20181221

Kebaktian Natal Korobono, Jumat 21 Desember 2018 Pdt. Bernard Legontu


Salam sejahtera di dalam kasih Tuhan Yesus Kristus.

Lukas 1:39
1:39 Beberapa waktu kemudian berangkatlah Maria dan langsung berjalan ke pegunungan menuju sebuah kota di Yehuda.

Dari Nazaret ke salah satu kota di Yehuda, itu adalah perjalanan yang cukup jauh ratusan kilometer, dari utara ke selatan.

Lukas 1:40-45
1:40 Di situ ia masuk ke rumah Zakharia dan memberi salam kepada Elisabet.
1:41 Dan ketika Elisabet mendengar salam Maria, melonjaklah anak yang di dalam rahimnya dan Elisabet pun penuh dengan Roh Kudus,
1:42 lalu berseru dengan suara nyaring: "Diberkatilah engkau di antara semua perempuan dan diberkatilah buah rahimmu.
1:43 Siapakah aku ini sampai ibu Tuhanku datang mengunjungi aku?
1:44 Sebab sesungguhnya, ketika salammu sampai kepada telingaku, anak yang di dalam rahimku melonjak kegirangan.
1:45 Dan berbahagialah ia, yang telah percaya, sebab apa yang dikatakan kepadanya dari Tuhan, akan terlaksana."

Inilah keajaiban Tuhan kita Yesus Kristus. Masih di dalam kandungan, bisa dipakai untuk menggerakkan bayi yang ada di dalam kandungan Elizabet. Kemudian bersama Elizabet penuh Roh Kudus dan bayi itu melonjak kegirangan mendengar salam. Ini adalah pelajaran atau pembelajaran bagi kita. Kalau kita sebagai umat Tuhan, jika kita cenderung atau tidak suka mendengar Firman pengajaran, kita kalah dengan Yohanes yang masih umur 6 bulan dalam kandungan. Padahal semestinya kitalah yang harus lebih girang dari pada Yohanes.

Yohanes ini ditetapkan oleh Tuhan menjadi hambaNya untuk menyiapkan umat yang layak bagi Tuhan dan dia disebut nabi Allah Yang Mahatinggi. Dia juga diberi tugas membawa terang kepada mereka yang diam dalam kegelapan.
Lukas 1:17,76,77,79
1:17 dan ia akan berjalan mendahului Tuhan dalam roh dan kuasa Elia untuk membuat hati bapa-bapa berbalik kepada anak-anaknya dan hati orang-orang durhaka kepada pikiran orang-orang benar dan dengan demikian menyiapkan bagi Tuhan suatu umat yang layak bagi-Nya."
1:76 Dan engkau, hai anakku, akan disebut nabi Allah Yang Mahatinggi; karena engkau akan berjalan mendahului Tuhan untuk mempersiapkan jalan bagi-Nya,
1:77 untuk memberikan kepada umat-Nya pengertian akan keselamatan yang berdasarkan pengampunan dosa-dosa mereka,
1:79 untuk menyinari mereka yang diam dalam kegelapan dan dalam naungan maut untuk mengarahkan kaki kita kepada jalan damai sejahtera."

Yohanes dan Yesus masih dalam kandungan kedua ibu mereka, sudah terjalin pekerjaan pelayanan yang sangat indah. Yang satu dipersiapkan menjadi hambaNya yang satu dipersiapkan menjadi Raja di atas segala raja. Dan tidak hanya Raja di atas segala raja tetapi disebut oleh Firman Tuhan sebagai Mempelai Laki-laki Sorga. Kemudian Yohanes Pembaptis dipercaya oleh Tuhan untuk menyiapkan umat yang layak, berareti menyiapkan Mempelai Wanita untuk Yesus Mempelai Laki-laki Sorga. Ini nubuatan dan kita ada pada waktu penggenapannya.

Dulu tugas ini ada pada Yohanes Pembaptis lalu dilanjut oleh hamba-hamba Tuhan pada gereja hujan awal. Dan sekarang beban ini ada di pundak kami hamba-hamba Tuhan. Jika kami memahami, apa yang dulu dipercayakan Tuhan kepada Yohanes sekarang ditransfer oleh Tuhan di pundak kami hamba-hamba Tuhan. Olehnya kita tidak boleh salah dalam hal ini, kita mesti belajar.

4000 tahun sebelum Yesus datang pada kali yang pertama, sudah dinubuatkan dalam Kejadian 3:15 bagaimana perseteruan antara benih ular yaitu iblis dan benih perempuan.
Kejadian 3:15
3:15 Aku akan mengadakan permusuhan antara engkau dan perempuan ini, antara keturunanmu dan keturunannya; keturunannya akan meremukkan kepalamu, dan engkau akan meremukkan tumitnya."

Dikatakan ular itu akan memagut tumit dan benih perempuan itu akan menginjak kepala ular, itulah Yesus. Jadi 4000 tahun sebelum Yesus datang pada kali yang pertama, itu sudah dinubuatkan. Siapa yang seperti itu di dunia ini, itulah keajaiban Tuhan bagi kita.

Nabi Allah yaitu Musa telah bernubuat dan mengingatkan umat Israel bahwa akan ada orang yang seperti dia. Umat Tuhan wajib mendengarkanNya sebab mereka akan mempertanggung jawabkan kepadaNya. Ini 1500 tahun sebelum kedatangan Yesus pada kali yang pertama, itu telah dinubuatkan oleh nabi Musa.
Ulangan 18:18
18:18 seorang nabi akan Kubangkitkan bagi mereka dari antara saudara mereka, seperti engkau ini; Aku akan menaruh firman-Ku dalam mulutnya, dan ia akan mengatakan kepada mereka segala yang Kuperintahkan kepadanya.

Bahasa ini dikutip oleh Yesus waktu Dia berpesan pada murid-muridNya “kamu harus mengajar seperti yang Aku perintahkan kepadamu”.

Ulangan 18:19
18:19 Orang yang tidak mendengarkan segala firman-Ku yang akan diucapkan nabi itu demi nama-Ku, dari padanya akan Kutuntut pertanggungjawaban.

Kalau kita umatNya kemudian kita tidak sudi mendengar, ada resikonya, kita nanti dituntut oleh Tuhan. Sekarang mungkin kita santai-santai. Tetapi satu saat apa boleh buat, tuntutan itu akan berlaku bagi kehidupan yang tidak mendengarkan segala Firman yang diucapkan oleh nabi ini, itulah Yesus sendiri. Itulah keajaiban, 1500 tahun sebelum Yesus lahir di Betlehem telah dinubuatkan. Tidak ada manusia seperti itu di dunia ini.

Kemudian 700 tahun sebelum Yesus datang, nabi Yesaya telah menulis secara terperinci bagaimana kelahiran Yesus dan bagaimana penderitaan sengsara Yesus di Golgota. Siapa manusia di dunia ini yang diceritakan kelahirannya 700 tahun sebelum dia lahir? Itu sebabnya Yesus ajaib.

Daniel pasal 7 sampai 12 berbicara tentang akhir zaman dan bagaimana kedatangan Yesus pada kali kedua, di mana Dia akan bersuara sampai manusia di dalam kubur akan mendengarkan suaranya dan mereka akan dibangkitkan. Sebagian akan bangkit untuk masuk dalam kehinaan, kengerian dan yang lain dibangkitkan untuk hidup yang kekal.
Daniel 12:2
12:2 Dan banyak dari antara orang-orang yang telah tidur di dalam debu tanah, akan bangun, sebagian untuk mendapat hidup yang kekal, sebagian untuk mengalami kehinaan dan kengerian yang kekal.

Yohanes 5:28
5:28 Janganlah kamu heran akan hal itu, sebab saatnya akan tiba, bahwa semua orang yang di dalam kuburan akan mendengar suara-Nya,

Jadi bagaimanapun juga, baik orang dalam kuburan akan mendengar suara dan bangkit.
Yohanes 5:29
5:29 dan mereka yang telah berbuat baik akan keluar dan bangkit untuk hidup yang kekal, tetapi mereka yang telah berbuat jahat akan bangkit untuk dihukum.

Kenapa dalam Ulangan 18:18-19 ada tuntutan. Yang mati di luar Tuhan ada tuntutan. Yang mati dalam Tuhan yang hanya sekedar nama juga dituntut oleh Tuhan. Olehnya kita menaruh perhatian yang serius untuk hal-hal seperti ini.

Kedatangan Yesus pada kali kedua bersifat dua hal. Menjelang 3,5 tahun aniaya antikristus terjadi peristiwa pharusia dimana gereja Tuhan yang menjadi Mempelai Wanita Tuhan disingkirkan ke padang belantara karena ada laki-laki yang mau menggangu, itulah antikristus. Benih perempuan yang tertinggal itu lebih banyak, itu yang menjadi sasaran amukan antikritus. Jadi jangan sampai saudara menjadi benih perempuan yang tertinggal dan menjadi sasaran amukan binatang buas. Sebabnya  merayakan natal ini jangan kita terbuai dengan kedatangan Yesus pada kali yang pertama. Inilah kesempatan kita mempersiapkan diri untuk menyambut kedatangan Yesus pada kali yang kedua.

Sesudah 3,5 tahun antikrist baru peristiwa Ephipani, semua mata akan memandang. Dalam kitab Zakharia diceritakan bagaimana Yesus menjejakkan kaki di bukit Zaitun dan bukit Zaitun terbelah dua. Benar-benar Yesus ajaib.
Zakharia 14:4
14:4 Pada waktu itu kaki-Nya akan berjejak di bukit Zaitun yang terletak di depan Yerusalem di sebelah timur. Bukit Zaitun itu akan terbelah dua dari timur ke barat, sehingga terjadi suatu lembah yang sangat besar; setengah dari bukit itu akan bergeser ke utara dan setengah lagi ke selatan.

Saudara bayangkan, di mana Yesus dulu dihina, di mana Yesus dulu dilecehkan, di situ Dia dipermuliakan.

Zakharia 14:5
14:5 Maka tertutuplah lembah gunung-gunung-Ku, sebab lembah gunung itu akan menyentuh sisinya; dan kamu akan melarikan diri seperti kamu pernah melarikan diri oleh karena gempa bumi pada zaman Uzia, raja Yehuda. Lalu TUHAN, Allahku, akan datang, dan semua orang kudus bersama-sama Dia.

Ini kedatangan Yesus secara Ephipani. Kiranya kita memahami apa yang akan terjadi di depan. Dan ini tugas kami hamba Tuhan untuk menyampaikan kepada sidang jemaat. Betapa mengerikan Tuhan sudah mau datang kemudian gereja Tuhan justru leha-leha, santai. Tidak memahami apa seharusnya yang dia kerjakan. Untuk ini kita harus memahami apa yang patut dan seharusnya kita kerjakan.

Memang dalam perjalanan menapaki dunia yang fana ini banyak sandungan. Jangan kita mudah sandungan. Jika saudara adalah orang yang punya Firman, bagimu tidak akan ada sandungan. Saya tidak mau peduli dengan sandungan, jangan sampai saya gagal. Saya tidak mau tersandung melihat keadaan orang lain, saya mau jalan saja.
Mazmur 119:165
119:165 Besarlah ketenteraman pada orang-orang yang mencintai Taurat-Mu, tidak ada batu sandungan bagi mereka.

Mengapa anda harus tersandung melihat isteri, anak, suami atau orang lain. Kalau kita tersandung berarti kena tipu ular, kena ludah ular. Jangan tersandung. Mestinya apa yang terjadi itu membuat kita lebih kokoh dan kuat. Kalau kita menemukan itu jangan sampai membuat kita rapuh dan mudah tergelincir. Kalau saya tersandung karena melihat orang lain itu berarti saya ditipu oleh ular, saya kena ludah ular. Ini jangan sampai terjadi.

Kita sudah melihat Yohanes 5:28. Sekarang kita lihat catatan yang ada 4 poin yaitu:
1.      Kejadian 3:15
2.      Ulangan 18:18-19
3.      Yesaya 52:15-53:7; 7:14
4.      Zakharia 14:4-5

Kita lihat semua ini menyaksikan tentang Yesus. Bahkan secara umum kitab suci itu mengkisahkan tentang Yesus.
Yohanes 5:39
5:39 Kamu menyelidiki Kitab-kitab Suci, sebab kamu menyangka bahwa oleh-Nya kamu mempunyai hidup yang kekal, tetapi walaupun Kitab-kitab Suci itu memberi kesaksian tentang Aku,

Jadi kitab suci yang diselediki oleh para ahli Taurat, orang Farisi dan sebagainya, mereka menyelidik karena kerinduan hati ingin memiliki hidup yang kekal. Tetapi hidup kekal itu bagi mereka rupanya kabur sehingga Yesus harus berterus terang “hidup kekal ada padaKu”.

Yohanes 8:32,36
8:32 dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu."
8:36 Jadi apabila Anak itu memerdekakan kamu, kamu pun benar-benar merdeka."

Siapa manusia di dunia ini yang 4000 tahun sebelum dia lahir sudah diceritakan. Siapa manusia di dunia ini 1500 tahun sebelum dia datang sudah dinubuatkan. Siapa manusia di dunia ini 700 tahun sebelum dia datang sudah diceritakan kedatangannya bahkan kematiannya. Hanya Yesus! Siapa manusia di dunia ini yang dinubuatkan kedatangannya yang bahkan membuat bukit Zaitun terbelah.

Yohanes 5:46
5:46 Sebab jikalau kamu percaya kepada Musa, tentu kamu akan percaya juga kepada-Ku, sebab ia telah menulis tentang Aku.

Lima kitab Musa menulis tentang Yesus. Keseluruhan Alkitab itu tokoh sentralnya adalah Yesus.

Yohanes 5:47
5:47 Tetapi jikalau kamu tidak percaya akan apa yang ditulisnya, bagaimanakah kamu akan percaya akan apa yang Kukatakan?"

Tulisan-tulisan para nabi ini yang bersaksi tentang Yesus, sudah terakumulasi, sudah terhimpun di dalam II Timotius 3:16

Saya heran melihat orang Kristen tidak suka dengar Firman. Padahal bayi Yohanes masih 6 bulan dalam kandungan dia sudah girang mendengar suara Maria yang mengandung Yesus. Sesudah dia dewasa malah dia mempromosikan Yesus Mempelai Laki-laki Sorga dan dia sahabat mempelai, girang mendengar suara Yesus. Tetapi orang Kristen kalau dengar Firman 30 menit sudah bosan. Jangan pikir itu bukan kesalahan, itu tipuan iblis!
Yohanes 3:29
3:29 Yang empunya mempelai perempuan, ialah mempelai laki-laki; tetapi sahabat mempelai laki-laki, yang berdiri dekat dia dan yang mendengarkannya, sangat bersukacita mendengar suara mempelai laki-laki itu. Itulah sukacitaku, dan sekarang sukacitaku itu penuh.

Siapa Mempelai Laki-laki? Itulah Yesus. Dikatakan Dia akan memiliki Mempelai Wanita. Memang di sini belum ada tetapi itu sudah dinubuatkan. Itulah tugas kami hamba Tuhan untuk menyiapkan Mempelai Wanita, itulah gereja Tuhan untuk disempurnakan. Makanya kami jangan salah dalam tahbisan sebab tugas ini diembankan di atas pundak kami hamba Tuhan yang hidup pada akhir zaman.

Perkataan Yesus kepada ahli Taurat “kamu menyelidik kitab suci” karena mereka mau mencari hidup yang kekal, padahl kitab suci bersaksi tentang Yesus. Yesus Mempelai Laki-laki sorga disaksikan oleh kitab suci dan itu diproklamasikan oleh Yohanes Pembaptis. Kalau di sini belum jelas, tetapi sudah disebut. Eksistensinya belum tampak tetapi akan menjadi nyata.

Bagaimana proses untuk menghadirkan, untuk menampilkan gereja menjadi Mempelai Wanita? Itu disimpulkan dalam II Timotius 3:16. Tetapi kita baca dulu ayat 17.
II Timotius 3:17
3:17 Dengan demikian tiap-tiap manusia kepunyaan Allah diperlengkapi untuk setiap perbuatan baik.

Tuhan melengkapi kita, Tuhan memfasilitasi saya supaya kita oleh fasilitas dari Tuhan bisa berbuat baik. Mulai dari apa? Dalam Lukas pasal 10, Maria duduk di kaki Yesus mendengarkan Firman Tuhan. Sementara Maria sibuk di dapur. Apa kata Yesus kepada Maria?
Lukas 10:42
10:42 tetapi hanya satu saja yang perlu: Maria telah memilih bagian yang terbaik, yang tidak akan diambil dari padanya."

Perbuatan baik itu bukan karena kita bisa memberi 1 dollar atau ribuan dollar kepada orang lain. Orang kafirpun, orang di luar Tuhanpun bisa seperti itu. Yang termasuk perbuatan terbaik itu adalah kita menempatkan diri di kaki Tuhan untuk mendengarkan Firman supaya kita disucikan lewat pekerjaan Firman.

Biarpun saya mengorbankan jiwaku atau memberikan 1 unit rumah pada orang lain tetapi kalau hidup saya tidak disucikan, itu bukan perbuatan baik. Manusia bisa menilai itu perbuatan baik tetapi itu tidak menjamin masuk sorga. Melakukan perbuatan baik menurut ukuran manusia silahkan, tetapi yang utama adalah kita duduk di kaki Tuhan mendengarkan Firman. Sebab itu adalah tempat orang benar.
Ulangan 33:3
33:3 Sungguh Ia mengasihi umat-Nya; semua orang-Nya yang kudus -- di dalam tangan-Mulah mereka, pada kaki-Mulah mereka duduk, menangkap sesuatu dari firman-Mu.

Kalau orang Kristen datang ibadah dengar Firman, baru 10 menit sudah goyang-goyang kaki, apa yang mau dia tangkap dari Firman! Kasihan orang yang seperti itu. Saya sebagai hamba Tuhan yang Tuhan percayakan menggembalakan sidang di Tentena, Malewuko dan di Palu, saya sudah menyampaikan kepada jemaat untuk membiasakan diri mendengarkan Firman sejauh apapun dan mereka sudah siap, karena ada manfaatnya.

Mulai dari kami hamba Tuhan harus mengkondisikan umat kepunyaan Allah itu, yang pernah dipercayakan oleh Tuhan kepada Yohanes Pembaptis dalam Lukas 1:17, tetapi belum menjadi kenyataan. Baru dalam bentuk nubuatan, sebenarnya itu akan terpenuhi akhir zaman ini. Itupun disaksikan dalam konfrensi pertama hamba-hamba Tuhan di Yerusalem pada tahun 50, mereka membicarakan umat yang layak bagi nama Tuhan dari tengah-tengah bangsa kafir. Kenapa kita tidak senang. Alangkah bodohnya kita, justru Tuhan mencari umat yang layak bagi nama Tuhan dari tengah-tengah kita bangsa kafir.

II Timotius 3:16
3:16 Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran.

Ini adalah bagaimana sistem untuk membangun gereja Tuhan untuk dikondisikan menjadi Mempelai Wanita. Ini sudah disimpulkan dari Perjanjian Lama sampai Perjanjian Baru, dari Kejadian sampai Wahyu. Ini sudah disimpulkan dan terakumulai pada II Timotius 3:16 ini.

4 poin ini, jika kita ada di dalamnya ada harapan untuk dikondisikan menjadi Mempelai Wanita. Sehingga bukan hanya slogan, atau ucapan Yohanes Pembaptis bahwa Yesus Mempelai Laki-laki yang memiliki Mempelai Wanita pasti akan menjadi kenyataan akhir zaman ini.

Dikatakan tulisan yang diilhamkan Allah. Kata ilham itu berasal dari terjemahan Theopneuma. Theo itu Tuhan dan Pneuma itu nafas. Jadi tulisan dalam Alkitab ini dinafasi oleh Tuhan. Jadi tulisan yang diilhami oleh Tuhan sesungguhnya adalah nafas. Manfaatnya:
1.      Untuk mengajar
Mengapa ditaruh pada urutan pertama soal mengajar? Karena yang bisa membuat saudara menjadi sama dengan Yesus tidak ada cara lain selain Firman pengajaran.
Lukas 6:40
6:40 Seorang murid tidak lebih dari pada gurunya, tetapi barangsiapa yang telah tamat pelajarannya akan sama dengan gurunya.

Dalam perkataan perpisahan Yesus kepada murid-muridNya, Yesus menyuruh menjadikan semua bangsa muridNya.
Matius 28:19
28:19 Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus,

Makanya kita gereja Tuhan harus menjadi murid, berarti mau diajar. Jangan menjadi murid yang nakal yang tidak masuk-masuk sekolah. Pengajaran itu dikonsumsi oleh orang yang menyatakan diri sebagai murid, itu kata Tuhan. Jadi kalau gereja Tuhan menolak Firman pengajaran bagiamana Yesus mengatakan dia murid. Tidak akan ada kesaksian dalam dirinya. Tuhan menyimpan kesaksian kepada murid.
Yesaya 8:16
8:16 Aku harus menyimpan kesaksian ini dan memeteraikan pengajaran ini di antara murid-muridku.

Jadi murid itu akhirnya ada meterai Firman pengajaran dalam dirinya. Makanya Tulisan itu diilhami dan manfaat pertama adalah untuk mengajar, agar umat Tuhan itu dimeteraikan Firman pengajaran dalam dirinya. Kenapa kita dalam gereja malah benci pengajaran? Kalau saudara tersandung melihat orang lain, bodoh sekali kita. Kalau dia bermain-main dalam pengajaran itu tanggung jawabnya, tetapi kita butuh pengajaran! Olehnya kita taruh perhatian, mulai dari kami hamba Tuhan. Saya lebih dahulu harus memposisikan diriku sebagai murid, berarti saya siap selalu menerima pengajaran. Untuk apa? Supaya alami penyucian. Supaya kita menjadi sama kudus dengan Yesus itu lewat pengajaran.
Ibrani 12:8-11
12:8 Tetapi, jikalau kamu bebas dari ganjaran, yang harus diderita setiap orang, maka kamu bukanlah anak, tetapi anak-anak gampang.
12:9 Selanjutnya: dari ayah kita yang sebenarnya kita beroleh ganjaran, dan mereka kita hormati; kalau demikian bukankah kita harus lebih taat kepada Bapa segala roh, supaya kita boleh hidup?
12:10 Sebab mereka mendidik kita dalam waktu yang pendek sesuai dengan apa yang mereka anggap baik, tetapi Dia menghajar kita untuk kebaikan kita, supaya kita beroleh bagian dalam kekudusan-Nya.
12:11 Memang tiap-tiap ganjaran pada waktu ia diberikan tidak mendatangkan sukacita, tetapi dukacita. Tetapi kemudian ia menghasilkan buah kebenaran yang memberikan damai kepada mereka yang dilatih olehnya.

Kalau ada yang bermain-main dengan pengajaran itu haknya, saya tidak akan tersandung dengan yang bermain-main itu.

Setelah kita diajar, kemana kita pergi? Ada satu tangan yang akan membawa kita. Setelah kita diajar, Pribadi ini akan membawa kita “Yesus ini Mempelai WanitaMu, ini umat yang layak bagiMu”. Seperti dulu Adam dioperasi oleh Tuhan, dikeluarkan tulang rusuknya dan Bapa Sorgawi membentuk tulang rusuk Adam itu menjadi Hawa lalu Tuhan bawa kembali kepada Adam “Adam ini isterimu”. Begitu juga kita gereja Tuhan.
Yohanes 6:45
6:45 Ada tertulis dalam kitab nabi-nabi: Dan mereka semua akan diajar oleh Allah. Dan setiap orang, yang telah mendengar dan menerima pengajaran dari Bapa, datang kepada-Ku.

Bagaimana kalau kita menolak pengajaran, menyudutkan pengajaran. Dalam Yeremia 6:8 Tuhan katakan “kalau kamu menolak ajaranKu, Aku akan menarik diri dari padamu”. Kalau saya melayani 50 orang, lalu kami menolak pengajaran, berarti Yesus tidak ada di antara kami. Tentu saudara tidak suka Tuhan tidak ada di antara kita. Itu sebabnya kita harus menerima pengajaran, jika kita menolak maka Tuhan akan menarik diri dari antara kita.
Yeremia 6:8 (Terjemahan Lama)
6:8 Biarkanlah dirimu diajari, hai Yeruzalem! asal jangan hatimu tersaraklah dari padamu, supaya jangan Kujadikan dikau akan kebinasaan dan akan negeri yang tiada diduduki.

Yeremia 6:8
6:8 Terimalah penghajaran, hai Yerusalem, supaya Aku jangan menarik diri dari padamu, supaya Aku jangan membuat engkau sunyi sepi, menjadi negeri yang tidak berpenduduk!"

Kenapa pengajaran itu lekat sekali dengan Tuhan Yesus? Karena pengajaran itulah kepala gereja, itulah Yesus. Sebenarnya kalau kita bicara pengajaran itulah pribadi Yesus. Makanya dalam gereja patut Firman pengajaran diajarkan kepada jemaat. Makanya dalam sidang jemaat ada:
Ø  Ibadah pendalaman Alkitab, persekutuan dengan Anak Allah di dalam Firman Pengajaran dan perjamuan kudus
Ø  Ibadah doa penyembahan, persekutuan dengan Allah Bapa di dalam kasih.
Ø  Ibadah raya, persekutuan kita dengan Roh Kudus di dalam karunia-karuniaNya.

Kenapa ada tiga macam ibadah? Karena manusia itu ada tiga unsur. Ibadah pendalaman Alkitab itu kebutuhan tubuh, ibadah raya itu kebutuhan jiwa dan ibadah doa penyembahan itu kebutuhan roh. Berarti secara keseluruhan sangat kita butuh supaya tahu bagaimana berperilaku sebagai keluarga Allah.

Kasihan kita kalau menyangka bertemu Yesus padahal bertemu setan yang berwujud manusia itulah antikristus. Kegiatan-kegiatan dunia sekarang sedang mengarah ke sana. Kita tidak tahu apa yang akan terjadi tahun depan dan seterusnya, yang jelas Firman akan digenapkan.

Tadinya mereka mencari keselamatan dalam kitab yang tertulis. Justru dalam pengajaran inilah mereka diselamatkan. Tuhan katakan “demi keselamatanmu Aku berikan pengajaran yang besar dan mulia”.
Yesaya 42:21
42:21 TUHAN telah berkenan demi penyelamatan-Nya untuk memberi pengajaran-Nya yang besar dan mulia;

Jadi kalau saya mau selamat saya harus menerima pengajaran yang besar dan mulia, saya tidak boleh menolak. Keselamatan apa? Keselamatan yang akan datang. Sekarang kalau kita mati, kita selamat. Tetapi bagaimana kalau menghadapi sengsara yang besar yang Yesus katakan dengan derai air mata dalam Matius 24:20-21, apakah kita mampu.
Matius 24:20-21
24:20 Berdoalah, supaya waktu kamu melarikan diri itu jangan jatuh pada musim dingin dan jangan pada hari Sabat.
24:21 Sebab pada masa itu akan terjadi siksaan yang dahsyat seperti yang belum pernah terjadi sejak awal dunia sampai sekarang dan yang tidak akan terjadi lagi.

Rasul Petrus dan rasul Paulus selalu bicara tentang keselamatan yang akan datang, bukan keselamatan sekarang. Sekarang saudara selamat kalau bersama dengan Tuhan Yesus. Tetapi selamat yang akan datang apakah saudara ada jaminan? Makanya perlu pengajaran itu jaminannya.

I Petrus 1:5
1:5 Yaitu kamu, yang dipelihara dalam kekuatan Allah karena imanmu sementara kamu menantikan keselamatan yang telah tersedia untuk dinyatakan pada zaman akhir.

Efesus 4:30
4:30 Dan janganlah kamu mendukakan Roh Kudus Allah, yang telah memeteraikan kamu menjelang hari penyelamatan.

Bahkan Yesus sendiri berbicara tentang keselamatan yang akan datang dalam Lukas pasal 23.

Apakah kita tidak membutuhkan Tuhan untuk merebut kita ketika kita terancam oleh laki-laki lain itulah antikristus. Dipakai bahasa “Aku akan meng-harpaso” artinya direbut dengan keras dan tegas, untuk membawa kita terbang jauh dari mata ular. Apakah kita tidak butuh? Saya sangat membutuhkan. Jemaat yang Tuhan percayakan untuk kami gembalakan sangat membutuhkan.

Sayang kalau dalam gereja mengatakan “tidak ada antikristus, itu hanya membodohi jemaat”. Kasihan sekali orang seperti itu.

Yesaya 42:21
42:21 TUHAN telah berkenan demi penyelamatan-Nya untuk memberi pengajaran-Nya yang besar dan mulia;

Mengapa disebut pengajaran besar? Karena mengangkat rahasia Allah yang besar yaitu rahasia nikah Kristus dan gereja.
Efesus 5:32
5:32 Rahasia ini besar, tetapi yang aku maksudkan ialah hubungan Kristus dan jemaat.

Dan rahasia ibadah.
I Timotius 3:16
3:16 Dan sesungguhnya agunglah rahasia ibadah kita: "Dia, yang telah menyatakan diri-Nya dalam rupa manusia, dibenarkan dalam Roh; yang menampakkan diri-Nya kepada malaikat-malaikat, diberitakan di antara bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah; yang dipercayai di dalam dunia, diangkat dalam kemuliaan."

Ini rahasia agung, dalam terjemahan aslinya adalah Rosh artinya yang diatas segala-galanya. Buktikan bahwa saudara menempatkan ibadah itu yang paling di atas. Makanya orang Kristen harus menempatkan ibadah itu yang paling utama dari segala-galanya. Karena ada rahasia Allah yang besar.

Tujuan pengajaran supaya kita sama dengan Yesus. Kemudian supaya kita mengalami keselamatan yang akan datang.
I Petrus 1:5
1:5 Yaitu kamu, yang dipelihara dalam kekuatan Allah karena imanmu sementara kamu menantikan keselamatan yang telah tersedia untuk dinyatakan pada zaman akhir.

Injil adalah kekuatan Allah.
Roma 1:16
1:16 Sebab aku mempunyai keyakinan yang kokoh dalam Injil, karena Injil adalah kekuatan Allah yang menyelamatkan setiap orang yang percaya, pertama-tama orang Yahudi, tetapi juga orang Yunani.

Siapa yang tidak butuh keselamatan akhir zaman, kita semua butuh. Kalau membaca nubuatan tentang akhir zaman dalam Daniel pasal 7 sampai 12 itu sangat mengerikan. Wahyu pasal 13 juga mengerikan.

Orang Farisi dan ahli Taurat menyelidikit kitab suci untuk mencari keselamatan, ternyata kitab suci bersaksi tentang Yesus. Dan Yesus katakan supaya mereka menjadi sama dengan Yesus maka terima Firman pengajaran. Dan Yesus berkata “Aku menyertai kamu”. Tanpa Firman pengajaran tidak ada jaminan Yesus menyertai kita.
Matius 28:20
28:20 dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman."

Jadi penyertaan Tuhan sampai akhir zaman itu dikaitkan dengan pengajaran. Jangan hanya menyanyi “Imanuel, Allah beserta kita!”. Tetapi tidak suka dengar Firman pengajaran karena Firman pengajaran terlalu lama. Yang dia suka hanya susu.

2.      Untuk menyatakan kesalahan
Selidik kitab suci tetapi menolak pengajaran. Selidik kitab suci tetapi tidak mau dinyatakan kesalahan. Padahal jika kesalahan kita ditunjukkan oleh Tuhan, berarti niat suci Tuhan supaya kita dipulihkan dari penyelewengan-penyelewengan yang sudah dilakukan.
Ratapan 2:14 (Terjemahan Lama)
2:14 Bahwa kepadamu segala nabimu sudah bernubuat dusta dan barang yang bukan-bukan; tiada mereka itu menyatakan kesalahanmu kepadamu, supaya diundurkan dari padamu celaka besar itu; melainkan mereka itu sudah memberitahu kepadamu firman yang dusta dan penipu.

Jadi pemulihan ini ada hubungannya menyatakan kesalahan. Kalau kita sedang dinyatakan kesalahan berarti kita sedang dipulihkan oleh Tuhan. Saya berbahagia jika saya ditunjuk kesalahanku, berarti tangan Tuhan terulur untuk memulihkan saya.

Hosea 14:5
14:5 Aku akan memulihkan mereka dari penyelewengan, Aku akan mengasihi mereka dengan sukarela, sebab murka-Ku telah surut dari pada mereka.

Kenapa harus ada pemulihan? Sebab kita sudah menyeleweng! Beranikah kita mengatakan kita tidak membutuhkan pemulihan? Kalau berkata tidak membutuhkan pemulihan berarti kita benar-benar tidak ada penyelewengan. Kita ini banyak penyelewengan baik suami, isteri dan juga anak. Makanya kita butuh pemulihan, kita butuh pengajaran, kita butuh nafas Tuhan, nafas itu memberi hidup.

Di mana-mana sekarang sudah tidak malu-malu dosa dicerita di kedai-kedai, di warung-warung kopi. Sudah tidak ada cerita yang kaitannya dengan Firman. Selalu bercerita tentang yang onar! Makanya butuh pemulihan, saya butuh pemulihan.

Tidak sedikit pelayan Tuhan, masih gagah pada jabatan pelayanan tetapi selingkuh. Bahkan kami kaget, ada gembala merampas isteri jemaat. Jemaat sampai datang memohon “jangan gembala, itu isteriku” tetapi gembala itu tetap mengambil. Kalau sudah terjadi seperti ini, terimalah pemulihan dari Tuhan, Dia siap menolong saudara.

Jika saudara merasa kondisi kita seperti itu, seharusnya kita lipat lutut dan memohon kepada Tuhan “pulihkan kami, sinari kami dengan wajahMu”. Sampai tiga kali pemazmur menyanyikan ini.
Mazmur 80:1-2
80:1 Untuk pemimpin biduan. Menurut lagu: Bunga bakung. Kesaksian Asaf. Mazmur.
80:2 Hai gembala Israel, pasanglah telinga, Engkau yang menggiring Yusuf sebagai kawanan domba! Ya Engkau, yang duduk di atas para kerub, tampillah bersinar

Ini mazmur Asaf, dia seorang pemimpin zangkoor raksasa, seorang pelatih puji-pujian di Bait Allah dan di istana.

Ini permohonan umat Tuhan yang tahu terjadi penyelewengan.
Mazmur 80:4,8,20
80:4 Ya Allah, pulihkanlah kami, buatlah wajah-Mu bersinar, maka kami akan selamat.
80:8 Ya Allah semesta alam, pulihkanlah kami, buatlah wajah-Mu bersinar, maka kami akan selamat.
80:20 Ya TUHAN, Allah semesta alam, pulihkanlah kami, buatlah wajah-Mu bersinar, maka kami akan selamat.

Sampai tiga kali dikatakan “pulihkan kami, buatlah wajah-Mu bersinar, maka kami akan selamat”. Seringkali dalam kita beribadah ini hanya sekedar dilafalkan. Sebab doa seorang imam setelah selesai menyelenggarakan ibadah, ada doa berkat.
Bilangan 6:24-26
6:24 TUHAN memberkati engkau dan melindungi engkau;
6:25 TUHAN menyinari engkau dengan wajah-Nya dan memberi engkau kasih karunia;
6:26 TUHAN menghadapkan wajah-Nya kepadamu dan memberi engkau damai sejahtera.

Jangan sampai kita hanya mengucapkan, saya mengucapkan dari belakang mimbar. Kalau sampai poin memperbaiki kelakuan, hal-hal semacam ini sering dianggap ringan oleh hamba Tuhan dan jemaat.

Dalam Mazmur pasal 80 itu adalah doa dari pemimpin zangkoor yaitu Asaf. Memimpin zangkoor itu tidak gampang. 10 orang saja dipimpin sudah berat apalagi kalau lebih dari itu. Makanya bapak ibu, jangan entengkan kalau saudara menjadi paduan suara. Seringkali kalau saudara sudah dilatih setengah jam atau lebih lama lagi, saudara sudah menggerutu. Dengar, itu suatu kesalahan!

Mazmur 119:135
119:135 Sinarilah hamba-Mu dengan wajah-Mu, dan ajarkanlah ketetapan-ketetapan-Mu kepadaku.

Kalau mau disinari Tuhan dengan sinar wajahNya maka jangan tolak ajaran. Bagaimana bisa disinari Tuhan dengan wajahNya sementara tidak ada pengajaran. Jangan saya membohongi jemaat dengan berkata “sinari mereka dengan sinar wajahMu” sedangkan saya tidak pernah menyampaikan Firman pengajaran untuk sidang jemaat mengenal siapa Yesus supaya hidup disucikan. Itu tugas saya, tugas gembala, tugas pelayan.

Dalam nikah rumah tangga jika suami menunjuk kesalahan pada isteri, jangan isteri balik marah. Jangan marah kalau ditegur karena teguran itu berarti disayang oleh Tuhan. Lebih baik teguran yang nyata-nyata dari pada kasih yang tersembunyi.
Amsal 27:5
27:5 Lebih baik teguran yang nyata-nyata dari pada kasih yang tersembunyi.

Kalau ditegur berarati sedang mengalami pemulihan. Jika kita menanggapi dengan reaksi lain, berarti kita menolak pemulihan. Jangan sampai ini terjadi dalam diri kita.

Satu waktu raja Yerobeam membuat mezbah dan dia naik tangga untuk membakar korban di atas mezbah. Korban sembelihan ada di situ siap untuk dibakar, lalu datang nabi muda menegur raja Yerobeam. Mendengar teguran itu Yorebeam tidak bisa menerima, dia berbalik marah dan menunjuk nabi itu lalu berkata “tangkap orang itu!” tetapi setelah itu dia tidak bisa menarik lagi tangannya. Itu karena tidak mau dibenahi, tidak mau dipulihkan. Akhirnya dia meminta supaya nabi itu mendoakannya dan setelah didoakan, tangannya bisa ditarik kembali.
I Raja-raja 13:4
13:4 Demi raja Yerobeam mendengar perkataan abdi Allah yang diserukannya terhadap mezbah di Betel itu, ia mengulurkan tangannya dari atas mezbah dan berkata: "Tangkaplah dia!" Tetapi tangan yang diulurkannya terhadap orang itu menjadi kejang, sehingga tidak dapat ditariknya kembali.

Kita di akhiri zaman ini ada pada zaman pemulihan. Bukan pemulihan yang sering kita dengar, hanya pemulihan liturgi, itu bukan pemulihan yang hakiki. Itu tidak kena mengena dengan batin atau hati kita. Makanya kalau kita mau dipulihkan, terimalah jika ditunjuk kesalahan saudara.

Ada lagi satu raja yang marah ketika dia ditegur nabi Hanani. Dia marah sebab nabi berkata “coba ketika kau berhadapan dengan musuh yang banyak, karena kau berharap pada Tuhan maka musuh itu kalah. Sekarang musuh cuma sedikit, kau pergi kepada raja Asyur minta bantuan!”. Raja yang ditegur malah marah.
II Tawarikh 16:7-9
16:7 Pada waktu itu datanglah Hanani, pelihat itu, kepada Asa, raja Yehuda, katanya kepadanya: "Karena engkau bersandar kepada raja Aram dan tidak bersandar kepada TUHAN Allahmu, oleh karena itu terluputlah tentara raja Aram dari tanganmu.
16:8 Bukankah tentara orang Etiopia dan Libia besar jumlahnya, kereta dan orang berkudanya sangat banyak? Namun TUHAN telah menyerahkan mereka ke dalam tanganmu, karena engkau bersandar kepada-Nya.
16:9 Karena mata TUHAN menjelajah seluruh bumi untuk melimpahkan kekuatan-Nya kepada mereka yang bersungguh hati terhadap Dia. Dalam hal ini engkau telah berlaku bodoh, oleh sebab itu mulai sekarang ini engkau akan mengalami peperangan."

Raja dibilangi bodoh, harga dirinya dipangkas.

II Tawarikh 16:10
16:10 Maka sakit hatilah Asa karena perkataan pelihat itu, sehingga ia memasukkannya ke dalam penjara, sebab memang ia sangat marah terhadap dia karena perkara itu. Pada waktu itu Asa menganiaya juga beberapa orang dari rakyat.

Di sini pemulihan dia tolak. Alkitab mengatakan dengan sukarela Tuhan mau meulihkan kita. Alkitab ini adalah kitab yang diilhami oleh Tuhan dan tokoh sentralnya adalah Yesus. Jika kita menolak pemulihan sama dengan kita menolak nafas Tuhan. Kita merayakan natal tetapi hanya seperti perayaan begitu-begitu saja.

Kita lihat lagi contoh berikutnya yang tegur, ini antara hamba Tuhan.
Galatia 2:11-13 (Perikop: Paulus bertentangan dengan Petrus)
2:11 Tetapi waktu Kefas datang ke Antiokhia, aku berterang-terang menentangnya, sebab ia salah.
2:12 Karena sebelum beberapa orang dari kalangan Yakobus datang, ia makan sehidangan dengan saudara-saudara yang tidak bersunat, tetapi setelah mereka datang, ia mengundurkan diri dan menjauhi mereka karena takut akan saudara-saudara yang bersunat.
2:13 Dan orang-orang Yahudi yang lain pun turut berlaku munafik dengan dia, sehingga Barnabas sendiri turut terseret oleh kemunafikan mereka.

Banyak yang kena imbas perbuatan Petrus.

Galatia 2:14
2:14 Tetapi waktu kulihat, bahwa kelakuan mereka itu tidak sesuai dengan kebenaran Injil, aku berkata kepada Kefas di hadapan mereka semua: "Jika engkau, seorang Yahudi, hidup secara kafir dan bukan secara Yahudi, bagaimanakah engkau dapat memaksa saudara-saudara yang tidak bersunat untuk hidup secara Yahudi?"

Andaikata Paulus tidak menegur, apakah akan terjadi pemulihan? Jika tidak ada Paulus yang terbuka matanya untuk melihat kesalahan Petrus dan yang lainnya, apakah mereka dipulihkan? Di sini terjadi pemulihan. Paulus menghadirkan pemulihan sehingga dia menunjuk kesalahan Petrus. Kefas nama Aram, Simon nama Ibrani, Petrus nama Yunani.

Di sini Paulus menegur di depan orang banyak. Tetapi coba kalau ditegur di dalam kamar saja, antara suami isteri tidak di muka umum, sering belum bisa diterima. Di sini rasul Petrus menerima dengan lapang dada. Dia tidak berkata “sini kau! Kau tidak tahu saya ini seniormu, kau anak kemarin! Kau bikin malu saya di muka orang banyak!”. Petrus tidak begitu, dia menerima dengan lapang dada karena pemulihan.
Mazmur 141:5
141:5 Biarlah orang benar memalu dan menghukum aku, itulah kasih; tetapi janganlah minyak orang fasik menghiasi kepalaku! Sungguh aku terus berdoa menentang kejahatan-kejahatan mereka.

Siapa yang menulis mazmur ini? Raja Daud. Dia sejajarkan dirinya hanya seperti cacing, seperti ulat.
Mazmur 141:1
141:1 Mazmur Daud. Ya TUHAN, aku berseru kepada-Mu, datanglah segera kepadaku, berilah telinga kepada suaraku, waktu aku berseru kepada-Mu!

Amsal 27:6
27:6 Seorang kawan memukul dengan maksud baik, tetapi seorang lawan mencium secara berlimpah-limpah.
Amsal 27:6 (Terjemahan Lama)
27:6 Jikalau dipalu oleh sahabat, ia itulah tanda setia, tetapi cium seteru patut ditangkiskan dengan doa.

Amsal 27:5
27:5 Lebih baik teguran yang nyata-nyata dari pada kasih yang tersembunyi.

Kalau ini kita praktekan berarti kehidupan itu ada di tangan Tuhan dan sedang dipulihan. Apapun penyelewengan saudara, jika saudara mau menerima pemulihan dengan catatan, buka hati, Firman tampil menegur saudara kemudian sambut, berarti pemulihan terjadi pada saudara dan Tuhan akan melupakan penyelewenganmu. Ini yang Tuhan ingin lakukan bagi gereja Tuhan.

3.      Memperbaiki kelakuan
Untuk apa diperbaiki kelakuan. Di sinilah uniknya. Kalau kita mau diperbaiki kelakuan maka Tuhan berjanji “Aku akan diam bersama dengan kamu”.
Yeremia 7:3
7:3 Beginilah firman TUHAN semesta alam, Allah Israel: Perbaikilah tingkah langkahmu dan perbuatanmu, maka Aku mau diam bersama-sama kamu di tempat ini.

Siapa tidak senang kalau Tuhan berdiam bersama dengan Dia. Siapa yang coba mengganggu pasti Tuhan yang akan beraksi. Berdiam bersama dengan kamu, dalam arti Tuhan Mempelai Laki-laki Sorga berdiam dengan Mempelai WanitaNya. Siapa yang coba mengganggu Mempelai WanitaNya, Tuhan akan beraksi. Itu dibuktikan dalam: Yeremia 2:2
2:2 "Pergilah memberitahukan kepada penduduk Yerusalem dengan mengatakan: Beginilah firman TUHAN: Aku teringat kepada kasihmu pada masa mudamu, kepada cintamu pada waktu engkau menjadi pengantin, bagaimana engkau mengikuti Aku di padang gurun, di negeri yang tiada tetaburannya.

Digambarkan Yesus sebagai Mempelai Laki-laki dan Israel sebagai Mempelai Wanita. Mempelai Wanita ini sangat mencintai Mempelai Laki-laki Sorga.

Yeremia 2:3
2:3 Ketika itu Israel kudus bagi TUHAN, sebagai buah bungaran dari hasil tanah-Nya. Semua orang yang memakannya menjadi bersalah, malapetaka menimpa mereka, demikianlah firman TUHAN.

Israel itu buah sulung. Jumlah mereka 144.000 itu disebut dalam Wahyu pasal 7 dan dalam Wahyu pasal 14 mereka disebut buah sulung. Itu inti Tubuh Kristus. Kita ini mau dibawa oleh Tuhan menjadi buah susulan. Karakter buah susulan harus sama dengan buah sulung. Tuhan katakan “Aku diam bersama dengan kamu” dengan catatan kelakuan diperbaiki.
Kalau buah sulung dijaga oleh Tuhan, buah susulan pasti dijaga oleh Tuhan. 144.000 orang itu menerima kegerakan Tuhan dalam:
Hosea 3:5
3:5 Sesudah itu orang Israel akan berbalik dan akan mencari TUHAN, Allah mereka, dan Daud, raja mereka. Mereka akan datang dengan gementar kepada TUHAN dan kepada kebaikan-Nya pada hari-hari yang terakhir.

Yesaya 59:20-21
59:20 Dan Ia akan datang sebagai Penebus untuk Sion dan untuk orang-orang Yakub yang bertobat dari pemberontakannya, demikianlah firman TUHAN.
59:21 Adapun Aku, inilah perjanjian-Ku dengan mereka, firman TUHAN: Roh-Ku yang menghinggapi engkau dan firman-Ku yang Kutaruh dalam mulutmu tidak akan meninggalkan mulutmu dan mulut keturunanmu dan mulut keturunan mereka, dari sekarang sampai selama-lamanya, firman TUHAN.

Hosea 14:5-9
14:5 Aku akan memulihkan mereka dari penyelewengan, Aku akan mengasihi mereka dengan sukarela, sebab murka-Ku telah surut dari pada mereka.
14:6 Aku akan seperti embun bagi Israel, maka ia akan berbunga seperti bunga bakung dan akan menjulurkan akar-akarnya seperti pohon hawar.
14:7 Ranting-rantingnya akan merambak, semaraknya akan seperti pohon zaitun dan berbau harum seperti yang di Libanon.
14:8 Mereka akan kembali dan diam dalam naungan-Ku dan tumbuh seperti gandum; mereka akan berkembang seperti pohon anggur, yang termasyhur seperti anggur Libanon.
14:9 Efraim, apakah lagi sangkut paut-Ku dengan berhala-berhala? Akulah yang menjawab dan memperhatikan engkau! Aku ini seperti pohon sanobar yang menghijau, dari pada-Ku engkau mendapat buah.

Kita harus menerima diperbaiki kelakuan. Kelakukan kita harus terbenahi bagaimana kelakuan kita sebagai orang Kristen.

I Timotius 3:15
3:15 Jadi jika aku terlambat, sudahlah engkau tahu bagaimana orang harus hidup sebagai keluarga Allah, yakni jemaat dari Allah yang hidup, tiang penopang dan dasar kebenaran.

Ini yang Tuhan inginkan. Kalau mau kelakuan diperbaiki maka Tuhan diam bersama kita. Dan kalau Tuhan berdiam dengan kita, jangan coba ganggu, sebab pasti Tuhan akan membela kita.

Yeremia 7:3-6
7:3 Beginilah firman TUHAN semesta alam, Allah Israel: Perbaikilah tingkah langkahmu dan perbuatanmu, maka Aku mau diam bersama-sama kamu di tempat ini.
7:4 Janganlah percaya kepada perkataan dusta yang berbunyi: Ini bait TUHAN, bait TUHAN, bait TUHAN,
7:5 melainkan jika kamu sungguh-sungguh memperbaiki tingkah langkahmu dan perbuatanmu, jika kamu sungguh-sungguh melaksanakan keadilan di antara kamu masing-masing,
7:6 tidak menindas orang asing, yatim dan janda, tidak menumpahkan darah orang yang tak bersalah di tempat ini dan tidak mengikuti allah lain, yang menjadi kemalanganmu sendiri,

Tidak menindas orang asing berarti suka memberikan pelayanan dengan cuma-cuma. Tidak menindas yatim, yatim berarti berarti putus hubungan dengan Bapa Sorgawi. Bapa itulah yang memberikan Firman pengajaran. Tidak menindas janda, janda berarti putus hubungan dengan suami, putus hubungan dengan kepala, berarti putus hubungan dengan Firman pengajaran.

Yeremia 7:7-10
7:7 maka Aku mau diam bersama-sama kamu di tempat ini, di tanah yang telah Kuberikan kepada nenek moyangmu, dari dahulu kala sampai selama-lamanya.
7:8 Tetapi sesungguhnya, kamu percaya kepada perkataan dusta yang tidak memberi faedah.
7:9 Masakan kamu mencuri, membunuh, berzinah dan bersumpah palsu, membakar korban kepada Baal dan mengikuti allah lain yang tidak kamu kenal,
7:10 kemudian kamu datang berdiri di hadapan-Ku di rumah yang atasnya nama-Ku diserukan, sambil berkata: Kita selamat, supaya dapat pula melakukan segala perbuatan yang keji ini!

Sementara perilaku seperti ini tidak ditegur, lalu berkata “kita selamat”. Ini berarti membohongi jemaat. Tuhan mau memperbaiki kelakuan, Tuhan rindu diam bersama kita.

Wahyu 21:2-3
21:2 Dan aku melihat kota yang kudus, Yerusalem yang baru, turun dari sorga, dari Allah, yang berhias bagaikan pengantin perempuan yang berdandan untuk suaminya.
21:3 Lalu aku mendengar suara yang nyaring dari takhta itu berkata: "Lihatlah, kemah Allah ada di tengah-tengah manusia dan Ia akan diam bersama-sama dengan mereka. Mereka akan menjadi umat-Nya dan Ia akan menjadi Allah mereka.

Maukah kita seperti itu? Dikatakan di sini “suara nyaring”. Kita ingat ketika Maria menyampaikan salam maka bayi dalam kandungan Elizabet melonjak kegirangan dan dia dipenuhkan Roh Kudus dan dia berseru dengan suara nyaring “siapakah aku ini, ibu Tuhanku memberi salam kepadaku”. Kalau dulu hanya Elizabet yang berseru dengan suara nyaring, tetapi nanti banyak orang akan berseru dengan suara nyaring di sorga ketika pesta Anak Domba Allah itu akan digelar.
Wahyu 19:1
19:1 Kemudian dari pada itu aku mendengar seperti suara yang nyaring dari himpunan besar orang banyak di sorga, katanya: "Haleluya! Keselamatan dan kemuliaan dan kekuasaan adalah pada Allah kita,

Jadi perkataan haleluya bukan milik orang lain, bukan milik gereja A atau B, tetapi milik sorga. Jangan kita katakan “jangan bilang-bilang, haleluya itu bukan milik kita”.
Mau masuk sorga orang seperti itu atau tidak! Dalam perjanjian lama ada 23 kali kata haleluya, dalam perjanjian baru ada 4 kali kata haleluya dan itu menjelang pesta nikah Anak Domba Allah.
Wahyu 19:2,6-7
19:2 sebab benar dan adil segala penghakiman-Nya, karena Ialah yang telah menghakimi pelacur besar itu, yang merusakkan bumi dengan percabulannya; dan Ialah yang telah membalaskan darah hamba-hamba-Nya atas pelacur itu."
19:6 Lalu aku mendengar seperti suara himpunan besar orang banyak, seperti desau air bah dan seperti deru guruh yang hebat, katanya: "Haleluya! Karena Tuhan, Allah kita, Yang Mahakuasa, telah menjadi raja.
19:7 Marilah kita bersukacita dan bersorak-sorai, dan memuliakan Dia! Karena hari perkawinan Anak Domba telah tiba, dan pengantin-Nya telah siap sedia.

Isterinya sudah siap, gereja Tuhan mau dikondisikan di sini supaya Tuhan diam dengan kita, kepala dan tubuh menjadi satu. Yohanes pembaptis bertugas untuk itu, sekalipun itu masih nubuatan. Rapat rasul-rasul di Yerusalem juga membicarakan hal itu.
Kisah Para Rasul 15:14
15:14 Simon telah menceriterakan, bahwa sejak semula Allah menunjukkan rahmat-Nya kepada bangsa-bangsa lain, yaitu dengan memilih suatu umat dari antara mereka bagi nama-Nya.

Apakah bapa ibu masuk kategori suatu umat dari antara bangsa kafir demi namaNya. Ini tujuan indah dari Tuhan. Kenapa disebut pesta nikah Anak Domba. Karena itu mengingatkan Yohanes 1:29 bahwa dia Anak Domba yang menghapus dosa isi dunia.
Yohanes 1:29
1:29 Pada keesokan harinya Yohanes melihat Yesus datang kepadanya dan ia berkata: "Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia.

Ini mengingatkan bahwa kita bisa menjadi Mempelai WanitaNya karena pengorbanan Anak Domba. Dia Yesus Suami yang luar biasa rela mendaki jalan via dolorosa dan terpaku di Golgota karena kita. Dia berkorban sampai tetes darah terakhir karena saya dan saudara. Makanya siaplah saudara masuk dalam pemulihan. Sedialah hatimu jika ditunjuk kesalahan. Beri hidupmu diajar oleh Tuhan, beri hidupmu diperbaiki kelakuan supaya Yesus diam bersama dengan engkau.

4.      Mendidik dalam kebenaran
Titus 2:11-12
2:11 Karena kasih karunia Allah yang menyelamatkan semua manusia sudah nyata.
2:12 Ia mendidik kita supaya kita meninggalkan kefasikan dan keinginan-keinginan duniawi dan supaya kita hidup bijaksana, adil dan beribadah di dalam dunia sekarang ini

Orang fasik berbicara dengan lubang hidungnya ke atas dan menghina Tuhan.
Mazmur 10:1-4
10:1 Mengapa Engkau berdiri jauh-jauh, ya TUHAN, dan menyembunyikan diri-Mu dalam waktu-waktu kesesakan?
10:2 Karena congkak orang fasik giat memburu orang yang tertindas; mereka terjebak dalam tipu daya yang mereka rancangkan.
10:3 Karena orang fasik memuji-muji keinginan hatinya, dan orang yang loba mengutuki dan menista TUHAN.
10:4 Kata orang fasik itu dengan batang hidungnya ke atas: "Allah tidak akan menuntut! Tidak ada Allah!", itulah seluruh pikirannya.

Jemaat dididik supaya jangan seperti itu.

Titus 2:13-15
2:13 dengan menantikan penggenapan pengharapan kita yang penuh bahagia dan penyataan kemuliaan Allah yang Mahabesar dan Juruselamat kita Yesus Kristus,
2:14 yang telah menyerahkan diri-Nya bagi kita untuk membebaskan kita dari segala kejahatan dan untuk menguduskan bagi diri-Nya suatu umat, kepunyaan-Nya sendiri, yang rajin berbuat baik.
2:15 Beritakanlah semuanya itu, nasihatilah dan yakinkanlah orang dengan segala kewibawaanmu. Janganlah ada orang yang menganggap engkau rendah.

Ini tugas kami hamba Tuhan. Makanya ini bukan untuk merendahkan saudara tetapi supaya terjadi pemulihan. Kalau ini terjadi maka Tuhan katakan “engkau milikKu sendiri”.
Kidung Agung 2:16
2:16 Kekasihku kepunyaanku, dan aku kepunyaan dia yang menggembalakan domba di tengah-tengah bunga bakung.

Ini kerinduan hati Yesus yaitu kita menjadi milikNya sendiri, tidak ada yang lain yang memiliki kita. Katakan Yesuslah belahan jiwa kita dan kita adalah belahan jiwanya Yesus. Makanya dalam nikah, isteriku adalah belahan jiwaku dan saya adalah belahan jiwa isteriku.

Ini yang mau Tuhan lakukan dalam kehidupan kita. Kita menyelidiki Firman, padahal Dialah Firman itu, Yesuslah hidup yang kekal karena nafasNyalah yang menafasi kitab ini.

Tuhan Memberkati.


GPT “Kristus Penebus”
Jl. Langgadopi No.4 Tentena
Kec. Pamona Puselemba, Kab. Poso, 94663
HP: 085241270477
 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar