20160505

Kebaktian Kenaikan Tuhan Yesus, Kamis 5 Mei 2016 Pdt. Bernard Legontu


Salam sejahtera di dalam Kasih Tuhan Yesus Kristus.


Kita akan disajikan Tuhan pengajaran yang besar dalam bentuk kedatangan Tuhan pada kali yang kedua, apa-apa yang harus kita lakukan dan apa kegiatan yang iblis kerjakan sehingga menghambat saudara dan saya untuk siap menyambut kedatangan Tuhan Yesus pada kali yang kedua. Ada dua kegiatan di dunia ini:
1.      Kegiatan gereja Tuhan yang serius mempersiapkan diri menyambut kedatangan Tuhan Yesus
2.      Kegiatan iblis untuk menghadang saudara. Jangan sampai kita kalah.

Wahyu 1:2; 22:7,20
1:7 Lihatlah, Ia datang dengan awan-awan dan setiap mata akan melihat Dia, juga mereka yang telah menikam Dia. Dan semua bangsa di bumi akan meratapi Dia. Ya, amin.
22:7 "Sesungguhnya Aku datang segera. Berbahagialah orang yang menuruti perkataan-perkataan nubuat kitab ini!"
22:20 Ia yang memberi kesaksian tentang semuanya ini, berfirman: "Ya, Aku datang segera!" Amin, datanglah, Tuhan Yesus!

Pada pasal satu ayat tujuh ada seruan dari Tuhan agar gereja Tuhan mengarahkan pandangannya supaya terpusat pada kedatangan Tuhan Yesus di awan-awan. Kedatangan Tuhan Yesus pada kali yang kedua digandeng dengan kisah penderitaan Tuhan Yesus pada kedatanganNya pada kali yang pertama.

Kitab Wahyu dibuka dengan “lihat, Ia datang” dan dikunci dengan “Aku datang segera” kemudian dijawab oleh gereja Tuhan dengan perkataan “amin, datanglah Tuhan Yesus”. Pada Wahyu 22:20 tidak lagi dikaitkan dengan kedatangan Yesus pertama kali yang mati lalu dikubur dan bangkit, tetapi langsung menunjuk pada kedatanganNya pada kali yang kedua dan selanjutnya kita melihat tanggapan dari umat Tuhan yang telah siap, mereka berkata “amin, datanglah Tuhan Yesus”. Posisi kita harus kita akhiri pada Wahyu 22:20, sekarang kita sedang menuju ke sana. Apakah benar kita mempunyai mata yang fokus menuju ke sana, memiliki mata yang terbuka secara penuh tertuju pada kedatangan Tuhan Yesus atau tidak.

Pada kedatanganNya pada kali yang pertama, Tuhan Yesus datang kepada manusia di bumi tetapi mereka menolak. Padahal bumi ini kalau tanpa Firman itu tak berbentuk, kosong, kacau balau dan gelap gulita. Bumi yang ditekankan di sini adalah manusia. Manusia tanpa Firman itu tidak berbentuk, kosong, gelap gulita.

Jadi kitab Wahyu dibuka dengan Tuhan datang di awan-awan dan dikaitkan dengan Dia ditikam. Apa penyebabnya Dia ditikam? Supaya kita punya bentuk, supaya kita jangan kosong, supaya kita jangan gelap gulita. Tuhan Yesus rela ada dalam derita sengsara seperti itu supaya manusia yang tidak berbentuk lagi menjadi punya bentuk (kembali jadi manusia Ilahi).

Kalau dikatakan tidak berbentuk berarti gambar Allah dalam diri manusia itu sudah tidak ada, sudah tidak berbentuk lagi seperti Tuhan. Kalau sekarang kita dikembalikan pada bentuk semula sebelum manusia jatuh dalam dosa, di mana rasa terima kasih kita kepada Tuhan.

Apakah bapak, ibu dan anak muda remaja, terasa pekerjaan Firman Tuhan itu sedang menggarap dan membentuk saudara? Kalau tetap tidak berbentuk maka itu sudah menjadi urusanmu di neraka! Apakah umat Tuhan sekarang terasa sudah ada isi atau masih kosong? Sangat gawat kalau kosong sebab itu sama dengan yang dikatakan Tuhan Yesus. Ada sebuah rumah yang kotor sekali dan dihuni oleh iblis, kemudian dibersihkan oleh Tuhan. Ketika iblis itu datang menengok kembali dan rumah itu kosong maka dia mengajak 7 temannya yang lain dan mereka menjadi 8 iblis sehingga kehidupan itu menjadi lebih rusak dari awalnya.

Itu sebabnya sesudah kita dipulihkan oleh Tuhan dari keadaan tidak berbentuk menjadi berbentuk, maka kita harus segera diisi. Cara Tuhan mengisi adalah lewat tiga macam ibadah penggembalaan yaitu lewat ibadah raya, ibadah pendalaman Alkitab dan perjamuan kudus dan ibadah doa penyembahan. Itu adalah cara Tuhan mengisi kita supaya jangan kosong, supaya bentuk yang sementara Tuhan bangun itu terus berlanjut.

Kalau tiga benda terang itu sudah ada pada kita maka otomatis gelap gulita sudah tidak ada lagi. Siapapun manusia di dunia ini kalau tanda Firman dia tidak berbentuk, dia kosong dan gelap gulita. Tuhan Yesus datang ke dunia walaupun itu beresiko tinggi. Maksudnya untuk mengembalikan kita dari yang tidak berbentuk supaya berbentuk kembali.
Kejadian 1:26
1:26 Berfirmanlah Allah: "Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi."

Ini adalah bentuk, sekaligus mereka diberikan wibawa untuk menguasai yang di udara, di atas bumi dan dibawah bumi. Setelah manusia jatuh dalam dosa maka dia kehilangan kemuliaan Tuhan dan juga kehilangan wibawa. Kalau kita dikembalikan oleh Tuhan dari yang tidak berbentuk kembali menjadi berbentuk maka itu sekaligus Tuhan berikan wibawa. Yang di bawah bumi yaitu roh antikristus, yang di atas bumi itulah pekerjaan kepalsuan dari nabi palsu dan yang di udara itu adalah iblis. Dengan kembalinya kita pada bentuk semula maka kita ada wibawa untuk mengalahkan trio iblis. Buktikanlah bahwa saudara dikembalikan pada bentuk awal yaitu dengan tidak kosong. Kalau kosong pasti gelap gulita.

Wahyu 1:7
1:7 Lihatlah, Ia datang dengan awan-awan dan setiap mata akan melihat Dia, juga mereka yang telah menikam Dia. Dan semua bangsa di bumi akan meratapi Dia. Ya, amin.

Tuhan datang di atas awan-awan. Kalimat-kalimat selanjutnya menarik memori kita dan mengingatkan bagaimana kisah 2000 tahun yang lalu yaitu kedatanganNya pada kali yang pertama. Kemudian pada Wahyu pasal 22 itu diingatkan lagi. Gereja Tuhan yang memiliki memori tentang penderitaan Tuhan Yesus 2000 tahun yang lampau sehingga dia merasa hidupnya itu berutang kepada Tuhan sebab diubahkan dari yang tidak berbentuk, kosong dan gelap gulita menjadi punya bentuk, ada isi dan terang benderang oleh karena karya Korban Kristus di Golgota, kehidupan itu akan berani berkata “Amin, datanglah Tuhan Yesus”. Berarti dia sudah siap.

Gereja Tuhan yang sudah siap melewati beberapa fase. Orang yang menanggapi perkataan Tuhan Yesus dengan ucapan “Amin, datanglah Tuhan Yesus” adalah orang yang sudah menikmati fase-fase tersebut.

Masuk dalam Wahyu pasal kedua ada peringatan-peringatan Tuhan dan dikaitkan dengan kedatanganNya.

1.      Pada sidang jemaat Efesus Tuhan katakan “Aku akan datang” tetapi untuk mengambil kaki dian. Kenapa? Sebab sidang jemaat Efesus telah lalai mempersiapkan diri untuk menyambut kedatangan Tuhan pada kali yang kedua. Kalau kaki dian diambil berarti kembali pada gelap. Ini ancaman dan itu jangan terjadi pada diri kita.
Wahyu 2:5
2:5 Sebab itu ingatlah betapa dalamnya engkau telah jatuh! Bertobatlah dan lakukanlah lagi apa yang semula engkau lakukan. Jika tidak demikian, Aku akan datang kepadamu dan Aku akan mengambil kaki dianmu dari tempatnya, jikalau engkau tidak bertobat.

Jemaat ini sebenarnya sudah ada di dalam terang. Tetapi lambat laun perjalanan hidup mereka bukan mempersiapkan diri sehingga berani berkata “amin, datanglah Tuhan Yesus” tetapi mereka merosot. Akhirnya Tuhan datang untuk mengambil kaki dian yang ada pada mereka sehingga mereka kembali pada gelap. Sidang jemaat, jangan hanya awalnya kita mengebu-gebu. Tuhan tidak memberi diriNya untuk dipermainkan. Kalau hanya awalnya menggebu-gebu dan pandangannya tidak ke atas untuk mempersiapkan diri maka nasib orang itu kelak akan kembali pada gelap gulita.

2.      Pada sidang jemaat Smirna tidak dikatakan bahwa Tuhan akan segera datang tetapi malah dikatakan mereka akan diuji selama 10 hari. Berarti ini secara spesial ditujukan kepada orang-orang yang mati sahid.
Wahyu 6:9
6:9 Dan ketika Anak Domba itu membuka meterai yang kelima, aku melihat di bawah mezbah jiwa-jiwa mereka yang telah dibunuh oleh karena firman Allah dan oleh karena kesaksian yang mereka miliki.

Jiwa mereka ada di bawah mezbah, berarti mereka adalah sidang jemaat yang selalu dekat pada salib Golgota.

Wahyu 6:10-11
6:10 Dan mereka berseru dengan suara nyaring, katanya: "Berapa lamakah lagi, ya Penguasa yang kudus dan benar, Engkau tidak menghakimi dan tidak membalaskan darah kami kepada mereka yang diam di bumi?"
6:11 Dan kepada mereka masing-masing diberikan sehelai jubah putih, dan kepada mereka dikatakan, bahwa mereka harus beristirahat sedikit waktu lagi hingga genap jumlah kawan-kawan pelayan dan saudara-saudara mereka, yang akan dibunuh sama seperti mereka.

Yang akan mati sahid ini sudah ada bilangannya ditetapkan oleh Tuhan. Tetapi kita merindu supaya jangan ke sana, kita minta kepada Tuhan supaya menjadi Mempelai Wanita Tuhan. Jangan sampai kita tidak membawa diri untuk siap menyambut kedatangan Tuhan Yesus yang kedua kali.

3.      Sidang jemaat Pergamus sudah ada terang, sudah dibangun bentuk, tetapi berulah kembali.
Wahyu 2:16
2:16 Sebab itu bertobatlah! Jika tidak demikian, Aku akan segera datang kepadamu dan Aku akan memerangi mereka dengan pedang yang di mulut-Ku ini.

Akhirnya Tuhan datang untuk memerangi mereka dengan pedang dari mulutNya. Ini adalah kehidupan yang sudah dibentuk, sudah diisi oleh Tuhan, sudah ada di dalam terang tetapi tidak waspada sehingga masuk pengajaran-pengajaran yang lain. Masuk pengajaran Bileam, masuk pengajaran Nikolaus dan berbagai ragam pengajaran sehingga menjadi pengajaran gado-gado di dalam sidang jemaat itu. Ini adalah tanggung jawab dari gembala.

Kalau dalam sidang jemaat sudah disusupi dengan pelajaran yang bercorak ragam dan tidak lagi pada asas yang benar yaitu Firman pengajaran yang sehat dan murni yang kita terima dari para pendahulu lewat Ilham Tuhan maka akhirnya sidang jemaat bukan dibawa untuk siap bertemu dengan Tuhan di awan-awan yang permai serta berkata “datanglah Tuhan Yesus” tetapi malah Tuhan ancam untuk diperangi.

Ada kegiatan Tuhan untuk membangun gereja, tetapi ada kegiatan merusak dan itu dari iblis. Dia tidak senang gereja siap berkata “datanglah Tuhan Yesus”. Makanya iblis berupaya menggangu saya dan saudara. Antara lain lewat apa yang dialami oleh sidang jemaat Pergamus. Di dalamnya masuk pengajaran Bileam dan pengajaran Nikolaus.

Bileam itu adalah nabi aspal, asli tapi palsu. Ini yang harus kita jaga jangan masuk dalam kita. Nampaknya dia menyampaikan Firman padahal ketika Tuhan berkata “jangan engkau pergi, jangan engkau kutuk sebab bangsa itu telah Aku berkati” yang dia sampaikan pada utusan Balak hanya sepertiganya yang dua pertiga dia tahan. Mengapa? Karena motivasinya duit! Jemaat jangan coba mengkonsumsi Firman yang tidak murni, apalagi yang campuran di dalamnya!

Sidang jemaat sudah dibentuk, sudah diisi dan tidak lagi kosong, sidang jemaat sudah dalam terang, tetapi mendadak gelap masuk. Itu sebabnya Tuhan ancam “Aku akan perangi”. Tetapi itu baru bersifat ancaman, belum eksekusi. Jangan tunggu eksekusinya terjadi. Kalau ancaman itu datang maksudnya supaya segera kita bertobat agar jangan ancaman itu dilaksanakan. Kita beribadah jangan asal, perhatikan suara dari belakang mimbar yaitu Firman penggembalaan yang sehat (benar).

4.      Sidang jemaat Tiatira
Wahyu 2:25
2:25 Tetapi apa yang ada padamu, peganglah itu sampai Aku datang.

Dalam jemaat Tiatira tampil perempuan yang menyebut dirinya nabiah itulah Izebel. Perannya luar biasa sehingga suara gembala diabaikan. Roh izebel ini akan berkelanjutan hingga kedatangan Tuhan pada kali yang kedua ini. Akhir zaman suara izebel ini akan semakin marak, akan lebih hebat.

Dari 7 nasihat Tuhan yang terakhir, nasihat yang pertama adalah supaya kita berpegang pada Firman pengajaran yang benar karena mau menyambut kedatangan Tuhan Yesus kedua kali.
Wahyu 22:7
22:7 "Sesungguhnya Aku datang segera. Berbahagialah orang yang menuruti perkataan-perkataan nubuat kitab ini!"

Ini menjadi koreksi bagi kita, apakah kita diganggu oleh roh-roh ini. Roh ini bekerja terus, dia tidak berhenti bahkan hari-hari terakhir ini lebih marak, dikatakan nabiah ini menyesatkan hamba-hamba Tuhan. Wanita dalam sidang jemaat Tiatira ini mengatakan dirinya nabiah. Berarti bukan diangkat oleh Tuhan tetapi dia sendiri yang mengangkat dirinya menyebut nabiah. Namun pengaruhnya luar biasa dalam sidang jemaat Tiatira. Termasuk hamba-hamba Tuhan dia sesatkan sehingga makan persembahan berhala. Padahal pada konferensi pertama hamba-hamba Tuhan, salah satu keputusan yang diambil adalah jangan makan persembahan berhala.
Kisah Para Rasul 15:20
15:20 tetapi kita harus menulis surat kepada mereka, supaya mereka menjauhkan diri dari makanan yang telah dicemarkan berhala-berhala, dari percabulan, dari daging binatang yang mati dicekik dan dari darah.

Izebel justru mendorong hamba-hamba Tuhan supaya kena cemar dengan makan persembahan berhala, berarti bersekutu dengan berhala.

Tuhan mengatakan orang yang mengikuti ajaran Izebel akan dilempar pada kesusahan besar berarti masuk dalam 3,5 tahun aniaya antikristus. Kenapa kita menjadi bodoh untuk ke sana. Tetapi sidang jemaat bisa menjadi bodoh semuanya kalau izebel masuk dalam gereja! Kalau sudah perempuan yang bersuara dari belakang mimbar maka itu sudah berbahaya!

5.      Sidang jemaat di Sardis
Wahyu 3:3
3:3 Karena itu ingatlah, bagaimana engkau telah menerima dan mendengarnya; turutilah itu dan bertobatlah! Karena jikalau engkau tidak berjaga-jaga, Aku akan datang seperti pencuri dan engkau tidak tahu pada waktu manakah Aku tiba-tiba datang kepadamu.

Ini adalah sidang jemaat yang terancam tidak siap menyambut kedatangan Tuhan pada kali yang kedua sebab sidang jemaat ini merasa dirinya hidup padahal mati. Semua yang dia kerjakan mentah tidak ada yang matang benar, semuanya hanya separuh-separuh.
Hosea 7:8
7:8 Efraim mencampurkan dirinya di antara bangsa-bangsa, Efraim telah menjadi roti bundar yang tidak dibalik.

6.      Sidang jemaat Filadelfia
Wahyu 3:11
3:11 Aku datang segera. Peganglah apa yang ada padamu, supaya tidak seorang pun mengambil mahkotamu.

Ini jemaat yang siap. Kedatangan Tuhan Yesus pada sidang jemaat Filadelfia dikaitkan dengan persoalan mahkota. Jemaat ini ada pada level tinggal sedikit lagi sudah mau sempurna. Diingatkan supaya mereka berpegang, berarti apa yang mereka pegang itu sudah benar. Berpegang itu berarti setia, tekuni, pegang dengan teguh dan jangan longgar. Sidang jemaat Filadelfia sudah memiliki mahkota tetapi ada yang mengancam mau mengambil. Kalau terlepas pegangan mereka pada pengajaran yang benar maka mahkota akan diambil oleh yang lain.

7.      Sidang jemaat Laodekia ini beribadah gegap gempita, mereka merasa kaya, setiap minggu membaca bahwa pemasukan mereka sekian dan ada saldo tetapi Tuhan Yesus ada di luar pintu (Yesus ada di luar jemaat).
Wahyu 3:20
3:20 Lihat, Aku berdiri di muka pintu dan mengetok; jikalau ada orang yang mendengar suara-Ku dan membukakan pintu, Aku akan masuk mendapatkannya dan Aku makan bersama-sama dengan dia, dan ia bersama-sama dengan Aku.

Tuhan Yesus ada di luar pintu dan pintu mereka tutup. Tetapi Tuhan Yesus masih berkemurahan dengan mengetok pintu.

Izinkan Tuhan Yesus selalu bersamamu, jangan biarkan Tuhan Yesus ada di luar. Setiap pagi sebelum beraktivitas, duduklah bersimpuh di kaki Tuhan dan serulah namaNya. Sesudah beraktivitas sepanjang hari sebelum anda membaringkan tubuh, bersimpuhlah di hadapan Tuhan mengucap syukur kepada Tuhan dan berkata “terima kasih Tuhan sudah melindungi saya sepanjang haris. Sekarang saya mau membaringkan diri untuk beristirahat. Saya tidak tahu apa yang akan terjadi, tetapi kalau saya menyerahkan tubuh, jiwa dan rohku maka Tuhan yang akan melindungi”.  

Tetapi yang terjadi dalam kehidupan banyak anak Tuhan, bangun pagi bukannya duduk di kaki Tuhan tetapi kucingnya atau anjingnya yang dia marah. Sudah tidak bisa sembayang siang, malam hari ketika mau tidur juga sudah tidak sembayang. Kalau memang sibuk sepanjang hari sehingga tidak bisa sembayang, biarlah kita mengambil waktu sembayang sebelum tidur.

Mari kita lihat lebih jauh apa-apa yang harus kita kerjakan. Tuhan sudah memfasilitasi kita, apa lagi yang kurang. Tuhan Yesus naik ke Sorga demi kepentingan kita, apa sebenarnya yang Tuhan tidak beri kepada kita? Tuhan berikan kepada kita itu telah Tuhan bayar dengan mahal.
Efesus 4:8-10
4:8 Itulah sebabnya kata nas: "Tatkala Ia naik ke tempat tinggi, Ia membawa tawanan-tawanan; Ia memberikan pemberian-pemberian kepada manusia."
4:9 Bukankah "Ia telah naik" berarti, bahwa Ia juga telah turun ke bagian bumi yang paling bawah?
4:10 Ia yang telah turun, Ia juga yang telah naik jauh lebih tinggi dari pada semua langit, untuk memenuhkan segala sesuatu.

Ibrani 9:24
9:24 Sebab Kristus bukan masuk ke dalam tempat kudus buatan tangan manusia yang hanya merupakan gambaran saja dari yang sebenarnya, tetapi ke dalam sorga sendiri untuk menghadap hadirat Allah guna kepentingan kita.

Inilah isi yang Tuhan Yesus buat, karena Dia naik ke Sorga demi kepentingan kita. Dia mempersiapkan suatu paket untuk sidang jemaat/ untuk umat Tuhan. Tetapi paket yang Dia berikan pada kita itu Dia bayar mahal karena Dia telah turun ke dunia yang paling bawah kemudian naik. Itu menunjuk kematian dan kebangkitan supaya ada pemberian yang berharga diberikan kepada kita (gerejaNya).
Kalau kita tahu bahwa pemberian Tuhan itu harganya sangat mahal sebab dibayar oleh kematian dan kebangkitanNya maka kita bukan hanya menjadi penonton tetapi benar-benar kita nikmati. Apa isi paket itu?
Efesus 4:11
4:11 Dan Ialah yang memberikan baik rasul-rasul maupun nabi-nabi, baik pemberita-pemberita Injil maupun gembala-gembala dan pengajar-pengajar,

Pada bangsa Israel dulu, 1 suku dari mereka Tuhan ambil lalu Tuhan kemas menjadi pemberian Tuhan kepada 11 suku lainnya. Suku Lewi diambil oleh Tuhan lalu dikemas oleh Tuhan sedemikian rupa kemudian diberikan kembali kepada 11 suku yang lain untuk melayani ibadah mereka.
Bilangan 18:6
18:6 Sesungguhnya Aku ini telah mengambil saudara-saudaramu, orang Lewi, dari tengah-tengah orang Israel sebagai pemberian kepadamu, sebagai orang-orang yang diserahkan kepada TUHAN, untuk melakukan pekerjaan pada Kemah Pertemuan;

Ini orang-orang tawanan Tuhan, ruang geraknya dibatasi oleh Tuhan. Itulah kami hamba Tuhan, kami bagaikan orang yang ditawan oleh Tuhan. Ruang gerak kami dipersempit oleh Tuhan. Makanya saya harus sadar dan memahami itu, orang lain boleh mengumbar matanya melihat sana sini, saya hanya mengumbar mata di kamar melihat pribadi Tuhan karena saya tahu saya ini orang tawanan Tuhan dan menjadi pemberian bagi sidang jemaat. Saya harus menghargai pembayaran Tuhan yang mahal harganya.

Walaupun kita semua adalah anak ketebusannya Tuhan, kita ini sama ditebus oleh Tuhan dari Mesir (dunia) ini, tetapi ada orang-orang spesialnya Tuhan untuk menangani umatNya yang kadang kala malah dientengkan.

Bilangan 18:7
18:7 tetapi engkau ini beserta anak-anakmu harus memegang jabatanmu sebagai imam dalam segala hal yang berkenaan dengan mezbah dan dengan segala sesuatu yang ada di belakang tabir, dan kamu harus mengerjakannya; sebagai suatu jabatan pemberian Aku memberikan kepadamu jabatanmu sebagai imam itu; tetapi orang awam yang mendekat harus dihukum mati."

Dulu imam-imam Lewi mengerjakan pekerjaan di kemah pertemuan. Untuk kita sekarang ini berarti mengerjakan pembangunan Tubuh Kristus. Orang Lewi mengerjakan pekerjaan mulai dari pintu gerbang sampai di ruangan maha suci. Ini nubuatan kami bagi kami hamba Tuhan di penghujung akhir zaman ini supaya berita kami adalah berita yang utuh mulai dari halaman sampai di ruangan maha suci supaya segera terwujud Tubuh Kristus yang sempurna, Mempelai Wanita Tuhan. Mereka ini Tuhan yang angkat, bukan mengangkat diri sendiri. Melayani dengan dasar korban Kristus (mezbah korban bakaran/halaman) sampai sempurna (ruang maha suci).

Kita sudah membaca dalam kitab nabi Yehezkiel 33:1-6 pelayan yang diangkat oleh manusia, atau dia mengangkat dirinya sendiri. Tetapi Yehezkiel 33:7 berbicara hamba Tuhan yang diangkat oleh Tuhan. Kalau hamba Tuhan diangkat oleh Tuhan maka pasti Tuhan membekali FirmanNya pada orang itu, yang dia beritakan adalah ilham dari Tuhan. Tetapi kalau diangkat oleh manusia, diangkat oleh daging maka yang dia beritakan adalah ilmu (akalnya).

Efesus 4:11 tadi diangkat oleh Tuhan:
1.      Rasul
Yang pertama diangkat adalah rasul yang ada hubungannya dengan Firman pengajaran. Hikmat itu mengangkat Firman pengajaran dan Firman pengajaran itu sumbernya dari hikmat Allah. Itu adalah pemberian Tuhan. Kita tidak lagi berbicara figur rasul tetapi yang paling utama adalah apakah dalam penampilan hamba Tuhan di balik mimbar itu ada hikmat, ada pengajaran, ada pembukaan rahasia Firman Tuhan, kalau seperti itu berarti dia dipercaya oleh Tuhan dan dia adalah pemberian Tuhan pada jemaat.
1 Korintus 4:1-2
4:1 Demikianlah hendaknya orang memandang kami: sebagai hamba-hamba Kristus, yang kepadanya dipercayakan rahasia Allah.
4:2 Yang akhirnya dituntut dari pelayan-pelayan yang demikian ialah, bahwa mereka ternyata dapat dipercayai.

Seseorang yang hanya berangkat dengan ilmiah, dia bisa berbicara dari mimbar tetapi itu bukan ilham. Itu malah beresiko.
I Timotius 6:20-21
6:20 Hai Timotius, peliharalah apa yang telah dipercayakan kepadamu. Hindarilah omongan yang kosong dan yang tidak suci dan pertentangan-pertentangan yang berasal dari apa yang disebut pengetahuan,
6:21 karena ada beberapa orang yang mengajarkannya dan dengan demikian telah menyimpang dari iman. Kasih karunia menyertai kamu!

Jadi kalau pemberitaan hanya dari ilmiah maka itu kosong sebab tidak bisa menyucikan serta hanya menimbulkan pertentangan-pertentangan lalu akhirnya orang itu menyimpang dari iman. Coba pecahkan secara ilmiah bagaimana bisa 5000 orang makan dari 5 ketul roti dan 2 ekor ikan lalu masih ada sisa 12 bakul. Jangan kita tenggelam dengan ilmiah. Alkitab itu harus didekati dengan iman.
Amos 4:13
4:13 Sebab sesungguhnya, Dia yang membentuk gunung-gunung dan menciptakan angin, yang memberitahukan kepada manusia apa yang dipikirkan-Nya, yang membuat fajar dan kegelapan dan yang berjejak di atas bukit-bukit bumi -- TUHAN, Allah semesta alam, itulah nama-Nya.

Kisah Para Rasul 2:42
2:42 Mereka bertekun dalam pengajaran rasul-rasul dan dalam persekutuan. Dan mereka selalu berkumpul untuk memecahkan roti dan berdoa.

Dua belas rasul yang Tuhan angkat itu semuanya laki-laki dan tidak ada perempuan, tidak ada yang pakai konde. Jangan sampai pengajaran disajikan di tengah sidang jemaat oleh yang pakai konde. Ini adalah permainan tipu daya manusia. Tuhan mau membentuk dan mengembalikan kita pada bentuk semula dan mau mengisi supaya jangan kita gelap gulita.

Kalau ada penyimpangan lalu mempertahankan argumen itu terserah mereka, yang saya lihat dalam Alkitab tidak ada seperti itu.

2.      Nabi
Nabi yang diangkat ini kena mengena dengan Firman nubuatan yaitu Firman yang mengungkap hal-hal yang akan datang.
II Petrus 2:19
1:19 Dengan demikian kami makin diteguhkan oleh firman yang telah disampaikan oleh para nabi. Alangkah baiknya kalau kamu memperhatikannya sama seperti memperhatikan pelita yang bercahaya di tempat yang gelap sampai fajar menyingsing dan bintang timur terbit bersinar di dalam hatimu.

3.      Penginjil
Penginjil ini untuk memberitakan Firman Tuhan kepada orang yang masih ada dalam gelap, kemudian dibawa pada terang. Setelah orang itu ada pada terang ditindaklanjuti dengan Firman pengajaran dan bukan lagi penginjilan. Karena tujuan akhir Tuhan adalah kita menjadi TubuhNya.
Efesus 4:12
4:12 untuk memperlengkapi orang-orang kudus bagi pekerjaan pelayanan, bagi pembangunan tubuh Kristus,

Ini adalah mega proyeknya Tuhan yaitu membangun Tubuh Kristus yaitu Mempelai Wanita Tuhan. Kenapa saya katakan mega proyek? Karena ini mendunia. Apakah saudara sedang dibawa masuk dalam arena pembangunan Tubuh Kristus? Kalau tidak masuk ke sana maka gawatlah saudara.

4.      Gembala
Selanjutnya dari hasil penginjilan ditindak lanjuti oleh gembala. Jiwa-jiwa yang tadinya sudah diinjili, dipercayakan oleh Tuhan kepada gembala.
Kisah Rasul 20:28
20:28 Karena itu jagalah dirimu dan jagalah seluruh kawanan, karena kamulah yang ditetapkan Roh Kudus menjadi penilik untuk menggembalakan jemaat Allah yang diperoleh-Nya dengan darah Anak-Nya sendiri.

I Petrus 2:25
2:25 Sebab dahulu kamu sesat seperti domba, tetapi sekarang kamu telah kembali kepada gembala dan pemelihara jiwamu.
Yang dipelihara bukan kursi di mana saudara duduk, bukan pelihara mobil, motor dan rumah saudara tetapi memelihara jiwa saudara. Sebab satu saat gembala ini akan bertanggung jawab pada Tuhan Yesus Gembala Agung.
I Petrus 5:4
5:4 Maka kamu, apabila Gembala Agung datang, kamu akan menerima mahkota kemuliaan yang tidak dapat layu.

Kita lihat aktivitas dari iblis, salah satu yang dia mau telan adalah anak laki-laki yang dilahirkan oleh perempuan itu.
Wahyu 12:4-5
12:4 Dan ekornya menyeret sepertiga dari bintang-bintang di langit dan melemparkannya ke atas bumi. Dan naga itu berdiri di hadapan perempuan yang hendak melahirkan itu, untuk menelan Anaknya, segera sesudah perempuan itu melahirkan-Nya.
12:5 Maka ia melahirkan seorang Anak laki-laki, yang akan menggembalakan semua bangsa dengan gada besi; tiba-tiba Anaknya itu dirampas dan dibawa lari kepada Allah dan ke takhta-Nya.

Anak itu ternyata menyandang jabatan gembala. Yang awal mau ditelan oleh iblis itu adalah gembala. Kalau gembala sudah ditelan maka gampang jemaat untuk ditelan. Kalau gembala itu adalah hasil produk dari pekerjaan Firman maka Tuhan yang bertanggung jawab membela.

Dalam Matius pasal 2 kita lihat bahwa Maria yang mengandung Yesus. Siapa Yesus? Gembala dan Pemimpin.
Matius 2:6
2:6 Dan engkau Betlehem, tanah Yehuda, engkau sekali-kali bukanlah yang terkecil di antara mereka yang memerintah Yehuda, karena dari padamulah akan bangkit seorang pemimpin, yang akan menggembalakan umat-Ku Israel."

Yang dilahirkan oleh Maria adalah Gembala Agung dan inilah yang dikejar oleh Herodes untuk dibinasakan, bukan Maria .
Matius 2:16
2:16 Ketika Herodes tahu, bahwa ia telah diperdayakan oleh orang-orang majus itu, ia sangat marah. Lalu ia menyuruh membunuh semua anak di Betlehem dan sekitarnya, yaitu anak-anak yang berumur dua tahun ke bawah, sesuai dengan waktu yang dapat diketahuinya dari orang-orang majus itu.

Jadi yang mau dihancurkan itu adalah jabatan gembala, jabatan pemimpin. Herodes berniat membunuh tetapi akhirnya yang terjadi Dia disingkirkan oleh Tuhan.

Peran gembala ini dibutuhkan untuk mempersiapkan gereja Tuhan agar siap bertemu dengan Tuhan Yesus Mempelai Laki-laki Sorga. Peran gembala bertujuan membangun Tubuh Kristus yaitu Mempelai Wanita Tuhan. Jangan memandang gembala dengan sebelah mata, jangan berpikir “yang penting saya pergi gereja dan saya tidak usah melihat gembala, pokoknya saya membawa diriku di hadapan Tuhan”. Tetapi ingat, sistem Sorga bukan demikian. Itu sebabnya peran gembala jangan diabaikan. Jangan anggap remeh gembala dan gembala harus tahu kewajibannya.

Lima jabatan ini harus ada untuk menangani umat Tuhan. Mereka ini adalah orang-orang yang yakin sungguh. Sadar seperti orang tawanan, mereka seperti seorang serdadu yang disuruh oleh negara untuk perang dan mereka dibiayai oleh negara. Begitu juga kami hamba Tuhan. Kalau kami diangkat oleh Tuhan maka kami harus percaya bahwa Tuhan yang bertanggung jawab untuk kebutuhan-kebutuhan hidup kami.

Ini adalah ciri kehidupan yang diangkat oleh Tuhan, dia yakin bahwa dia diangkat oleh Tuhan maka dia bekerja saja dan Tuhan yang akan memenuhi kebutuhan jasmaninya. Ini bukti bahwa orang itu diangkat oleh Tuhan. Kalau dia masih membuka bengkel atau buka kios maka itu adalah orang yang tidak percaya kepada Tuhan Yesus. Dia memberitakan bahwa Tuhan Yesus mengadakan dari yang tidak ada menjadi ada tetapi dia sendiri tidak percaya, dia hanya membohongi sidang jemaat!

I Korintus 9:7-10,15
9:7 Siapakah yang pernah turut dalam peperangan atas biayanya sendiri? Siapakah yang menanami kebun anggur dan tidak memakan buahnya? Atau siapakah yang menggembalakan kawanan domba dan yang tidak minum susu domba itu?
9:8 Apa yang kukatakan ini bukanlah hanya pikiran manusia saja. Bukankah hukum Taurat juga berkata-kata demikian?
9:9 Sebab dalam hukum Musa ada tertulis: "Janganlah engkau memberangus mulut lembu yang sedang mengirik!" Lembukah yang Allah perhatikan?
9:10 Atau kitakah yang Ia maksudkan? Ya, untuk kitalah hal ini ditulis, yaitu pembajak harus membajak dalam pengharapan dan pengirik harus mengirik dalam pengharapan untuk memperoleh bagiannya.
9:15 Tetapi aku tidak pernah mempergunakan satu pun dari hak-hak itu. Aku tidak menulis semuanya ini, supaya aku pun diperlakukan juga demikian. Sebab aku lebih suka mati dari pada ...! Sungguh, kemegahanku tidak dapat ditiadakan siapa pun juga!

Ini adalah orang yang spesial dipercayakan oleh Tuhan untuk memimpin umat Tuhan supaya semua terlibat dalam pembangunan Tubuh Kristus.

Efesus 4:12
4:12 untuk memperlengkapi orang-orang kudus bagi pekerjaan pelayanan, bagi pembangunan tubuh Kristus,

Menempatkan seseorang pada tempat yang benar, itu namanya memperlengkapi. Itu disalin dari kata katartizo. Maksudnya supaya Tubuh Kristus tersusun rapi menjadi Mempelai Wanita Tuhan. Itulah bentuk dari gereja Tuhan.

Gembala ini sangat berperan di dalam sidang jemaat.
Markus 6:34
6:34 Ketika Yesus mendarat, Ia melihat sejumlah besar orang banyak, maka tergeraklah hati-Nya oleh belas kasihan kepada mereka, karena mereka seperti domba yang tidak mempunyai gembala. Lalu mulailah Ia mengajarkan banyak hal kepada mereka.

Ada gembala tetapi seperti tidak punya gembala, dalam gereja Tuhan hal ini bisa terjadi. Makanya Tuhan Yesus jatuh belas kasihan dan memberikan mereka makan.

Ada kegiatan-kegiatan lain yang akan mengganggu kita utamanya di ujung akhir zaman ini menjelang kita mencapai kesempunaan.
1.      Dia memakai ekor untuk menyabet sepertiga bintang. Supaya kita tidak jatuh maka peganglah Firman. Mengapa bisa jatuh? Karena tidak berpegang pada Firman.
Filipi 2:15-16
2:15 supaya kamu tiada beraib dan tiada bernoda, sebagai anak-anak Allah yang tidak bercela di tengah-tengah angkatan yang bengkok hatinya dan yang sesat ini, sehingga kamu bercahaya di antara mereka seperti bintang-bintang di dunia,
2:16 sambil berpegang pada firman kehidupan, agar aku dapat bermegah pada hari Kristus, bahwa aku tidak percuma berlomba dan tidak percuma bersusah-susah.

Caranya supaya jangan kita kena sabetan ekor naga maka peganglah Firman kehidupan, pegang kebenaran Firman. Jangan pegangan kita longgar.

Ekor ini adalah pelayan-pelayan palsu. Pengajar-pengajar dusta inilah yang bekerja.
Yesaya 9:14
9:14 Tua-tua dan orang yang terpandang, itulah kepala, dan nabi yang mengajarkan dusta, itulah ekor.

2 Petrus 2:19
2:19 Mereka menjanjikan kemerdekaan kepada orang lain, padahal mereka sendiri adalah hamba-hamba kebinasaan, karena siapa yang dikalahkan orang, ia adalah hamba orang itu.

2.      Menelan.

3.      Memburu perempuan yang melahirkan anak itu.
Wahyu 12:13
12:13 Dan ketika naga itu sadar, bahwa ia telah dilemparkan di atas bumi, ia memburu perempuan yang melahirkan Anak laki-laki itu.

Karena tidak bisa menelan anaknya maka perempuan itu yang dia kejar. Yang dikejar ini adalah yang tadi berkata “datanglah Tuhan Yesus”.

4.      Wahyu 12:15-16
12:15 Lalu ular itu menyemburkan dari mulutnya air, sebesar sungai, ke arah perempuan itu, supaya ia dihanyutkan sungai itu.
12:16 Tetapi bumi datang menolong perempuan itu. Ia membuka mulutnya, dan menelan sungai yang disemburkan naga itu dari mulutnya.

Karena yang dia kejar ini tidak dia dapat maka akhirnya dia menyemprotkan air yang keluar dari mulutnya. Ini menunjuk kenajisan. Tetapi bumi menelannya. Kenapa? Sebab memang kesenangan bumi adalah najis. Kegemaran dari orang duniawi adalah kenajisan, makanya dia menerima air itu.

5.      Wahyu 12:17
12:17 Maka marahlah naga itu kepada perempuan itu, lalu pergi memerangi keturunannya yang lain, yang menuruti hukum-hukum Allah dan memiliki kesaksian Yesus.

Dia mau menelan anak laki-laki itu tetapi tidak dapat, dia memburu ibunya tetapi tidak dapat, maka sasarannya adalah keturunannya ini. Amarah dari naga yang tadi sudah meluap-luap itu dia lampiaskan kepada orang Kristen yang tertinggal.

Kita memohon kepada Tuhan supaya lewat sistem Tuhan kita tersingkir jauh dari mata ular sehingga kita tidak menjadi benih yang tertinggal. Anak muda remaja, usiamu sangat besar kemungkinan untuk masuk pada masa itu. Kalau tidak masuk dalam penyingkiran gereja maka bisa masuk dalam aniaya antikristus.

Tanda kedatangan Tuhan Yesus kedua kali yang khusus diberitahukan kepada gereja Tuhan dan tidak diketahui secara umum adalah pembukaan rahasia Firman Tuhan. Kalau secara umum orang tahu tanda-tanda mau kiamat adalah gempa bumi dan terjadi kejadian ini dan itu. Tetapi pembukaan rahasia Firman adalah tanda khusus yang hanya diberikan kepada orang-orang Kristen khusus. Kalau ini saudara terima itu tanda bahwa saudara mendapatkan perhatian Tuhan secara khusus.
Efesus 1:8-9
1:8 yang dilimpahkan-Nya kepada kita dalam segala hikmat dan pengertian.
1:9 Sebab Ia telah menyatakan rahasia kehendak-Nya kepada kita, sesuai dengan rencana kerelaan-Nya, yaitu rencana kerelaan yang dari semula telah ditetapkan-Nya di dalam Kristus

Jadi kalau dalam sidang jemaat ada pembukaan rahasia Firman Allah maka itu adalah perhatian Tuhan pada sidang jemaat. Pembukaan rahasia Firman Allah itu adalah pengunci waktu bahwa segera akan berakhir.

Sehebat apapun saudara kalau tertinggal nanti pasti akan berhadapan dengan antikristus dan saudara tidak akan berdaya. Sebab Roh Kudus sudah tidak bersama lagi, Tuhan Yesus Kristus sudah bersama dengan gerejaNya yang sudah disingkirkan jauh dari mata ular.

Efesus 1:10
1:10 sebagai persiapan kegenapan waktu untuk mempersatukan di dalam Kristus sebagai Kepala segala sesuatu, baik yang di sorga maupun yang di bumi.
Ini adalah pernikahan antara Tuhan Yesus Mempelai Laki-laki dari Sorga dan gereja Mempelai Wanita yang tadinya sudah kehilangan bentuk sekarang kembali pada bentuk semula, yang tadinya tidak ada isi sekarang diisi, yang tadinya gelap sekarang terang benderang sebab tiga benda terang di langit semua menaunginya. Matahari menjadi selubung hidupnya, bulan di bawah kakinya dan bermahkotakan 12 bintang.

Jangan kita main-main mengikuti Tuhan, seriuslah mengikut Tuhan. Pada hari kenaikan Tuhan ini kita diingatkan bahwa Dia akan datang kembali. Bukan hanya mengingat kenaikannya tetapi kita harus fokus pada kedatanganNya pada kali kedua.

Dalam Wahyu 1:7 dikatakan Dia datang di awan-awan, lalu ditunjuk penderitaanNya 2000 tahun yang lampau. Berarti kedatangannya pada kali yang kedua adalah hasil dari pekerjaanNya 2000 tahun yang lampau. Kalau kita tidak menghargai korban Kristus maka nasib kita sangat menyedihkan. Jangan kita anggap biasa persoalan ibadah.

Tuhan punya niat mulia dan suci luar biasa, Dia ingin merangkul kita dengan tangan kasih sayangNya. Apapun masalahmu kalau kita dekat dengan Tuhan maka semua akan terselesaikan.


GPT “Kristus Penebus”
Jl. Langgadopi No.4 Tentena
Kec. Pamona Puselemba, Kab. Poso, 94663
Telp: (0458) 21415
HP: 085241270477
Tuhan memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar