20181216

Kebaktian Natal Matialemba, Minggu 16 Desember 2018 Pdt. Bernard Legontu

Salam sejahtera di dalam kasih Tuhan Yesus Kristus.

Lukas 1:41,44
1:41 Dan ketika Elisabet mendengar salam Maria, melonjaklah anak yang di dalam rahimnya dan Elisabet pun penuh dengan Roh Kudus,
1:44 Sebab sesungguhnya, ketika salammu sampai kepada telingaku, anak yang di dalam rahimku melonjak kegirangan.

Ini persekutuan dua ibu hamil. Yang satu sudah lanjut usia tetapi diberi Tuhan karunia untuk hamil, itu keajaiban Tuhan. Yang satunya ibu muda, tanpa suami dan Tuhan menganugerahkan seorang bayi, itu keajaiban Tuhan. Jika kita menelusuri 4000 tahun sebelum Yesus datang, dikatakan terjadi pertempuran antara benih ular dan benih perempuan. Siapa benih perempuan? Itulah Yesus. Jadi 4000 tahun sebelum Yesus dilahirkan, hal itu telah dinubuatkan. Ini sesuatu yang ajaib menyangkut figur Yesus.
Kejadian 3:15
3:15 Aku akan mengadakan permusuhan antara engkau dan perempuan ini, antara keturunanmu dan keturunannya; keturunannya akan meremukkan kepalamu, dan engkau akan meremukkan tumitnya."

1500 tahun sebelum Yesus datang, juga nabi Musa menceritakan ada nabi seperti Musa dan bangsa Israel harus mendengar apa yang Dia katakan karena mereka akan mempertanggung jawabkan.
Ulangan 18:18-19
18:18 seorang nabi akan Kubangkitkan bagi mereka dari antara saudara mereka, seperti engkau ini; Aku akan menaruh firman-Ku dalam mulutnya, dan ia akan mengatakan kepada mereka segala yang Kuperintahkan kepadanya.
18:19 Orang yang tidak mendengarkan segala firman-Ku yang akan diucapkan nabi itu demi nama-Ku, dari padanya akan Kutuntut pertanggungjawaban.

Jika melihat pertemuan dua ibu hamil ini, bayi dalam kandungan ibu yang lanjut usia melonjak kegirangan. Siapa dia? Dia adalah figur seorang hamba Tuhan yang dipercayai  Tuhan untuk menghadirkan umat yang layak bagi Tuhan.
Lukas 1:17
1:17 dan ia akan berjalan mendahului Tuhan dalam roh dan kuasa Elia untuk membuat hati bapa-bapa berbalik kepada anak-anaknya dan hati orang-orang durhaka kepada pikiran orang-orang benar dan dengan demikian menyiapkan bagi Tuhan suatu umat yang layak bagi-Nya."

Jadi bayi yang masih dalam kandungan ini dan kemudian ketika lahir diberi nama Yohanes, dia adalah sosok hamba Tuhan yang dipercayai oleh Tuhan untuk membawa umat yang layak bagi Tuhan. Masih dalam keadaan bayi dia sudah senang dan girang mendengar salam. Artinya masih dalam keadaan bayi dia sudah senang dengar Firman karena salam itu hubungannya dengan Firman pengajaran. Setelah dewasa lebih lagi sukacitanya.

Hamba Tuhan yang dipercayai oleh Tuhan untuk membawa umat dipersembahkan kepada Yesus Mempelai Laki-laki Sorga adalah figur hamba Tuhan yang senang dengar Firman, melonjak hatinya.

Konfrensi pertama hamba-hamba Tuhan di Yerusalem, salah satu keputusannya kena mengena kepada kita bangsa kafir, bukan orang Yahudi.
Kisah Para Rasul 15:14
15:14 Simon telah menceriterakan, bahwa sejak semula Allah menunjukkan rahmat-Nya kepada bangsa-bangsa lain, yaitu dengan memilih suatu umat dari antara mereka bagi nama-Nya.

Kita terlalu mudah sekali mengatakan kita adalah anggota Tubuh Kristus. Dan semua orang gampang sekali berkata “saya anggota Tubuh Kristus”. Kalau saya anggota Tubuh Kristus berarti saya dikepalai oleh Yesus maka saya harus rela diatur oleh Kepala. Kalau saya mengaku anggota Tubuh Kristus tetapi tidak rela diatur oleh Kepala berarti saya bukan anggota Tubuh Kristus walaupun ulang berulang berucap “saya anggota Tubuh Kristus”. Sebab tubuh diatur oleh kepala, gerakan tubuh di atur oleh kepala. Kita orang Kristen terlalu mudah mengucapkan “saya anggota tubuh Kristus” tetapi tidak mau diatur oleh kepala! Saudara jalan sendiri, Saudara bergerak sendiri, bahkan Firman Tuhan ditepis, dibuang dan berangkat dengan akal pikiran sendiri. Kita bentuk tata cara menurut pikiran kita bukan menurut Firman.

Makanya Musa mengatakan kamu harus mendengar karena kamu akan mempertanggung jawabkan. Dan ini diangkat oleh Stefanus ketika dia ditantang oleh petinggi agama pada waktu itu. Dia ucapkan kembali bahasa nubuatan Musa.
Kisah Para Rasul 7:37
7:37 Musa ini pulalah yang berkata kepada orang Israel: Seorang nabi seperti aku ini akan dibangkitkan Allah bagimu dari antara saudara-saudaramu.

Kita koreksi diri kita, apakah kita nanti akan menggenapi  apa yang dikatakan ini. Ini adalah konfrensi pertama hamba-hamba Tuhan di Yerusalem, sekitar 50 tahun sesudah Yesus. Yang mereka perbincangkan justru masalah bangsa kafir. Kemudian disebutkan keputusannya adalah Tuhan sedang mencari umat dari bangsa kafir yang layak bagi namaNya.

Kita mengaku Tubuh Kristus tetapi bagaimana kenyataannya. Kalau dalam Lukas pasal 1 itu bayi Yohanes dalam kandungan yang melonjak. Tetapi kalau dalam kitab Yesaya, gunung-gunung yang melompat-lompat memuji Tuhan, pohon-pohon bertepuk tangan memuji Tuhan. Siapa yang lebih mulia, pohon-pohon atau saudara?
Yesaya 55:12
55:12 Sungguh, kamu akan berangkat dengan sukacita dan akan dihantarkan dengan damai; gunung-gunung serta bukit-bukit akan bergembira dan bersorak-sorai di depanmu, dan segala pohon-pohonan di padang akan bertepuk tangan.

Ini Firman Tuhan, Kepala gereja adalah Yesus, Dia yang mempunyai Firman. Tetapi kita begitu angkuh menghadap Tuhan, padahal Yesus berkorban untuk kita, bukan bagi pohon-pohon dan gunung-gunung. Gunung dan pohon itu sedang menuju pada kebinasaan karena itu bagian dari bumi. Tetapi kita yang diselamatkan akan mengalami hidup yang kekal bersama dengan Kristus.

Mari kita ikuti ke mana Tuhan mau membawa gereja Tuhan. Agar kita tidak beribadah hanya rutiniasi saja, hanya ceremony belaka. Mengadakan prosesi ibadah hanya begitu-begitu saja, tidak pernah merasa bahwa ibadah itu adalah tempat ditempa, dibangun, dibentuk sehingga karakter Ilahi menjadi bagian kita.

Banyak kali kalau ada orang yang berucap haleluya, yang lain malah mengatakan “kata itu bukan punya kita”. Orang ini mau masuk sorga atau tidak! Menjelang pesta nikah Anak Domba digelar, Anak Domba itulah Yesus dan pengantin  wanitaNya sudah siap sedia, maka 4 kali menggelegar di sorga kata haleluya. Saudara mau masuk sorga atau tidak? Tidak usah bilang-bilang haleluya kalau saudara memang tidak mau masuk sorga. Makanya jangan kita sombong di hadapan Tuhan, jangan kita sok. Kita ini hanya debu tanah. Daud orang yang nomor 1 di Israel, karena dia raja di Israel tetapi dia katakan “aku cuma cacing, aku hina”.

Yohanes melonjak ketika mendengar salam, dia adalah hamba Tuhan yang dipersiapkan untuk menangani umat yang layak bagiNya.
Lukas 1:17
1:17 dan ia akan berjalan mendahului Tuhan dalam roh dan kuasa Elia untuk membuat hati bapa-bapa berbalik kepada anak-anaknya dan hati orang-orang durhaka kepada pikiran orang-orang benar dan dengan demikian menyiapkan bagi Tuhan suatu umat yang layak bagi-Nya."

Di dunia ini ada dua bapa yaitu bapa secara jasmani dan bapa segala roh. Yang akan dikembalikan di sini adalah mengembalikan hati bapa secara jasmani kepada anak. Tetapi lebih dalam lagi mengembalikan hati kita anak-anak Tuhan untuk rujuk dan damai dengan Bapa di Sorga. Untuk damai dengan Bapa di Sorga ada sarananya. Siapa sarana untuk kita bisa damai dengan Bapa di sorga? Bayi dalam kandungan Maria. Kemudian Dia dilahirkan dan pada usia 30 tahun Dia melayani pekerjaan Bapa di Sorga. Lalu 3,5 tahun Dia dalam pelayanan kemudian Dia disalib. Untuk apa? Untuk mendamaikan kita dengan Bapa di sorga.

Yohanes sudah girang mendengar suara walaupun Yesus masih dalam kandungan. Dalam Yohanes pasal 3 Yohanes mengatakan Dia senang mendengar suara Mempelai Laki-laki Sorga, suara Yesus. Waktu masih dalam kandungan dia sudah girang mendengar suara Maria yang mengandung bayi Yesus. Sesudah di ladang pelayanan dia mengatakan sukacitaku penuh mendengar suara mempelai Laki-laki.
Yohanes 3:29
3:29 Yang empunya mempelai perempuan, ialah mempelai laki-laki; tetapi sahabat mempelai laki-laki, yang berdiri dekat dia dan yang mendengarkannya, sangat bersukacita mendengar suara mempelai laki-laki itu. Itulah sukacitaku, dan sekarang sukacitaku itu penuh.

Orang Kristen tidak mengerti bahwa sesungguhnya kita bertunangan dengan Yesus secara rohani.
II Korintus 11:2
11:2 Sebab aku cemburu kepada kamu dengan cemburu ilahi. Karena aku telah mempertunangkan kamu kepada satu laki-laki untuk membawa kamu sebagai perawan suci kepada Kristus.

Yesus adalah Mempelai Laki-laki Sorga Dialah kepala, kita adalah calon Mempelai Wanita, kita tubuh. Sebagai anggota tubuh yang tahu persis bahwa kita dipertunangkan, maka kita harus patuh dan tunduk kepada tunangan kita yaitu Yesus Mempelai Laki-laki Sorga. Sarana untuk kita bisa sampai ke sana, Dia sendiri telah berkorban bagi kita.
Ibrani 10:5
10:5 Karena itu ketika Ia masuk ke dunia, Ia berkata: "Korban dan persembahan tidak Engkau kehendaki -- tetapi Engkau telah menyediakan tubuh bagiku --.

Tidak perlu lagi ada domba disembelih, tidak perlu ada kambing, tidak perlu ada lembu, tidak perlu ada merpati. Pada zaman Taurat, burung merpati yang dikorbankan itu dipelintir lehernya namun tidak boleh putus. Kemudian ditindis-tindis lehernya di mezbah korban bakaran sampai habis darahnya. Lalu sayapnya dipatahkan tetepi tidak boleh sampai lepas. Kalau saudara bayangkan bagaimana Yesus kalau digambarkan seperti merpati itu, Dia bagaikan merpati yang tidak berdaya lagi, tangan kanan dan kiriNya dipaku. Kepala Yesus ditinju oleh serdadu Romawi seperti kepala burung merpati yang dipelintir. Itulah pengalaman Yesus untuk menyelamatkan saudara! Jangan kita sombong di hadapan Tuhan! Yesus menderita untuk saya dan saudara, tetapi kita begitu sombong kalau menghadap Tuhan!

Kalau kita bicara tubuh Kristus, istilahnya soma. Tetapi kalau tubuh dalam arti tubuh Kristus yang dikorbankan itu adalah salx. Yesus menjadi tubuh seperti kita untuk menjadi korban di Golgota untuk mendamaikan saudara dan saya. Di sini kita merayakan kelahiranNya tetapi kita tidak paham, kita tidak pernah mengerti penderitaanNya untuk membuat kita menjadi rendah di hadapan Tuhan.

Ibrani 10:7
10:7 Lalu Aku berkata: Sungguh, Aku datang; dalam gulungan kitab ada tertulis tentang Aku untuk melakukan kehendak-Mu, ya Allah-Ku."

Jadi Yesus sarana yang dikirim dari sorga untuk menjadi pendamai antara Bapa sorgawi dengan kita anakNya. Supaya yang murtad dan durhaka kembali berdamai dengan Tuhan. Ada sarana yang Tuhan berikan kepada kita. Agar jangan kita merayakan natal hanya seperti ceremony saja. Kalau cuma itu tujuan kita, itu keliru. Padahal sejak Yesus lahir di dunia ini Dia menderita. Dia tidak datang piknik di dunia ini. Dia datang ke dunia ini dengan penuh penderitaan untuk mengangkat penderitaan supaya kita damai dengan Tuhan. Mengapa penderitaan kita begitu berat? Karena kita sudah diraih oleh iblis. Iblis tidak membuat kita nyaman. Dia membuat kita menderita sengsara. Tidak ada iblis yang baik, namanya iblis semua jahat! Dia justru bawa kita ke dalam neraka.

Yesus ini sarana. Yohanes tahu persis siapa yang ada dalam kandungan Maria, sehingga dia girang walaupun usianya dalam kandungan baru 6 bulan. Ini bukan pribadi biasa.
Lukas 1:31-32
1:31 Sesungguhnya engkau akan mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki dan hendaklah engkau menamai Dia Yesus.
1:32 Ia akan menjadi besar dan akan disebut Anak Allah Yang Mahatinggi. Dan Tuhan Allah akan mengaruniakan kepada-Nya takhta Daud, bapa leluhur-Nya,

Ini yang membuat dia girang dan tidak menolak pekerjaan demi kebutuhan Anak Allah yang Maha Tinggi ini. Sehingga dia rela dipenggal lehernya demi Anak Allah Yang Mahatinggi ini. Masih bayi, Yohanes ini sudah senang dengar Firman, tetapi anak Tuhan sekarang ini kalau Firman sudah panjang dia mulai bosan. Padahal yang berbicara itu adalah calon Mempelai Laki-laki Sorga. Orang yang seperti itu berarti bukan calon Mempelai Wanita Tuhan. Orang seperti ini akan menjadi mangsa binatang buas yang keluar dari laut. Binatang buas itu disebut terion, artinya kebiadaban. Itulah yang akan muncul 3,5 tahun di depan ini dan sudah tidak lama.

Kalau sekarang ini kita tidak suka dengar Firman, tidak senang dengar Firman, itu berarti tinggal tunggu waktu orang itu dimangsa oleh antikristus, menjadi mangsa binatang buas ini yang disebut juga antropostes anonias manusia yang tidak takut akan Tuhan, manusia bejat, manusia tanpa hukum, yang akan menguasai dunia, seorang diktator. Oleh sebab itu biarlah kita senang dan gembira mendengar Firman.

Lukas 1:33
1:33 dan Ia akan menjadi raja atas kaum keturunan Yakub sampai selama-lamanya dan Kerajaan-Nya tidak akan berkesudahan."

Jadi tugas Yohanes yang saat itu masih berusia 6 bulan dalam kandungan Elizabet adalah untuk melayani Raja ini dan kebutuhan Raja ini. Apa kebutuhan Raja ini?
Kisah Para Rasul 15:14
15:14 Simon telah menceriterakan, bahwa sejak semula Allah menunjukkan rahmat-Nya kepada bangsa-bangsa lain, yaitu dengan memilih suatu umat dari antara mereka bagi nama-Nya.

Semoga kita yang hadir di sini masuk pada pilihan dan kita harus berjuang. Karena yang disebut dipilih umat bagi namaNya adalah Mempelai WanitaNya. Ketika Abraham memanggil Eliezer dia katakan “taruh tanganmu di pangkal pahaku dan janji kau cari isteri bagi anakku Ishak. Jangan ambil dari antara bangsa ini tetapi cari dari antara keluargaku”. Jadi kita ini keluarga Allah dan Roh Kudus sementara bekerja untuk mencari dari antara keluarga Allah siapa orang-orang yang akan dipersembahkan kepada Yesus.

Makanya merayakan natal jangan begitu-begitu saja. Tahun lalu dia merayakan natal berapa kali jatuh di selokan. Kenapa? Karena mabuk. Bahkan sekarang ini orang mabuk dipertandingkan. Maaf bukan miliknya Kristus orang yang seperti itu. Karena Tuhan mencari umat kepunyaanNya sendiri. Kita tidak bicara organisasi.

Yang akan ditangani oleh Yohanes ini adalah melayani Raja di atas segala raja dan mempersiapkan tubuh bagi Raja di atas segala raja, mempersiapkan mempelai. Walaupun pelayanan Yohanes saat itu belum tuntas, namun diteruskan oleh hamba-hamba Tuhan yang lain termasuk rasul Paulus. Dan yang dikerjakan oleh rasul Paulus juga belum tuntas. Dan akhir zaman ini itulah tanggung jawab kami hamba Tuhan yang hidup akhir zaman ini.

Jangan main-main dengan hamba Tuhan fulltimer, dia sudah menyerahkan tubuh, jiwa dan rohnya untuk menangani saudara supaya Roma 15:16 terpenuhi. Itu kerinduan hati kami hamba Tuhan, itu kerinduan hati kami para gembala supaya mereka yang Tuhan percayakan untuk kami gembalakan dapat diterima oleh Tuhan ketika kami persembahkan.
Roma 15:16
15:16 yaitu bahwa aku boleh menjadi pelayan Kristus Yesus bagi bangsa-bangsa bukan Yahudi dalam pelayanan pemberitaan Injil Allah, supaya bangsa-bangsa bukan Yahudi dapat diterima oleh Allah sebagai persembahan yang berkenan kepada-Nya, yang disucikan oleh Roh Kudus.

Rasul Paulus adalah rasul spesial untuk kita bangsa kafir. Apa motivasi pelayanannya? Agar bangsa kafir diterima oleh Tuhan. Bangsa kafir ini dalam terjemahan aslinya disebut bangsa Gowi, itulah kita bangsa kafir. Satu ketika bangsa Israel disejajarkan dengan bangsa Gowi yaitu bangsa kafir. Karena apa? Karena mereka tidak mempersembahkan lagi tubuh, jiwa dan rohnya kepada Tuhan tetapi dia persembahkan kepada berhala. Memang tradisi bangsa kafir adalah menyembah berhala, termasuk kita orang Pamona yang menyembah pue palaburu.

Kita bangsa kafir sudah jelas bangsa kafir. Kita menyembah berhala padahal berhala itu sudah jelas perwujudan iblis.
I Korintus 10:19-20
10:19 Apakah yang kumaksudkan dengan perkataan itu? Bahwa persembahan berhala adalah sesuatu? Atau bahwa berhala adalah sesuatu?
10:20 Bukan! Apa yang kumaksudkan ialah, bahwa persembahan mereka adalah persembahan kepada roh-roh jahat, bukan kepada Allah. Dan aku tidak mau, bahwa kamu bersekutu dengan roh-roh jahat.
Kemudian kita dibeli oleh Tuhan Yesus dengan harga tunai dengan darahNya di Golgota.
I Korintus 7:23; 3:23
7:23 Kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar. Karena itu janganlah kamu menjadi hamba manusia.
3:23 Tetapi kamu adalah milik Kristus dan Kristus adalah milik Allah.

Kemudian setelah kita dibeli dengan harga tunai, kita ditititp oleh Tuhan di dalam pengembalaan. Kalau kita sudah dibeli oleh Tuhan dengan harga tunai, Tuhan tidak akan salah titip, Dia akan menitip kita di dalam penggembalaan yang benar. Yang ada dalam kandungan Maria ini juga seorang gembala, Dia adalah Imam Besar, Dia adalah hakim, Dia Raja di atas segala raja dan Dia juga adalah Mempelai Laki-laki Sorga. Kita sekarang dititip di mana. Kalau kita dititip pada tempat yang benar maka Raja itu menjadi belahan jiwa kita dan kita menjadi belahan jiwanya Tuhan.
Kisah Para Rasul 20:28
20:28 Karena itu jagalah dirimu dan jagalah seluruh kawanan, karena kamulah yang ditetapkan Roh Kudus menjadi penilik untuk menggembalakan jemaat Allah yang diperoleh-Nya dengan darah Anak-Nya sendiri.

Gembala tidak boleh main-main, dia harus menjaga dirinya, menjaga tahbisannya. Hamba Tuhan harus bekerja sama dengan Roh Kudus, hamba Tuhan harus diurapi oleh Roh Kudus. Untuk apa? Untuk menjadi penilik untuk menggembalakan jemaat Allah, bukan jemaatku dan jemaatmu. Seringkali kita bertengkar masalah jemaat padahal bukan kita punya tetapi Tuhan punya. Kita tidak pernah terpaku di Golgota, Yesus yang terpaku di Golgota untuk membeli kita, kenapa kita harus bertengkar soal jiwa! Kalau Tuhan bawa jiwa untuk saya gembalakan, kenapa ada yang marah. Kalau ada yang marah, sekalian protes pada Tuhan. Jiwa itu bukan kita punya dan kita tidak punya sorga. Dia yang punya sorga, Dia juga punya neraka. Kita mau masuk sorga atau dilempar ke neraka itu terpergantung kepercayaan kita sekarang.

Kalau sekarang ini tidak suka mendengar Firman, nanti sekalipun orang itu sudah ada dalam kubur, ketika Yesus berfirman maka suaraNya terdengar oleh orang mati di dalam kubur. Dalam Daniel 12:2 terbagi dua orang yang dibangkitkan. Yang satu masuk pada hidup yang kekal, yang lain masuk pada hukuman yang kekal.
Daniel 12:2
12:2 Dan banyak dari antara orang-orang yang telah tidur di dalam debu tanah, akan bangun, sebagian untuk mendapat hidup yang kekal, sebagian untuk mengalami kehinaan dan kengerian yang kekal.

Olehnya jangan kita menolak Firman hari-hari terkahir ini. Kita mendengarkan Firman jangan angkuh. Kita sementara di hadapan Tuhan, ada absen di sorga.
Maleakhi 3:16
3:16 Beginilah berbicara satu sama lain orang-orang yang takut akan TUHAN: "TUHAN memperhatikan dan mendengarnya; sebuah kitab peringatan ditulis di hadapan-Nya bagi orang-orang yang takut akan TUHAN dan bagi orang-orang yang menghormati nama-Nya."

Yohanes 3:29
3:29 Yang empunya mempelai perempuan, ialah mempelai laki-laki; tetapi sahabat mempelai laki-laki, yang berdiri dekat dia dan yang mendengarkannya, sangat bersukacita mendengar suara mempelai laki-laki itu. Itulah sukacitaku, dan sekarang sukacitaku itu penuh.

Yohanes yang bersaksi ini yang ketika masih berusia 6 bulan dalam kandungan sudah melonjak kegirangan mendengar suara Maria yang mengandung Yesus. Ketika dalam pelayanan dia langsung berhadapan dengan Yesus dan senang mendengar suara Yesus Mempelai Laki-laki Sorga.

Kalau sekarang tidak senang dengar Firman, tunggu saja ketika sudah mati maka Tuhan akan memperdengarkan suaraNya.
Yohanes 5:28
5:28 Janganlah kamu heran akan hal itu, sebab saatnya akan tiba, bahwa semua orang yang di dalam kuburan akan mendengar suara-Nya,

Itu sebabnya Yesus ajaib. 4000 tahun sebelum Dia datang di dunia sudah disebutkan dalam Kejadian 3:15.
Kejadian 3:15
3:15 Aku akan mengadakan permusuhan antara engkau dan perempuan ini, antara keturunanmu dan keturunannya; keturunannya akan meremukkan kepalamu, dan engkau akan meremukkan tumitnya."

1500 tahun sebelum Yesus datang, nabi Musa sudah bernubuat. 700 tahun sebelum Yesus dilahirkan, Yesaya sudah menceritakan kelahiranNya dan kematianNya. Yesus ajaib, seringkali kita cuma menginginkan Yesus ajaib karena mataku buta lalu menjadi melek. Seringkali kita katakan Yesus ajaib karena telingaku tuli dan setelah dijamah maka saya mendengar. Banyak orang Kristen kambuh terus dosanya karena tidak mau memperhatikan Firman. Suara Mempelai Laki-laki Sorga sangat menyenangkan, sangat memukau. Untuk apa? Untuk membuat kita menjadi Mempelai WanitaNya.
Daniel 12:2
12:2 Dan banyak dari antara orang-orang yang telah tidur di dalam debu tanah, akan bangun, sebagian untuk mendapat hidup yang kekal, sebagian untuk mengalami kehinaan dan kengerian yang kekal.

Saudara ada di pihak mana? Apakah saudara mengkondisikan diri di pihak yang mendapat hidup yang kekal? Berarti dari sekarang kita harus memiliki Firman yang kekal untuk bisa menghidupkan kita, karena Firman itu kekal. Kalau kita tidak setuju dengan Firman maka akan mengalami kehinaan dan kengerian yang kekal. Ini jangan terjadi pada kita yang hadir malam hari ini.
Apa yang harus dikerjakan oleh Yohanes ini bukan tertuju kepada satu firgur manusia biasa tetapi Dia Raja, Imam Besar, Gembala, Hakim, Mempelai Laki-laki sorga. Tugas utama dari Yohanes Pembaptis adalah menyiapkan Mempelai Wanita dan itu dipercayakan oleh Tuhan kepada kami hari-hari terakhir ini. Maksudnya supaya umat yang Tuhan percayakan untuk kami layani ini bisa dikatrol, bisa dipersembahkan menjadi anggota Tubuh Kristus, menjadi Mempelai wanita Tuhan.

Kenapa dalam Lukas 1:39-45 ini bicara kandungan?
Lukas 1:31,36
1:31 Sesungguhnya engkau akan mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki dan hendaklah engkau menamai Dia Yesus.
1:36 Dan sesungguhnya, Elisabet, sanakmu itu, ia pun sedang mengandung seorang anak laki-laki pada hari tuanya dan inilah bulan yang keenam bagi dia, yang disebut mandul itu.

Di sini bicara kandungan, bicara rahim. Masih bayi di dalam rahim, sudah ada komunikasi. Secara logika manusia itu mustahil, inilah Yesus yang ajaib, ini Firman yang ajaib. Olehnya kita perhatikan bagaimana gereja Tuhan untuk dibawa menjadi Mempelai Wanita Tuhan.

Yesaya 49:1
49:1 Dengarkanlah aku, hai pulau-pulau, perhatikanlah, hai bangsa-bangsa yang jauh! TUHAN telah memanggil aku sejak dari kandungan telah menyebut namaku sejak dari perut ibuku.

Termasuk Yeremia dipanggil sejak dari kandungan. Termasuk Paulus dipersiapkan Tuhan dari kandungan. Sampai dikatakan dia bagaikan bayi yang lahir sebelum waktunya. Termasuk Yohanes, masih dalam perut ibunya sudah disebut namanya bahwa dia harus diberi nama Yohanes. Yesus masih dalam kandungan ibuNya sudah dikatakan bahwa Dia harus diberi nama Yesus dan akan disebut Imanuel.

Yesaya 49:5
49:5 Maka sekarang firman TUHAN, yang membentuk aku sejak dari kandungan untuk menjadi hamba-Nya, untuk mengembalikan Yakub kepada-Nya, dan supaya Israel dikumpulkan kepada-Nya -- maka aku dipermuliakan di mata TUHAN, dan Allahku menjadi kekuatanku --, firman-Nya:

Kalau ayat 1 ada dua golongan yang dibicarakan yaitu Israel dan bangsa-bangsa lain.

Termasuk rasul Paulus, dia dipersiapkan dari kandungan untuk melayani kita bangsa kafir.
I Korintus 15:8
15:8 Dan yang paling akhir dari semuanya Ia menampakkan diri juga kepadaku, sama seperti kepada anak yang lahir sebelum waktunya.

Lahir sebelum waktunya, ini bayi prematur. Bayi prematur itu ditangani khusus. Rasul Paulus ini ditangani khusus oleh Tuhan untuk mengerjakan pekerjaan khusus untuk kita bangsa kafir.
Hamba Tuhan yang ditangani Tuhan dan dikenal Tuhan sejak dari kandunga, dia dilengkapi oleh Tuhan.
Yesaya 49:2
49:2 Ia telah membuat mulutku sebagai pedang yang tajam dan membuat aku berlindung dalam naungan tangan-Nya. Ia telah membuat aku menjadi anak panah yang runcing dan menyembunyikan aku dalam tabung panah-Nya.

Walaupun mulutnya seperti pedang yang tajam, dia dijamin Tuhan dilindungi. Jangan takut rekan-rekanku hamba Tuhan jika saudara dipilih oleh Tuhan untuk melayani, saudara dilindungi oleh Tuhan.

Orang Israel pada waktu itu merasa ditinggal oleh Tuhan, padahal Yeaya 49:8 Tuhan mau memulihkan mereka. Dalam kondisi amburadul keadaan rohani mereka, Tuhan berencana memulihkan mereka. Caranya Tuhan pakai hamba Tuhan yang dikenal dari kandungan yang mulutnya seperti anak panah yang runcing dan seperti pedang yang tajam, itu adalah sarana yang dipakai oleh Tuhan untuk memulihkan umatnya.
Yesaya 49:8-50:5 perikop: sion dipulihkan.

Tujuan Tuhan untuk memulihkan Sion, berarti Tuhan mau memulihkan gerejaNya, Tuhan mau memulihkan kita. Sion tadinya berkata Tuhan sudah melupakan kita. Tetapi Tuhan katakan “Aku tidak melupakan kamu, Aku sudah menggambar kamu ditelapak tanganKu”. Tuhan tidak lupa makanya Tuhan mau memulihkan.
Yesaya 49:14
49:14 Sion berkata: "TUHAN telah meninggalkan aku dan Tuhanku telah melupakan aku."

Jika perasaan ini ada pada saudara, sekarang hempaskan, Tuhan hadir untuk memulihkan saudara.

Yesaya 49:15
49:15 Dapatkah seorang perempuan melupakan bayinya, sehingga ia tidak menyayangi anak dari kandungannya? Sekalipun dia melupakannya, Aku tidak akan melupakan engkau.

Serigala yang buas tidak mungkin memakan anaknya, apalagi ibu tidak akan membuang anaknya. Memang sekarang ini kita temukan di tayangan televisi, ibu-ibu bejat lebih buas dari binatang buas. Anaknya ditaruh di dalam dus lalu diletakkan di tong sampah. Tetapi Tuhan tidak akan pernah berlaku seperti itu kepada saudara dan saya, asalkan saudara mau dipulihkan. Kalau mau dipulihkan dengarkan Firman Tuhan.

Sion ini artinya rongsokan, puing-puing. Tetapi Sion arti yang kedua adalah diangkat. Kita ini tinggal puing-puing, sudah rongsokan dosa. Sudah hancur tetapi Tuhan bermaksud mengangkat dan memulihkan lagi kita.

Yesaya 49:16
49:16 Lihat, Aku telah melukiskan engkau di telapak tangan-Ku; tembok-tembokmu tetap di ruang mata-Ku.

Berarti program Allah kepada saudara sudah di tangan Tuhan, sudah digambar oleh Tuhan.

Yesaya 49:17
49:17 Orang-orang yang membangun engkau datang bersegera, tetapi orang-orang yang merombak dan merusak engkau meninggalkan engkau. (tergesa-gesa).

Di mana kita? Apakah kita ikut membangun Sion, membangun gereja, membangun Mempelai Wanita untuk Yesus Mempelai Laki-laki Sorga. Jangan sampai kita jatuh pada pihak kedua yang merombak dan merusak. Kalau sudah membongkar dan merusak maka Tuhan katakan:
Mamzur 119:126
119:126 Waktu untuk bertindak telah tiba bagi TUHAN; mereka telah merombak Taurat-Mu.

Terhadap kehidupan yang suka merubah Firman, Tuhan akan bertindak! Makanya dalam Alkitab ada 5 tempat di mana tidak boleh menambah dan mengurangi Firman. Ini untuk saya sebagai hamba Tuhan, Tuhan tolong saya supaya pelayananku benar-benar berjalan bukan untuk merombak, bukan untuk merusak tetapi membangun. Saya harus bersegera untuk membangun, dengan arti kata saya harus singsingkan lengan baju untuk terlibat dalam pembangunan Tubuh Kristus.

Maukah saudara dipulihkan? Maukah saudara diangkat kembali oleh Tuhan? Coba lihat hidupmu masa lampau, kita sudah hancur. Sion berkata “Tuhan sudah lupa kami” tetapi apakah benar Tuhan sudah lupa? Tidak, Tuhan tidak pernah lupa. Bahkan Tuhan katakan yang akan membangun kita datang dengan segera.

Mengapa harus lewat kandungan?
Mazmur 51:7
51:7 Sesungguhnya, dalam kesalahan aku diperanakkan, dalam dosa aku dikandung ibuku.

Yohanes ada dalam kandungan. Saya juga dikandung oleh ibu. Untuk saya selalu merenung bahwa saya ada dalam dosa turunan, dosa bawaan, ada dalam kesalahan. Siapa bilang bayi itu mulus.

Mazmur 51:9
51:9 Bersihkanlah aku dari pada dosaku dengan hisop, maka aku menjadi tahir, basuhlah aku, maka aku menjadi lebih putih dari salju!

Dari kandungan kita sudah dalam dosa. Kalau Yohanes dari kandungan, kemudian Yesus muncul tidak dari kandungan maka tidak tuntas pekerjaanNya, tidak bisa menolong Yohanes, tidak bisa menolong saya dan saudara. Maka Yesuspun harus melalui kandungan. Sebab dari situlah kita berawal. Saya berawal dari situ, bapak ibu berasal dari kandungan, berawal dari kesalahan, berawal dari dosa. Makanya Yesus harus lewat kandungan untuk mengejar dan menyelesaikan dosa-dosa yang ada pada kita sampai Dia tersalib di Golgota.

Seorang hamba Tuhan didatangi oleh Yesus dan berkata “hambaKu engkau tahu apa yang Aku lakukan di alam bersah?” hamba Tuhan itu menjawab “tidak tahu” lalu Tuhan katakan “Aku bergumul melawan maut demi engkau” dan hamba Tuhan itu menangis.

Dari kandungan Dia sudah bekerja. Untuk apa? Untuk menyelesaikan kesalahan kita. Kita diperanakkan dalam kesalahan, kita dikandung dalam dosa. Kita merayakan natal tetapi tidak pernah kita sadar akan dosa, tidak pernah kita memahami kita orang berdosa, bahkan kita tumbuh kembangkan dosa, kita semaikan kesalahan. Padahal pada natal itu awal Tuhan menghancurkan kesalahan dan dosa kita.

Tetapi merayakan natal kita bukan menyadari dosa dan kesalahan, yang berada di sekitar pohon natal malah botol bir. Malam seperti ini natal, tetapi tunggu sementara sekitar jam 10 malam yang terjadi malah mabuk-mabukan. Bagaimana merayakan natal tetapi yang dibicarakan malah cerai. Mana itu keselamatan. Mana itu kesadaran akan dosa.

Yesus harus melalui kandungan untuk menghantam bekas-bekas dosa yang menghancurkan kita. Sampai di liang kubur Dia bergumul dengan maut. Sadarlah kita yang hadir malam hari ini, ada Yesus mau memulihkan kita, Dia datang untuk memulihkan kita.
Hosea 14:5
14:5 Aku akan memulihkan mereka dari penyelewengan, Aku akan mengasihi mereka dengan sukarela, sebab murka-Ku telah surut dari pada mereka.

Kita yang sudah menyeleweng Tuhan pulihkan dan dikatakan dengan sukarela. Yesus rela mendaki jalan via dolorosa dan tersalib di Golgota semua dengan sukarela karena kita.
Hosea 14:6
14:6 Aku akan seperti embun bagi Israel, maka ia akan berbunga seperti bunga bakung dan akan menjulurkan akar-akarnya seperti pohon hawar.

Kalau bicara embun, Mazmur mengatakan itu status gereja yang seperti remaja.
Mazmur 110:3
110:3 Pada hari tentaramu bangsamu merelakan diri untuk maju dengan berhiaskan kekudusan; dari kandungan fajar tampil bagimu keremajaanmu seperti embun.

Kalau sudah remaja, kita bisa baca dalam Yehezkiel pasal 16 bagaimana bila sudah remaja. Dikatakan Tuhan lewat di situ dan Dia melihat bayi yang beberapa tahun yang lalu terlantar di ladang lalu diambil, dibersihkan dan Tuhan berkata “engkau harus hidup’.
Yehezkiel 16:6
16:6 Maka Aku lalu dari situ dan Kulihat engkau menendang-nendang dengan kakimu sambil berlumuran darah dan Aku berkata kepadamu dalam keadaan berlumuran darah itu: Engkau harus hidup

Setelah Yesus datang beberapa tahun berikutnya di dapati anak itu sudah remaja. Dikatakan rambutnya sudah panjang dan buah dadanya sudah tumbuh. Buah dada adalah tempat untuk memberi asi, berarti remaja ini sudah siap memberi, bukan hanya mau menerima. Rambut sudah panjang berarti ada roh penundukan. Kemudian Tuhan katakan “engkau Aku punya”.
Yehezkiel 16:8
16:8 Maka Aku lalu dari situ dan Aku melihat engkau, sungguh, engkau sudah sampai pada masa cinta berahi. Aku menghamparkan kain-Ku kepadamu dan menutupi auratmu. Dengan sumpah Aku mengadakan perjanjian dengan engkau, demikianlah firman Tuhan ALLAH, dan dengan itu engkau Aku punya.

Apakah tidak berbahagia kalau Tuhan katakan kepadamu “engkau Aku punya!”. Apakah tidak bersyukur kawan-kawan seiman dalam Tuhan kalau Tuhan berkata padamu “engkau Aku punya!”.

Yehezkiel 16:7
16:7 dan jadilah besar seperti tumbuh-tumbuhan di ladang! Engkau menjadi besar dan sudah cukup umur, bahkan sudah sampai pada masa mudamu. Maka buah dadamu sudah montok, rambutmu sudah tumbuh, tetapi engkau dalam keadaan telanjang bugil.

Ini keadaan gereja, Tuhan tidak biarkan kita telanjang. Tuhan berikan kita busana rangkap.
Yesaya 61:10
61:10 Aku bersukaria di dalam TUHAN, jiwaku bersorak-sorai di dalam Allahku, sebab Ia mengenakan pakaian keselamatan kepadaku dan menyelubungi aku dengan jubah kebenaran, seperti pengantin laki-laki yang mengenakan perhiasan kepala dan seperti pengantin perempuan yang memakai perhiasannya.

Pakaian pertama adalah pakaian keselamatan dan pakaian kedua adalah jubah kebenaran, ini pakaian mempelai. Ini yang Tuhan cari, ini yang Tuhan mau lakukan kepada saudara asalkan saudara mau. Jangan kritik Firman, jangan salah menanggapi Firman, karena Tuhan mau memulihkan kita.

Hosea 14 adalah pekerjaan pemulihan Tuhan bagi kita gerejaNya. Dulu terhadap Israel secara hurufiah, tetapi apa yang terjadi pada bangsa Israel adalah pelajaran bagi kita. Kalau saudara mau tahu bahwa saudara miliknya Tuhan ayo terima Firman. Mulai dari bayi Yohanes sudah bersukacita, ketika di ladang pelayanan dia bersukacita. Walaupun harus berakhir dengan pemenggalan leher tetapi dia tetap bersukacita. Demikianlah kekasih dalam Tuhan, mulai dari kami hamba-hamba Tuhan biarlah kami bergemar mendengarkan Firman. Karena Tuhan menyinari kita dengan wajahNya sehingga kita bergemar mendengar Firman.

Tuhan Memberkati.
GPT “Kristus Penebus”
Jl. Langgadopi No.4 Tentena
Kec. Pamona Puselemba, Kab. Poso, 94663
HP: 085241270477
JADWAL IBADAH
Rabu   :          Ibadah Pendalaman Alkitab dan
Perjamuan Suci → Pk. 17.00
Sabtu    :         Ibadah Doa Penyembahan → Pk. 16.30
Minggu :         Ibadah Sekolah Minggu → Pk. 07.30
            Ibadah Raya → Pk. 09.00
            Ibadah Kaum Muda Remaja → Pk. 16.00
 



















Tidak ada komentar:

Posting Komentar