20181202

Kebaktian Umum, Minggu 2 Desember 2018 Pdt. Bernard Legontu


Salam sejahtera di dalam kasih ajaib Tuhan Yesus Kristus.

Wahyu 7:1
7:1 Kemudian dari pada itu aku melihat empat malaikat berdiri pada keempat penjuru bumi dan mereka menahan keempat angin bumi, supaya jangan ada angin bertiup di darat, atau di laut atau di pohon-pohon.
Ada wibawa yang luar biasa kepada 4 malaikat ini. Tuhan memberikan suatu otoritas yang luar biasa bisa menahan angin. Ini kepercayaan luar biasa dari Tuhan.

Wahyu 7:2
7:2 Dan aku melihat seorang malaikat lain muncul dari tempat matahari terbit. Ia membawa meterai Allah yang hidup; dan ia berseru dengan suara nyaring kepada keempat malaikat yang ditugaskan untuk merusakkan bumi dan laut,

Malaikat yang lain ini tidak ayal lagi adalah penggenapan dari Lukas 1:78 yaitu Yesus sendiri. Sebab yang berhak untuk memeterai hanya Yesus sendiri, tidak ada yang lain.
Lukas 1:78
1:78 oleh rahmat dan belas kasihan dari Allah kita, dengan mana Ia akan melawat kita, Surya pagi dari tempat yang tinggi,

Wahyu 7:3
7:3 katanya: "Janganlah merusakkan bumi atau laut atau pohon-pohon sebelum kami memeteraikan hamba-hamba Allah kami pada dahi mereka!"

Yesus sudah masuk di dalam kata “kami” ini. Makanya dalam Wahyu pasal 14 Yesus bersama 144.000 orang itu berdiri di Sion.

Wahyu 7:4
7:4 Dan aku mendengar jumlah mereka yang dimeteraikan itu: seratus empat puluh empat ribu yang telah dimeteraikan dari semua suku keturunan Israel.

Alkitab ini teka-teki dan sangat misteri, jika Tuhan tidak bermurah hati menyatakan kepada kita maka ini hanya bacaan belaka. Tetapi sesuai Efesus 1:8-10 di mana kita didorong untuk masuk dalam kegenapan waktu, maka Tuhan berkehendak menyatakan rahasia Firman kepada kita.
Efesus 1:8-10
1:8 yang dilimpahkan-Nya kepada kita dalam segala hikmat dan pengertian.
1:9 Sebab Ia telah menyatakan rahasia kehendak-Nya kepada kita, sesuai dengan rencana kerelaan-Nya, yaitu rencana kerelaan yang dari semula telah ditetapkan-Nya di dalam Kristus
1:10 sebagai persiapan kegenapan waktu untuk mempersatukan di dalam Kristus sebagai Kepala segala sesuatu, baik yang di sorga maupun yang di bumi.

Rahasia Firman ini hanya Tuhan buka kepada kita bangsa kafir. Jika di dalam ibadah ada pembukaan rahasia Firman, berarti Tuhan menaruh perhatian bahwa hidup saudara adalah kekasihNya. Jika Tuhan tidak membukakan rahasia FirmanNya berarti kita bukan kekasihNya. Makanya saya sebagai hamba Tuhan harus bergumul dalam doa-doa penyahutan dan juga dalam doa “mohon Tuhan bukakan isi hatiMu kepada kami”. Jika kita adalah kekasih Tuhan maka pasti Tuhan curahkan dan itu menjadi fakta yang sudah saya alami.

Bahkan ketika saya sedang menyembah, kadang saya berhenti untuk kembali ke meja saya untuk menulis apa yang Tuhan berikan. Jika saya mengatakan ini bukan berarti saya mengedepankan diri atau sombong. Sebab kalau saya sombong pasti Tuhan tidak akan mempercayakan Firman. Angkuh itu berarti tidak mau tahu dan tidak mau meningkatkan pengenalannya akan Tuhan bahkan menentang pengenalan akan Tuhan.
II Korintus 10:5
10:5 Kami mematahkan setiap siasat orang dan merubuhkan setiap kubu yang dibangun oleh keangkuhan manusia untuk menentang pengenalan akan Allah. Kami menawan segala pikiran dan menaklukkannya kepada Kristus,

Tuhan memiliki daftar apa yang akan Dia lakukan. Lebih dahulu yang ada dalam daftar adalah bumi, pohon dan laut, ini akan dirusak. Apa sakitnya kalau cuma bumi, kalau cuma pohon dan kalau cuma laut yang dirusak? Tetapi efeknya tentu kepada kita.

1.      Bumi
Kalau bicara bumi, jangan lupa Wahyu pasal 13:11-18 ini adalah wilayah kerjanya nabi palsu. Ini yang akan dirusak oleh Tuhan. Mengapa? Sebab dalam Wahyu 13:11-18 manusia sudah lupa diri.

Kalau sekarang ini kita masih diberikan kesempatan. Tuhan katakan “tunggu sebelum Aku memeteraikan mereka ini”. Masih ada peluang dan kesempatan untuk kita keluar dari belenggu ini. Apa belenggu dalam Wahyu pasal 13? Mamon! Roh antikristus akan bergerak dibidang mamon, di bidang ekonomi, di bidang financial. Jika kita lekat di situ maka kita terekrut. Itu sebabnya Tuhan berupaya supaya hati kita jangan melekat pada mamon. Sebab kalau tidak kita nanti akan ikut dirusak.

Pergumulanku sebagai hamba Tuhan, jangan ada seorangpun dari kita terjaring. Itu sebabnya Tuhan berupaya lewat Firman Tuhan yang disuarakan oleh gembala agar hati kita jangan diikat oleh mamon, diikat oleh financial, diikat oleh harta dunia ini. Pdt. Totaijs mengatakan penganglah dunia dengan tangan terlepas sebab dunia ini sedang menuju pada kebinasaan. Jika kita pegang maka kita akan terseret pada kebinasaan. Tetapi bila kita pegang dengan tangan terlepas maka ketika dunia berjalan pada kebinasaan, kita terlepas.

Bukan untuk menyusahkan saudara, justru untuk membahagiakan saudara supaya jangan kena hukuman ini. Penerapannya ada di dalam Wahyu pasal 6, di antara meterai kelima dan meterai keenam. Ketika ada mati sahid dan ada kegentaran dari 7 tingkatan manusia, di antara itulah terjadi hal ini. Sebagai seorang pengawas, maka gereja Tuhan yang Tuhan percayakan kepada saya harus saya awasi dan saya jaga.

Ada peringatan di sini, jangan kita jalan terus. Alkitab mengatakan orang bijak kalau melihat ada bencana yang akan datang maka dia cepat menyembunyikan diri. Tetapi orang bodoh jalan terus, ini jangan terjadi pada kita. Jadilah kelompok yang bijak, berarti saudara masuk dalam 5 anak dara yang bijak.
Wahyu 13:11
13:11 Dan aku melihat seekor binatang lain keluar dari dalam bumi dan bertanduk dua sama seperti anak domba dan ia berbicara seperti seekor naga.

Begitu pandai dia menyamar. Suara naga tetapi kalau diperhatikan seperti anak domba, begitu licik dia meniru.

Wahyu 13:12
13:12 Dan seluruh kuasa binatang yang pertama itu dijalankannya di depan matanya. Ia menyebabkan seluruh bumi dan semua penghuninya menyembah binatang pertama, yang luka parahnya telah sembuh.

Coba lihat, upaya dari nabi palsu ini adalah untuk mengarahkan kita tunduk kepada antikristus. Dikatakan antikristus ini luka parahnya sudah sembuh, ini kebangkitan palsu. Jadi pekerjaan antikristus yang bekerja sama dengan nabi palsu itu, mengangkat suasana kebangkitan tetapi palsu! Kenapa kebangkitannya palsu? Karena kematiannya juga palsu.

Saya tidak mau sebagai hamba Tuhan mengalami kematian palsu dan kebangkitan palsu. Saya masuk di Tentena ini dengan tiga anak dan yang ketiga masih bayi, betul-betul dalam suasana mati! Tidak ada suara tolong jiwa kami. Tiga tahun kemudian kami mengalami suasana kebangkitan. Lebih cepat mati lebih bagus dari pada berlarut-larut. Lebih cepat jemaat digoncang supaya tahu mana yang asli. Kalau ketika digoyang ada yang lari miring, berarti itu bukan yang asli, dia nanti akan terpental. Jadi jangan kaget kalau ada yang terpental. Yang asli pasti dia bertahan, ini yang Tuhan cari.  
Yesus sudah mau datang. Matius pasal 1 bercerita kedatangan Yesus pada kali yang pertama. Wahyu pasal terakhir berbicara kedatangan Yesus pada kali yang kedua. Jadi perjanjian baru diapit kedatangan Yesus pada kali yang pertama dan yang kedua. Kita sudah dekat kedatanganNya pada kali yang kedua. Kita sudah dapat bonus pada tahun 2018 ini. Sudah dapat bonus 18 tahun kalau menurut kalender International. Bagaimana kita menyikapi ini? Beranikah kita berkata “datanglah ya Yesus”.

Perhatikan apa gerakan bumi ini, ada roh nabi palsu dan roh antikristus, mereka kerja sama.
Wahyu 13:13
13:13 Dan ia mengadakan tanda-tanda yang dahsyat, bahkan ia menurunkan api dari langit ke bumi di depan mata semua orang.

Bayangkan, siapa yang bisa mengatakan ini palsu, sebab kalau dilihat secara kasat mata ini luar biasa. Makanya orang gampang tertipu. Utamanya manusia Kristen yang hanya mengejar mujizat-mujizat jasmani, yang hanya berkata “Yesus dahsyat”.

Wahyu 13:14
13:14 Ia menyesatkan mereka yang diam di bumi dengan tanda-tanda, yang telah diberikan kepadanya untuk dilakukannya di depan mata binatang itu. Dan ia menyuruh mereka yang diam di bumi, supaya mereka mendirikan patung untuk menghormati binatang yang luka oleh pedang, namun yang tetap hidup itu.

Gampang untuk mengatakan itu palsu sebab itu bukan di depan Tuhan tetapi itu terjadi di depan manusia yang berkarakter iblis. Sekarang kita tidak melihat patung. Tetapi jangan sampai kita sendiri yang mendirikan patung dalam hati kita. Mendirikan patung, mendirikan terafim itu sama dengan kekerasan hati. Sudah tahu Firman Tuhan tetapi malah bertahan dengan patung, bertahan dengan terafim, bertahan dengan dengan kekerasan hati. Ini berbahaya dan ini yang harus dipangkas.

Wahyu 13:15
13:15 Dan kepadanya diberikan kuasa untuk memberikan nyawa kepada patung binatang itu, sehingga patung binatang itu berbicara juga, dan bertindak begitu rupa, sehingga semua orang, yang tidak menyembah patung binatang itu, dibunuh.

Kalau lihat secara ilmiah, lihat saja robot-robot sekarang bisa bicara bahkan sampai berapa ribu kata. Apakah ada perikemanusiaan robot itu? Tidak ada. Kalau disuruh dia cekik, langsung dia cekik, habis kita. Mana ada robot punya peri kemanusiaan. Kalau disuruh injak perut, dia injak, disuruh pukul kepalanya dia pukul. Dan perbuatan mereka tepat karena ada yang remote.

Wahyu 13:16
13:16 Dan ia menyebabkan, sehingga kepada semua orang, kecil atau besar, kaya atau miskin, merdeka atau hamba, diberi tanda pada tangan kanannya atau pada dahinya,

Ini ujian berat. Kita belum sampai di sana. Ini terjadi di zaman 3,5 tahun antikristus. Tetapi awas, menjelang masuk ke sana ada tes-tesnya kepada kita. Oleh sebab itu kita harus hati-hati sekarang.

Wahyu 13:17-18
13:17 dan tidak seorang pun yang dapat membeli atau menjual selain dari pada mereka yang memakai tanda itu, yaitu nama binatang itu atau bilangan namanya.
13:18 Yang penting di sini ialah hikmat: barangsiapa yang bijaksana, baiklah ia menghitung bilangan binatang itu, karena bilangan itu adalah bilangan seorang manusia, dan bilangannya ialah enam ratus enam puluh enam.

Jadi benar-benar ketika antikristus berkuasa, tubuh, jiwa dan roh orang yang tertinggal sudah digenggam oleh dia. Dia tahu bahwa manusia itu terpergantung dengan persoalan ekonomi. Negara apapun berupaya, kalau ekonominya ambruk maka ambruklah negara itu. Kalau ini dikuasai oleh antikristus memang kelihatan baik tetapi semua berjalan dengan kekerasan/ diktator.

Supaya kita tidak ikut dirusak, mari perhatikan Firman Allah, mulai dari kami hamba Tuhan harus seperti ini:
II Korintus 2:14-16
2:14 Tetapi syukur bagi Allah, yang dalam Kristus selalu membawa kami di jalan kemenangan-Nya. Dengan perantaraan kami Ia menyebarkan keharuman pengenalan akan Dia di mana-mana.
2:15 Sebab bagi Allah kami adalah bau yang harum dari Kristus di tengah-tengah mereka yang diselamatkan dan di antara mereka yang binasa.
2:16 Bagi yang terakhir kami adalah bau kematian yang mematikan dan bagi yang pertama bau kehidupan yang menghidupkan. Tetapi siapakah yang sanggup menunaikan tugas yang demikian?

Bukan berarti mulus-mulus penampilan hamba Tuhan, tetapi terbagi dua kelompok. Ketika Yesus berbicara sebagai Gembala yang baik menyerahkan nyawa bagi domba-dombaNya, muncul dua kelompok, yang lain berkata Yesus gila, yang lain berkata Yesus tidak gila. Bagi yang menerima, penampilan hamba Tuhan itu harum. Bagi yang menolak itu bagaikan mayat.

Pelayanan hamba Tuhan untuk tampil berbau harum kepada yang akan diselamatkan, itu bukan tugas yang gampang. Sebab dikatakan siapa yang sanggup menjalankan tugas yang demikian.
2 Korintus 2:16b
Tetapi siapakah yang sanggup menunaikan tugas yang demikian?

II Korintus 2:17
2:17 Sebab kami tidak sama dengan banyak orang lain yang mencari keuntungan dari firman Allah. Sebaliknya dalam Kristus kami berbicara sebagaimana mestinya dengan maksud-maksud murni atas perintah Allah dan di hadapan-Nya.

Jika saudara mendengar bahasa ini diucapkan oleh rasul Paulus, bagaimana naluri saudara. Bisa ada yang berkata “Paulus ini sombong banget” bisa saja ada penilaian-penilaian miring. Hamba Tuhan yang berani bicara seperti ini seringkali dicap sombong dan penilaian mereka miring. Padahal ini penentu, menunjukkan garis pemisah begini model hamba Tuhan yang benar dan begitu yang tidak betul. Sebab ada menyampaikan Firman tujuannya mamon, menyampaikan Firman tujuannya yang duniawi, itu yang mereka kejar terus. Ini ujian bagi kami, saya utamanya.

Paulus sadar bahwa dia bukan melayani di hadapan patung binatang tetapi di hadapan Allah, dia harus berbicara dengan murni. Taruhannya tidak gampang kami sebagai hamba Tuhan. Makanya saya berdoa supaya Tuhan tolong, memampukan saya untuk bisa menyampaikan Firman untuk membawa keharuman nama Yesus kepada orang yang akan diselamatkan. Bagi orang yang lain mencap negatif, berarti dia adalah orang yang akan binasa.

Tuhan mau membersihkan kita dari apa gerakan bumi ini. Bumi ini dikuasai oleh antikristus dan nabi palsu. Yang akan dilempar pertama oleh Tuhan ke neraka bukan iblis tetapi antikritus dan nabi palsu ini. Siapapun di dunia ini yang tidak percaya Yesus akan menuju ke sana. Sebab yang dimeteraikan adalah “hamba-hamba Allah kami” Yesus sendiri yang mengakuinya. Ini bahasa lugasnya.

Ke mana arah antikristus dan nabi palsu? Jika saudara direkrut oleh oleh dua sejoli ini maka arah orang itu juga ke sana. Iblis 1000 tahun kemudian baru menyusul.
Wahyu 20:10
20:10 dan Iblis, yang menyesatkan mereka, dilemparkan ke dalam lautan api dan belerang, yaitu tempat binatang dan nabi palsu itu, dan mereka disiksa siang malam sampai selama-lamanya.

Supaya kita tidak lengket dengan binatang ini yaitu antikristus dan nabi palsu, maka dipangkas oleh Firman supaya hati kita tidak lengket dengan mamon. Tuhan pasti memberkati saudara dan memberikan kepandaian kepada kita, tetapi ingat jangan hati kita melekat kepada dunia ini.

Malaikat yang keluar dari matahari ini, surya pagi, itulah Yesus. Itu diucapkan dalam nyanyian Zakharia setelah anaknya sudah lahir.
Lukas 1:78
1:78 oleh rahmat dan belas kasihan dari Allah kita, dengan mana Ia akan melawat kita, Surya pagi dari tempat yang tinggi,

Mohon perhatian saudara. Jangan lengket dengan mamon. Kalau saudara lepaskan maka saudara akan lebih diberkati Tuhan. Kita ini berdiri di hadapan brankas, kunci sudah ada di tangan kita, tinggal kita buka dan harta keluar. Jemaat adalah bendaharanya Tuhan,  hamba Tuhan juga bendaharanya Tuhan. Jemaat adalah bendaharanya Tuhan dari sisi jasmani dan hamba Tuhan bendahara Tuhan dari sisi rohani. Mana yang nilainya lebih tinggi, yang rohani atau yang jasmani? Tentu yang rohani. Hamba Tuhan membagikan yang rohani yang kekal selamanya. Jemaat membagikan harta yang sifatnya fana tetapi dibutuhkan untuk menunjang pekerjaan Tuhan. Itu disebut oikonomos berarti orang yang siap membagi.

Sebagai gembala saya mengamati ada yang ekonominya meroket tetapi saya kasihan ada yang ekonominya malah menukik. Mengapa menukik? Sebab kunci tidak pernah dia gunakan. Kalau dia gunakan tidak mungkin menukik, pasti meroket karena Tuhan tidak pernah mendustai kita. Saya ambil bahasa Pdt. In Yuwono dan Pdt. Totaijs, jika Tuhan pernah berdusta saya berhenti melayani Tuhan.

2.      Laut
Wahyu 13:1
13:1 Lalu aku melihat seekor binatang keluar dari dalam laut, bertanduk sepuluh dan berkepala tujuh; di atas tanduk-tanduknya terdapat sepuluh mahkota dan pada kepalanya tertulis nama-nama hujat.

Ini binatang yang penuh dengan hujatan. Siapa yang join dengan binatang yang keluar dari laut? Orang fasik!
Yesaya 57:20-21
57:20 Tetapi orang-orang fasik adalah seperti laut yang berombak-ombak sebab tidak dapat tetap tenang, dan arusnya menimbulkan sampah dan lumpur.
57:21 Tiada damai bagi orang-orang fasik itu," firman Allahku.

Mazmur 36:2
36:2 Dosa bertutur di lubuk hati orang fasik; rasa takut kepada Allah tidak ada pada orang itu,

Orang fasik ini begitu angkuhnya berbicara sampai mengangkat lubang hidungnya ke atas, mereka tidak percaya Tuhan, mereka benar-benar menghina Tuhan.
Mazmur 10:1-4
10:1 Mengapa Engkau berdiri jauh-jauh, ya TUHAN, dan menyembunyikan diri-Mu dalam waktu-waktu kesesakan?
10:2 Karena congkak orang fasik giat memburu orang yang tertindas; mereka terjebak dalam tipu daya yang mereka rancangkan.
10:3 Karena orang fasik memuji-muji keinginan hatinya, dan orang yang loba mengutuki dan menista TUHAN.
10:4 Kata orang fasik itu dengan batang hidungnya ke atas: "Allah tidak akan menuntut! Tidak ada Allah!", itulah seluruh pikirannya.

Jadi binatang yang keluar dari laut ini memang diperlihatkan tetapi banyak kaki tangannya di dunia ini termasuk yang ada di dalam gereja.

Wahyu 13:2
13:2 Binatang yang kulihat itu serupa dengan macan tutul, dan kakinya seperti kaki beruang dan mulutnya seperti mulut singa. Dan naga itu memberikan kepadanya kekuatannya, dan takhtanya dan kekuasaannya yang besar.

Macan tutul ini bicara penipuan, kelicikan. Macan tutul adalah lambang Yunani yang mengandalkan filsafat. Beruang itu lambang Medi dan Parsi. Singa adalah gambaran Babel. Tiga binatang ini menjadi satu dalam binatang yang paling dahsyat ini yaitu antikristus.

Wahyu 13:3
13:3 Maka tampaklah kepadaku satu dari kepala-kepalanya seperti kena luka yang membahayakan hidupnya, tetapi luka yang membahayakan hidupnya itu sembuh. Seluruh dunia heran, lalu mengikut binatang itu.

Manusia ini suka sekali yang heran-heran dan mudah diikuti. Kalau yang heran-heran dan ajaib itu cepat sekali dikejar dan diikuti, padahal belum tentu benar.

Wahyu 13:4
13:4 Dan mereka menyembah naga itu, karena ia memberikan kekuasaan kepada binatang itu. Dan mereka menyembah binatang itu, sambil berkata: "Siapakah yang sama seperti binatang ini? Dan siapakah yang dapat berperang melawan dia?"

Padahal bangsa Israel dikatakan “siapakah yang memiliki Allah seperti kamu yang datang melawat kamu”. Ini yang mau dia saingi.

Wahyu 13:5-6
13:5 Dan kepada binatang itu diberikan mulut, yang penuh kesombongan dan hujat; kepadanya diberikan juga kuasa untuk melakukannya empat puluh dua bulan lamanya.
13:6 Lalu ia membuka mulutnya untuk menghujat Allah, menghujat nama-Nya dan kemah kediaman-Nya dan semua mereka yang diam di sorga.

Yang pertama dihujat adalah namaNya, nama Yesus, nama Imanuel inilah yang dihujat. Ada empat hal yang dihujat di sini. Di dunia sekarang ini yang paling banyak dihujat adalah nomor tiga, yaitu menghujat kemah kediamanNya (tabernakel). Jangan coba main-main dengan pengajaran ini. Jika anda satu saat salah dan mengikuti yang lain lalu saudara menghujat, hati-hati, sorga tertutup bagimu! Sebab yang dihujat ini adalah sorga. Ini jangan sampai terjadi.

Yang jadi penghujat di sini adalah orang fasik. Mereka ini kelompok orang fasik. Mereka mengatakan “menyisih dari kami! Tidak usah ajar kami tentang Yang Maha Kuasa, itu hanya membebani kami!”. Baguskah bahasa mereka ini. Mereka sudah join dengan binatang yang keluar dari laut.
Yesaya 57:20
57:20 Tetapi orang-orang fasik adalah seperti laut yang berombak-ombak sebab tidak dapat tetap tenang, dan arusnya menimbulkan sampah dan lumpur.

Orang fasik ini selalu dirundung ketidaknyamanan. Bukannya menyemarakkan yang indah tetapi justru menimbulkan keonaran, sampah dan lumpur.

Yesaya 30:11
30:11 menyisihlah dari jalan dan ambillah jalan lain, janganlah susahi kami dengan Yang Mahakudus, Allah Israel."

Jadi mereka menganggap bahwa kehadiran hamba Allah yang menyampaikan Firman Tuhan hanya menyusahkan mereka. Kadang kita tidak menyadari bahasa tubuh dan bahasa hati kita sudah tertampak dari ekspresi kita bahwa Firman itu memberatkan kita. Apalagi kalau sudah bicara mamon, dianggap itu menyusahkan sekali, padahal Tuhan mau mengangkat kehidupan kita supaya kita disucikan dan disempurnakan.
Yesaya 30:12
30:12 Sebab itu beginilah firman Yang Mahakudus, Allah Israel: "Oleh karena kamu menolak firman ini, dan mempercayakan diri kepada orang-orang pemeras dan yang berlaku serong dan bersandar kepadanya,

Yang menjadi pemeras dan berlaku serong itu kadang saudara sendiri.

Yesaya 30:13
30:13 maka sebab itu bagimu dosa ini akan seperti pecahan tembok yang mau jatuh, tersembul ke luar pada tembok yang tinggi, yang kehancurannya datang dengan tiba-tiba, dalam sekejap mata,

Kadang kita tidak menyangka, saudara itu kenapa tiba-tiba hilang.

Yesaya 30:14
30:14 seperti kehancuran tempayan tukang periuk yang diremukkan dengan tidak kenal sayang, sehingga di antara remukannya tiada terdapat satu keping pun yang dapat dipakai untuk mengambil api dari dalam tungku atau mencedok air dari dalam bak."

Bangsa Israel atau orang Yahudi, mereka dulu adalah penduduk agraris. Jadi kalau mereka pulang dari ladang lalu tetangganya sudah berasap lebih duluan, maka mereka pergi mengambil pecahan tempayan yang hancur untuk mengambil api di tetangganya. Tetapi di sini untuk mengambil api dan mengambil air sudah tidak bisa. Jadi baik air baik api tidak bisa mereka nikmati lagi. Artinya untuk menikmati kesejukan air dari sorga dan hangatnya api dari sorga sudah tidak bisa sama sekali. Mengapa? Sebab mereka sudah menolak Tuhan. Ini jangan terjadi dalam kehidupanku utamanya sebagai hamba Tuhan.

3.      Pohon
Bicara pohon bukan semata-mata pohon aras, pohon sanobar, pohon ara atau pohon zaitun.. Manusia ini digambarkan seperti pohon. Seperti Yesus mengatakan “pohon dikenal dari buahnya” siapa yang dimaksud? Manusia.

Dalam Yehezkiel diceritakan ada pohon yang tinggi menjulang yang akan Tuhan tebang. Siapa pohon itu? Itu Firaun yang akan Tuhan rendahkan.
Yehezkiel 31:10-14
31:10 Oleh sebab itu beginilah firman Tuhan ALLAH: Oleh karena ia tumbuh tinggi dan puncaknya menjulang sampai ke langit dan ia menjadi sombong karena ketinggiannya,
31:11 maka Aku telah menyerahkan dia ke dalam tangan seorang berkuasa di antara bangsa-bangsa, supaya ia memperlakukannya selaras dengan kejahatannya; Aku menghalau dia.
31:12 Orang-orang asing, yaitu yang paling ganas di antara bangsa-bangsa, akan menebang dia dan membiarkannya; di atas gunung-gunung dan di semua lembah cabang-cabangnya berjatuhan dan di semua alur sungai negeri itu ranting-rantingnya berpatahan dan semua bangsa di bumi pergi lari dari naungannya dan membiarkan dia.
31:13 Di atas batangnya yang roboh itu berhinggapan segala burung di udara dan di antara cabang-cabangnya diam segala binatang di hutan.
31:14 Semuanya ini terjadi supaya segala pohon yang di tepi air jangan meninggikan dirinya dan puncaknya jangan dijulurkan sampai ke langit dan supaya pohon-pohon besar, yaitu semua yang menghisap banyak air, jangan tetap berdiri di dalam kecongkakannya; sebab mereka semuanya telah diserahkan ke dalam maut, ke dalam bumi yang paling bawah, di tengah anak-anak manusia yang telah turun ke liang kubur.

Jadi pohon di sini bicara keadaan kita manusia. Ini akan dirusak, tetapi ada yang tidak bisa dirusak. Ketika Salomo membangun Bait Allah, membangun Istana, dia juga membangun gedung hutan Libanon. Jadi pohon-pohon di hutan Libanon pindah di Yerusalem. Jika engkau tetap di hutan Libanon dan hidup rohanimu tidak mau pindah ke Yerusalem, maka saudara seperti pohon yang ikut dirusak.

I Raja-raja 7:2,11; 10:17,21
7:2 Ia mendirikan gedung "Hutan Libanon", seratus hasta panjangnya dan lima puluh hasta lebarnya dan tiga puluh hasta tingginya, disangga oleh tiga jajar tiang kayu aras dengan ganja kayu aras di atas tiang itu.
7:11 Di bagian atas ada batu yang mahal-mahal, berukuran batu pahat, dan kayu aras juga.
10:17 ia membuat juga tiga ratus perisai kecil dari emas tempaan, tiga mina emas dipakainya untuk setiap perisai kecil; lalu raja menaruh semuanya itu di dalam gedung "Hutan Libanon".
10:21 Segala perkakas minuman raja Salomo dari emas dan segala barang di gedung "Hutan Libanon" itu dari emas murni; tidak ada barang perak, sebab orang menganggap perak tidak berharga pada zaman Salomo.

II Tawarikh 9:16,20
9:16 ia membuat juga tiga ratus perisai kecil dari emas tempaan, tiga ratus syikal emas dipakainya untuk setiap perisai kecil; lalu raja menaruh semuanya itu di dalam gedung "Hutan Libanon".
9:20 Segala perkakas minuman raja Salomo dari emas dan segala barang di gedung "Hutan Libanon" itu dari emas murni; perak tidak dianggap berharga pada zaman Salomo.

Ketiga bangunan ini ada kesamaannya. Jadi pada semua bangunan ini menunjukkan hutan Libanon pindah ke Yerusalem. Pohon-pohon itu bicara tentang diri manusia, tidak mau tinggal terus di hutan. Saya mau bicara pada saudara, jangan tinggal terus di hutan, jangan tinggal terus di luar. Nanti anda akan menyesal, baru saudara mengenang di Yerusalem ada hutan Libanon tetapi Tuhan sudah menertawakan saudara. Jangan buat bodoh diri saudara.

Kita ini memang orang dari hutan, Tuhan mengatakan kita ini zaitun hutan tetapi dibawa ke Yerusalem. Kalau kita tetap di hutan maka kita dirusak, tetapi kalau di Yerusalem kita aman bersama Tuhan. Makanya jangan tinggal di hutan sana, banyak binatang buas menggerogoti saudara, banyak makhluk aneh mau menghancurkan saudara. Tetapi biarlah kita ada di Bait Allah, di istana Salomo. Bait Allah menunjuk ibadah kita, istana itu menunjuk nikah dan di gedung hutan Libanon itu segala fasilitas kita ada di sana.

Kita adalah zaitun hutan tetapi Tuhan cangkok dan dibawa ke Yerusalem. Pikirkan, hidupmu adalah zaitun hutan. Jangan tinggal tetap di hutan, izinkan dicangkok dibawa ke Yerusalem. Jika tetap di sana maka satu waktu akan menyesal jika Tuhan sudah menggoncang. Bagaimana kalau Tuhan sudah tidak berbelas kasihan dan menjatuhkan pembalasan. Ini jangan terjadi pada diri saudara dan saya. Di sini tidak ada lagi ampun.
Yesaya 22:8-10
22:8 dan Yehuda kehilangan perlindungan. Pada waktu itu engkau memandang kepada perlengkapan senjata di "Gedung Hutan";
22:9 kamu melihat bahwa memang sudah banyak sekali retak-retak tembok kota Daud dan kamu mengumpulkan air kolam bawah;
22:10 kamu menghitung rumah-rumah di Yerusalem, dan kamu merobohkan rumah-rumah untuk meneguhkan tembok;

Naluri mereka masih jalan tetapi sudah kehilangan wibawa. Masih menghitung rumah, berarti masih menghitung nikah ini dan itu.

Yesaya 22:11-13
22:11 kamu membuat tempat pengumpulan air di antara kedua tembok itu untuk menampung air dari kolam yang lama; tetapi kamu tidak memandang kepada Dia yang membuatnya, dan tidak melihat kepada Dia yang telah sejak dahulu membentuknya.
22:12 Pada waktu itu Tuhan, TUHAN semesta alam menyuruh orang menangis dan meratap dengan menggundul kepala dan melilitkan kain kabung;
22:13 tetapi lihat, di tengah-tengah mereka ada kegirangan dan sukacita, membantai lembu dan menyembelih domba, makan daging dan minum anggur, sambil berseru: "Marilah kita makan dan minum, sebab besok kita mati!"

Ini orang yang sudah tidak ada pengharapan, habis sudah. Ini berbahaya. Mereka tidak mendapat pengampunan lagi.
Yesaya 22:14
22:14 Tetapi TUHAN semesta alam menyatakan diri dan berfirman kepadaku: "Sungguh, kesalahanmu ini tidak akan diampuni, sampai kamu mati," firman Tuhan, TUHAN semesta alam.

Jadi baru mengenang gedung hutan Libanon tetapi mereka malah menyembelih domba dan lembu lalu makan minum dan berkata “mari kita makan minum sebab besok kita mati”. Ini diangkat juga kembali oleh rasul Paulus. Ini jangan sampai terjadi di dalam diriku. Kita ini zaitun hutan, jangan pertahankan dirimu seperti itu. Segera datang membawa dirimu ke Yerusalem. Di situ tempat kita yang asli. Kalau kita berada di tempat penggembalaan yang pas, itu tempat kita yang asli, bukan mengada-ada.

144.000 orang dalam Wahyu pasal 7 ini mengalami kegerakan.
Hosea 14:5
14:5 Aku akan memulihkan mereka dari penyelewengan, Aku akan mengasihi mereka dengan sukarela, sebab murka-Ku telah surut dari pada mereka.

Di sini pintu terbuka bagi Israel, terbuka bagi siapa saja untuk mengisi bilangan 144.00 orang. Yang tidak terbilang dari bilangan bangsa kafir.
Roma 11:25

Hosea 14:6
14:6 Aku akan seperti embun bagi Israel, maka ia akan berbunga seperti bunga bakung dan akan menjulurkan akar-akarnya seperti pohon hawar.

Berarti benar-benar akan tampil susana Mempelai pada kelompok ini. Pohon hawar ini adalah pohon yang cepat tumbuh karena akarnya cepat mencari butir-butir air di dalam tanah. Ini salah satu pohon yang dipakai oleh Yakub untuk mendapatkan harta dari Laban. Kulitnya mudah dikupas.

Apakah kita sedang ditiup oleh angin dari sorga sehingga menampilkan hal yang putih bersih di hadapan Tuhan. Dan apakah akar kita kuat sehingga tidak mudah dicabut oleh apapun. Ini yang dicari oleh Tuhan di dalam gereja Tuhan yaitu orang yang kuat pendirian terhadap pengajaran.
Hosea 14:7-9
14:7 Ranting-rantingnya akan merambak, semaraknya akan seperti pohon zaitun dan berbau harum seperti yang di Libanon.
14:8 Mereka akan kembali dan diam dalam naungan-Ku dan tumbuh seperti gandum; mereka akan berkembang seperti pohon anggur, yang termasyhur seperti anggur Libanon.
14:9 Efraim, apakah lagi sangkut paut-Ku dengan berhala-berhala? Akulah yang menjawab dan memperhatikan engkau! Aku ini seperti pohon sanobar yang menghijau, dari pada-Ku engkau mendapat buah.

Ini yang Tuhan cari. Kegerakan yang diangkat di dalam Hosea 3:5 muncul dalam Hosea 14:5-9 kemudian muncul di dalam Yesaya 59:20-21. Inilah kegerakan yang menghasilkan 144.000. Jadi mereka menikmati kegerakan, bagaimana dengan kita. Jangan tunggu angin itu sudah ditahan. Secara ilmu alam saja angin itu membawa kehidupan kepada kita, kita bisa bernafas dan menghirup udara. Tetapi angin yang lain yang lebih deras itulah Roh Kudus, itu membawa hidup yang kekal. Kalau hanya angin yang lahiriah ini hanya untuk hidup sesaat. Makanya coba lihat orang yang sekarat, mahal sekali oksigen bagi mereka. Tetapi Tuhan berikan gratis bagi kita. Jangan tunggu saudara sudah pasang oksigen nanti di mulut.

Kita sedang dibangun oleh Tuhan bukan untuk dimasukan dalam 144.000. Itu cuma contoh bagi kita. Kita punya kapasitas, tetapi kita harus belajar pada mereka, tidak bisa lepas dari kualitas mereka. Mereka ini dikatakan orang-orang yang sudah ditebus dari bumi dan dari antara manusia.
Wahyu 14:3
14:3 Mereka menyanyikan suatu nyanyian baru di hadapan takhta dan di depan keempat makhluk dan tua-tua itu, dan tidak seorang pun yang dapat mempelajari nyanyian itu selain dari pada seratus empat puluh empat ribu orang yang telah ditebus dari bumi itu.

Tidak bisa dipegang oleh nabi palsu dan oleh antikristus. Karena mereka sudah ditebus dari bumi dan dari antara manusia. Mereka miliknya Tuhan, Tuhan pertahankan makanya Tuhan berdiri dengan mereka dan menyanyi dengan mereka.

Wahyu 14:4
14:4 Mereka adalah orang-orang yang tidak mencemarkan dirinya dengan perempuan-perempuan, karena mereka murni sama seperti perawan. Mereka adalah orang-orang yang mengikuti Anak Domba itu ke mana saja Ia pergi. Mereka ditebus dari antara manusia sebagai korban-korban sulung bagi Allah dan bagi Anak Domba itu.

Ada dua perempuan yang akan menajiskan gereja. Yang pertama Babel, itu gereja palsu. Dan yang kedua Izebel. Ini akan mencemarkan saya dan saudara. Jangan pikir kalau perempuan yang berkhotbah itu tidak mencemarkan, itu mencemarkan!
Sebab 1 Yohanes 3:4
3:4 Setiap orang yang berbuat dosa, melanggar juga hukum Allah, sebab dosa ialah pelanggaran hukum Allah.

Seorang gembala adalah laki-laki.
1 Timotius 3:2
3:2 Karena itu penilik jemaat haruslah seorang yang tak bercacat, suami dari satu isteri, dapat menahan diri, bijaksana, sopan, suka memberi tumpangan, cakap mengajar orang,

Jika saudara ada dalam komunitas lalu yang pakai konde yang bicara di situ maka kita dicemar, itu roh Izebel. Kalau tanpa sengaja saudara ada di sana tutup hatimu dan telingamu rapat-rapat.

144.000 itu disebut korban sulung berarti ada korban susulan, itulah kita bangsa kafir yang tidak terbilang jumlahnya. Kita ditebus dari bumi dan dari manusia, yang terlalu banyak adat istiadatnya. Sekarang ini aturan di hutan dibawa-bawa terus masuk dalam gereja.

Pada urutan nama-nama anak Israel, Yehuda ditaruh urutan pertama padahal dia urutan kelahiran keempat. Ruben urutan kedua padahal dia urutan kelahiran pertama. Gad ditaruh pada urutan ketiga padahal dia sesungguhnya urutan kelahiran ketujuh. Asyer ditaruh pada urutan keempat padahal dia urutan kelahiran yang kedelapan. Kemudian Nafatali urutan kelima padahal dia urutan kelahiran yang keenam. Manasye ditaruh pada urutan kelima tetapi dia adalah anak Yusuf yang mengganti posisi Dan. Urutan ketujuh adalah Simeon padahal dia anak nomor dua. Lewi urutan kedelapan padahal dia anak urutan ketiga. Kemudian yang tidak berubah Isakhar tetap urutan kesembilan, Zebulon tetap urutan kesepuluh, Yusuf tetap urutan kesebelas dan Benyamin tetap urutan keduabelas. Jadi ada 4 yang tidak berubah dan ada 7 yang berubah status. Tetapi apakah ini salah Tuhan menaruh urutan? Tidak!

Kenapa Yehuda dia taruh urutan pertama? Sebab dia jalur datangnya Yesus. Itu sebabnya Yehuda artinya yang dipuji, siapa sebenarnya yang dipuji? Itulah Yesus. Ditaruh urutan petama yaitu Yehuda supaya kita melihat darah Yesus. Dikatakan mereka yang sulung, berarti ada buah susulan. Supaya kita membawa diri masuk pada buah susulan lewat jalur Yesus. Di luar jalur Yesus kita tidak punya bagian.

Sesudah Yehuda, muncul Ruben. Ruben artinya tengoklah. Kita tengok Mempelai Laki-laki Sorga.
Matius 25:6 (Terjemahan Lama)
25:6 Sekonyong-konyong pada tengah malam kedengaranlah seruan: Tengok, pengantin itu datang! Keluarlah kamu mengelu-elukan dia.

Buka mata lihat pengantin laki-laki datang. Itu sebabnya Yehuda di depan, Yesus di taruh di depan. Kita mau menengok Dia atau tidak.

Kemudian tampil yang ketiga adalah Gad. Sebenarnya dia adalah urutan yang ketujuh dari urutan kelahiran. Jadi orang yang ada pada jalurnya Kristus dan matanya selalu memandang kepada Mempelai Laki-laki Sorga, maka dia akan menemukan Gad. Gad artinya untung. Apakah saudara rugi kalau menengok Mempelai Laki-laki Sorga, apakah saudara rugi jika melakukan apa yang Dia inginkan? Tidak, kita pasti untung.

Setelah untung, maka ada urutan keempat yaitu Asyer. Apakah orang yang beruntung berdukacita? Tidak. Makanya disusul dengan Asyer artinya kesukaan. Orang beruntung pasti ada kesukaan.

Kemudian disusul Naftali, dia sebenarnya urutan kelahiran keenam tetapi ditaruh pada urutan kelima. Naftali artinya pergumulan. Untuk mempertahankan kesukaan, mempertahankan keuntungan, mempertahankan suasana mempelai, mempertahankan Yesus Mempelai Laki-laki Sorga maka kita membutuhkan pergumulan. Makanya dari tujuh roh Allah ada roh nasihat. Untuk apa roh nasihat? Supaya kita perkasa hadapi pergumulan.

Setelah itu baru disusul Manasye yang artinya aku lupa akan segala penderitaanku, lupa akan kesukaranku. Setelah Manasye, menyusul Simeon. Jadi mulai dari poin ke tujuh ada Simeon yang sebenarnya dia urutan kedua. Simeon artinya dengar-dengaran. Setelah itu Lewi, artinya merekatkan, menghubungkan, menyambungkan, menggabungkan. Jadi kalau kita ini dengar-dengaran otomatis kita ditangani oleh Lewi, kita pasti digabungkan menjadi tubuh Kristus yang melekat pada Kepala.

Setelah itu ada Isakhar, kita dapat upah. Kemudian ada Zebulon, kita mendiami bersama dengan Kristus. Ada Yusuf, kita bertambah-tambah rohani. Dan diakhir dengan Benyamin yang artinya tangan kananku. Makanya jangan tangan kanan kita mati, lupa Yerusalem. Urutan-urutan ini bukan kebetulan. Saya mau berakhir dengan tangan kanan. Tangan kanan hubungannya dengan Yerusalem Baru.
Mazmur 137:5
137:5 Jika aku melupakan engkau, hai Yerusalem, biarlah menjadi kering tangan kananku!

Tangan kanan kering berarti Benyamin tidak ada. Tetapi kalau kita ada hubungan dengan Benyamin berarti kita ada eksis di Yerusalem Baru. Saya percaya Firman Tuhan tidak akan pernah gagal dan pasti akan membuahkan hasil, saya mau Yerusalem Baru. Saya tidak mau diikat oleh dunia. Biarlah kita seperti Yusuf yang bertambah-tambah dalam perjalanan kami ke Yerusalem Baru.

Tuhan Memberkati.







GPT “Kristus Penebus”
Jl. Langgadopi No.4 Tentena
Kec. Pamona Puselemba, Kab. Poso, 94663
HP: 085241270477
JADWAL IBADAH
Rabu   :          Ibadah Pendalaman Alkitab dan
Perjamuan Suci → Pk. 17.00
Sabtu    :         Ibadah Doa Penyembahan → Pk. 16.30
Minggu :         Ibadah Sekolah Minggu → Pk. 07.30
            Ibadah Raya → Pk. 09.00
            Ibadah Kaum Muda Remaja → Pk. 16.00
 



















Tidak ada komentar:

Posting Komentar