20181212

Kebaktian Natal Lopi, Rabu 12 Desember 2018 Pdt. Bernard Legontu


Salam sejahtera di dalam kasih Tuhan Yesus Kristus.

Lukas 1:41,44
1:41 Dan ketika Elisabet mendengar salam Maria, melonjaklah anak yang di dalam rahimnya dan Elisabet pun penuh dengan Roh Kudus,
1:44 Sebab sesungguhnya, ketika salammu sampai kepada telingaku, anak yang di dalam rahimku melonjak kegirangan.

Keajaiban Tuhan menghiasi kedatangan Tuhan pada kali yang pertama. Kitab Wahyu 22:20-21 berbicara kedatangan Tuhan pada kali yang kedua.

Di dalam kandungan Elizabet ada seorang bayi laki-laki yang akhirnya diberi nama Yohanes dan bayi dalam kandungan Maria yang diberi nama Yesus. Jadi dua bayi fellowship, dua ibu juga fellowship dan terjadi sesuatu hal yang ajaib. Elizabet mengandung Yohanes dengan suasana ajaib dan Mariapun mengandung Yesus dalam suasana ajaib. Sebab keduanya mustahil untuk mengandung. Elizabet sudah lanjut usia, Maria tidak punya suami. Tetapi merekalah yang dipakai Tuhan menjadi jalur. Kandungan Elizabet menjadi jalur hamba Tuhan untuk mempersiapkan umat yang layak bagi Tunan.
Lukas 1:17
1:17 dan ia akan berjalan mendahului Tuhan dalam roh dan kuasa Elia untuk membuat hati bapa-bapa berbalik kepada anak-anaknya dan hati orang-orang durhaka kepada pikiran orang-orang benar dan dengan demikian menyiapkan bagi Tuhan suatu umat yang layak bagi-Nya."

Kisah Para Rasul 15:14
15:14 Simon telah menceriterakan, bahwa sejak semula Allah menunjukkan rahmat-Nya kepada bangsa-bangsa lain, yaitu dengan memilih suatu umat dari antara mereka bagi nama-Nya.

Titus 2:14
2:14 yang telah menyerahkan diri-Nya bagi kita untuk membebaskan kita dari segala kejahatan dan untuk menguduskan bagi diri-Nya suatu umat, kepunyaan-Nya sendiri, yang rajin berbuat baik.

Hamba Tuhan yang dikelolah secara ajaib untuk bekerja mempersiapkan Mempelai Wanita bagi Yesus, ini ajaib.

Kiranya kita perhatikan ke mana arah Tuhan mau mengarahkan kita malam ini. Sebab ibadah itu bukan ceremony atau hanya upacara secara lazimnya. Tetapi ibadah itu adalah tempat di mana Tuhan bentuk karakter kita. Karakter daging, karakter manusiawi kita digusur dan diisi dengan kodrat Ilahi. Ini janji Allah yang besar dan ajaib. Manusia yang seperti kita ini kenapa mau diciptakan menjadi sama seperti Dia.

Untuk mengarahkan ke sana, ada pelayan-pelayan Tuhan spesial. Bukan asal menyandang pendeta, bukan nanti saya hamba Tuhan jebolan manapun. Karena hamba Tuhan ditentukan oleh Tuhan, lewat ajaran tahbisan yang benar.
Kisah Para Rasul 13:47
13:47 Sebab inilah yang diperintahkan kepada kami: Aku telah menentukan engkau menjadi terang bagi bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah, supaya engkau membawa keselamatan sampai ke ujung bumi."

Seorang pelayan Tuhan ditentukan oleh Tuhan untuk menangani kepentingan Yesus. Yesus adalah kepala dan Dia membutuhkan tubuh. Pelayan yang ditentukan Tuhan itu ketika mendengar salam dari Maria yang di dalam kandungannya ada bayi Yesus, dia girang. Jadi hamba Tuhan yang dipercayai oleh Tuhan untuk menampilkan umat Tuhan ajaib adalah hamba Tuhan yang senang dengar Firman, girang dengar Firman, bukan yang protes Firman, bukan menolak Firman, bukan hamba Tuhan yang meremehkan Firman.

Dalam Yeremia pasal 23, ada pelayan Tuhan yang justru berseberangan dengan Firman. Kalau dulu ini terjadi, apalagi sekarang, iblis berkiprah untuk menghadang rencana Tuhan. Itu sebabnya saya selalu berdoa agar pelayanan jangan kandas di tengah jalan, tidak mencapai garis akhir.

Sebelum bayi itu ada dalam kandungan Maria, ± 4000 tahun yang lampau sudah dinubuatkan dalam Kejadian 3:15-16.
Kejadian 3:15-16
3:15 Aku akan mengadakan permusuhan antara engkau dan perempuan ini, antara keturunanmu dan keturunannya; keturunannya akan meremukkan kepalamu, dan engkau akan meremukkan tumitnya."
3:16 Firman-Nya kepada perempuan itu: "Susah payahmu waktu mengandung akan Kubuat sangat banyak; dengan kesakitan engkau akan melahirkan anakmu; namun engkau akan berahi kepada suamimu dan ia akan berkuasa atasmu."

± 4000 tahun sebelum Yesus datang, Dia sudah dinubuatkan. Dan isi nubuatan itu adalah penderitaanNya. Kemudian 1500 tahun sebelum Yesus datang, Musa telah bernubuat dan itu diangkat oleh Stefanus.
Kisah Rasul 7:37
7:37 Musa ini pulalah yang berkata kepada orang Israel: Seorang nabi seperti aku ini akan dibangkitkan Allah bagimu dari antara saudara-saudaramu.

Ulangan 18:15,18
18:15 Seorang nabi dari tengah-tengahmu, dari antara saudara-saudaramu, sama seperti aku, akan dibangkitkan bagimu oleh TUHAN, Allahmu; dialah yang harus kamu dengarkan.
18:18 seorang nabi akan Kubangkitkan bagi mereka dari antara saudara mereka, seperti engkau ini; Aku akan menaruh firman-Ku dalam mulutnya, dan ia akan mengatakan kepada mereka segala yang Kuperintahkan kepadanya.

Yohanes yang masih dalam kandungan, mendengar suara Maria yang ada pengaruh dari bayi Yesus, dia bersukacita. Sebab tahu ada ancaman jika tidak mendengarkannya.
Ulangan 18:19
18:19 Orang yang tidak mendengarkan segala firman-Ku yang akan diucapkan nabi itu demi nama-Ku, dari padanya akan Kutuntut pertanggungjawaban.

Sebabnya hamba Tuhan dan anak Tuhan, mengaku pelayan Tuhan, hati-hati. Jangan-jangan anda akan tersisih sehingga tidak terlibat dalam pembangunan Tubuh Kristus. Lebih celaka kalau terlibat dalam pembangunan tubuhnya iblis yaitu Babel. Sebab kenyataannya, di dalam pelayanan hari-hari terakhir ini ada kecenderungan dari pelayan-pelayan, bukan arahnya ke Yerusalem Baru/ membangun Mempelai Wanita Tuhan, tetapi membangun Babel mempelai wanita untuk iblis! itu mengerikan. Kenapa? Sebab ada kecenderungan mempreteli Firman Tuhan, tetapi merayakan natal. Bahkan Firman pengajaran mereka nista.
Yesaya 5:24
5:24 Sebab itu seperti lidah api memakan jerami, dan seperti rumput kering habis lenyap dalam nyala api, demikian akar-akar mereka akan menjadi busuk, dan kuntumnya akan beterbangan seperti abu, oleh karena mereka telah menolak pengajaran TUHAN semesta alam dan menista firman Yang Mahakudus, Allah Israel.

Yeremia 6:19
6:19 Dengarlah, hai bumi! Sungguh, ke atas bangsa ini Aku akan mendatangkan malapetaka, akibat dari rancangan-rancangan mereka, sebab mereka tidak memperhatikan perkataan-perkataan-Ku dan menolak pengajaran-Ku.

Mereka menolak Firman pengajaran padahal Firman pengajaran itu identik dengan salam. Kalau bicara salam berarti itu sama dengan kita bicara Firman pengajaran. Kalau saya menolak Firman pengajaran, apalagi kalau menista, tetapi saya melayani, itu sama dengan membangun tubuhnya iblis. Waspada! Orang seperti itu akan mempertanggung jawabkan.
Ulangan 18:19
18:19 Orang yang tidak mendengarkan segala firman-Ku yang akan diucapkan nabi itu demi nama-Ku, dari padanya akan Kutuntut pertanggungjawaban.

Apa yang anda khotbahkan dan yang saya ajarkan, dituntut Tuhan pertanggung jawabannya nanti. Apa yang kita ajarkan dalam sidang jemaat. Apakah kita mengarahkan sidang jemaat masuk dalam pembentukan Tubuh Kristus, tahu rahasianya, mengerti caranya? Atau hanya datang ibadah seperti upacara, dengar Firman 10 atau 15 menit kemudian selesai. Tidak seperti itu! Kemudian setelah beribadah kita katakan puas, sory, tidak demikian.

Ulangan 18:15,18-19 ini diangkat oleh Stefanus. Sampai Stefanus menyajikan Firman itu harus dia bayar dengan nyawa. Siapa yang menantang? Imam-imam, pelayan-pelayan Tuhan.
Kisah Para Rasul 7:37-39
7:37 Musa ini pulalah yang berkata kepada orang Israel: Seorang nabi seperti aku ini akan dibangkitkan Allah bagimu dari antara saudara-saudaramu.
7:38 Musa inilah yang menjadi pengantara dalam sidang jemaah di padang gurun di antara malaikat yang berfirman kepadanya di gunung Sinai dan nenek moyang kita; dan dialah yang menerima firman-firman yang hidup untuk menyampaikannya kepada kamu.
7:39 Tetapi nenek moyang kita tidak mau taat kepadanya, malahan mereka menolaknya. Dalam hati mereka ingin kembali ke tanah Mesir.

Ketika para petinggi agama Yahudi pada waktu itu berbala-bala dengan stefanus, maka dalam Kisah Para Rasul 6:15, Tuhan membuktikan bahwa Stefanus itu adalah utusan sorga, pejabat sorga, penghuni sorga.
Kisah Para Rasul 6:15
6:15 Semua orang yang duduk dalam sidang Mahkamah Agama itu menatap Stefanus, lalu mereka melihat muka Stefanus sama seperti muka seorang malaikat.

Berarti Stefanus utusan sorga, sebab malaikat adalah makhluk sorga. Dan dia tidak gentar menghadapi orang-orang yang coba mempreteli Firman. Kalau dulu ini terjadi pada gereja hujan awal, akhir zaman ini lebih dahsyat lagi terjadi karena pelayan-pelayan Tuhan sudah lebih berani melawan Firman dan yang benar-benar menghargai Firman hanya sedikit.

Stefanus membuktikan bahwa dia pejabat sorga, dia utusan sorga, dia adalah penduduk sorga, sekalipun harus dia bayar dengan nyawa, tetapi dia bertanggung jawab. Sebagai hamba Tuhan, sayapun tidak akan urung niat, surut langkah, apapun tantangan di depan. Yang jelas tugasku untuk membawa umat untuk dipersembahkan dan diterima oleh Tuhan. Harus ada pada diriku sebagai hamba Tuhan selalu suka dengar Firman. Setajam dan sekeras apapun Firman harus saya apresiasi, bukan menolak, bukan sakit hati, bukan benci pada pemberita.

Kecenderungan hari-hari terakhir ini, jika ada satu hamba Tuhan menegur hamba Tuhan yang lain, syukur-syukur kalau diterima. Dia akan balik kanan siap menerjang yang menegur itu. Ini yang repot di akhir zaman, tetapi mau bagaimana. Kita hamba Tuhan yang serius dengar Firman apakah berkata “dari pada ribut lebih baik iyakan saja” itu salah! Bukan membuat keributan tetapi kita mengangkat kebenaran dan memang kebenaran pasti dilawan.

1500 tahun sebelum Yesus datang, Musa sudah bernubuat dan diangkat oleh Stefanus. Kita bukan lagi menanti kedatangan Yesus seperti yang lalu. Tetapi kedatangan Yesus pada kali yang kedua Dia sebagai Raja, Hakim, Dia adalah Kepala Gereja dan Mempelai Laki-laki sorga. Justru seruan tengah malam “Tengoklah Mempelai datang”. Ini seruan yang harus diperdengarkan hari-hari terakhir ini. Jika kita ada seruan itu, sekaligus membawa diri kita untuk masuk pada persiapan. Jemaat Lopi, jika mendengarkan Firman sekalipun keras dari mimbar, jangan saudara bersikap antipati, justru saudara dikasihi oleh Tuhan.

Kita membutuhkan Firman yang keras, kita butuh makanan yang keras karena makanan keras membuat kita bisa membedakan mana yang baik dan mana yang jahat. Seringkali yang kita benci mungkin itu yang menolong kita. Yang tidak kita suka barangkali itu uluran tangan Tuhan bagi kita, namun kita tepis.

Ibrani 5:11
5:11 Tentang hal itu banyak yang harus kami katakan, tetapi yang sukar untuk dijelaskan, karena kamu telah lamban dalam hal mendengarkan.

Lamban mendengar di sini berarti maju mundur. Maju satu langkah, undur dua langkah, kapan majunya.

Ibrani 5:12-14
5:12 Sebab sekalipun kamu, ditinjau dari sudut waktu, sudah seharusnya menjadi pengajar, kamu masih perlu lagi diajarkan asas-asas pokok dari penyataan Allah, dan kamu masih memerlukan susu, bukan makanan keras.
5:13 Sebab barangsiapa masih memerlukan susu ia tidak memahami ajaran tentang kebenaran, sebab ia adalah anak kecil.
5:14 Tetapi makanan keras adalah untuk orang-orang dewasa, yang karena mempunyai pancaindera yang terlatih untuk membedakan yang baik dari pada yang jahat.

Mulai dari kami hamba Tuhan harus menanggapi Firman dengan serius. bukan bengkak dada mendengar teguran Firman Tuhan yang keras. Harus dengan kelemahlembutan menerima teguran Firman. Itulah hamba Tuhan yang ditentukan oleh Tuhan.

Kisah Para Rasul 13:47
13:47 Sebab inilah yang diperintahkan kepada kami: Aku telah menentukan engkau menjadi terang bagi bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah, supaya engkau membawa keselamatan sampai ke ujung bumi."

Tuhan tentukan siapa pelayananNya, tidak asal. Hamba Tuhan itu harus ada persekutuan dengan lembu jantan. Berarti hamba Tuhan itu ada persekutuan dengan Korban Kristus, tidak ada dosa yang dia sembunyi. Kemudian ada persekutuan dengan domba jantan pertama, berarti pelayanannya penuh, 100%. Kemudian ada persekutuan dengan domba jantan kedua, berarti siap ditahbiskan. Kemudian dia harus ada persekutuan dengan satu bakul yang di dalamnya ada roti bundar yang diolah dan dioleh dengan minyak, artinya ada persekutuan dengan Firman yang kekal yang sudah menyatu dengan dirinya. Lalu ada persekutuan dengan roti tipis yang dioles dengan minyak artinya ada dalam tanda kerendahan hati, bukan angkuh.

Umat Tuhan juga ditentukan oleh Tuhan. Apakah saudara ada dalam kategori dipilih oleh Tuhan?
Kisah Para Rasul 13:48
13:48 Mendengar itu bergembiralah semua orang yang tidak mengenal Allah dan mereka memuliakan firman Tuhan; dan semua orang yang ditentukan Allah untuk hidup yang kekal, menjadi percaya.

Kejadian ini ada di salah satu kota yang namanya Salamis. Salamis artinya kekuatan doa. Tetapi kekuatan doa belum cukup di mata Tuhan, maka Tuhan utus Paulus dan Barnabas untuk menyampaikan Firman pengajaran sehingga lengkaplah kekuatan itu. Jadi doa ditambah dengan Firman pengajaran menjadi kuat! Firman pengajaran tanpa doa itu lemas, doa tanpa Firman pengajaran juga tidak kuat. Itu sebabnya doa harus bareng dengan Firman pengajaran. Sehebatnya Firman pengajaran tanpa ditopang dengan doa itu tidak benar.

Orang yang ditentukan oleh Tuhan untuk masuk dalam pembentukan Tubuh Kristus yang sempurna adalah kehidupan yang terdiri dari bangsa kafir yang mendengar Firman bukannya marah tetapi memuliakan Firman. Hamba Tuhan yang ditentukan oleh Tuhan cirinya senang mendengarkan Firman, bukannya marah. Contohnya Yohaens Pembaptis yang senang dengar suara Maria yang mengandung Yesus. Bahkan sukacitanya sempurna ketika mendengar suara Yesus saat di medan pelayanan.
Yohanes 3:29
3:29 Yang empunya mempelai perempuan, ialah mempelai laki-laki; tetapi sahabat mempelai laki-laki, yang berdiri dekat dia dan yang mendengarkannya, sangat bersukacita mendengar suara mempelai laki-laki itu. Itulah sukacitaku, dan sekarang sukacitaku itu penuh.

Kita bangsa kafir terlalu banyak kita bergaya, banyak angkuh. Kalau kita mau dipilih rendahkan diri, rendahkan hati serendah-rendahnya di hadapan Tuhan supaya kita ditentukan menjadi pengisi kerinduan hati Tuhan “inilah orang-orang punyaKu sendiri” kata Tuhan.

Merayakan natal jangan hanya berpikir anak sekolah minggu membuat sandiwara, tablo dan sebagainya. Jangan kita merayakan natal dengan hati gundah gulana.
Yehezkiel 2:9-10
2:9 Aku melihat, sesungguhnya ada tangan yang terulur kepadaku, dan sungguh, dipegang-Nya sebuah gulungan kitab,
2:10 lalu dibentangkan-Nya di hadapanku. Gulungan kitab itu ditulisi timbal balik dan di sana tertulis nyanyian-nyanyian ratapan, keluh kesah dan rintihan.

Ini Tuhan punya keluh kesah. Ada kitab yang ditulis luar dan dalam, isinya keluh kesah Tuhan. Dan disuruh kepada Yehezkiel “makan Yehezkiel, supaya engkau tahu perasaanKu terhadap umatKu yang sudah Aku tebus dari Mesir. Mereka sudah membuat sakit hatiKu!”. Itulah yang dialami oleh Yehezkiel.

Yehezkiel makan dan Yehezkiel terima. Kalau hamba Tuhan, Firman penuh dalam perutnya, penuh dalam hatinya maka dia tidak akan berpikir soal yang duniawi lagi.
Yehezkiel 3:3
3:3 Lalu firman-Nya kepadaku: "Hai anak manusia, makanlah gulungan kitab yang Kuberikan ini kepadamu dan isilah perutmu dengan itu." Lalu aku memakannya dan rasanya manis seperti madu dalam mulutku.

Kalau Firman sudah diisi dalam kandungan hati hamba Tuhan, maka dia tidak akan kena: Filipi 3:18-19
3:18 Karena, seperti yang telah kerap kali kukatakan kepadamu, dan yang kunyatakan pula sekarang sambil menangis, banyak orang yang hidup sebagai seteru salib Kristus.
3:19 Kesudahan mereka ialah kebinasaan, Tuhan mereka ialah perut mereka, kemuliaan mereka ialah aib mereka, pikiran mereka semata-mata tertuju kepada perkara duniawi.

Dia pasti masuk dalam ketegori yang dipilih oleh Tuhan dan ditentukan serta ditetapkan oleh Tuhan. Ini pelayan yang akan dipercaya Tuhan. Makanya setelah dia makan, hatinya panas. Ini Yehezkiel, tipe hamba Tuhan yang benar.
Yehezkiel 3:14
3:14 Dan Roh itu mengangkat dan membawa aku, dan aku pergi dengan hati panas dan dengan perasaan pahit, karena kekuasaan TUHAN memaksa aku dengan sangat.

Saudara perhatikan bagaimana keadaan yang terjadi.
Yehezkiel 4:17
4:17 dengan maksud, supaya mereka kekurangan makanan dan minuman dan mereka semuanya menjadi gundah gulana, sehingga mereka hancur di dalam hukumannya.

Kasihan kalau sampai Tuhan umbar seperti ini. Ini jangan sampai terjadi. Mengapa terjadi seperti ini? Sebab umat Israel sudah berontak kepada Tuhan. Kita sudah dipilih oleh Tuhan, kita sudah ditarik oleh Tuhan dari lumpur dosa lewat pengorbanan Yesus. 1500 tahun sebelum Yesus datang, Musa sudah menubuatkan. Inilah yang ditulis dalam Alkitab. Makanya Yesus berkata mengatakan kepada petinggi agama “Kamu menyelidik kitab suci karena kamu menyangka dari dalamnya kamu akan memperoleh hidup yang kekal. padahal kitab suci itu bersaksi tentang Aku”. Saudara perhatikan dari kitab Kejadian, sudah bersaksi tentang Yesus.
Kejadian 3:15-16
3:15 Aku akan mengadakan permusuhan antara engkau dan perempuan ini, antara keturunanmu dan keturunannya; keturunannya akan meremukkan kepalamu, dan engkau akan meremukkan tumitnya."
3:16 Firman-Nya kepada perempuan itu: "Susah payahmu waktu mengandung akan Kubuat sangat banyak; dengan kesakitan engkau akan melahirkan anakmu; namun engkau akan berahi kepada suamimu dan ia akan berkuasa atasmu."

Kemudian pada kitab Ulangan tadi. Kemudian 700 tahun sebelum Yesus datang, nabi Yesaya telah menceritakan tentang kedatangan Yesus pada kali yang pertama dan penderitaanNya untuk menyelamatkan kita. Apakah tidak ajaib hal itu? Karya Allah dari sorga mengirim PuteraNya yang tunggal, itu adalah karya Allah yang ajaib. Untuk apa Tuhan berkarya secara ajaib? Untuk mendapatkan gereja Tuhan juga yang ajaib.
Orang lebih banyak suka mendengar Firman Tuhan yang lembut-lembut, berjubel-jubel orang ke sana. Tetapi mendengar Firman Tuhan yang keras mereka tidak mau. Tetapi mau masuk sorga dan berkata dia Tubuh Kristus, bagaimana itu, itu hanya ucapan belaka. Saya harus berterus terang, saya tidak mau sembunyi Firman. Dari tujuh nasihat Tuhan yang terakhir, nasihat yang ketiga adalah jangan sembunyi Firman, harus terang-terangan sekarang memberitakan Firman karena kedatangan Tuhan sudah dekat.

700 tahun sebelum Yesus lahir, Yesaya sudah dipakai untuk menceritakan tentangkelahiran Yesus dan penderitaan Kristus Yesus. Karena siapa? Karena kita. Kita perhatikan hal ini, agar jangan sampai kita membaca Alkitab tetapi kita tidak mengetahui makna dan tujuan di dalamnya.

Yohanes 5:28
5:28 Janganlah kamu heran akan hal itu, sebab saatnya akan tiba, bahwa semua orang yang di dalam kuburan akan mendengar suara-Nya,

Sudah dalam kubur tetapi akan mendengar suara Yesus. Kalau sekarang ini banyak orang Kristen tutup telinga tidak mau dengar suara Yesus, dalam kubur kelak baru dia akan mendengar suara Yesus. Ketika dibangkitkan akan ke mana? Akan terjadi dua hal, yang satu kehidupan yang kekal, yang lain hukuman kekal. Yang tidak mau dengar Firman itu akan masuk dalam hukuman kekal di neraka (kengerian). Yang mau dengar Firman Tuhan itu yang masuk dalam kekekalan bersama Yesus.

Yohanes 5:39
5:39 Kamu menyelidiki Kitab-kitab Suci, sebab kamu menyangka bahwa oleh-Nya kamu mempunyai hidup yang kekal, tetapi walaupun Kitab-kitab Suci itu memberi kesaksian tentang Aku,

Kitab-kitab suci adalah Firman yang dinafasi oleh Tuhan. Alkitab yang tertulis ini adalah Ilham Allah, atau dinafasi oleh Allah, bermanfaat 4 hal. Kita pegang Alkitab tetapi manfaatnya tidak kita suka. Itukan aneh. Bawa Alkitab, tetapi kegunaan Alkitab tidak kita suka. Padahal Alkitab itu Ilham Allah, dinafasi oleh Allah. Aneh kehidupan seperti ini.

II Timotius 3:16
3:16 Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran.

1.      Bermanfaat untuk mengajar
2.      Menyatakan kesalahan
3.      Memperbaiki kelakuan
4.      Mendidik orang dalam kebenaran

Alkitab ini adalah tulisan yang dinafasi oleh Allah. Kalau bicara nafas berarti kehidupan. Alkitab ini adalah kehidupan sorga yang diberi kepada kita supaya kita hidup, hidup sorga.

1.      Bermanfaat untuk mengajar
Kenapa umat Tuhan menolak pengajaran? Padahal Alkitab ini manfaat pertama untuk mengajar kita sebagai anggota keluarga Allah. Bagaimana suami sebagai anggota keluarga Allah, bagaimana isteri sebagai anggota keluarga Allah, bagaimana anak sebagai anggota keluarga Allah. Bagaimana majelis sebagai anggota keluarga Allah, bagaimana gembala sebagai anggota keluarga Allah, sebab itu perlu ajaran.
Amsal 6:23
6:23 Karena perintah itu pelita, dan ajaran itu cahaya, dan teguran yang mendidik itu jalan kehidupan,

Paulus mengatakan “kalau aku lambat, engkau sudah tahu bagaimana berperilaku sebagai anggota keluarga Allah”.
I Timotius 3:14-15
3:14 Semuanya itu kutuliskan kepadamu, walaupun kuharap segera dapat mengunjungi engkau.
3:15 Jadi jika aku terlambat, sudahlah engkau tahu bagaimana orang harus hidup sebagai keluarga Allah, yakni jemaat dari Allah yang hidup, tiang penopang dan dasar kebenaran.

Pola hidup tingkah laku kita diajar oleh Firman Tuhan agar dalam merayakan natal jangan cengeng. Firman pengajaran dibutuhkan untuk membentuk karaker kita. Sebab nilai pengajaran bukan hanya sebatas skarang tetapi justru mengandung nilai keselamatan kita yang akan datang. Ini yang seringkali kita lupa. Kenapa bisa mengalami selamat yang akan datang? Karena kita kudus seperti Tuhan kudus oleh sebab pekerjaan Firman pengajaran.
Ibrani 12:8 (Terjemahan Lama)
12:8 Tetapi jikalau kamu tiada diajari, padahal semua orang mendapat bahagian itu, maka kamu anak haram, bukannya anak halal.

Ibrani 12:10-11
12:10 Sebab mereka mendidik kita dalam waktu yang pendek sesuai dengan apa yang mereka anggap baik, tetapi Dia menghajar kita untuk kebaikan kita, supaya kita beroleh bagian dalam kekudusan-Nya.
12:11 Memang tiap-tiap ganjaran pada waktu ia diberikan tidak mendatangkan sukacita, tetapi dukacita. Tetapi kemudian ia menghasilkan buah kebenaran yang memberikan damai kepada mereka yang dilatih olehnya.

Rasul Paulus menekankan di sini bahwa orang-orang harus mendapatkan pengajaran. Kalau tidak mau diajar berarti anak haram. Anak haram, tetapi bukan berarti tidak ada harapan lagi. Ada harapan jika anak haram ini satu saat dia sadar dan dia mengerti. Memang anak haram itu seringkali disudutkan dan diusir. Contohnya adalah Yefta, anak haram, dia diusir oleh saudara-saudaranya karena dia anak Gideon dengan perempuan pelacur, dia diusir karena anak haram. Tetapi ada sesuatu yang tidak mereka mengerti ada pada Yefta sekalipun dia anak haram. Arti nama Yefta adalah Allah membukakan rahasia.

Pada anak haram ini kemurahan Tuhan dibukakan Tuhan rahasia. Kita bangsa kafir sebenarnya adalah anak haram! Kita ini bukan orang yang layak masuk sorga, kita tidak punya peluang sebelum Yesus datang. Tetapi dengan datangnya Yesus pada kali yang pertama maka kita bangsa haram, bangsa keledai diberi kesempatan oleh Tuhan untuk masuk. Israel itu bangsa lembu, bangsa halal. Keledai itu binatang haram.
Hakim-hakim 15:16
15:16 Berkatalah Simson: "Dengan rahang keledai bangsa keledai itu kuhajar, dengan rahang keledai seribu orang kupukul."

Tadinya kita bangsa haram, bangsa keledai, tetapi oleh korban Kristus kita bisa mendapat peluang. Oleh korban Kristus maka dibukakan Firman bagi kita bangsa kafir.
Kolose 1:27-28
1:27 Kepada mereka Allah mau memberitahukan, betapa kaya dan mulianya rahasia itu di antara bangsa-bangsa lain, yaitu: Kristus ada di tengah-tengah kamu, Kristus yang adalah pengharapan akan kemuliaan!
1:28 Dialah yang kami beritakan, apabila tiap-tiap orang kami nasihati dan tiap-tiap orang kami ajari dalam segala hikmat, untuk memimpin tiap-tiap orang kepada kesempurnaan dalam Kristus.

Seperti Yefta, dibukakan rahasia Firman. Akhirnya Yefta mereka cari. Ketika mereka dihimpit oleh bangsa kafir, akhirnya mereka mencari Yefta. Kalau sekarang bapak ibu merasa tidak butuh Firman pengajaran, tunggu datang yang menghimpit saudara baru saudara mencari mana itu rahasia Firman yang dibukakan. Kalau sekarang anda tidak butuh, satu waktu anda akan butuh, tetapi awas, jangan sudah terlambat. Ini jangan terjadi pada diri kita, utamanya kami hamba Tuhan. Saya sadar saya ini bangsa keledai, bangsa yang haram di hadapan Tuhan. Tetapi syukur kepada Tuhan.

Ketika Petrus dalam suasana lapar, dia tidak tahu ada utusan Tuhan datang untuk membawa dia pada bangsa yang haram itu. Ketika dia lapar dia melihat tirai turun dari sorga penuh dengan binatang yang haram dan halal. Tuhan suruh sembelih dan makan. Singkatnya Petrus mengatakan tidak mungkin dia mau makan binatang haram. Lalu Tuhan katakan “apa yang Aku halalkan tidak boleh diharamkan oleh manusia”. Kita sudah menjadi anak halal, tidak lagi anak haram, karena pergumulan Kristus di Golgota.

Anak halal cirinya menerima Firman pengajaran, tidak menolak. Kalau masih menolak Firman pengajaran berarti dia mengkondisikan diri tetap anak haram. Ini jangan sampai terjadi.
Ibrani 12:10 (Terjemahan Lama)
12:10 Karena mereka itu dengan sesungguhnya sudah mengajar kita di dalam sedikit masa sebagaimana yang tampak baik kepada mereka itu; tetapi Tuhan mengajar bagi faedah kita, supaya kita beroleh bahagian di dalam kekudusan-Nya.

Bapa jasmani mendidik kita pada masa yang singkat. Seperti saya dikarunia Tuhan 6 anak. Saya didik mereka, kadang saya cambuk. Tidak boleh saya tahan rotan, bukan menghendaki kematiannya tetapi supaya menjadi baik.

Ilham berfaedah untuk mengajar supaya kita beroleh bagian dalam pengudusanNya. Karena tuntutan Tuhan tidak pernah berubah.
Imamat 11:44
11:44 Sebab Akulah TUHAN, Allahmu, maka haruslah kamu menguduskan dirimu dan haruslah kamu kudus, sebab Aku ini kudus, dan janganlah kamu menajiskan dirimu dengan setiap binatang yang mengeriap dan merayap di atas bumi.
Itu diangkat oleh rasul Petrus.
I Petrus 1:15-16
1:15 tetapi hendaklah kamu menjadi kudus di dalam seluruh hidupmu sama seperti Dia yang kudus, yang telah memanggil kamu,
1:16 sebab ada tertulis: Kuduslah kamu, sebab Aku kudus.

Tuhan menghendaki gerejaNya kudus. Kalau kita menginginkan kekudusan, terima Firman pengajaran. Itulah manfaat tulisan dalam Alkitab ini yaitu supaya kita kudus.

Ibrani 12:11 (Terjemahan Lama)
12:11 Adapun segala ajaran bagi sementara ini belum mendatangkan sukacita, melainkan duka cita; tetapi kemudian kelak dikeluarkannya kebenaran akan buahnya, yang mendatangkan sentosa kepada orang yang mahir dengan ajaran itu.

Ketika ajaran itu disajikan lewat hamba Tuhan dari mimbar belum mendatangkan sukacita tetapi dukacita, makanya banyak orang tidak suka karena dagingnya merasa sakit. Orang suka mendengar Firman karena ada bahasa yang sekarang populer “Kasihan itu jemaat sudah dari kebun, dari kantor, dari sekolah, peras keringat, lalu masuk gereja diajarkan lagi salib. Kalau masuk gereja sampaikan hiburan saja. Tidak usah derita sengsara salib”. Ini tipuan iblis. Tanpa sadar berarti orang itu tidak mau merangkak mencapai kekudusan.

Ibrani 5:14
5:14 Tetapi makanan keras adalah untuk orang-orang dewasa, yang karena mempunyai pancaindera yang terlatih untuk membedakan yang baik dari pada yang jahat.

Makanan keras membuat orang mengerti yang baik dan yang jahat. Pengajaran ini bermanfaat membuat kita kudus. Mau duduk bersanding dengan Tuhan Yesus, mau menjadi mempelai wanita tetapi bagaimana persiapan kita. Mau ke mana kita berjalan? Apakah kita suka dengar Firman. Kalau hamba Tuhan mau melayani Tuhan, wajib hukumannya dia harus senang dengar Firman Tuhan.

Mazmur 119:135
119:135 Sinarilah hamba-Mu dengan wajah-Mu, dan ajarkanlah ketetapan-ketetapan-Mu kepadaku.

Jadi kalau kita mau kena pengaruh sinar wajah Tuhan, harus terima Firman pengajaran. Bukankah gereja Tuhan akan menikmati Shekina Glori bersama Kristus. Dalam doa imamat Yesus di taman Getsemani, disertai dengan derai air mata dan darah mengalir di sekujur tubuhNya, Yesus berdoa “Bapa biarlah kemuliaan yang Aku miliki juga dimiliki oleh mereka”. Bagaimana supaya mereka miliki? Sinari mereka dengan wajah Tuhan dan terimalah pengajaran. Itu doa Tuhan Yesus untukku dan untuk saudara.

Apa yang kita dengar, dicatat oleh Tuhan. Sebab siapa meremehkan Firman, dia akan menanggung akibatnya.
Amsal 13:13
13:13 Siapa meremehkan firman, ia akan menanggung akibatnya, tetapi siapa taat kepada perintah, akan menerima balasan.

Inilah tujuan pengajaran, agar kita menerima kekudusan bersama dengan Tuhan.

2.      Menyatakan kesalahan
II Timotius 3:16
3:16 Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran.

Saudara siap ditunjuk kesalahan saudara? Itu manfaat dari kitab yang diilhami Allah. Berarti kalau kita ditunjuk kesalahan kita, bagi hidup itu Tuhan punya rencana untuk memulihkan dia. Tetapi kalau kesalahan kita ditunjuk dan kita tidak siap menerima berarti kita menolak pemulihan dari Tuhan. Ini jangan terjadi bagi diriku dan bagi diri bapak ibu kekasih dalam Tuhan.
Ratapan 2:14
2:14 Nabi-nabimu melihat bagimu penglihatan yang dusta dan hampa. Mereka tidak menyatakan kesalahanmu, guna memulihkan engkau kembali. Mereka mengeluarkan bagimu ramalan-ramalan yang dusta dan menyesatkan.

Jadi kesalahan dinyatakan demi pemulihan. Kalau ditunjuk kesalahanku lewat hamba Tuhan lain, berarti Tuhan mau memulihkan saya. Tetapi jika ditunjuk kesalahan kemudian kita menolak berarti menolak pemulihan Tuhan pada diri kita. Sekali lagi, hal itu jangan terjadi. Justru Alkitab mengajar kita supaya berdoa “Tuhan pulihkan kami”. Sampai tiga ayat dalam satu pasal sama bunyinya.
Mazmur 80:4
80:4 Ya Allah, pulihkanlah kami, buatlah wajah-Mu bersinar, maka kami akan selamat.

Di mana kita menerima sinar wajah Tuhan? Tuhan menyinarkan wajahNya lewat ajaran. Jadi kalau mau wajah Tuhan bersinar dan kita dipulihkan harus lewat ajaran.

Mazmur 80:8,20
80:8 Ya Allah semesta alam, pulihkanlah kami, buatlah wajah-Mu bersinar, maka kami akan selamat.
80:20 Ya TUHAN, Allah semesta alam, pulihkanlah kami, buatlah wajah-Mu bersinar, maka kami akan selamat.

Bagaimana mau selamat tetapi tidak mau dipulihkan. Yang banyak didengungkan di dalam gereja hanya pemulihan liturgi. Hari ini menyanyi loncat-loncat, bulan depan menyanyi tiarap-tiarap, kemudian tahun depan menyanyi dengan bendera hitam, bulan depan bendera putih, berikutnya warna-warni. Itu hanya liturgi, bukan pemulihan yang mendasar dalam gereja. Pemulihan itu yang harus kita minta dari Tuhan dan pemulihan itu yang membentuk karakter kita.

Di Israel sekarang mulai terasa pemulihan, benar kedatangan Tuhan sudah dekat. Sedikit hari lagi Tuhan akan tutup pintu kemurahan bagi kita bangsa kafir dan Tuhan kembali ke Israel. Karena sekarang banyak petinggi di Israel menulis buku tentang Yesus.

Hosea 14:5
14:5 Aku akan memulihkan mereka dari penyelewengan, Aku akan mengasihi mereka dengan sukarela, sebab murka-Ku telah surut dari pada mereka.

Sebenarnya kita harus berterima kasih kepada Tuhan karena memulihkan kita dari penyelewengan. Berarti kalau tidak terjadi pemulihan maka murka Allah akan berjalan. Ada 21 murka di dalam kitab Wahyu. Jika kita tidak mengalami pemulihan berarti murka Allah ada di atas kita. Inilah gunanya kitab yang diilhami oleh Allah, tulisan yang diilhami oleh Tuhan berfaedah menyatakan yang salah. Supaya apa? Jangan kita dimurkai oleh Tuhan.

Hosea 14:6
14:6 Aku akan seperti embun bagi Israel, maka ia akan berbunga seperti bunga bakung dan akan menjulurkan akar-akarnya seperti pohon hawar.

Kalau sudah seperti embun, Mazmur mengatakan status gereja Tuhan sudah dalam kondisi rohani remaja.
Mazmur 110:3
110:3 Pada hari tentaramu bangsamu merelakan diri untuk maju dengan berhiaskan kekudusan; dari kandungan fajar tampil bagimu keremajaanmu seperti embun.
Dikatakan kekasih itu bagaikan bunga bakung di antara duri-duri, tidak hanya remaja, tetapi ini gereja Tuhan yang sudah siap. Itu sebabnya perlu pemulihan.
Kidung Agung 2:1-2
2:1 Bunga mawar dari Saron aku, bunga bakung di lembah-lembah.
2:2 -- Seperti bunga bakung di antara duri-duri, demikianlah manisku di antara gadis-gadis.

Dalam Yehezkiel pasal 16, Tuhan lewat dan mengatakan pada bayi itu, “engkau harus hidup!”.
Yehezkiel 16:6
16:6 Maka Aku lalu dari situ dan Kulihat engkau menendang-nendang dengan kakimu sambil berlumuran darah dan Aku berkata kepadamu dalam keadaan berlumuran darah itu: Engkau harus hidup

Selanjutanya Tuhan lewat lagi dan melihat bayi wanita ini sudah bertumbuh, sudah dewasa.
Yehezkiel 16:8
16:8 Maka Aku lalu dari situ dan Aku melihat engkau, sungguh, engkau sudah sampai pada masa cinta berahi. Aku menghamparkan kain-Ku kepadamu dan menutupi auratmu. Dengan sumpah Aku mengadakan perjanjian dengan engkau, demikianlah firman Tuhan ALLAH, dan dengan itu engkau Aku punya.

Dikatakan rambunya mulai memanjang dan buah dadanya mulai montok. Rambut tumbuh berarti gereja sudah ada penundukan kepada Yesus, ada penundukan kepada Mempelai Laki-laki Sorga. Mulai tumbuh buah dadanya, berarti sudah siap memberi, bukan hanya menerima.

Kasihan kalau tidak ada pemulihan, bagaimana gereja kalau tidak ada pemulihan, dapatkah dikatakan dia bunga bakung? Sekalipun kita ada di antara duri-duri, tetapi kalau kita seperti bunga bakung maka Tuhan katakan “engkau manisKu, kekasihKu”.

Hosea 14:6
14:6 Aku akan seperti embun bagi Israel, maka ia akan berbunga seperti bunga bakung dan akan menjulurkan akar-akarnya seperti pohon hawar.

Pohon hawar adalah jenis pohon yang cepat tumbuh. Akarnya cepat sekali masuk ke dalam tanah mencari butir-butir air. Biarpun kemarau, dia tidak bisa diterjang kekeringan karena akarnya cepat masuk ke dalam tanah mencari butir-butir air. Ini menunjukkan kehidupan yang teguh kepada pengajaran. Tidak gampang layu, tidak gampang goncang, tidak gampang tumbang dan kuat dalam doa penyembahan.

Salah satu pohon yang dipakai oleh Yakub untuk merebut ternak dari Laban adalah pohon hawar. Pohon hawar, pohon badam dan pohon berangan dikupas kulitnya. Ketika kambing domba berkelamin, maka Yakub menaruh dahan-dahan itu di tempat minumnya. Sehingga anaknya lahir loreng-loreng dan itu bagian Yakub. Artinya kalau sudah menyentuh pohon hawar berarti sah Tuhan yang punyanya, seperti dulu Yakub yang punya. Kalau kehidupan saudara mau dipulihkan maka saudara akan melihat sesungguhnya saudara adalah sah miliknya Tuhan, tidak bisa diganggu gugat oleh siapapun. Jika saudara adalah punyanya Tuhan maka tidak ada satu tangan setan yang bisa merampas saudara.

Hosea 14:7
14:7 Ranting-rantingnya akan merambak, semaraknya akan seperti pohon zaitun dan berbau harum seperti yang di Libanon.

Rantingnya merambak berarti tidak puntung. Semaraknya seperti pohon Zaitun, Zaituun itu menunjuk roh perdamaian. Ketika Tuhan menenggelamkan bumi zaman Nuh, Nuh melepas burung gagak dan burung gagak tidak pulang. Ketika Nuh melepaskan burung merpati pertama dia pulang tetapi kosong. Lalu dilepaskan burung merpati kedua dan dia kembali dengan membawa daun pohon zaitun. Artinya Tuhan berdamai dengan manusia.

Kalau kita sudah dipulihkan buktikan bahwa di dalam nikah dan di dalam berjemaat ada roh perdamaian. Kenapa ada perdamaian? Karena ada minyak zaitun, sehingga semua terang, tidak ada lagi gelap sebab ada cahaya. Cahaya itulah ajaran Tuhan.
Amsal 6:23
6:23 Karena perintah itu pelita, dan ajaran itu cahaya, dan teguran yang mendidik itu jalan kehidupan,

Kita butuh cahaya. Cahaya itu ajaran Firman Tuhan. Kalau gereja tidak punya ajaran kita gelap! Jemaat Kristus Gembala, jangan tolak Firman Tuhan sebab anda sedang dipulihkan oleh Tuhan.

Hosea 14:5
14:5 Aku akan memulihkan mereka dari penyelewengan, Aku akan mengasihi mereka dengan sukarela, sebab murka-Ku telah surut dari pada mereka.

Pemulihan itu karena sukarelanya Tuhan. Bukan untuk menyusahkan saudara, tidak! Itu kerelaan Tuhan untuk memulihkan saudara supaya Dia merangkul saudara, supaya kalian menikmati hangatnya pelukan kasih sayang Tuhan, supaya duduk bersanding dengan Yesus. Tidak hanya sekedar menjadi Kristen tetapi tidak bertobat.

Jangan kurang hati mendengar Firman Tuhan malam ini. Saya menyampaikan Firman karena mengasihi saudara. Kalau saya mengatakan mengasihi saudara, ada Yesus yang lebih lagi mengasihi saudara.


Tuhan Memberkati.



GPT “Kristus Penebus”
Jl. Langgadopi No.4 Tentena
Kec. Pamona Puselemba, Kab. Poso, 94663
HP: 085241270477
JADWAL IBADAH
Rabu   :          Ibadah Pendalaman Alkitab dan
Perjamuan Suci → Pk. 17.00
Sabtu    :         Ibadah Doa Penyembahan → Pk. 16.30
Minggu :         Ibadah Sekolah Minggu → Pk. 07.30
            Ibadah Raya → Pk. 09.00
            Ibadah Kaum Muda Remaja → Pk. 16.00
 



















Tidak ada komentar:

Posting Komentar