harus kita syukuri. Apapun yang kita alami kalau kita tahu ada Penebus kita, segera lipatkan lutut datang kepada Penebus kita maka pasti ada pembelaan.

Yohanes pembaptis menyebut dirinya sahabat Mempelai Laki-laki. Tetapi dia girang mendengar suara Mempelai Laki-laki. Yang mempunyai mempelai perempuan adalah Mempelai Laki-laki.
Yohanes 3:29
3:29 Yang empunya mempelai perempuan, ialah mempelai laki-laki; tetapi sahabat mempelai laki-laki, yang berdiri dekat dia dan yang mendengarkannya, sangat bersukacita mendengar suara mempelai laki-laki itu. Itulah sukacitaku, dan sekarang sukacitaku itu penuh.

Statusnya sahabat sudah senang mendengar suara Mempelai Laki-laki. Kita yang mau dijadikan Mempelai WanitaNya kenapa tidak serius mendengar suaraNya, mendengar Firman Tuhan padahal kita justru diarahkan pada poin yang paling tinggi dari penebusan Tuhan yaitu diangkat menjadi isteri Anak Domba Allah.

Isi dari Yerusalem adalah:
Zakharia 12:1
12:1 Ucapan Ilahi. Firman TUHAN tentang Israel: Demikianlah firman TUHAN yang membentangkan langit dan yang meletakkan dasar bumi dan yang menciptakan roh dalam diri manusia:

Tiga kali Firman disebutkan. Jadi isi dari Yerusalem, isi gereja Tuhan, isi anak Tuhan, isi dari hamba Tuhan adalah Firman. Tiga kali disebutkan berarti Bapa, Anak dan Roh Kudus harus ada dalam diri kita. Sebab ucapan Ilahi ini nantinya adalah hal-hal yang mengerikan, ada ucapan Ilahi untuk Damsyik, ada ucapan Ilahi untuk Moab, ada ucapan Ilahi untuk Babel, semua isinya hukuman. Tetapi ucapan Ilahi untuk Yerusalem, untuk gereja Tuhan, bukan penghukuman tetapi demi perlindungan, untuk kita mendapatkan perlindungan.

“Ucapan Ilahi” ini adalah Firman, “Firman Tuhan” itu Firman, “demikianlah Firman Tuhan” itu Firman, tiga kali disebutkan ini menunjuk Bapa, Anak dan Roh Kudus. Ini harus menjadi isi gereja Tuhan. Isilah hidupmu dengan Firman sepenuhnya, jangan Firman sepenggal. Rasul Paulus mengatakan “aku ditetapkan oleh Tuhan untuk memberitakan Firman sepenuhnya”. Ketika dia berbicara tentang Firman sepenuhnya selanjutnya dia berbicara rahasia dari Firman yang dipercayakan kepada bangsa kafir, bukan bangsa Yahudi. Kepada bangsa Yahudi Tuhan percayakan Firman dan Tuhan tidak pernah mempercayakan kepada bangsa kafir.
Roma 3:1-3
3:1 Jika demikian, apakah kelebihan orang Yahudi dan apakah gunanya sunat?
3:2 Banyak sekali, dan di dalam segala hal. Pertama-tama: sebab kepada merekalah dipercayakan firman Allah.
3:3 Jadi bagaimana, jika di antara mereka ada yang tidak setia, dapatkah ketidaksetiaan itu membatalkan kesetiaan Allah?

Mazmur 147:19-20
147:19 Ia memberitakan firman-Nya kepada Yakub, ketetapan-ketetapan-Nya dan hukum-hukum-Nya kepada Israel.
147:20 Ia tidak berbuat demikian kepada segala bangsa, dan hukum-hukum-Nya tidak mereka kenal. Haleluya!

Ketika Tuhan Yesus datang ke dunia dan Dia kembali ke Sorga maka Tuhan memakai hamba-hambaNya, salah satunya rasul Paulus, untuk menekankan bahwa rahasia Firman tidak dibuka kepada Israel tetapi dibukakan kepada bangsa kafir. Betapa bahagianya kita bangsa kafir kepada kita dibukakan rahasia Firman. Maksudnya untuk membangkitkan cemburu Israel. Jadi kalau kepada kita dibukakan rahasia Firman kita harus bersyukur, saya bangsa kafir yang sebenarnya dulu hanya siap untuk dibinasakan tetapi sekarang dibukakan rahasia Firman. Itu sebabnya rasul Paulus mengatakan “aku memberitakan Firman sepenuhnya”.
Kolose 1:24
1:24 Sekarang aku bersukacita bahwa aku boleh menderita karena kamu, dan menggenapkan dalam dagingku apa yang kurang pada penderitaan Kristus, untuk tubuh-Nya, yaitu jemaat.

Apakah penderitaan Tuhan Yesus masih kurang? Bukan karena sengsara Tuhan Yesus di kayu salib masih kurang. Yang masih kurang dalam penderitaan Kristus adalah Dia sebagai Kepala tetapi belum mempunyai Tubuh, kepala itu kedudukan suami dan tubuh itu kedudukan isteri, itu yang belum ada. Itu sebabnya rasul Paulus berjuang dan bergumul supaya bangsa kafir itu menjadi korban yang berkenan kepada Tuhan, menjadi Tubuh Kristus.
Kolose 1:25
1:25 Aku telah menjadi pelayan jemaat itu sesuai dengan tugas yang dipercayakan Allah kepadaku untuk meneruskan firman-Nya dengan sepenuhnya kepada kamu,

Tegakah saudara sekalian membiarkan Tuhan Yesus sebagai kepala tanpa tubuh. Itu sebabnya Tuhan Yesus berkata:
Matius 8:20
8:20 Yesus berkata kepadanya: "Serigala mempunyai liang dan burung mempunyai sarang, tetapi Anak Manusia tidak mempunyai tempat untuk meletakkan kepala-Nya."

Apakah tempat tidur yang Dia maksud? Bukan. Di mana tempat kepala? Di atas tubuh. Tubuh ini yang Tuhan belum punya. Tuhan Yesus memang mempunyai tubuh secara insani. Tetapi yang dimaksud dengan Tubuh ini adalah Mempelai WanitaNya (isteriNya).

Ketika kita datang ke gereja jangan hanya seperti menjalankan upacara agama. Ketika kita datang ke gereja kita diajar oleh hamba Tuhan untuk mengenal siapa Tuhan Yesus sebenarnya. Jangan kita berhenti pada pengenalan Tuhan Yesus sebagai Juruselamat, Dia Pembaptis Roh Kudus, Dia Tabib yang ajaib, Hakim yang adil, Raja segala raja. Pemuncakan pengenalan kita adalah Tuhan Yesus sebagai Mempelai Laki-laki Sorga. Itu tugas hamba Tuhan untuk memperkenalkan hal ini kepada umat. Sebagaimana pengenalan hamba Tuhan itu, sejauh itu pengenalan jemaat. Sedangkal bagaimana pengenalan hamba Tuhan, sedangkal itu pengenalan umat. Jadi pengenalan itu ditentukan oleh hamba Tuhan.
2 Petrus 3:18
3:18 Tetapi bertumbuhlah dalam kasih karunia dan dalam pengenalan akan Tuhan dan Juruselamat kita, Yesus Kristus. Bagi-Nya kemuliaan, sekarang dan sampai selama-lamanya.
Itu sebabnya panji itu ditinggikan dari tunggul Isai. Panji itu membawa perlindungan.
Mazmur 60:6
60:6 Kepada mereka yang takut kepada-Mu telah Kauberikan panji-panji, tanda untuk berlindung terhadap panah. S e l a

Jadi di dalamnya ada nilai perlindungan. Yang dimaksud takut akan Tuhan berarti orang yang mau diisi oleh Tuhan dengan firman, diisi oleh Bapa, Anak dan Roh Kudus. Isi hidupmu dengan Firman dan itu adalah isi dari Yerusalem.
Zakharia 12:5
12:5 Sesudah itu kaum-kaum di Yehuda akan berkata dalam hatinya: Penduduk Yerusalem mempunyai kekuatan oleh karena TUHAN semesta alam, Allah mereka.

Jadi lengkap bukan hanya Firman tetapi juga diisi kuasa Allah. Ada jaminan yang Tuhan tetapkan di sini.
Zakharia 12:1
12:1 Firman TUHAN tentang Israel: Demikianlah firman TUHAN yang membentangkan langit dan yang meletakkan dasar bumi dan yang menciptakan roh dalam diri manusia:

  1. Tuhan Yesus sendiri membentangkan langit dan tidak ada yang membantu.
  2. Tuhan juga yang meletakkan dasar bumi.
  3. Tuhan menciptakan roh dalam diri kita. Ini roh manusia, Untuk apa roh ini?
Amsal 20:27
20:27 Roh manusia adalah pelita TUHAN, yang menyelidiki seluruh lubuk hatinya.

Kita tidak bisa berkamuflase, kita tidak bisa menyembunyikan diri kecuali roh itu sudah dicabut, itu berarti orang itu sudah mati. Roh itu menyelidik hati kita, itu pelita Tuhan.

Tuhan menciptakan dasar bumi. Bumi diciptakan oleh Tuhan untuk manusia.
Mazmur 115:16
115:16 Langit itu langit kepunyaan TUHAN, dan bumi itu telah diberikan-Nya kepada anak-anak manusia.

Kalau betul-betul kita percaya bahwa pencipta langit dan bumi adalah Pencipta kita masakan kita penuh dengan kekuatiran. Seringkali umat Tuhan lebih memuji ciptaan Tuhan dibandingkan memuji Pencipta. Mestinya arah pujian dan penyembahan kita kepada Sang Pencipta karena kita dikaruniai segala sesuatu yang diciptakan untuk kita nikmati. Itu sebabnya kita harus kembali menaikan puji dan syukur kepada Sang Pencipta. Siapa Pencipta kita? Itulah Penebus kita. Siapa Penebus kita? Itulah Mempelai Laki-laki Sorga, suami kita. Kalau tidak tahu mengucap syukur atas ciptaan Tuhan, itu bukti tidak ada firman dalam dirinya. Kalau ada firman maka pasti mengucap syukur dan memuja serta memuji Sang Pencipta.

Yang harus kita sadari bahwa hidup ini sebetulnya terlalu mahal di bayar oleh Tuhan. Pengorbanan Kristus di Golgota tidak ada taranya. Pengorbanan Mempelai Laki-laki Sorga untuk menebus kita begitu luar biasa. Apa tujuannya Dia berkorban? Untuk mengisi kita dengan Firman sepenuhnya.
Kolose 1:25
1:25 Aku telah menjadi pelayan jemaat itu sesuai dengan tugas yang dipercayakan Allah kepadaku untuk meneruskan firman-Nya dengan sepenuhnya kepada kamu,

Kepuasan hamba Tuhan adalah pelayanan Firman dan berdoa. Itu harus menjadi kepuasan kami sehingga ketika melihat ada sedikit perselisihan di tengah-tengah sidang jemaat persoalan perkara janda-janda orang Yahudi yang berbahasa Yunani dan orang Yahudi yang berbahasa Ibrani, Petrus langsung berdiri dan menekankan bawah urusan kami hamba Tuhan adalah Firman dan doa. Untuk melayani meja mereka mengangkat 7 orang, untuk menangani persoalan jasmani ada orang khusus.

Tugas hamba Tuhan adalah doa dan pelayanan Firman. Kalau kepuasan hamba Tuhan adalah Firman dan doa maka tidak perlu lagi dia ke kebun. Saya sudah mengalami bahwa Tuhan yang memfasilitasi, Tuhan mengadakan apa yang kami butuhkan. Kalau hamba Tuhan tidak puas dengan hal itu maka otomatis dia tidak bisa menyampaikan Firman dengan sepenuhnya.

Kisah Para Rasul 6:2,4
6:2 Berhubung dengan itu kedua belas rasul itu memanggil semua murid berkumpul dan berkata: "Kami tidak merasa puas, karena kami melalaikan Firman Allah untuk melayani meja.
6:4 dan supaya kami sendiri dapat memusatkan pikiran dalam doa dan pelayanan Firman."

Tugas kami hamba Tuhan adalah memusatkan pikiran dalam doa dan pelayanan Firman. Kepada hamba Tuhan seperti itu pasti Tuhan percayakan pembukaan rahasia Firman.

Kolose 1:26-28
1:26 yaitu rahasia yang tersembunyi dari abad ke abad dan dari turunan ke turunan, tetapi yang sekarang dinyatakan kepada orang-orang kudus-Nya.
1:27 Kepada mereka Allah mau memberitahukan, betapa kaya dan mulianya rahasia itu di antara bangsa-bangsa lain, yaitu: Kristus ada di tengah-tengah kamu, Kristus yang adalah pengharapan akan kemuliaan!
1:28 Dialah yang kami beritakan, apabila tiap-tiap orang kami nasihati dan tiap-tiap orang kami ajari dalam segala hikmat, untuk memimpin tiap-tiap orang kepada kesempurnaan dalam Kristus.

Ini yang Tuhan inginkan yaitu untuk membawa gereja pada kesempurnaan. Inilah gereja Tuhan yang tampil menjadi Mempelai Wanita Tuhan. Izinkanlah hidupmu diisi Firman dan Roh Kudus. Dasarilah hidupmu bahwa engkau memiliki Allah yang menciptakan langit dan bumi dan itu semua diberikan kepadamu. Tidak usah kita kuatir sebab kita sudah ditebus dan yang menebus kita adalah Pencipta langit dan bumi. Masakan kita mau dibiarkan kelaparan kalau kita melekatkan diri kepadaNya justru kita dibentengi.
Mazmur 91:14
91:14 "Sungguh, hatinya melekat kepada-Ku, maka Aku akan meluputkannya, Aku akan membentenginya, sebab ia mengenal nama-Ku.

Zakharia 12:3
12:3 Maka pada waktu itu Aku akan membuat Yerusalem menjadi batu untuk diangkat bagi segala bangsa. Siapa yang mengangkatnya pastilah mendapat luka parah. Segala bangsa di bumi akan berkumpul melawannya.

Kalau melihat Israel di pentas dunia, mereka dikeroyok. Tetapi Tuhan berkata begini:
Yeremia 31:28
31:28 Maka seperti tadinya Aku berjaga-jaga atas mereka untuk mencabut dan merobohkan, untuk meruntuhkan dan membinasakan dan mencelakakan, demikianlah juga Aku akan berjaga-jaga atas mereka untuk membangun dan menanam, demikianlah firman TUHAN.
Milikilah Firman, milikilah Yesus, Dia Mempelai Laki-laki Sorga, Dia Suami kita secara rohani, tidak mungkin Dia akan membiarkan kita. Ketika antikristus datang maka Tuhan akan menyingkirkan gerejaNya ke padang belantara, itulah orang yang memiliki roh Mempelai. Itulah yang harus kita gumuli di penghujung akhir zaman ini.

Wahyu 21:2
21:2 Dan aku melihat kota yang kudus, Yerusalem yang baru, turun dari sorga, dari Allah, yang berhias bagaikan pengantin perempuan yang berdandan untuk suaminya.

Secara hurufiah ini contoh untuk isteri-isteri, berdandanlah untuk suami.

Wahyu 21:9-10
21:9 Maka datanglah seorang dari ketujuh malaikat yang memegang ketujuh cawan, yang penuh dengan ketujuh malapetaka terakhir itu, lalu ia berkata kepadaku, katanya: "Marilah ke sini, aku akan menunjukkan kepadamu pengantin perempuan, mempelai Anak Domba."
21:10 Lalu, di dalam roh ia membawa aku ke atas sebuah gunung yang besar lagi tinggi dan ia menunjukkan kepadaku kota yang kudus itu, Yerusalem, turun dari sorga, dari Allah.

Yerusalem Baru tidak lepas dengan Mempelai Wanita. Jangan berkata merindu Yerusalem Baru tetapi tidak ada Firman. Firman pengajaran dan Firman penginjilan itu berbeda. Firman penginjilan itu membawa orang yang dari gelap dibawa kepada terang. Setelah berada dalam terang, sudah menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat maka ditingkatkan dengan Firman pengajaran. Firman penginjilan suasanya sukacita apa lagi kalau melihat orang buta melihat, orang lumpuh berjalan, sebab penginjilan yang disertai dengan kuasa sehingga lebih cenderung diminati oleh umat Tuhan.

Memang penginjilan perlu tetapi setelah itu harus ditingkatkan pada Firman pengajaran. Firman penginjilan suasananya sukacita, bukan hanya yang disembuhkan yang bersukacita tetapi orang yang berada di situ juga bersuka cita. Tetapi ketika Tuhan lanjutkan pada firman pengajaran di mana kita diisi dengan sifat Ilahi maka orang itu berubah sikap sebab suasananya adalah dukacita, menyakitkan buat daging.
Ibrani 12:10-11 (Terjemahan Lama)
12:10 Karena mereka itu dengan sesungguhnya sudah mengajar kita di dalam sedikit masa sebagaimana yang tampak baik kepada mereka itu; tetapi Tuhan mengajar bagi faedah kita, supaya kita beroleh bahagian di dalam kekudusan-Nya.
12:11 Adapun segala ajaran bagi sementara ini belum mendatangkan sukacita, melainkan duka cita; tetapi kemudian kelak dikeluarkannya kebenaran akan buahnya, yang mendatangkan sentosa kepada orang yang mahir dengan ajaran itu.

Itu sebabnya banyak orang Kristen tidak suka dengan Fiman pengajaran dan hanya suka dengan Firman penginjilan. Padahal justru Firman pengajaran itu yang akan membawa kita untuk menjadi Mempelai Wanita Tuhan tetapi banyak orang menolak. Sebab itu isi hidupmu dengan firman Pengajaran maka Tuhan akan mengambil sikap untuk membela kita.

Penunggang kuda yang coba mengusik Yerusalem itu menjadi gila. Yang gila adalah:

  • Orang yang gila adalah kehidupan yang ada di bawah kutuk.
Ulangan 28:34
28:34 Engkau akan menjadi gila karena apa yang dilihat matamu.

Orang yang coba mengusik anak Tuhan yang memiliki roh Mempelai sebenarnya adalah orang yang ada di bawah kutuk.

  • Orang yang meminum isi cawan Babel, artinya terlibat dalam dosa kenajisan Babel.
Yeremia 51:7
51:7 Babel tadinya seperti piala emas di tangan TUHAN yang memabukkan seluruh bumi. Bangsa-bangsa minum dari anggurnya, itulah sebabnya bangsa-bangsa menjadi gila.

Itu sebabnya kita harus keluar dari naungan kutuk. Dulu kita ada dibawah kutuk tetapi Tuhan Yesus sudah tersalib di Golgota untuk membebaskan kita dari kutuk.
Galatia 3:13
3:13 Kristus telah menebus kita dari kutuk hukum Taurat dengan jalan menjadi kutuk karena kita, sebab ada tertulis: "Terkutuklah orang yang digantung pada kayu salib!"

Tuhan Yesus secara manusia rela menanggung kutuk kita bahkan Dia rela tertikam di kayu salib. Orang-orang percaya disuruh meratap dan memandang Yesus yang tertikam.

Zakharia 12:10
12:10 "Aku akan mencurahkan roh pengasihan dan roh permohonan atas keluarga Daud dan atas penduduk Yerusalem, dan mereka akan memandang kepada dia yang telah mereka tikam, dan akan meratapi dia seperti orang meratapi anak tunggal, dan akan menangisi dia dengan pedih seperti orang menangisi anak sulung.

Kita memandang Dia yang tertikam lalu kita meratap dan menangis seperti menangisi anak tunggal dan anak sulung yang mati. Siapa anak tunggal?
Yohanes 3:16
3:16 Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

Siapa anak sulung?
Ibrani 1:6
1:6 Dan ketika Ia membawa pula Anak-Nya yang sulung ke dunia, Ia berkata: "Semua malaikat Allah harus menyembah Dia."

Kolose 1:15
1:15 Ia adalah gambar Allah yang tidak kelihatan, yang sulung, lebih utama dari segala yang diciptakan,

Jadi Tuhan Yesuslah anak sulung dan dia juga adalah anak tunggal. Ketika Tuhan Yesus datang pada kali yang kedua, orang-orang akan memandang Dia yang mereka tikam. Tuhan Yesus tertikam karena pemberontakan kita.
Yesaya 53:5
53:5 Tetapi dia tertikam oleh karena pemberontakan kita, dia diremukkan oleh karena kejahatan kita; ganjaran yang mendatangkan keselamatan bagi kita ditimpakan kepadanya, dan oleh bilur-bilurnya kita menjadi sembuh.

Ketika Yesus datang pada kali yang pertama, zangkoor raksasa diperdengarkan, malaikat menyanjungNya. Pada kedatangan Tuhan Yesus kedua kali, bukan lagi zangkoor raksasa tetapi bunyi sangkakala yang keras.
Matius 24:31
24:31 Dan Ia akan menyuruh keluar malaikat-malaikat-Nya dengan meniup sangkakala yang dahsyat bunyinya dan mereka akan mengumpulkan orang-orang pilihan-Nya dari keempat penjuru bumi, dari ujung langit yang satu ke ujung langit yang lain.

Di atas kayu salib Tuhan Yesus berseru “Eloi, Eloi, lama sabakhtani”. Tuhan Yesus disalibkan untuk menggantikan kita, berarti seruan itu sebenarnya adalah suara kita! Ngeri kalau Tuhan meninggalkan kita.

PenciptaMu tidak akan meninggalkan kita. Itu sebabnya biarlah kita berterima kasih kepada Tuhan Yesus yang tergantung di Golgota untuk menanggung kutuk kita.


Tuhan memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar