20150827

Kebaktian PA Kitab Rut, Kamis 27 Agustus 2015 Pdt. Bernard Legontu



Salam sejahtera di dalam kasih Tuhan Yesus Kristus.

Rut 1:19-22
1:19 Dan berjalanlah keduanya sampai mereka tiba di Betlehem. Ketika mereka masuk ke Betlehem, gemparlah seluruh kota itu karena mereka, dan perempuan-perempuan berkata: "Naomikah itu?"
1:20 Tetapi ia berkata kepada mereka: "Janganlah sebutkan aku Naomi; sebutkanlah aku Mara, sebab Yang Mahakuasa telah melakukan banyak yang pahit kepadaku.
1:21 Dengan tangan yang penuh aku pergi, tetapi dengan tangan yang kosong TUHAN memulangkan aku. Mengapakah kamu menyebutkan aku Naomi, karena TUHAN telah naik saksi menentang aku dan Yang Mahakuasa telah mendatangkan malapetaka kepadaku."
1:22 Demikianlah Naomi pulang bersama-sama dengan Rut, perempuan Moab itu, menantunya, yang turut pulang dari daerah Moab. Dan sampailah mereka ke Betlehem pada permulaan musim menuai jelai.

Kedatangan Naomi dan Rut disambut dengan permulaan musim menuai jelai. Naomi adalah orang Israel atau Yahudi yang berimigrasi ke Moab. Berarti kehidupan yang memiliki Allah, kehidupan yang ada di dalam lingkup garis keturunan Yahudi, itu adalah jalur keselamatan.
Yohanes 4:22
4:22 Kamu menyembah apa yang tidak kamu kenal, kami menyembah apa yang kami kenal, sebab keselamatan datang dari bangsa Yahudi.

Sayangnya Naomi 10 tahun berada di Moab. Setelah 10 tahun Naomi berniat kembali ke Betlehem, kembali ke rumah roti. Dalam perjalanan mereka kembali ke Betlehem mereka membahasakan bahasa mempelai karena 5 kali disebut “suami”. Jadi perjalanan dari Moab ke Betlehem diwarnai pembicaraan tentang Mempelai. Ini sudah harus menjadi warna perjalanan kita ke Betlehem dan berakhir di Yerusalem Baru. Daud lahir di Betlehem dan berakhir di Yerusalem. Tuhan Yesus juga lahir di Betlehem dan berakhir pelayananNya di Yerusalem.

Naomi disambut di Betlehem dengan musim menuai jelai. Mengapa ini terjadi? Sebab dapat dikatakan Naomi ini sudah sekelas dengan Moab karena dia meninggalkan bangsanya Yahudi. Itu sebabnya pada waktu pemulihan terjadi untuk mengangkat kembali Naomi kepada bangsanya sendiri, kembali kepada Allahnya sendiri, Tuhan izinkan mereka disambut dengan permulaan musim menuai jelai.

Jelai ini sejenis gandum tetapi ini bukan menjadi konsumsi umum sebab jelai ini adalah makanan hewan.
I Raja-raja 4:28
4:28 Jelai dan jerami untuk kuda-kuda biasa dan kuda-kuda teji dibawa mereka ke tempat yang semestinya, masing-masing menurut tanggungannya.

Kuda ini adalah binatang haram, sama seperti keledai dan bagal. Jadi Naomi dengan Rut disambut dengan menuai jelai di Betlehem ini agar Naomi memahami bahwa 10 tahun dia ada di Moab dan dia sudah sekelas dengan bangsa kafir. Itu yang kita lihat di sini.

Ini harus dipulihkan oleh Tuhan. Pertama dia harus memahami dengan perginya dia ke Moab berarti rohaninya turun. Elimelekh suaminya meninggal di sana, Mahlon dan Kilyon kedua anak laki-lakinya meninggal di sana. Inilah cara Tuhan untuk memulihkan Naomi.

Ini pelajaran untuk kita. Kita memang bukan bangsa Israel yaitu bangsa kafir. Otomatis dengan kita diperhadapkan dengan jelai itu adalah maksud Tuhan untuk mengingatkan bahwa kita ini bangsa haram, ibarat binatang haram. Kalau menggabung ke Betlehem dan terus ke Yerusalem lebih dahulu kita harus paham dari mana latar belakang hidup kita. Ini diingatkan oleh Tuhan, disadarkan oleh Tuhan.

Naomi ini orang Yahudi lalu ke Moab, namun sisa-sisa Yahudi itu masih ada. Buktinya tiga kali dia berkata bahwa dia yakin Tuhannya Israel itu adalah Tuhan yang mempunyai komunikasi yang indah dengan umatNya. Dalam kitab Ulangan dikatakan “bangsa manakah yang seperti bangsa besar ini yang Allahnya dekat dengannya dan Allah turun untuk membebaskan mereka”.
Ulangan 10:17
10:17 Sebab TUHAN, Allahmulah Allah segala allah dan Tuhan segala tuhan, Allah yang besar, kuat dan dahsyat, yang tidak memandang bulu ataupun menerima suap;

2 Samuel 7:23
7:23 Dan bangsa manakah di bumi seperti umat-Mu Israel, yang Allahnya pergi membebaskannya menjadi umat-Nya, untuk mendapat nama bagi-Nya dengan melakukan perbuatan-perbuatan yang besar dan dahsyat bagi mereka, dan dengan menghalau bangsa-bangsa dan para allah mereka dari depan umat-Nya?

Hal itu masih lengket pada Naomi walaupun secara rohani dia sudah membaur dan roh Moab sudah masuk.

Moab untuk ukuran kita orang Kristen harus kita mengerti. Kalau pandangan seseorang mengatakan semua sama saja, itu berati roh Moab ada dalam dirinya. Ini adalah perkataan dari bapak Pdt. In Yuwono: “kalau ada saudara menganggap semua sama saja berarti anda ada roh Moab, rohanimu dangkal!”. Ibadah Moab ini tidak akan berhasil.
Yesaya 16:12
16:12 Maka sekalipun Moab pergi beribadah dan bersusah payah di atas bukit pengorbanan dan masuk ke tempat kudusnya untuk berdoa, ia tidak akan mencapai apa-apa.

Rut ini mau dipulihkan oleh Tuhan. Kita ini sudah jelas adalah bangsa kafir dan dijadikan umat Tuhan. Setelah kita menjadi umat Tuhan kadang masih disusupi roh Moab. Tuhan cemburu kalau mengatakan sama saja, Tuhan mengatakan akan jatuhkan hukuman.
Yehezkiel 25:8,11
25:8 Beginilah firman Tuhan ALLAH: "Oleh karena Moab berkata: Sungguh, kaum Yehuda adalah sama dengan semua bangsa lain,
25:11 Aku akan menjatuhkan hukuman kepada Moab dan mereka akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN."

Naomi tidak sendirian tetapi datang dengan Rut yang masih melekat dengan bangsa Moabnya. Itu sebabnya harus ada pembenahan kepada kedua orang ini. Pertama mereka harus dilayani dengan jelai. Namun setelah Rut datang ke tempat pengirikan Boas lalu tidur di bawah kaki Boas, dia tidur ditimbunan gandum. Itu berarti ada peningkatan pelayanan Tuhan pada kehidupan ini.
Rut 3:7 (Terjemahan Lama)
3:7 Arakian, setelah Boaz sudah makan dan minum dan hatinyapun bersukacita, maka datanglah ia kepada kaki timbunan gandum, lalu berbaring; kemudian datanglah Rut diam-diam, dibukakannya selimut kakinya, lalu iapun berbaring juga.

Kita membutuhkan pelayanan Tuhan yang meningkat. Tuhan ingin melayani kita dalam pelayanan yang semakin tinggi, semakin meningkat. Itu yang Tuhan inginkan dalam pelayananku sebagai anak Tuhan berserta isteri dan anak-anak.

Saya berbahagia kalau Tuhan memulihkan saya. Kita semua harus menanggapi dengan serius dan berkata “terima kasih banyak Tuhan kalau perhatian Tuhan begitu serius ingin memulihkan saya”. Ini yang kita butuh, apalagi menjelang akhir zaman ini. Kita sudah ada di ujung akhir zaman maka pemulihan Tuhan makin deras bagi gereja Tuhan. Seperti pemulihan Tuhan bagi Naomi dan Rut. Rut memang murni bangsa kafir tetapi Naomi adalah bangsa Israel yang rohaninya melorot. Itu sebabnya harus terjadi pemulihan.

Bila tangan Tuhan terulur mengadakan pemulihan pada kita, tidak bijak bila kita tolak sebab itu adalah uluran tangan kasih sayang Tuhan demi saudara menjadi Tubuh Kristus/ Mempelai Wanita Tuhan agar tidak dijamah oleh antikristus melainkan disingkirkan ke padang belantara. Tentu saudara menginginkan masuk dalam penyingkiran gereja.

Elimelekh, Naomi dan kedua anaknya meninggalkan Betlehem pergi ke Moab. Tetapi puji Tuhan terjadi pemulihan bagi Naomi.
Hosea 14:5
14:5 Aku akan memulihkan mereka dari penyelewengan, Aku akan mengasihi mereka dengan sukarela, sebab murka-Ku telah surut dari pada mereka.

Bukankah Elimelekh, Naomi, Mahlon dan Kilyon ini menyeleweng? Mereka meninggalkan rumah roti dan pergi ke Moab. Ini kesalahan dari Elimelekh sekeluarga.

Jadi kalau pemulihan ditujukan kepadaku berarti Allah mengasihi saya, kalau pemulihan ditujukan kepada saudara berarti Allah mengasihi saudara. Jangan kita tepis karena kita perlu dipulihkan oleh Tuhan supaya kita tampil sebagai Tubuh Kristus tanpa cacat dan kerut.

Tuhan mengasihi kita dengan sukarela. Tidak ada yang menyuruh Tuhan Yesus turun dari Sorga tetapi Tuhan Yesus sendiri rela turun dari sorga dan disalib di Golgota. Kerelaan Tuhan Yesus ini dasarnya adalah kasih demi keselamatan kita.
Filipi 2:5-8
2:5 Hendaklah kamu dalam hidupmu bersama, menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam Kristus Yesus,
2:6 yang walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan,
2:7 melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri, dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia.
2:8 Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib.

Murka Tuhan surut untuk Naomi sehingga dia mendengar bahwa Tuhan sudah memperhatikan umatNya. Murka Tuhan surut berarti kelaparan itu sudah diangkat oleh Tuhan.

Hosea 14:6
14:6 Aku akan seperti embun bagi Israel, maka ia akan berbunga seperti bunga bakung dan akan menjulurkan akar-akarnya seperti pohon hawar.

Jadi pemulihan ini terjadi karena Tuhan mengasihi saya dengan sukarela kemudian Tuhan tampil bagaikan mempelai laki-laki yang menyapa kekasihNya. Tujuan pemulihan ini adalah penampilan Tuhan Yesus sebagai Mempelai Laki-laki Sorga. Jadi yang dipulihkan itu mau diarahkan supaya bersama dengan Tuhan. Tuhan ingin kehidupan yang dipulihkan itu ada di sampingNya.

Kidung Agung 5:2
5:2 Aku tidur, tetapi hatiku bangun. Dengarlah, kekasihku mengetuk. "Bukalah pintu, dinda, manisku, merpatiku, idam-idamanku, karena kepalaku penuh embun, dan rambutku penuh tetesan embun malam!"

Ini adalah gambaran gereja Tuhan yang mau direkrut menjadi pendamping Mempelai Laki-laki Sorga. Namun apa yang terjadi? Ternyata sambutannya sinis, sambutannya apatis. Yang tadinya Mempelai Laki-laki mau memberikan gandum berarti Firman yang murni dan bukan jelai yang adalah makanan hewan, tetapi sayang mempelai wanita ini menutup hati tidak mau menerima. Akhirnya kekasih itu menghilang dalam kegelapan malam baru mempelai wanita sadar. Dia membuka pintu mencari malah bertemu dengan peronda malam dan dia dipukuli.

Karena kerelaanNya Dia mengasihi kita untuk memulihkan seperti Naomi dan Rut yang bukan hanya dibawa di Betlehem tetapi kelak akan dibawa ke Yerusalem Baru. Kalau uluran tangan kasih Tuhan ini ditolak maka orang yang menolak itu akan bertemu dengan peronda malam itulah antikristus. Akhirnya selendangya diambil. Selendang ini digunakan menutup leher dan selendang ini dari sutra.
Yehezkiel 16:10
16:10 Aku mengenakan pakaian berwarna-warna kepadamu dan memberikan engkau sandal-sandal dari kulit lumba-lumba dan tutup kepala dari lenan halus dan selendang dari sutera.

Artinya hubungan tubuh dan kepala tidak elok lagi. Sutra ini mempunyai sifat unik, kalau kita dalam keadaan panas lalu dililit dengan kain sutra maka itu menimbulkan kesejukan. Bila udara dingin, sutra itu berubah memberikan kehangatan. Kalau selendang sutra ini dirampas maka kehidupan itu tidak dingin tidak panas seperti jemaat Laodekia.

Dari tiga ucapan Naomi menunjukkan bahwa dia paham dia salah sehingga Tuhan harus menghajar dia. Dari kesadarannya inilah terjadi pemulihan, kesalahannya ditunjuk oleh Tuhan dan dia sendiri mengucapkannya.
1.      Rut 1:13
1:13 masakan kamu menanti sampai mereka dewasa? Masakan karena itu kamu harus menahan diri dan tidak bersuami? Janganlah kiranya demikian, anak-anakku, bukankah jauh lebih pahit yang aku alami dari pada kamu, sebab tangan TUHAN teracung terhadap aku?"

Ini cemeti Tuhan bagi Naomi, ini cambuk Tuhan atau hajaran Tuhan bagi Naomi karena dia melakukan kesalahan.

2.      Rut 1:20
1:20 Tetapi ia berkata kepada mereka: "Janganlah sebutkan aku Naomi; sebutkanlah aku Mara, sebab Yang Mahakuasa telah melakukan banyak yang pahit kepadaku.

Di sini dia merasa bahwa ternyata Allah yang dia miliki, Allah Israel itu mengamat-amati dan mengawasi dia. Itu tanda dia disayang oleh Tuhan. Kalau kita dipantau oleh Tuhan lalu kita menikmati dan merasakan sesuatu yang tidak sedap dalam diri kita itu bukan berarti Tuhan murka atau membenci kita. Karena Tuhan memantau maka Tuhan izinkan kita mengalami itu supaya menyadari bahwa Tuhan yang kita sembah itu adalah Allah yang benar bukan allah orang Moab. Noami mengakui karena kesalahannya dia dipukul oleh Tuhan.

3.      Rut 1:21
1:21 Dengan tangan yang penuh aku pergi, tetapi dengan tangan yang kosong TUHAN memulangkan aku. Mengapakah kamu menyebutkan aku Naomi, karena TUHAN telah naik saksi menentang aku dan Yang Mahakuasa telah mendatangkan malapetaka kepadaku."
Sekarang Tuhan biarkan kosong dan disambut lagi dengan jelai. Tuhan biarkan kosong sama sekali rohaninya kemudian disambut lagi dengan menu makanan binatang. Ini cara Tuhan menyadarkan Naomi sekaligus Rut yang ikut serta.
Ternyata itu terjadi cara Tuhan untuk memulihkan mereka. Saat itu mereka belum paham, nanti setelah melewati pasal 2 dan pasal 3 sampai pada pasal 4 mereka tahu bahwa pemulihan membuahkan hal yang luar biasa. Kalau pemulihan terjadi pada diri kita jangan kita bersikap salah sebab ujungnya kita akan sadar maksud dari pemulihan. Akhirnya Rut menikah dengan Boas. Boas kita adalah Tuhan Yesus dan kita adalah Rut-Rut akhir zaman.

Ternyata kejadian-kejadian yang dialami oleh Naomi selama 10 tahun sampai dia ada pada titik nol, itu bukan tanpa maksud dari Sorga. Maksudnya supaya dia tahu dari bangsa Yahudi datangnya Juruselamat. Berarti dari dirinya ada keselamatan, itu jangan dihempaskan, jangan dibuang.

Baru satu kali Naomi menceritakan betapa pahitnya yang dia rasakan karena Tuhan menentang dia, Orpa sudah pamit pulang. Tetapi Rut mendengar hal ini sampai tiga kali namun dia tidak surut langkah, tidak ada sedikitpun dia mundur, dia tetap mengatakan “di mana engkau mati di situ aku mati, bangsamu adalah bangsaku, Allahmu adalah Allahku”, dst. Begitu tandas bahasa Rut.

Orpa tanpa berpikir panjang kenapa Tuhan memperlakukan Naomi seperti itu dia langsung membelakangi Naomi, meninggalkan bangsanya Naomi, meninggalkan Tuhannya Naomi lalu kembali ke Moab. Dia tidak tahu bahwa Moab itu akan diinjak-injak seperti jerami.
Yesaya 25:10
25:10 Sebab tangan TUHAN akan melindungi gunung ini, tetapi Moab akan diinjak-injak di tempatnya sendiri, sebagai jerami diinjak-injak dalam lobang kotoran.

Berarti dia kembali ke Moab sama dengan membawa dirinya ke daerah halaman Tabernakel untuk diinjak-injak oleh antikristus. Ini jangan terjadi pada kita. Sementara Moab diinjak-injak, gereja Tuhan masuk dalam suasana pesta.
Yesaya 25:6
25:6 TUHAN semesta alam akan menyediakan di gunung Sion ini bagi segala bangsa-bangsa suatu perjamuan dengan masakan yang bergemuk, suatu perjamuan dengan anggur yang tua benar, masakan yang bergemuk dan bersumsum, anggur yang tua yang disaring endapannya.

Makanan lezat yang berlemak itu sebenarnya haknya Tuhan dan bukan untuk kita tetapi haknya Tuhan diberikan kepada kita menjadi makanan dinikmati bersama. Artinya apa yang menjadi milik Tuhan sudah diserahkan penuh kepada kita. Milik Tuhan adalah milik kita dan milik kita adalah milik Tuhan.
Imamat 3:16
3:16 Imam harus membakar semuanya itu di atas mezbah sebagai santapan berupa korban api-apian menjadi bau yang menyenangkan. Segala lemak adalah kepunyaan TUHAN.
Yesaya 25:7-8
25:7 Dan di atas gunung ini TUHAN akan mengoyakkan kain perkabungan yang diselubungkan kepada segala suku bangsa dan tudung yang ditudungkan kepada segala bangsa-bangsa.
25:8 Ia akan meniadakan maut untuk seterusnya; dan Tuhan ALLAH akan menghapuskan air mata dari pada segala muka; dan aib umat-Nya akan dijauhkan-Nya dari seluruh bumi, sebab TUHAN telah mengatakannya.

Perjalanan Naomi dan Rut menuju ke Betlehem disertai derai air mata tetapi bahasa mereka adalah bahasa nikah. Inilah pemulihan Tuhan kepada Naomi sekaligus Rut. Dengan tiga kali Naomi mengucapkan perkataan itu, di situlah dia melihat kesalahannya. Kita tidak bisa mengatakan “saya dipulihkan” lalu kita tidak mau ditunjuk kesalahan kita. Itu bukan pemulihan, kalau seperti itu tidak ada hubungannya dengan sorga melainkan hubungannya dengan neraka.
Ratapan 2:14
2:14 Nabi-nabimu melihat bagimu penglihatan yang dusta dan hampa. Mereka tidak menyatakan kesalahanmu, guna memulihkan engkau kembali. Mereka mengeluarkan bagimu ramalan-ramalan yang dusta dan menyesatkan.

Kalau kita tidak mau dinyatakan kesalahan dan si pemberita tidak menyatakan kesalahan berarti kita dilayani oleh nabi palsu dan yang dilayani bukan umat Tuhan yang benar. Kalau kita adalah umat Tuhan yang benar maka ketika melakukan kesalahan akan Tuhan tunjukkan. Naomi mengakui bahwa dulu tangannya penuh dan sekarang kembali dengan kosong. Tuhan izinkan itu terjadi dan ketika masuk ke Betlehem disambut dengan jelai.

Kalau nabi yang benar bukan dusta dan hampa pasti menyatakan kesalahan. Demi pemulihan Tuhan tunjuk yang salah pada diriku. Tuhan pasti tunjuk yang salah pada diriku, yang salah dalam nikahku, yang salah dalam pelayanan, yang salah pada Naomi. Karena Rut masih baru maka Tuhan belum memperlihatkan salahnya. Tetapi label “Rut perempuan Moab” selalu diikut sertakan. Moab itu banyak kesalahannya, berarti selalu ditunjukkan “Rut banyak kesalahannya”. Salah satu kesalahan Moab adalah menganggap semuanya sama saja. Tidak mungkin anak Tuhan yang ada pembukaan rahasia Firman Allah (berarti Tuhan memperhatikan dia dengan serius) sama dengan orang Kristen yang lain yang Tuhan sepi-sepi saja pada mereka. Kalau mengatakan sama saja nanti Tuhan murka.

Ini selalu saya tekankan kepada jemaat, siapkan hati kita mendengar Firman Allah. Kalau ditunjukkan kesalahan, itu berarti Tuhan sedang mengarahkan hidupmu mau dipulihkan dengan sukarela dan kasih sayang. Adalah tidak elok kalau kesalahan kita ditunjukkan lalu malah marah. Kalau menolak, orang itu tidak sadar telah menolak kasih Tuhan yang memulihkannya. Bila menolak pemulihan maka akibatnya ibadah kering dan tidak ada pembukaan rahasia Firman Allah. Ini jangan sampai terjadi pada diriku saya sebagai seorang gembala.
Amsal 29:1
29:1 Siapa bersitegang leher, walaupun telah mendapat teguran, akan sekonyong-konyong diremukkan tanpa dapat dipulihkan lagi.

Kalau Tuhan mau bekerja terimalah kalau kita ditunjuk kesalahan supaya nilai pemulihan itu menjadi nyata dalam diri kita. Kalau tidak mau ditunjukkan kesalahan maka pemulihan tidak akan terjadi pada dirimu. Pemulihan itu jelas menunjuk kesalahan.

Rut 1:21
1:21 Dengan tangan yang penuh aku pergi, tetapi dengan tangan yang kosong TUHAN memulangkan aku. Mengapakah kamu menyebutkan aku Naomi, karena TUHAN telah naik saksi menentang aku dan Yang Mahakuasa telah mendatangkan malapetaka kepadaku."

Keberadaan Naomi di Moab bukannya berlimpah-limpah. Justru tadi penuh sekarang Naomi pada titik nol, tangannya kosong. Saudara bayangkan kalau rohani saudara kosong dan tidak segera diisi maka akan terjadi seperti ini:
Lukas 11:24-26
11:24 "Apabila roh jahat keluar dari manusia, ia pun mengembara ke tempat-tempat yang tandus mencari perhentian, dan karena ia tidak mendapatnya, ia berkata: Aku akan kembali ke rumah yang telah kutinggalkan itu.
11:25 Maka pergilah ia dan mendapati rumah itu bersih tersapu dan rapi teratur.
11:26 Lalu ia keluar dan mengajak tujuh roh lain yang lebih jahat dari padanya, dan mereka masuk dan berdiam di situ. Maka akhirnya keadaan orang itu lebih buruk dari pada keadaannya semula."

Naomi sudah pada titik nol, sudah kosong sama sekali. Untung dia ingat Tuhan sudah melawat Betlehem. Berarti dia tidak membiarkan iblis datang dengan jumlah lebih banyak  dan cepat kembali ke Betlehem untuk diisi dengan Firman.

Matius 12:43-45
12:43 "Apabila roh jahat keluar dari manusia, ia pun mengembara ke tempat-tempat yang tandus mencari perhentian. Tetapi ia tidak mendapatnya.
12:44 Lalu ia berkata: Aku akan kembali ke rumah yang telah kutinggalkan itu. Maka pergilah ia dan mendapati rumah itu kosong, bersih tersapu dan rapi teratur.
12:45 Lalu ia keluar dan mengajak tujuh roh lain yang lebih jahat dari padanya dan mereka masuk dan berdiam di situ. Maka akhirnya keadaan orang itu lebih buruk dari pada keadaannya semula. Demikian juga akan berlaku atas angkatan yang jahat ini."

Ini tidak diizikan oleh Tuhan terjadi. Tuhan perlihatkan ada rumah yang dibersihkan tetapi kosong sama sekali. Naomi ini kosong sama sekali, ibarat rumah tidak ada lagi perabot, sudah habis bersih.

Dengan tangkas dan tegas Naomi langsung mengajak kedua anak mantunya kembali ke Betlehem. Tetapi sayang Orpa kembali pulang ke Moab dan hanya Rut yang ikut ke Betlehem, agar segera diisi kembali dengan Firman Allah.

Peran Naomi untuk membawa Rut menjadi isteri Boas luar biasa. Seandainya Naomi tidak menyadari “aku menjadi kosong sebab meninggalkan bangsaku dan Allahku” maka dia tidak bisa menjadi pemimpin yang pegang peran luar biasa.

Tiga kalimat Naomi tadi sebenarnnya menunjukkan bahwap perjalanan Naomi tetap dipantau oleh Tuhan. Kalau kita bisa mendengarkan Firman itu berarti kita dipantau oleh Tuhan. Kalau kita merindukan untuk menuju ke Yerusalem tetapi harus melalui Betlehem berarti kita dipantau oleh Tuhan.

Lebih dahulu Naomi yang digarap oleh Tuhan karena nantinya Naomi ini dipercaya oleh Tuhan berperan mempersiapkan Rut menjadi isterinya Boas. Terlebih dahulu saya sebagai pemimpin harus lebih dahulu mengalami pemulihan untuk menghentar sidang jemaat yang saya layani supaya kami semua berhasil seperti Rut bertemu dengan Boas kita itulah Tuhan Yesus. Memang tidak enak bagi daging, tetapi Naomi yang lebih dahulu dikoreksi oleh Tuhan. Saya berterima kasih kepada Tuhan karena Tuhan banyak memberikan koreksi.

Ini peran dari Naomi, tetapi yang diikuti oleh Rut ini bukan dirinya Naomi namun bangsanya Naomi, Allahnya Naomi. Bagaimanan Allahnya Naomi.
Ulangan 10:17
10:17 Sebab TUHAN, Allahmulah Allah segala allah dan Tuhan segala tuhan, Allah yang besar, kuat dan dahsyat, yang tidak memandang bulu ataupun menerima suap;

II Samuel 7:23
7:23 Dan bangsa manakah di bumi seperti umat-Mu Israel, yang Allahnya pergi membebaskannya menjadi umat-Nya, untuk mendapat nama bagi-Nya dengan melakukan perbuatan-perbuatan yang besar dan dahsyat bagi mereka, dan dengan menghalau bangsa-bangsa dan para allah mereka dari depan umat-Nya?

Inilah Allahnya Israel dan inilah yang membuat Rut tertarik. Tuhan membuat umat yang layak bagiNya.

Yesaya 43:7
43:7 semua orang yang disebutkan dengan nama-Ku yang Kuciptakan untuk kemuliaan-Ku, yang Kubentuk dan yang juga Kujadikan!"

Diciptakan berarti ada proses pembuatan barang dan tujuannya ada, kita diciptakan untuk kemuliaan Tuhan. Dibentuk berarti sudah ada bentuk ada modelnya, tidak dicipta dengan asal. Bentuk kita adalah:
II Korintus 3:18
3:18 Dan kita semua mencerminkan kemuliaan Tuhan dengan muka yang tidak berselubung. Dan karena kemuliaan itu datangnya dari Tuhan yang adalah Roh, maka kita diubah menjadi serupa dengan gambar-Nya, dalam kemuliaan yang semakin besar.

Kalau sudah satu bentuk dengan Tuhan maka kita dijadikan IsteriNya, Mempelai WanitaNya. Tuhan mau menjadikan kita isteriNya.
Hosea 2:18
2:18 Aku akan menjadikan engkau isteri-Ku untuk selama-lamanya dan Aku akan menjadikan engkau isteri-Ku dalam keadilan dan kebenaran, dalam kasih setia dan kasih sayang.
Yesaya 62:5
62:5 Sebab seperti seorang muda belia menjadi suami seorang anak dara, demikianlah Dia yang membangun engkau akan menjadi suamimu, dan seperti girang hatinya seorang mempelai melihat pengantin perempuan, demikianlah Allahmu akan girang hati atasmu.

Kalau kita sedang dipulihkan berarti penciptaan Tuhan sedang berjalan dalam diri kita. Tujuannya supaya yang diciptakan itu ada bentuk, ada modelnya. Setelah ada bentuk maka dijadikan isteriNya Tuhan. Itu tujuan akhir.

Tidak pernah terlintas dalam pikiran Rut tetapi karena dia adalah bangsa Moab yang terserap dalam bangsa Israel maka roh taat itu mantap dalam dirinya. Sampai pada pasal 1,2,3 dan pasal 4 karena kemantapan roh taatnya menjadi isterinya Boas.

Itu tujuan kita beribadah untuk menjadi isterinya Tuhan Yesus. Lebih baik sekarang kita sakit untuk dipulihkan dari pada mengalami penderitaan selama 3,5 tahun dalam aniaya antikristus. Jangan kita entengkan ucapan Tuhan Yesus. Waktu Tuhan Yesus berbicara tentang aniaya 3,5 tahun itu disertai dengan derai air mata. Berarti bukan main-main 3,5 tahun aniaya antikristus sampai Tuhan Yesus menangis. Kenapa kita malah menganggap enteng?

Kalau kesalahan ditunjukkan dan diukur dengan kebenaran Firman itu yang benar. Itu tanda kita disayangi oleh Tuhan dengan sukarela.

Tuhan Memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar