20181206

Kebaktian Natal Tonusu, Kamis 6 Desember 2018 Pdt. Bernard Legontu


Salam sejahtera di dalam kasih Tuhan Yesus Kristus.

Yohanes 5:39-40,46-47
5:39 Kamu menyelidiki Kitab-kitab Suci, sebab kamu menyangka bahwa oleh-Nya kamu mempunyai hidup yang kekal, tetapi walaupun Kitab-kitab Suci itu memberi kesaksian tentang Aku,
5:40 namun kamu tidak mau datang kepada-Ku untuk memperoleh hidup itu.
5:46 Sebab jikalau kamu percaya kepada Musa, tentu kamu akan percaya juga kepada-Ku, sebab ia telah menulis tentang Aku.
5:47 Tetapi jikalau kamu tidak percaya akan apa yang ditulisnya, bagaimanakah kamu akan percaya akan apa yang Kukatakan?"

Apa yang ditulis atau yang kita baca dalam kitab suci, semua itu menyaksikan tentang pribadi Yesus. Dengan kata lain, sentral dari kitab suci adalah pribadi Yesus sendiri. Kalau bercerita tentang pribadi Yesus, Perjanjian baru dibuka dengan nama Yesus dan dikunci dengan nama Yesus.
Matius 1:1
1:1 Inilah silsilah Yesus Kristus, anak Daud, anak Abraham.

Wahyu 22:20-21
22:20 Ia yang memberi kesaksian tentang semuanya ini, berfirman: "Ya, Aku datang segera!" Amin, datanglah, Tuhan Yesus!
22:21 Kasih karunia Tuhan Yesus menyertai kamu sekalian! Amin.

Matius pasal 1 dan pasal 2 menceritakan kedatanganNya pada kali pertama. Wahyu pasal 22 mengisyaratkan kepada kita kedatanganNya pada kali yang kedua. Kedatangan Yesus pada kali yang pertama, Yerusalem tidak siap menerima, Betlehem tidak siap menerima. Bahkan dalam Yohanes 1:11-12 Dia ditolak pada kedatanganNya kali yang pertama.
Yohanes 1:11-12
1:11 Ia datang kepada milik kepunyaan-Nya, tetapi orang-orang kepunyaan-Nya itu tidak menerima-Nya.
1:12 Tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya;

Tetapi pada kedatanganNya pada kali kedua, bukan Dia yang ditolak tetapi Dia yang akan menolak manusia. Jika kita tidak memiliki kesiapan rohani menyambut kedatanganNya pada kali yang kedua, jangan salahkan siapa-siapa jika kita ditolak karena kita tidak siap. Untuk menyiapkan ini, maka ada orang-orang kepercayaan Tuhan. Sebab rencana Tuhan yang besar, Tuhan ingin memiliki umat yang layak bagiNya.
Kisah Para Rasul 15:14
15:14 Simon telah menceriterakan, bahwa sejak semula Allah menunjukkan rahmat-Nya kepada bangsa-bangsa lain, yaitu dengan memilih suatu umat dari antara mereka bagi nama-Nya.

Umat yang layak yang dimiliki oleh Tuhan, tidak jadi begitu saja. Ada tangan Tuhan yang dipercaya untuk mengelola, ada hamba-hamba Tuhan yang dipercaya untuk mengelolah. Kita lihat catatan Firman Tuhan, kita akan melihat satu contoh dalam Alkitab.
Kisah Para Rasul 15:14
15:14 Simon telah menceriterakan, bahwa sejak semula Allah menunjukkan rahmat-Nya kepada bangsa-bangsa lain, yaitu dengan memilih suatu umat dari antara mereka bagi nama-Nya.

Tuhan ingin memiliki umat yang layak, ibarat jejaka ingin memiliki seorang gadis yang layak baginya. Bukankah Yesus disebut bertunangan dengan gereja.
II Korintus 11:2
11:2 Sebab aku cemburu kepada kamu dengan cemburu ilahi. Karena aku telah mempertunangkan kamu kepada satu laki-laki untuk membawa kamu sebagai perawan suci kepada Kristus.

Bukankah ayat Alkitab mengatakan gereja bertunangan dengan Yesus. Kenapa canggung jika mendengar hal ini padahal tertera hitam di atas putih, ada ayatnya. Tetapi karena tidak diungkap bukakan, tertutup di mata, sehingga tidak paham apa tujuan kedatangan Tuhan pada kali kedua. Siapa yang siap ia akan berani menjawab ketika Yesus berkata “Aku datang segera” lalu ada jawaban “Ya, datanglah Tuhan Yesus”.
Wahyu 22:20
22:20 Ia yang memberi kesaksian tentang semuanya ini, berfirman: "Ya, Aku datang segera!" Amin, datanglah, Tuhan Yesus!

Ini adalah Mempelai Wanita Tuhan, inilah gereja Tuhan yang sudah digarap, sudah dipersiapkan oleh Firman, Roh dan kasih Tuhan lewat pelayanan hamba-hamba Tuhan.

Kita lihat figur yang dipercaya Tuhan untuk menangani hal seperti itu. Contoh konkrit yang langsung disebut oleh malaikat Gabriel kepada Zakharia, bahwa anak yang lahir dari sulbimu, dia akan dipercayakan untuk menyediakan umat yang layak bagi Tuhan.
Lukas 1:17
1:17 dan ia akan berjalan mendahului Tuhan dalam roh dan kuasa Elia untuk membuat hati bapa-bapa berbalik kepada anak-anaknya dan hati orang-orang durhaka kepada pikiran orang-orang benar dan dengan demikian menyiapkan bagi Tuhan suatu umat yang layak bagi-Nya."

Siapa Yohanes Pembaptis ini? Dia adalah lahir dari satu keluarga yang mustahil untuk mempunyai anak. Itu tanda keajaiban Allah terjadi dalam keluarga Zakharia dan Elizabet. Tuhan memulai dengan keajaiban dan akan Tuhan akhiri dengan keajaiban. Itu suara roh yang saya dengarkan beberapa hari yang lalu “Aku akan memulai dengan keajaiban dan akan Aku akhiri dengan keajaiban”.

Kita lihat figur Yohanes Pembaptis yang menyiapkan umat yang layak, walaupun itu masih nubuatan. Sebab tampilnya umat yang layak adalah saat-saat kita terakhir ini.

1.      Yohanes lahir dari pasangan nikah, bapaknya Zakharia dan ibunya Elizabeth, keduanya dari keturunan Lewi. Dan mereka ini orang yang dikhususkan oleh Tuhan untuk melayani tempat kudus, untuk menyelenggarakan kebaktian. Kalau kita melihat suku Lewi, adalah satu suku yang dipersiapkan Tuhan khusus untuk menyelenggarakan ibadah. Pekerjaannya 100% menyelenggarakan ibadah, lepas dari itu tidak ada.

Ciri hamba Tuhan yang dipersiapkan untuk membawa gereja Tuhan menuju pada kesempurnaan, pertama dia harus dari jalur Lewi, artinya fulltime, kerja 100% bagi Tuhan, tidak ada pekerjaan sambilan. Itu tanda dia beriman, itu tanda dia bersandar kepada Tuhan, dia tidak bersandar pada kekuatannya, dia tidak mendewakan kekuatannya. Mendewakan kekuatan itu salah besar!
Habakuk 1:11
1:11 Maka berlarilah mereka, seperti angin dan bergerak terus; demikianlah mereka bersalah dengan mendewakan kekuatannya.

Tuhan katakan jika kamu bisa merubah matahari terbit dari barat dan terbenam di timur maka Tuhan bisa merubah janjiNya kepada Lewi (hamba Tuhan). Jadi sampai saat ini, ketetapan Tuhan terhadap pelayan-pelayan Tuhan tidak berubah walaupun saya bukan dari jalur Lewi, tetapi kriteria Lewi harus melekat pada diriku.
Yeremia 33:19-21
33:19 Firman TUHAN datang kepada Yeremia, bunyinya:
33:20 "Beginilah firman TUHAN: Jika kamu dapat mengingkari perjanjian-Ku dengan siang dan perjanjian-Ku dengan malam, sehingga siang dan malam tidak datang lagi pada waktunya,
33:21 maka juga perjanjian-Ku dengan hamba-Ku Daud dapat diingkari, sehingga ia tidak mempunyai anak lagi yang memerintah di atas takhtanya; begitu juga perjanjian-Ku dengan orang-orang Lewi, yakni imam-imam yang menjadi pelayan-Ku.

Saya pegang janji Tuhan, saya pasti dipelihara oleh Tuhan! Kita berada di penghujung akhir zaman, di mana gereja Tuhan mau ditampilkan untuk menjadi Mempelai Wanita Tuhan. Tetapi siapa kira-kira sosok yang bisa mengisi janji Tuhan ini.

2.      Lukas 1:41
1:41 Dan ketika Elisabet mendengar salam Maria, melonjaklah anak yang di dalam rahimnya dan Elisabet pun penuh dengan Roh Kudus,

Ketika Maria menyampaikan salam kepada Elizabet, apa yang goyang? Apakah mulutnya Elizabet? Bukan, tetapi anak yang ada dalam kandungannya.
Lukas 1:44
1:44 Sebab sesungguhnya, ketika salammu sampai kepada telingaku, anak yang di dalam rahimku melonjak kegirangan.

Jadi hamba Tuhan yang dipercayai oleh Tuhan untuk menangani umat yang layak bagi Tuhan, senang mendengar Firman. Masih dalam keadaan bayi dia sudah melonjak kegirangan. Adalah ironis jika calon Mempelai tetapi tidak suka mendengar suara kekasihnya. Orang seperti itu akan gagal, dia tidak akan masuk dalam kategori umat yang layak bagi Tuhan.

Kita merayakan hari natal bukan sekedar pasang lilin dan banyak upacaranya sehingga Firman Tuhan dikecilkan cuma 10 menit. Keliru umat Tuhan kalau seperti itu, berarti tidak siap menanti kedatangan Tuhan, tidak girang mendengar suara Mempelai Laki-laki Sorga.

Tanggal 6 Desember 2018, kita sekarang diabsen oleh Tuhan di sorga.
Maleakhi 3:16
3:16 Beginilah berbicara satu sama lain orang-orang yang takut akan TUHAN: "TUHAN memperhatikan dan mendengarnya; sebuah kitab peringatan ditulis di hadapan-Nya bagi orang-orang yang takut akan TUHAN dan bagi orang-orang yang menghormati nama-Nya."

Yohanes buktikan ketika dia sudah ada di lapangan dalam pelayanan dia suka dengar Firman mempelai.
Yohanes 3:29
3:29 Yang empunya mempelai perempuan, ialah mempelai laki-laki; tetapi sahabat mempelai laki-laki, yang berdiri dekat dia dan yang mendengarkannya, sangat bersukacita mendengar suara mempelai laki-laki itu. Itulah sukacitaku, dan sekarang sukacitaku itu penuh.

Yohanes lahir untuk melayani kepentingan bayi yang ada dalam kandungan Maria yaitu Yesus. Kita dilahirkan bukan lagi untuk kepentingan bayi Yesus tetapi untuk kepentingan Yesus Mempelai Laki-laki Sorga.

Mendengarkan suara Mempelai Laki-laki ini sebenarnya sukacita yang tidak ada tandingannya. Mengapa kita mendengarkan suara Firman tidak bersukacita, di mana masalahnya? Seharusnya kita bersukacita mendengar suara Mempelai Laki-laki Sorga sedang menyucikan kehidupan kita supaya tampil layak bagi Dia.

3.      Yohanes adalah sahabat Mempelai Laki-laki Sorga
Sahabat ini memang level di bawah dan level di atasnya adalah mempelai. Apa kata Firman tentang ciri sahabat? Kalau saya sebagai sahabat seperti Yohanes, kehidupan yang dipercaya Tuhan untuk menyiapkan umat yang layak bagiNya, maka buktinya adalah:
Yohanes 15:15
15:15 Aku tidak menyebut kamu lagi hamba, sebab hamba tidak tahu, apa yang diperbuat oleh tuannya, tetapi Aku menyebut kamu sahabat, karena Aku telah memberitahukan kepada kamu segala sesuatu yang telah Kudengar dari Bapa-Ku.

Kalau dia mengkondisikan diri dipercayakan sebagai sahabat Mempelai Laki-laki Sorga, maka pembukaan rahasia Firman Allah pasti ada padanya. Tuhan sedang mempersiapkan saudara untuk menjadi umat yang layak bagi Tuhan, bukan hanya sekedar jadi Kristen, tetapi untuk menjadi Mempelai Wanita Tuhan itu yang Tuhan cari.

Itu sebabnya Yohanes Pembaptis girang ketika mendengarkan suara Mempelai Laki-laki Sorga. Dia tahu di dalamnya ada pekerjaan pembersihan bagi dirinya. Karena suara Firman itu ada kuasa untuk membenahi dan membersihkan kehidupan manusia berdosa.

Kitab-kitab suci memberikan kesaksian tentang Yesus. Alkitab terbentuk bukan dalam waktu yang singkat. Kurang lebih 1500 tahun baru tercipta kanon. Tuhan pakai hamba-hambaNya sehingga ada Kanon di tangan saudara. Pekerjaan mereka tidak enteng. Kita mengapresiasi adanya orang-orang yang dipakai Tuhan. Bahkan kitab Ester dan kitab Yunus hampir dibuang oleh Marten Luther, dari kanon.

Kitab-kitab ini adalah Ilham Allah, dinafasi oleh Allah. Dalam terjemahan aslinya disebut Theopneustos. Ayub mengatakan karena nafas Tuhanlah sehingga dia hidup.
Ayub 33:4
33:4 Roh Allah telah membuat aku, dan nafas Yang Mahakuasa membuat aku hidup.

Nafas Allah atau Ilham Allah ini yang membuat kita hidup. Sebabnya saya berbahagia memiliki kitab suci yang dinafasi oleh Allah, yang ada nafas kehidupan di dalamnya sehingga saya hidup. Dan nafas itu berangkat dari satu pribadi, itulah Yesus, Mempelai Laki-laki Sorga. Nafas Allah itu keluar dari tempat yang paling sempit.
Yesaya 59:19
59:19 Maka orang akan takut kepada nama TUHAN di tempat matahari terbenam dan kepada kemuliaan-Nya di tempat matahari terbit, sebab Ia akan datang seperti arus dari tempat yang sempit, yang didorong oleh nafas TUHAN.

Halaman Tabenakel itu luas, 50x100 hasta. Masuk ruangan suci itu sempit, 10x20. Masuk ruangan Maha Suci lebih sempit lagi, 10x10 hasta. Dari sanalah nafas Tuhan keluar, dari sanalah kehidupan gereja Tuhan. Kalau sekarang gereja Tuhan hanya suka mendengar Firman yang enteng-enteng, yang hanya beberapa menit, saya mau katakan bahwa anda akan bertemu antikristus! Sebab tidak mau menerima nafas dari ruangan maha kudus.

Di dalam ruangan maha suci ada alat yang dua menjadi satu yaitu peti dan tutup Peti Perjanjian. Peti itu menunjukkan Mempelai Wanita, itulah gereja Tuhan. Tutupnya itu menggambarkan Tuhan Yesus dan dua kerub menunjuk Bapa dan Roh Kudus yang menaungi gereja. Apakah kita tertarik ke sana atau tidak. Karena nafas ini bukan cuma datang supaya kita hidup tetapi supaya  kita tertarik dari mana sumber nafas itu.

Adalah tugas kami hamba-hamba Tuhan untuk mengkondisikan jemaat seberapapun yang Tuhan percayakan di atas pundak penggembalaan kami supaya benar-benar jemaat itu menjadi umat yang layak bagi Tuhan. Tentu hamba Tuhan yang Tuhan percayakan untuk mempersiapkan itu adalah hamba Tuhan yang benar-benar suku Lewi, bersandar 100% kepada Tuhan, tidak ada pekerjaan sambilan. Ciri kedua dia suka mendengarkan Firman Tuhan. Kemudian ciri ketiga dia adalah sahabat Mempelai Laki-laki Sorga, ada kepercayaan pembukaan rahasia Firman Tuhan kepadanya.

Jika ada bapak, ibu, saudara yang diberkati Tuhan, tidak mengapresiasi penampilan hamba Tuhan, saya tidak peduli sebab Tuhan percaya dan saya berbahagia. Itu menjadi fakta dan kami rasakan. Selama hari-hari terakhir ini Firman Tuhan begitu deras dicurahkan dalam sidang jemaat.  

Sebabnya jemaat Tuhan, dukung gembalamu, Tuhan punya rencana dalam dirimu. Tuhan tidak ingin menelantarkan saudara. Tuhan rindu dengan kehangatan kasihNya ingin menjadikan saudara kekasihNya. Bapak Pdt. In Yuwono mengatakan Sigaraning Nyowo atau belahan jiwa. Yesus adalah belahan jiwa kita dan kita harus menjadi belahan jiwanya Yesus. Kalau kita tidak masuk dalam belahan jiwanya Tuhan, awas! antikristus datang untuk menyayat-nyayat saudara. Tetapi kalau anda dikondiskan menjadi belahan jiwanya Yesus, tidak ada satu setan yang dapat menyentuh saudara.

Menolak nafas Tuhan akibatnya binasa.
Ayub 4:9
4:9 Mereka binasa oleh nafas Allah, dan lenyap oleh hembusan hidung-Nya.

Kenapa binasa? Karena ada penolakan terhadan nafas Allah. Akhirnya nafas itu berubah membinasakan, bukan membawa kehidupan. Kita melihat bagaimana Tuhan mengangkat kita gereja Tuhan menjadi calon Mempelai Wanita untuk Yesus Mempelai Laki-laki Sorga.

II Korintus 11:2
11:2 Sebab aku cemburu kepada kamu dengan cemburu ilahi. Karena aku telah mempertunangkan kamu kepada satu laki-laki untuk membawa kamu sebagai perawan suci kepada Kristus.

Rasul Paulus mempertunangkan gereja dengan Kristus. Ini belum berwujud, tetapi hamba Tuhan yang Tuhan percayakan untuk menangani adalah seorang Lewi, dia sahabat Mempelai Laki-laki dan girang ketika mendengar suara Mempelai. Ini secara estafet.

Masih dalam kandungan saja Yohanes sudah girang, apalagi ketika dia melihat Yesus Mempelai Laki-laki Sorga saat berhadap-hadapan Yesus menyampaikan Firman, dia sangat girang dan sukacitanya penuh. Jadi suara Mempelai itu justru menghasilkan sukacita penuh. Jadi kalau kita masuk gereja mendengar Firman dan kita dikaitkan menjadi mempelai wanita Tuhan, kita harusnya bersukacita.

Kalau orang yang tidak mengerti, itu sebabnya mereka bosan ketika mendengarkan Firman Tuhan yang agak lama disampaikan. Apalagi kalau Firman Tuhan itu tampil keras. Ini yang sangat riskan dalam gereja Tuhan, padahal kita tunanganNya dan kita diserahkan Tuhan ditangan gembala.

Jangan sampai saudara jatuh di tangan yang tidak benar. Maaf, bukan berarti saya mengatakan saya saja yang benar, tetapi ada kriteria Tuhan. Jangan sampai kita jatuh di tangan penggembalaan yang tidak sesuai dengan selera Tuhan. Sebab penggembalaan menurut kriteria Tuhan ada tiga macam ibadah:
1.      Ibadah Raya
2.      Ibadah Pendalaman Alkitab
3.      Ibadah doa penyembahan

Itu harus digalakkan di dalam gereja Tuhan. Berarti saudara sedang ditangani oleh Tuhan di dalam penggembalaan untuk diangkat dan dikondisikan menjadi umat yang layak bagi Tuhan. Itu tujuan Tuhan.

Pribadi Yohanes lahir dari kemustahilan, dibungkus dengan keajaiban karena dia lahir dari kandungan yang mandul, apalagi sudah tua. Dan yang akan dia kelolah untuk mencapai standar ajaib. Yaitu manusia yang penuh cacat cela dan kerut, noda dan dosa, tetapi bisa dijadikan manusia Ilahi, bukankah ini suatu keajaiban. Ini yang sedang Tuhan lakukan dan inilah yang Tuhan garap dalam kehidupan kita gereja Tuhan.

Lukas 1:17
1:17 dan ia akan berjalan mendahului Tuhan dalam roh dan kuasa Elia untuk membuat hati bapa-bapa berbalik kepada anak-anaknya dan hati orang-orang durhaka kepada pikiran orang-orang benar dan dengan demikian menyiapkan bagi Tuhan suatu umat yang layak bagi-Nya."

Kisah Para Rasul 15:14
15:14 Simon telah menceriterakan, bahwa sejak semula Allah menunjukkan rahmat-Nya kepada bangsa-bangsa lain, yaitu dengan memilih suatu umat dari antara mereka bagi nama-Nya.

Perhatian Tuhan justru kepada kita bangsa kafir. Kisah Para Rasul pasal 15 ini adalah konfrensi pertama hamba-hamba Tuhan, kurang lebih 50 tahun sesudah Yesus. Yang menjadi topik pembicaraan mereka adalah persoalan kita bangsa kafir. Justru persoalan kita bangsa kafir, Tuhan mencari umat yang layak bagiNya. Semoga kita orang-orang yang hadir adalah orang yang mengkondisikan dan memposisikan diri menjadi umat yang layak bagi Dia. Jangan kita tolak Firman! Jika saya membaca ayat ini, saya katakan “Tuhan saya tidak layak”. Ingat Tuhan mencari kita bangsa kafir. Olehnya kita berbahagia.

Kita lihat penampilan Yohanes dalam pelayanannya. Makanannya adalah belalang.
Matius 3:4
3:4 Yohanes memakai jubah bulu unta dan ikat pinggang kulit, dan makanannya belalang dan madu hutan.

Kalau belalang ini tidak mau dikonsumsi hamba Tuhan, maka akan ada belalang yang mengerikan akan muncul. Dia akan menyengat manusia selama 5 bulan dan manusia mau mencari mati tetapi tidak bisa mati. Makanya kami harus lebih dahulu berhadapan dengan itu untuk menolong umat Tuhan agar umat Tuhan jangan sampai dilalap oleh binatang seperti itu.
Wahyu 9:3-4
9:3 Dan dari asap itu berkeluaranlah belalang-belalang ke atas bumi dan kepada mereka diberikan kuasa sama seperti kuasa kalajengking-kalajengking di bumi.
9:4 Dan kepada mereka dipesankan, supaya mereka jangan merusakkan rumput-rumput di bumi atau tumbuh-tumbuhan ataupun pohon-pohon, melainkan hanya manusia yang tidak memakai meterai Allah di dahinya.

Mereka dilarang untuk merusak rumput, tumbuh-tumbuhan dan pohon-pohon namun mereka hanya menyiksa manusia.

Wahyu 9:5
9:5 Dan mereka diperkenankan bukan untuk membunuh manusia, melainkan hanya untuk menyiksa mereka lima bulan lamanya, dan siksaan itu seperti siksaan kalajengking, apabila ia menyengat manusia.

5 bulan berarti 150 hari. Di Zaman Bapa, Tuhan menyediakan 150 hari air bah mengusai bumi sehingga manusia habis oleh air bah. Di zaman Anak ada nubuatan Firman Tuhan dalam Hakim-hakim pasal 15, ada 150 pasang nikah serigala yang menghancurkan kebun zaitun dan ladang gandum bangsa Filistin. Ini akan terjadi di akhir zaman ini. Sebabnya kami hamba Tuhan harus lebih dahulu berhadapan dengan belalang ini.

Wahyu 9:6
9:6 Dan pada masa itu orang-orang akan mencari maut, tetapi mereka tidak akan menemukannya, dan mereka akan ingin mati, tetapi maut lari dari mereka.

Tuhan tidak pernah ingkar janji, Tuhan tidak pernah dusta dengan FirmanNya. Apa yang dia Firmankan pasti akan digenapkan. Sebabnya mari sidang jemaat, kita hindarkan diri jangan sampai kita disengat oleh belalang yang sengatnya seperti sengat kalajengking.

Bukan kebetulan kalau Yohanes harus lebih dahulu makan belalang. Kenapa? Sebab belalang ini sangat menyeramkan kalau diizinkan Tuhan menghantam manusia. Yohanes makan belalang bukan dalam pengertian bersekutu dengan belalang, tetapi dia makan belalang berarti dia menantang belalang. Kita lihat bagaimana gerakan belalang itu yang akan terjadi akhir zaman ini.
Yoel 1:3-4
1:3 Ceritakanlah tentang itu kepada anak-anakmu, dan biarlah anak-anakmu menceritakannya kepada anak-anak mereka, dan anak-anak mereka kepada angkatan yang kemudian.
1:4 Apa yang ditinggalkan belalang pengerip telah dimakan belalang pindahan, apa yang ditinggalkan belalang pindahan telah dimakan belalang pelompat, dan apa yang ditinggalkan belalang pelompat telah dimakan belalang pelahap.

1.      Belalang pengerip ini yang akan dia sikat adalah buah. Jika kita sudah mengeluarkan buah namun tidak dikawal oleh hamba Tuhan, tidak dijaga di dalam penggembalaan maka buah yang sudah anda hasilkan akan disikat oleh belalang. Antara lain yang disikat adalah buah pertobatan, sehingga orang berkata, katanya sudah bertobat, tetapi kelakuannya seperti orang tidak bertobat. Itu berarti buahnya sudah disikat oleh belalang.

2.      Belalang pindahan memakan daun. Daun menunjuk aktivitas kita, seringkali itu sudah dimakan belalang sehingga kita vakum di dalam pelayanan. Dalam pelayanan terlalu banyak berargument, jangan kita salah! Bapak Pdt. Totaijs mengatakan “kalau saudara tidak punya alasan, iblis sudah menyodorkan berkerangjang alasan supaya kita tidak melayani”. Saya tidak berani membiarkan kalau soal alasan, saya takut sebab pertanggungan jawab kita di atas. Jangan sampai aktivitas kita stagnan, stop, tidak jalan. Aktivitas di sini yang sifatnya yang rohani, kemudian menyusul yang jasmani.

Kalau berpikir soal kegiatan ini, usia saya sudah hampir 72 tahun lebih baik saya istirahat saja. Tetapi saya tidak berani, saya mau melayani sampai garis akhir, sampai Tuhan datang. Tuhan saja tidak pernah pensiun. Jangan kita pensiun dalam pelayanan.
Yohanes 5:17
5:17 Tetapi Ia berkata kepada mereka: "Bapa-Ku bekerja sampai sekarang, maka Aku pun bekerja juga."

Kalau sekarang banyak pendeta yang pensiun, tetapi sebenarnya kurang cocok dengan Firman. Sehingga karena sudah pensiun akhirnya gali kolam dan langsung memancing dari kamar. Alkitab tidak mengajar kita pensiun, aktivitas kita sampai Tuhan datang bahkan sampai di sorga kita tetap menggelar ibadah dan pelayanan, daun itu tetap berkibar.
Wahyu 22:3-4
22:3 Maka tidak akan ada lagi laknat. Takhta Allah dan takhta Anak Domba akan ada di dalamnya dan hamba-hamba-Nya akan beribadah kepada-Nya,
22:4 dan mereka akan melihat wajah-Nya, dan nama-Nya akan tertulis di dahi mereka.

3.      Belalang pelompat
Dia bukan memakan daun lagi karena daun sudah dihabiskan belalang pindahan. Yang dimakan belalang pelompat adalah batangnya. Arti rohaninya pendiriannya terhadap Firman disikat oleh belalang. Yohanes Pembaptis pendiriannya tidak bisa disikat, sejak dari kandungan dia bersukacita, di dalam pelayanan dia bersukacita, sampai dia bayar harga dipenggal lehernya dia tidak takut akan hal itu, pendiriannya tetap. Sekalipun Herodes mengancam, tetapi dia melayani sahabatnya demi terwujudnya Mempelai Wanita Tuhan. Ini dalam bentuk nubuatan dan kita ada pada wujud.

4.      Belalang pelahap
Dia memakan akarnya. Buah habis, daun habis, batang habis dan yang dimakan adalah akar. Akar itu berbicara iman. Terlalu banyak orang yang menghempas dan membuang imannya diganti dengan yang lain. Imannya kepada Yesus dia ganti dengan soal-soal yang lain. Sampai Yesus mengatakan “jangan sampai ketika Aku datang Aku tidak menemukan lagi iman di bumi”.
Lukas 18:8
18:8 Aku berkata kepadamu: Ia akan segera membenarkan mereka. Akan tetapi, jika Anak Manusia itu datang, adakah Ia mendapati iman di bumi?"

Terlalu banyak orang Kristen menjual Yesus hanya persoalan daging sepotong! Kalau Yudas karena persoalan perutnya. Tetapi orang Kristen itu banyak yang menjual Yesus hanya persoalan daging! Terlalu dia menghina Yesus. Apakah Yesus akan membukan sorga baginya? Apakah Yesus mau menjadikan dia mempelaiNya? Tidak!

Mari kita umat Tuhan, perhatikan perjalanan hidup kita akhir zaman ini. Kita sedang dipersiapkan untuk bertemu Yesus pada kali yang kedua, bukan lagi seperti kali pertama. Seringkali kita dininabobokan merenung kedatanganNya pada kali yang pertama, tetapi kedatangannya pada kali kedua kita abaikan. Padahal itu yang Tuhan ingatkan ketika kita dilayani dalam perjamuan kudus. Tentang kedatanganNya pada kali yang kedua yang diingatkan, bukan kedatangan pada kali pertama.
I Korintus 11:25-26
11:25 Demikian juga Ia mengambil cawan, sesudah makan, lalu berkata: "Cawan ini adalah perjanjian baru yang dimeteraikan oleh darah-Ku; perbuatlah ini, setiap kali kamu meminumnya, menjadi peringatan akan Aku!"
11:26 Sebab setiap kali kamu makan roti ini dan minum cawan ini, kamu memberitakan kematian Tuhan sampai Ia datang.

Kejadian 8:22
8:22 Selama bumi masih ada, takkan berhenti-henti musim menabur dan menuai, dingin dan panas, kemarau dan hujan, siang dan malam."

Perkataan selama bumi masih ada, berarti satu saat bumi tidak akan ada lagi. Satu saat bumi akan hancur dan tidak ada satu unsurpun yang tertinggal.
II Petrus 3:10
3:10 Tetapi hari Tuhan akan tiba seperti pencuri. Pada hari itu langit akan lenyap dengan gemuruh yang dahsyat dan unsur-unsur dunia akan hangus dalam nyala api, dan bumi dan segala yang ada di atasnya akan hilang lenyap.

Yohanes Pembaptis ini adalah contoh bagi kami hamba Tuhan yang hidup akhir zaman. Orang yang melayani Tuhan itu ditentukan oleh Tuhan dan orang yang masuk dalam pembangunan Tubuh Kristus ditentukan oleh Tuhan.
Kisah Para Rasul 13:47
13:47 Sebab inilah yang diperintahkan kepada kami: Aku telah menentukan engkau menjadi terang bagi bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah, supaya engkau membawa keselamatan sampai ke ujung bumi."

Pelayan Tuhan yang dipercaya oleh Tuhan untuk membawa umat menjadi umat yang layak, itu juga ketentuan sorga. Kalau saja saya mengatakan saya ditentukan tetapi kriterianya tidak ada pada saya, itu berarti saya tidak ditentukan. Ketentuannya adalah saya seperti Lewi, kedua saya sahabat Allah yang dipercayai rahasia Tuhan dan ketiga saya suka mendengar Firman, otomatis itu ketentuan Tuhan, tidak bisa disangkali. Berarti orang seperti itu ditentukan oleh Tuhan.

Orang yang masuk pembentukan Tubuh Kristus juga ditentukan oleh Tuhan.
Kisah Para Rasul 13:48
13:48 Mendengar itu bergembiralah semua orang yang tidak mengenal Allah dan mereka memuliakan firman Tuhan; dan semua orang yang ditentukan Allah untuk hidup yang kekal, menjadi percaya.

Titus 2:10
2:10 jangan curang, tetapi hendaklah selalu tulus dan setia, supaya dengan demikian mereka dalam segala hal memuliakan ajaran Allah, Juruselamat kita.

Bangsa kafir yang ditentukan memuliakan ajaran Tuhan, memuliakan Firman Tuhan. Hal ini diingatkan oleh Tuhan melalui rasul Paulus melalui kitab tahbisan agar jangan curang dan selalu tulus agar bisa memuliakan ajaran Tuhan. Sebab curang itu kejijikan Tuhan.
Ulangan 25:16
25:16 Sebab setiap orang yang melakukan hal yang demikian, setiap orang yang berbuat curang, adalah kekejian bagi TUHAN, Allahmu."

Tuhan menguduskan umat yang layak bagi diriNya.
Titus 2:14
2:14 yang telah menyerahkan diri-Nya bagi kita untuk membebaskan kita dari segala kejahatan dan untuk menguduskan bagi diri-Nya suatu umat, kepunyaan-Nya sendiri, yang rajin berbuat baik.

Rahasia Tuhan yang besar adalah rahasia nikah Kristus dengan gerejaNya.
Efesus 5:32
5:32 Rahasia ini besar, tetapi yang aku maksudkan ialah hubungan Kristus dan jemaat.
Rahasia Tuhan yang besar yang kedua adalah rahasia ibadah.
I Timotius 3:16
3:16 Dan sesungguhnya agunglah rahasia ibadah kita: "Dia, yang telah menyatakan diri-Nya dalam rupa manusia, dibenarkan dalam Roh; yang menampakkan diri-Nya kepada malaikat-malaikat, diberitakan di antara bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah; yang dipercayai di dalam dunia, diangkat dalam kemuliaan."

Rahasia itulah yang Tuhan bukakan kepada kita gereja Tuhan. Bangsa Israel Tuhan percayakan Firman, tidak kepada kita. Tetapi rahasia Firman Tuhan bukakan kepada kita bangsa kafir.

Makanan dari Yohanes Pembaptis juga adalah madu hutan.
Mazmur 19:9
19:9 Titah TUHAN itu tepat, menyukakan hati; perintah TUHAN itu murni, membuat mata bercahaya.

Mata Yonatan menjadi terang setelah menyedot madu. Makan madu membuat mata bercahaya. Mata bercahaya adalah ciri gereja Tuhan yang hidup akhir zaman.
Yeremia 31:11-12
31:11 Sebab TUHAN telah membebaskan Yakub, telah menebusnya dari tangan orang yang lebih kuat dari padanya.
31:12 Mereka akan datang bersorak-sorak di atas bukit Sion, muka mereka akan berseri-seri karena kebajikan TUHAN, karena gandum, anggur dan minyak, karena anak-anak kambing domba dan lembu sapi; hidup mereka akan seperti taman yang diairi baik-baik, mereka tidak akan kembali lagi merana.

Mukanya berseri-seri termasuk mata berarti hidup itu ada mengkonsumsi madu, artinya Firman Tuhan itu menjadi kesukaannya sehingga mukanya berseri-seri. Ada gandum berarti ada Firman Tuhan, ada anggur berarti kesukaan dalam nikah, ada minyak berarti kesukaan dalam Roh Kudus. Ini kondisi gereja Tuhan, Mempelai Wanita Tuhan. Jangan sampai kita gereja Tuhan tidak mengerti rencana Allah. Kita pikir sudah beribadah padahal hanya ceremony belaka, tidak mencapai tujuan Tuhan yang utama dalam hidup kita.

Pakaian Yohanes dari kulit unta.
Matius 3:4
3:4 Yohanes memakai jubah bulu unta dan ikat pinggang kulit, dan makanannya belalang dan madu hutan.

Berarti dia punya kekuatan untuk menghadapi panasnya padang gurun. Kondisi gereja Tuhan berhasil tampil, sekalipun di padang gurun tetapi tidak bisa dikalahkan oleh situasi padang gurun yang panas, padang gurun yang gerang, padang gurun yang mengerikan, gereja Tuhan tampil justru luar biasa.
Kidung Agung 3:6
3:6 Apakah itu yang membubung dari padang gurun seperti gumpalan-gumpalan asap tersaput dengan harum mur dan kemenyan dan bau segala macam serbuk wangi dari pedagang?

Asap penyembahan ini justru dari padang gurun. Gereja Tuhan walaupun dalam suasana padang gurun tetapi harus bisa menyampaikan doa penyembahan, doa penyerahannya kepada Tuhan, tidak dipengaruhi oleh padang gurun. Kadang kala kalau kita mengalami hidup seperti padang gurun, hidup menderita, kita terasa sulit untuk menyembah. Padahal justru dalam kondisi seperti itu kita diuji apakah kita masih bisa menyembah, masih bisa menaikan doa penyembahan kepada Tuhan

Pakaian Yohanes Pembaptis dari kulit unta dan memang dia bergerak di padang gurun. Itulah tipe hamba Tuhan yang tangguh dan menghasilkan gereja Tuhan yang tangguh.

Bau serba wangi itu adalah bau ukupan yang dibakar di mezbah dupa emas. Ini menunjukkan gereja Tuhan dalam kondisi apapun dia tidak cengeng, dia tidak muring-muring, dia tidak galau. Anak Tuhan hapus itu status galau.

Kidung Agung 6:10
6:10 "Siapakah dia yang muncul laksana fajar merekah, indah bagaikan bulan purnama, bercahaya bagaikan surya, dahsyat seperti bala tentara dengan panji-panjinya?"

Ini mempelai wanita, barisan yang luar biasa. Barisan yang tidak gentar menghadapi situasi di depan, di belakang, di kiri dan di kanan. Kecuali pada Yang Di Atas dia gentar.

Kidung Agung 8:5
8:5 Siapakah dia yang muncul dari padang gurun, yang bersandar pada kekasihnya? -- Di bawah pohon apel kubangunkan engkau, di sanalah ibumu telah mengandung engkau, di sanalah ia mengandung dan melahirkan engkau.

Bersandar pada kekasihnya berarti percaya penuh kepada kekasihnya. Benarkan saudara tunangannya Yesus, benarkah saudara percaya penuh kepada kekasihmu? Saya harus lebih dahulu, saya harus percaya penuh kepada kekasihKu, saya tidak ragu pemeliharaanNya, saya tidak ragu jaminanNya dan itu saya nikmati. Saya ajar diriku bersandar pada Yesus kekasihku, saya ajar anakku juga untuk bersandar kepada Tuhan Yesus. Tidak pernah saya kirim S.O.S tolong jiwa saya, saya hanya berseru ke atas, saya mau bersandar pada Tuhan.

Kalau mau naik ke atas, kalau mau kita meroket, syaratnya bersandar sepenuh kepada kekasih, bersandar sepenuh kepada Tuhan. Kemudian di bawah pohon apel, itu bicara penyembahan. Di situ prakteknya bersandar sepenuh kepada Mempelai Laki-laki Sorga. Hanya orang yang bersandar penuh kepada Tuhan yang akan meroket dan itulah umat pilihan Tuhan. Gereja Tuhan yang tertinggal yang dianiaya oleh antikristus itu jumlahnya paling banyak. Yang tersingkir cuma sedikit.
Wahyu 12:17
12:17 Maka marahlah naga itu kepada perempuan itu, lalu pergi memerangi keturunannya yang lain, yang menuruti hukum-hukum Allah dan memiliki kesaksian Yesus.

Penyingkiran gereja Tuhan juga di padang belantara. Itu sebabnya di padang belantara ada dupa yang naik. Di padang belantara ada pasukan tentara banyak. Di padang belantara ada umat Tuhan yang bersandar penuh kepada Tuhan.
Wahyu 12:14
12:14 Kepada perempuan itu diberikan kedua sayap dari burung nasar yang besar, supaya ia terbang ke tempatnya di padang gurun, di mana ia dipelihara jauh dari tempat ular itu selama satu masa dan dua masa dan setengah masa.

Kalau sekarang kita tidak mau belajar pengalaman di padang gurun kita tidak bisa ke sana. Kalau kita diperhadapkan dengan suasana padang gurun lalu kita muring-muring, hati tidak sejahtera, jangan pikir Wahyu 12:14 menjadi bagian saudara.  

Inilah penyingkiran gereja, inilah yang disebut peristiwa pharusia. Menjelang 3,5 tahun aniaya antikristus, terjadi peritsiwa pharusia yaitu peristiwa penyingkiran gereja. Sesudah 3,5 tahun aniaya antikristus, baru peristiwa Ephipania, kita bertemu Yesus di awan-awan yang permai bersama umat Tuhan yang sudah mati lalu dibangkitkan dan bersama umat yang tadi disingkirkan.

Terjadi 3,5 tahun aniaya antikristus, tetapi gereja Tuhan yang menjadi umat yang layak bagi Tuhan, mengalami peristiwa pharusia. Sementara kita dalam keadaan terancam oleh naga merah padam di depan kita, maka Tuhan akan merebut kita dengan keras, dengan cepat dan dengan tegas untuk dibawa terbang di padang belantara. Itulah peristiwa Pharusia. Peristiwa pharusia hanya terjadi pada umat Tuhan khusus. Tetapi peristiwa Ephipani terjadi secara umum.

Olehnya mari ikut Tuhan dengan sungguh-sungguh. Kita siapkan diri sebab Dia sudah mau datang. Beranikah saudara menjawab ketika Yesus berkata “Aku datang segera” dengan jawaban “Amin, datanglah Tuhan Yesus”.

Tuhan Memberkati.










GPT “Kristus Penebus”
Jl. Langgadopi No.4 Tentena
Kec. Pamona Puselemba, Kab. Poso, 94663
HP: 085241270477
JADWAL IBADAH
Rabu   :          Ibadah Pendalaman Alkitab dan
Perjamuan Suci → Pk. 17.00
Sabtu    :         Ibadah Doa Penyembahan → Pk. 16.30
Minggu :         Ibadah Sekolah Minggu → Pk. 07.30
            Ibadah Raya → Pk. 09.00
            Ibadah Kaum Muda Remaja → Pk. 16.00
 
























Tidak ada komentar:

Posting Komentar