20151221

Kebaktian Natal di Tolambo, Senin 21 Desember 2015 Pdt. Bernard Legontu



Salam sejahtera di dalam kasih Tuhan Yesus Kristus.

Tema:
Matius 24:8
24:8 Akan tetapi semuanya itu barulah permulaan penderitaan menjelang zaman baru.

Kita akan berpisah dengan zaman yang lama dan masuk pada zaman yang baru. Tetapi awas, mengakhiri zaman yang lama kita jangan salah, kalau kita salah maka kita memulai penderitaan. Jadi ada perbedaan waktu di sini yaitu zaman yang lama dan zaman yang baru.

Yang Tuhan Yesus utarakan dari atas bukit Zaitun memperingatkan umat Tuhan dengan menjawab pertanyaan murid-muridNya, salah satunya adalah ayat ini. Jadi 2000 tahun yang lampau Yesus sebagai Ilahi sudah melihat akan ada penderitaan. Tuhan Yesus tidak ingin kita ada di sana sehingga misi kedatangan Tuhan Yesus pertama kali untuk menggiring kita supaya kita tidak masuk di sana. Tetapi manusia ini suka melawan Firman. Sekalipun Tuhan Yesus sudah mengutarakan akan ada penyesatan ini yang akan terjadi di akhir zaman. Dalam Matius pasal 24 ada 4 kali disebutkan kata menyesatan.

Jangan sampai kita disesatkan sebab begitu kita diselewengkan maka itu permulaan penderitaan.
II Timotius 3:13
3:13 sedangkan orang jahat dan penipu akan bertambah jahat, mereka menyesatkan dan disesatkan.

Sudah menyesatkan kemudian disesatkan lagi. Ini bukan kata-kata Paulus sebab Paulus diilhami oleh Roh Kudus. Bahasa ini diingatkan oleh rasul Paulus kepada Timotius, gembala di Efesus. Berarti Efesus ini mendapat perhatian Tuhan sehingga dikirimi surat untuk dibacakan oleh Timotius kepada jemaat Efesus. Ini menjadi peringatan Tuhan kepada Timotius dan kepada umat Tuhan.

Arti nama Efesus adalah yang dirindui. Berarti sidang jemaat Efesus ini adalah sidang jemaat yang dirindukan oleh Tuhan. Kalau kita mendapatkan peringatan-peringatan dan mendapatkan pembukaan rahasia Firman Tuhan berarti kita dirindukan oleh Tuhan. Kalau tidak ada pembukaan rahasia Firman berarti bukan orang yang dirindukan Tuhan.

Bukti Tuhan merindukan kita adalah Tuhan melimpahkan kepada kita pembukaan rahasia Firman.
Efesus 1:8-9
1:8 yang dilimpahkan-Nya kepada kita dalam segala hikmat dan pengertian.
1:9 Sebab Ia telah menyatakan rahasia kehendak-Nya kepada kita, sesuai dengan rencana kerelaan-Nya, yaitu rencana kerelaan yang dari semula telah ditetapkan-Nya di dalam Kristus

Jadi di dalam gereja dibutuhkan lawatan Tuhan lewat pembukaan rahasia Firman. Rahasia Firman Tuhan yang terbesar adalah rahasia nikah Kristus dengan gerejaNya dan rahasia ibadah. Kalau ini tidak ditekankankan kepada umat Tuhan maka dikuatirkan mereka sudah diselewengkan, berarti memulai penderitaan untuk masuk dalam 3,5 tahun aniaya antikristus. Yesus datang ke dunia ini untuk mengungkapkan isi hatiNya dan isi hatinya terus diungkapkan sampai sekarang ini lewat pembukaan rahasia Firman. Kemurahan Tuhan kalau kita bisa menikmati pembukaan rahasia Firman Allah.

Efesus 1:10
1:10 sebagai persiapan kegenapan waktu untuk mempersatukan di dalam Kristus sebagai Kepala segala sesuatu, baik yang di sorga maupun yang di bumi.

Kegenapan waktu ini terjadi di penghujung akhir zaman untuk menyeberang ke zaman baru. Pada kegenapan waktu ini kita gereja Tuhan didorong untuk siap menyambut Yesus sebagai kepala. Jangan sampai kita tidak ada persiapan menerima Tuhan Yesus sebagai Mempelai Laki-laki Sorga. Jangan sampai persiapan hanya diisi dengan minum minuman keras, perzinahan dan perselingkuhan. Kehidupan yang tidak siap akan tertinggal dan masuk dalam 3,5 tahun aniaya antikristus. Yesus menangis menceritakan itu sebab dia tidak tega melihat kita harus berhadapan dengan antikristus.

Jangan kita hanya merayakan natal lalu merenungkah Yesus sebagai bayi. Penderitaan Tuhan Yesus adalah demi keselamatan kita. Dia berkorban dan sekaligus membukakan rahasia Firman. Itu sebabnya gereja Tuhan jangan sakiti hati Yesus, cintailah Dia, layani Yesus dengan serius dan sungguh-sungguh. Jangan kita sodorkan hal yang tidak menyenangkan Dia. Tuhan Yesus Mempelai Laki-laki Sorga rela berkorban demi kita.

Yang di Sorga adalah Tuhan Yesus dan yang ada di bumi adalah gereja Tuhan yang dibenarkan, disucikan dan sempurna itulah Mempelai WanitaNya. Kita sedang menuju ke sana. Jangan kita salah arah sebab akan tampil penyesatan yang lebih hebat.
II Timotius 3:13
3:13 sedangkan orang jahat dan penipu akan bertambah jahat, mereka menyesatkan dan disesatkan.

Kenapa ada surat 1 Yohanes, 2 Yohanes 3 Yohanes? Sebab pada waktu itu muncul paham yang mengatakan bahwa Yesus bukanlah anak Allah, bukan Tuhan. Sehingga Tuhan menyuruh Yohanes menanggapi ini untuk memangkas paham ini. Kita berbahagia menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat. Tuhan itu berarti pemilik yang patut kita hargai. Kita sudah dibeli dengan darahNya dengan tunai dan bukan diangsur.

Kita ini dipanggil oleh Tuhan. Bagaimana tanggapan kita sebagai orang yang dipanggil? Kita dipanggil supaya persiapan kita sempurna. Kita mau dibawa di sana supaya ketika kita bertemu dengan Tuhan Yesus yang datang pada kali yang kedua sebagai Mempelai Laki-laki Sorga, sebagai Kepala dan kita TubuhNya. Kalau kita tidak menjadi Tubuh Kristus maka kita tidak bisa nyambung dengan Dia.

Nenek moyang Israel adalah Abraham. Dulu namanya adalah Abram, belum ada H. Setelah itu disisipkan nama Allah yaitu YHWH sehingga menjadi Abraham. Demikian juga Sarai namanya diganti menjadi Sarah, setelah disisipkan nama YHWH. Jadi nikah mereka yang didalami dan disertai oleh Allah.

Abraham dipanggil untuk mewarisi suatu negeri yang namanya Kanaan. Berarti dari yang lama dia masuk pada yang baru. Untuk masuk pada yang baru ada hal-hal yang harus dia tinggalkan sebab kalau tidak maka tidak jadi dia masuk pada tempat yang baru.
Kejadian 12:1-2
12:1 Berfirmanlah TUHAN kepada Abram: "Pergilah dari negerimu dan dari sanak saudaramu dan dari rumah bapamu ini ke negeri yang akan Kutunjukkan kepadamu;
12:2 Aku akan membuat engkau menjadi bangsa yang besar, dan memberkati engkau serta membuat namamu masyhur; dan engkau akan menjadi berkat.

Jadi dia harus keluar dari kehidupan (suasana lama). Itu sebabnya dalam Yosua 24:2-3, Yosua bersaksi bahwa dulu nenek moyang mereka tinggal di seberang sungai Efrat dan hidup dengan berhala.
Yosua 24:2-3
24:2 Berkatalah Yosua kepada seluruh bangsa itu: "Beginilah firman TUHAN, Allah Israel: Dahulu kala di seberang sungai Efrat, di situlah diam nenek moyangmu, yakni Terah, ayah Abraham dan ayah Nahor, dan mereka beribadah kepada allah lain.
24:3 Tetapi Aku mengambil Abraham, bapamu itu, dari seberang sungai Efrat, dan menyuruh dia menjelajahi seluruh tanah Kanaan. Aku membuat banyak keturunannya dan memberikan Ishak kepadanya.

Waktu Abraham dipanggil, Terah masih hidup. Tuhan tidak mengizinkan Terah menggandoli terus Abraham dengan hidup lamanya sehingga di tengah jalan Terah ini mati sebelum sampai di Kanaan. Tuhan memanggil Abraham menunju tanah Kanaan walaupun saat itu masih Tuhan rahasiakan sebab Tuhan ingin Abraham itu yakin benar bahwa Tuhan tidak berbohong.

Panggilan dalam bahasa Gerika adalah Eklesia, dalam bahasa Ibrani adalah Kahaal. Artinya:
1.      Tuhan panggil keluar dari yang lama atau dari gelap kepada terang. Tuhan memanggil keluar dan berkumpul dengan yang Empunya Firman yang telah memanggil dia.

Kita ini sudah dipanggil tetapi bagaimana prakteknya. Apakah kita mengerti panggilan untuk berkumpul bersama dalam kuasa Tuhan? Seringkali kita mengatakan sudah dipanggil tetapi tidak jelas bahwa kita melekat pada Tuhan. Itu sebabnya tidak dibentengi, tidak dilindungi ketika antikristus datang.
Mazmur 91:14
91:14 "Sungguh, hatinya melekat kepada-Ku, maka Aku akan meluputkannya, Aku akan membentenginya, sebab ia mengenal nama-Ku.

Doa raja Daud supaya jangan Tuhan jauh darinya sebab sudah dekat kesusahan.
Mazmur 22:10-12
22:10 Ya, Engkau yang mengeluarkan aku dari kandungan; Engkau yang membuat aku aman pada dada ibuku.
22:11 Kepada-Mu aku diserahkan sejak aku lahir, sejak dalam kandungan ibuku Engkaulah Allahku.
22:12 Janganlah jauh dari padaku, sebab kesusahan telah dekat, dan tidak ada yang menolong.

Sudahkah kita mendengar panggilan itu atau kita berpura-pura tuli? Di mana bukti kita berpura-pura tuli? Ketika iblis menyodorkan dengan sekeranjang dosa, kita pura-pura cuek dengan Tuhan dan mengambil dosa itu. Iblis berupaya mencari-cari cara supaya tawarannya itu kita ambil sehingga orang itu terjebak dan memulai penderitaannya. Akhir dari penderitaan itu ada pada Wahyu 15:1 dan isinya ada dalam Wahyu pasal 16
Wahyu 15:1
15:1 Dan aku melihat suatu tanda lain di langit, besar dan ajaib: tujuh malaikat dengan tujuh malapetaka terakhir, karena dengan itu berakhirlah murka Allah.

2.      Dipanggil untuk menyembah. Awalnya Abraham menyembah berhala bersama papanya yaitu Terah dan adiknya yaitu Nahor. Abraham dulu hanya sampai pada titik menyembah Tuhan dengan membangun mezbah. Tetapi gereja Tuhan tidak hanya menyembah dalam arti saya beribadah, saya melayani, saya pergi gereja, saya paduan suara, saya pemain music dan sebagainya. Kita sekarang ada pada ibadah yang punya wujud bukan meraba-raba. Yang kita sembah menamakan diriNya Mempelai Pria Sorga, Dia menyebut dirinya Suami kita.
Yesaya 54:5
54:5 Sebab yang menjadi suamimu ialah Dia yang menjadikan engkau, TUHAN semesta alam nama-Nya; yang menjadi Penebusmu ialah Yang Mahakudus, Allah Israel, Ia disebut Allah seluruh bumi.

Jadi yang kita sembah itu bukan sembarang tetapi Penebus yang menyebut diriNya Suami. Kita ini dipertunangkan dengan Tuhan Yesus.
II Korintus 11:2
11:2 Sebab aku cemburu kepada kamu dengan cemburu ilahi. Karena aku telah mempertunangkan kamu kepada satu laki-laki untuk membawa kamu sebagai perawan suci kepada Kristus.

Menyembah ini dalam bahasa aslinya disebut Proskoneho, artinya:
a)      Seperti anjing menjilat kaki tuannya.
Ketika ada perempuan Siro-Fenesia menghadap Tuhan Yesus karena anaknya dirasuk setan maka Tuhan Yesus mengatakan “roti ini untuk anak-anak dan bukan untuk anjing” dan perempuan itu mengakui bahwa dialah yang dimaksud dengan anjing. Oleh kerendahan hatinya dia menerima kesembuhan untuk anaknya.

Jangan sampai kita ada sifat sombong, congkak, angkuh dan tinggi hati sebab ini menghambat kita untuk tidak mengenal Yesus dengan benar.
II Korintus 10:5
10:5 Kami mematahkan setiap siasat orang dan merubuhkan setiap kubu yang dibangun oleh keangkuhan manusia untuk menentang pengenalan akan Allah. Kami menawan segala pikiran dan menaklukkannya kepada Kristus,

Jangan menghadang diri kita untuk mengenal Yesus dengan benar. Rasul Paulus berdoa supaya Tuhan mengaruniakan wahyu dah hikmat supaya mengenal siapa sebenarnya Yesus.
Efesus 1:17
1:17 dan meminta kepada Allah Tuhan kita Yesus Kristus, yaitu Bapa yang mulia itu, supaya Ia memberikan kepadamu Roh hikmat dan wahyu untuk mengenal Dia dengan benar.

Padahal jemaat Efesus adalah orang beriman dan kasihnya sudah kesohor, siapa kita. Kenapa kita membatasi diri kita untuk mengenal Yesus lebih dalam lagi. Puncak pengenalan kita harus sampai seperti kesaksian Yohanes Pembaptis.
Yohanes 3:29
3:29 Yang empunya mempelai perempuan, ialah mempelai laki-laki; tetapi sahabat mempelai laki-laki, yang berdiri dekat dia dan yang mendengarkannya, sangat bersukacita mendengar suara mempelai laki-laki itu. Itulah sukacitaku, dan sekarang sukacitaku itu penuh.

b)      Seperti isteri yang menyerah sepenuh kepada suaminya
Gereja harus menyerah sepenuh kepada Kristus. Ketika anak Abraham yang bernama Ishak sudah berusia 40 tahun dan siap untuk untuk menikah maka Abraham mengutus Eliezer untuk mencari isteri dari tengah-tengah kaum keluarganya. Eliezer mengatakan “bagaimana kalau perempuan itu tidak mau ikut denganku, apakah boleh Ishak dibawa ke sana?”. Tetapi Abraham melarang membawa Ishak ke sana, perempuan itu yang harus di bawa ke sini. Artinya gereja Tuhan jangan menarik Firman untuk ikut maunya, tetapi harus membawa dirinya untuk mengikuti Firman.

Di dunia sekarang banyak kali umat Tuhan keliru, kita mau mengikuti Firman Tuhan  yang cocok dengan selera kita, kalau tidak cocok tidak diikuti. Bagaimana orang seperti itu mau menjadi Mempelai Wanita, orang seperti itu akan masuk dalam penderitaan yang berat nantinya.

Gereja Tuhan harus ikut Yesus, harus ikut Firman.  Itu sebabnya ketika Eliezer sudah mendapatkan Ribka maka ditanya apakah Ribka mau mengikuti orang itu dan tanpa berpikir panjang Ribka berkata “saya mau”. Ini berarti penyerahan anak Tuhan yang luar biasa. Biarlah kita menyerah sepenuh kepada kehendak Tuhan dan jangan mengikuti keinginan daging kita sebab itu membahayakan.

3.      Diberi Firman
Itu sebabnya ketika Abraham dipanggil Tuhan memberikan Firman kepadanya. Firman ini yang penting di dalam gereja Tuhan. Apakah kita mendapatkan pelayanan Firman Pengajaran secara full dalam gereja Tuhan?

Sebagai hamba Tuhan hati saya pilu kalau ada orang Kristen yang tidak suka dengar Firman Tuhan. Kalau mendengar Firman paling 15 menit. Orang yang seperti ini nanti yang paling pertama menjual hartanya untuk mencari Firman tetapi tidak mendapatkan lagi. Kenapa? Sebab ketika Firman Tuhan ada mereka tidak mau mendengar.
Amos 8:11-12
8:11 "Sesungguhnya, waktu akan datang," demikianlah firman Tuhan ALLAH, "Aku akan mengirimkan kelaparan ke negeri ini, bukan kelaparan akan makanan dan bukan kehausan akan air, melainkan akan mendengarkan firman TUHAN.
8:12 Mereka akan mengembara dari laut ke laut dan menjelajah dari utara ke timur untuk mencari firman TUHAN, tetapi tidak mendapatnya.

Apa penyebabnya?
Amos 8:5
8:5 dan berpikir: "Bilakah bulan baru berlalu, supaya kita boleh menjual gandum dan bilakah hari Sabat berlalu, supaya kita boleh menawarkan terigu dengan mengecilkan efa, membesarkan syikal, berbuat curang dengan neraca palsu,

Sebab mereka mengecilkan Firman dan mengutamakan mencari persoalan uang. Efa berbicara Firman dan syikal berbicara uang. Dalam ibadah itu yang paling penting adalah pemberitaan Firman. Orang Israel dulu, dalam 1 minggu mereka mempunyai 1 hari khusus untuk Tuhan yaitu sabat. Sekarang ini cuma beribadah satu kali satu minggu sudah tidak mau mendengar Firman, ketika hamba Tuhan menyampaikan Firman dalam waktu yang lama mereka malah memberikan tanda supaya berhenti.

Yohanes Pembaptis hanya sahabat Tuhan Yesus tetapi hatinya senang mendengar suara Tuhan Yesus. Kita ini yang sudah jelas mau dijadikan Mempelai WanitaNya, kenapa tidak senang mendengarkan suara Tuhan. Ketika dulu bertunangan tidak mungkin saudara menutup mulut kekasihmu saat dia datang dan mau bercerita. Bagaimana dia bisa menyampaikan cinta kasihnya dan rencananya untuk saudara kalau langsung ditutup mulutnya.

Kita diberi Tuhan Firman, itu bukti kita dipanggil oleh Tuhan. Orang yang mengerti bahwa dia dipanggil oleh Tuhan, dia akan menghargai firman.

4.      Kalau Firman itu diberi maka di dalamnya akan ada hasilnya yaitu IMAN. Itu arti kahal yang keempat.

Murid-murid Yesus membutuhkan iman bukan yang lain.
Lukas 17:1-4
17:1 Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: "Tidak mungkin tidak akan ada penyesatan, tetapi celakalah orang yang mengadakannya.
17:2 Adalah lebih baik baginya jika sebuah batu kilangan diikatkan pada lehernya, lalu ia dilemparkan ke dalam laut, dari pada menyesatkan salah satu dari orang-orang yang lemah ini.
17:3 Jagalah dirimu! Jikalau saudaramu berbuat dosa, tegorlah dia, dan jikalau ia menyesal, ampunilah dia.
17:4 Bahkan jikalau ia berbuat dosa terhadap engkau tujuh kali sehari dan tujuh kali ia kembali kepadamu dan berkata: Aku menyesal, engkau harus mengampuni dia."

Kadang kalau ditegur ada orang yang malah balik marah padahal yang menegur ini mau menolong orang itu.

Murid-murid yang mendengar perkataan Tuhan Yesus itu mengatakan:
Lukas 17:5
17:5 Lalu kata rasul-rasul itu kepada Tuhan: "Tambahkanlah iman kami!"

Persoalan panggilan ini bermuara pada iman. Berbicara iman di sini adalah menyesal dan memberikan pengampunan. Kalau ada yang mengatakan “saya tidak mau melihat muka orang itu!”. Jadi kalau orang yang dibenci ada di Sorga maka orang yang membenci itu tidak mau masuk sorga. Orang lain boleh mendendam saudara tetapi saudara jangan membalas. Orang lain boleh membenci saudara tetapi jangan balas membenci.

Ketika Abraham sudah sampai di Kanaan di mana Tuhan memanggil dia maka apa yang dia buat? Hal pertama yang dia buat adalah membangun Mezbah. Inilah perjalanan Abraham, perjalanan yang ditandai dengan iman.
II Korintus 5:7
5:7 -- sebab hidup kami ini adalah hidup karena percaya, bukan karena melihat --

II Korintus 5:7 (Terjemahan Lama)
5:7 Karena perjalanan kami dengan iman, bukannya dengan penglihatan.

Di mana bukti kita percaya kepada Tuhan? Kita takut kepada Tuhan.
Mazmur 119:120
119:120 Badanku gemetar karena ketakutan terhadap Engkau, aku takut kepada penghukuman-Mu.
Seringkali umat Tuhan tidak takut akan Tuhan dan terbukti di bulan desember malah mabuk-mabukan merayakan natal sampai lupa pada isterinya. Apakah orang ini yang mau menyeberang zaman baru? Orang seperti ini yang akan masuk pada permulaan penderitaan menuju pada penderitaan yang besar.

Sampai di Kanaan Abraham membangun mezbah. Kita juga menuju Kanaan Samawi dan secara rohani kita sudah ada di Yerusalem. Karya Sorga untuk menyelamatkan kita luar biasa tetapi kita ini seringkali tidak tahu diri. Harusnya kita menyambutnya dengan percaya dan badan gemetar sebab takut kepada Dia tetapi seringkali kita tidak takut.

Kejadian 12:7
12:7 Ketika itu TUHAN menampakkan diri kepada Abram dan berfirman: "Aku akan memberikan negeri ini kepada keturunanmu." Maka didirikannya di situ mezbah bagi TUHAN yang telah menampakkan diri kepadanya.

Ketika Abraham di Mesopotamia dia beribadah tetapi kepada berhala, tidak ada hubungan dengan sorga tetapi malah berhubungan dengan neraka. Ketika dipindahkan ke Kanaan dia membangun Mezbah hubungannya dengan sorga dan tidak ada lagi hubungan dengan neraka. Tetapi terlebih dahulu ada pemisahan.

Ketika Abraham keluar dari Mesopotamia ada Lot mengikuti. Kambing domba Abraham bertambah dan demikan juga dengan Lot. Akhirnya terjadi selisih paham antara gembala-gembala Lot dan gembala-gembala Abraham. Tuhan tidak menghendaki hal ini, kalau timbul perselisihan maka perlu ada pemisahan. Bukan berarti kalau suami isteri berselisih maka harus berpisah. Artinya kita harus memisahkan diri kita dari roh perselisihan/ perbantahan.

Abraham membangun mezbah tetapi Lot tidak pernah membangun mezbah. Lot orang benar tetapi tidak pernah membangun mezbah.
Kejadian 13:18,2-4
13:18 Sesudah itu Abram memindahkan kemahnya dan menetap di dekat pohon-pohon tarbantin di Mamre, dekat Hebron, lalu didirikannyalah mezbah di situ bagi TUHAN.
13:2 Adapun Abram sangat kaya, banyak ternak, perak dan emasnya.
13:3 Ia berjalan dari tempat persinggahan ke tempat persinggahan, dari Tanah Negeb sampai dekat Betel, di mana kemahnya mula-mula berdiri, antara Betel dan Ai,
13:4 ke tempat mezbah yang dibuatnya dahulu di sana; di situlah Abram memanggil nama TUHAN.

Ada mezbah lama dan ada mezbah baru. Mezbah pertama diapit oleh Betel dan Ai. Betel artinya rumah Tuhan, Ai artinya kehancuran. Mezbah lama atau ibadah yang lama selalu diancam dengan kehancuran, tidak 100% dengan Betel. Jangan kita seperti ini, jangan sampai nikah kita selalu diancam dengan kehancuran.

Anak dari Abraham yaitu Ishak juga membangun mezbah setelah berpisah dari Abimelekh. Ishak tidak membangun mezbah selagi masih ada Abimelekh di sekitarnya sebab Abimelekh ini raja Filistin yang suka berperang. Orang Filistin adalah orang yang tidak cinta damai, contohnya Goliat. Mereka adalah orang yang suka menjadi perompak. itu sebabnya Ishak harus memisahkan diri dari Abimelkh bari membangun mezbah.

Abimelekh ini adalah orang yang merasa tersaingi dengan kehadiran Ishak di situ. Repotnya lagi orang-orang Abimelekh ini suka menutup dan menyumbat sumur-sumur yang pernah digali oleh orang tua Ishak. Ketika hamba-hamba Ishak menggali sumur yang disumbat itu maka hamba-hamba Abimelekh malah marah, itu sebabnya sumur itu diberi nama Esek, artinya perselisihan. Kemudian hamba-hamba Ishak menggali sumur yang lain namun terjadi lagi perselisihan sehingga diberi nama Sitna (bertengkar).

Kehidupan orang di sana terpergantung hujan dan sumur, berarti Abimelekh ini menyumbat kehidupan.

Kejadian 26:24-25
26:24 Lalu pada malam itu TUHAN menampakkan diri kepadanya serta berfirman: "Akulah Allah ayahmu Abraham; janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau; Aku akan memberkati engkau dan membuat banyak keturunanmu karena Abraham, hamba-Ku itu."
26:25 Sesudah itu Ishak mendirikan mezbah di situ dan memanggil nama TUHAN. Ia memasang kemahnya di situ, lalu hamba-hambanya menggali sumur di situ.

Ishak membangun Mezbah setelah berpisah dengan Abimelekh. Jangan respect kepada orang yang suka menyumbat pembukaan rahasia Firman Allah. Sumur itu kehidupan, itu adalah gambaran Firman. Kalau disumbat itu mencelakakan kita, itu sebabnya harus kita buka.

Kejadian 26:15
26:15 Segala sumur, yang digali dalam zaman Abraham, ayahnya, oleh hamba-hamba ayahnya itu, telah ditutup oleh orang Filistin dan ditimbun dengan tanah.

Ishak adalah orang yang cinta kehidupan sehingga Tuhan ganti sumur itu dengan dua sumur yang lain yaitu sumur Rehoboth dan sumur Bersyeba. Rehoboth artinya lapang/luas, berarti pembukaan rahasia Firman Allah diberikan secara luas dan lapang. Syeba artinya janji atau sumpah. Di dalam gereja Tuhan, di dalam kehidupan kami hamba-hamba Tuhan hati harus lapang bersekutu dengan Tuhan. Ada banyak janji Allah dalam Alkitab tetapi janji Allah yang terbesar adalah :

II Petrus 1:4
1:4 Dengan jalan itu Ia telah menganugerahkan kepada kita janji-janji yang berharga dan yang sangat besar, supaya olehnya kamu boleh mengambil bagian dalam kodrat ilahi, dan luput dari hawa nafsu duniawi yang membinasakan dunia.
Kita berada pada akhir zaman dan mau masuk pada zaman yang baru. Di sini iblis menggunakan sesama manusia untuk menyumbat sumur. Dari 7 nasihat terakhir Tuhan Yesus, nasihat yang ketiga adalah “jangan memeteraikan Kitab” artinya jangan menutup-nutup rahasia Firman Allah.
Wahyu 22:10
22:10 Lalu ia berkata kepadaku: "Jangan memeteraikan perkataan-perkataan nubuat dari kitab ini, sebab waktunya sudah dekat.

Daniel 12:4
12:4 Tetapi engkau, Daniel, sembunyikanlah segala firman itu, dan meteraikanlah Kitab itu sampai pada akhir zaman; banyak orang akan menyelidikinya, dan pengetahuan akan bertambah."

Sekaranglah zamannya meterai itu dibuka. Jangan ada lagi yang menutup-nutup pembukaan rahasia Firman Allah. Kita sudah ada pada akhir zaman dan segera masuk pada zaman baru tetapi roh Abimelekh ini muncul di hari0-hari terakhir ini. Jangan sampai dari diri kita sendiri yang memulai penderitaan.

Anak dari Ishak yaitu Yakub juga membangung mezbah.
Kejadian 35:1,6-7
35:1 Allah berfirman kepada Yakub: "Bersiaplah, pergilah ke Betel, tinggallah di situ, dan buatlah di situ mezbah bagi Allah, yang telah menampakkan diri kepadamu, ketika engkau lari dari Esau, kakakmu."
35:6 Lalu sampailah Yakub ke Lus yang di tanah Kanaan -- yaitu Betel --, ia dan semua orang yang bersama-sama dengan dia.
35:7 Didirikannyalah mezbah di situ, dan dinamainyalah tempat itu El-Betel, karena Allah telah menyatakan diri kepadanya di situ, ketika ia lari terhadap kakaknya.

Setelah terjadi perpisahan dengan Laban maka Yakub membangun mezbah. Laban ini adalah kehidupan yang banyak menipu Yakub. Dalam pernikahan saja, Yakub ditipu oleh Laban. Yakub cinta kepada Rahel tetapi karena tradisi mereka di situ tidak boleh adik yang menikah lebih dahulu maka Laban membuat tipuan. Wajah Lea ditutup, ketika Yakub masuk dia mengira Rahel. Nanti pagi baru dia tahu bahwa itu adalah Lea.

Kita harus memisahkan diri, jangan pertahankan roh penipuan. Roh penipuan ini bergerak pada adat istiadat.
Kejadian 29:22-26
29:22 Lalu Laban mengundang semua orang di tempat itu, dan mengadakan perjamuan.
29:23 Tetapi pada waktu malam diambilnyalah Lea, anaknya, lalu dibawanya kepada Yakub. Maka Yakub pun menghampiri dia.
29:24 Lagipula Laban memberikan Zilpa, budaknya perempuan, kepada Lea, anaknya itu, menjadi budaknya.
29:25 Tetapi pada waktu pagi tampaklah bahwa itu Lea! Lalu berkatalah Yakub kepada Laban: "Apakah yang kauperbuat terhadap aku ini? Bukankah untuk mendapat Rahel aku bekerja padamu? Mengapa engkau menipu aku?"
29:26 Jawab Laban: "Tidak biasa orang berbuat demikian di tempat kami ini, mengawinkan adiknya lebih dahulu dari pada kakaknya.
Ketika Laban mengejar Yakub dan menemukannya maka Yakub berkata bahwa sudah 20 tahun dia tinggal pada Laban dan sepuluh kali Laban menipu Yakub. Kalau kita ada di Kanaan Semawi, kalau kita ada di Yerusalem Sorgawi jangan ada ini.

Kita mau masuk pada zaman baru itulah kerajaan 1000 tahun. Kita ada pada ujung hari yang keenam mau masuk pada hari yang ketujuh yaitu kerajaan 1000 tahun. Di ujung hari yang keenam ini banyak penipuan muncul. Di sini ada Abimelekh, di sini ada orang-orang yang berupaya menyumbat sumur.

Yakub membangun mezbah setelah pisah dari roh penipuan. Tuhan yang mencegah Laban, Tuhan berbicara dalam mimpi kepada Laban “jangan coba mengata-ngatai Yakub”. Orang tua jangan coba mengutuki anak, mereka lahir di dunia bukan karena maunya.

Yakub membangun mezbah di El-Betel. Jadi dimulai dengan nama Tuhan dan diakhir dengan nama Tuhan.
Galatia 3:1-3
3:1 Hai orang-orang Galatia yang bodoh, siapakah yang telah mempesona kamu? Bukankah Yesus Kristus yang disalibkan itu telah dilukiskan dengan terang di depanmu?
3:2 Hanya ini yang hendak kuketahui dari pada kamu: Adakah kamu telah menerima Roh karena melakukan hukum Taurat atau  karena percaya kepada pemberitaan Injil?
3:3 Adakah kamu sebodoh itu? Kamu telah mulai dengan Roh, maukah kamu sekarang mengakhirinya di dalam daging?

Dimulai dengan Tuhan diakhiri dengan Tuhan, dimulai dengan Firman diakhiri dengan Firman, dimulai dengan Roh diakhiri dengan Roh. Kita sudah memulai dengan Roh Tuhan jangan  kita akhiri dengan daging.

Sejak kita menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat kita, telah kita mulai dengan Roh, biarlah kita berjalan sampai akhir hidup kita atau sampai Tuhan datang kita tetap dengan Tuhan, jangan kita akhiri dengan daging. Tidak sedikit umat Tuhan dan hamba Tuhan yang tadinya menggebu-gebu dengan Firman tetapi dia akhiri dengan daging, dengan angkara murka, dengan dendam dan dengan benci. Itu bukan lagi roh tetapi itu daging! Dalam nikah rumah tangga, saudara sudah diberkati dengan Firman, akhirilah dengan Firman. Jangan kita mulai dengan melayani Tuhan namun diakhiri dengan melayani perut. Hendaklah dimulai dengan Firman dan akhirilah hidupmu dengan Firman.

Tuhan Memberkati.            

Tidak ada komentar:

Posting Komentar