20151225

Kebaktian Natal di Tentena, Jumat 25 Desember 2015 Pdt. Bernard Legontu


Salam sejahtera di dalam kasih Tuhan Yesus Kristus.


Tema:
Matius 24:8
24:8 Akan tetapi semuanya itu barulah permulaan penderitaan menjelang zaman baru.

Di penghujung tahun, kita selalu diarahkan oleh pelayan-pelayan untuk kembali menoleh ke belakang melihat tentang kelahiran Tuhan Yesus. Tetapi jarang kita diarahkan untuk dipersiapkan bertemu dengan Tuhan Yesus Mempelai Pria Sorga yang akan datang. Kita banyak kali tidak menyadari bahwa sesungguhnya rencana Tuhan di dalam gereja Tuhan adalah untuk menyiapkan umat yang layak dari bangsa kafir untuk menjadi Mempelai WanitaNya.
Kisah Para Rasul 15:14
15:14 Simon telah menceriterakan, bahwa sejak semula Allah menunjukkan rahmat-Nya kepada bangsa-bangsa lain, yaitu dengan memilih suatu umat dari antara mereka bagi nama-Nya.

Hal itu jarang diberitakan, mungkin karena tidak mengerti padahal ada di dalam Alkitab atau tidak dibukakan rahasia Firman kepada pelayan tersebut. Kalau rahasia Firman tidak dibukakan kepada kita maka itu adalah bencana. Olehnya kami hamba Tuhan harus bergaul erat dengan Tuhan.
Mazmur 25:14
25:14 TUHAN bergaul karib dengan orang yang takut akan Dia, dan perjanjian-Nya diberitahukan-Nya kepada mereka.

Gereja Tuhan diperhadapkan dengan dua suasana. Suasana pertama zaman yang lama yang segera kita tinggalkan dan suasana kedua untuk masuk pada zaman yang baru berarti siap bertemu dengan Kristus Yesus untuk masuk dalam Kerajaan 1000 tahun damai. Berarti siap menyongsong Kristus Yesus dalam status Tubuh yakni Mempelai Wanita Tuhan. Sekarang gereja Tuhan dipertunangkan dengan Kristus Yesus.
II Korintus 11:2
11:2 Sebab aku cemburu kepada kamu dengan cemburu ilahi. Karena aku telah mempertunangkan kamu kepada satu laki-laki untuk membawa kamu sebagai perawan suci kepada Kristus.

Seringkali kita datang beribadah dan merasa sudah puas setelah beribadah, tetapi apakah Tuhan puas dengan ibadah yang kita gelar? Kapan dikatakan Tuhan itu gembira dan bergirang? Ketika Tuhan melihat Mempelai WanitaNya, Dia bergirang seperti seorang jejaka melihat calon isterinya.
Yesaya 62:5
62:5 Sebab seperti seorang muda belia menjadi suami seorang anak dara, demikianlah Dia yang membangun engkau akan menjadi suamimu, dan seperti girang hatinya seorang mempelai melihat pengantin perempuan, demikianlah Allahmu akan girang hati atasmu.

Demikian gereja Tuhan harus dikondisikan. Hamba Tuhan harus mengkondisikan gereja Tuhan untuk menjadi Mempelai Wanita Tuhan supaya jangan kandas di zaman akhir ini dan kena bencana akibatnya tidak masuk pada apa yang disebut zaman baru.

Zaman lama segera akan berakhir dan kita akan masuk pada zaman baru dan itu sudah terbentang di depan kita. Tetapi ada kendala yang paling berat yang akan dihadapi oleh gereja Tuhan untuk masuk pada zaman yang baru. Justru di detik-detik terakhir zaman yang lama, iblis bekerja keras sebab dia cemburu, dia tidak mau gereja Tuhan menjadi Mempelai Wanita untuk Kristus. Itu sebabnya iblis tampil dengan mesias-mesia palsu.
Matius 24:4-5
24:4 Jawab Yesus kepada mereka: "Waspadalah supaya jangan ada orang yang menyesatkan kamu!
24:5 Sebab banyak orang akan datang dengan memakai nama-Ku dan berkata: Akulah Mesias, dan mereka akan menyesatkan banyak orang.

Dikatakan dalam ayat 24 bahwa mesias palsu ini akan banyak muncul. Bagaimana kita membedakan mesias palsu dan Mesias yang benar? Jangan kita terjebak dan terperangkap dengan pelayanan Mesias palsu. Mesias palsu adalah gaya kerja iblis untuk menghadang gereja Tuhan jangan masuk pada zaman yang baru. Tuhan mengidam-idamkan gereja Tuhan masuk pada zaman yang baru dengan suatu kesiapan yang namanya kesiapan rohani yang matang. Tidak menjadi Kristen mepiaso atau bayi, tidak menjadi Kristen pihadiha atau kanak-kanak, tetapi yang Tuhan inginkan adalah Kristen teleyohi atau yang dewasa rohaninya. Ini yang Tuhan cari dan ini sistemnya sorga. Dia mau mengarahkan kita supaya kita mau luput dari bencana akhir zaman ini.

Ada dua hal yang akan terjadi di penghujung akhir zaman ini.
1.      Kegoncangan akan bergerak di rana kerohanian, itulah nabi palsu dan mesias-mesias palsu.
2.      Kegoncangan dunia yang makin terasa hari-hari terakhir ini yaitu deru perang, kabar perang,peperangan. Ini akan menggoncang di rana ekonomi, sosial dan politik.

Kalau kita bersama dengan Kristus,  mengerti selera Kristus dan membawa diri kita sesuai selera Kristus maka silahkan terjadi apa-apa di dunia ini, Tuhan Yesus adalah pelindung kita. Makanya bawa diri jadi Tubuh Kristus, Mempelai Wanita Tuhan. Bukan hanya sekedar slogan “Tubuh Kristus” tetapi Tubuh yang bagaimana? Yaitu istri Anak Domba Allah.
Wahyu 21:9
21:9 Maka datanglah seorang dari ketujuh malaikat yang memegang ketujuh cawan, yang penuh dengan ketujuh malapetaka terakhir itu, lalu ia berkata kepadaku, katanya: "Marilah ke sini, aku akan menunjukkan kepadamu pengantin perempuan, mempelai Anak Domba."

Dua hal di atas akan terjadi di penghujung akhir zaman untuk menjadi hambatan bagi kita masuk pada zaman yang baru. Tuhan ingin kita masuk pada zaman yang baru tetapi iblis tampil dengan lubang-lubang jebakan untuk menghadang. Hal ini harus kita pahami, dari belakang mimbar ini harus selalu diberitakan. Hamba Tuhan harus jeli melihat apa yang sedang terjadi.

Perbedaan Firman pengajaran dan Firman penginjilan itu sangat jelas tetapi saling berkaitan. Firman penginjilan menyampaikan injil kepada orang yang masih dalam gelap untuk dibawa kepada terang Kristus/ kerajaan Allah. Suasananya sukacita sebab disertai dengan mujizat-mujizat. Ketika orang lumpuh, tipang, buta dan sebagainya disembuhkan maka bukan hanya yang disembuhkan itu yang bersukacita tetapi semua orang yang datang pasti bersukacita. Tetapi jangan Firman Penginjilan, kita harus tingkatkan pada Firman pengajaran.

Suasana Firman pengajaran itu kontradiksi dengan Firman penginjilan. Makanya orang tidak suka dengan Firman pengajaran. Tetapi mereka mau disebut “Tubuh Kristus”. Bagaimana bisa menjadi Tubuh Kristus kalau menolak Firman pengajaran. Firman pengajaran itu suasananya dukacita,
Ibrani 12:11 (Terjemahan lama)
12:11 Memang tiap-tiap ganjaran pada waktu ia diberikan tidak mendatangkan sukacita, tetapi dukacita. Tetapi kemudian ia menghasilkan buah kebenaran yang memberikan damai kepada mereka yang dilatih olehnya.

karena sifat tabiat kita yang lama mulai dibabat oleh Firman. Seperti Kaki Dian, dari lempengan emas dipalu sampai terbentuk Kaki Dian Emas. Kita ini bagaikan Kaki Dian Emas.

Mau tidak mau kita akan menghadapi kegoncangan di rana kerohanian (langit) dan kegoncangan di rana ekonomi, sosial dan politik (bumi).
Ibrani 12:26
12:26 Waktu itu suara-Nya menggoncangkan bumi, tetapi sekarang Ia memberikan janji: "Satu kali lagi Aku akan menggoncangkan bukan hanya bumi saja, melainkan langit juga."

Waktunya terjadi di saat kita hidup sekarang. Kita tidak akan bisa menghindar dari hal ini oleh sebab itu kita harus memperhatikan Firman. Kalau tidak memperhatikan Firman maka kerohanian kita akan kandas di akhir zaman ini.
Yehezkiel 7:25-26,17
7:25 Ketakutan datang, dan mereka mencari keselamatan, tetapi tidak ada.
7:26 Bencana demi bencana akan datang, kabar demi kabar akan tersiar. Mereka akan menginginkan suatu penglihatan dari nabi, pengajaran hilang lenyap dari imam, dan nasihat dari tua-tua.
7:17 Semua tangan terkulai dan semua orang terkencing ketakutan.

Mereka mau mencari nabi berarti mau mencari Firman nubuatan, ingin mengetahui apa-apa yang akan terjadi yang akan datang, tetapi sudah tidak ada lagi. Mau cari pengajaran tetapi sudah hilang. Mau mencari tua-tua untuk minta nasihat sudah tidak ada. Itu bencana. Kita akan lari ke mana kalau hal ini sudah terjadi. Itu sebabnya kita harus memperhatikan Firman pengajaran hari-hari terakhir ini. Jangan hanya gemar Firman penginjilan, kapan mau didewasakan kalau gereja Tuhan hanya konsumsi Firman Penginjilan (susu) terus.

Dunia akan mengalami resesi luar biasa. Tetapi gereja Tuhan bukan mengalami resesi tetapi resepsi bersama dengan Tuhan Yesus. Mengapa kita tidak merindukan hal itu?

Untuk menyikapi munculnya mesias palsu maka kita harus memperhatikan bagaimana gerakan Mesias yang benar supaya kita bisa membedakan mana mesias palsu dan mana yang Mesias yang benar. Tidak sulit membedakan sebab ada di dalam Alkitab. Dalam Alkitab ada tiga tempat Tuhan Yesus berterus terang bahwa Dia adalah Mesias.

Kita akan melihat apa poinnya sehingga Dia berterus terang. Kalau poin-poin ini ada di dalam pemberitaan Firman, ada dalam rana rohani kita, ada di dalam bentuk-bentuk pengajaran yang ditampilkan, itu jelas adalah Mesias yang benar. Itu karakteristiknya sehingga kita tidak usah ragu lagi.  Tidak usah lagi mengatakan “itu sesat dan palsu”, padahal bisa jadi yang mengatakan “sesat dan palsu itu justru dia yang sesat atau palsu karena dia tidak mengerti di mana ruang gerak dan kerjanya Mesias yang benar. Kita menanti kedatangan Yesus pada kali yang kedua, kalau mau siap terimalah Firman pengajaran.

Kita dapat mengenal Mesias yang benar lewat pekerjaanNya supaya kita tidak terjebak dan diterkam oleh mesias palsu :
1.      Yohanes 4:25
4:25 Jawab perempuan itu kepada-Nya: "Aku tahu, bahwa Mesias akan datang, yang disebut juga Kristus; apabila Ia datang, Ia akan memberitakan segala sesuatu kepada kami."

Artinya Tuhan Yesus akan membongkar semua, baik rahasia dari diriNya akan Dia beritahu dan dosa-dosa dan kesalahan dari orang yang dilayani juga akan dibongkar. Wanita yang dihadapi Tuhan Yesus ini adalah wanita dekadensi moral tetapi dia menerima ketika Tuhan Yesus tampil sebagai Mesias yang membongkar keadaannya. Dia bersyukur karena mendapat lawatan Tuhan, berarti kasih sayang Tuhan tertuju kepadanya dan itu dia saksikan kepada penduduk Sikhar.

Yohanes 4:26
4:26 Kata Yesus kepadanya: "Akulah Dia, yang sedang berkata-kata dengan engkau."

Jadi Mesias yang benar ini tidak menyembunyikan segala sesuatu. Waktunya adalah sekarang, hari-hari terakhir ini sesuai dengan Efesus 1:8-10. Maksudnya untuk mempersiapkan gereja bertemu Yesus. Gereja adalah Tubuh dan Kristus adalah Kepala menjadi satu (menikah secara rohani).
Efesus 1:8-10
1:8 yang dilimpahkan-Nya kepada kita dalam segala hikmat dan pengertian.
1:9 Sebab Ia telah menyatakan rahasia kehendak-Nya kepada kita, sesuai dengan rencana kerelaan-Nya, yaitu rencana kerelaan yang dari semula telah ditetapkan-Nya di dalam Kristus
1:10 sebagai persiapan kegenapan waktu untuk mempersatukan di dalam Kristus sebagai Kepala segala sesuatu, baik yang di sorga maupun yang di bumi.

Dari tujuh nasihat Tuhan yang terakhir, nasihat ketiga “jangan memeteraikan Firman Tuhan”. Artinya jangan tutup-tutupi Firman, harus diberitakan. Kami hamba Tuhan harus mengerti nasihat Tuhan dan kami lemparkan kepada jemaat.

Yohanes 4:29
4:29 "Mari, lihat! Di sana ada seorang yang mengatakan kepadaku segala sesuatu yang telah kuperbuat. Mungkinkah Dia Kristus itu?"

Perbuatannya yang gelap di bongkar oleh Mesias yang benar. Bagaimana Tuhan Yesus mau mengisi kapal saudara kalau ada barang kotor di dalamnya. Harus dibersihkan dulu baru diisi dengan barang yang baru. Siapa yang berkepentingan untuk membersihkan di sini? Tuhan Yesus. Untuk kepentingan siapa? Untuk kepentingan yang punya kapal atau yang punya rumah yaitu pribadi itu sendiri.

Olehnya itu jangan kita kurang hati kalau mendengar Firman Tuhan yang keras. Sebenarnya Tuhan cinta kita, itu sebabnya Tuhan memberitahu kekurangan kita, maksudnya supaya kita menghadap Dia dengan mulus, yaitu supaya kita tampil tidak bercacat cela. Itu isteri Anak Domba Allah, itu pilihannya Yesus, itulah gereja yang disebut mempelai wanita.
Efesus 5:27
5:27 supaya dengan demikian Ia menempatkan jemaat di hadapan diri-Nya dengan cemerlang tanpa cacat atau kerut atau yang serupa itu, tetapi supaya jemaat kudus dan tidak bercela.

Yohanes 4:29 (Terjemahan Lama)
4:29 "Marilah lihat, ada seorang yang mengatakan kepadaku segala sesuatu perbuatanku. Bukankah Ia ini Kristus?"

Kalau dari belakang mimbar diberitakan Firman yang mengorek kehidupan lama kita maka itu adalah penampilan Mesias yang benar. Dia tidak menutup-nutup tetapi membersihkan dan membasuh kita. Gereja Tuhan harus dipersiapkan bertemu Yesus pada kedatanganNya kali yang kedua.

Tuhan Yesus sekujur tubuhnya berdarah untuk kita, mengapa kita tidak menghargai lawatan Tuhan pada kali yang pertama. Dia rindu mendapatkan gereja yang siap menjadi Mempelai WanitaNya. Kenapa kita tidak siap menjadi Mempelai WanitaNya? Karena menolak dinyatakan kesalahannya, tidak seperti perempuan ini, sering kita memberontak ketika ditunjuk kesalahannya? Jangan kita memberontak mendengar Firman, syukuri itu sebab berarti Tuhan cinta saudara, Tuhan sayang saudara.

Perempuan yang gonta ganti suami ini beribadah di gunung Gerizim.
Ulangan 11:29
11:29 Jadi apabila TUHAN, Allahmu, telah membawa engkau ke negeri, yang engkau masuki untuk mendudukinya, maka haruslah engkau mengucapkan berkat di atas gunung Gerizim dan kutuk di atas gunung Ebal.

Gunung Gerizim ini adalah gunung tempat mengucapkan berkat. Ibadah Gerizim ini hanya berbicara berkat-berkat, itulah yang banyak disukai orang Kristen. Bukan berarti salah, tetapi ketika dikatakan “terkutuklah engkau yang malas bekerja buat pekerjaan Tuhan” orang itu marah padalah itu adalah Firman. Perempuan ini benar-benar disayang oleh Tuhan. Khusus Tuhan melalui Samaria untuk jumpa dengan dia pada jam 12 siang hari, disorot dengan terang Firman sepenuhnya sehingga tidak ada kegelapan lagi.

Ibadah di Gerizim isinya hanya soal berkat-berkat. Tetapi sayang yang negatifnya, tubuhnya yang dijual, wanita ini menjajakan tubuhnya. Wanita ini disayang oleh Tuhan, dikoreksi oleh Tuhan, dibenahi oleh Tuhan, dipulihkan oleh Tuhan Yesus dan dia terima semua. Sekalipun dia beribadah selama ini tetapi ibadahnya tidak akan mencapai Sorga.

Perempuan ini mengatakan orang Yahudi beribadah di Yerusalem. Tuhan Yesus seakan-akan tidak peduli kedua tempat ini dan Dia alihkan kepada ibadah yang benar. Kenapa? Sebab yang ada di Yerusalem juga ada roh perzinahan. Ketika subuh-subuh Tuhan Yesus turun dari bukit Zaitun dan masuk dalam Bait Allah di Yerusalem, orang menggiring perempuan yang berzinah masuk dalam Bait Allah. Jadi sama saja, ada kenajisan juga di sana.

Kalau di gunung Gerizim tubuh yang dijajakan, kalau di Yerusalem ibadah/ pelayanan yang dijual demi mencari keuntungan jasmani. Mesias tidak suka hal ini sehingga dikoreksi. Kalau dalam ibadah ada bisnis, ada roh jual beli maka itu adalah mesias yang palsu. Justru orang yang menggalakkan hal seperti ini yang seringkali menuduh yang lain Mesias palsu, orang itu membalik fakta. Sementara kita dipersiapkan untuk bertemu dengan Tuhan Yesus, jangan ada roh jual beli. Tuhan mengambil cambuk, membanting bangku ketika mendapatkan roh jual beli masuk dalam rumah ibadah. Sebab hal ini menjadi kendala untuk masuk dalam zaman yang baru.

Bila saudara ditunjukkan kesalahan baik paduan suara, pemain music, pembantu mimbar dan sidang jemaat secara umum, terimalah itu sebab itu tanda Tuhan sayang kepada kita.
Yeremia 6:8
6:8 Terimalah penghajaran, hai Yerusalem, supaya Aku jangan menarik diri dari padamu, supaya Aku jangan membuat engkau sunyi sepi, menjadi negeri yang tidak berpenduduk!"

Yeremia 6:8 (Terjemahan Lama)
6:8 Biarkanlah dirimu diajari, hai Yeruzalem! asal jangan hatimu tersaraklah dari padamu, supaya jangan Kujadikan dikau akan kebinasaan dan akan negeri yang tiada diduduki.

Perikop Yehezkiel pasal 16: Tuhan memungut Yerusalem menjadi isteriNya

Ratapan 1:1
1:1 Ah, betapa terpencilnya kota itu, yang dahulu ramai! Laksana seorang jandalah ia, yang dahulu agung di antara bangsa-bangsa. Yang dahulu ratu di antara kota-kota, sekarang menjadi jajahan.

Akhirnya Yerusalem menjadi janda, ditinggalkan oleh suaminya yaitu Tuhan. Kalau menolak pengajaran maka Allah akan menarik diri. Ketika Yesus di kayu salib, Dia memperlihatkan bagaimana kalau Allah menjauh dari kita. Yesus berseru “Eloi, Eloi, lama sabakhtani”. Itu menunjukkan kepada kita betapa ngerinya kalau Allah menjauh dari kita.

Kalau menolak pengajaran itu sama dengan menolak Mesias yang benar. Itu adalah mengundang petaka dan itu yang Tuhan tidak ingin kita masuk dalam penderitaan. Kalau kita meninggalkan Tuhan maka Tuhan tidak rugi. Jangan sampai Tuhan meninggalkan anda sebab anda yang rugi besar. Makanya jangan tolak Firman pengajaran, kalau dibongkar/ ditunjuk cacat celamu, terima itu!

Matius 27:45-46
27:45 Mulai dari jam dua belas kegelapan meliputi seluruh daerah itu sampai jam tiga.
27:46 Kira-kira jam tiga berserulah Yesus dengan suara nyaring: "Eli, Eli, lama sabakhtani?" Artinya: Allah-Ku, Allah-Ku, mengapa Engkau meninggalkan Aku?

Jadi Yesus berseru dalam keadaan gelap. Kalau kita ditinggalkan Tuhan berarti kita diterkam kegelapan, ada dalam suasana gelap. Di sinilah kengeriannya, Tuhan Yesus perlihatkan bahwa jangan kita tolak Firman pengajaran.

Dalam Keluaran pasal 10 dikisahkan hukuman yang kesembilan yaitu gelap gulita, masuk hukuman yang kesepuluh anak-anak sulung mati berarti hak sulung dicabut. Kalau kita ada di dalam kegelapan dan tidak mau kembali pada Firman pengajaran maka sudah dekat Tuhan mencabut hak sulung orang itu.

2.      Matius 16:15-17
16:15 Lalu Yesus bertanya kepada mereka: "Tetapi apa katamu, siapakah Aku ini?"
16:16 Maka jawab Simon Petrus: "Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup!"
16:17 Kata Yesus kepadanya: "Berbahagialah engkau Simon bin Yunus sebab bukan manusia yang menyatakan itu kepadamu, melainkan Bapa-Ku yang di sorga.

Pemahaman Petrus ini datang dari Allah Bapa. Berarti Bapa mempromosikan “yang ada di depanmu itu adalah Mesias yang benar”. Yang diberitahu secara khusus di sini adalah Petrus. Simon nama Ibraninya, Petrus nama Yunaninya, Kefas nama Aramnya. Petrus dibukakan Tuhan rahasia untuk mengenal Mesias. Tidak gampang saudara mengenal Mesias kalau bukan datang dari atas.
Amos 4:13
4:13 Sebab sesungguhnya, Dia yang membentuk gunung-gunung dan menciptakan angin, yang memberitahukan kepada manusia apa yang dipikirkan-Nya, yang membuat fajar dan kegelapan dan yang berjejak di atas bukit-bukit bumi -- TUHAN, Allah semesta alam, itulah nama-Nya.

Alkitab ini adalah pikiran Allah, bagaimana kita bisa mengerti kalau Tuhan tidak memberitahu pikiranNya. Petrus dan kawan-kawanya 3,5 tahun bersama dengan Tuhan Yesus tetapi persoalan penderitaan Mesias nanti mereka mengerti setelah Yesus bangkit dari kubur dan membukakan pikiran mereka.
Lukas 24:45
24:45 Lalu Ia membuka pikiran mereka, sehingga mereka mengerti Kitab Suci.

Bukan karena jeniusnya seseorang untuk mengenal Yesus itu datang dari Tuhan. Rahasia seperti inilah yang sedang dibuka di ujung zaman akhir.
Efesus 1:8-10
1:8 yang dilimpahkan-Nya kepada kita dalam segala hikmat dan pengertian.
1:9 Sebab Ia telah menyatakan rahasia kehendak-Nya kepada kita, sesuai dengan rencana kerelaan-Nya, yaitu rencana kerelaan yang dari semula telah ditetapkan-Nya di dalam Kristus
1:10 sebagai persiapan kegenapan waktu untuk mempersatukan di dalam Kristus sebagai Kepala segala sesuatu, baik yang di sorga maupun yang di bumi.

Tanda khusus bagi gereja Tuhan yang tidak diberikan kepada umum bahwa Tuhan Yesus sudah mau datang adalah pembukaan rahasia Firman. Karena gereja dipersiapkan untuk menyambut Dia maka dibukakan rahasia Firman. Tanpa pembukaan rahasia Firman maka saudara tidak akan siap bertemu dengan Tuhan Yesus. Kepala itu kedudukan suami, tubuh itu kedudukan isteri, akan menjadi satu dan tidak terpisahkan lagi.

Ada orang-orang kepercayaan Tuhan untuk membawa umat Tuhan tampil seperti itu. Ada orang-orang khusus dan tidak umum, yang pasti kepada orang itu dipercayakan rahasia firman Tuhan dan orang itu harus dapat dipercaya.
I Korintus 4:1
4:1 Demikianlah hendaknya orang memandang kami: sebagai hamba-hamba Kristus, yang kepadanya dipercayakan rahasia Allah.

Yang dipercayakan rahasia Allah ini adalah hamba Kristus yang disebut daulos yaitu hamba yang tidak menuntut upah bahkan sampai pada huperetas yaitu hamba yang siap mati buat tuannya. Kalau melayani Tuhan untuk mencari sesuap nasi itu sebenarnya sudah salah arah. Jemaat yang dia layani akan masuk dalam 3,5 tahun anaiaya antikristus.

I Korintus 4:2
4:2 Yang akhirnya dituntut dari pelayan-pelayan yang demikian ialah, bahwa mereka ternyata dapat dipercayai.

Pelayan yang dapat dipercaya ini hidupnya tertata, nikahnya tertata sehingga bisa menata sidang jemaat. Kalau pelayan itu sudah punya isteri tetapi masih melirik wanita lain, bagaimana bisa menata sidang jemaat.

Ibadah kita dicatat oleh Tuhan.
Maleakhi 3:16
3:16 Beginilah berbicara satu sama lain orang-orang yang takut akan TUHAN: "TUHAN memperhatikan dan mendengarnya; sebuah kitab peringatan ditulis di hadapan-Nya bagi orang-orang yang takut akan TUHAN dan bagi orang-orang yang menghormati nama-Nya."

Pelayan Tuhan yang dipercaya Tuhan rahasia Firman ini adalah orang spesial.
Kisah Para Rasul 13:47
13:47 Sebab inilah yang diperintahkan kepada kami: Aku telah menentukan engkau menjadi terang bagi bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah, supaya engkau membawa keselamatan sampai ke ujung bumi."

Hamba Tuhan itu adalah ketentuan dari Sorga. Dalam Yehezkiel 33:1-6 adalah ketentuan bangsa-bangsa, ketentuan daging, ketentuan manusia sehingga orang itu kerja di ladang Tuhan, tandanya tidak ada pembukaan rahasia Firman dipercayakan kepadanya. Yehezkiel 33:7 Tuhan sendiri yang melantik dan disertai dengan Firman kepadanya. Di mana kita berada? Apakah ada pada Mesias yang benar atau mesias yang palsu.

Ayat yang tadi itu ditujukan kepada Petrus. Kita melihat bagaimana dengan Paulus.
Kisah Para Rasul 22:14
22:14 Lalu katanya: Allah nenek moyang kita telah menetapkan engkau untuk mengetahui kehendak-Nya, untuk melihat Yang Benar dan untuk mendengar suara yang keluar dari mulut-Nya.

Saulus diganti namanya dengan Paulus yang artinya kecil. Tidak mudah untuk mengetahui kehendak Allah kalau bukan datang dari atas. Petrus tidak mungkin mengetahui bahwa Yesus adalah Mesias kalau bukan Allah Bapa yang memberitahu. Jadi pembukaan rahasia Firman itu datang dari atas.

Melihat yang benar dan mendengar suara yang keluar dari mulut Tuhan Yesus itu berarti memasang telinga. Itu ciri hamba Tuhan yang dekat dengan Tuhan.
Kisah Para Rasul 22:15
22:15 Sebab engkau harus menjadi saksi-Nya terhadap semua orang tentang apa yang kaulihat dan yang kaudengar.

Ini harus saya sampaikan karena ini tanggung jawab seorang hamba Tuhan. Jangan sampai kita bergelut dengan penderitaan masuk dalam aniaya antikristus di mana di situ ada hukuman 7 meterai, 7 sangkakala dan 7 bokor (hukuman Roh, Anak Allah dan Allah Bapa). Jangan sampai hal ini kena pada kita.

Kisah Para Rasul 26:18
26:18 untuk membuka mata mereka, supaya mereka berbalik dari kegelapan kepada terang dan dari kuasa Iblis kepada Allah, supaya mereka oleh iman mereka kepada-Ku memperoleh pengampunan dosa dan mendapat bagian dalam apa yang ditentukan untuk orang-orang yang dikuduskan.

Hamba Tuhan yang dipercaya oleh Tuhan ini maksudnya untuk membuka mata umat. Kalau pelayan Tuhan buta maka bersama dengan umat yang dia layani akan masuk dalam lubang yang ada kotoran.

Orang yang melayani ditentukan oleh Tuhan dan orang yang menerima pelayanan juga ditentukan oleh Tuhan.

Kisah Para Rasul 26:20
26:20 Tetapi mula-mula aku memberitakan kepada orang-orang Yahudi di Damsyik, di Yerusalem dan di seluruh tanah Yudea, dan juga kepada bangsa-bangsa lain, bahwa mereka harus bertobat dan berbalik kepada Allah serta melakukan pekerjaan-pekerjaan yang sesuai dengan pertobatan itu.

Kita harus bertobat, jangan merayakan natal dengan minuman keras. Orang yang minum minuman keras adalah orang yang akan binasa. Jadi orang yang mengkonsumsi minuman keras sampai mabuk-mabuk adalah orang yang khusus dibinasakan.
Amsal 31:6
31:6 Berikanlah minuman keras itu kepada orang yang akan binasa, dan anggur itu kepada yang susah hati.

Apakah dengan mabuk-mabuk itu tanda terima kasih kita kepada Tuhan Yesus? Jangan kita isi dengan hal ini, bagaimana bisa siap bertemu dengan Tuhan Yesus kalau seperti itu. Yesus tidak tega melihat saya dan bapak, ibu untuk terhuyung-huyung dalam penderitaan. Kalau ada awal penderitaan maka ada puncaknya. Rasul Paulus dipanggil oleh Tuhan untuk membuka mata orang supaya mereka bertobat dan meninggalkan itu semua. Saya diutus oleh Tuhan untuk menyampaikan ini, bukan keinginan saya, untuk apa saya mencari gara-gara sehingga dimusuhi?.

Ada 4 ciri hamba Tuhan yang dipercaya oleh Tuhan:
a)      Mereka mendapat kepercayaan untuk membangun sidang jemaat Tuhan.
Matius 16:18
16:18 Dan Aku pun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya.

“JemaatKu” berarti pilihan Tuhan. Kami hamba Tuhan harus berpikir sejauh itu bahwa jiwa yang Tuhan percayakan kepada kita, itu adalah sidang jemaat Tuhan bukan kita punya dan harus kita pertanggung jawabkan kelak kepada Tuhan. Tidak ada hak saya mengatakan “itu jemaat saya” sebab saya tidak pernah mati untuk dia. Tetapi Yesus yang mati karena umat Tuhan itu. Tuhan Yesus percayakan kepada kami hamba-hamba Tuhan untuk membangun rohaninya. Sidang jemaat yang saya layani adalah punyanya Tuhan Yesus karena sudah Dia beli dengan darahNya. Kelak saya bertanggung jawab kepada Tuhan “kemana mereka engkau bawa hamba-Ku, apa yang engkau ajarakan selama ini”.

b)      Jemaat yang dia layani tidak bisa dikalahkan oleh maut
Berarti sidang jemaat yang dilayani ini adalah orang-orang yang takut akan maut. Oleh karena takut akan maut maka korban Kristus berlaku bagi mereka.
Ibrani 2:14-15
2:14 Karena anak-anak itu adalah anak-anak dari darah dan daging, maka Ia juga menjadi sama dengan mereka dan mendapat bagian dalam keadaan mereka, supaya oleh kematian-Nya Ia memusnahkan dia, yaitu Iblis, yang berkuasa atas maut;
2:15 dan supaya dengan jalan demikian Ia membebaskan mereka yang seumur hidupnya berada dalam perhambaan oleh karena takutnya kepada maut.

Jadi sidang jemaat ini terdiri dari orang-orang yang takut akan maut berarti mereka menghargai Korban Kristus, karena hanya Korban Kristus yang bisa mengalahkan maut dan sengat maut yaitu dosa. Ketika Adam dan Hawa jatuh dalam dosa maka bumi ini menumbuhkan duri, itulah sengat dosa.

Sidang jemaat Tuhan tidak dikuasai atau tidak dikalahkan oleh maut.
I Korintus 15:55-56
15:55 Hai maut di manakah kemenanganmu? Hai maut, di manakah sengatmu?"
15:56 Sengat maut ialah dosa dan kuasa dosa ialah hukum Taurat.

Jangan bermain-main dengan dosa, jangan bermain-main dengan maut. Anak muda remaja sekarang ini mudah mengakses roh najis lewat handphone, tetapi jangan saudara main-main dengan dosa sebab berarti bermain-main dengan maut. Dengan sendirinya orang itu menyisihkan dirinya untuk tidak menjadi sidangnya Tuhan. Tetapi ada orang yang malah berjanji-janjian dengan maut.
Yesaya 28:15
28:15 Karena kamu telah berkata: "Kami telah mengikat perjanjian dengan maut, dan dengan dunia maut kami telah mengadakan persetujuan; biarpun cemeti berdesik-desik dengan kerasnya, kami tidak akan kena; sebab kami telah membuat bohong sebagai perlindungan kami, dan dalam dusta kami menyembunyikan diri,"

Bagaimana orang merayakan natal mengingat kedatangan Yesus pada kali yang pertama tetapi tidak siap menyambut kedatanganNya pada kali yang kedua karena dikotori sehingga akhirnya masuk dalam penderitaan penderitaan. Orang yang berjanji-janjian dengan maut selalu menghindar dari cemeti (Pengajaran Firman Allah). Kalau pelayan Tuhan menghindari dari Firman seperti ini berarti dia bercumbu-cumbuan dengan maut dan dia bukan umat Tuhan, bukan hamba Tuhan. Jadi berjanji-janjian dengan maut dan dia berkamuflase dengan kebohongan, dengan berpura-pura.

c)      Dia dipercayai tuhan memegang anak kunci kerajaan Sorga.
Yesaya 22:22
22:22 Aku akan menaruh kunci rumah Daud ke atas bahunya: apabila ia membuka, tidak ada yang dapat menutup; apabila ia menutup, tidak ada yang dapat membuka.

Bila orang Israel ada pernikahan maka wanita itu memakai sloyor. Setelah keputusan selesai di rumah ibadah maka perempuan itu mencopot sloyornya dan ditaruh di atas bahu suaminya, itu pertanda “aku ini milikmu, seluruh hidupku adalah milikmu”.

Kalau dipercayakan kunci kerjaan Sorga berarti kami hamba Tuhan dipercaya untuk membawa sidang jemaat menjadi 100% miliknya Tuhan. Kita harus mengerti bahwa kita ini 100% Tuhan punya sehingga kita tidak ada hak membawa hidup ini untuk menyakiti si Pemilik.

Ada pelayan yang disebut oleh Tuhan Yesus yang memegang kunci kerajaan tetapi begitu orang lain mau masuk malah mereka tutup pintunya.
Lukas 11:52
11:52 Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat, sebab kamu telah mengambil kunci pengetahuan; kamu sendiri tidak masuk ke dalam dan orang yang berusaha untuk masuk ke dalam kamu halang-halangi."

Rekan-rekan hamba Tuhan, jangan kita menjadi penghalang orang mau datang pada kerajaan Sorga.

d)      Orang yang dipercaya Tuhan diberi Tuhan legitimasi/wibawa
Wibawa hamba Tuhan itu ada hubungannya dengan milik kepunyaan Tuhan sendiri.
Titus 2:15,14
2:15 Beritakanlah semuanya itu, nasihatilah dan yakinkanlah orang dengan segala kewibawaanmu. Janganlah ada orang yang menganggap engkau rendah.
2:14 yang telah menyerahkan diri-Nya bagi kita untuk membebaskan kita dari segala kejahatan dan untuk menguduskan bagi diri-Nya suatu umat, kepunyaan-Nya sendiri, yang rajin berbuat baik.

Sidang jemaat kepunyaan Tuhan sendiri ditangani oleh hamba Tuhan yang punya wibawa Kristus. Kalau kita dipanggil oleh Tuhan kita harus punya keyakinan, minta kepada Tuhan Yesus supaya diberikan wibawa Ilahi. Dengan wibawa Ilahi ini kita dapat melihat dalam pribadi orang yang memberitakan Mesias yang benar itu pasti dipercayakan pembukaan rahasia Firman.

Pada penampilan Mesias yang pertama, Tuhan Yesus membongkar persoalan nikah dan ibadah yang salah Dia benahi karena nikah dan ibadah tidak bisa lepas. Di dalam ibadah itu, tujuan akhirnya adalah menggiring masuk dalam nikah yang rohani.

Penampilan Mesias kedua menunjukkan kondisi jemaat dan hamba Tuhan yang melayani. Mesias yang benar ada hubungannya dengan pembangunan sidang jemaat yang tidak dikuasai oleh maut, berarti yang tidak main-main dengan dosa. Hal itu selalu diberi penekanan, jangan malah dibiarkan, apalagi kalau kawin cerai dibiarkan. Persoalan itu harus ditangani sesuai Firman. Ada yang mengatakan “dalam Matius 19 dikatakan kalau berzinah boleh diceraikan”. Memang benar tetapi tidak ada kalimat boleh menikah lagi.

Penampilan Mesias yang ketiga Tuhan Yesus datang untuk menghentar pada zaman yang baru.

3.      Markus 14:61-63
14:61 Tetapi Ia tetap diam dan tidak menjawab apa-apa. Imam Besar itu bertanya kepada-Nya sekali lagi, katanya: "Apakah Engkau Mesias, Anak dari Yang Terpuji?"
14:62 Jawab Yesus: "Akulah Dia, dan kamu akan melihat Anak Manusia duduk di sebelah kanan Yang Mahakuasa dan datang di tengah-tengah awan-awan di langit."
14:63 Maka Imam Besar itu mengoyakkan pakaiannya dan berkata: "Untuk apa kita perlu saksi lagi?

Pernyataan Tuhan Yesus sebagai Mesias yang benar pada kali yang ketiga justru terjadi di tengah-tengah pengadilan dan itu dikaitkan dengan kedatanganNya yang kedua kali. Pemahaman kita terhadap Mesias yang benar sampai kita masuk pada zaman yang baru, kita akan melihat kedatanganNya di atas awan.
Matius 24:30
24:30 Pada waktu itu akan tampak tanda Anak Manusia di langit dan semua bangsa di bumi akan meratap dan mereka akan melihat Anak Manusia itu datang di atas awan-awan di langit dengan segala kekuasaan dan kemuliaan-Nya.
Kedatangan Tuhan Yesus kedua kali datang di atas awan. Pengertian awan:
Yudas 1:12
1:12 Mereka inilah noda dalam perjamuan kasihmu, di mana mereka tidak malu-malu melahap dan hanya mementingkan dirinya sendiri; mereka bagaikan awan yang tak berair, yang berlalu ditiup angin; mereka bagaikan pohon-pohon yang dalam musim gugur tidak menghasilkan buah, pohon-pohon yang terbantun dengan akar-akarnya dan yang mati sama sekali.

Yang dikatakan awan yang tidak berair ini justru pelayan-pelayan yaitu Korah, Datan dan Abiram, Bileam dan Kain. Bagaimana awan yang tidak berair ini bisa mengiringi Tuhan Yesus sebab awan yang tidak berair hanya dipermainkan oleh angin. Awan yang ada air tidak dapat dipermainkan angin. Berbicara tentang angin adalah pengajaran permainan palsu manusia. Itu yang banyak membuat beralun-alun banyak hamba-hamba Tuhan, anak Tuhan yang bagaikan awan yang tidak berair.
Efesus 4:14
4:14 sehingga kita bukan lagi anak-anak, yang diombang-ambingkan oleh rupa-rupa angin pengajaran, oleh permainan palsu manusia dalam kelicikan mereka yang menyesatkan,

Ø  “Di atas awan” berarti Yesus benar-benar dijunjung tinggi oleh hamba Tuhan yang ada air Firman Allah. Dia bukan hamba Tuhan yang dipermainkan oleh angin pengajaran yang beralun-alun ke sana kemari dan tidak jelas pegangannya. Hamba Tuhan yang menjunjung Mempelai Pria Sorga ini berhasil mempersembahkan Mempelai WanitaNya kepada Yesus.
Roma 15:16
15:16 yaitu bahwa aku boleh menjadi pelayan Kristus Yesus bagi bangsa-bangsa bukan Yahudi dalam pelayanan pemberitaan Injil Allah, supaya bangsa-bangsa bukan Yahudi dapat diterima oleh Allah sebagai persembahan yang berkenan kepada-Nya, yang disucikan oleh Roh Kudus.

Kalau di dalam gereja Tuhan tidak turun hujan pengajaran berarti tidak ada awan yang mengandung hujan di situ (hamba Tuhan). Itu sebabnya dalam Zakharia pasal 10 Tuhan mengajar orang Israel untuk berdoa kepada Tuhan supaya Tuhan mengirim hujan yang lebat dan deras. Berarti ada awan yang berair, ada pelayanan hamba Tuhan yang ada air pengajaran Firman yang dia sajikan kepada jemaat.  Bahkan sebelum hujan turun lebih dahulu Tuhan berbicara awan.
Zakharia 10:1
10:1 Mintalah hujan dari pada TUHAN pada akhir musim semi! TUHANlah yang membuat awan-awan pembawa hujan deras, dan hujan lebat akan diberikanNya kepada mereka dan tumbuh-tumbuhan di padang kepada setiap orang.

Jangan berpikir ibadah itu hanya sekedar upacara, ada pemimpin upacara yaitu pemimpin pujian dan ada inspektur upacara yaitu pengkhotbah. Tidak seperti itu, dalam ibadah ada pembentukan karakter kita untuk memiliki karakter Kristus supaya kita menjadi Mempelai WanitaNya.
Ø  Markus 13:26
13:26 Pada waktu itu orang akan melihat Anak Manusia datang dalam awan-awan dengan segala kekuasaan dan kemuliaan-Nya.

Lukas 21:27,26
21:27 Pada waktu itu orang akan melihat Anak Manusia datang dalam awan dengan segala kekuasaan dan kemuliaan-Nya.
21:26 Orang akan mati ketakutan karena kecemasan berhubung dengan segala apa yang menimpa bumi ini, sebab kuasa-kuasa langit akan goncang.

Disebutkan di dalam awan” berarti Tuhan Yesus benar-benar adalah inti, sentral dari pelayanan hamba Tuhan. Berita hamba Tuhan di akhir zaman jangan lari dari II Korintus 11:2. Kalau lari dari situ maka anda akan diterkam oleh dunia dan roh najis.
II Korintus 11:2
11:2 Sebab aku cemburu kepada kamu dengan cemburu ilahi. Karena aku telah mempertunangkan kamu kepada satu laki-laki untuk membawa kamu sebagai perawan suci kepada Kristus.

Laki-laki itu adalah Kristus dan gereja dipersiapkan menjadi perawan suci, ini adalah tugas hamba-hamba Tuhan.

Dalam tiga injil ini ada kalimat yang sama yaitu “dengan segala kekuasaan dan kemuliaanNya”, ini akan dikaruniakan kepada kita. Pada kedatangan Yesus pada kali yang kedua, segala kekuasaan tidak ada di tangan lain, hanya ada pada Yesus dengan permaisuriNya yaitu gereja Tuhan. Kemuliaan hanya ada pada Yesus dengan ratuNya, itulah gerejaNya. Sebab gerejaNya digambarkan sebagai ratu
Yehezkiel 16:13
16:13 Dengan demikian engkau menghias dirimu dengan emas dan perak, pakaianmu lenan halus dan sutera dan kain berwarna-warna; makananmu ialah tepung yang terbaik, madu dan minyak dan engkau menjadi sangat cantik, sehingga layak menjadi ratu.

Jangan terjadi seperti Ratapan 1:1
1:1 Ah, betapa terpencilnya kota itu, yang dahulu ramai! Laksana seorang jandalah ia, yang dahulu agung di antara bangsa-bangsa. Yang dahulu ratu di antara kota-kota, sekarang menjadi jajahan.

Dalam nubuatan Firman Allah dalam Yehezkiel pasal 16 dikatakan Tuhan Yesus memungut Yerusalem menjadi isteriNya. Ketika pertama kali lewat Tuhan melihat ada bayi yang kakinya menendang-nendang, dia tidak dibasuh, tidak dibedungi kain lampin, tidak digosok dengan garam. Tuhan lewat mengambil bayi itu dan menangani semuanya kemudian Tuhan berkata “engkau harus hidup”. Jadi kalau Tuhan menangani kita maka Dia memberikan kepada kita Firman dan Roh Kudus. Roh dan Firman itu yang menghidupkan. Kalau dikatakan “engkau harus hidup” berarti kepada kita dikaruniakan Firman dan Roh Kudus.

Setelah Tuhan lewat lagi, Dia menemukan anak itu sudah remaja, buah dadanya sudah tumbuh dan rambutnya sudah panjang, itu tanda bahwa dia masuk pada masa akil balig. Rambut sudah panjang artinya ada roh penundukan. Tuhan berkata “engkau aku punya”. Sadarkan kita bahwa kita ini Tuhan Yesus punya, Dia sudah mau datang menjemput kita tetapi kita tidak siap. Kalau kita mau siap, jangan menghindar kalau Firman Tuhan membongkar-bangkir keadaan hidup kita, itu pekerjaan Mesias. Tujuannya untuk mendirikan sidang jemaatnya. Akhir tujuannya supaya kita menerima kuasa dan kemuliaan, tetapi semuanya itu tidak lepas dari pelayanan hamba Tuhan yang ada kepercayaan Allah.
1 Korintus 4:1-2
4:1 Demikianlah hendaknya orang memandang kami: sebagai hamba-hamba Kristus, yang kepadanya dipercayakan rahasia Allah.
4:2 Yang akhirnya dituntut dari pelayan-pelayan yang demikian ialah, bahwa mereka ternyata dapat dipercayai.

Zakharia 10:1
10:1 Mintalah hujan dari pada TUHAN pada akhir musim semi! TUHANlah yang membuat awan-awan pembawa hujan deras, dan hujan lebat akan diberikanNya kepada mereka dan tumbuh-tumbuhan di padang kepada setiap orang.

Hujan deras itu adalah Firman pengajaran. Kalau gereja Tuhan berdoa minta hujan maka yang Tuhan berikan adalah awan pembawa hujan. Jadi kalau umat Tuhan ada jeritan hati memohon hujan yang turun maka Tuhan akan mengutus hamba Tuhan di tengah-tengah sidang jemaat yang bagaikan awan-awan pembawa hujan Firman pengajaran. Kasihan kalau kita melayani kemudian tidak ada air yang kita bawa kepada sidang jemaat. Kasian kalau kita beribadah kemudian tidak mendapatkan awan yang membawa air.

Ulangan 32:2
32:2 Mudah-mudahan pengajaranku menitik laksana hujan, perkataanku menetes laksana embun, laksana hujan renai ke atas tunas muda, dan laksana dirus hujan ke atas tumbuh-tumbuhan.

Ini yang dibutuhkan dalam gereja. Gereja butuh Firman pengajaran yang bagaikan hujan deras turun dan itu dibawa oleh hamba Tuhan yang bagaikan awan yang ada air. Jangan sampai kita hamba-hamba Tuhan bagaikan awan yang tidak ada air, kasihan jemaat akan kotor dan tidak bisa dibasuh. Tugas kita untuk memandikan jemaat dengan air Firman.

Kita mau masuk pada zaman yang baru, biarlah kita pegang Mesias yang benar sehingga kita tidak akan sulit lagi membedakan mana yang tidak benar dan yang palsu. Di akhir zaman ini akan terjadi dua hal yang kontras. Anak Tuhan masuk dalam resepsi bersama Tuhan tetapi dunia ini akan masuk dalam resesi, dalam penderitaan, baik ekonomi, sosial dan politik akan mengalami kegoncangan, ditambah lagi gempa bumi dan bencana alam sampai orang terkencing-kencing ketakutan.
Yehezkiel 7:17
7:17 Semua tangan terkulai dan semua orang terkencing ketakutan.

Mari kita kondisikan diri masuk pada pihak untuk bertemu dengan Yesus di zaman yang baru.

Tuhan Yesus sudah mati dan berkorban bagi kita. Tuhan memakai bangsa Israel untuk menjadi jalurnya kedatangan Tuhan Yesus. Walaupun mereka banyak melawan, memberontak dan menyakiti hati Tuhan tetapi tetap Tuhan pakai mereka untuk menghadirkan Yesus. Kalau melihat perjalanan orang Israel dari Mesir ke Kanaan memang sengsara, secara manusia wajar kalau mereka bersungut namun itupun Tuhan katakan mereka jahat. Kalau kita ini bersungut maka kita lebih jahat dari orang Israel karena kita sudah mendapat fasilitas yang luar biasa. Mari sidang jemaat, kita mendengar Firman jangan bersungut, jangan sakit hati. Tuhan punya sasaran yang sangat romantis dengan saudara. Bahasa ini saya pakai karena hubungan Kristus dengan gereja diibaratkan seperti hubungan Mempelai Laki-laki dengan Mempelai Perempuan. Kita persiapkan diri menyongsong kedatanganNya dan masuk pada zaman yang baru. Tuhan tidak akan mengizinkan kita masuk dalam awal penderitaan tetapi kita mau masuk pada awal kesukaan.

Tuhan Memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar