20160508

Kebaktian Kaum Muda Remaja Minggu 8 Mei 2016 Pdt. Handri Legontu


Salam sejahtera di dalam kasih Tuhan Yesus Kristus.


Keluaran 8:23-24 Tulah keempat: Lalat pikat
8:23 Sebab Aku akan mengadakan perbedaan antara umat-Ku dan bangsamu. Besok tanda mujizat ini akan terjadi."
8:24 TUHAN berbuat demikian; maka datanglah banyak-banyak pikat ke dalam istana Firaun dan ke dalam rumah pegawai-pegawainya dan ke seluruh tanah Mesir; negeri itu menderita karena pikat itu.

Lalat pikat berasal dari udara, ini menunjuk setan/ penguasa angkasa dengan roh durhaka,
roh jahat dan roh najisnya. Efesus 2:1-2

Roh najis bekerja luar biasa di akhir zaman ini. Roh najis membuat manusia jatuh ke dalam dosa kenajisan yang memuncak pada dosa makan minum (merokok, minuman keras, narkoba) dan dosa seks atau dosa kawin mengawinkan (seks pada diri sendiri, seks pada lawan jenis yang bukan suami istri yang sah, seks pada sesama jenis, seks pada binatang).

Jaga permulaan nikah yaitu masa-masa pacaran dengan sungguh-sungguh, hati-hati! udara kita sudah dicemari dengan roh najis.

Celakanya manusia yang sudah dikuasai oleh roh najis ini melakukan dosa kenajisan berulang-ulang sehingga akhirnya manusia yang merupakan makhluk  ciptaan Tuhan yang paling mulia, sudah menjadi sama dengan babi.
2 Petrus 2:20-22
2:20 Sebab jika mereka, oleh pengenalan mereka akan Tuhan dan Juruselamat kita, Yesus Kristus, telah melepaskan diri dari kecemaran-kecemaran dunia, tetapi terlibat lagi di dalamnya, maka akhirnya keadaan mereka lebih buruk dari pada yang semula.
2:21 Karena itu bagi mereka adalah lebih baik, jika mereka tidak pernah mengenal Jalan Kebenaran dari pada mengenalnya, tetapi kemudian berbalik dari perintah kudus yang disampaikan kepada mereka.
2:22 Bagi mereka cocok apa yang dikatakan peribahasa yang benar ini: "Anjing kembali lagi ke muntahnya, dan babi yang mandi kembali lagi ke kubangannya."

Kita harus lepas dari roh kenajisan, jangan dilakukan berulang-ulang.

Tempat favorit/ yang menjadi sasaran roh durhaka, roh jahat dan roh najis ada pada babi. Jadi kalau manusia sudah dikuasai oleh roh durhaka, roh jahat dan roh najis maka menjadi sama dengan babi.
Markus 5:11-13
5:11 Adalah di sana di lereng bukit sejumlah besar babi sedang mencari makan,
5:12 lalu roh-roh itu meminta kepada-Nya, katanya: "Suruhlah kami pindah ke dalam babi-babi itu, biarkanlah kami memasukinya!"
5:13 Yesus mengabulkan permintaan mereka. Lalu keluarlah roh-roh jahat itu dan memasuki babi-babi itu. Kawanan babi yang kira-kira dua ribu jumlahnya itu terjun dari tepi jurang ke dalam danau dan mati lemas di dalamnya.

Bagaimana tanda manusia yang sudah menjadi sama seperti babi?:
1)      Menolak mutiara
Matius 7:6
7:6 "Jangan kamu memberikan barang yang kudus kepada anjing dan jangan kamu melemparkan mutiaramu kepada babi, supaya jangan diinjak-injaknya dengan kakinya, lalu ia berbalik mengoyak kamu."

Mutiara secara rohani ada kaitannya dengan Yerusalem baru = mempelai wanita Tuhan
Wahyu 21:21,9-10
21:21 Dan kedua belas pintu gerbang itu adalah dua belas mutiara: setiap pintu gerbang terdiri dari satu mutiara dan jalan-jalan kota itu dari emas murni bagaikan kaca bening.
21:9 Maka datanglah seorang dari ketujuh malaikat yang memegang ketujuh cawan, yang penuh dengan ketujuh malapetaka terakhir itu, lalu ia berkata kepadaku, katanya: "Marilah ke sini, aku akan menunjukkan kepadamu pengantin perempuan, mempelai Anak Domba."
21:10 Lalu, di dalam roh ia membawa aku ke atas sebuah gunung yang besar lagi tinggi dan ia menunjukkan kepadaku kota yang kudus itu, Yerusalem, turun dari sorga, dari Allah.

Menolak mutiara = menolak untuk dibentuk menjadi mempelai wanita Tuhan.
Mempelai Pria Sorga (Suami/Kepala) tidak boleh dipisah dengan Mempelai wanita (isteri/tubuh).

Tempat pembentukan untuk menjadi mempelai wanita Tuhan adalah di dalam penggembalaan.
Wahyu 21:12
21:12 Dan temboknya besar lagi tinggi dan pintu gerbangnya dua belas buah; dan di atas pintu-pintu gerbang itu ada dua belas malaikat dan di atasnya tertulis nama kedua belas suku Israel.

Di atas setiap pintu ada seorang malaikat yaitu gembala/ malaikat sidang jemaat. Tugasnya gembala untuk membawa domba-domba masuk ke dalam Yerusalem baru, kerajaan Sorga yang kekal menjadi mempelai wanita Tuhan.

Kalau kaum muda tidak suka tergembala= menolak mutiara/ menjadi sama seperti babi, tinggal tunggu disate oleh antikris. Hukuman mati bagi gereja Tuhan/ orang kristen zaman dulu, penyiksaan zaman Kaizar Nero terkenal sangat kejam tetapi zaman antikrist lebih dahsyat lagi penyiksaannya, tidak ada lagi maut, benar-benar menderita dianiaya. Jangan tunggu nanti seperti itu. Oleh sebab itu jadilah domba yang tergembala, masuk kandang. Jangan malas beribadah melayani Tuhan, setia tekun di dalam penggembalaan.
Tergembala = seperti carang melekat pada pokoknya
Yohanes 15:1-3
15:1 "Akulah pokok anggur yang benar dan Bapa-Kulah pengusahanya.
15:2 Setiap ranting pada-Ku yang tidak berbuah, dipotong-Nya dan setiap ranting yang berbuah, dibersihkan-Nya, supaya ia lebih banyak berbuah.
15:3 Kamu memang sudah bersih karena firman yang telah Kukatakan kepadamu.

Sudah ada gembala tapi tidak dipercaya pembukaan rahasia Firman maka jemaat yang kasihan. Jadi di dalam penggembalaan harus lihat gembalanya dan lihat juga Firmannya, harus ada Firman yang dibukakan rahasiaNya/ Firman yang dikatakan Yesus. Ayat itu adalah perkataan Yesus, kalau diterangkan dengan ayat berarti itu perkataan Yesus. Kalau diterangkan dengan buku atau ilustrasi-ilustrasi berarti itu perkataan manusia.

Lihat malaikatnya siapa, sebab ada setan yang menyamar jadi malaikat. Gembala khotbah tapi tidak ayat menerangkan ayat/ tidak ada pembukaan Firman, hanya mencari korbannya jemaat (perpuluhan), pemberitaannya hanya tentang berkat-berkat, tidak ada penyucian.

Yohanes 13:11,27
13:11 Sebab Ia tahu, siapa yang akan menyerahkan Dia. Karena itu Ia berkata: "Tidak semua kamu bersih."
13:27 Dan sesudah Yudas menerima roti itu, ia kerasukan Iblis. Maka Yesus berkata kepadanya: "Apa yang hendak kauperbuat, perbuatlah dengan segera."

Yang harus disucikan adalah dosanya Yudas/ tabiat Yudas Iskariot yaitu :
a)      Mencuri milikNya Tuhan
Yohanes 12:3-6
12:3 Maka Maria mengambil setengah kati minyak narwastu murni yang mahal harganya, lalu meminyaki kaki Yesus dan menyekanya dengan rambutnya; dan bau minyak semerbak di seluruh rumah itu.
12:4 Tetapi Yudas Iskariot, seorang dari murid-murid Yesus, yang akan segera menyerahkan Dia, berkata:
12:5 "Mengapa minyak narwastu ini tidak dijual tiga ratus dinar dan uangnya diberikan kepada orang-orang miskin?"
12:6 Hal itu dikatakannya bukan karena ia memperhatikan nasib orang-orang miskin, melainkan karena ia adalah seorang pencuri; ia sering mengambil uang yang disimpan dalam kas yang dipegangnya.

MilikNya Tuhan adalah:
o   Perpuluhan dan persembahan khusus
o   Doa penyembahan = nafas hidup kita
o   Mempelai wanita Tuhan

Berilah hidup kita untuk dikerjakan oleh Firman Allah. Jangan marah saat kita dibilang seperti tabiat babi.

b)      Tidak setia
Markus 14:10-11
14:10 Lalu pergilah Yudas Iskariot, salah seorang dari kedua belas murid itu, kepada imam-imam kepala dengan maksud untuk menyerahkan Yesus kepada mereka.
14:11 Mereka sangat gembira waktu mendengarnya dan mereka berjanji akan memberikan uang kepadanya. Kemudian ia mencari kesempatan yang baik untuk menyerahkan Yesus.

Yudas suka tinggalkan persekutuan dengan murid-murid yang lain dan pergi kepada imam-imam kepala yang benci kepada Yesus. Jangan suka tinggalkan persekutuan/ penggembalaan yang benar dan mencari persekutuan yang tidak ada pembukaan Firman, yang membenci Yesus, senang terus dagingnya karena tidak pernah disucikan. Kalau sudah terlanjur masuk persekutuan yang lain/ tanpa pengajaran yang benar/ membenci Firman penyucian maka nanti suatu saat seperti Yudas mencari kesempatan untuk menjual Yesus/ tinggalkan Firman Pengajaran yang benar.

c)      Berkhianat
Mengkhianati Firman pengajaran yang benar

Mengapa 3 dosa ini ada pada Yudas? Karena pandangannya selalu tertuju pada perkara-perkara duniawi/jasmani.
Kisah Rasul 1:18
1:18 -- Yudas ini telah membeli sebidang tanah dengan upah kejahatannya, lalu ia jatuh tertelungkup, dan perutnya terbelah sehingga semua isi perutnya tertumpah ke luar.

Waktu Yudas mati posisinya tertelungkup berarti memandang tanah, tangan memeluk bumi. Seringkali kita cenderung ikut dosa Yudas lebih memilih perkara yang duniawi/ jasmani dari pada Tuhan. Waktu ada ibadah, lebih pilih untuk pergi rekreasi.

Kalau kaum muda tidak setia/ tidak sungguh-sungguh dalam ibadah pelayanan/ pandangan hanya tertuju pada yang duniawi maka satu saat jabatan pelayanan kita akan di ganti oleh orang lain. Seperti jabatan Yudas diambil diganti oleh Matias.

Memang setan begitu licik, menjelang bangsa Israel mau keluar dari Mesir, pekerjaan orang Israel semakin diperberat, dulu masih diberikan jerami untuk membakar tanah liat menjadi batu bata. Tetapi menjelang mereka mau keluar, ada lawatan Tuhan lewat Musa/ Firman yang benar, mereka tidak diberikan jerami dan jumlah batu batanya harus tetap, membuat orang Israel terikat dengan pekerjaannya, sehingga tidak percaya lagi Firman/ Firman dibilang perkataan dusta.
Keluaran 5:9
5:9 Pekerjaan orang-orang ini harus diperberat, sehingga mereka terikat kepada pekerjaannya dan jangan mempedulikan perkataan dusta."

Dunia ini semakin sukar/ sulit, dulu tamatan SMA mudah mencari pekerjaan, sekarang SI saja susah mencari pekerjaan sehingga memacu manusia untuk terikat dengan dunia. Silahkan sekolah/ kuliah sampai gelar tertinggi, tetapi jangan korbankan ibadah pelayanan, jangan korbankan penggembalaan/ jangan korbankan Firman Pengajaran yang benar .

Kalau kita mengutamakan Tuhan (Firman) maka pasti Tuhan pelihara dan memberikan yang terbaik kepada kita. Jika kita memandang perkara yang rohani maka kita akan tersembunyi di dalam Tuhan, tidak bisa dijamah oleh siapapun, jauh dari mata ular.
Kolose 3:1-4
3:1 Karena itu, kalau kamu dibangkitkan bersama dengan Kristus, carilah perkara yang di atas, di mana Kristus ada, duduk di sebelah kanan Allah.
3:2 Pikirkanlah perkara yang di atas, bukan yang di bumi.
3:3 Sebab kamu telah mati dan hidupmu tersembunyi bersama dengan Kristus di dalam Allah.
3:4 Apabila Kristus, yang adalah hidup kita, menyatakan diri kelak, kamu pun akan menyatakan diri bersama dengan Dia dalam kemuliaan.

Kaum muda yang mau sekolah/ kuliah di tempat lain, yang utama harus mencari tempat yang ada Firman penggembalaan yang benar. Walaupun kita sudah dapat gelar, dipermuliakan di dunia tetapi kehilangan kemuliaan secara rohani/ kehilangan Yesus, karena tidak lagi tergembala.

Tersembunyi di dalam Allah=
o   Tidak bisa di jamah oleh roh durhaka, roh jahat dan roh najis
o   Luput dari aniaya antikrist

Ada 2000 babi, 2000= angka penggembalaan, berarti ada penggembalaan babi. Ukuran ruangan suci panjangnya 20 hasta, lebarnya 10 hasta, tingginya 10 hasta= 2000 hasta.
Markus 5:13
5:13 Yesus mengabulkan permintaan mereka. Lalu keluarlah roh-roh jahat itu dan memasuki babi-babi itu. Kawanan babi yang kira-kira dua ribu jumlahnya itu terjun dari tepi jurang ke dalam danau dan mati lemas di dalamnya.

Kehidupan yang tidak mau tergembala dengan sungguh-sungguh nanti akan masuk dalam penggembalaan babi/ penggembalaan tanpa penyucian/ hanya perkara-perkara yang duniawi akibatnya, dulu babi terjun ke dalam danau, mati lemas tenggelam, tetapi bagi orang Kristen sekarang akan terjun di dalam lautan api dan belerang (neraka), binasa selamanya.
Wahyu 21:8
21:8 Tetapi orang-orang penakut, orang-orang yang tidak percaya, orang-orang keji, orang-orang pembunuh, orang-orang sundal, tukang-tukang sihir, penyembah-penyembah berhala dan semua pendusta, mereka akan mendapat bagian mereka di dalam lautan yang menyala-nyala oleh api dan belerang; inilah kematian yang kedua."

Kehidupan yang tetap setia melayani Tuhan, berada pada penggembalaan yang benar, terima penyucian akan menjadi menjadi mempelai wanita Tuhan, masuk Yerusalem baru bertemu Yesus Mempelai Pria Sorga.


GPT “Kristus Penebus”
Jl. Langgadopi No.4 Tentena
Kec. Pamona Puselemba, Kab. Poso, 94663
Telp: (0458) 21415
HP: 085241270477
Tuhan memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar