20181210

Kebaktian Natal Tentena, Senin 10 Desember 2018 Pdt. Bernard Legontu


Salam sejahtera di dalam kasih Tuhan Yesus Kristus.

Yohanes 5:39-40,46-47
5:39 Kamu menyelidiki Kitab-kitab Suci, sebab kamu menyangka bahwa oleh-Nya kamu mempunyai hidup yang kekal, tetapi walaupun Kitab-kitab Suci itu memberi kesaksian tentang Aku,
5:40 namun kamu tidak mau datang kepada-Ku untuk memperoleh hidup itu.
5:46 Sebab jikalau kamu percaya kepada Musa, tentu kamu akan percaya juga kepada-Ku, sebab ia telah menulis tentang Aku.
5:47 Tetapi jikalau kamu tidak percaya akan apa yang ditulisnya, bagaimanakah kamu akan percaya akan apa yang Kukatakan?"

Kita fokus mendengar Firman Tuhan. Jika kita tidak mau mendengarkan Firman Tuhan dalam penggembalaan atau orang yang selama ini tidak mau tahu tentang Yesus, walaupun sudah dalam kubur, satu saat mereka akan mendengar suara Yesus.
Yohanes 5:28
5:28 Janganlah kamu heran akan hal itu, sebab saatnya akan tiba, bahwa semua orang yang di dalam kuburan akan mendengar suara-Nya,

Sebagian dibangkitkan untuk hidup kekal, sebagian masuk neraka yang kekal. Yang suka mendengar Firman dan memberi diri untuk dibersihkan oleh kuasa Firman, dia jelas akan bersama Yesus. Yang suka mendengarkan Firman dan mendengar suara penggembalaan, toh juga terbagi dua. Pada waktu Yesus menyampaikan bahwa Dia adalah gembala yang baik yang menyerahkan nyawaNya, maka yang mendengar terbagi dua.
Yohanes 10:19-20
10:19 Maka timbullah pula pertentangan di antara orang-orang Yahudi karena perkataan itu. Banyak di antara mereka berkata:
10:20 "Ia kerasukan setan dan gila; mengapa kamu mendengarkan Dia?"
10:21 Yang lain berkata: "Itu bukan perkataan orang yang kerasukan setan; dapatkah setan memelekkan mata orang-orang buta?"

Ini jangan sampai terjadi di kalangan kita. Hal ini terjadi justru di kalangan orang Yahudi. Sebagian mengatakan “Ia kerasukan setan dan gila”. Bayangkan Firman pengajaran yang benar justru dituduh suara orang gila. Tidak beda hari-hari terakhir ini, justru yang benar dibilangi palsu. Kemudian ada sebagian berkata “mana mungkin dia orang gila, dia mencelikkan mata orang buta”. Jadi sebenarnya poin utama dari penggembalaan adalah mencelikkan mata orang buta. Lewat apa? Alkitab mengatakan jika Firman tersingkap maka teranglah mata. Jangan sampai ada mengkondisikan diri pada posisi orang yang mengatakan Yesus gila dan kerasukan setan. Padahal Dia tampil sebagai Gembala yang baik.

Kesaksian kitab suci yang kita baca dalam Perjanjian Lama bentuknya nubuatan. Kesaksian kitab suci tentang pribadi Yesus di dalam Perjanjian Baru, itu wujudnya.

Saya ingin menyampaikan kepada kita, ketika terjadi fellowship dua ibu hamil yaitu Elizabet dan Maria, Elizabet lebih dahulu mengandung 6 bulan. Mereka jumpa di salah satu desa di Yehuda. Apa yang terjadi? Begitu Maria memberi salam maka bayi di dalam kandungann Elizabet melonjak kegirangan mendengar suara ibu yang mengandung Yesus. Kemudian ketika Yohanes ada di dalam medan pelayanan, dia gembira dan bersukacita mendengar suara Mempelai Laki-laki Sorga dan sukacitanya penuh. Kenapa orang Kristen tidak suka dengar Firman! Apa penyebabnya? Kenapa justru mendengar suara mempelai malah berkata “itu bukan untuk kita, itu untuk lain orang”.

Lukas 1:44
1:44 Sebab sesungguhnya, ketika salammu sampai kepada telingaku, anak yang di dalam rahimku melonjak kegirangan.

Ini suara Maria yang di dalam kandungannya ada Yesus.

Yohanes 3:29
3:29 Yang empunya mempelai perempuan, ialah mempelai laki-laki; tetapi sahabat mempelai laki-laki, yang berdiri dekat dia dan yang mendengarkannya, sangat bersukacita mendengar suara mempelai laki-laki itu. Itulah sukacitaku, dan sekarang sukacitaku itu penuh.

Siapa yang mempunyai mempelai wanita? Itulah Yesus yang berapa ribu tahun yang lampau ada di dalam kandungan Maria. Yohanes saat itu juga masih ada dalam kandungan dan dia girang mendengar suara Maria yang saat itu mengandung Yesus. Yohanes Pembaptis adalah sahabat dari Mempelai Laki-laki Sorga. Yesuslah Mempelai Laki-laki Sorga. Mendengar suara Mempelai justru sukacita penuh. Orang Kristen yang sudah jelas dipertunangkan dengan Yesus, bukan hanya sahabat, tetapi orang Kristen malah merasa aneh mendengar tentang Mempelai. Itu karena pikirannya najis, dia pikir pernikahan jasmani.

Ini penyebabnya, kehidupan seperti itu akhirnya akan ada pada golongan yang mencap tidak benar tentang Yesus, tidak benar tentang Mempelai Laki-laki Sorga. Ini tergambar di permukaan kehidupan orang Kristen. Kenapa? Sebab tidak dibukakan rahasia Firman di dalam gereja. Ini bahaya sekali, padahal kita menanti kedatangan Yesus sebagai Mempelai Laki-laki Sorga.
Matius 25:6
25:6 Waktu tengah malam terdengarlah suara orang berseru: Mempelai datang! Songsonglah dia!

Umat Tuhan yang siap, dia berhak duduk bersanding dengan Dia. Itu sebabnya kita harus memforsir untuk menyampaikan Firman tentang kedatangan Mempelai Laki-laki Sorga. Bukan hanya sampai berbicara tentang 2000 tahun lalu ketika Yesus lahir di dunia lalu dibuat tonel atau tablo. Kasihan gereja seperti ini tidak siap. Jika gereja tidak siap menyambut Yesus, berarti siap bertemu antikristus, siap matanya dicungkil, siap perutnya dibelah, siap untuk dikuliti, siap untuk dirampas rumahnya, mobilnya, perusahaannya dan pekerjaannya. Jika tidak siap menyambut kedatangtan Yesus berarti siap untuk hal-hal seperti itu. Ini jangan terjadi. Makanya selalu saya kumandangkan supaya kita siap. Bagaimana caranya? Lewat penggembalaan, lewat pelayanan yang benar.

Kesaksian kitab suci pada Perjanjian Lama, dalam bentuk nubuatan.
Yesaya 7:14
7:14 Sebab itu Tuhan sendirilah yang akan memberikan kepadamu suatu pertanda: Sesungguhnya, seorang perempuan muda mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, dan ia akan menamakan Dia Imanuel.

Sementara nubuatan datangnya Imanuel ini, itu terjadi ketika orang Israel sedang dijajah oleh Asyur. Kemudian Tuhan mengatakan “Aku akan memanggil lalat dari sungai Nil dan akan menempati lembah di mana kamu berdiam”. Tuhan mengatakan Imanuel, tetapi kenapa Tuhan harus memanggil lalat? Berarti kalau bermain-main dengan Imanuel, kita akan disergap oleh lalat. Bakteri, virus, kuman dan penyakit sampar akan melanda umat Tuhan, akan melanda dunia. Akan terjadi penyakit sampar ketika meterai keempat dibuka.
Wahyu 6:8
6:8 Dan aku melihat: sesungguhnya, ada seekor kuda hijau kuning dan orang yang menungganginya bernama Maut dan kerajaan maut mengikutinya. Dan kepada mereka diberikan kuasa atas seperempat dari bumi untuk membunuh dengan pedang, dan dengan kelaparan dan sampar, dan dengan binatang-binatang buas yang di bumi.

Dunia akan dilanda belasampar, kelaparan, peperangan dan binatang buas akan melalap manusia. Tuhan akan bersiul memanggil lalat jika kita tidak menghargai Imanuel. Kalau mengatakan menghargai Imanuel, tunjukkan dan buktikan! Setelah ucapan Yesus tentang Imanuel, terjadi perpisahan, Yesus naik ke sorga. Apa yang Dia titip? Beritakanlah Injil ke seluruh dunia, jadikanlah semua bangsa muridKu, baptislah mereka. Kemudian ayat selanjutnya bicara tentang Imanuel. Ini jangan kita entengkan kalau tidak akan datang bela sampar, peperangan dan kelaparan.
Matius 28:20
28:20 dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman."

Dikunci dengan perkataan yang nafasnya Imanuel yaitu “Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman”. Siapa yang disertai? Orang yang menerima pengajaran dari Yesus. Makanya ajarkanlah mereka seperti yang Yesus perintahkan. Jangan ajarkan yang tidak Yesus perintahkan. Di mana kita dapatkan ajaran? Di dalam penggembalaan. Makanya umat Tuhan yang telah dimenangkan oleh injil, yaitu dari gelap kepada terang, jangan tetap tinggal pada penginjilan terus, harus ditingkatkan pada Firman pengajaran. Karena kami melihat hanya penginjilan-penginjilan terus maka kami hadir membawa pengajaran karena itu yang diminta oleh Tuhan. Yang masih tetap di dalam Firman penginjilan saja, berarti dia tinggal di daerah halaman, itu dasar. Yang ada di halaman nantinya akan diserahkan kepada antikristus.

Saya harus menyerukan ini karena kedatangan Tuhan sudah dekat. Kasihan kita kalau begitu-begitu terus dan tidak ada perubahan. Tidak mengerti siapa Yesus. Setelah Dia mendengar Yesus sebagai Mempelai Laki-laki malah merasa risih. Kasihan orang seperti itu!

Pengajaran itu ada di dalam penggembalaan. Di mana-mana ada penggembalaan seharusnya tampil Firman pengajaran. Firman pengajaran ini justru demi keselamatan kita di depan supaya kita luput dari 3,5 tahun aniaya antikristus. Firman pengajaran itu disebut besar dan mulia.
Yesaya 42:21
42:21 TUHAN telah berkenan demi penyelamatan-Nya untuk memberi pengajaran-Nya yang besar dan mulia;

Mengapa disebut besar? Karena mengangkat rahasia Tuhan yang besar yaitu rahasia nikah Kristus dan gerejaNya.
Efesus 5:32
5:32 Rahasia ini besar, tetapi yang aku maksudkan ialah hubungan Kristus dan jemaat.

Di mana nilainya pengajaran itu besar? Jika pengajaran itu menampilkan Yesus sebagai Mempelai Laki-laki Sorga dan gereja sebagai Mempelai WanitaNya. Itulah pengajaran besar! Mengapa disebut mulia? Siapa yang lebih mulia, yang datang pada pesta nikah atau yang duduk bersanding di kursi mempelai. Yang lebih mulia adalah yang duduk bersanding. Itulah tujuan kita secara rohani.
Wahyu 19:9
19:9 Lalu ia berkata kepadaku: "Tuliskanlah: Berbahagialah mereka yang diundang ke perjamuan kawin Anak Domba." Katanya lagi kepadaku: "Perkataan ini adalah benar, perkataan-perkataan dari Allah."

Pengajaran yang besar dan mulia ini harus ada pada kami hamba-hamba Tuhan. Makanya II Timotius mengatakan bahwa gembala itu harus cakap mengajar. Berarti dia harus mengerti apa itu pengajaran dari Kejadian sampai Wahyu, bukan Ilmiah! Kalau Ilmiah itu dunia. Tetapi rahasia Firman dari Kejadian sampai Wahyu, dia harus cakap mengajar kepada jemaat. Syarat gembala salah satunya adalah cakap mengajar.
I Timotius 3:2
3:2 Karena itu penilik jemaat haruslah seorang yang tak bercacat, suami dari satu isteri, dapat menahan diri, bijaksana, sopan, suka memberi tumpangan, cakap mengajar orang,

Tidak bercacat dalam terjemahan aslinya adalah anepilemtos, artinya tidak ada yang dapat dituduhkan kepadanya dalam soal uang dan dalam soal nikah. Suami dari satu isteri berarti gembala itu seorang laki-laki. Ini syarat dari sorga! Siapa yang berani mengatakan ini syarat dari manusia berarti dia melawan sorga.

Saya harus menyampaikan Firman dengan terus terang karena kita sudah dekat ketemu Yesus. Jangan sampai bapak ibu pergi beribadah tetapi tidak siap karena salah dalam ibadah. Kenapa ditekankan suami? Karena:
Yesaya 3:12
3:12 Adapun umat-Ku, penguasa mereka ialah anak-anak, dan perempuan-perempuan memerintah atasnya. Hai umat-Ku, pemimpin-pemimpinmu adalah penyesat, dan jalan yang kamu tempuh mereka kacaukan!

Yesaya 3:12 (Terjemahan Lama)
3:12 Bahwa pengerah umat-Ku itu anak-anak jua adanya dan orang perempuan merajalela atasnya. Hai segala umat-Ku! kamu disesatkan oleh pemimpinmu, dan jalan yang patut kamu jalani itu dibongkarnya.

Saya harus berterus terang apapun resikonya untuk menolong bapak ibu sekalian agar jangan bertemu antikristus. Hari-hari terakhir ini justru hal ini yang merajalela, karena apa? Karena kepentingan yang duniawi, bukan lagi untuk kepentingan yang rohani. Tujuan saya menggembalakan adalah untuk kepentingan yang rohani supaya umat Tuhan yang Tuhan percayakan saya gembalakan, berhasil dipersembahkan kepada Yesus Mempelai Laki-laki Sorga.
Roma 15:16
15:16 yaitu bahwa aku boleh menjadi pelayan Kristus Yesus bagi bangsa-bangsa bukan Yahudi dalam pelayanan pemberitaan Injil Allah, supaya bangsa-bangsa bukan Yahudi dapat diterima oleh Allah sebagai persembahan yang berkenan kepada-Nya, yang disucikan oleh Roh Kudus.

Saya harus terus terang, sebab nasihat ketiga dari tujuh nasihat Yesus yang terakhir adalah jangan menutup-nutup Firman.
Wahyu 22:10
22:10 Lalu ia berkata kepadaku: "Jangan memeteraikan perkataan-perkataan nubuat dari kitab ini, sebab waktunya sudah dekat.

Saya tidak salah malam ini, karena saya sudah buka, saya tidak sembunyi. Kalau saya sembunyi saya dijewer Tuhan. Ini nasihat ketiga dari tujuh nasihat Tuhan yang terakhir. Setelah nasihat yang ketujuh maka Yesus berkata “Aku datang segera” dan umat Tuhan berkata “Amin, datanglah Tuhan Yesus”. Berarti gereja sudah siap sebab telah dibenahi oleh Firman pengajaran, Roh Kudus dan kasih Allah. Itu kita alami di dalam penggembalaan.

Imanuel ini hubungannya dengan menyertai dan mengawal pengajaran. Jadi pengajaran itu dikawal oleh Tuhan Yesus. Saya menyampaikan Firman pengajaran, saya tahu saya dikawal oleh Tuhan Yesus. Kalau kita ada di dalam Firman pengajaran, Imanuel mendampingin kita, Dia kawal kita. Dulu bangsa Israel jelas dikawal oleh Tuhan.
Ulangan 11:11-12
11:11 Tetapi negeri, ke mana kamu pergi untuk mendudukinya, ialah negeri yang bergunung-gunung dan berlembah-lembah, yang mendapat air sebanyak hujan yang turun dari langit;
11:12 suatu negeri yang dipelihara oleh TUHAN, Allahmu: mata TUHAN, Allahmu, tetap mengawasinya dari awal sampai akhir tahun.

Bergunung-gunung dan berlembah-lembah, itulah negeri Kanaan. Dan itu juga gambaran rohani kita yang kadang di gunung, sebentar lagi di lembah, tetapi kita mendapat berkat turunnya hujan pengajaran di dalam gereja. Hubungannya dengan gunung, lembah dan ada hujan turun, di sana Tuhan mengawal. Jangan takut hamba Tuhan, jika benar anda memberitakan kabar ini, Tuhan mengawal saudara. Saya harus berterus terang menyampaikan Firman Tuhan, supaya kita tertolong, sebab di depan ini ada bencana besar.

Jika pengajaran itu ada bersama dengan saudara maka Imanuel ada beserta kita. Jangan sampai hanya menyanyi Imanuel tetapi mana faktanya. Seringkali pengajaran malah ditepis. Dalam Yesaya dikatakan Firman pengajaran itu dinista.
Yesaya 5:24
5:24 Sebab itu seperti lidah api memakan jerami, dan seperti rumput kering habis lenyap dalam nyala api, demikian akar-akar mereka akan menjadi busuk, dan kuntumnya akan beterbangan seperti abu, oleh karena mereka telah menolak pengajaran TUHAN semesta alam dan menista firman Yang Mahakudus, Allah Israel.

Yeremia 23:17
23:17 mereka selalu berkata kepada orang-orang yang menista firman TUHAN: Kamu akan selamat! dan kepada setiap orang yang mengikuti kedegilan hatinya mereka berkata: Malapetaka tidak akan menimpa kamu!"

Jangan katakan Firman itu beban, aibmu nanti kekal, dosamu kekal!

Sekarang kita melihat bagaimana nubuatan para nabi ini, sekarang kita ada pada wujudnya.
Lukas 1:39-44
1:39 Beberapa waktu kemudian berangkatlah Maria dan langsung berjalan ke pegunungan menuju sebuah kota di Yehuda.
1:40 Di situ ia masuk ke rumah Zakharia dan memberi salam kepada Elisabet.
1:41 Dan ketika Elisabet mendengar salam Maria, melonjaklah anak yang di dalam rahimnya dan Elisabet pun penuh dengan Roh Kudus,
1:42 lalu berseru dengan suara nyaring: "Diberkatilah engkau di antara semua perempuan dan diberkatilah buah rahimmu.

Maria tiga kali menikmati kata berbahagia yaitu dari Gabriel, Elizabet dan dari dirinya sendiri.

Lukas 1:28,48
1:28 Ketika malaikat itu masuk ke rumah Maria, ia berkata: "Salam, hai engkau yang dikaruniai, Tuhan menyertai engkau."
1:48 sebab Ia telah memperhatikan kerendahan hamba-Nya. Sesungguhnya, mulai dari sekarang segala keturunan akan menyebut aku berbahagia,

Lukas 1:43-44
1:43 Siapakah aku ini sampai ibu Tuhanku datang mengunjungi aku?
1:44 Sebab sesungguhnya, ketika salammu sampai kepada telingaku, anak yang di dalam rahimku melonjak kegirangan.

Mengapa melonjak kegirangan? Karena ada bayi Yesus dalam kandungan Maria. Siapa Yesus? Ini pemberian sorga untuk menggenapi apa yang ditulis oleh gulungan-gulungan kitab itu. Yesus datang, Dia tubuh untuk jadi korban. Ada 2 bahasa tubuh di dalam Alkitab, tubuh Kristus disebut Soma tetapi tubuh Yesus disebut Salx, itu tubuh yang akan dikorbankan. Yohanes melihat ini tubuh yang akan dikorbankan. Dia berbahagia karena ada orang yang rela dikorbankan untuk kita. Sebenarnya kita berbahagia sebab ada tubuh yang akan dikorbankan.
Ibrani 10:5
10:5 Karena itu ketika Ia masuk ke dunia, Ia berkata: "Korban dan persembahan tidak Engkau kehendaki -- tetapi Engkau telah menyediakan tubuh bagiku --.

Tidak perlu lagi lembu, kambing, domba, burung tekukur dan burung merpati.

Ibrani 10:6-7
10:6 Kepada korban bakaran dan korban penghapus dosa Engkau tidak berkenan.
10:7 Lalu Aku berkata: Sungguh, Aku datang; dalam gulungan kitab ada tertulis tentang Aku untuk melakukan kehendak-Mu, ya Allah-Ku."

Ketika Dia bicara tentang penggembalaan, Dia cerita bahwa Dia menyerahkan nyawaNya, bukan diambil orang namun Dia yang menyerahkan dan Dia berhak mengambil kembali. Oleh karena perkataan ini Dia disebut gila dan kerasukan setan.

Yohanes girang mendengar suara Yesus. Seharusnya kita lebih girang karena kitalah orang yang ditebus oleh pengorbanan tubuh ini. Oleh karena pengorbanan tubuh Yesus maka kita ada peluang untuk ke sorga, ada peluang untuk menerima janji-janji Tuhan, lebih lagi kita melihat jalan terbuka untuk menjadi Mempelai Wanita Tuhan.

Yohanes girang mendengar bahasa Yesus. Yohanes ini nabi besar. Ada juga satu nabi girang mendengar suara Firman karena nama Tuhan dimeteraikan atas kehidupannya, itu nabi di Perjanjian Lama. Kenapa kita ini tidak girang. Andaikata tidak ada satu tubuh yang berkorban, tidak ada Yesus, pasti saya hancur. Tetapi oleh pengorbanan Yesus di Golgota maka saya selamat. Makanya saya bergirang. Berbahagia orang yang diampuni dosanya karena ada tubuh yang berkorban bagi kita.
Mazmur 32:1-2
32:1 Dari Daud. Nyanyian pengajaran. Berbahagialah orang yang diampuni pelanggarannya, yang dosanya ditutupi!
32:2 Berbahagialah manusia, yang kesalahannya tidak diperhitungkan TUHAN, dan yang tidak berjiwa penipu!

Sekarang bagaimana dengan kita setelah ditebus?
Yeremia 15:16
15:16 Apabila aku bertemu dengan perkataan-perkataan-Mu, maka aku menikmatinya; firman-Mu itu menjadi kegirangan bagiku, dan menjadi kesukaan hatiku, sebab nama-Mu telah diserukan atasku, ya TUHAN, Allah semesta alam.

Firman itu menjadi kegirangan berarti dia menikmati Firman. Kapan nama itu dimeterai atas kehidupan saudara? Ketika diserahkan, dibaptis dan ketika kita diberkati di dalam nikah. Tetapi nama itu harus jelas. Jangan hanya disebut Bapa karena iblis juga bapa. Bapa itu cuma julukan, bukan nama. Anak itu julukan, bukan nama. Roh Kudus bukan nama, namaNya Kristus. Nama Bapa itu Tuhan.
Keluaran 15:2-3
15:2 TUHAN itu kekuatanku dan mazmurku, Ia telah menjadi keselamatanku. Ia Allahku, kupuji Dia, Ia Allah bapaku, kuluhurkan Dia.
15:3 TUHAN itu pahlawan perang; TUHAN, itulah nama-Nya.

Jadi ketika saya memberkati “aku berkati engkau demi nama Bapa, Anak Laki-laki dan Roh Kudus yaitu Tuhan Yesus Kristus”. Begitu juga ketika membaptis “aku baptiskan engkau demi nama Bapa, Anak Laki-laki dan Roh Kudus yaitu Tuhan Yesus Kristus, mati sertaNya dan bangkit sertaNya”. Itu meterai nama, harus jelas. Itu dinikmati oleh Yeremia sehingga dia bersukacita.

Jadi kita ada meterai nama Tuhan Yesus Kristus. Jika kita menyandang nama ini maka kita akan menikmati pekerjaan penciptaan.
Yesaya 43:7
43:7 semua orang yang disebutkan dengan nama-Ku yang Kuciptakan untuk kemuliaan-Ku, yang Kubentuk dan yang juga Kujadikan!"

Apa pekerjaan penciptaan kita alami? Apakah ada perubahan perilaku, tindak tanduk sebagai suami bagaimana sekarang, isteri bagaimana sekarang, anak muda bagaimana sekarang, kalau ada nama ini maka akan ada penciptaan. Tidak bakal terjadi penciptaan jika saudara tetap suka minum minuman keras.
Amsal 31:6
31:6 Berikanlah minuman keras itu kepada orang yang akan binasa, dan anggur itu kepada yang susah hati.

Yang mengkonsumsi minuman keras sudah termetarai binasa. Kenapa kita beribadah malah menghambur bir dan minuman keras. Berarti ibadah itu hanya liturgi, hanya upacara. Upacara seperti itu berarti upacara untuk binasa! Tanggal 10 Desember 2018, ibadah kita ini direkam sorga, ada absen di sorga. Jangan esok lusa anda menyesal.

Yesaya 43:7
43:7 semua orang yang disebutkan dengan nama-Ku yang Kuciptakan untuk kemuliaan-Ku, yang Kubentuk dan yang juga Kujadikan!"

Ini bukti ada nama Tuhan, kita mengalami pekerjaan penciptaan baru. Jangan kita alergi dengan organisasi, organisasi tidak bisa menyelamatkan. Pengajaran yang dikawal oleh Tuhan itu yang menyelamatkan.

Pemazmur mengatakan “Firmanmu menjadi kegemaranku”.
Mazmur 119:92
119:92 Sekiranya Taurat-Mu tidak menjadi kegemaranku, maka aku telah binasa dalam sengsaraku.

Karena Firman itu menjadi kegemarannya maka dia luput dari kebinasaan. Semoga kita yang ada malam ini menyenangkan hati Tuhan.

Saya heran kalau beribadah hanya 5 menit atau 10 menit Firman, kalau sampai 30 menit jemaat sudah uring-uringan. Itu berarti bukan calon mempelai wanita Tuhan. Saya mau tanya ibu-ibu bapak-bapak yang dulu masih tunangan, bagaimana. Tuhan Yesus tunangan kita menyampaikan Firman waktu ibadah, tetapi kalau dibatasi tersinggung Yesus. Makanya kehidupan seperti itu tidak mengalami keubahan, yang merokok tetap merokok yang berjudi tetap berjudi, isterinya 2 tetap 2, tidak mengalami keubahan.

Kita bukan lagi menanti kedatangan Tuhan Yesus pada kali pertama tetapi menanti kedatanganNya pada kali yang kedua. Gereja yang siap berani berseru “amin datanglah Tuhan Yesus”. Ini yang dicari oleh Tuhan dalam kehidupan kita bersama.

Yesaya 7:18
7:18 Pada hari itu akan terjadi: TUHAN bersuit memanggil lalat yang ada di ujung anak-anak sungai Nil, dan memanggil lebah yang ada di tanah Asyur.

Kenapa Tuhan harus memanggil lebah? Kalau lebah dipanggil maka semua madu yang ada disedot sehingga kita kehilangan kemanisan. Kemudian Tuhan akan mengirim pisau cukur yaitu Asyur. Apa yang akan dia cukur? Bulu paha. Artinya Asyur akan merusak nikah kita. Kalau Imanuel tidak kita jadikan pengawal dalam diri kita dan hanya slogan dalam kata-kata tetapi tidak dibuktikan dalam pengajaran Firman, maka nanti akan terjadi nikah-nikah itu dihancurkan oleh Asyur, ini berbahaya.

Sebelumnya diancam Tuhan katakan “Aku akan memulihkan Sion”. Ancaman itu dihubungkan dengan Imanuel.
Yesaya 8:5-9
8:5 TUHAN melanjutkan lagi firman-Nya kepadaku:
8:6 "Oleh karena bangsa ini telah menolak air Syiloah yang mengalir lamban, dan telah tawar hati terhadap Rezin dan anak Remalya,
8:7 sebab itu, sesungguhnya, Tuhan akan membuat air sungai Efrat yang kuat dan besar, meluap-luap atas mereka, yaitu raja Asyur dengan segala kemuliaannya; air ini akan meluap melampaui segenap salurannya dan akan mengalir melampaui segenap tebingnya,
8:8 serta menerobos masuk ke Yehuda, ibarat banjir yang meluap-luap hingga sampai ke leher; dan sayap-sayapnya yang dikembangkan akan menutup seantero negerimu, ya Imanuel!"
8:9 Ketahuilah, hai bangsa-bangsa, dan terkejutlah, perhatikanlah, ya segala pelosok bumi, berikatpingganglah, dan terkejutlah; berikatpingganglah dan terkejutlah!

Kenapa Tuhan harus melakukan kejutan-kejutan seperti ini? Ini dulu terjadi, dan akan terjadi serta masih dihubungkan dengan Imanuel.

Yesaya 7:10-25 Perikop: Pemberitahuan tentang Imanuel

Yesaya 7:18-19
7:18 Pada hari itu akan terjadi: TUHAN bersuit memanggil lalat yang ada di ujung anak-anak sungai Nil, dan memanggil lebah yang ada di tanah Asyur.
7:19 Dan semuanya akan datang hinggap di lembah-lembah yang terjal dan di celah-celah bukit-bukit batu, di segala pagar duri dan di segala tanah penggembalaan.

Yesaya 8:10
8:10 Buatlah rancangan, tetapi akan gagal juga; ambillah keputusan, tetapi tidak terlaksana juga, sebab Allah menyertai kami!

Di sini ada janji Tuhan untuk menyertai. Kapan? Ketika mereka harus mengalami kejutan-kejutan. Pada umumnya orang Kristen kalau terjadi kejutan-kejutan, ramai masuk gereja, mau dengar Firman biarpun berjam-jam. Bayangkan orang israel 1/4 hari mereka berdiri mendengar Firman, 1/4 hari mereka berlutut mengaku dosa dan menyembah. Kalau kita sekarang malah berkata “lama sekali”. Jangan seperti itu, kita sama dengan tidak setuju mendengar bahasa Tuhan Yesus tunangan kita.

Nubuatan Tuhan akan terjadi pemulihan, tetapi Tuhan angkat dulu hamba Tuhan.
Yesaya 49:5
49:5 Maka sekarang firman TUHAN, yang membentuk aku sejak dari kandungan untuk menjadi hamba-Nya, untuk mengembalikan Yakub kepada-Nya, dan supaya Israel dikumpulkan kepada-Nya -- maka aku dipermuliakan di mata TUHAN, dan Allahku menjadi kekuatanku --, firman-Nya:

Yesaya dibentuk oleh Tuhan dari kandungan untuk mengembalikan Israel kepada Tuhan. Yohanes Pembaptis dibentuk Tuhan dari kandungan untuk menyiapkan anggota Tubuh Kristus, menyiapkan umat yang layak bagi Tuhan.

Yesaya 49:8-50:3 Perikop: Sion di pulihkan

Sion artinya puing-puing dan arti kedua diangkat. Sekalipun kita tinggal puing-puing dosa, Tuhan akan mengangkat kembali kita asalkan kita mau dipulihkan, dijamah, dibentuk, diciptakan kembali oleh Tuhan.

Yesaya 49:8
49:8 Beginilah firman TUHAN: "Pada waktu Aku berkenan, Aku akan menjawab engkau, dan pada hari Aku menyelamatkan, Aku akan menolong engkau; Aku telah membentuk dan memberi engkau, menjadi perjanjian bagi umat manusia, untuk membangunkan bumi kembali dan untuk membagi-bagikan tanah pusaka yang sudah sunyi sepi,

Ayat ini dikutip dalam:
Kisah Para Rasul 13:47
13:47 Sebab inilah yang diperintahkan kepada kami: Aku telah menentukan engkau menjadi terang bagi bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah, supaya engkau membawa keselamatan sampai ke ujung bumi."

Jadi hamba Tuhan yang akan dipakai oleh Tuhan untuk pemulihan pembangunan Tubuh Kristus, itu sudah Tuhan tentukan. Umat yang juga akan masuk dalam pembentukan Tubuh Kristus juga sudah Tuhan tentukan. Cirinya senang dengar Firman. Jika bapak, ibu, kekasih dalam Tuhan adalah orang senang dengar Firman, itu ciri Tuhan sudah menentukan saudara.
Kisah Para Rasul 13:48
13:48 Mendengar itu bergembiralah semua orang yang tidak mengenal Allah dan mereka memuliakan firman Tuhan; dan semua orang yang ditentukan Allah untuk hidup yang kekal, menjadi percaya.

Kalau saudara tidak suka dengar Firman, berarti Tuhan tidak mementukan saudara dan saudara akan keluar dan binasa. Kalau anda suka dengar Firman berarti anda ditentukan oleh Tuhan. Masakan kita lengket di tubuh Kristus kemudian tidak mau menikmati FirmanNya. Itu suatu kesalahan besar.

Untuk Sion dipulihkan, kita harus bermohon kepada Tuhan. Seorang yang rindu dipulihkan ada doa penyerahan diri kepada Tuhan.
Mazmur 80:4,8,20
80:4 Ya Allah, pulihkanlah kami, buatlah wajah-Mu bersinar, maka kami akan selamat.
80:8 Ya Allah semesta alam, pulihkanlah kami, buatlah wajah-Mu bersinar, maka kami akan selamat.
80:20 Ya TUHAN, Allah semesta alam, pulihkanlah kami, buatlah wajah-Mu bersinar, maka kami akan selamat.

Di mana kita temukan wajah Tuhan itu bersinar? Pasti ada tempatnya. Kapan kita menikmati wajah Tuhan bersinar? Pasti ada ayatnya. Di mana kita mendapatkan sinar wajah Tuhan? Lewat Firman pengajaran.

Mazmur 119:135
119:135 Sinarilah hamba-Mu dengan wajah-Mu, dan ajarkanlah ketetapan-ketetapan-Mu kepadaku.

Di situ hadir Imanuel, karena kita disinari Tuhan dengan wajahNya lewat ajaran Tuhan, karena kita mau diajar. Dalam gereja Tuhan sekarang, mana sinar wajah Tuhan, karena ajaran tidak ada? Gereja tidak ada didikan bagaimana berperilaku sebagai anggota keluarga Allah. Padahal itu harus diajarkan oleh Firman. Rasul Paulus berkata “jika aku lambat datang, kamu tahu bagaimana berperilaku sebagai anggota keluarga Allah?”. Itu karena sudah diajar dan selalu diajar.

Sinar wajah Tuhan bareng dengan ajaranNya. Makanya di dalam gereja, kadang kita pergi beribadah lebih banyak pujian dari pengajaran, itu terbalik! Padahal pujian dan pemberitaan Firman harus berjalan bersama.
Mazmur 149:6
149:6 Biarlah pujian pengagungan Allah ada dalam kerongkongan mereka, dan pedang bermata dua di tangan mereka,

Makanya banyak orang tidak suka Firman pengajaran dan lebih suka Firman penginjilan, sebab dia tidak tahu bahwa itu siasat iblis supaya dia masuk dalam 3,5 tahun aniaya antikristus. Untung kalau dia mampu bertahan dalam siksaan. Kalau tidak mampu nanti dia dicap 666 oleh antikristus. Kalau tidak mau dengar Firman, siaplah di tangan antikristus. Saya tidak mau itu terjadi, doaku supaya kita yang hadir ini terbuka mata kita, biarlah kita disinari oleh Firman pengajaran.

Dulu ini nubuatan pada perjanjian lama, kita sekarang ada pada perjanjian baru. Jelas Alkitab mengatakan Yesus adalah tubuh yang telah menyerahkan nyawa. Karena keseriusanNya maka Dia rela menyerahkan nyawa. Setelah menyerahkan nyawa maka Dia bangkit. Karena seriusnya mau mendapatkan Mempelai WanitaNya maka Dia mengawal Firman pengajaran yang dibawa oleh hamba Tuhan. Jadi Yesus yang sudah mati dan bangkit kembali itu, Dia kawal hamba Tuhan yang menyajikan Firman pengajaran. Dan ini bukti bahwa Yesus bekerja sama dengan hamba Tuhan.
I Korintus 3:9
3:9 Karena kami adalah kawan sekerja Allah; kamu adalah ladang Allah, bangunan Allah.

Yesus sudah berkorban, terima kasih Tuhan, Engkau sudah berkorban bagiku. Engkau rela mencari saya orang berdosa. Engkau mati di Golgota karena saya. Sekarang banyak orang Yahudi giat menulis dan mempelajari tentang Yesus. Mereka sudah banyak yang percaya, salah satu adalah teman sekolah Alkitab saya. Hati-hati, kalau Tuhan sudah kembali kepada orang Yahudi, kesempatan kepada kita bangsa kafir tertutup. Kita berada pada detik-detik terakhir pintu kemurahan bagi bangsa kafir. Tuhan sudah mau kembali kepada bangsaNya.

Jangan leha-leha, jangan kita dibodohi oleh iblis, jangan tepis pengajaran dan hanya suka penginjilan. Padahal Yesus ingin kita menikmati hangatnya pelukan kasih sayangnya Tuhan. Gereja Tuhan adalah belahan jiwa Tuhan. Biarlah kita mengatakan “Yesus Engkau belahan jiwaku” dan Yesus berkata “engkau belahan jiwaKu”. Sebabnya suami adalah belah jiwa isteri dan isteri adalah belahan jiwa suami.

Bahagia jika kita menikmati korban Kristus. Setelah Dia berkoban, Dia setia lagi menyertai hamba-hambaNya, Dia kawal pengajaran. Mengapa? Sebab ujung-ujungnya untuk mendapatkan Mempelai WanitaNya.
Titus 2:14
2:14 yang telah menyerahkan diri-Nya bagi kita untuk membebaskan kita dari segala kejahatan dan untuk menguduskan bagi diri-Nya suatu umat, kepunyaan-Nya sendiri, yang rajin berbuat baik.

KepunyaanNya sendiri, tidak dibagi. Dia tidak miliki saudara lalu Dia serahkan lagi kepada yang lain. Ini rencana Tuhan, niat suciNya mau menjadikan kita milik kepunyaanNya sendiri.

Kidung Agung 2:16
2:16 Kekasihku kepunyaanku, dan aku kepunyaan dia yang menggembalakan domba di tengah-tengah bunga bakung.

Jadi kekasihnya ada di dalam wilayah penggembalaan. Ini penggembalaan mempelai.

Kidung Agung 6:3
6:3 Aku kepunyaan kekasihku, dan kepunyaanku kekasihku, yang menggembalakan domba di tengah-tengah bunga bakung.

Ini keseriusan Tuhan. Dia rela mati buat kita dan bangkit lalu naik ke sorga demi kepentingan kita lagi.
Ibrani 9:24
9:24 Sebab Kristus bukan masuk ke dalam tempat kudus buatan tangan manusia yang hanya merupakan gambaran saja dari yang sebenarnya, tetapi ke dalam sorga sendiri untuk menghadap hadirat Allah guna kepentingan kita.

Inilah keseriusan Mempelai Laki-laki sorga untuk Mempelai WanitaNya. Begitu tampil Mempelai WanitaNya, Dia tampilkan di depan. Kalau dalam Wahyu pasal 12, Dia tampilkan di antara langit dan bumi. Jerih lelah Yesus akhirnya berhasil dan Dia banggakan, sehingga Dia taruh dibarisan depan.
Yesaya 40:10
40:10 Lihat, itu Tuhan ALLAH, Ia datang dengan kekuatan dan dengan tangan-Nya Ia berkuasa. Lihat, mereka yang menjadi upah jerih payah-Nya ada bersama-sama Dia, dan mereka yang diperoleh-Nya berjalan di hadapan-Nya.

Yesus mati dan bangkit, kemudian diberikan pengajaran, kita dikawa, Dia titip kita pada penggembalaan dan gembala itu tidak dibiarkan sendiri namun bekerja bersama Dia. Untuk apa? Supaya Yesus mendapatkan upah jerih payahNya. Kalau bapak ibu memahami jerih payah Tuhan, dari sorga Dia datang ke dunia lalu Dia rela mati bagi kita, bangkit, naik ke sorga dan Dia mengawal kita lagi.

Yesaya 40:11
40:11 Seperti seorang gembala Ia menggembalakan kawanan ternak-Nya dan menghimpunkannya dengan tangan-Nya; anak-anak domba dipangku-Nya, induk-induk domba dituntun-Nya dengan hati-hati.

Inilah cinta suami terhadap isteri. Ayat 11 ini gambaran suami terhadap isteri. Kami suami-suami di sini dengar, bagaimana sifatmu terhadap isteri. Apakah tiap pagi saudara bentak!

Yesaya 62:11
62:11 Sebab inilah yang telah diperdengarkan TUHAN sampai ke ujung bumi! Katakanlah kepada puteri Sion: Sesungguhnya, keselamatanmu datang; sesungguhnya, mereka yang menjadi upah jerih payah-Nya ada bersama-sama Dia dan mereka yang diperoleh-Nya berjalan di hadapan-Nya.

Sekarang ini apa yang Tuhan perdengarkan sudah sampai kepada kita.

Yesaya 62:12
62:12 Orang akan menyebutkan mereka "bangsa kudus", "orang-orang tebusan TUHAN", dan engkau akan disebutkan "yang dicari", "kota yang tidak ditinggalkan".

Orang yang tadi ada di dalam penggembalaan, sekarang kondisinya adalah bangsa yang kudus. Kenapa dikatakan kota yang tidak ditinggalkan? Karena mereka pernah ditinggalkan.

Yesaya 62:4-5
62:4 Engkau tidak akan disebut lagi "yang ditinggalkan suami", dan negerimu tidak akan disebut lagi "yang sunyi", tetapi engkau akan dinamai "yang berkenan kepada-Ku" dan negerimu "yang bersuami", sebab TUHAN telah berkenan kepadamu, dan negerimu akan bersuami.
62:5 Sebab seperti seorang muda belia menjadi suami seorang anak dara, demikianlah Dia yang membangun engkau akan menjadi suamimu, dan seperti girang hatinya seorang mempelai melihat pengantin perempuan, demikianlah Allahmu akan girang hati atasmu.

Kapan Tuhan girang? Dalam ibadah sekarang ini orang berkata aku puas dan girang saat ibadah, tetapi kapan Tuhan girang? Tuhan sedih terus karena gereja hanya dipolesi seperti diskotik/nigth club. Jika kita benar-benar dibenahi, hidup dikuduskan oleh kuasa cipta Tuhan maka Tuhan girang melihat kita. Saya tidak punya cara lain membuat Tuhan girang selain hidup dalam kekudusan. Jangan tinggal terus dalam keadaan letih, lelah, lesuh, lemah, mari kita membuat Tuhan girang melihat kita.

Tuhan Memberkati.



GPT “Kristus Penebus”
Jl. Langgadopi No.4 Tentena
Kec. Pamona Puselemba, Kab. Poso, 94663
HP: 085241270477
JADWAL IBADAH
Rabu   :          Ibadah Pendalaman Alkitab dan
Perjamuan Suci → Pk. 17.00
Sabtu    :         Ibadah Doa Penyembahan → Pk. 16.30
Minggu :         Ibadah Sekolah Minggu → Pk. 07.30
            Ibadah Raya → Pk. 09.00
            Ibadah Kaum Muda Remaja → Pk. 16.00
 



















Tidak ada komentar:

Posting Komentar